Selasa, 03 Desember 2013

[belajar-excel] Digest Number 2675

15 New Messages

Digest #2675
1
2
Copas dan Grafik Gabung persen dan Tanpa persen by "Laode Herman Umar" mentor_umb
4
notifikasi by "neza ibaneza" nezaibaneza
6a
6b
7a
Expired Workbook by "Harry" hariansyahptk
7b
Re: Expired Workbook by "Jan Raisin"
7c
Re: Expired Workbook by "Aliif Akbar" aliif.akbar
9a
rekap data by "Tuti Hartati"
9c
Re: rekap data by "Tuti Hartati"

Messages

Mon Dec 2, 2013 1:38 pm (PST) . Posted by:

alen_hafit

Selamat sore MAster,


Mohon BAntuannya, saya mau buat faktur excel sederhana, karena saya tidak begitu faham soal VBA jadi saya buat sederhana di excel.
mohon bantuannya sekali,
jadi saya mau ambil data dari 2 syarat.
rumusnya bagaimana ya master.


mohon bantuannya sekali


*file terlampir


terimakasih
Alen

--- Mods ---
File lampiran lebih dari 250KB dilepads dari email. Dimohon agar penanya melampirkan ulang file dengan ukuran maksimal 250KB.
-----------------


Mon Dec 2, 2013 1:38 pm (PST) . Posted by:

"Laode Herman Umar" mentor_umb

Assalamu alaikum

dear para master excel
mohon maaf langsung ajukan 2 masalah.
1. Copy paste (file terlampir) dari banyak kolom ke 2 kolom
2. Grafik yang terdiri dari nilai persen  (bingung jelasinnya)...
terima kasih sebelumnya

wassalam

Mon Dec 2, 2013 4:33 pm (PST) . Posted by:

"Aliif Akbar" aliif.akbar

selamat pagi,

Mr.Kid,
Hasil jawaban dari Mr.Kid, digabungkan dengan rumus2 yang pernah melayang - layang dimilis rame, jadinya seperti ini --> file terlampir,
mungkin ada yang lebih sederhana.

eh satu lagi Mr.Kid, mau belajar koneksi database Ms Access kemudian di akses menggunakan userform punya Excel aada di link mana yah? ada referensi?

terimakasih.
Aliif Akbar
Sent from my Windows Phone Lumia 620

Pada Sabtu, 30 November 2013 13:11, Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id> menulis:

 
Siang,
Mr.Kid,
Terimakasih, nanti coba saya buat, hasilnya saya share kalo uda ataupun belum jadi,
Salam,

Aliif Akbar
Sent from my Windows Phone Lumia 620

________________________________
From: Mr. Kid
Sent: ‎29/‎11/‎2013 16:36
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Memasukkan foto kedalam userform

 
Hai Aliif,
Misal dalam userform ada object control image bernama imgFoto
imgFoto.picture=LoadPicture( "filefullname.jpg")
Letakkan di prosedur pemasang gambar.
Wassalam,
Kid.

On Nov 29, 2013 2:03 PM, "Aliif Akbar" <aliif.akbar@yahoo.co.id> wrote:


>selamat siang,
>
>dear rekan2 be excel,
>mohon bantaunnya untuk bisa membantu, bagaimana cara memasukkan foto kedalamuser form, lampiran dari saya mungkin lebih jelas.
>
>demikian, terimakasih.
>
>salam,
>
>
>Aliif Akbar
>

Mon Dec 2, 2013 5:19 pm (PST) . Posted by:

"neza ibaneza" nezaibaneza

Assalamualaikum...
Salam B-Excel

Master sekalian, kira2 bisa tidak ya notifikasi paten excel diganti ke notifikasi indonesia dengan VBA
misalnya protectsheet saat di klik 2 kali muncul "the cell or chart are protected to change" bla..bla.. trus 
diganti ke Bahasa menjadi "Maaf proteksi sheet masih aktif" dan notifikasi englishnya g keliatan lagi

Salam
Neza

Mon Dec 2, 2013 8:38 pm (PST) . Posted by:

"Liem Suliem" liemsuliem

dh
dear master
bagaimana mengcopy data yang tidak di filter ke data yang di filter

contoh file terlampir

salam

liem

Mon Dec 2, 2013 10:25 pm (PST) . Posted by:

jhony.excel

Salam Semua,

Saya mau tanya bagaimana vba memindahkan semua file excel (xlsx, xlsm dll) dari folder d:\cek ke folder d:\cek2

Terima kasih
Best Regards,

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tue Dec 3, 2013 12:06 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

coba script berikut ini:

Dim d As String, ext As Variant, x As Variant
Dim sAsal As String, sTuju As String, sFile As String

sAsal = "D:\Cek\"
sTuju = "D:\Cek2\"
ext = Array("*.xlsx", "*.xlsm")
For Each x In ext
d = Dir(sAsal & x)
Do While d <> ""
sFile = sAsal & d
FileCopy sFile, sTuju & d
Kill sFile
d = Dir
Loop
Next x

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 3 Desember 2013 11.43, <jhony.excel@yahoo.co.id> menulis:

> Salam Semua,
>
> Saya mau tanya bagaimana vba memindahkan semua file excel (xlsx, xlsm dll)
> dari folder d:\cek ke folder d:\cek2
>
> Terima kasih
> Best Regards,
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
> ------------------------------------
>

Mon Dec 2, 2013 10:26 pm (PST) . Posted by:

"Harry" hariansyahptk

Dear BeExceller,

Saya bermaksud untuk membuat Workbook yang saya buat memiliki masa Expired Date dengan menggunakan Scrip sbb:

Private Sub Workbook_Open()
Dim exdate As Date
exdate = "12/02/2013"
If Date > exdate Then
MsgBox ("BATAS PENGGUNAAN SUDAH BERAKHIR"), vbInformation, "P E S A N"
ActiveWorkbook.Close
End If
MsgBox ("WORKBOOK INI DAPAT DIPERGUNAKAN " & exdate - Date + 1 & " HARI LAGI"), vbInformation, "P E S A N"
End Sub

tapi setelah saya coba, mengapa saya masih bisa membuka Workbook tersebut.

Sebagai bahan tambahan, Workbook yang telah saya buat memiliki UserName & password.
Mohon penyerahan dari teman-teman BeExceller sekalian.

Regards,

Harry

Mon Dec 2, 2013 10:52 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

coba penulisan tanggalnya diubah mengikuti standar internalsional

#YYYY/MM/DD#

sebagian orang membaca 12/02/2013 sebagai 12 Februari 2013
tetapi ada juga yang membaca sebagai 2 Desember 2013
biar excelnya gak bingung karena regional setting yang berbeda2,
maka penulisan tanggal harus selalu diapit oleh tanda pagar di depan dan di
belakang
lalu formatnya penulisannya adalah Tahun / Bulan / Tanggal

oia.. kalau file terdebut dibuka hari ini tanggal 3 Des 2013
maka seharusnya workbook tsb akan tertutup, setelah user menekan tombol OK

tapi.. kalo user tidak menekan tombol OK tetapi berusaha membuka vbanya dan
berhasil,
maka workbook tersebut kemungkinan masih bisa digunakan.

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 3 Desember 2013 11.10, Harry <hariansyahptk@yahoo.com> menulis:

>
>
> Dear BeExceller,
>
> Saya bermaksud untuk membuat Workbook yang saya buat memiliki masa Expired
> Date dengan menggunakan Scrip sbb:
>
> Private Sub Workbook_Open()
> Dim exdate As Date
> exdate = "12/02/2013"
> If Date > exdate Then
> MsgBox ("BATAS PENGGUNAAN SUDAH BERAKHIR"), vbInformation, "P E S A N"
> ActiveWorkbook.Close
> End If
> MsgBox ("WORKBOOK INI DAPAT DIPERGUNAKAN " & exdate - Date + 1 & " HARI
> LAGI"), vbInformation, "P E S A N"
> End Sub
>
> tapi setelah saya coba, mengapa saya masih bisa membuka Workbook tersebut.
>
> Sebagai bahan tambahan, Workbook yang telah saya buat memiliki UserName &
> password.
> Mohon penyerahan dari teman-teman BeExceller sekalian.
>
> Regards,
>
>
> Harry
>
>
>

Mon Dec 2, 2013 10:56 pm (PST) . Posted by:

"Aliif Akbar" aliif.akbar

Mungkin karena macronya masih disable pak Harry?

Aliif Akbar
Sent from my Windows Phone Lumia 620

-----Original Message-----
From: "Harry" <hariansyahptk@yahoo.com>
Sent: ‎03/‎12/‎2013 13:27
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: [belajar-excel] Expired Workbook

Dear BeExceller,

Saya bermaksud untuk membuat Workbook yang saya buat memiliki masa Expired Date dengan menggunakan Scrip sbb:

Private Sub Workbook_Open()
Dim exdate As Date
exdate = "12/02/2013"
If Date > exdate Then
MsgBox ("BATAS PENGGUNAAN SUDAH BERAKHIR"), vbInformation, "P E S A N"
ActiveWorkbook.Close
End If
MsgBox ("WORKBOOK INI DAPAT DIPERGUNAKAN " & exdate - Date + 1 & " HARI LAGI"), vbInformation, "P E S A N"
End Sub

tapi setelah saya coba, mengapa saya masih bisa membuka Workbook tersebut.

Sebagai bahan tambahan, Workbook yang telah saya buat memiliki UserName & password.
Mohon penyerahan dari teman-teman BeExceller sekalian.

Regards,

Harry

Mon Dec 2, 2013 10:29 pm (PST) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Mr HK, Mr Monas,

saat pengisian tanggal invoice, kenapa kalau tanggal invoicenya bukan tanggal hari ini (tanggal yang sesuai di komputer) hasil tanggalnya terisi kosong. Tetapi kalau input tanggalnya sesuai dengan tanggal hari ini atau yang ada di komputer, maka hasil tanggalnya akan terisi tanggal.
mohon ditinjau, agar saya dapat menggunakan program ini, atau apakah sudah ada revisinya.
terima kasih,
ASL

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Mon, 18 Nov 2013 18:09:00 -0800
Subject: Fw: Bls: [belajar-excel] Antara Date dan Int(Now) di VBA [1 Attachment]

Terima kasih mas Heru atas masukannya. Jika .[B3] = Date diganti dengan .[B3] = VBA.Date tidak error lagi.Mengapa ? saya belum menemukan jawabannya
Salam,HK

On Monday, 18 November 2013, 18:00, Heru Monas
<sinau_22@yahoo.co.id> wrote:



Salam kawan semuaSaya ikut nimbrung boleh kan ?File dari Bu siti ini saya edit dikit, Saya tambahin pilihan saat mengisi tanggal InvoiceJadi jika User ingin mengisi tanggal secara manual pun teap terakomodirMohon di koreksi apakah masih ada error ???Salam Hormat****** Monas , a VBA Learner **** Pada Senin, 18 November 2013 17:37, hendrik karnadi
<hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:


Setelah saya coba ternyata:- Data berhasil masuk database (DataInv, DataSub), tetapi pada saat "reset form" maka- Range B3 pada InvForm akan berisi "1/0/1900 dan tampilan di layar 00 Jan 00" karena .[B3] = dt tidak menghasilkan tanggal ....Salam,HK On Monday, 18 November 2013, 15:18, abinaya abinaya <abinaya_jp5@yahoo.com> wrote:


Assalamualaikum pakSaya anggota baru di milis iniSenang sekali bisa belajar banyak disini, mohon bimbingan nyaSaya sudah download file yang bapak kirim, memang saat saya jalankan error yang bapak maksud munculSaya lihat di referensi nya ada komponen yang hilang ( saat di jalankan di komputer saya )"microsoft windows common control" nya hilang (missing)Jika saya punya cara lain pak...saya lebih memilih membuat variabel baru yang menampung "date" inijadi saya buat begini, Dim dt as datedan pada baris yang error saya ganti.[b3] = dtalhamdulillah gak ada
masalah paksaya pernah mengalami kasus sama saat memakai calender control, di Excel 2003 mau jalan tapi saat di Excel 2007 keatas gak mauDan masalah nya mirip, ada komponen pada
referensi yang hilang atau gak kebacamohon koreksi jika saya ada keliru On Monday, November 18, 2013 11:53 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:


Rekan2 Be-Exceller,Ada satu warisan dari mbak Siti mengenai Simple Invoicing (file terlampir), dimana ada satu bagian perintah macro With .. End With yang berbunyi:.[B3] = Date yang menimbulkan Error baik pada Excel 2007 (pertanyaan dari rekan kita) maupun hasil tes saya pada Excel 2010 (komputer
kantor).Pesan Errornya adalah sbb :"Compile Error, Can't Find Project or Library"Tapi anehnya di komputer rumah yang juga pakai Excel 2010, macro tsb berjalan dengan mulu (ketika saya menjawab email saya pakai komputer
rumah).Saran dari Mr Kid, Date diganti dengan Int(now) memang bisa memecahkan masalah tsb.Namun masih tersisa pertanyaan, dimana salahnya...., apakah perintah Date hanya berlaku untuk Excel versi
tertentu....??Mohon sharing dari rekan2.Terima kasih.Salam,HK

Mon Dec 2, 2013 10:32 pm (PST) . Posted by:

"Tuti Hartati"

Dear para master,

Mohon bantuannya saya ingin membuat database dengan menggunakan excel dari
data absensi diatas, yang ingin saya buatkan adalah saya ingin merubah data
tersebut menggunakan form sehingga mudah untuk diinput, dan saya ingin
merekap data tersebut sehingga saya tahu berapakah jumlah absensi untuk
sakit, alpa, cuti beserta keterangannya per tanggal dan per group, sudah
saya coba tidak ketemu-ketemu sekalian saya ingin belajar VBA excel, mohon
bantuannya.

Terimakasih,

Tuti Hartati

Mon Dec 2, 2013 11:40 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai Tuti,

Bentuk tabel datanya sudah mendekati sempurna, hanya saja masih ada data
yang kosong pada kolom Shift,
sebaiknya data yang kosong itu diisi dengan angka Nol saja (sekedar saran)

untuk proses inputnya bagaimana kalo memanfaatkan data form-nya Excel?
karena hal ini lebih mudah dan cepat daripada harus belajar VBA dulu, insya
Allah seperti itu pengalaman Jan.

catatan: Tutorial disusun menggunakan Excel 2010, sehingga mungkin jika
diterpakan di excel 2007
dan excel 2013 tidak akan jauh berbeda, untuk versi 2003 ke bawah silakan
dicari padanannya.

Caranya sebagai berikut:
(1)
Aktifkan dahulu data form melalui "Option" >> "Quick Access Toolbar",
seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 1]

(2)
1 - Pada kotak "Choose commands from", pilih "Commands not in the Ribbon"
2 - Klik "Form
3 - Pada kotak "Customize Quick Access Toolbar" pilih "For all documents"
4 - Klik "Add"
5 - Klik "OK"
[image: Gambar sisip 5]

(3)
Jika sudah, maka pada pojok kiri atas layar akan muncul sebuah icon baru
yang bernama Form (dilingkari warna merah)
[image: Gambar sisip 6]

Cara penggunaannya:
letakan cursor di sebuah cel (sembarang cel) di dalam area tabel lalu klik
Form di atas sehingga akan muncul dialog box seperti ini:
[image: Gambar sisip 7]

Semua kegiatan penambahan data, edit, dan delete bisa dilakukan melalui
form tersebut.
Seharusnyanya sampai saat ini sudah 1 masalah terselesaikan.

Masalah berikutnya adalah proses pembuatan laporan, untuk yang ini Jan
sarankan menggunakan fitu Pivot Table saja
caranya sudah disusun secara lengkap dan jelas oleh om Kid di link berikut:
Bagian pertama<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
Bagian kedua<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html>
Bagian ketiga<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html>

Semoga bermanfaat,

-Miss Jan Raisin-

Pada 3 Desember 2013 12.11, Tuti Hartati
<tuti-hartati@fukusuke-kogyo.co.id>menulis:

>
>
> Dear para master,
>
> Mohon bantuannya saya ingin membuat database dengan menggunakan excel dari
> data absensi diatas, yang ingin saya buatkan adalah saya ingin merubah data
> tersebut menggunakan form sehingga mudah untuk diinput, dan saya ingin
> merekap data tersebut sehingga saya tahu berapakah jumlah absensi untuk
> sakit, alpa, cuti beserta keterangannya per tanggal dan per group, sudah
> saya coba tidak ketemu-ketemu sekalian saya ingin belajar VBA excel, mohon
> bantuannya.
>
>
>
>
>
> Terimakasih,
>
> Tuti Hartati
>
>
>

Tue Dec 3, 2013 12:12 am (PST) . Posted by:

"Tuti Hartati"

Makasih miss Jan, saya akan coba dulu seandainya ada kesulitan nanti akan
saya tanyakan kembali.

Terimakasih,

Tuti Hartati

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Jan Raisin
Sent: Tuesday, December 03, 2013 2:40 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] rekap data

Hai Tuti,

Bentuk tabel datanya sudah mendekati sempurna, hanya saja masih ada data
yang kosong pada kolom Shift,

sebaiknya data yang kosong itu diisi dengan angka Nol saja (sekedar saran)

untuk proses inputnya bagaimana kalo memanfaatkan data form-nya Excel?

karena hal ini lebih mudah dan cepat daripada harus belajar VBA dulu, insya
Allah seperti itu pengalaman Jan.

catatan: Tutorial disusun menggunakan Excel 2010, sehingga mungkin jika
diterpakan di excel 2007

dan excel 2013 tidak akan jauh berbeda, untuk versi 2003 ke bawah silakan
dicari padanannya.

Caranya sebagai berikut:

(1)

Aktifkan dahulu data form melalui "Option" >> "Quick Access Toolbar",
seperti gambar di bawah ini:

Gambar sisip 1

(2)

1 - Pada kotak "Choose commands from", pilih "Commands not in the Ribbon"

2 - Klik "Form

3 - Pada kotak "Customize Quick Access Toolbar" pilih "For all documents"

4 - Klik "Add"

5 - Klik "OK"

Gambar sisip 5

(3)

Jika sudah, maka pada pojok kiri atas layar akan muncul sebuah icon baru
yang bernama Form (dilingkari warna merah)

Gambar sisip 6

Cara penggunaannya:

letakan cursor di sebuah cel (sembarang cel) di dalam area tabel lalu klik
Form di atas sehingga akan muncul dialog box seperti ini:

Gambar sisip 7

Semua kegiatan penambahan data, edit, dan delete bisa dilakukan melalui form
tersebut.

Seharusnyanya sampai saat ini sudah 1 masalah terselesaikan.

Masalah berikutnya adalah proses pembuatan laporan, untuk yang ini Jan
sarankan menggunakan fitu Pivot Table saja

caranya sudah disusun secara lengkap dan jelas oleh om Kid di link berikut:

Bagian pertama
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>

Bagian kedua
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.h
tml>

Bagian ketiga
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html>

Semoga bermanfaat,

-Miss Jan Raisin-

Pada 3 Desember 2013 12.11, Tuti Hartati <tuti-hartati@fukusuke-kogyo.co.id>
menulis:

Dear para master,

Mohon bantuannya saya ingin membuat database dengan menggunakan excel dari
data absensi diatas, yang ingin saya buatkan adalah saya ingin merubah data
tersebut menggunakan form sehingga mudah untuk diinput, dan saya ingin
merekap data tersebut sehingga saya tahu berapakah jumlah absensi untuk
sakit, alpa, cuti beserta keterangannya per tanggal dan per group, sudah
saya coba tidak ketemu-ketemu sekalian saya ingin belajar VBA excel, mohon
bantuannya.

Terimakasih,

Tuti Hartati

Tue Dec 3, 2013 12:37 am (PST) . Posted by:

"Tio Adi Bayu Adjie"

Salam Excel,
Newbie mau tanya, bisakah buat macro di Excel untuk disable tombol print screen ?

Terima kasih,
Salam,
Tio

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar