Senin, 09 Desember 2013

[belajar-excel] Digest Number 2685

15 New Messages

Digest #2685
1a
Re: Cara merekap data di beda sheet by "Fachry Rizal" p4ch_m4n
1c
Re: Cara merekap data di beda sheet by "Fachry Rizal" p4ch_m4n
1d
Re: Cara merekap data di beda sheet by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
1e
Re: Cara merekap data di beda sheet by "Fachry Rizal" p4ch_m4n
1f
Re: Cara merekap data di beda sheet [1 Attachment] by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3a
Re: Macro Membuat Nomor Urut by "ChordJR" indra_gustian
3b
Re: Macro Membuat Nomor Urut by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3c
Re: Macro Membuat Nomor Urut by "ChordJR" indra_gustian
4
6a
Re: Copy Paste Banyak Tabel terpisah by "Soengging respati naba" respati007
6b
Re: Copy Paste Banyak Tabel terpisah by "Soengging respati naba" respati007

Messages

Sun Dec 8, 2013 7:08 am (PST) . Posted by:

"Fachry Rizal" p4ch_m4n

hehehe.. mau tanya lagi niiih, maaf yaaah banyak bertanya biar ga sesat di
jalan :), gmn caranya agar ketika di print muncul tgl dan waktunya, saya
coba menggunakan fungsi TODAY tp waktunya tidak berhasil munculnya
08/12/2013 00:00. Dan mohon pencerahannya untuk merubah urutan invoice... @
Mr Ahmad kalo untuk menambah harganya tinggal ditambah aja di sheet data
barang kemudian menggunakan vlookp. Thanx all.

2013/12/6 Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com>

> Oke Ms. Jan success caranya smua. *Maaf msh ada pertanyaan lagi bgmn cara
> merubah no invoicenya secara otomatis, karena skrg sudah no 2374*. Saya
> mencoba memodifikasi dengan menambah surat jalan dg cara mencopy dr invoice
> hehehehe.... Mr Ahmad trima kasih atas masukannya, sangat bermanfaat..
>
>
> 2013/12/6 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>
>>
>>
>> Ikutan ya..
>>
>> pertanyaan nomor 1:
>> *bgmn cara mengsetting agar tulisan Print, Cancel, Save tidak ikut ke
>> print*
>>
>> untuk yang printnya, script awal sbb:
>> ActiveWindow.SelectedSheets.PrintPreview
>>
>> diganti menjadi:
>> Dim sht As String ' deklarasi variabel untuk menyimpan nama sheet
>>
>> sht = ActiveSheet.Name ' ambil nama sheet dan simpan ke variabel
>> Sheets(sht).Range("a1:k28").PrintPreview ' print preview kolom A
>> sampai K baris 1 sampai 28
>>
>> pertanyaan nomor 2:
>> *bgmn cara menglock row dan kolom yg saya unhide agar datanya tidak dapat
>> di rubah2*
>>
>> salah satu dari banyak cara adalah sbb:
>> (1) klik kanan *HANYA* pada cel yang boleh diubah oleh user
>> (2) pilih Format Cell
>> (3) klik tab Protection
>> (4) hilangkan tanda cek list pada kotak Locked
>>
>> setelah itu lakukan proteksi terhadap sheet dengan cara:
>> (1) klik kanan pada nama sheet
>> (2) pilih Protect sheet
>> (3) hilangkan tanda ceklist pada Selected locked cells
>> (4) masukkan password untuk melakukan unprotect, setelah ini akan diminta
>> konfirmasi ulang
>>
>> hati-hati, jika anda lupa passwordnya maka anda pun akan kehilangan akses
>> untuk mengubah isi worksheet
>> sebagai antisipasi, copy dahulu workbooknya dan simpan dengan nama lain.
>>
>> semoga penjelasannya sesuai dengan yang diharapkan
>>
>> Salam,
>>
>>
>> -Miss Jan Raisin-
>>
>>
>> Pada 6 Desember 2013 11.36, Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com> menulis:
>>
>>
>>>
>>> Alhamdulillah smuanya sudah terselesaikan oleh mr Ahmad Lubis. tp msh
>>> ada sedikit lg yg mengganjal saya yaitu ketika akan memprint garis pada
>>> kolom K9:K16 tidak muncul dan bgmn cara mengsetting agar tulisan Print,
>>> Cancel, Save tidak ikut ke print. Dan juga bgmn cara menglock row dan kolom
>>> yg saya unhide agar datanya tidak dapat di rubah2 (data terlampir).
>>> Terima kasih untuk bantuannyaa....
>>>
>>>
>>> 2013/12/5 Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>
>>>
>>>
>>>
>>> Mr Fachry,
>>> iya saya memang lihat productnya Mr Kid, malah jawaban tsb juga karena
>>> saya lihat macronya Mr Kid. Thanks Mr Kid.
>>> tapi saya mau jawab lagi nih agar jumlah baris K11:K16 yang belum terisi
>>> tidak muncul tanda minus (-), buatkan aja rumus ini
>>> =IF(OR(I10="";J10="");"";I10*J10
>>> terus copy deh tuh rumus dari baris K11 sampai baris K16.
>>> sekedar itu aja.
>>> ASL
>>>
>>> ------------------------------
>>> From: p4ch.m4n@gmail.com
>>> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>> Date: Thu, 5 Dec 2013 15:11:21 +0700
>>>
>>> Subject: Re: [belajar-excel] Cara merekap data di beda sheet
>>>
>>>
>>>
>>> Mr Ahmad lubis, terima kasih atas bantuannya. Sialahkan mengcopy semoga
>>> bisa bermanfaat. Itu product by Mr Kid pak ahmad. Maaf ada yg tertinggal
>>> pertanyaannya, bgmn jika Jumlah (K11:K16) yg belum terisi tidak muncul
>>> tanda minus (-). mohon penyempurnaan dr yang lainnya agar bs lebih maksimal
>>> lagi.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>

Sun Dec 8, 2013 5:14 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

untuk mendapatkan tanggal dan waktu, coba gunakan fungsi Now

untuk mendapatkan skrip merubah urutan invoice, coba gunakan rekam macro,
lalu urutkan invoice menggunakan urutan yang anda inginkan..

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 8 Desember 2013 14.17, Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com> menulis:

>
>
> hehehe.. mau tanya lagi niiih, maaf yaaah banyak bertanya biar ga sesat di
> jalan :), gmn caranya agar ketika di print muncul tgl dan waktunya, saya
> coba menggunakan fungsi TODAY tp waktunya tidak berhasil munculnya
> 08/12/2013 00:00. Dan mohon pencerahannya untuk merubah urutan invoice... @
> Mr Ahmad kalo untuk menambah harganya tinggal ditambah aja di sheet data
> barang kemudian menggunakan vlookp. Thanx all.
>
>
>
>

Sun Dec 8, 2013 7:41 pm (PST) . Posted by:

"Fachry Rizal" p4ch_m4n

Makasih Ms Jan atas infonya.. Maksud saya bukan urutannya tapi no
invoicenya, kalo yg sekarang mulai dari 001,dst. Sedangkan nomor faktur di
tempat saya sudah 2365, pertanyaan saya bagaimana caranya merubah invoice
yg awalnya dari 001 saya rubah menjadi 2365. Terima kasih atas bantuannya..

2013/12/9 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

>
>
> untuk mendapatkan tanggal dan waktu, coba gunakan fungsi Now
>
> untuk mendapatkan skrip merubah urutan invoice, coba gunakan rekam macro,
> lalu urutkan invoice menggunakan urutan yang anda inginkan..
>
> Salam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 8 Desember 2013 14.17, Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com> menulis:
>
>
>>
>> hehehe.. mau tanya lagi niiih, maaf yaaah banyak bertanya biar ga sesat
>> di jalan :), gmn caranya agar ketika di print muncul tgl dan waktunya, saya
>> coba menggunakan fungsi TODAY tp waktunya tidak berhasil munculnya
>> 08/12/2013 00:00. Dan mohon pencerahannya untuk merubah urutan invoice... @
>> Mr Ahmad kalo untuk menambah harganya tinggal ditambah aja di sheet data
>> barang kemudian menggunakan vlookp. Thanx all.
>>
>>
>>
>>
>

Sun Dec 8, 2013 10:14 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Maaf, ikut nimbrung pada bagian akhir.
Kalau ndak salah formula untuk No Invoicenya adalah =MAX(Rekapan!D:D)+1

Yang berwarna hijau adalah titik awalnya.

Jika no tidak dimulai dari 1 maka MAX(Rekapan!D:D)dapat diganti dengan sel rujukan yang berisi no invoice sebelumnya.Sel rujukan ini ditambah dengan 1 (dalam programnya) setiap kali data selesai disimpan.

Semoga ndak salah menjawab.

Salam,
HK

On Monday, 9 December 2013, 10:41, Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com> wrote:

 
Makasih Ms Jan atas infonya.. Maksud saya bukan urutannya tapi no invoicenya, kalo yg sekarang mulai dari 001,dst. Sedangkan nomor faktur di tempat saya sudah 2365, pertanyaan saya bagaimana caranya merubah invoice yg awalnya dari 001 saya rubah menjadi 2365. Terima kasih atas bantuannya..

2013/12/9 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>


>untuk mendapatkan tanggal dan waktu, coba gunakan fungsi Now
>
>
>untuk mendapatkan skrip merubah urutan invoice, coba gunakan rekam macro, lalu urutkan invoice menggunakan urutan yang anda inginkan..
>
>
>Salam,
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>Pada 8 Desember 2013 14.17, Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com> menulis:
>
>
>
>> 
>>hehehe.. mau tanya lagi niiih, maaf yaaah banyak bertanya biar ga sesat di jalan :), gmn caranya agar ketika di print muncul tgl dan waktunya, saya coba menggunakan fungsi TODAY tp waktunya tidak berhasil munculnya 08/12/2013 00:00. Dan mohon pencerahannya untuk merubah urutan invoice... @ Mr Ahmad kalo untuk menambah harganya tinggal ditambah aja di sheet data barang kemudian menggunakan vlookp. Thanx all.
>>
>>
>>
>>
>>

Mon Dec 9, 2013 1:41 am (PST) . Posted by:

"Fachry Rizal" p4ch_m4n

siip mas hendrik... ternyata setelah melewati masalah 1 muncul masalah yg
laiin lagii :((. Kenapa untuk rumus vlookup di alamat, telepon, nama
barangnya harus urut by name atau by kode. Jika tidak urut maka kode barang
dan nama barang yg menggunakan vlookup tidak sama, apakah ada rumus saya yg
salah. File terlampir.

2013/12/9 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

>
>
> Maaf, ikut nimbrung pada bagian akhir.
> Kalau ndak salah formula untuk No Invoicenya adalah =MAX(Rekapan!D:D)+1
>
> Yang berwarna hijau adalah titik awalnya.
>
> Jika no tidak dimulai dari 1 maka MAX(Rekapan!D:D) dapat diganti dengan sel
> rujukan yang berisi no invoice sebelumnya. Sel rujukan ini ditambah
> dengan 1 (dalam programnya) setiap kali data selesai disimpan.
>
> Semoga ndak salah menjawab.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
> On Monday, 9 December 2013, 10:41, Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com>
> wrote:
>
> Makasih Ms Jan atas infonya.. Maksud saya bukan urutannya tapi no
> invoicenya, kalo yg sekarang mulai dari 001,dst. Sedangkan nomor faktur di
> tempat saya sudah 2365, pertanyaan saya bagaimana caranya merubah invoice
> yg awalnya dari 001 saya rubah menjadi 2365. Terima kasih atas bantuannya..
>
>
> 2013/12/9 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>
>
> untuk mendapatkan tanggal dan waktu, coba gunakan fungsi Now
>
> untuk mendapatkan skrip merubah urutan invoice, coba gunakan rekam macro,
> lalu urutkan invoice menggunakan urutan yang anda inginkan..
>
> Salam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 8 Desember 2013 14.17, Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com> menulis:
>
>
> hehehe.. mau tanya lagi niiih, maaf yaaah banyak bertanya biar ga sesat
> di jalan :), gmn caranya agar ketika di print muncul tgl dan waktunya, saya
> coba menggunakan fungsi TODAY tp waktunya tidak berhasil munculnya
> 08/12/2013 00:00. Dan mohon pencerahannya untuk merubah urutan invoice... @
> Mr Ahmad kalo untuk menambah harganya tinggal ditambah aja di sheet data
> barang kemudian menggunakan vlookp. Thanx all.
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon Dec 9, 2013 3:12 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba tambahin kata False di belakangnya

=IF(J3="","",VLOOKUP(J3,'Nama Cust'!B1:D18,2,FALSE))
=IF(J3="","",VLOOKUP(J3,'Nama Cust'!B1:D18,3,FALSE))
=IF(G10="","",VLOOKUP(G10,'Data Barang'!$A$1:$G$274,2,FALSE))

Mungkin akan timbul prtanyaan lagi:
Mengapa ?
Karena default Functionnya True, jika ga ada padanannya maka diambil yang "terdekat"; tetapi kalau sudah dikasi False jika tidak ada padanannya maka akan keluar error.

Semoga bermanfaat (pinjam istilah Pak Anton).

Salam,
HK

On Monday, 9 December 2013, 16:41, Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com> wrote:

 
siip mas hendrik... ternyata setelah melewati masalah 1 muncul masalah yg laiin lagii :((. Kenapa untuk rumus vlookup di alamat, telepon, nama barangnya harus urut by name atau by kode. Jika tidak urut maka kode barang dan nama barang yg menggunakan vlookup tidak sama, apakah ada rumus saya yg salah. File terlampir.

2013/12/9 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Maaf, ikut nimbrung pada bagian akhir.
>Kalau ndak salah formula untuk No Invoicenya adalah =MAX(Rekapan!D:D)+1
>
>
>Yang berwarna hijau adalah titik awalnya.
>
>
>Jika no tidak dimulai dari 1 maka MAX(Rekapan!D:D)dapat diganti dengan sel rujukan yang berisi no invoice sebelumnya.Sel rujukan ini ditambah dengan 1 (dalam programnya) setiap kali data selesai disimpan.
>
>Semoga ndak salah menjawab.
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>
>On Monday, 9 December 2013, 10:41, Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com> wrote:
>

>Makasih Ms Jan atas infonya.. Maksud saya bukan urutannya tapi no invoicenya, kalo yg sekarang mulai dari 001,dst. Sedangkan nomor faktur di tempat saya sudah 2365, pertanyaan saya bagaimana caranya merubah invoice yg awalnya dari 001 saya rubah menjadi 2365. Terima kasih atas bantuannya..
>
>
>
>2013/12/9 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>
>
>> 
>>untuk mendapatkan tanggal dan waktu, coba gunakan fungsi Now
>>
>>
>>untuk mendapatkan skrip merubah urutan invoice, coba gunakan rekam macro, lalu urutkan invoice menggunakan urutan yang anda inginkan..
>>
>>
>>Salam,
>>
>>
>>-Miss Jan Raisin-
>>
>>
>>Pada 8 Desember 2013 14.17, Fachry Rizal <p4ch.m4n@gmail.com> menulis:
>>
>>
>>
>>> 
>>>hehehe.. mau tanya lagi niiih, maaf yaaah banyak bertanya biar ga sesat di jalan :), gmn caranya agar ketika di print muncul tgl dan waktunya, saya coba menggunakan fungsi TODAY tp waktunya tidak berhasil munculnya 08/12/2013 00:00. Dan mohon pencerahannya untuk merubah urutan invoice... @ Mr Ahmad kalo untuk menambah harganya tinggal ditambah aja di sheet data barang kemudian menggunakan vlookp. Thanx all.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>
>
>

Sun Dec 8, 2013 7:22 am (PST) . Posted by:

"Nora Ismanti" noraismanti

Terima kasih,

Problem teratasi. Milis ini benar-benar bermanfaat. Semoga Allah membalas kebaikan Mr. Kid dengan pahala dan keberkahan dalam hidup. Amin

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 7 Desember 2013 15:31
Judul: Re: [belajar-excel] Nilai tidak berubah secara otomatis


 
Hai Nora,

Sepertinya setting calculation Excel dalam opsi Manual. Coba ubah ke Automatic agar proses kalkulasi bisa langsung dilakukan oleh Excel.
Caranya melalui ribbon Formulas -> group Calculation -> item Calculation Options -> pilih Automatic.

Wassalam,
Kid.

2013/12/8 Nora Ismanti <noraismanti@yahoo.com>


>Kepada para master dan anggota milis.
>
>Mohon saya dibantu atas persoalan yang saya hadapi:
>
>Mengapa nilai pada cell C4, C5, C8, dan E8 tidak bisa berubah secara langsung apabila nilai pada G2 diubah. Untuk mengubahnya harus meng-klik tombol SAVE terlebih dahulu. Padahal seharusnya berubah secara otomatis sesuai dengan rumus yang ada pada cell-cell tersebut (C4, C5, C8, dan E8).
>
>Selengkapnya dapat dilihat pada lampiran dan videonya.
>
>Saya juga sertakan video dari problem saya tersebut agar inti persoalan dapat ditangkap dengan jelas.
>
>ini link videonya:
>
>https://app.box.com/s/hdkojft7vbdgdttt5ryn
>
>
>
>
>

Sun Dec 8, 2013 6:58 pm (PST) . Posted by:

"ChordJR" indra_gustian

Terimakasih atas pencerahannya Mr. Kid...sudah berjalan dengan baik
sekali...
Kalo bisa minta penjelasan lagi pada Coding Proses yang berbunyi :
With rngfields
.formula = "=Row()-" & rngout.row-1
.parent.calculate
.value=.value
End With
Property Parent ini setara dengan apa kalo di excel??sudah mencoba
bantuan F1/Help tapi belum mengerti...

Salam,

Indra

On 12/7/2013 10:43 PM, Mr. Kid wrote:
> Hai Indra,
>
> Bagaimana jika memanfaatkan formula seperti script berikut :
> Asumsinya : kolom A pasti ada isinya sebanyak jumlah baris data yang
> ada di kolom B dan seterusnya
> Sub AutoShape6_Click()
> Dim rngOut As Range, rngFields As Range
>
> Set rngOut = Sheet2.Range("a8").Offset(1, 0)
> Set rngFields = range(rngout,rngOut.End(xlDown))
>
> With rngfields
> .formula = "=Row()-" & rngout.row-1
> .parent.calculate
> .value=.value
> End With
> End Sub
>
> Jika maksudnya adalah memberi nomor pada kolom A mengikuti jumlah data
> yang ada di kolom B dan seterusnya, dan kolom B pasti terisi penuh
> data (tidak ada cell yang blank sampai record terakhir), maka ganti
> bagian :
> Set rngFields = range(rngout,rngOut.End(xlDown))
> menjadi :
> Set rngFields = range( rngOut.offset(0,1).End(xlDown).offset(0,-1)
> , rngout )
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> On Fri, Dec 6, 2013 at 8:22 PM, ChordJR <vendeta_06@yahoo.co.id
> <mailto:vendeta_06@yahoo.co.id>> wrote:
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Mau tanya tentang macro yang sudah saya buat kok tidak bisa berjalan
> sesuai keinginan...mohon di koreksi apabila ada kesalahan pada
> coding"nya...
>
> Sub AutoShape6_Click()
> Dim rngOut As Range, rngFields As Range
> Dim lHitung As Long, lFields As Long
>
> Set rngOut = Sheet2.Range("a8").Offset(1, 0)
> Set rngFields = rngOut.End(xlDown)
> lHitung = 0
> lFields = rngFields.Count
> lHitung = lHitung + 1
>
> With rngOut
> .Value = lHitung
> .Resize(0, rngFields).DataSeries Rowcol:=xlColumns,
> Type:=xlLinear, Date:=xlDay, _
> Step:=1, Trend:=False
> End With
> End Sub
>
> Wassalam,
>
> Indra
>
>
>

Sun Dec 8, 2013 7:04 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Indra,

Property Parent digunakan untuk mendapatkan object pemilik dari object yang
aktif dikerjakan.
Pada script tersebut, object yang aktif dikerjakan adalah rngFields yang
bertype Range.
Dengan adanya blok with terhadap rngFields, maka .Parent sama saja dengan
rngFields.Parent
artinya, mendapatkan object pemilik object range bernama rngFields.

Nah, object range bernama rngFields, yang berisi range disebuah worksheet,
dimiliki oleh si worksheet.
Jadi rngFields.Parent akan menghasilkan object bertype Worksheet yang
memiliki si range tersebut.

Karena rngFields.Parent menghasilkan object worksheet, maka methods
Calculate yang dipanggil adalah methods milik si worksheet.
Artinya, rngFields.Parent.Calculate akan membuat worksheet tempat si range
yang ada dalam rngFields dikalkulasi.

Wassalam,
Kid.

2013/12/9 ChordJR <vendeta_06@yahoo.co.id>

>
>
> Terimakasih atas pencerahannya Mr. Kid...sudah berjalan dengan baik
> sekali...
> Kalo bisa minta penjelasan lagi pada Coding Proses yang berbunyi :
> ��� With rngfields
> ����� .formula = "=Row()-" & rngout.row-1
> �� �� .parent.calculate
> � � � .value=.value ��
> ��� End With
> Property Parent ini setara dengan apa kalo di excel??sudah mencoba
> bantuan F1/Help tapi belum mengerti...
>
> Salam,
>
> Indra
>
> On 12/7/2013 10:43 PM, Mr. Kid wrote:
>
> �
> Hai Indra,
>
> Bagaimana jika memanfaatkan formula seperti script berikut :
> Asumsinya : kolom A pasti ada isinya sebanyak jumlah baris data yang ada
> di kolom B dan seterusnya
> Sub AutoShape6_Click()
> ��� Dim rngOut As Range, rngFields As Range
>
> ��� Set rngOut = Sheet2.Range("a8").Offset(1, 0)
> ��� Set rngFields = range(rngout,rngOut.End(xlDown))
>
> ��� With rngfields
> ����� .formula = "=Row()-" & rngout.row-1
> �� �� .parent.calculate
> � � � .value=.value ��
> ��� End With
> End Sub
>
> Jika maksudnya adalah memberi nomor pada kolom A mengikuti jumlah data
> yang ada di kolom B dan seterusnya, dan kolom B pasti terisi penuh data
> (tidak ada cell yang blank sampai record terakhir), maka ganti bagian :
> ��� Set rngFields = range(rngout,rngOut.End(xlDown))
> menjadi :
> ��� Set rngFields = range(
> rngOut.offset(0,1).End(xlDown).offset(0,-1) , rngout )
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> On Fri, Dec 6, 2013 at 8:22 PM, ChordJR <vendeta_06@yahoo.co.id> wrote:
>
>> �
>>
>> Dear Be-Exceller,
>>
>> Mau tanya tentang macro yang sudah saya buat kok tidak bisa berjalan
>> sesuai keinginan...mohon di koreksi apabila ada kesalahan pada
>> coding"nya...
>>
>> Sub AutoShape6_Click()
>> Dim rngOut As Range, rngFields As Range
>> Dim lHitung As Long, lFields As Long
>>
>> Set rngOut = Sheet2.Range("a8").Offset(1, 0)
>> Set rngFields = rngOut.End(xlDown)
>> lHitung = 0
>> lFields = rngFields.Count
>> lHitung = lHitung + 1
>>
>> With rngOut
>> .Value = lHitung
>> .Resize(0, rngFields).DataSeries Rowcol:=xlColumns,
>> Type:=xlLinear, Date:=xlDay, _
>> Step:=1, Trend:=False
>> End With
>> End Sub
>>
>> Wassalam,
>>
>> Indra
>>
>
>
>
>

Sun Dec 8, 2013 8:09 pm (PST) . Posted by:

"ChordJR" indra_gustian

Terimakasih sekali lagi atas pencerahannya Mr. Kid...Semoga ilmu yang
bermanfaat ini berguna juga untuk Member - member yang lainnya...

Wassalam,

Indra

Mon Dec 9, 2013 12:42 am (PST) . Posted by:

ismubanjaran

Yth. Master excel

Mohon bantuannya bagaimana rumus formula untuk menghitung nilai kumulatif sehingga data yg muncul sekian. "sekian" maksut saya dalam kolom tersebut sudah terdapat angka, tetapi saya tidak tahu darimana rumus tersebut. Mohon
Terlampir detail pertanyaan dan excelnya. Terimaksaih banyak

Mon Dec 9, 2013 12:46 am (PST) . Posted by:

"dwi mulyaningsih" upiet29

Dear pakar excel,

File warisan yang saya dapat sudah saya modif, dan akhirnya saya buat seperti terlampir.
Akan tetapi pada saat rekam data ke tabel masih ada debugnya, mohon solusinya.
terlampir error reportnya.
Terima kasih

Salam
DM

On Monday, December 9, 2013 2:18 PM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:

Dear pakar excel,

File warisan yang saya dapat sudah saya modif, dan akhirnya saya buat seperti terlampir.
Akan tetapi pada saat rekam data ke tabel masih ada debugnya, mohon solusinya.
terlampir error reportnya.
Terima kasih

Salam
DM

On Friday, November 29, 2013 3:48 PM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 
Ada contoh lampirannya Pak ?
Perintah Set SubTbl = Range(SubTbl,SubTbl.End(xlDown)) hanya bisa diterima oleh komputer apabila sebelumnya sudah ada range bernama SubTbl.

Salam,
HK

On Friday, 29 November 2013, 9:10, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Mr HK,
saya jalankan program ini ada pesan/bug error sbb :
Set SubTbl = Range(SubTbl, SubTbl.End(xlDown))
sekedar mencari macro aplikatif yang bisa saya terapkan untuk kegiatan saya.
terima kasih,
ASL

________________________________
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 21 Nov 2013 17:48:16 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis [1 Attachment]

 

Saya coba buka bisa kok Pak.
Coba saya lampirkan lagi ya Pak.

On Friday, November 22, 2013 8:44 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 
Koq lampirannya ga mau dibuka mba Dwi?

Salam,

HK

On Thursday, 21 November 2013, 17:01, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:

 
Dear Pakar Excel,

Mohon bantuannya. File warisan ini sudah saya modif sesuai keinginan saya.
Tapi berhubung masih awam dengan macro dan pengcodingannya, jadi masih banyak kekurangannya.
Terlampir filenya

Terima kasih

Salam
Dwi

On Monday, November 18, 2013 3:51 PM, abinaya abinaya <abinaya_jp5@yahoo.com> wrote:

 
Salam
sekedar mencoba ya Bu
coba buat variabel baru
Dim dt as date

trus ganti fungsi date nya dengan "dt" tadi bu
misal
.[b3]= dt

On Monday, November 18, 2013 4:18 PM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:

 
Sudah saya ganti, tapi masih sama seperti sebelumnya

Salam
DM

On Saturday, November 16, 2013 5:39 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

 
Coba ganti Date dengan Now
Jika ingin tetap tanpa waktu, ganti Date dengan Int( Now )

Wassalam,
Kid.

2013/11/15 Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id>


>saya pakai ms ofice 2007
>ada eror lagi pak
>
>
>
>
>
>
>Pada , Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> menulis:
>
>Masukkanlah ke dalam surga dan lindungilah dia dari azab kubur dan azab neraka.
>
>
>
>
>
>Pada Kamis, 14 November 2013 21:59, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
>

>Ini file yang sudah saya coba edit seperlunya dan sudah saya tes untuk merekam.
>Kalau sdh tes dan berhasil, jangan lupa doakan beliau yang telah memberi inspirasi.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>On Thursday, 14 November 2013, 8:40, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
>
>Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
>Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
>
>
>Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> wrote:
>

>dear pak hk..
>saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
>Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
>tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
>
>
>
>
>
>
>Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
>

>Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
>

>Dear Pakar Excel,
>
>
>Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
>Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka : 
>1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan 
>2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri. 
>
>
>Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
>Mohon bantuannya.
>
>
>Terima kasih
>
>
>Dwi
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon Dec 9, 2013 12:47 am (PST) . Posted by:

"dwi mulyaningsih" upiet29

Terlampir error reportnya

On , dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:

Dear pakar excel,

File warisan yang saya dapat sudah saya modif, dan akhirnya saya buat seperti terlampir.
Akan tetapi pada saat rekam data ke tabel masih ada debugnya, mohon solusinya.
terlampir error reportnya.
Terima kasih

Salam
DM

On Monday, December 9, 2013 2:18 PM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:

Dear pakar excel,

File warisan yang saya dapat sudah saya modif, dan akhirnya saya buat seperti terlampir.
Akan tetapi pada saat rekam data ke tabel masih ada debugnya, mohon solusinya.
terlampir error reportnya.
Terima kasih

Salam
DM

On Friday, November 29, 2013 3:48 PM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 
Ada contoh lampirannya Pak ?
Perintah Set SubTbl = Range(SubTbl,SubTbl.End(xlDown)) hanya bisa diterima oleh komputer apabila sebelumnya sudah ada range bernama SubTbl.

Salam,
HK

On Friday, 29 November 2013, 9:10, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Mr HK,
saya jalankan program ini ada pesan/bug error sbb :
Set SubTbl = Range(SubTbl, SubTbl.End(xlDown))
sekedar mencari macro aplikatif yang bisa saya terapkan untuk kegiatan saya.
terima kasih,
ASL

________________________________
From: upiet29@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 21 Nov 2013 17:48:16 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis [1 Attachment]

 

Saya coba buka bisa kok Pak.
Coba saya lampirkan lagi ya Pak.

On Friday, November 22, 2013 8:44 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 
Koq lampirannya ga mau dibuka mba Dwi?

Salam,

HK

On Thursday, 21 November 2013, 17:01, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:

 
Dear Pakar Excel,

Mohon bantuannya. File warisan ini sudah saya modif sesuai keinginan saya.
Tapi berhubung masih awam dengan macro dan pengcodingannya, jadi masih banyak kekurangannya.
Terlampir filenya

Terima kasih

Salam
Dwi

On Monday, November 18, 2013 3:51 PM, abinaya abinaya <abinaya_jp5@yahoo.com> wrote:

 
Salam
sekedar mencoba ya Bu
coba buat variabel baru
Dim dt as date

trus ganti fungsi date nya dengan "dt" tadi bu
misal
.[b3]= dt

On Monday, November 18, 2013 4:18 PM, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:

 
Sudah saya ganti, tapi masih sama seperti sebelumnya

Salam
DM

On Saturday, November 16, 2013 5:39 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

 
Coba ganti Date dengan Now
Jika ingin tetap tanpa waktu, ganti Date dengan Int( Now )

Wassalam,
Kid.

2013/11/15 Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id>


>saya pakai ms ofice 2007
>ada eror lagi pak
>
>
>
>
>
>
>Pada , Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> menulis:
>
>Masukkanlah ke dalam surga dan lindungilah dia dari azab kubur dan azab neraka.
>
>
>
>
>
>Pada Kamis, 14 November 2013 21:59, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
>

>Ini file yang sudah saya coba edit seperlunya dan sudah saya tes untuk merekam.
>Kalau sdh tes dan berhasil, jangan lupa doakan beliau yang telah memberi inspirasi.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>On Thursday, 14 November 2013, 8:40, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
>
>Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
>Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
>
>
>Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> wrote:
>

>dear pak hk..
>saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
>Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
>tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
>
>
>
>
>
>
>Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
>

>Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
>

>Dear Pakar Excel,
>
>
>Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
>Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka : 
>1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan 
>2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri. 
>
>
>Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
>Mohon bantuannya.
>
>
>Terima kasih
>
>
>Dwi
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon Dec 9, 2013 1:27 am (PST) . Posted by:

"Soengging respati naba" respati007

maaf baru bisa respon pesan.. coba dengan file ini Mr. Kid..

2013/12/7 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

>
>
> Kok filenya gak bisa dibuka ya.
>
> Kid.
>
>
> 2013/12/6 <respati007@gmail.com>
>
>
>>
>> Dear All Para Master,
>> Mohon Bantuan untuk permaslahan ini, Data terlampir...
>>
>> Untk copy paste dari 1 worksheet yg mempunyai banyak table yang terpisah
>> dan saya ingin menjadikan satu dlam workbook baru.
>>
>>
>
>

Mon Dec 9, 2013 2:11 am (PST) . Posted by:

"Soengging respati naba" respati007

Maaf baru bisa merespon pesan Mr. Kid, Coba dengan file ini Mr.
(extract terbebih dulu)

2013/12/7 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

>
>
> Kok filenya gak bisa dibuka ya.
>
> Kid.
>
>
> 2013/12/6 <respati007@gmail.com>
>
>
>>
>> Dear All Para Master,
>> Mohon Bantuan untuk permaslahan ini, Data terlampir...
>>
>> Untk copy paste dari 1 worksheet yg mempunyai banyak table yang terpisah
>> dan saya ingin menjadikan satu dlam workbook baru.
>>
>>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar