Kamis, 26 Desember 2013

[belajar-excel] Digest Number 2707

12 New Messages

Digest #2707
1a
Urut otomatis by "heru mulyono"
1b
Re: Urut otomatis by "Bagus" bagus4bls
1c
Re: Urut otomatis by "heru mulyono"
2a
2b
Re: Urut otomatis by "heru mulyono"
2c
Re: Urut otomatis by "Jan Raisin"
4a
Re: sum if bold [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4b
Re: sum if bold [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4c
Re: sum if bold by "Jan Raisin"
5

Messages

Wed Dec 25, 2013 5:47 pm (PST) . Posted by:

"heru mulyono"

permasalahan ada di file terlampir

Wed Dec 25, 2013 8:54 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Pak Heru;

Pada Cell AD4:
=TEXT(AS4,"K0000")&TEXT(AR4,"000")&TEXT(AP4,"000")&TEXT(AQ4,"000")&TEXT(A4,"000")
coba ganti spt ini:
=TEXT(AS4,"K00.00")&TEXT(AR4,"0.00")&TEXT(AP4,"0.00")&TEXT(AQ4,"0.00")&TEXT(A4,"000")
copas kebawah

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: heru mulyono
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, December 26, 2013 9:57 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Urut otomatis

Terima Kasih Pak Bagus....,

cuma yang menjadi masalah jika ada nilai yang sama, maka urutannya ditentukan berdasarkan kode, dimulai dari AC, AA, AB.

jadi jika nilai di kolom AC lebih tinggi mk posisinya akan diatas

pad rumus yg saya adopsi sdh bisa berjalan baik, tetapi untuk nilai puluhan, sedang jika nilainya pecahan belum sesuai harapan.
mohon pencerahannya...
demikian terimakasih

Pada 26 Desember 2013 09.10, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:

Hai Heru;

Coba begini;
=LARGE(AS$4:AS$15,$AK4)
Copas kebawah dan kekanan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: heru mulyono
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, December 26, 2013 8:45 AM
Subject: [belajar-excel] Urut otomatis [1 Attachment]

permasalahan ada di file terlampir

Wed Dec 25, 2013 9:33 pm (PST) . Posted by:

"heru mulyono"

Terimakasih Pak Bagus.....

Jawaban sesuai dengan harapan.....

Sukses XL

Pada 26 Desember 2013 11.58, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:

>
>
> Pak Heru;
>
> Pada Cell AD4:
>
> =TEXT(AS4,"K0000")&TEXT(AR4,"000")&TEXT(AP4,"000")&TEXT(AQ4,"000")&TEXT(A4,"000")
> coba ganti spt ini:
>
> =TEXT(AS4,"K00.00")&TEXT(AR4,"0.00")&TEXT(AP4,"0.00")&TEXT(AQ4,"0.00")&TEXT(A4,"000")
> copas kebawah
>
>
>
> Wassalam
>
> ~ Bagus ~
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* heru mulyono <hmulyono24@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Thursday, December 26, 2013 9:57 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Urut otomatis
>
>
>
> Terima Kasih Pak Bagus....,
>
> cuma yang menjadi masalah jika ada nilai yang sama, maka urutannya
> ditentukan berdasarkan kode, dimulai dari AC, AA, AB.
> jadi jika nilai di kolom AC lebih tinggi mk posisinya akan diatas
> pad rumus yg saya adopsi sdh bisa berjalan baik, tetapi untuk nilai
> puluhan, sedang jika nilainya pecahan belum sesuai harapan.
> mohon pencerahannya...
> demikian terimakasih
>
>
> Pada 26 Desember 2013 09.10, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:
>
>>
>>
>> Hai Heru;
>>
>> Coba begini;
>> =LARGE(AS$4:AS$15,$AK4)
>> Copas kebawah dan kekanan
>>
>>
>>
>> Wassalam
>>
>> ~ Bagus ~
>>
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* heru mulyono <hmulyono24@gmail.com>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Thursday, December 26, 2013 8:45 AM
>> *Subject:* [belajar-excel] Urut otomatis [1 Attachment]
>>
>>
>>
>> permasalahan ada di file terlampir
>>
>>
>
>

Wed Dec 25, 2013 6:07 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Heru;

Coba begini;
=LARGE(AS$4:AS$15,$AK4)
Copas kebawah dan kekanan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: heru mulyono
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, December 26, 2013 8:45 AM
Subject: [belajar-excel] Urut otomatis [1 Attachment]

permasalahan ada di file terlampir

Wed Dec 25, 2013 6:58 pm (PST) . Posted by:

"heru mulyono"

Terima Kasih Pak Bagus....,

cuma yang menjadi masalah jika ada nilai yang sama, maka urutannya
ditentukan berdasarkan kode, dimulai dari AC, AA, AB.
jadi jika nilai di kolom AC lebih tinggi mk posisinya akan diatas
pad rumus yg saya adopsi sdh bisa berjalan baik, tetapi untuk nilai
puluhan, sedang jika nilainya pecahan belum sesuai harapan.
mohon pencerahannya...
demikian terimakasih

Pada 26 Desember 2013 09.10, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:

>
>
> Hai Heru;
>
> Coba begini;
> =LARGE(AS$4:AS$15,$AK4)
> Copas kebawah dan kekanan
>
>
>
> Wassalam
>
> ~ Bagus ~
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* heru mulyono <hmulyono24@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Thursday, December 26, 2013 8:45 AM
> *Subject:* [belajar-excel] Urut otomatis [1 Attachment]
>
>
>
> permasalahan ada di file terlampir
>
>
>

Wed Dec 25, 2013 8:40 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

pak Heru,

coba cek file terlampir..
beberapa data saya ubah nilainya secara manual sekedar untuk menunjukkan
bahwa urutan ranking dilakukan berdasarkan:
1. Perbandingan Nilai Total
2. jika Nilai Total sama, maka ranking ditentukan berdasarkan nilai AC
3. jika Nilai Total dan nilai AC sama, maka ranking ditentukan berdasarkan
nilai AA
4. jika Nilai Total, nilai AC, dan nilai AA sama, maka ranking ditentukan
berdasarkan nilai AB

seharusnya ada penambahan lagi..
jika nilai AB juga sama.. maka ranking ditentukan oleh apa? bagian ini yang
belum dijelaskan oleh pak Heru

Salam,

-MJR-

-Miss Jan Raisin-

Pada 26 Desember 2013 09.57, heru mulyono <hmulyono24@gmail.com> menulis:

>
>
> Terima Kasih Pak Bagus....,
>
> cuma yang menjadi masalah jika ada nilai yang sama, maka urutannya
> ditentukan berdasarkan kode, dimulai dari AC, AA, AB.
> jadi jika nilai di kolom AC lebih tinggi mk posisinya akan diatas
> pad rumus yg saya adopsi sdh bisa berjalan baik, tetapi untuk nilai
> puluhan, sedang jika nilainya pecahan belum sesuai harapan.
> mohon pencerahannya...
> demikian terimakasih
>
>
> Pada 26 Desember 2013 09.10, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:
>
>
>>
>> Hai Heru;
>>
>> Coba begini;
>> =LARGE(AS$4:AS$15,$AK4)
>> Copas kebawah dan kekanan
>>
>>
>>
>> Wassalam
>>
>> ~ Bagus ~
>>
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* heru mulyono <hmulyono24@gmail.com>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Thursday, December 26, 2013 8:45 AM
>> *Subject:* [belajar-excel] Urut otomatis [1 Attachment]
>>
>>
>>
>> permasalahan ada di file terlampir
>>
>>
>
>

Wed Dec 25, 2013 8:45 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sambil menunggu file lampiran seperti pesan momod nya...

Kasus ini lanjutan kasus yang tempo doeloe tentang formula :
='Tab*1*'!C2

Mari dilihat satu persatu bagian dari formula tersebut :
1. tanda mengawali formula adalah karakter sama dengan [=] yang bisa juga
menggunakan karakter plus [+]
2. nama worksheet yang dituju [tab1] yang sebaiknya ditulis dengan diapit
oleh tanda petik satu ['] sehingga berbunyi ['tab1&#39;]
3. penunjuk object anak milik worksheet (seperti field dari suatu tabel
database) adalah dengan karakter tanda seru [!]
4. alamat cell yang dituju (bisa jadi ada tanda absolute reference dengan
karakter $ didalamnya, yang pada kasus ini tidak ada) berbunyi [C2]

Bagian nomor 2 sampai 4 bisa diatur sebagai inputan fungsi Indirect yang
berguna untuk merujuk ke suatu teks alamat cell tertentu.
Jadi, fungsi Indirect digunakan untuk mengambil suatu nilai dari cell
tertentu yang diketahui bunyi alamatnya saja.
=Indirect( "c3" ) pada sebuah cell z78 berarti ambilkan nilai disuatu cell
yang bunyi alamatnya adalah c3
(lihat adanya kehadiran karakter petik dua ["] yang mengapit teks berbunyi
c3)
Formula =Indirect( "c3" ) akan mirip dengan =c3
perbedaannya adalah pada indirect yang diinformasikan ke Excel adalah teks
(bunyi) [diapit kerakter petik dua] alamat cell lokasi pengambilan data,
sedangkan pada =c3 adalah memanggil si cell c3 secara langsung.

Hal ini mirip kejadian, seorang atasan memanggil si messenger kemudian si
messenger diberi sebuah note berisi teks c3 pada indirect, dan seorang
atasan langsung mengangkat telepon dan menghubungi meja si c3 secara
langsung (pada =c3).

Pada kasus ='Tab*1*'!C2
jika akan disusun dengan Indirect, maka nomor 2 sampai 4 ditulis sebagai
sebuah teks (diapit tanda petik dua) menjadi :
"'Tab*1*'!C2"

Jika langsung ditulis demikian, maka biasanya banyak pemula yang bingung
bagaimana kalau nama sheetnya ganti, alamat kolomnya ganti, atau nomor
barisnya ganti.

Akan lebih mudah dipelajari jika bersedia menyusunnya dalam bentuk yang
lebih panjang :
"'" & "nama sheetnya" & "'" & "!" & "alamat kolomnya" & "alamat barisnya"
(yang dibiru bisa diganti sesuai kebutuhan)

Untuk teks alamat berbunyi :
"'Tab*1*'!C2"
berarti bentuk panjangnya adalah :
"'" & "tab1" & "'" & "!" & "C" & "2"

Fungsi Indirect akan menjadi :
=Indirect( "'" & "tab1" & "'" & "!" & "C" & "2" )

Bentuk formula Indirect diatas, jika dicopy ke cell hasil lainnya, akan
tetap merujuk ke sheet tab1 kolom c di baris 2.

Jika nama sheetnya bukan tab1 lagi, tapi 1, maka ganti bagian "tab1" dengan
"1"
Jika alamat kolomnya bukan C lagi, tapi $D (ada absolute reference-nya),
maka ganti bagian "C" dengan "$D"
Jika alamat nomor baris Excel nya bukan lagi 2, tapi $7987 (ada absolute
reference-nya), maka ganti bagian "2" dengan "$7987"
Jika nama sheetnya bukan tab1 lagi, tetapi kid lagi iseng, maka ganti
bagian apa dengan apa hayo ?

Bunyi dari yang dibiru dalam bentuk panjang :
"'" & "nama sheetnya" & "'" & "!" & "alamat kolomnya" & "alamat barisnya"
bisa juga tertulis disebuah cell.
Misal :
- nama sheetnya ditulis di cell EF1 (anggap saja di cell EF1 ada teks
berbunyi tab1),
- alamat kolomnya ditulis di EG1 (anggap saja di cell EG1 ada teks berbunyi
C),
- alamat barisnya ditulis di EH1 (anggap saja di cell EH1 ada nilai nomor
baris Excel sebesar 2)
maka bentuk panjangnya dari berbentuk :
"'" & "nama sheetnya" & "'" & "!" & "alamat kolomnya" & "alamat barisnya"
menjadi :
"'" & EF1 & "'" & "!" & EG1 & EH1

yang akan membuat penggunaan fungsi Indirect menjadi :
=Indirect( "'" & EF1 & "'" & "!" & EG1 & EH1 )

Bentuk formula diatas, jika di-copy ke baris selanjutnya, akan membuat
rujukan angka 1 berubah merujuk ke baris lain. Padahal yang dirujuk dalam
formula diatas adalah cell yang berisi suatu alamat cell lokasi data. Jadi,
bila perlu gunakan absolute reference (tanda $) disisi kolom maupun baris
sesuai kebutuhan.

Kasus yang ditanyakan penanya (sambil menunggu bentuk asli si file), bisa
jadi tetap dapat diselesaikan dengan fungsi Indirect seperti kasus yang
lalu, dengan membuat kolom-kolom bantu berisi teks alamat yang akan dirujuk
oleh fungsi Indirect.

Biasanya, (cuma biasanya loh ya, sapa tahu kasus ini bukan kasus biasanya)
yang bisa diselesaikan dengan fungsi Indirect secara masif diawali dengan
keengganan menyusun tabel berkaidah database, karena orientasi penyusunan
data adalah secara penuh sampai pada kemudahan input saja tanpa
memperkirakan kesulitan pengolahan data selanjutnya. Kadang-kadang, muncul
pertanyaan berbunyi :
'Pada kondisi input dan output yang sama pentingnya, manakah yang lebih
merepotkan antara menyusun input yang ribet karena berkaidah database tapi
seluruh output bisa disusun dengan proses yang mudah dan cepat ataukah
lebih repot menginput data yang enak cepat tapi mengolah data setiap output
akan sulit dan lama ?'

Wassalam,
Kid.

P.S.
BeExceller yang lagi di Jogja n sekitarnya, kumpul yuk...
nongkrong diwarung lor stasiun tugu malem-malem...
agendanya : ngobrol gak jelas...
sapa yang mo jadi panitia pesen tempat (harus ngeblok tiker dan area soale)
atau ada tempat yang lebih nyaman selainnya dan ndak ribet akan
menyenangkan sekaleee...

2013/12/23 Agusti Dartius <adartius@yahoo.com>

>
>
> Dear all para ahli excel,
>
> kasus ini adalah lanjutan dari kasus yang pernah saya ajukan (Subjectnya:
> "Ambil Ending Stock dari banyak tab untuk akhir bulan") namun berbeda
> permintaan.
>
> ringkasnya begini:
> Setiap satu barang, transaksinya ada di masing2 tab (tabnya bernama tab 1
> sampai tab 101), dimana barang masuk akan ad adi kolom C, tanggalnya ada
> di kolom D dan seterusnya. Juga untuk pengeluaran ada di kolom R dan
> tanggal ada di kolom S. semua transaksi dari bulan satu sampai bulan 12
> menyusun ke bawah. Jika lot number (lot#) ada lebih dari satu di hari
> yang sama maka tanggal masuk barang atau tanggal keluar barang akan ada dua
> atau lebih sesuai banyaknya lot tersebut pada hari itu.
>
> Selanjutnya di file terlampir, di tab "hasil yg diinginkan".
>
> Atas jawaban yang para mastah semua berikan saya ucapkan terima kasih
> banyak.
>
> Note: Moderator maaf, filenya lebih besar dari 200kb.
>
> Agusti
>
> ***** Mods *****
> lampiran email dilepas karena melebihi ketentuan
> silakan simpan dalam cloud share (misal: www.box.com)
> dan berikan link untuk mengunduh.
>
> Be-Exceller harap bersabar sampai link diberikan oleh
> sdr Agusti
> ***** Mods *****
>
>
>

Wed Dec 25, 2013 9:59 pm (PST) . Posted by:

"Agusti Dartius"

Dear all pakar excel,

Saya sudah berusaha mengecilkan ukuran file dengan menghilangkan warna warni dan link2 file tersebut. namun masih agak besar, sebesar 208 kb setelah di zip.

Mudah2an bisa dibuka

Thank you atas bantuannya

Agusti

On Thursday, December 26, 2013 12:45 PM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

 
Sambil menunggu file lampiran seperti pesan momod nya...

Kasus ini lanjutan kasus yang tempo doeloe tentang formula :
='Tab1&#39;!C2

Mari dilihat satu persatu bagian dari formula tersebut :
1. tanda mengawali formula adalah karakter sama dengan [=]   yang bisa juga menggunakan karakter plus [+]
2. nama worksheet yang dituju [tab1] yang sebaiknya ditulis dengan diapit oleh tanda petik satu ['] sehingga berbunyi ['tab1&#39;]
3. penunjuk object anak milik worksheet (seperti field dari suatu tabel database) adalah dengan karakter tanda seru [!]
4. alamat cell yang dituju (bisa jadi ada tanda absolute reference dengan karakter $ didalamnya, yang pada kasus ini tidak ada) berbunyi [C2]

Bagian nomor 2 sampai 4 bisa diatur sebagai inputan fungsi Indirect yang berguna untuk merujuk ke suatu teks alamat cell tertentu.

Jadi, fungsi Indirect digunakan untuk mengambil suatu nilai dari cell tertentu yang diketahui bunyi alamatnya saja.

=Indirect( "c3" ) pada sebuah cell z78 berarti ambilkan nilai disuatu cell yang bunyi alamatnya adalah c3
(lihat adanya kehadiran karakter petik dua ["] yang mengapit teks berbunyi c3)

Formula =Indirect( "c3" ) akan mirip dengan =c3

perbedaannya adalah pada indirect yang diinformasikan ke Excel adalah teks (bunyi) [diapit kerakter petik dua] alamat cell lokasi pengambilan data, sedangkan pada =c3 adalah memanggil si cell c3 secara langsung.

Hal ini mirip kejadian, seorang atasan memanggil si messenger kemudian si messenger diberi sebuah note berisi teks c3 pada indirect, dan seorang atasan langsung mengangkat telepon dan menghubungi meja si c3 secara langsung (pada =c3).

Pada kasus ='Tab1&#39;!C2
jika akan disusun dengan Indirect, maka nomor 2 sampai 4 ditulis sebagai sebuah teks (diapit tanda petik dua) menjadi :
"'Tab1&#39;!C2"

Jika langsung ditulis demikian, maka biasanya banyak pemula yang bingung bagaimana kalau nama sheetnya ganti, alamat kolomnya ganti, atau nomor barisnya ganti.

Akan lebih mudah dipelajari jika bersedia menyusunnya dalam bentuk yang lebih panjang :

"'" & "nama sheetnya" & "'" & "!" & "alamat kolomnya" & "alamat barisnya"

(yang dibiru bisa diganti sesuai kebutuhan)

Untuk teks alamat berbunyi :
"'Tab1&#39;!C2"

berarti bentuk panjangnya adalah :

"'" & "tab1" & "'" & "!" & "C" & "2"

Fungsi Indirect akan menjadi :

=Indirect( "'" & "tab1" & "'" & "!" & "C" & "2" )

Bentuk formula Indirect diatas, jika dicopy ke cell hasil lainnya, akan tetap merujuk ke sheet tab1 kolom c di baris 2.

Jika nama sheetnya bukan tab1 lagi, tapi 1, maka ganti bagian "tab1" dengan "1"

Jika alamat kolomnya bukan C lagi, tapi $D (ada absolute reference-nya), maka ganti bagian "C" dengan "$D"

Jika alamat nomor baris Excel nya bukan lagi 2, tapi $7987 (ada absolute reference-nya), maka ganti bagian "2" dengan "$7987"

Jika nama sheetnya bukan tab1 lagi, tetapi kid lagi iseng, maka ganti bagian apa dengan apa hayo ?

Bunyi dari yang dibiru dalam bentuk panjang :

"'" & "nama sheetnya" & "'" & "!" & "alamat kolomnya" & "alamat barisnya"
bisa juga tertulis disebuah cell.

Misal :
- nama sheetnya ditulis di cell EF1 (anggap saja di cell EF1 ada teks berbunyi tab1),
- alamat kolomnya ditulis di EG1 (anggap saja di cell EG1 ada teks berbunyi C),

- alamat barisnya ditulis di EH1 (anggap saja di cell EH1 ada nilai nomor baris Excel sebesar 2)

maka bentuk panjangnya dari berbentuk :

"'" & "nama sheetnya" & "'" & "!" & "alamat kolomnya" & "alamat barisnya"
menjadi :

"'" & EF1 & "'" & "!" & EG1 & EH1

yang akan membuat penggunaan fungsi Indirect menjadi :

=Indirect("'" & EF1 & "'" & "!" & EG1 & EH1  )

Bentuk formula diatas, jika di-copy ke baris selanjutnya, akan membuat rujukan angka 1 berubah merujuk ke baris lain. Padahal yang dirujuk dalam formula diatas adalah cell yang berisi suatu alamat cell lokasi data. Jadi, bila perlu gunakan absolute reference (tanda $) disisi kolom maupun baris sesuai kebutuhan.

Kasus yang ditanyakan penanya (sambil menunggu bentuk asli si file), bisa jadi tetap dapat diselesaikan dengan fungsi Indirect seperti kasus yang lalu, dengan membuat kolom-kolom bantu berisi teks alamat yang akan dirujuk oleh fungsi Indirect.

Biasanya, (cuma biasanya loh ya, sapa tahu kasus ini bukan kasus biasanya) yang bisa diselesaikan dengan fungsi Indirect secara masif diawali dengan keengganan menyusun tabel berkaidah database, karena orientasi penyusunan data adalah secara penuh sampai pada kemudahan input saja tanpa memperkirakan kesulitan pengolahan data selanjutnya. Kadang-kadang, muncul pertanyaan berbunyi :

'Pada kondisi input dan output yang sama pentingnya, manakah yang lebih merepotkan antara menyusun input yang ribet karena berkaidah database tapi seluruh output bisa disusun dengan proses yang mudah dan cepat ataukah lebih repot menginput data yang enak cepat tapi mengolah data setiap output akan sulit dan lama ?'

Wassalam,

Kid.

P.S.

BeExceller yang lagi di Jogja n sekitarnya, kumpul yuk...

nongkrong diwarung lor stasiun tugu malem-malem...

agendanya : ngobrol gak jelas...

sapa yang mo jadi panitia pesen tempat (harus ngeblok tiker dan area soale)

atau ada tempat yang lebih nyaman selainnya dan ndak ribet akan menyenangkan sekaleee...

2013/12/23 Agusti Dartius <adartius@yahoo.com>


>Dear all para ahli excel,
>
>
>kasus ini adalah lanjutan dari kasus yang pernah saya ajukan (Subjectnya:  "Ambil Ending Stock dari banyak tab untuk akhir bulan") namun berbeda permintaan.
>
>
>ringkasnya begini:
>Setiap satu barang, transaksinya ada di masing2 tab (tabnya bernama tab 1 sampai tab 101),  dimana barang masuk akan ad adi kolom C, tanggalnya ada di kolom D dan seterusnya. Juga untuk pengeluaran ada di kolom R dan tanggal ada di kolom S. semua transaksi dari bulan satu sampai bulan 12 menyusun ke bawah. Jika lot number (lot#)ada lebih dari satu di hari yang sama maka tanggal masuk barang atau tanggal keluar barang akan ada dua atau lebih sesuai banyaknya lot tersebut pada hari itu.
>
>
>Selanjutnya di file terlampir, di tab "hasil yg diinginkan".
>
>
>Atas jawaban yang para mastah semua berikan saya ucapkan terima kasih banyak.
>
>
>Note: Moderator maaf, filenya lebih besar dari 200kb.
>
>
>Agusti
>
>***** Mods *****
>lampiran email dilepas karena melebihi ketentuan
>silakan simpan dalam cloud share (misal: www.box.com)
>dan berikan link untuk mengunduh.
>
>Be-Exceller harap bersabar sampai link diberikan oleh
>sdr Agusti
>***** Mods *****
>

Wed Dec 25, 2013 10:11 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Boleh tahu kah cara Anda menebalkan font dari record-record tersebut ?
Apakah ditebalkan secara acak ?
Jika tidak acak, mungkin bisa berbagi kriteria penyebab record tersebut di
tebalkan font nya ?
Jika diambil dari lokasi lain, apa kriteria lokasi lain tersebut hingga
harus menebalkan beberapa item tersebut ?

Wassalam,
Kid.

2013/12/23 Helsy B <helsyb@yahoo.com>

>
>
> Para Master,
>
> Bagaimana cara menghitung cell untuk font yang tebal saja,
> seperti attach terlampir, tanpa menggunakan makro. Karena saya sangat awam
> dgn makro.
>
> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
>
> Wassalam
> Helsy
>
>
>

Wed Dec 25, 2013 10:27 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Miss Jan, nambahin dikit ya...

Jika setelah baris-baris deklarasi diberi kode :
application.volatile
maka UDF akan memiliki sifat volatile seperti fungsi Offset, Indirect,
Today, Now, Rand, dan RandBetween, sehingga setiap pengubahan isi cell
(bukan format) dicell manapun di dalam workbook, akan membuat si fungsi
dikalkulasi ulang.
Jadi, jika ada cell baru yang di-ubah menjadi di bold, kemudian di sheet
lain cell antah berantah ada kegiatan mengubah isi cell (misal menulis teks
tertentu), maka UDF akan dikalkulasi dan hasil pengubahan bold yang baru
tadi akan terhitung dengan baik.
Begitu juga jika ditekan proses Calculate (F9).

Jika tidak disertai baris tersebut dalam UDF, maka pem-bold-an baru atau
meng-un-bold cell yang telah ter-bold tidak akan mengubah hasil UDF meski
pencet Calculate (F9), kecuali isi cell yang berubah kondisi ter-bold-nya
mengalami perubahan isi cell (bunyi teks atau nilai angkanya).

Kalau pengen lebih otomatis lagi dalam meng-update UDF yang telah diberi
application.volatile, maka pada object thisworkbook event sheet selection
change diberi kode thisworkbook.calculate
hehehe... resiko ditanggung sendiri, karena semua formula akan dikalkulasi.
Bila perlu, pilih berdasar sheet (manfaatkan variabel parameter sh milik si
event).

Jadi, setiap cell pindah tempat, akan ada proses kalkulasi (resiko
ditanggung sendiri ketika ada banyak cell berformula, karena akan membuat
Excel terkesan bekerja lambat, padahal karakter user nya yang memaksa Excel
untuk mengerjakan banyak hal dari yang semestinya sederhana).

Wassalam,
Kid.

2013/12/23 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

> Hai Helsy,
>
> tidak ada 1 pun formula di Excel yang dapat melakukan kalkulasi
> berdasarkan interior cel atau pun format suatu cel
> jalan satu-satunya adalah menggunakan VBA atau membuat UDF sendiri..
>
> caranya sbb:
> (1)
> tekan tombol ALT F11, atau
> klik kanan pada sheet lalu pilih Code, atau
> dari ribbon Developer klik Visual Basic
> (pilih salah satu dari cara di atas)
>
> (2)
> di lembar VBE, klik Insert lalu pilih module
>
> (3)
> copas script berikut ini ke dalam module
>
> Public Function Helsy(rgData As Range) As Integer
> Dim xData As Range
> Dim i As Integer
>
> For Each xData In rgData
> If xData.Font.Bold = True Then
> i = i + 1
> End If
> Next xData
> Helsy = i
> End Function
>
> Yang warna merah adalah nama fungsinya, dan dapat panggil dari worksheet
> seperti fungsi yang lain
> Nama fungsi tersebut bisa diganti dengan yang lain..
> tetapi akan menarik jika mau bersusah payah belajar vba dan memiliki
> fungsi dengan nama anda sendiri..
> bukan begitu bukan ? xixixixi ^_^
>
> [image: Gambar sisip 1]
>
> (4)
> simpan dengan macro enable (xls di versi 2003 ke bawah / xlsm di versi
> 2007 ke atas)
> atau
> jika ingin dibuat sebagai Add-Ins simpan dengan exensi (xla di versi 2003
> ke bawah / xlam di versi 2007 ke atas)
>
> silakan lihat file terlampir, enable kan macro agar fungsi bisa berjalan
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 23 Desember 2013 13.06, Helsy B <helsyb@yahoo.com> menulis:
>
>
>>
>> Para Master,
>>
>> Bagaimana cara menghitung cell untuk font yang tebal saja,
>> seperti attach terlampir, tanpa menggunakan makro. Karena saya sangat
>> awam dgn makro.
>>
>> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
>>
>> Wassalam
>> Helsy
>>
>>

Wed Dec 25, 2013 10:52 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

iya.. ternyata benar yang disebutkan oleh mr Kid..

perubahan nilai hanya akan terjadi jika:
(1) bold dilakukan dengan cara memblok tulisan tersebut melalui formula
editor, lalu menekan tombol enter, atau
(2) menekan tombol F2 di lokasi UDF lalu menekan tombol enter

kalo menggunakan volatile tentu akan memperberat kinerja excel
maka solusi yang paling logis adalah menghitung berdasarkan kriteria untuk
melakukan bold (email mr Kid sebelumnya)

terima kasih atas koreksinya.. tambahan ilmu yang bermanfaat untuk Jan..

���������� ���������� ���������� ����� �������������

-Miss Jan Raisin-

PS: yang domisili di Jogja & sekitarnya kelihatannya bisa kopdar dadakan
sama mr Kid dan pak Aliif nih xixixi ^_^
sayangnya sang kekasih hati lagi gak bisa diajak liburan ke Jogja..
huhuhu T_T

Pada 26 Desember 2013 13.27, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

>
>
> Miss Jan, nambahin dikit ya...
>
> Jika setelah baris-baris deklarasi diberi kode :
> application.volatile
> maka UDF akan memiliki sifat volatile seperti fungsi Offset, Indirect,
> Today, Now, Rand, dan RandBetween, sehingga setiap pengubahan isi cell
> (bukan format) dicell manapun di dalam workbook, akan membuat si fungsi
> dikalkulasi ulang.
> Jadi, jika ada cell baru yang di-ubah menjadi di bold, kemudian di sheet
> lain cell antah berantah ada kegiatan mengubah isi cell (misal menulis teks
> tertentu), maka UDF akan dikalkulasi dan hasil pengubahan bold yang baru
> tadi akan terhitung dengan baik.
> Begitu juga jika ditekan proses Calculate (F9).
>
> Jika tidak disertai baris tersebut dalam UDF, maka pem-bold-an baru atau
> meng-un-bold cell yang telah ter-bold tidak akan mengubah hasil UDF meski
> pencet Calculate (F9), kecuali isi cell yang berubah kondisi ter-bold-nya
> mengalami perubahan isi cell (bunyi teks atau nilai angkanya).
>
> Kalau pengen lebih otomatis lagi dalam meng-update UDF yang telah diberi
> application.volatile, maka pada object thisworkbook event sheet selection
> change diberi kode thisworkbook.calculate
> hehehe... resiko ditanggung sendiri, karena semua formula akan
> dikalkulasi. Bila perlu, pilih berdasar sheet (manfaatkan variabel
> parameter sh milik si event).
>
> Jadi, setiap cell pindah tempat, akan ada proses kalkulasi (resiko
> ditanggung sendiri ketika ada banyak cell berformula, karena akan membuat
> Excel terkesan bekerja lambat, padahal karakter user nya yang memaksa Excel
> untuk mengerjakan banyak hal dari yang semestinya sederhana).
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/12/23 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>
>> Hai Helsy,
>>
>> tidak ada 1 pun formula di Excel yang dapat melakukan kalkulasi
>> berdasarkan interior cel atau pun format suatu cel
>> jalan satu-satunya adalah menggunakan VBA atau membuat UDF sendiri..
>>
>> caranya sbb:
>> (1)
>> tekan tombol ALT F11, atau
>> klik kanan pada sheet lalu pilih Code, atau
>> dari ribbon Developer klik Visual Basic
>> (pilih salah satu dari cara di atas)
>>
>> (2)
>> di lembar VBE, klik Insert lalu pilih module
>>
>> (3)
>> copas script berikut ini ke dalam module
>>
>> Public Function Helsy(rgData As Range) As Integer
>> Dim xData As Range
>> Dim i As Integer
>>
>> For Each xData In rgData
>> If xData.Font.Bold = True Then
>> i = i + 1
>> End If
>> Next xData
>> Helsy = i
>> End Function
>>
>> Yang warna merah adalah nama fungsinya, dan dapat panggil dari worksheet
>> seperti fungsi yang lain
>> Nama fungsi tersebut bisa diganti dengan yang lain..
>> tetapi akan menarik jika mau bersusah payah belajar vba dan memiliki
>> fungsi dengan nama anda sendiri..
>> bukan begitu bukan ? xixixixi ^_^
>>
>> [image: Gambar sisip 1]
>>
>> (4)
>> simpan dengan macro enable (xls di versi 2003 ke bawah / xlsm di versi
>> 2007 ke atas)
>> atau
>> jika ingin dibuat sebagai Add-Ins simpan dengan exensi (xla di versi 2003
>> ke bawah / xlam di versi 2007 ke atas)
>>
>> silakan lihat file terlampir, enable kan macro agar fungsi bisa berjalan
>>
>> -Miss Jan Raisin-
>>
>>
>> Pada 23 Desember 2013 13.06, Helsy B <helsyb@yahoo.com> menulis:
>>
>>
>>>
>>> Para Master,
>>>
>>> Bagaimana cara menghitung cell untuk font yang tebal saja,
>>> seperti attach terlampir, tanpa menggunakan makro. Karena saya sangat
>>> awam dgn makro.
>>>
>>> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
>>>
>>> Wassalam
>>> Helsy
>>>
>>>
> _
>

Thu Dec 26, 2013 3:18 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Pepatah mengatakan "Practice makes perfect".

Tergerak oleh permintaan dari negeri seberang "Bagaimana memisahkan taring dari gajah", atau bagaimana menampilkan detail Pivot di Workbook baru, saya mencoba "utak atik warisan sang maestro" dan mengambilinti sarinya.

Berikut macronya yang ditempatkan pada ThisWorkbook pada VBE Sheet:
Private Sub Workbook_SheetDeactivate(ByVal Sh As Object)

   ' siti Vi / Bluewater, 14 Jan 2010 (updated by HK 29 Des 2013)
   Dim SrcBook As Workbook
   With Application
      .DisplayAlerts = False
      .Calculation = xlCalculationManual
      .ScreenUpdating = False
      
     Set SrcBook = ActiveWorkbook
      ActiveSheet.Copy
      SrcBook.Activate
      ActiveSheet.Delete

      .DisplayAlerts = True
      .Calculation = xlCalculationAutomatic
      .ScreenUpdating = True
   End With
End Sub

Semoga bermanfaat... (kutipan dari Pak Anton).

Salam,
HK
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar