Kamis, 02 Januari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2716

13 New Messages

Digest #2716
5a
Meringkas data by "Nunuk Y Saptaningtyas"
5b
Re: Meringkas data by "Jan Raisin"
5c
Re: Meringkas data [1 Attachment] by "Nunuk Y Saptaningtyas"
6
memunculkan saldo kas tunai by "Bos Kbrn" bos.kbrn

Messages

Wed Jan 1, 2014 7:43 am (PST) . Posted by:

"Yan Novianto" yan.novianto

Hehehe,

Terimakasih Mr Kid

Ntar di coba dulu yack

Terimakasih

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

Wed Jan 1, 2014 8:45 am (PST) . Posted by:

"Sembaran Joko" jokosembaran

Dear Mr. Kid

Assalamu'alaikum
Mohon maaf mr kid, mohon pencerahan kembali ada yang kurang kelihatannya
apa bapak yang kurang teliti barangkali.
1. Untuk data sudah saya pelajari dan mencoba tanggal validasinya diselek
ke 1-Jan-2015 sementara pada tabel bulan
akhir Feb-2015 dan akhir maret-2015 ini garis-garisnya masih muncul juga
muncul ya?, Padahal bapak sudah mengikuti
saran Mr kid saya rujukan kepada masing-masing bulan. Data saya lapirkan
kembali dengan revisi 2.
2. tanggal Validasi pada sel A2 tersebut bisakah jika diganti dengan
menggunakan Combobox? maklum Mr kid,
pengliatan matanya lama-lama ga jelas apa lagi jika di veiw menjadi 70%
masa Allah ? makin kabur aja.... Mr.?
Demikian disampaikan terimakasih atas pencerahannya kembali

Wasssalam,
Sembaran

Pada 1 Januari 2014 01.52, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

>
>
> Hai Sembaran,
>
> 1. menyembunyikan garis yang tidak ada tanggal atau jadwalnya dengan
> menggunakan Condition Formatting.
> >> formula dalam conditional formatting merujuk pada cell tanggal yang
> barisnya tetap disebuah blok data bulanan. File terlampir.
>
> 2. Bagaimanakah DatePicker yang serttinganya hanya untuk awal Tahun saja,
> misal : 1-Jan-2013; 1-Jan-2014; 1-Jan-2015 dst. Atau triwulan misal :
> 1-Jan-2014;1-Apr-2014; 1-Jul-2014 dan 1-Okt-2014.
> >> kemampuan activex control ditentukan saat membuat si activex control
> tersebut. untuk kasus ini, activex control datepicker tidak dapat
> melakukannya.
> >> bagaimana jika memanfaatkan fitur Data Validation bawaan Excel saja.
> Fungsi Indirect dan beberapa nama range yang merujuk kesebuah tabel data
> berisi tanggal yang dibutuhkan tidaklah terlalu sulit unuk dibuat. File
> terlampir (bagi pengguna xl2003, aktifkan addin Analysis ToolPak atau ganti
> formula yang berisi fungsi EDate dengan bunyi formula yang bisa
> menghasilkan nilai yang dibutuhkan, misal dengan memanfaatkan fungsi Date
> maupun Month)
>
> 3. Datepicker dan link cellnya dengan format dd-mmm-yyyy.
> >> datepicker menghasilkan nilai bertipe Text dengan format mengikuti
> regional setting komputer setempat.
> >> Biasanya linked cell dari DTPicker diletakkan ke sebuah cell bantu yang
> tak ditampakkan ke user. Kemudian, pada cell yang ditampakkan ke user
> sebagai output dtpicker diberi formula untuk mengkonversi nilai dari cell
> bantu tersebut menjadi bertipe datetime (file terlampir).
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/12/27 Sembaran Joko <sembaran@gmail.com>
>
>>
>>
>> Yth: All Master Excel
>>
>>
>> Mohon Pencerahannya untuk menyembunyikan garis yang tidak ada tanggal
>> atau jadwalnya dengan menggunakan Condition Formatting.
>> Bagaimanakah DatePicker yang serttinganya hanya untuk awal Tahun saja,
>> misal : 1-Jan-2013; 1-Jan-2014; 1-Jan-2015 dst. Atau triwulan misal :
>> 1-Jan-2014;
>> 1-Apr-2014; 1-Jul-2014 dan 1-Okt-2014.
>> Kemudian Bagaimankah pada useform Datepicker dan link cellnya dengan
>> format dd-mmm-yyyy. Data saya lampirkan.
>> Terimakasih atas pencerahannya.
>>
>> Salam,
>> Sembaran
>>
>>
>
>

Wed Jan 1, 2014 8:50 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Pak Sembaran,

Bapak harus membuat conditional formatting baru untuk area blok bulan yang
lain seperti pada blok bulan pada range AF4:AH17.
Misal akan membuat blok bulan kedua di AF18:AH31, maka harus membuat
conditional formatting baru. Formula untuk conditional formattingnya bisa
seperti di blok AF4:AH17, hanya saja rujukan rangenya akan berubah dari
baris 4 ke baris 18 karena diblok kedua, nilai datetime harian ada di baris
18.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014/1/1 Sembaran Joko <sembaran@gmail.com>

>
>
> Dear Mr. Kid
>
> Assalamu'alaikum
> Mohon maaf mr kid, mohon pencerahan kembali ada yang kurang kelihatannya
> apa bapak yang kurang teliti barangkali.
> 1. Untuk data sudah saya pelajari dan mencoba tanggal validasinya diselek
> ke 1-Jan-2015 sementara pada tabel bulan
> akhir Feb-2015 dan akhir maret-2015 ini garis-garisnya masih muncul juga
> muncul ya?, Padahal bapak sudah mengikuti
> saran Mr kid saya rujukan kepada masing-masing bulan. Data saya lapirkan
> kembali dengan revisi 2.
> 2. tanggal Validasi pada sel A2 tersebut bisakah jika diganti dengan
> menggunakan Combobox? maklum Mr kid,
> pengliatan matanya lama-lama ga jelas apa lagi jika di veiw menjadi 70%
> masa Allah ? makin kabur aja.... Mr.?
> Demikian disampaikan terimakasih atas pencerahannya kembali
>
> Wasssalam,
> Sembaran
>
>
> Pada 1 Januari 2014 01.52, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
>>
>>
>> Hai Sembaran,
>>
>>
>> 1. menyembunyikan garis yang tidak ada tanggal atau jadwalnya dengan
>> menggunakan Condition Formatting.
>> >> formula dalam conditional formatting merujuk pada cell tanggal yang
>> barisnya tetap disebuah blok data bulanan. File terlampir.
>>
>> 2. Bagaimanakah DatePicker yang serttinganya hanya untuk awal Tahun saja,
>> misal : 1-Jan-2013; 1-Jan-2014; 1-Jan-2015 dst. Atau triwulan misal :
>> 1-Jan-2014;1-Apr-2014; 1-Jul-2014 dan 1-Okt-2014.
>> >> kemampuan activex control ditentukan saat membuat si activex control
>> tersebut. untuk kasus ini, activex control datepicker tidak dapat
>> melakukannya.
>> >> bagaimana jika memanfaatkan fitur Data Validation bawaan Excel saja.
>> Fungsi Indirect dan beberapa nama range yang merujuk kesebuah tabel data
>> berisi tanggal yang dibutuhkan tidaklah terlalu sulit unuk dibuat. File
>> terlampir (bagi pengguna xl2003, aktifkan addin Analysis ToolPak atau ganti
>> formula yang berisi fungsi EDate dengan bunyi formula yang bisa
>> menghasilkan nilai yang dibutuhkan, misal dengan memanfaatkan fungsi Date
>> maupun Month)
>>
>> 3. Datepicker dan link cellnya dengan format dd-mmm-yyyy.
>> >> datepicker menghasilkan nilai bertipe Text dengan format mengikuti
>> regional setting komputer setempat.
>> >> Biasanya linked cell dari DTPicker diletakkan ke sebuah cell bantu
>> yang tak ditampakkan ke user. Kemudian, pada cell yang ditampakkan ke user
>> sebagai output dtpicker diberi formula untuk mengkonversi nilai dari cell
>> bantu tersebut menjadi bertipe datetime (file terlampir).
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2013/12/27 Sembaran Joko <sembaran@gmail.com>
>>
>>>
>>>
>>> Yth: All Master Excel
>>>
>>>
>>> Mohon Pencerahannya untuk menyembunyikan garis yang tidak ada tanggal
>>> atau jadwalnya dengan menggunakan Condition Formatting.
>>> Bagaimanakah DatePicker yang serttinganya hanya untuk awal Tahun saja,
>>> misal : 1-Jan-2013; 1-Jan-2014; 1-Jan-2015 dst. Atau triwulan misal :
>>> 1-Jan-2014;
>>> 1-Apr-2014; 1-Jul-2014 dan 1-Okt-2014.
>>> Kemudian Bagaimankah pada useform Datepicker dan link cellnya dengan
>>> format dd-mmm-yyyy. Data saya lampirkan.
>>> Terimakasih atas pencerahannya.
>>>
>>> Salam,
>>> Sembaran
>>>
>>>
>>
>
>

Wed Jan 1, 2014 8:52 am (PST) . Posted by:

"Melyana Silaban"

Terima kasih banyak atas penjelasan dari para master (Mr.Kid & Mr.HK).
@Mr.Kid, sekarang saya mulai paham ternyata kolom tambahan tsb berfungsi
sbg apa & pemanfaatan pivottable.
@Mr.HK, akan saya coba explore sesuai advise yg diberikan(baik dari Mr.HK
maupun masukan dari Mr.Kid untuk membuat looping thd cell pembanding atau
meng-kombine seluruh kolom pembanding. Sepertinya saya prefer ke combine
seluruh cell pembanding)
Sekedar masukan seharian saya explore & sempat menemukan ntah apa
istilahnya (apa benar istilahnya "bug"?) pada formula yg berikan oleh
Mr.Kid (Opsi_formula 1). Yang mana formula tsb tidak bisa membedakan ketika
kedua data ( Data 1 Vs Data 2) mempunyai kemiripan secara kode, yg mana
menyebabkan hasilnya kurang akurat. Waktu itu saya coba dgn Data 1( X1~X10
plus Y1~Y10 plus RX1~RX5) dan Data 2 (X6~X10 plus Y1~Y10 plus RX1~RX5).
Hasil yg muncul " " (KOSONG), seharusnya X1~X5. Setelah saya ganti RX dgn
RK, akhirnya muncul hasilnya X1~X5.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas pencerahan yang diberikan para
master, semoga ilmu ini terus bermanfaat sehingga pahala terus mengalir
kepada para master.

Wassalam,
Mely

2014/1/1 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

>
>
> Oh untuk kondisi data referensi lebih dari 1 cell, Pak Hendrik memilih
> opsi kedua di email tentang opsi yang lalu, yaitu menggabungkan seluruh
> teks referensi dan menyimpannya ke sebuah variabel.
>
> Variabel penyimpan teks gabungan referensi bernama sNames bertipe string.
> Delimiternya karakter koma.
> Misal data di kolom C mulai cell C1 dan rapat (tidak ada cell kosong
> antara 2 nilai referensi). Kolom B dan kolom D kosong.
> Penggabungan seluruh referensi dan menyimpannya ke variabel penyimpan
> bernama sNames salah satu dari sekian banyak caranya antara lain bisa
> berbunyi :
> dim sNames as string
> snames="," & LCase( Replace(Join( Application.Transpose( *sheetreferensi*.range("c1").currentregion.value
> ) , "," ),", ",",") ) & ","
>
> 1. Penambahan karakter koma dalam ekspresi "," sebelum fungsi LCase akan
> membuat referensi diawali karakter koma.
> 2. fungsi LCase akan meng
> 3. fungsi replace digunakan untuk mengganti karakter koma dan spasi menjadi
> karakter koma saja.
> 4. fungsi join akan menggabungkan array 1 dimensi menjadi sebuah teks
> ber-delimiter tertentu (dalam hal ini adalah karakter koma).
> karena range adalah object yang memiliki sebuah properti berupa array 2
> dimensi, maka harus diubah lebih dulu menjadi array 1 dimensi dengan fungsi
> bawaan Excel bernama Transpose yang dimiliki object Application. Pada data
> disuatu range yang horisontal (1 baris Excel x banyak kolom Excel, maka
> proses transpose dilakukan 2 kali.
> 5. *sheetreferensi *bisa diganti dengan nama object module sheet di VBP
> untuk sheet tersebut atau dengan bunyi
> *Sheets("nama sheet pada tab sheet dalam workbook")*
> 6. Penambahan karakter koma dalam ekspresi "," diakhir baris kode akan
> membuat referensi diakhiri dengan karakter koma.
>
> Misal :
> C1 berisi teks *Kolom2*
> C2 berisi teks *SATU, DUA, TIGA*
> C3 berisi teks *LIMA BELAS, TUJUH, DUA, DUA PULUH SATU*
> maka sNames akan berisi :
> ,*Kolom2*,*SATU,DUA,TIGA*,*LIMA BELAS,TUJUH,DUA,DUA PULUH SATU*,
>
> Pada bagian penggunaan Instr dalam proses loop yang berbunyi :
> If InStr(1, sNames, rng(i) & ", ") = 0 Then
> diubah susunannya sebagai :
> *IF Instr( snames , "," & lcase( rng(i).value ) & "," ) = 0 then *
>
> agar ketika nilai di rng(i) adalah teks berbunyi SATU benar-benar
> dibandingkan dengan nilai dalam sNames dibagian bertuliskan SATU saja dan
> bukan dibagian SATU yang ada di DUA PULUH SATU
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014/1/1 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
>>
>>
>> Terima kasih Mr Kid atas masukannya.
>>
>> Hasil percobaan terakhir:
>> Jika Ref nya terdiri dari 1 sel maka:
>> sNames = Range("C2").Value & ", "
>> diganti dengan
>> sNames = Range("xx").Value & ", "
>> dimana xx bisa berupa 1 sel lain, mis. C3, C4, dst.nya atau nama sel
>> pada Worksheet (sel tsb harus diberi nama terlebih dahulu melalui Name
>> Box atau Formula Name Manager).
>>
>> Jika Refnya lebih dari 1 sel (mis. C2 dan C3) maka penulisan codenya
>> menjadi:
>> sNames = Range("C2").Value & ", "
>> diganti dengan
>> sNames = Range("C2") & Range("C3").Value & ", "
>> dengan syarat penulisan pada sel C2 nya diakhiri dengan tanda ", " (koma
>> dan spasi tanpa apostrop), jika tidak maka data terakhir dianggap tidak ada
>> (masuk dalam list).
>>
>> Silakan mencobanya.
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>>
>>
>>
>> On Wednesday, 1 January 2014, 1:07, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>>
>> Hai Mely,
>>
>> sorry, ternyata ada bagian yang belum terjawab ya, yaitu :
>>
>> *Kemudian soal kinerja excel menurun jika harus mengolah banyak data,
>> gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel tetap optimal, karena data yg
>> akan diolah terkadang hampir 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris
>> (data2 yg ada koma & spasi) *
>> imho,
>> sheet opsi_pivottable bisa menjadi awalan yang mudah.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2013/12/31 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>>
>>
>> Sekal lagi terima kasih banyak kepada para guru/master (Mr.Kid & Mr.HK).
>>
>> Kepada Mr.Kid, formula yg diberikan sangat luar biasa membantu.
>> Hanya saja saya masih penasaran dgn kolom tambahan yg bapak berikan
>> (kolom info 1 & 2). Kalau boleh dijelaskan, sebetulnya kolom tsb berfungsi
>> sbg apa, sebab ketika saya coba men-delete-nya hasil formula tetap bisa
>> bekerja dengan benar (tidak terpengaruh). Kemudian soal kinerja excel
>> menurun jika harus mengolah banyak data, gimana cara mensiasatinya agar
>> kinerja excel tetap optimal, karena data yg akan diolah terkadang hampir
>> 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris (data2 yg ada koma & spasi)
>> Mohon pencerahannya, guru.
>>
>> Kepada Mr.HK, macro yg bapak berikan juga sangat luar biasa.
>> Saya masih ada yg ingin tahu bagaimana cara menambahkan syntax untuk cell
>> pembanding yg lokasinya berbeda dgn cell sebelumnya.Misal cell sebelumnya
>> C2, jika ada data yg perlu dibandingkan lagi & berada di cell C3, C4, C5
>> dst. Gimana cara menambahkan syntaxnya, pak?
>>
>> Semoga amalan para guru mendapat balasan yg lebih besar dari
>> Tuhan...aamiin
>>
>> Salam,
>> Mely
>>
>>
>> 2013/12/31 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>
>>
>> Hai Mely,
>>
>> File terlampir berusaha dengan formula (array formula<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>).
>> Juga ada contoh pemanfaatan beberapa fitur Excel seperti pivot table<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
>> .
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2013/12/30 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>>
>>
>> Para master & guru excel yang terhormat,
>> Saya seorang siswi yang ingin belajar banyak soal excel.
>> Terlampir ini adalah salah satu contoh persolan yg saya mohon bantuan
>> kepada para master memberikan solusinya. Saya hendak membandingkan 2
>> data & hasil
>> yg diinginkan adalah hanya berbeda dari kedua data tsb. Selengkapnya
>> spt dalam lampiran ini.
>> Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>>
>> wassalam,
>> Mely
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Wed Jan 1, 2014 8:55 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Boleh di share data yang kurang akurat tersebut.
Bisa jadi struktur perbandingannya sudah tidak sama dengan bentuk awal
kasus.

Wassalam,
Kid.

2014/1/1 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>

>
>
> Terima kasih banyak atas penjelasan dari para master (Mr.Kid & Mr.HK).
> @Mr.Kid, sekarang saya mulai paham ternyata kolom tambahan tsb berfungsi
> sbg apa & pemanfaatan pivottable.
> @Mr.HK, akan saya coba explore sesuai advise yg diberikan(baik dari Mr.HK
> maupun masukan dari Mr.Kid untuk membuat looping thd cell pembanding atau
> meng-kombine seluruh kolom pembanding. Sepertinya saya prefer ke combine
> seluruh cell pembanding)
> Sekedar masukan seharian saya explore & sempat menemukan ntah apa
> istilahnya (apa benar istilahnya "bug"?) pada formula yg berikan oleh
> Mr.Kid (Opsi_formula 1). Yang mana formula tsb tidak bisa membedakan ketika
> kedua data ( Data 1 Vs Data 2) mempunyai kemiripan secara kode, yg mana
> menyebabkan hasilnya kurang akurat. Waktu itu saya coba dgn Data 1( X1~X10
> plus Y1~Y10 plus RX1~RX5) dan Data 2 (X6~X10 plus Y1~Y10 plus RX1~RX5).
> Hasil yg muncul " " (KOSONG), seharusnya X1~X5. Setelah saya ganti RX dgn
> RK, akhirnya muncul hasilnya X1~X5.
>
> Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas pencerahan yang diberikan para
> master, semoga ilmu ini terus bermanfaat sehingga pahala terus mengalir
> kepada para master.
>
> Wassalam,
> Mely
>
>
> 2014/1/1 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
>
>>
>> Oh untuk kondisi data referensi lebih dari 1 cell, Pak Hendrik memilih
>> opsi kedua di email tentang opsi yang lalu, yaitu menggabungkan seluruh
>> teks referensi dan menyimpannya ke sebuah variabel.
>>
>> Variabel penyimpan teks gabungan referensi bernama sNames bertipe string.
>> Delimiternya karakter koma.
>> Misal data di kolom C mulai cell C1 dan rapat (tidak ada cell kosong
>> antara 2 nilai referensi). Kolom B dan kolom D kosong.
>> Penggabungan seluruh referensi dan menyimpannya ke variabel penyimpan
>> bernama sNames salah satu dari sekian banyak caranya antara lain bisa
>> berbunyi :
>> dim sNames as string
>> snames="," & LCase( Replace(Join( Application.Transpose( *sheetreferensi*.range("c1").currentregion.value
>> ) , "," ),", ",",") ) & ","
>>
>> 1. Penambahan karakter koma dalam ekspresi "," sebelum fungsi LCase akan
>> membuat referensi diawali karakter koma.
>> 2. fungsi LCase akan meng
>> 3. fungsi replace digunakan untuk mengganti karakter koma dan spasi menjadi
>> karakter koma saja.
>> 4. fungsi join akan menggabungkan array 1 dimensi menjadi sebuah teks
>> ber-delimiter tertentu (dalam hal ini adalah karakter koma).
>> karena range adalah object yang memiliki sebuah properti berupa array 2
>> dimensi, maka harus diubah lebih dulu menjadi array 1 dimensi dengan fungsi
>> bawaan Excel bernama Transpose yang dimiliki object Application. Pada data
>> disuatu range yang horisontal (1 baris Excel x banyak kolom Excel, maka
>> proses transpose dilakukan 2 kali.
>> 5. *sheetreferensi *bisa diganti dengan nama object module sheet di VBP
>> untuk sheet tersebut atau dengan bunyi
>> *Sheets("nama sheet pada tab sheet dalam workbook")*
>> 6. Penambahan karakter koma dalam ekspresi "," diakhir baris kode akan
>> membuat referensi diakhiri dengan karakter koma.
>>
>> Misal :
>> C1 berisi teks *Kolom2*
>> C2 berisi teks *SATU, DUA, TIGA*
>> C3 berisi teks *LIMA BELAS, TUJUH, DUA, DUA PULUH SATU*
>> maka sNames akan berisi :
>> ,*Kolom2*,*SATU,DUA,TIGA*,*LIMA BELAS,TUJUH,DUA,DUA PULUH SATU*,
>>
>> Pada bagian penggunaan Instr dalam proses loop yang berbunyi :
>> If InStr(1, sNames, rng(i) & ", ") = 0 Then
>> diubah susunannya sebagai :
>> *IF Instr( snames , "," & lcase( rng(i).value ) & "," ) = 0 then *
>>
>> agar ketika nilai di rng(i) adalah teks berbunyi SATU benar-benar
>> dibandingkan dengan nilai dalam sNames dibagian bertuliskan SATU saja dan
>> bukan dibagian SATU yang ada di DUA PULUH SATU
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2014/1/1 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>>
>>>
>>>
>>> Terima kasih Mr Kid atas masukannya.
>>>
>>> Hasil percobaan terakhir:
>>> Jika Ref nya terdiri dari 1 sel maka:
>>> sNames = Range("C2").Value & ", "
>>> diganti dengan
>>> sNames = Range("xx").Value & ", "
>>> dimana xx bisa berupa 1 sel lain, mis. C3, C4, dst.nya atau nama sel
>>> pada Worksheet (sel tsb harus diberi nama terlebih dahulu melalui Name
>>> Box atau Formula Name Manager).
>>>
>>> Jika Refnya lebih dari 1 sel (mis. C2 dan C3) maka penulisan codenya
>>> menjadi:
>>> sNames = Range("C2").Value & ", "
>>> diganti dengan
>>> sNames = Range("C2") & Range("C3").Value & ", "
>>> dengan syarat penulisan pada sel C2 nya diakhiri dengan tanda ", " (koma
>>> dan spasi tanpa apostrop), jika tidak maka data terakhir dianggap tidak ada
>>> (masuk dalam list).
>>>
>>> Silakan mencobanya.
>>>
>>> Salam,
>>> HK
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> On Wednesday, 1 January 2014, 1:07, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>> wrote:
>>>
>>> Hai Mely,
>>>
>>> sorry, ternyata ada bagian yang belum terjawab ya, yaitu :
>>>
>>> *Kemudian soal kinerja excel menurun jika harus mengolah banyak data,
>>> gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel tetap optimal, karena data yg
>>> akan diolah terkadang hampir 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris
>>> (data2 yg ada koma & spasi) *
>>> imho,
>>> sheet opsi_pivottable bisa menjadi awalan yang mudah.
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2013/12/31 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>>>
>>>
>>> Sekal lagi terima kasih banyak kepada para guru/master (Mr.Kid &
>>> Mr.HK).
>>>
>>> Kepada Mr.Kid, formula yg diberikan sangat luar biasa membantu.
>>> Hanya saja saya masih penasaran dgn kolom tambahan yg bapak berikan
>>> (kolom info 1 & 2). Kalau boleh dijelaskan, sebetulnya kolom tsb berfungsi
>>> sbg apa, sebab ketika saya coba men-delete-nya hasil formula tetap bisa
>>> bekerja dengan benar (tidak terpengaruh). Kemudian soal kinerja excel
>>> menurun jika harus mengolah banyak data, gimana cara mensiasatinya agar
>>> kinerja excel tetap optimal, karena data yg akan diolah terkadang hampir
>>> 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris (data2 yg ada koma & spasi)
>>> Mohon pencerahannya, guru.
>>>
>>> Kepada Mr.HK, macro yg bapak berikan juga sangat luar biasa.
>>> Saya masih ada yg ingin tahu bagaimana cara menambahkan syntax untuk
>>> cell pembanding yg lokasinya berbeda dgn cell sebelumnya.Misal cell
>>> sebelumnya C2, jika ada data yg perlu dibandingkan lagi & berada di cell
>>> C3, C4, C5 dst. Gimana cara menambahkan syntaxnya, pak?
>>>
>>> Semoga amalan para guru mendapat balasan yg lebih besar dari
>>> Tuhan...aamiin
>>>
>>> Salam,
>>> Mely
>>>
>>>
>>> 2013/12/31 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>
>>>
>>> Hai Mely,
>>>
>>> File terlampir berusaha dengan formula (array formula<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>).
>>> Juga ada contoh pemanfaatan beberapa fitur Excel seperti pivot table<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
>>> .
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2013/12/30 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>>>
>>>
>>> Para master & guru excel yang terhormat,
>>> Saya seorang siswi yang ingin belajar banyak soal excel.
>>> Terlampir ini adalah salah satu contoh persolan yg saya mohon bantuan
>>> kepada para master memberikan solusinya. Saya hendak membandingkan 2
>>> data & hasil
>>> yg diinginkan adalah hanya berbeda dari kedua data tsb. Selengkapnya
>>> spt dalam lampiran ini.
>>> Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>>>
>>> wassalam,
>>> Mely
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>
>

Wed Jan 1, 2014 5:46 pm (PST) . Posted by:

"Melyana Silaban"

Ok, Mr.Kid, silahkan dicoba file terlampir ini & semoga bapak bisa
menemukan solusi yang terbaik. Terima kasih sebelumnya.

Wassalam,
Mely

2014/1/1 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

>
>
> Boleh di share data yang kurang akurat tersebut.
> Bisa jadi struktur perbandingannya sudah tidak sama dengan bentuk awal
> kasus.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014/1/1 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>
>>
>>
>> Terima kasih banyak atas penjelasan dari para master (Mr.Kid & Mr.HK).
>> @Mr.Kid, sekarang saya mulai paham ternyata kolom tambahan tsb berfungsi
>> sbg apa & pemanfaatan pivottable.
>> @Mr.HK, akan saya coba explore sesuai advise yg diberikan(baik dari
>> Mr.HK maupun masukan dari Mr.Kid untuk membuat looping thd cell pembanding
>> atau meng-kombine seluruh kolom pembanding. Sepertinya saya prefer ke
>> combine seluruh cell pembanding)
>> Sekedar masukan seharian saya explore & sempat menemukan ntah apa
>> istilahnya (apa benar istilahnya "bug"?) pada formula yg berikan oleh
>> Mr.Kid (Opsi_formula 1). Yang mana formula tsb tidak bisa membedakan ketika
>> kedua data ( Data 1 Vs Data 2) mempunyai kemiripan secara kode, yg mana
>> menyebabkan hasilnya kurang akurat. Waktu itu saya coba dgn Data 1( X1~X10
>> plus Y1~Y10 plus RX1~RX5) dan Data 2 (X6~X10 plus Y1~Y10 plus RX1~RX5).
>> Hasil yg muncul " " (KOSONG), seharusnya X1~X5. Setelah saya ganti RX dgn
>> RK, akhirnya muncul hasilnya X1~X5.
>>
>> Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas pencerahan yang diberikan para
>> master, semoga ilmu ini terus bermanfaat sehingga pahala terus mengalir
>> kepada para master.
>>
>> Wassalam,
>> Mely
>>
>>
>> 2014/1/1 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>
>>
>>>
>>> Oh untuk kondisi data referensi lebih dari 1 cell, Pak Hendrik memilih
>>> opsi kedua di email tentang opsi yang lalu, yaitu menggabungkan seluruh
>>> teks referensi dan menyimpannya ke sebuah variabel.
>>>
>>> Variabel penyimpan teks gabungan referensi bernama sNames bertipe
>>> string. Delimiternya karakter koma.
>>> Misal data di kolom C mulai cell C1 dan rapat (tidak ada cell kosong
>>> antara 2 nilai referensi). Kolom B dan kolom D kosong.
>>> Penggabungan seluruh referensi dan menyimpannya ke variabel penyimpan
>>> bernama sNames salah satu dari sekian banyak caranya antara lain bisa
>>> berbunyi :
>>> dim sNames as string
>>> snames="," & LCase( Replace(Join( Application.Transpose(
>>> *sheetreferensi*.range("c1").currentregion.value ) , "," ),", ",",") )
>>> & ","
>>>
>>> 1. Penambahan karakter koma dalam ekspresi "," sebelum fungsi LCase
>>> akan membuat referensi diawali karakter koma.
>>> 2. fungsi LCase akan meng
>>> 3. fungsi replace digunakan untuk mengganti karakter koma dan spasi menjadi
>>> karakter koma saja.
>>> 4. fungsi join akan menggabungkan array 1 dimensi menjadi sebuah teks
>>> ber-delimiter tertentu (dalam hal ini adalah karakter koma).
>>> karena range adalah object yang memiliki sebuah properti berupa array 2
>>> dimensi, maka harus diubah lebih dulu menjadi array 1 dimensi dengan fungsi
>>> bawaan Excel bernama Transpose yang dimiliki object Application. Pada data
>>> disuatu range yang horisontal (1 baris Excel x banyak kolom Excel, maka
>>> proses transpose dilakukan 2 kali.
>>> 5. *sheetreferensi *bisa diganti dengan nama object module sheet di VBP
>>> untuk sheet tersebut atau dengan bunyi
>>> *Sheets("nama sheet pada tab sheet dalam workbook")*
>>> 6. Penambahan karakter koma dalam ekspresi "," diakhir baris kode akan
>>> membuat referensi diakhiri dengan karakter koma.
>>>
>>> Misal :
>>> C1 berisi teks *Kolom2*
>>> C2 berisi teks *SATU, DUA, TIGA*
>>> C3 berisi teks *LIMA BELAS, TUJUH, DUA, DUA PULUH SATU*
>>> maka sNames akan berisi :
>>> ,*Kolom2*,*SATU,DUA,TIGA*,*LIMA BELAS,TUJUH,DUA,DUA PULUH SATU*,
>>>
>>> Pada bagian penggunaan Instr dalam proses loop yang berbunyi :
>>> If InStr(1, sNames, rng(i) & ", ") = 0 Then
>>> diubah susunannya sebagai :
>>> *IF Instr( snames , "," & lcase( rng(i).value ) & "," ) = 0 then *
>>>
>>> agar ketika nilai di rng(i) adalah teks berbunyi SATU benar-benar
>>> dibandingkan dengan nilai dalam sNames dibagian bertuliskan SATU saja dan
>>> bukan dibagian SATU yang ada di DUA PULUH SATU
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2014/1/1 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Terima kasih Mr Kid atas masukannya.
>>>>
>>>> Hasil percobaan terakhir:
>>>> Jika Ref nya terdiri dari 1 sel maka:
>>>> sNames = Range("C2").Value & ", "
>>>> diganti dengan
>>>> sNames = Range("xx").Value & ", "
>>>> dimana xx bisa berupa 1 sel lain, mis. C3, C4, dst.nya atau nama sel
>>>> pada Worksheet (sel tsb harus diberi nama terlebih dahulu melalui Name
>>>> Box atau Formula Name Manager).
>>>>
>>>> Jika Refnya lebih dari 1 sel (mis. C2 dan C3) maka penulisan codenya
>>>> menjadi:
>>>> sNames = Range("C2").Value & ", "
>>>> diganti dengan
>>>> sNames = Range("C2") & Range("C3").Value & ", "
>>>> dengan syarat penulisan pada sel C2 nya diakhiri dengan tanda ", "
>>>> (koma dan spasi tanpa apostrop), jika tidak maka data terakhir dianggap
>>>> tidak ada (masuk dalam list).
>>>>
>>>> Silakan mencobanya.
>>>>
>>>> Salam,
>>>> HK
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> On Wednesday, 1 January 2014, 1:07, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>> wrote:
>>>>
>>>> Hai Mely,
>>>>
>>>> sorry, ternyata ada bagian yang belum terjawab ya, yaitu :
>>>>
>>>> *Kemudian soal kinerja excel menurun jika harus mengolah banyak data,
>>>> gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel tetap optimal, karena data yg
>>>> akan diolah terkadang hampir 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris
>>>> (data2 yg ada koma & spasi) *
>>>> imho,
>>>> sheet opsi_pivottable bisa menjadi awalan yang mudah.
>>>>
>>>> Wassalam,
>>>> Kid.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2013/12/31 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>>>>
>>>>
>>>> Sekal lagi terima kasih banyak kepada para guru/master (Mr.Kid &
>>>> Mr.HK).
>>>>
>>>> Kepada Mr.Kid, formula yg diberikan sangat luar biasa membantu.
>>>> Hanya saja saya masih penasaran dgn kolom tambahan yg bapak berikan
>>>> (kolom info 1 & 2). Kalau boleh dijelaskan, sebetulnya kolom tsb berfungsi
>>>> sbg apa, sebab ketika saya coba men-delete-nya hasil formula tetap bisa
>>>> bekerja dengan benar (tidak terpengaruh). Kemudian soal kinerja excel
>>>> menurun jika harus mengolah banyak data, gimana cara mensiasatinya agar
>>>> kinerja excel tetap optimal, karena data yg akan diolah terkadang hampir
>>>> 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris (data2 yg ada koma & spasi)
>>>> Mohon pencerahannya, guru.
>>>>
>>>> Kepada Mr.HK, macro yg bapak berikan juga sangat luar biasa.
>>>> Saya masih ada yg ingin tahu bagaimana cara menambahkan syntax untuk
>>>> cell pembanding yg lokasinya berbeda dgn cell sebelumnya.Misal cell
>>>> sebelumnya C2, jika ada data yg perlu dibandingkan lagi & berada di cell
>>>> C3, C4, C5 dst. Gimana cara menambahkan syntaxnya, pak?
>>>>
>>>> Semoga amalan para guru mendapat balasan yg lebih besar dari
>>>> Tuhan...aamiin
>>>>
>>>> Salam,
>>>> Mely
>>>>
>>>>
>>>> 2013/12/31 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>>
>>>>
>>>> Hai Mely,
>>>>
>>>> File terlampir berusaha dengan formula (array formula<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>).
>>>> Juga ada contoh pemanfaatan beberapa fitur Excel seperti pivot table<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
>>>> .
>>>>
>>>> Wassalam,
>>>> Kid.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2013/12/30 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>>>>
>>>>
>>>> Para master & guru excel yang terhormat,
>>>> Saya seorang siswi yang ingin belajar banyak soal excel.
>>>> Terlampir ini adalah salah satu contoh persolan yg saya mohon bantuan
>>>> kepada para master memberikan solusinya. Saya hendak membandingkan 2
>>>> data & hasil
>>>> yg diinginkan adalah hanya berbeda dari kedua data tsb. Selengkapnya
>>>> spt dalam lampiran ini.
>>>> Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>>>>
>>>> wassalam,
>>>> Mely
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Wed Jan 1, 2014 9:49 pm (PST) . Posted by:


"PERATURAN MILIS belajar-excel"
-------------------------------

Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.

Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated&quot;
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.

Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.

Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.

Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.

Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:

A. SANGAT DIHARAPKAN:
==================

(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.

(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.

(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)

(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.

B. SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
========================

(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.

(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).

(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).

(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.

(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.

(6)
Menyertakan link yang merujuk kepada halaman yang berisi iklan produk /
informasi yang tidak berhubungan dengan Excel / pertanyaan.

C. LAIN LAIN:
========

Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
---------------------------------------------

(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)

(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan&quot; dsb, hanya akan merusak 'Thread&#39; (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.

Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.

(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.

(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting&#39; (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.

'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.

(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.

Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).

Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".

Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan&quot;, tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.

Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.

VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.

Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.

Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri&#39; (jalur pribadi).

Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------------------------------
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators

Hak dan wewenang Moderators
---------------------------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.

Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
-----------------------------------------------

Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.

Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette&quot;.

Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes&quot;, tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.

Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".

--------------------------------------------[rev: 13mar2010 / ctv]-----

revisi 2: tgl 02Des2013 / dwint
# penambahan point B.6.

Wed Jan 1, 2014 10:35 pm (PST) . Posted by:

"Nunuk Y Saptaningtyas"

Mohon bantuannya para master excel, meringkas data seperti dibawah ini, saya harus pakai rumus apa ?


DATA PEMBAYARAN


Data Awal
NO
NAMA
UANG
1
AGUS
550
2
BUDI

3
CHARLIE
314
4
DEDI

5
FERDI

6
GANDI
430
7
HADI

8
ILMAN

9
JONI
650
10
KATON
475

Menjadi seperti ini :
NO
NAMA
UANG
1
AGUS
550
2
CHARLIE
314
3
GANDI
430
4
JONI
650
5
KATON
475



Terimakasih atas bantuannya.


--
Regards,

Nunuk Yuliani Saptaningtyas

***** Mods ******
link dihapus dari email
Peraturan milis Belajar Excel point B.6
Menyertakan link yang merujuk kepada halaman yang berisi iklan produk /
informasi yang tidak berhubungan dengan Excel / pertanyaan.
*******************



http://www.enyees.com






Wed Jan 1, 2014 11:41 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai Nunuk..

coba lihat solusi pada file terlampir..
beberapa cara dari banyak cara yang mungkin untuk solusi kasus yang anda
tanyakan

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 2 Januari 2014 13.27, Nunuk Y Saptaningtyas <enyees@gmail.com> menulis:

>
>
> Mohon bantuannya para master excel, meringkas data seperti dibawah ini,
> saya harus pakai rumus apa ?
>
>
> *DATA PEMBAYARAN*
>
>
> *Data Awal*
>
> *NO*
>
> *NAMA*
>
> *UANG*
>
> 1
>
> AGUS
>
> 550
>
> 2
>
> BUDI
>
>
>
> 3
>
> CHARLIE
>
> 314
>
> 4
>
> DEDI
>
>
>
> 5
>
> FERDI
>
>
>
> 6
>
> GANDI
>
> 430
>
> 7
>
> HADI
>
>
>
> 8
>
> ILMAN
>
>
>
> 9
>
> JONI
>
> 650
>
> 10
>
> KATON
>
> 475
>
>
>
> *Menjadi seperti ini :*
>
> *NO*
>
> *NAMA*
>
> *UANG*
>
> 1
>
> AGUS
>
> 550
>
> 2
>
> CHARLIE
>
> 314
>
> 3
>
> GANDI
>
> 430
>
> 4
>
> JONI
>
> 650
>
> 5
>
> KATON
>
> 475
>
>
> Terimakasih atas bantuannya.
>
> --
> Regards,
>
> Nunuk Yuliani Saptaningtyas
>
> ***** Mods ******
> link dihapus dari email
> Peraturan milis Belajar Excel point B.6
> Menyertakan link yang merujuk kepada halaman yang berisi iklan produk /
> informasi yang tidak berhubungan dengan Excel / pertanyaan.
> *******************
>
>
>

Thu Jan 2, 2014 1:25 am (PST) . Posted by:

"Nunuk Y Saptaningtyas"

Hai Miss Jan Raisin


Terimakasih atas soulusinya. Itu sangat membantu saya.

Sekali lagi terimakasih banyak



2014/1/2 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com mailto:miss.jan.raisin@gmail.com>
Hai Nunuk..


coba lihat solusi pada file terlampir..
beberapa cara dari banyak cara yang mungkin untuk solusi kasus yang anda tanyakan


Salam,




-Miss Jan Raisin-




Pada 2 Januari 2014 13.27, Nunuk Y Saptaningtyas <enyees@gmail.com mailto:enyees@gmail.com> menulis:
Mohon bantuannya para master excel, meringkas data seperti dibawah ini, saya harus pakai rumus apa ?


DATA PEMBAYARAN


Data Awal
NO
NAMA
UANG
1
AGUS
550
2
BUDI

3
CHARLIE
314
4
DEDI

5
FERDI

6
GANDI
430
7
HADI

8
ILMAN

9
JONI
650
10
KATON
475

Menjadi seperti ini :
NO
NAMA
UANG
1
AGUS
550
2
CHARLIE
314
3
GANDI
430
4
JONI
650
5
KATON
475



Terimakasih atas bantuannya.


--
Regards,

Nunuk Yuliani Saptaningtyas

***** Mods ******
link dihapus dari email
Peraturan milis Belajar Excel point B.6
Menyertakan link yang merujuk kepada halaman yang berisi iklan produk /
informasi yang tidak berhubungan dengan Excel / pertanyaan.
*******************

























--
Regards,

Nunuk Yuliani Saptaningtyas






Wed Jan 1, 2014 11:48 pm (PST) . Posted by:

"Bos Kbrn" bos.kbrn

para master excel yg budiman, saya mau bertanya nih, jika mau menampilkan saldo kas dengan koding dibawah ini
If boolSaldo Then
If startdate = enddate And rst("tgl_transaksi").Value < startdate Then
totals(sumberdanacol) = totals(sumberdanacol) + rst("jumlah&quot;).Value
End If
If startdate >= thnbaru And rst("tgl_transaksi").Value > thnbaru Then
If rst("bank_kas").Value = "bank" Then
totals(sumberdanacol) = totals(sumberdanacol) + rst("jumlah&quot;).Value
End If


End If


Else
If sumberdanacol >= 0 Then


If rst("bank_kas").Value = "bank" Then

totals(sumberdanacol) = totals(sumberdanacol) + rst("jumlah&quot;).Value
End If


End If


End If
End If


Next
If boolSaldo Then


If startdate >= thnbaru Then


temps = Pengeluaran(startdate)
total2(sumberdanacol) = total2(sumberdanacol) + temps(sumberdanacol)
End If


End If
For I = 1 To 5
totals(I) = totals(I) - total2(I)
Next I
rangenya.Cells(1, 4).FormulaR1C1Local = "=sum(R[0]C[1]:R[0]C[6])"
rangenya.Cells(1, 5).Value = totals(0)
rangenya.Cells(1, 6).Value = totals(1)
rangenya.Cells(1, 7).Value = totals(2)
rangenya.Cells(1, 8).Value = totals(3)
rangenya.Cells(1, 9).Value = totals(4)
rangenya.Cells(1, 10).Value = totals(5)
End If
End Function
permasalahannya : pada saat di perview laporan hanya menunjukkan saldo bank, sedangkan saldo kas diabaikan, bagaimana cara menjumlah saldo kas dan bank untuk koding tersebut, thx

***** Mods *****
Akan lebih jelas jika dilampirkan file dummy yang mewakili pertanyaan
dibandingkan BeExceller harus membaca script yang anda berikan
tanpa mengetahui maksud dari setiap baris script tersebut.
******************



Thu Jan 2, 2014 1:42 am (PST) . Posted by:

"dwint ruswanto"

Dear BeExceller,

dikarenakan kesalahan teknis saat moderasi, maka email dari sdr Dedi tidak
sampai ke milis,
berikut ini saya sampaikan email dari ybs beserta dengan lampirannya:

Terima kasih atas tanggapannya Mr. Kid mohon maaf jika penjelasan saya
malah membingungkan.

Maksudnya adalah saya ingin mengulang perintah di kolom G2 yang dimulai
dari
( Aneka Rama) dengan merubah deret kolom menjadi deret baris seperti pada
Sheet ("Data radio") Range("P1,S1,T1,U1,W1,X1,Y1,
Z1,AC1,AG1,AH1,AI1,AJ1,AK1,AL1,AM1,AO1,AQ1") menjadi Deret baris di Sheet 1
( Colom C 13 dibawah Type Ad)

begitu juga dengan harganya
Range("P2,S2,T2,U2,W2,X2,Y2,Z2,AC2,AG2,AH2,AI2,AJ2,AK2,AL2,AM2,AO2,AQ2";)
di sheet Data radio yang di tempatkan di (Colom G 13 di bawah Once Air
Time) sheet1

perintah diatas akan berulang dengan memulai lagi di cell G3 ( B Radio
)begitu selesai makan akan mengulang lagi di
G4 seterusnya dan seterusnya sampai pada colom terakhir yaitu (Besakih
Rasisonia d/h Swib)

mohon maaf jika penjelasan saya kurang mengena.
untuk lebih jelasnya saya lampirkan file kemarin dengan penambahan di
sheet1.
Sheet1 adalah sheet yang diharapkan.

Atas segala tanggapan dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Salam
Dedi Komarudin

Pada 31 Desember 2013 18.03, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

>
>
> Hai Dedi,
>
> Salam kenal juga.
> Terus terang, saya ndak paham maksud kasusnya.
>
> Bagaimana jika dijelaskan lebih rinci termasuk step by step pengerjaan
> manualnya, misal data dari mana dibeginikan supaya jadi begitu.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>

Thu Jan 2, 2014 1:54 am (PST) . Posted by:

"Dedi Komarudin" dedikom81

Terima kasih atas tanggapannya Mr. Kid mohon maaf jika penjelasan saya malah membingungkan.

Maksudnya adalah saya ingin mengulang perintah di kolom G2 yang dimulai dari
( Aneka Rama) dengan merubah deret kolom menjadi deret baris seperti pada Sheet ("Data radio") Range("P1,S1,T1,U1,W1,X1,Y1,Z1,AC1,AG1,AH1,AI1,AJ1,AK1,AL1,AM1,AO1,AQ1";) menjadi Deret baris di Sheet 1 ( Colom C 13  dibawah Type Ad)

begitu juga dengan harganya Range("P2,S2,T2,U2,W2,X2,Y2,Z2,AC2,AG2,AH2,AI2,AJ2,AK2,AL2,AM2,AO2,AQ2";)  di sheet Data radio yang di tempatkan di (Colom G 13 di bawah Once Air Time ) sheet1

perintah diatas akan berulang dengan memulai lagi di cell G3 ( B Radio ) begitu selesai makan akan mengulang lagi di G4 seterusnya dan seterusnya  sampai pada colom terakhir yaitu (Besakih Rasisonia d/h Swib)

mohon maaf jika penjelasan saya kurang mengena.
untuk lebih jelasnya saya lampirkan file kemarin dengan penambahan di sheet1.
Sheet1 adalah sheet yang diharapkan.

Atas segala tanggapan dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Salam
Dedi Komarudin

Pada Selasa, 31 Desember 2013 18:04, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

 
Hai Dedi,

Salam kenal juga.

Terus terang, saya ndak paham maksud kasusnya.

Bagaimana jika dijelaskan lebih rinci termasuk step by step pengerjaan manualnya, misal data dari mana dibeginikan supaya jadi begitu.

Wassalam,

Kid.

2013/12/28 Dedi Komarudin <dedikom81@yahoo.co.id>


>Dear BeExcellers,
>Salam Perkenalan
>
>
>
>Saya sedang mengerjakan pekerjaan rutin namun saya kebingungan untuk mengulang perintah yang sebelumnya saya record Macro .
>
>
>
>Dimulai di cell G2 = " Aneka rama" sampai dengan selesai.
>saya ingin memulainya lagi dari G3 =" B radio" sampai dengan selesai yang di tempatkan di A 31 dan sterusnya.
>File saya lampirkan
>
>
>Sheet Data Radio = Data sumber
>Sheet1 = data yang diharapkan
>
>
>
>Segala bantuannya saya ucapkan terima kasih
>
>
>
>
>
>
>
>Salam
>
>Dedi Komarudin
>
>
>

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar