Selasa, 28 Januari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2754

15 New Messages

Digest #2754
2a
Re: Mohon bantuannya [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Format Rupiah by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Tabel Banyak????? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
9a
Re: mencari nilai posisi by "Dunia Naana" dunia.naana

Messages

Tue Jan 28, 2014 5:05 am (PST) . Posted by:

"achmad adi" didon13@ymail.com

terimakasih banyak Mr. Jam Raisin
kalo Next Data nya ada di Banyak tabel bagaimana?
saya lampirkan file nya...
terimakasih sebelumnya..

Pada Selasa, 28 Januari 2014 16:10, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

 
coba 3 baris script ini ditulis pada sebuah modul

Sub NextData()
    Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp).Offset(1).Select
End Sub

lalu di-assign ke sebuah shape yang berada di depan cel B2 s.d D2
file terlampir

-Miss Jan Raisin-

Pada 28 Januari 2014 15.44, achmad adi <didon13@ymail.com> menulis:


>Dear master,,,
>mohon bantuanya,,,untuk menemukan baris terakhir pada kolom tertentu,,,dengan bantuan sell tertentu,,,kalo pake hyperlink,,,apabila ada data msuk.,,,gak bisa ke baris terakhir,,
>
>saya lampirkan file contoh,,,
>
>
>sebelumnya saya ucapkan terimakasih..

Tue Jan 28, 2014 5:21 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba :
Public Sub NextData(Optional bState As Boolean = False)
With
Sheet1.Shapes(Application.Caller).TopLeftCell.Offset(1).CurrentRegion
Cells(.Resize(1, 1).Offset(.Rows.Count, 1).Row, 3).Activate
End With
End Sub

Wassalam,
Kid.

2014-01-28 achmad adi <didon13@ymail.com>

>
>
> terimakasih banyak Mr. Jam Raisin
> kalo Next Data nya ada di Banyak tabel bagaimana?
> saya lampirkan file nya...
> terimakasih sebelumnya..
>
>
>
> Pada Selasa, 28 Januari 2014 16:10, Jan Raisin <
> miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
>
> coba 3 baris script ini ditulis pada sebuah modul
>
> Sub NextData()
> Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp).Offset(1).Select
> End Sub
>
> lalu di-assign ke sebuah shape yang berada di depan cel B2 s.d D2
> file terlampir
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 28 Januari 2014 15.44, achmad adi <didon13@ymail.com> menulis:
>
>
> Dear master,,,
> mohon bantuanya,,,untuk menemukan baris terakhir pada kolom
> tertentu,,,dengan bantuan sell tertentu,,,kalo pake hyperlink,,,apabila ada
> data msuk.,,,gak bisa ke baris terakhir,,
> saya lampirkan file contoh,,,
>
> sebelumnya saya ucapkan terimakasih..
>
>
>
>
>

Tue Jan 28, 2014 7:08 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Semoga seperti yang diharapkan......
_____

<ymsgr:sendIM?heru.safrudin>;

<http://www.carajawab.com/?id=heru.safrudin>

_____

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of achmad adi
Sent: 28 Januari 2014 19:13
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] menemukan baris terakhir di kolom tertentu [1
Attachment]

terimakasih banyak Mr. Jam Raisin
kalo Next Data nya ada di Banyak tabel bagaimana?
saya lampirkan file nya...
terimakasih sebelumnya..

Pada Selasa, 28 Januari 2014 16:10, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
menulis:

coba 3 baris script ini ditulis pada sebuah modul

Sub NextData()
Cells(Rows.Count, 3).End(xlUp).Offset(1).Select
End Sub

lalu di-assign ke sebuah shape yang berada di depan cel B2 s.d D2
file terlampir

-Miss Jan Raisin-

Pada 28 Januari 2014 15.44, achmad adi <didon13@ymail.com> menulis:

Dear master,,,
mohon bantuanya,,,untuk menemukan baris terakhir pada kolom
tertentu,,,dengan bantuan sell tertentu,,,kalo pake hyperlink,,,apabila ada
data msuk.,,,gak bisa ke baris terakhir,,

saya lampirkan file contoh,,,

sebelumnya saya ucapkan terimakasih..

Tue Jan 28, 2014 9:38 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Harry,

Bagaimana jika dengan formula saja seperti file terlampir.
Cukup memastikan bahwa calculation option dalam keadaan Automatic.
Kalau yang di-file terlampir, sekalian security macro-nya di-enable ya...

;)
*Bolehkan **kalo *beda *dengan* BeExceller lainnya.

Wassalam,
Kid.

2014-01-28 harry siswanto <hsiswanto@yahoo.com>

>
>
> Dear Senior Excel,
>
> Mohon bantuannya,bagaimana memasukan Daftar nama kedalam sheet "Layout
> tempat duduk" sesuai dengan nomor Kursinya?
> sehingga dengan 1 button, alokasi tempat duduk, akan otomatis terisi.
>
>
> terimakasih sebelumnya.
>
>
> Regards
>
>
> Harry Siswanto
>
>
>

Tue Jan 28, 2014 9:48 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai nopenk,

1. format number Indonesian
A. jika maksudnya adalah menggunakan karakter titik sebagai pemisah ribuan,
coba lakukan hal berikut :
>> desktop -> start -> control panel -> region & language atau sebangsanya
-> pada item Format, pilih Indonesian -> OK -> buka Excel

B. nilai data yang bertipe text diubah menjadi bertipe numerik dengan
manfaatkan fitur Replace
>> blok data yang akan diubah -> tekan CTRL H -> isi find what dengan
karakter koma -> replace with biarkan kosong -> tekan replace all -> close

2. mungkin yang dimaksud kolom C * D maksimal 1 juta ya...
>> di e2 beri formula :
=min( c2 * d2 , 10^6 )

Wassalam,
Kid.

2014-01-28 Eko Noviyanto <eko_ny77@yahoo.co.id>

>
>
> Dear Master,
>
> Terlampir contoh data yang mau dirubah dalam format Indonesia (Rp), mohon
> bantuannya untuk memberikan solusinya.
>
> Terimakasih atas bantuannya.
>
> salam, nopenk
>
>
>
>
>

Tue Jan 28, 2014 9:58 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Hai Shenly,

Bisa dijelaskan, hubungan antar sheet seperti apa yang ada dalam file excel
tersebut ?
Tabel dalam sheet tersebut ada yang menjadi data dasarnya ndak ya ?
Jika ada, apakah data dasar tersebut sudah dicoba untuk disusun sedemikian
rupa sederhananya agar mudah diolah ?
Apakah setiap sheet berisi tabel yang berbeda tema datanya ? (kalau sekedar
beda seri tanggal atau bulan, maka tidak bisa disebut beda tema)
Resiko apa saja jika data diletakkan dalam 1 sheet dan resiko apa saja jika
data diletakkan pada banyak sheet ?

Perkiraannya, jawaban Anda terhadap pertanyaan di atas akan lebih
memudahkan dalam menimbang saran untuk menyusun dalam sebuah sheet atau
dalam multi sheet. Bisa jadi dibutuhkan multi sheet dengan jumlah sheet
yang bisa lebih sedikit atau malah lebih banyak dari yang sudah ada.

:)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-01-25 Shenly <shenly_excelmania@yahoo.co.id>

>
>
> Assalamualaikum..
>
> halo teman-teman....minta sarannya yah...
> jadi gini, saya kan punya file excel
> dengan jumlah sheet = 7,
> dan dari masing2 sheet itu terdapat 3 sd 7 tabel yang saling berhubungan
> dan dari setiap tabel berisi ribuan data....
>
> jadi yang mau saya tanyakan....untuk penyusunan tabel2 saya itu baiknya
> sya simpan 1 tabel di 1 sheet aja? atw tetep seperti itu, mencapur tabel2
> pada satu sheet???
> soalnya yg saya rasakan dengan cara mencampur lebih dari satu tabel dalam
> satu sheet, jadi merasa lama ketika akan menSort data berdasarkan kriteria
> tertentu...
>
> mohon sarannya dari temen-temen be-exceler ^^
>
> Salam
> Shenly ^^*
>
>
>

Tue Jan 28, 2014 9:59 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heri,

Coba jalan-jalan
kesini<http://b-excel.blogspot.com/2013/11/belajarvba-012-formula.html>.
Sapa tau dapat ide baru.

Wassalam,
Kid.

2014-01-28 Heri Pamungkas ( Gmail ) <ghery.dharma@gmail.com>

>
>
> Semangat pagi,
>
> Hehehe,
>
> Mau tanya para kawan-kawan sekalian.
> Saya punya kasus terlampir (ceritanya mau anti-mainstream gitu)
>
>
> Bagaimana Penjumlahan menggunakan VBA dan Vlookup menggunakan VBA.
>
> --
> Salam Excell-ent
>
>
>

Tue Jan 28, 2014 6:15 pm (PST) . Posted by:

"Agusti Dartius"

Selamat pagi semua.
Pertanyaan ini adalah lanjutan dari kemarin. baru kali ini saya sempat update lagi.

pointnya adalah bagaimana kita ambil transaksi harian dimasing2 tab (karena masing2 tab itu utk satu item barang), kemudian dijadikan total transaksi satu hari dan dijabarkan jadi total inbound atau outbound harian dan djabarkan kesamping.

keterangan ada didalam filenya.

On Thursday, December 26, 2013 12:45 PM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

 
Sambil menunggu file lampiran seperti pesan momod nya...

Kasus ini lanjutan kasus yang tempo doeloe tentang formula :
='Tab1&#39;!C2

Mari dilihat satu persatu bagian dari formula tersebut :
1. tanda mengawali formula adalah karakter sama dengan [=]   yang bisa juga menggunakan karakter plus [+]
2. nama worksheet yang dituju [tab1] yang sebaiknya ditulis dengan diapit oleh tanda petik satu ['] sehingga berbunyi ['tab1&#39;]
3. penunjuk object anak milik worksheet (seperti field dari suatu tabel database) adalah dengan karakter tanda seru [!]
4. alamat cell yang dituju (bisa jadi ada tanda absolute reference dengan karakter $ didalamnya, yang pada kasus ini tidak ada) berbunyi [C2]

Bagian nomor 2 sampai 4 bisa diatur sebagai inputan fungsi Indirect yang berguna untuk merujuk ke suatu teks alamat cell tertentu.

Jadi, fungsi Indirect digunakan untuk mengambil suatu nilai dari cell tertentu yang diketahui bunyi alamatnya saja.

=Indirect( "c3" ) pada sebuah cell z78 berarti ambilkan nilai disuatu cell yang bunyi alamatnya adalah c3
(lihat adanya kehadiran karakter petik dua ["] yang mengapit teks berbunyi c3)

Formula =Indirect( "c3" ) akan mirip dengan =c3

perbedaannya adalah pada indirect yang diinformasikan ke Excel adalah teks (bunyi) [diapit kerakter petik dua] alamat cell lokasi pengambilan data, sedangkan pada =c3 adalah memanggil si cell c3 secara langsung.

Hal ini mirip kejadian, seorang atasan memanggil si messenger kemudian si messenger diberi sebuah note berisi teks c3 pada indirect, dan seorang atasan langsung mengangkat telepon dan menghubungi meja si c3 secara langsung (pada =c3).

Pada kasus ='Tab1&#39;!C2
jika akan disusun dengan Indirect, maka nomor 2 sampai 4 ditulis sebagai sebuah teks (diapit tanda petik dua) menjadi :
"'Tab1&#39;!C2"

Jika langsung ditulis demikian, maka biasanya banyak pemula yang bingung bagaimana kalau nama sheetnya ganti, alamat kolomnya ganti, atau nomor barisnya ganti.

Akan lebih mudah dipelajari jika bersedia menyusunnya dalam bentuk yang lebih panjang :

"'" & "nama sheetnya" & "'" & "!" & "alamat kolomnya" & "alamat barisnya"

(yang dibiru bisa diganti sesuai kebutuhan)

Untuk teks alamat berbunyi :
"'Tab1&#39;!C2"

berarti bentuk panjangnya adalah :

"'" & "tab1" & "'" & "!" & "C" & "2"

Fungsi Indirect akan menjadi :

=Indirect( "'" & "tab1" & "'" & "!" & "C" & "2" )

Bentuk formula Indirect diatas, jika dicopy ke cell hasil lainnya, akan tetap merujuk ke sheet tab1 kolom c di baris 2.

Jika nama sheetnya bukan tab1 lagi, tapi 1, maka ganti bagian "tab1" dengan "1"

Jika alamat kolomnya bukan C lagi, tapi $D (ada absolute reference-nya), maka ganti bagian "C" dengan "$D"

Jika alamat nomor baris Excel nya bukan lagi 2, tapi $7987 (ada absolute reference-nya), maka ganti bagian "2" dengan "$7987"

Jika nama sheetnya bukan tab1 lagi, tetapi kid lagi iseng, maka ganti bagian apa dengan apa hayo ?

Bunyi dari yang dibiru dalam bentuk panjang :

"'" & "nama sheetnya" & "'" & "!" & "alamat kolomnya" & "alamat barisnya"
bisa juga tertulis disebuah cell.

Misal :
- nama sheetnya ditulis di cell EF1 (anggap saja di cell EF1 ada teks berbunyi tab1),
- alamat kolomnya ditulis di EG1 (anggap saja di cell EG1 ada teks berbunyi C),

- alamat barisnya ditulis di EH1 (anggap saja di cell EH1 ada nilai nomor baris Excel sebesar 2)

maka bentuk panjangnya dari berbentuk :

"'" & "nama sheetnya" & "'" & "!" & "alamat kolomnya" & "alamat barisnya"
menjadi :

"'" & EF1 & "'" & "!" & EG1 & EH1

yang akan membuat penggunaan fungsi Indirect menjadi :

=Indirect("'" & EF1 & "'" & "!" & EG1 & EH1  )

Bentuk formula diatas, jika di-copy ke baris selanjutnya, akan membuat rujukan angka 1 berubah merujuk ke baris lain. Padahal yang dirujuk dalam formula diatas adalah cell yang berisi suatu alamat cell lokasi data. Jadi, bila perlu gunakan absolute reference (tanda $) disisi kolom maupun baris sesuai kebutuhan.

Kasus yang ditanyakan penanya (sambil menunggu bentuk asli si file), bisa jadi tetap dapat diselesaikan dengan fungsi Indirect seperti kasus yang lalu, dengan membuat kolom-kolom bantu berisi teks alamat yang akan dirujuk oleh fungsi Indirect.

Biasanya, (cuma biasanya loh ya, sapa tahu kasus ini bukan kasus biasanya) yang bisa diselesaikan dengan fungsi Indirect secara masif diawali dengan keengganan menyusun tabel berkaidah database, karena orientasi penyusunan data adalah secara penuh sampai pada kemudahan input saja tanpa memperkirakan kesulitan pengolahan data selanjutnya. Kadang-kadang, muncul pertanyaan berbunyi :

'Pada kondisi input dan output yang sama pentingnya, manakah yang lebih merepotkan antara menyusun input yang ribet karena berkaidah database tapi seluruh output bisa disusun dengan proses yang mudah dan cepat ataukah lebih repot menginput data yang enak cepat tapi mengolah data setiap output akan sulit dan lama ?'

Wassalam,

Kid.

P.S.

BeExceller yang lagi di Jogja n sekitarnya, kumpul yuk...

nongkrong diwarung lor stasiun tugu malem-malem...

agendanya : ngobrol gak jelas...

sapa yang mo jadi panitia pesen tempat (harus ngeblok tiker dan area soale)

atau ada tempat yang lebih nyaman selainnya dan ndak ribet akan menyenangkan sekaleee...

2013/12/23 Agusti Dartius <adartius@yahoo.com>


>Dear all para ahli excel,
>
>
>kasus ini adalah lanjutan dari kasus yang pernah saya ajukan (Subjectnya:  "Ambil Ending Stock dari banyak tab untuk akhir bulan") namun berbeda permintaan.
>
>
>ringkasnya begini:
>Setiap satu barang, transaksinya ada di masing2 tab (tabnya bernama tab 1 sampai tab 101),  dimana barang masuk akan ad adi kolom C, tanggalnya ada di kolom D dan seterusnya. Juga untuk pengeluaran ada di kolom R dan tanggal ada di kolom S. semua transaksi dari bulan satu sampai bulan 12 menyusun ke bawah. Jika lot number (lot#)ada lebih dari satu di hari yang sama maka tanggal masuk barang atau tanggal keluar barang akan ada dua atau lebih sesuai banyaknya lot tersebut pada hari itu.
>
>
>Selanjutnya di file terlampir, di tab "hasil yg diinginkan".
>
>
>Atas jawaban yang para mastah semua berikan saya ucapkan terima kasih banyak.
>
>
>Note: Moderator maaf, filenya lebih besar dari 200kb.
>
>
>Agusti
>
>***** Mods *****
>lampiran email dilepas karena melebihi ketentuan
>silakan simpan dalam cloud share (misal: www.box.com)
>dan berikan link untuk mengunduh.
>
>Be-Exceller harap bersabar sampai link diberikan oleh
>sdr Agusti
>***** Mods *****
>

Tue Jan 28, 2014 6:58 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Bu Guru Novie,

lain kali balasan email harap dikirim ke milis, bukan japri ke Jan atau
salah satu member milis,
hal ini untuk memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh BeExceller
memberikan solusi

mungkin solusinya seperti file terlampir..
jika menggunakan excel 2007 ke atas, maka formulanya bisa dibuat lebih
singkat

���������� ���������� ���������� ����� �������������

-Miss Jan Raisin-

novie cemplugk ilkompoenya@gmail.com
20.55 (13 jam yang lalu)
ke saya
siswa mengisi form penjurusan yang di dalamnya ada pemilihan minat dan
kriteria nya. untuk yang minat nya ipa memiliki bobot 10, ips bobotnya 5
tidak memilih bobotnya 0.

Pada 28 Januari 2014 08.54, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

> Bu guru Novie,
>
> kalo boleh tanya.. yang menunjukkan minat siswa untuk masuk IPA atau IPS
> itu dari mananya ya?
>
> karena dalam keterangan minat yang bu Novie sertakan hanya menjelaskan:
> C5 = Tidak memilih, nilai = 0
> C5 = Bingung, nilai = 5
> C5 = IPA / IPS, nilai = 10
>
> lalu nilai W itu berasal dari mana? apakah nilai tersebut adalah suatu
> konstanta yang baku?
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 27 Januari 2014 19.48, novie cemplugk <ilkompoenya@gmail.com>menulis:
>
>
>>
>>
>>
>> ---------- Forwarded message ----------
>> From: novie cemplugk <ilkompoenya@gmail.com>
>> Date: 2014-01-23
>> Subject: MOHON BANTUANNYA
>> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>
>>
>> yg btkword adl pembobotannya,,yg excel adl perhitungannya.. mohon
>> sekali bantuannya
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>

Tue Jan 28, 2014 7:35 pm (PST) . Posted by:

"Dedi Komarudin" dedikom81

Dear teman

Saya punya kasus seperti ini,
saya ingin mengextrak masing-masing sheet ke folder yang di tentukan dengan penamaan file sesuai penamaan sheet dengan hasil 1 file format *xls dan 1 lagi dengan format *pdf dari worksheet "MediaOrderRadio" namun hasilnya selalu tersimpan di my document bukan di folder yang saya mau, dan juga selalu muncul peringatan :

A file named "D:\data
eikeu\database radio\new data gabung\FINIS DATA RADIO NASIONAL.XLSM already
exists in this location. Do you to replace it?

begitupun dengan peringatan  save to pdf yang selalu muncul dan harus di clik ulang tiap sheet padahal itu tidak di inginkan muncul.

Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.

Salam

Dedi Komarudin

Tue Jan 28, 2014 8:00 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Dedi,

1. me-non aktifkan peringatan dari Excel cukup dilakukan saat mulai
prosedur dan sesaat sebelum mengakhiri prosedur
>> letakkan baris berikut tepat setelah baris deklarasi prosedur atau
deklarasi variabel
application.displayalerts=false

>> pastikan tidak ada perintah displayalerts lagi di antara baris-baris
script kerja

>> letakkan baris berikut tepat sebelum baris End Sub
application.displayalerts=true

2. menyimpan sheet menjadi file lain
>> menjadi file excel lain
'jika sheet telah disimpan dalam variabel bertipe sheet, maka sheets("nama
sheetnya") bisa diganti dengan nama variabelnya
sheets("nama sheetnya").copy
activeworkbook.saveas "nama filenya",56 'file format 56 = xls, 52 = xlsm,
51 = xlsx, 50 = xlsb :: nama file bisa berupa variabel string

>> menjadi file pdf
'jika sheet telah disimpan dalam variabel bertipe sheet, maka sheets("nama
sheetnya") bisa diganti dengan nama variabelnya
sheets("nama sheetnya").exportasfixedformat xltypepdf,"nama file
pdfnya" 'bisa juga export object range

Wassalam,
Kid.

2014-01-29 Dedi Komarudin <dedikom81@yahoo.co.id>

>
>
> Dear teman
>
> Saya punya kasus seperti ini,
> saya ingin mengextrak masing-masing sheet ke folder yang di tentukan
> dengan penamaan file sesuai penamaan sheet dengan hasil 1 file format *xls
> dan 1 lagi dengan format *pdf dari worksheet "MediaOrderRadio" namun
> hasilnya selalu tersimpan di my document bukan di folder yang saya mau, dan
> juga selalu muncul peringatan :
>
> A file named "D:\data eikeu\database radio\new data gabung\FINIS DATA
> RADIO NASIONAL.XLSM already exists in this location. Do you to replace it?
>
> begitupun dengan peringatan save to pdf yang selalu muncul dan harus di
> clik ulang tiap sheet padahal itu tidak di inginkan muncul.
>
> Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.
>
> Salam
> Dedi Komarudin
>
>
>

Tue Jan 28, 2014 8:19 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Apakah masih diperlukan "pasangan"; ini Mr. Kid jika user sudah melanglang buana ke berbagai file lain ?

On Wednesday, 29 January 2014, 11:00, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

 
Hai Dedi,

1. me-non aktifkan peringatan dari Excel cukup dilakukan saat mulai prosedur dan sesaat sebelum mengakhiri prosedur
>> letakkan baris berikut tepat setelah baris deklarasi prosedur atau deklarasi variabel
    application.displayalerts=false

>> pastikan tidak ada perintah displayalerts lagi di antara baris-baris script kerja

>> letakkan baris berikut tepat sebelum baris End Sub
    application.displayalerts=true

2. menyimpan sheet menjadi file lain
>> menjadi file excel lain
'jika sheet telah disimpan dalam variabel bertipe sheet, maka sheets("nama sheetnya") bisa diganti dengan nama variabelnya
sheets("nama sheetnya").copy    
activeworkbook.saveas "nama filenya",56  'file format 56 = xls, 52 = xlsm, 51 = xlsx, 50 = xlsb   :: nama file bisa berupa variabel string

>> menjadi file pdf
'jika sheet telah disimpan dalam variabel bertipe sheet, maka sheets("nama sheetnya") bisa diganti dengan nama variabelnya
sheets("nama sheetnya").exportasfixedformat xltypepdf,"nama file pdfnya"        'bisa juga export object range

Wassalam,

Kid.

2014-01-29 Dedi Komarudin <dedikom81@yahoo.co.id>


>Dear teman
>
>
>
>Saya punya kasus seperti ini,
>saya ingin mengextrak masing-masing sheet ke folder yang di tentukan dengan penamaan file sesuai penamaan sheet dengan hasil 1 file format *xls dan 1 lagi dengan format *pdf dari worksheet "MediaOrderRadio" namun hasilnya selalu tersimpan di my document bukan di folder yang saya mau, dan juga selalu muncul peringatan :
>
>
>A file named "D:\data
eikeu\database radio\new data gabung\FINIS DATA RADIO NASIONAL.XLSM already
exists in this location. Do you to replace it?
>
>
>begitupun dengan peringatan  save to pdf yang selalu muncul dan harus di clik ulang tiap sheet padahal itu tidak di inginkan muncul.
>
>
>Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.
>
>
>Salam
>
>Dedi Komarudin
>

Dim Path As String
Path = ThisWorkbook.Path & "\"

Terima kasih.

Salam,
HK

Tue Jan 28, 2014 8:25 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Hendrik,

ThisWorkbook.Path untuk mendapatkan path dari workbook kerja.
Jadi, penyusunan nama file tergantung path file dan nama filenya. Jika path
lokasi save sama dengan path-nya workbook, maka bisa menggunakan
ThisWorkbook.Path
Kalau path tidak sama dengan workbook kerja, maka silakan ditentukan
sendiri.

Wassalam,
Kid.

2014-01-29 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

>
>
> Apakah masih diperlukan "pasangan"; ini Mr. Kid jika user sudah melanglang
> buana ke berbagai file lain ?
>
>
> On Wednesday, 29 January 2014, 11:00, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> wrote:
>
> Hai Dedi,
>
> 1. me-non aktifkan peringatan dari Excel cukup dilakukan saat mulai
> prosedur dan sesaat sebelum mengakhiri prosedur
> >> letakkan baris berikut tepat setelah baris deklarasi prosedur atau
> deklarasi variabel
> application.displayalerts=false
>
> >> pastikan tidak ada perintah displayalerts lagi di antara baris-baris
> script kerja
>
> >> letakkan baris berikut tepat sebelum baris End Sub
> application.displayalerts=true
>
> 2. menyimpan sheet menjadi file lain
> >> menjadi file excel lain
> 'jika sheet telah disimpan dalam variabel bertipe sheet, maka sheets("nama
> sheetnya") bisa diganti dengan nama variabelnya
> sheets("nama sheetnya").copy
> activeworkbook.saveas "nama filenya",56 'file format 56 = xls, 52 = xlsm,
> 51 = xlsx, 50 = xlsb :: nama file bisa berupa variabel string
>
> >> menjadi file pdf
> 'jika sheet telah disimpan dalam variabel bertipe sheet, maka sheets("nama
> sheetnya") bisa diganti dengan nama variabelnya
> sheets("nama sheetnya").exportasfixedformat xltypepdf,"nama file
> pdfnya" 'bisa juga export object range
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-01-29 Dedi Komarudin <dedikom81@yahoo.co.id>
>
>
> Dear teman
>
> Saya punya kasus seperti ini,
> saya ingin mengextrak masing-masing sheet ke folder yang di tentukan
> dengan penamaan file sesuai penamaan sheet dengan hasil 1 file format *xls
> dan 1 lagi dengan format *pdf dari worksheet "MediaOrderRadio" namun
> hasilnya selalu tersimpan di my document bukan di folder yang saya mau, dan
> juga selalu muncul peringatan :
>
> A file named "D:\data eikeu\database radio\new data gabung\FINIS DATA
> RADIO NASIONAL.XLSM already exists in this location. Do you to replace it?
>
> begitupun dengan peringatan save to pdf yang selalu muncul dan harus di
> clik ulang tiap sheet padahal itu tidak di inginkan muncul.
>
> Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.
>
> Salam
> Dedi Komarudin
>
>
>
>
> Dim Path As String
> Path = ThisWorkbook.Path & "\"
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
>

Tue Jan 28, 2014 8:32 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih Mr. Kid.

Salam,
HK

On Wednesday, 29 January 2014, 11:25, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

 
Pak Hendrik,

ThisWorkbook.Path untuk mendapatkan path dari workbook kerja.
Jadi, penyusunan nama file tergantung path file dan nama filenya. Jika path lokasi save sama dengan path-nya workbook, maka bisa menggunakan ThisWorkbook.Path
Kalau path tidak sama dengan workbook kerja, maka silakan ditentukan sendiri.

Wassalam,
Kid.

2014-01-29 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Apakah masih diperlukan "pasangan"; ini Mr. Kid jika user sudah melanglang buana ke berbagai file lain ?
>
>
>
>On Wednesday, 29 January 2014, 11:00, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>

>Hai Dedi,
>
>1. me-non aktifkan peringatan dari Excel cukup dilakukan saat mulai prosedur dan sesaat sebelum mengakhiri prosedur
>>> letakkan baris berikut tepat setelah baris deklarasi prosedur atau deklarasi variabel
>    application.displayalerts=false
>
>>> pastikan tidak ada perintah displayalerts lagi di antara baris-baris script kerja
>
>>> letakkan baris berikut tepat sebelum baris End Sub
>    application.displayalerts=true
>
>2. menyimpan sheet menjadi file lain
>>> menjadi file excel lain
>'jika sheet telah disimpan dalam variabel bertipe sheet, maka sheets("nama sheetnya") bisa diganti dengan nama variabelnya
>sheets("nama sheetnya").copy    
>activeworkbook.saveas "nama filenya",56  'file format 56 = xls, 52 = xlsm, 51 = xlsx, 50 = xlsb   :: nama file bisa berupa variabel string
>
>>> menjadi file pdf
>'jika sheet telah disimpan dalam variabel bertipe sheet, maka sheets("nama sheetnya") bisa diganti dengan nama variabelnya
>sheets("nama sheetnya").exportasfixedformat xltypepdf,"nama file pdfnya"        'bisa juga export object range
>
>
>
>Wassalam,
>
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>2014-01-29 Dedi Komarudin <dedikom81@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>Dear teman
>>
>>
>>
>>Saya punya kasus seperti ini,
>>saya ingin mengextrak masing-masing sheet ke folder yang di tentukan dengan penamaan file sesuai penamaan sheet dengan hasil 1 file format *xls dan 1 lagi dengan format *pdf dari worksheet "MediaOrderRadio" namun hasilnya selalu tersimpan di my document bukan di folder yang saya mau, dan juga selalu muncul peringatan :
>>
>>
>>A file named "D:\data
eikeu\database radio\new data gabung\FINIS DATA RADIO NASIONAL.XLSM already
exists in this location. Do you to replace it?
>>
>>
>>begitupun dengan peringatan  save to pdf yang selalu muncul dan harus di clik ulang tiap sheet padahal itu tidak di inginkan muncul.
>>
>>
>>Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.
>>
>>
>>Salam
>>
>>Dedi Komarudin
>>
>
>
>
>Dim Path As String
>Path = ThisWorkbook.Path & "\"
>
>
>Terima kasih.
>
>
>Salam,
>HK

Tue Jan 28, 2014 7:35 pm (PST) . Posted by:

"Dunia Naana" dunia.naana

terima kasih agan @Mr. Kid, formula sudah sesuai dengan kebutuhan

On Tuesday, January 28, 2014 7:09 PM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

 
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Coba formula : (cell F3)
=SUMPRODUCT($C$3:$C$22,($A$3:$A$22<=E3)*($B$3:$B$22>E3))
atau pada xl2007 ke atas juga bisa dengan :
=SUMIFS($C$3:$C$22,$A$3:$A$22,"<="&E3,$B$3:$B$22,">"&E3)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.,

Kid.

2014-01-28 Dunia Naana <dunia.naana@yahoo.com>


>Assalamualaikum All.
>
>mohon pencerahannya...
>
>
>Saya memiliki sumber data seperti gambar dibawah ini
>
>
>
>
>
>saya ingin mencari nominal posisi pada tanggal tertentu.
>misalnya saya ingin mencari nomilai posisi pada tanggal 1/1/2014, maka saya akan memiflter tanggal transaksi yang lebih kecil (<) dan sama dengan (=) dengan tanggal posisi yang ingin saya cari, kemudian saya juga memfilter tanggal jatuh waktu yang lebih besar (>) dari tanggal posisi yang saya cari, maka hasil posisi tanggal 1/1/2014 adalah hasil subtotal dari flter tanggal transaksi yang lebih kecil (<) dan sama dengan (=)
dengan tanggal posisi yang ingin saya cari dan filter
tanggal jatuh waktu yang lebih besar (>) dari tanggal posisi yang
saya cari.
>
>gambar dibawah adalah nilai dari posisi tanggal 1/1/2014:
>
>
>(cara manual filter)
>
>
>gambar dibawah adalah nilai dari posisi tanggal 2/1/2014:
>
>
>
>
>gambar dibawah adalah nilai dari posisi tanggal 3/1/2014:
>
>
>gambar dibawah adalah nilai dari posisi tanggal 4/1/2014:
>
>
>kesimpulan:
>nilai posisi= sum nominal dari filter tanggal transaksi <= tanggal posisi dan filter tanggal jatuh waktu > tanggal posisi..
>
>
>mohon pencerahan untuk jurusnya agar saya tidak melakukan filter manual setiap saya ingin mencari nilai posisi tanggal tertentu.
>
>
>
>
>
>saya sampaikan juga lampiran file excel .
>
>Terima kasih.

>Nana

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar