Rabu, 04 Desember 2013

[belajar-excel] Digest Number 2677

14 New Messages

Digest #2677
1a
1b
Re: Bls: [belajar-excel] Antara Date dan Int(Now) di VBA by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
7a
Re: notifikasi by "Jan Raisin"

Messages

Tue Dec 3, 2013 7:16 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Saya ubah sedikit (supaya sesuai permintaan) boleh kan mas Heru?

Untuk Pak ASL, coba ubah perintah
Sheet3.Range("B3").Value = "" pada Ln (baris) 37 pada VBE Sheet dengan

Sheet3.Range("B3").Value = InputBox("Masukkan 'bl/tg/th' atau 'tg/bl/th' sesuai Regional Setting", _
        "INPUT TANGGAL SECARA MANUAL")

Selamat mencoba.

Salam,
HK

On Tuesday, 3 December 2013, 13:29, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Mr HK, Mr Monas,

saat pengisian tanggal invoice, kenapa kalau tanggal invoicenya bukan tanggal hari ini (tanggal yang sesuai di komputer) hasil tanggalnya terisi kosong. Tetapi kalau input tanggalnya sesuai dengan tanggal hari ini atau yang ada di komputer, maka hasil tanggalnya akan terisi tanggal.
mohon ditinjau, agar saya dapat menggunakan program ini, atau apakah sudah ada revisinya.
terima kasih,
ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Mon, 18 Nov 2013 18:09:00 -0800
Subject: Fw: Bls: [belajar-excel] Antara Date dan Int(Now) di VBA [1 Attachment]

 

Terima kasih mas Heru atas masukannya.
Jika .[B3] = Date diganti dengan .[B3] = VBA.Date tidak error lagi.
Mengapa ? saya belum menemukan jawabannya

Salam,
HK

On Monday, 18 November 2013, 18:00, Heru Monas <sinau_22@yahoo.co.id> wrote:

 
Salam kawan semua
Saya ikut nimbrung boleh kan ?
File dari Bu siti ini saya edit dikit, Saya tambahin pilihan saat mengisi tanggal Invoice
Jadi jika User ingin mengisi tanggal secara manual pun teap terakomodir
Mohon di koreksi apakah masih ada error ???

Salam Hormat

******   Monas , a VBA  Learner  ****

Pada Senin, 18 November 2013 17:37, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

 
Setelah saya coba ternyata:
- Data berhasil masuk database (DataInv, DataSub), tetapi pada saat         "reset form" maka
- Range B3 pada InvForm akan berisi "1/0/1900 dan tampilan di layar       00 Jan 00" karena .[B3] = dt tidak menghasilkan tanggal ....

Salam,
HK

On Monday, 18 November 2013, 15:18, abinaya abinaya <abinaya_jp5@yahoo.com> wrote:

 
Assalamualaikum pak
Saya anggota baru di milis ini
Senang sekali bisa belajar banyak disini, mohon bimbingan nya
Saya sudah download file yang bapak kirim, memang saat saya jalankan error yang bapak maksud muncul
Saya lihat di referensi nya ada komponen yang hilang ( saat di jalankan di komputer saya )
"microsoft windows common control" nya hilang (missing)
Jika saya punya cara lain pak...
saya lebih memilih membuat variabel baru yang menampung "date" ini
jadi saya buat begini,
Dim dt as date
dan pada baris yang error saya ganti
.[b3] = dt

alhamdulillah gak ada
masalah pak
saya pernah mengalami kasus sama saat memakai calender control, di Excel 2003 mau jalan  tapi saat di Excel 2007 keatas gak mau
Dan masalah nya mirip, ada komponen pada
referensi yang hilang atau gak kebaca

mohon koreksi jika saya ada keliru

On Monday, November 18, 2013 11:53 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 
Rekan2 Be-Exceller,

Ada satu warisan dari mbak Siti mengenai Simple Invoicing (file terlampir), dimana ada satu bagian perintah macro With .. End With yang berbunyi:
.[B3] = Date 

yang menimbulkan Error baik pada Excel 2007 (pertanyaan dari rekan kita) maupun hasil tes saya pada Excel 2010 (komputer kantor).
Pesan Errornya adalah sbb :
"Compile Error, Can't Find Project or Library"

Tapi anehnya di komputer rumah yang juga pakai Excel 2010, macro tsb berjalan dengan mulu (ketika saya menjawab email saya pakai komputer rumah).

Saran dari Mr Kid, Date diganti dengan Int(now) memang bisa memecahkan masalah tsb.

Namun masih tersisa pertanyaan, dimana salahnya...., apakah perintah Date hanya berlaku untuk Excel versi tertentu....??

Mohon sharing dari rekan2.

Terima kasih.

Salam,
HK

Tue Dec 3, 2013 8:02 pm (PST) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Mr HK dan Mas Heru,

mohon izin, saya cukup menonaktifkan (dengan menandain tanda petik ) perintah ini :
jwb = MsgBox("Apakah tanggal akan diisi manual ?", vbYesNo, "additional option from Heru Monas ")
If jwb = vbYes Then
'Sheet3.Range("B3").Value = "" 'sepertinya ini menjadikan value menjadi kosong
Sheet3.Range("B3").Select
'Sheet3.Range("B3").Value = dt
Else
Sheet3.Range("B3").Value = dt
End If

program berhasil dieksekusi.
terima kasih.
ASL
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Tue, 3 Dec 2013 07:15:52 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Antara Date dan Int(Now) di VBA

Saya ubah sedikit (supaya sesuai permintaan) boleh kan mas Heru?
Untuk Pak ASL, coba ubah perintahSheet3.Range("B3").Value = "" pada Ln (baris) 37 pada VBE Sheet dengan
Sheet3.Range("B3").Value = InputBox("Masukkan 'bl/tg/th&#39; atau 'tg/bl/th&#39; sesuai Regional Setting", _ "INPUT TANGGAL SECARA MANUAL")
Selamat mencoba.
Salam,HK


On Tuesday, 3 December 2013, 13:29, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:



Mr HK, Mr Monas,saat pengisian tanggal invoice, kenapa kalau tanggal invoicenya bukan tanggal hari ini (tanggal yang sesuai di komputer) hasil tanggalnya terisi kosong. Tetapi kalau input tanggalnya sesuai dengan tanggal hari ini atau yang ada di komputer, maka hasil tanggalnya akan terisi tanggal.mohon ditinjau, agar saya dapat menggunakan program ini, atau apakah sudah ada revisinya.terima kasih,ASLTo: belajar-excel@yahoogroups.comFrom: hendrikkarnadi@yahoo.comDate: Mon, 18 Nov 2013 18:09:00 -0800Subject: Fw: Bls: [belajar-excel] Antara Date dan Int(Now) di VBA [1 Attachment]

Terima kasih mas Heru atas masukannya. Jika .[B3] = Date diganti dengan .[B3] = VBA.Date tidak error lagi.Mengapa ? saya belum menemukan jawabannyaSalam,HK On Monday, 18 November 2013, 18:00, Heru Monas
<sinau_22@yahoo.co.id> wrote:


Salam kawan semuaSaya ikut nimbrung boleh kan ?File dari Bu siti ini saya edit dikit, Saya tambahin pilihan saat mengisi tanggal InvoiceJadi jika User ingin mengisi tanggal secara manual pun teap terakomodirMohon di koreksi apakah masih ada error ???Salam Hormat****** Monas , a VBA Learner **** Pada Senin, 18 November 2013 17:37, hendrik karnadi
<hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:


Setelah saya coba ternyata:- Data berhasil masuk database (DataInv, DataSub), tetapi pada saat "reset form" maka- Range B3 pada InvForm akan berisi "1/0/1900 dan tampilan di layar 00 Jan 00" karena .[B3] = dt tidak menghasilkan tanggal ....Salam,HK On Monday, 18 November 2013, 15:18, abinaya abinaya <abinaya_jp5@yahoo.com>
wrote:


Assalamualaikum pakSaya anggota baru di milis iniSenang sekali bisa belajar banyak disini, mohon bimbingan nyaSaya sudah download file yang bapak kirim, memang saat saya jalankan error yang bapak maksud munculSaya lihat di referensi nya ada komponen yang hilang ( saat di jalankan di komputer saya )"microsoft windows common control" nya hilang (missing)Jika saya punya cara lain pak...saya lebih memilih membuat variabel baru yang menampung "date" inijadi saya buat begini, Dim dt as datedan pada baris yang error saya ganti.[b3] = dtalhamdulillah gak ada
masalah paksaya pernah mengalami kasus sama saat memakai calender control, di Excel 2003 mau jalan tapi saat di Excel 2007 keatas gak mauDan masalah nya mirip, ada komponen pada
referensi yang hilang atau gak kebacamohon koreksi jika saya ada keliru On Monday, November 18, 2013 11:53 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:


Rekan2 Be-Exceller,Ada satu warisan dari mbak Siti mengenai Simple Invoicing (file terlampir), dimana ada satu bagian perintah macro With .. End With yang berbunyi:.[B3] = Date yang menimbulkan Error baik pada Excel 2007 (pertanyaan dari rekan kita) maupun hasil tes saya pada Excel 2010 (komputer
kantor).Pesan Errornya adalah sbb :"Compile Error, Can't Find Project or Library"Tapi anehnya di komputer rumah yang juga pakai Excel 2010, macro tsb berjalan dengan mulu (ketika saya menjawab email saya pakai komputer
rumah).Saran dari Mr Kid, Date diganti dengan Int(now) memang bisa memecahkan masalah tsb.Namun masih tersisa pertanyaan, dimana salahnya...., apakah perintah Date hanya berlaku untuk Excel versi
tertentu....??Mohon sharing dari rekan2.Terima kasih.Salam,HK



Tue Dec 3, 2013 5:53 pm (PST) . Posted by:

"Kamirin Faqoth" kamirin_2

Dear Be-Exceler


Mohon bantuannya permasalahan terlampir

***** Mods *****
Sebaiknya permasalahan juga ditulis di badan email, hal ini akan membantu
Be-Exceller yang tidak dapat mendownload lampiran.

Yang ditanyakan oleh pak Kamirin adalah fungsi alternatif selain menggunakan CountIf
untuk melakukan perhitungan data dengan sebuah kriteria tertentu.
****************



Tue Dec 3, 2013 6:13 pm (PST) . Posted by:

"WIRAnata Kemala 鄧又銘" kwiranata

gini boleh ga ya ?

=COUNTIF($B$3:$B$21, "<"&M3)
=COUNTIF($B$3:$B$21, ">="&M3)

2013/12/4 Kamirin Faqoth <kamirin_2@yahoo.co.id>

>
>
> Dear Be-Exceler
>
> Mohon bantuannya permasalahan terlampir
>
> ***** Mods *****
> Sebaiknya permasalahan juga ditulis di badan email, hal ini akan membantu
> Be-Exceller yang tidak dapat mendownload lampiran.
>
> Yang ditanyakan oleh pak Kamirin adalah fungsi alternatif selain
> menggunakan CountIf
> untuk melakukan perhitungan data dengan sebuah kriteria tertentu.
> ****************
>
>
>

--
regards, Wira 鄧又銘
on desktop FireFox

Tue Dec 3, 2013 6:38 pm (PST) . Posted by:

"Kamirin Faqoth" kamirin_2

Dear Pak Wira,

Makasih yaaa, rumusnya berjalan dengan baik, ternyata hanya bentuk penulisannya saja yaa yang harus dirubah,
sebelumnya  sy menggunakan rumus =COUNTIF($B$3:$B$21;"<M3") tp hasilnya tidak sesuai,

Makasih yaaa sebelumnya

Pada Rabu, 4 Desember 2013 9:15, WIRAnata Kemala 鄧又銘 <kwiranata.milis@gmail.com> menulis:

 
gini boleh ga ya ?

=COUNTIF($B$3:$B$21, "<"&M3)
=COUNTIF($B$3:$B$21, ">="&M3)

2013/12/4 Kamirin Faqoth <kamirin_2@yahoo.co.id>


>Dear Be-Exceler
>
>
>Mohon bantuannya permasalahan terlampir
>
>***** Mods *****
>Sebaiknya permasalahan juga ditulis di badan email, hal ini akan membantu
>Be-Exceller yang tidak dapat mendownload lampiran.
>
>Yang ditanyakan oleh pak Kamirin adalah fungsi alternatif selain menggunakan CountIf
>untuk melakukan perhitungan data dengan sebuah kriteria tertentu.
>****************
>

--

regards, Wira 鄧又銘
on desktop FireFox

Tue Dec 3, 2013 6:56 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Sedikit tambahan,
M3 adalah string, jadi jika kriterianya <M3 maka komputernya akan bingung.
Kalau M3 diganti dengan bilangan (angka) mustinya bisa.

Salam,
HK

On Wednesday, 4 December 2013, 9:39, Kamirin Faqoth <kamirin_2@yahoo.co.id> wrote:

 
Dear Pak Wira,

Makasih yaaa, rumusnya berjalan dengan baik, ternyata hanya bentuk penulisannya saja yaa yang harus dirubah,
sebelumnya  sy menggunakan rumus =COUNTIF($B$3:$B$21;"<M3") tp hasilnya tidak sesuai,

Makasih yaaa sebelumnya

Pada Rabu, 4 Desember 2013 9:15, WIRAnata Kemala 鄧又銘 <kwiranata.milis@gmail.com> menulis:

 
gini boleh ga ya ?

=COUNTIF($B$3:$B$21, "<"&M3)
=COUNTIF($B$3:$B$21, ">="&M3)

2013/12/4 Kamirin Faqoth <kamirin_2@yahoo.co.id>


>Dear Be-Exceler
>
>
>Mohon bantuannya permasalahan terlampir
>
>***** Mods *****
>Sebaiknya permasalahan juga ditulis di badan email, hal ini akan membantu
>Be-Exceller yang tidak dapat mendownload lampiran.
>
>Yang ditanyakan oleh pak Kamirin adalah fungsi alternatif selain menggunakan CountIf
>untuk melakukan perhitungan data dengan sebuah kriteria tertentu.
>****************
>

--

regards, Wira 鄧又銘
on desktop FireFox

Tue Dec 3, 2013 8:02 pm (PST) . Posted by:

"Kamirin Faqoth" kamirin_2

Betul Pak Hendrik, betul, klo dirubah dengan angka bisa, tp sy tidak menginginkan rumus tersebut, dikarenakan data di cell m3 itu fluktuaktif, angkanya bisa berubah sewaktu2, makanya rumus dari Pa Wira sangat membantu sekali untuk saya.

Thanks,

Pada Rabu, 4 Desember 2013 9:57, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

 
Sedikit tambahan,
M3 adalah string, jadi jika kriterianya <M3 maka komputernya akan bingung.
Kalau M3 diganti dengan bilangan (angka) mustinya bisa.

Salam,
HK

On Wednesday, 4 December 2013, 9:39, Kamirin Faqoth <kamirin_2@yahoo.co.id> wrote:

 
Dear Pak Wira,

Makasih yaaa, rumusnya berjalan dengan baik, ternyata hanya bentuk penulisannya saja yaa yang harus dirubah,
sebelumnya  sy menggunakan rumus =COUNTIF($B$3:$B$21;"<M3") tp hasilnya tidak sesuai,

Makasih yaaa sebelumnya

Pada Rabu, 4 Desember 2013 9:15, WIRAnata Kemala 鄧又銘 <kwiranata.milis@gmail.com> menulis:

 
gini boleh ga ya ?

=COUNTIF($B$3:$B$21, "<"&M3)
=COUNTIF($B$3:$B$21, ">="&M3)

2013/12/4 Kamirin Faqoth <kamirin_2@yahoo.co.id>


>Dear Be-Exceler
>
>
>Mohon bantuannya permasalahan terlampir
>
>***** Mods *****
>Sebaiknya permasalahan juga ditulis di badan email, hal ini akan membantu
>Be-Exceller yang tidak dapat mendownload lampiran.
>
>Yang ditanyakan oleh pak Kamirin adalah fungsi alternatif selain menggunakan CountIf
>untuk melakukan perhitungan data dengan sebuah kriteria tertentu.
>****************
>

--

regards, Wira 鄧又銘
on desktop FireFox

Tue Dec 3, 2013 6:37 pm (PST) . Posted by:

"Cute Cute" cute8783


Dear All,

Ada yang bisa ajarin ttg ngelink data pembelian barang dengan kartu stock ?
pake rums vlookup / hlookup ??

Thanks,
Melda

Tue Dec 3, 2013 8:02 pm (PST) . Posted by:

"Odhy" odhyz83_assasaky

Dear Para Master,
1.         Dibawa ini code VBA yang saya gunakan untuk
mengcopy data pada kolom yang sudah saya tentukan, akan tetapi ternyata posisi
kolom yang saya copy posisinya berubah-rubah, yang ingin saya tanyakan
bagaimana caranya mengcopy kolom berdasarkan Header / judul kolom (3 kolom):
Misalnya saya mau mengcopy semua data pada kolom |Plant|, |Material|,|ClosingBalQty|,
Private Sub
CommandButton9_Click()FileTerpilih =
Application.GetOpenFilename _ ("Excel 2003(*.xls),*.xls, Excel 2010
(*.xlsx),*.xlsx&quot;, Title:="Open file", MultiSelect:=True)    If VarType(FileTerpilih) = vbBoolean Then Exit Sub    End If    NamaFileUtama = ActiveWorkbook.Name    JumlahFile = UBound(FileTerpilih)    Application.DisplayAlerts = False    For i = 1 To JumlahFile    Workbooks.Open FileTerpilih(i)        With ActiveWorkbook.Worksheets(1)            Selection.AutoFilter Field:=3,
Criteria1:=1000            BarisTerakhirFilePilihan =
.Cells(.Rows.Count, 1).End(xlUp).Row            BarisTerakhirFileUtama =
Workbooks(NamaFileUtama).Worksheets(1) _            .Cells(Workbooks(NamaFileUtama).Worksheets(1).Rows.Count,
1).End(xlUp).Row
.Range("A2:A100,A2:A100,X2:X100&quot;).Copy 
//bagaimana mengcopy 3 kolom??
 
  
 
 
 
End With
 
 With
Workbooks(NamaFileUtama).Worksheets("DATA";)
            Range("A4").PasteSpecial
Paste:=xlValues      
 End With
            ActiveWorkbook.Close
    Next i
    Application.DisplayAlerts = True
End Sub 
 
2.         Kalau saya menggunakan code : Application.Quit
maka semua workbook akan tertutup semua, atau kadang2 worbook yang lain
terhide, nah bagaimana caranya agar apabila menutup sebuah workbook menggunakan
code VBA hanya workbook tersebut yang tertutup/ diclose. 
Terima Kasih atas pencerahannya,
 
Odhy.

Tue Dec 3, 2013 8:42 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi



Jwb atas pertanyaan 1:
Range("A:A, D:D, F:F").Copy Range("G1")

Source ; Kolom A,D,F
Dest : Range("G1")

Jwb atas pertanyaan 2:

ActiveWorkbook.Close SaveChanges:=False

False artinya langsung tutup tanpa Save

Salam,
HK

On Wednesday, 4 December 2013, 11:03, Odhy <odhyz83_assasaky@yahoo.com> wrote:

 
Dear Para Master,
1.         Dibawa ini code VBA yang saya gunakan untuk
mengcopy data pada kolom yang sudah saya tentukan, akan tetapi ternyata posisi
kolom yang saya copy posisinya berubah-rubah, yang ingin saya tanyakan
bagaimana caranya mengcopy kolom berdasarkan Header / judul kolom (3 kolom):
Misalnya saya mau mengcopy semua data pada kolom |Plant|, |Material|,|ClosingBalQty|,
Private Sub
CommandButton9_Click()FileTerpilih =
Application.GetOpenFilename _ ("Excel 2003(*.xls),*.xls, Excel 2010
(*.xlsx),*.xlsx&quot;, Title:="Open file", MultiSelect:=True)    If VarType(FileTerpilih) = vbBoolean Then Exit Sub    End If    NamaFileUtama = ActiveWorkbook.Name    JumlahFile = UBound(FileTerpilih)    Application.DisplayAlerts = False    For i = 1 To JumlahFile    Workbooks.Open FileTerpilih(i)        With ActiveWorkbook.Worksheets(1)            Selection.AutoFilter Field:=3,
Criteria1:=1000            BarisTerakhirFilePilihan =
.Cells(.Rows.Count, 1).End(xlUp).Row            BarisTerakhirFileUtama =
Workbooks(NamaFileUtama).Worksheets(1) _            .Cells(Workbooks(NamaFileUtama).Worksheets(1).Rows.Count,
1).End(xlUp).Row
.Range("A2:A100,A2:A100,X2:X100&quot;).Copy 
//bagaimana mengcopy 3 kolom??
 
  
 
 
 
End With
 
 With
Workbooks(NamaFileUtama).Worksheets("DATA";)
            Range("A4").PasteSpecial
Paste:=xlValues      
 End With
            ActiveWorkbook.Close
    Next i
    Application.DisplayAlerts = True
End Sub 
 
2.         Kalau saya menggunakan code : Application.Quit
maka semua workbook akan tertutup semua, atau kadang2 worbook yang lain
terhide, nah bagaimana caranya agar apabila menutup sebuah workbook menggunakan
code VBA hanya workbook tersebut yang tertutup/ diclose. 
Terima Kasih atas pencerahannya,
 
Odhy.

Tue Dec 3, 2013 11:14 pm (PST) . Posted by:

"Odhy" odhyz83_assasaky

Dear Mr. HK,
Maksud saya mengcopy berdasarkan Header / judul kolom, jadi dimanapun posisi kolom dengan nama header/ judul kolom :Plant, Material, ClosingBalQty, maka itu yang akan dicopy.

Terima Kasih atas pencerahannya,
 
Odhy.

On Wednesday, December 4, 2013 11:42 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 

Jwb atas pertanyaan 1:
Range("A:A, D:D, F:F").Copy Range("G1")

Source ; Kolom A,D,F
Dest : Range("G1")

Jwb atas pertanyaan 2:

ActiveWorkbook.Close SaveChanges:=False

False artinya langsung tutup tanpa Save

Salam,
HK

On Wednesday, 4 December 2013, 11:03, Odhy <odhyz83_assasaky@yahoo.com> wrote:

 
Dear Para Master,
1.         Dibawa ini code VBA yang saya gunakan untuk
mengcopy data pada kolom yang sudah saya tentukan, akan tetapi ternyata posisi
kolom yang saya copy posisinya berubah-rubah, yang ingin saya tanyakan
bagaimana caranya mengcopy kolom berdasarkan Header / judul kolom (3 kolom):
Misalnya saya mau mengcopy semua data pada kolom |Plant|, |Material|,|ClosingBalQty|,
Private Sub
CommandButton9_Click()
FileTerpilih =
Application.GetOpenFilename _
 ("Excel 2003(*.xls),*.xls, Excel 2010
(*.xlsx),*.xlsx&quot;, Title:="Open file", MultiSelect:=True)
    If VarType(FileTerpilih) = vbBoolean Then
 Exit Sub
    End If
    NamaFileUtama = ActiveWorkbook.Name
    JumlahFile = UBound(FileTerpilih)
    Application.DisplayAlerts = False
    For i = 1 To JumlahFile
    Workbooks.Open FileTerpilih(i)
        With ActiveWorkbook.Worksheets(1)
            Selection.AutoFilter Field:=3,
Criteria1:=1000
            BarisTerakhirFilePilihan =
.Cells(.Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
            BarisTerakhirFileUtama =
Workbooks(NamaFileUtama).Worksheets(1) _
            .Cells(Workbooks(NamaFileUtama).Worksheets(1).Rows.Count,
1).End(xlUp).Row
.Range("A2:A100,A2:A100,X2:X100&quot;).Copy

//bagaimana mengcopy 3 kolom??

 

End With

 
With
Workbooks(NamaFileUtama).Worksheets("DATA";)
            Range("A4").PasteSpecial
Paste:=xlValues      
 End With
            ActiveWorkbook.Close
    Next i
    Application.DisplayAlerts = True
End Sub

2.         Kalau saya menggunakan code : Application.Quit
maka semua workbook akan tertutup semua, atau kadang2 worbook yang lain
terhide, nah bagaimana caranya agar apabila menutup sebuah workbook menggunakan
code VBA hanya workbook tersebut yang tertutup/ diclose.

Terima Kasih atas pencerahannya,
 
Odhy.

Tue Dec 3, 2013 10:20 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

������������ ��������� ���������� ����� �������������

Thread ini sudah 3 hari tidak ada yang menyentuh..
mungkin karena mendekati akhir tahun maka om momod dan Be-Exceller banyak
yang sedang sibuk
di kehidupan nyata masing-masing.

Semoga solusinya tidak terlalu telat xixixi ^_^

solusi untuk kasus ini adalah sebagai berikut:

(1)
hilangkan dahulu semua page break yang sudah ada, jika tidak maka harus
diatur secara manual

(2)
tetapkan jumlah baris data yang akan dimasukkan dalam setiap halaman,
sebagai contoh bahwa setiap
halaman akan berisi 25 baris data (jumlah baris boleh diubah)

(3)
buat 1 buah kolom bantu untuk menetapkan lokasi halaman

(4)
pada kolom bantu tersebut diisi dengan formula sbb:
=Ceiling(A7/25 , 1)

ceiling berfungsi untuk membulatkan ke atas dengan kelipatan 1
angka 25 adalah banyaknya baris yang telah ditetapkan pada point nomer 2

(5)
blok seluruh data yang ada termasuk header

(6)
pada ribbon "Data", group "Outline", klik "Subtotal";
pada kotak "At each change in" pilih kolom bantu yang tadi sudah dibuat
pada kotak "Use function" pilih "Sum"
pada kotak "Add subtotal to:" beri cek list pada setiap header kolom yang
ingin ditambahkan subtotalnya
beri tanda ceklist pada kotak "Page break between groups"
klik "OK"

untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 1]

insya Allah jika mengikuti cara di atas, maka akan terbentuk sebuah
SubTotal di akhir setiap halaman

���������� ���������� ���������� ����� �������������

-Miss Jan Raisin-

Pada 1 Desember 2013 09.05, Eko Suyanto <ekosuyanto@rocketmail.com> menulis:

>
>
> assalamu alaikum wr.wb
>
> kami akan membayarkan tamsil pnsd dan tunj profesi guru TW IV/2013.
> kami kesulitan menambahkan sub total per halaman pada baris paling bawah
> (contoh format terlampir)
> jika ini dapat dilakukan, akan mempermudah mitra kami dlm melakukan
> koreksi hitung ulang manual menggunakan tailstrook machine. dampaknya,
> guru akan lebih cepat menerima haknya.
> mhn bantuan bapak/ibu/bro/sista sekalian.
>
> wassalamu alaikum
>
> trm ksh,
> eko suyanto
>
>
>

Tue Dec 3, 2013 11:36 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

������������ ��������� ���������� ����� �������������

Jan bantu untuk pertanyaan nomor 1 ya..
yang nomer 2 tentang chart menunggu BeExceller yang lain ya.. atau PR untuk
Jan..
harus belajar chart dulu.. soalnya jarang bermain2 dengan grafik xixixi ^_^

solusi soal nomer 1 silakan lihat pada file terlampir

���������� ���������� ���������� ����� �������������

-Miss Jan Raisin-

Pada 2 Desember 2013 23.54, Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.co.id>menulis:

>
>
> Assalamu alaikum
> dear para master excel
> mohon maaf langsung ajukan 2 masalah.
> 1. Copy paste (file terlampir) dari banyak kolom ke 2 kolom
> 2. Grafik yang terdiri dari nilai persen (bingung jelasinnya)...
> terima kasih sebelumnya
> wassalam
>
>
>

Tue Dec 3, 2013 11:51 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

������������ ��������� ���������� ����� �������������

untuk yang satu ini kelihatannya harus download dahulu language pack dan
diubah melalui control panel..
akibatnya adalah yang berubah adalah semua menu dilingkungan officenya..

untuk pengguna windows 7 bisa baca link di sini:
http://windows.microsoft.com/en-id/windows/what-do-with-regional-formats-languages#what-do-with-regional-formats-languages=windows-7

sedangkan untuk install language packnya bisa di sini dan pilih bahasa
Indonesia
http://windows.microsoft.com/en-id/windows/language-packs#lptabs=win7

jika ada BeExceller yang sudah pernah install language pack untuk bahasa
Indonesia, silakan di share pengalamannya di sini

cmiiw

���������� ���������� ���������� ����� �������������

-Miss Jan Raisin-

Pada 3 Desember 2013 08.08, neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id> menulis:

>
>
> Assalamualaikum...
> Salam B-Excel
>
> Master sekalian, kira2 bisa tidak ya notifikasi paten excel diganti ke
> notifikasi indonesia dengan VBA
> misalnya protectsheet saat di klik 2 kali muncul "the cell or chart are
> protected to change" bla..bla.. trus
> diganti ke Bahasa menjadi "Maaf proteksi sheet masih aktif" dan notifikasi
> englishnya g keliatan lagi
>
> Salam
> Neza
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar