Senin, 06 Januari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2721

10 New Messages

Digest #2721
2
(no subject) by "ribowo ." ribowo25
5a
Membuka dua file secara otomatis by "dwi mulyaningsih" upiet29
5b
Re: Membuka dua file secara otomatis by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
5c
Re: Membuka dua file secara otomatis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6
Re: (unknown) [1 Attachment] by "Bagus" bagus4bls

Messages

Sun Jan 5, 2014 8:43 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Mely,
Sambil menunggu anda posting ulang file yang masih error saya coba aplikasikan "petuah" Mr. Kid dalam file sebelumnya.
File berikut update macronya terlampir (aplikasi dijalankan pada sheet VBA).
Terima kasih kepada Mr. Kid yang telah memberikan pencerahan.

Salam,
HK

On Sunday, 5 January 2014, 18:09, Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com> wrote:

 
Mr.HK,
Sebetulnya saya sdh mencoba beberapa tips dari Mr.Kid, tapi untuk macronya masih belum dicoba. Saya masih explorer di excel formulanya Mr.Kid. Macro saya masih follow dari Mr.HK, ketika syntax saya update untuk menambahkan cell di C(syntax " Range("CX")"). Saya menemui kendala ternyata penambahan in terbatas hingga cell ke 68 (untuk cell C69 dst error). Akurasi pengolahan sudah OK jika data hanya maximal 68 cell. Karena keterbatasan kemampuan saya, akhirnya sementara saya gunakan tips gabungan dari Mr.Kid Mr.HK. Proses untuk membuat data referensi dalam satu cell saya follow formula Mr.Kid(bukan yg pivottable) sedangkan untuk compare data kedua kolom, saya gunakan macro dasar dari Mr.HK.
Terlampir adalah contoh percobaan dari saya. Dan syukur-syukur jika ada tambahan ilmu yg bisa saya peroleh dari bapak-bapak sekalian.

Terima kasih.
Wassalam
Mely

--- Mods ---
File lampiran dibatasi 250KB. File lampiran yang lebih dari 250KB akan dilepas dari email.
Silakan posting (reply) file lampiran yang sesuai peraturan milis (max 250KB).
----------------

2014/1/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Hai Mely,
>Sdh coba update pake macronya Mr. Kid ?
>Kl sdh, boleh dong dishare.
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>
>
>

Sun Jan 5, 2014 8:18 pm (PST) . Posted by:

"Melyana Silaban"

Mr.HK,
Maaf sebelumnya, ternyata file yg saya kirim size-nya over limit sesuai
syarat dalam milis, sehingga tidak bisa terkirim. OK, ini saya re-send file
tsb dgn meng-compress-nya terlebih dulu. Silahkan dicoba.

Terima kasih.
Wassalam,
Mely

2014/1/5 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

>
>
> Hai Mely,
> Sambil menunggu anda posting ulang file yang masih error saya coba
> aplikasikan "petuah" Mr. Kid dalam file sebelumnya.
> File berikut update macronya terlampir (aplikasi dijalankan pada sheet
> VBA).
> Terima kasih kepada Mr. Kid yang telah memberikan pencerahan.[image: *:)
> happy]
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Sunday, 5 January 2014, 18:09, Melyana Silaban <
> melyana.2012@gmail.com> wrote:
>
> Mr.HK,
> Sebetulnya saya sdh mencoba beberapa tips dari Mr.Kid, tapi untuk macronya
> masih belum dicoba. Saya masih explorer di excel formulanya Mr.Kid. Macro
> saya masih follow dari Mr.HK, ketika syntax saya update untuk menambahkan
> cell di C(syntax " Range("CX")"). Saya menemui kendala ternyata penambahan
> in terbatas hingga cell ke 68 (untuk cell C69 dst error). Akurasi
> pengolahan sudah OK jika data hanya maximal 68 cell. Karena keterbatasan
> kemampuan saya, akhirnya sementara saya gunakan tips gabungan dari Mr.Kid
> Mr.HK. Proses untuk membuat data referensi dalam satu cell saya follow
> formula Mr.Kid(bukan yg pivottable) sedangkan untuk compare data kedua
> kolom, saya gunakan macro dasar dari Mr.HK.
> Terlampir adalah contoh percobaan dari saya. Dan syukur-syukur jika ada
> tambahan ilmu yg bisa saya peroleh dari bapak-bapak sekalian.
>
> Terima kasih.
> Wassalam
> Mely
>
> --- Mods ---
> File lampiran dibatasi 250KB. File lampiran yang lebih dari 250KB akan
> dilepas dari email.
> Silakan posting (reply) file lampiran yang sesuai peraturan milis (max
> 250KB).
> ----------------
>
>
>
> 2014/1/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
>
> Hai Mely,
> Sdh coba update pake macronya Mr. Kid ?
> Kl sdh, boleh dong dishare.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
>
>
>
>
>

Sun Jan 5, 2014 10:29 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Menurut pendapat saya fungsi dari Mr. Kid ini..(Join(Application.Transpose(.... bisa dipakai untuk menggabungkan data vertikal menjadi horisontal (sheet REFF ALL), sedangkan untuk membandingkannya dengan kolom A pada Sheets TABEL SINGLE CELL atau TABEL MULTI CELL maka data gabungan tsb perlu "diseragamkan&quot; dulu dengan fungsi Replace sebelum dibandingkan dengan fungsi Instr.

Salam,
HK

On Monday, 6 January 2014, 11:18, Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com> wrote:

 
Mr.HK,
Maaf sebelumnya, ternyata file yg saya kirim size-nya over limit sesuai syarat dalam milis, sehingga tidak bisa terkirim. OK, ini saya re-send file tsb dgn meng-compress-nya terlebih dulu. Silahkan dicoba.

Terima kasih.
Wassalam,
Mely

2014/1/5 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Hai Mely,
>Sambil menunggu anda posting ulang file yang masih error saya coba aplikasikan "petuah" Mr. Kid dalam file sebelumnya.
>File berikut update macronya terlampir (aplikasi dijalankan pada sheet VBA).
>Terima kasih kepada Mr. Kid yang telah memberikan pencerahan.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>On Sunday, 5 January 2014, 18:09, Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com> wrote:
>

>Mr.HK,
>Sebetulnya saya sdh mencoba beberapa tips dari Mr.Kid, tapi untuk macronya masih belum dicoba. Saya masih explorer di excel formulanya Mr.Kid. Macro saya masih follow dari Mr.HK, ketika syntax saya update untuk menambahkan cell di C(syntax " Range("CX")"). Saya menemui kendala ternyata penambahan in terbatas hingga cell ke 68 (untuk cell C69 dst error). Akurasi pengolahan sudah OK jika data hanya maximal 68 cell. Karena keterbatasan kemampuan saya, akhirnya sementara saya gunakan tips gabungan dari Mr.Kid Mr.HK. Proses untuk membuat data referensi dalam satu cell saya follow formula Mr.Kid(bukan yg pivottable) sedangkan untuk compare data kedua kolom, saya gunakan macro dasar dari Mr.HK.
>Terlampir adalah contoh percobaan dari saya. Dan syukur-syukur jika ada tambahan ilmu yg bisa saya peroleh dari bapak-bapak sekalian.
>
>
>Terima kasih.
>Wassalam
>Mely
>
>--- Mods ---
>File lampiran dibatasi 250KB. File lampiran yang lebih dari 250KB akan dilepas dari email.
>Silakan posting (reply) file lampiran yang sesuai peraturan milis (max 250KB).
>----------------
>
>
>
>
>2014/1/3 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Hai Mely,
>>Sdh coba update pake macronya Mr. Kid ?
>>Kl sdh, boleh dong dishare.
>>
>>Salam,
>>HK
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Sun Jan 5, 2014 8:29 pm (PST) . Posted by:

"ribowo ." ribowo25

Dear para Exceller,
menyambut world cup 2014

mohonbantuannyauntukmembuatkanFomatdanRumus  hasil & jadwalpertandingandenganketentuansebagaiberikut,
1. misalnyahasilpertandinganGrup A antara Rooney danBenzemamisalnyaskornya 2 - 0
2. makadiPosisiKlasemen Rooney adadiPosisi 1 danBenzemadiposisi 2 (terisiOtomatis)

3. danKolom Main, menang, Seri, Kalah, GM (golmemasukan) - GK (GolKemasukan)  dan Point akanTerisidenganOtomatis

4. Semifinal, Pertandingan X akanmemepertemukanJuaraGrup A dan Runner Up Grup B (terisiotomatis)

5. Juara 3, akanmempertemukantim yang kalahsaat semifinal (terisiotomatis)

6. JuaraakanmempertemukanPemenang Semifinal (terisiotomatis)

 
* apabilaadakekuranganatauide yang lebihbagusuntukmemperbaiki format hasildanjadwalsilahkanditambahkan.

Terimakasih.

Best Regard
Ribowo(6657630 - XL Only)

Sun Jan 5, 2014 8:43 pm (PST) . Posted by:

"Dedi Komarudin" dedikom81

Terima kasih Om Kid atas segala bantuan dan pecerahan bener-bener sangat membantu saya, sekali lagi saya ucapkan terima kasih codenya saya lagi ulik-ulik.

Salam hormat
Dedi Komarudin

Pada Jumat, 3 Januari 2014 6:18, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

 
Oh oke,

sambil menunggu yang suka VBA, mungkin script berikut bisa menjadi alternatif.

Asumsi :
1. header data di sheet bernama (nama di tab sheet) Data Radio baris 1, mulai di cell A1
2. cell yang diambil selalu di kolom yang telah ditentukan
       > Range("P1,S1,T1,U1,W1,X1,Y1,Z1,AC1,AG1,AH1,AI1,AJ1,AK1,AL1,AM1,AO1,AQ1";)
3. tidak ada baris kosong di antara 2 record pada tabel sumber data

4. header hasil di sheet bernama (nama di tab sheet) sheet1 baris 12 (1 baris sebelum record pertama hasil) mulai kolom A
5. strukturnya tetap, yaitu :
      > kolom A adalah nomor urut,
      > kolom B (1 kolom setelah kolom A) berisi 3 nilai data di 3 baris berbeda yang urutannya sama dengan disumber data,

      > kolom G (6 kolom setelah kolom A) berisi nilai data dari sumber data di kolom tertentu sebanyak 18 baris yang urutannya sama dengan di sumber data yang ditentukan

pada sebuah prosedur sub :

dim rngHeadRadio as range, rngHeadType as range, rngHasil as range

dim lNo as long

application.screenupdating=false

set rngHeadRadio=sheets("data radio").range("b1:d1")        'masih ingat materi belajar VBA di blog milis tentang range ?

set rngHeadType=sheets("data radio").range("p1,s1:u1,w1:z1,ac1,ag1:am1,ao1,aq1")

set rngHasil=sheets("sheet1&quot;).range("a12")

if rngheadradio.currentregion.rows.count<2 then

     exit sub

endif
 

'masih ingat materi Belajar VBA tentang loop For...Next di blog milis ?

for lNo=1 to rngheadradio.currentregion.rows.count - 1

      with rnghasil.offset( (lno-1)*18+1 )    'ke baris penulisan di kolom A sheet hasil

             .value=lno   'tulis nomor urut
            

            'copy data radio dari sumber dan paste values ditranspose dilokasi penulisan pada kolom B (1 kolom dikanan kolom A hasil)

            rngheadradio.offset( lno ).copy

            .offset( 0,1 ).pastespecial xlpastevalues, transpose:=true

            'copy data type dari sumber dan paste values ditranspose dilokasi penulisan pada kolom G (6 kolom dikanan kolom A hasil)

            rngheadtype.offset( lno ).copy

            .offset( 0,6).pastespecial xlpastevalues, transpose:=true

      end with

next lNo

application.screenupdating=true

msgbox "Done.",vbinformation

Wassalam,

Kid.

2014/1/2 Dedi Komarudin <dedikom81@yahoo.co.id>


>Terima kasih atas tanggapannya Mr. Kid mohon maaf jika penjelasan saya malah membingungkan.
>
>Maksudnya adalah saya ingin mengulang perintah di kolom G2 yang dimulai dari
>( Aneka Rama) dengan merubah deret kolom menjadi deret baris seperti pada Sheet ("Data radio") Range("P1,S1,T1,U1,W1,X1,Y1,Z1,AC1,AG1,AH1,AI1,AJ1,AK1,AL1,AM1,AO1,AQ1";) menjadi Deret baris di Sheet 1 ( Colom C 13  dibawah Type Ad)
>
>
>begitu juga dengan harganya Range("P2,S2,T2,U2,W2,X2,Y2,Z2,AC2,AG2,AH2,AI2,AJ2,AK2,AL2,AM2,AO2,AQ2";)  di sheet Data radio yang di tempatkan di (Colom G 13 di bawah Once Air Time ) sheet1
>
>perintah diatas akan berulang dengan memulai lagi di cell G3 ( B Radio ) begitu selesai makan akan mengulang lagi di G4 seterusnya dan seterusnya  sampai pada colom terakhir yaitu (Besakih Rasisonia d/h Swib)
>
>mohon maaf jika penjelasan saya kurang mengena.
>untuk lebih jelasnya saya lampirkan file kemarin dengan penambahan di sheet1.
>Sheet1 adalah sheet yang diharapkan.
>
>Atas segala tanggapan dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.
>
>
>Salam
>Dedi Komarudin
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>Pada Selasa, 31 Desember 2013 18:04, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>

>Hai Dedi,
>
>Salam kenal juga.
>
>Terus terang, saya ndak paham maksud kasusnya.
>
>
>Bagaimana jika dijelaskan lebih rinci termasuk step by step pengerjaan manualnya, misal data dari mana dibeginikan supaya jadi begitu.
>
>
>Wassalam,
>
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>2013/12/28 Dedi Komarudin <dedikom81@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>Dear BeExcellers,
>>Salam Perkenalan
>>
>>
>>
>>Saya sedang mengerjakan pekerjaan rutin namun saya kebingungan untuk mengulang perintah yang sebelumnya saya record Macro .
>>
>>
>>
>>Dimulai di cell G2 = " Aneka rama" sampai dengan selesai.
>>saya ingin memulainya lagi dari G3 =" B radio" sampai dengan selesai yang di tempatkan di A 31 dan sterusnya.
>>File saya lampirkan
>>
>>
>>Sheet Data Radio = Data sumber
>>Sheet1 = data yang diharapkan
>>
>>
>>
>>Segala bantuannya saya ucapkan terima kasih
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>Salam
>>
>>Dedi Komarudin
>>
>>
>>
>
>
>

Sun Jan 5, 2014 8:45 pm (PST) . Posted by:

"Dedi Komarudin" dedikom81


Kepada Miss Jan Raisin  terima kasih telah memberikan alternatif lain dalam menyelsaikan tugas saya.

Salam

Dedi Komarudin

Pada Jumat, 3 Januari 2014 16:42, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

 
Andai letak kolom boleh saling berdampingan, jika pun terpisah memiliki pola yang sama bukan pola acak
maka mungkin file terlampir bisa menjadi salah satu jalan untuk mencari solusi yang lain..

Saat ini menggunakan 5 kolom bantu (kebanyakan.. belum kepikiran caranya supaya kolom bantunya bisa lebih sedikit)

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 3 Januari 2014 13.06, rian <ryan_ahoy@yahoo.com> menulis:


>Om Kid,
>
>
>Kalau solusinya bukan VB gmn? Saya masih belajar Excel jadi belum paham bagaimana menggunakan VB. 
>
>
>Terima kasih
>
>
>
>
>Regards
>Rian
>
>
>
>On Friday, January 3, 2014 6:18 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>

>Oh oke,
>
>sambil menunggu yang suka VBA, mungkin script berikut bisa menjadi alternatif.
>
>Asumsi :
>1. header data di sheet bernama (nama di tab sheet) Data Radio baris 1, mulai di cell A1
>2. cell yang diambil selalu di kolom yang telah ditentukan
>       > Range("P1,S1,T1,U1,W1,X1,Y1,Z1,AC1,AG1,AH1,AI1,AJ1,AK1,AL1,AM1,AO1,AQ1";)
>3. tidak ada baris kosong di antara 2 record pada tabel sumber data
>
>4. header hasil di sheet bernama (nama di tab sheet) sheet1 baris 12 (1 baris sebelum record pertama hasil) mulai kolom A
>5. strukturnya tetap, yaitu :
>      > kolom A adalah nomor urut,
>      > kolom B (1 kolom setelah kolom A) berisi 3 nilai data di 3 baris berbeda yang urutannya sama dengan disumber data,
>
>      > kolom G (6 kolom setelah kolom A) berisi nilai data dari sumber data di kolom tertentu sebanyak 18 baris yang urutannya sama dengan di sumber data yang ditentukan
>
>
>
>
>pada sebuah prosedur sub :
>
>
>dim rngHeadRadio as range, rngHeadType as range, rngHasil as range
>
>dim lNo as long
>
>
>
>application.screenupdating=false
>
>set rngHeadRadio=sheets("data radio").range("b1:d1")        'masih ingat materi belajar VBA di blog milis tentang range ?
>
>set rngHeadType=sheets("data radio").range("p1,s1:u1,w1:z1,ac1,ag1:am1,ao1,aq1")
>
>set rngHasil=sheets("sheet1&quot;).range("a12")
>
>
>if rngheadradio.currentregion.rows.count<2 then
>
>     exit sub
>
>endif

>
>'masih ingat materi Belajar VBA tentang loop For...Next di blog milis ?
>
>for lNo=1 to rngheadradio.currentregion.rows.count - 1
>
>      with rnghasil.offset( (lno-1)*18+1 )    'ke baris penulisan di kolom A sheet hasil
>
>
>             .value=lno   'tulis nomor urut
>            
>
>            'copy data radio dari sumber dan paste values ditranspose dilokasi penulisan pada kolom B (1 kolom dikanan kolom A hasil)
>
>            rngheadradio.offset( lno ).copy
>
>            .offset( 0,1 ).pastespecial xlpastevalues, transpose:=true
>
>
>            'copy data type dari sumber dan paste values ditranspose dilokasi penulisan pada kolom G (6 kolom dikanan kolom A hasil)
>
>            rngheadtype.offset( lno ).copy
>
>            .offset( 0,6).pastespecial xlpastevalues, transpose:=true
>
>      end with
>
>next lNo
>
>
>application.screenupdating=true
>
>msgbox "Done.",vbinformation
>
>
>
>
>Wassalam,
>
>Kid.
>
>
>
>

Mon Jan 6, 2014 12:00 am (PST) . Posted by:

"dwi mulyaningsih" upiet29

Dear Pakar Excel,

Mohon bantuannya, saya punya dua file yang satu saya gunakan sebagai database ( file ini digunakan untuk beberapa file yang lainnya). File yang kedua didalamnya menggunakan combobox yang merujuk ke file pertama.
Yang jadi permasalahan jika hanya file kedua yang saya buka maka data comboboxnya kosong, akan tetapi jika keduanya saya buka maka datanya akan muncul. Bagaimana caranya jika file kedua saya buka maka otomatis file pertama ikut terbuka.

Terima kasih

Salam
DM

Mon Jan 6, 2014 12:40 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hi Dwi,

Pada VBE Sheet "ThisWorkbook&quot; FileKedua copas macro ini:
Private Sub Workbook_Open()
    Workbooks.Open Filename:=ThisWorkbook.Path & "\" & "FilePertama.xls"
End Sub

FileKedua merupakan file yang berisi macro sedangkan FilePertama bisa berisi macro bisa juga tidak (keduanya di Save As sebagai Excel 2003).

FileKedua dan FilePertama harus berada dalam satu folder

Salam,
HK

On Monday, 6 January 2014, 15:01, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:

 
Dear Pakar Excel,

Mohon bantuannya, saya punya dua file yang satu saya gunakan sebagai database ( file ini digunakan untuk beberapa file yang lainnya). File yang kedua didalamnya menggunakan combobox yang merujuk ke file pertama.
Yang jadi permasalahan jika hanya file kedua yang saya buka maka data comboboxnya kosong, akan tetapi jika keduanya saya buka maka datanya akan muncul. Bagaimana caranya jika file kedua saya buka maka otomatis file pertama ikut terbuka.

Terima kasih

Salam
DM

Mon Jan 6, 2014 1:21 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Dwi,

Bagaimana jika memanfaatkan Excel Workspace ?
Caranya :
1. buka file pertama
2. melalui menu File Open atau Office Button (bundar) -> Open -> cari file
kedua dan buka file kedua
3. ke ribbon View -> group Window -> Save Workspace -> isi nama workspace
(misal file_pembuka) [ekstensinya adalah .xlw] -> tekan Save
4. tutup semua workbook (file ke satu dan kedua) [simpan data bila perlu]
5. dari windows explorer (lokasi save workspace tadi) -> buka file Excel
Workspace bernama file_pembuka.xlw (hasil proses 3)

Wassalam,
Kid.

2014/1/6 dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com>

>
>
> Dear Pakar Excel,
>
> Mohon bantuannya, saya punya dua file yang satu saya gunakan sebagai
> database ( file ini digunakan untuk beberapa file yang lainnya). File yang
> kedua didalamnya menggunakan combobox yang merujuk ke file pertama.
> Yang jadi permasalahan jika hanya file kedua yang saya buka maka data
> comboboxnya kosong, akan tetapi jika keduanya saya buka maka datanya akan
> muncul. Bagaimana caranya jika file kedua saya buka maka otomatis file
> pertama ikut terbuka.
>
> Terima kasih
>
> Salam
> DM
>
>
>

Mon Jan 6, 2014 12:55 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Ribowo;

Silakan dicoba.. file terlampir..

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: ribowo .
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, January 06, 2014 10:19 AM
Subject: [belajar-excel] (unknown) [1 Attachment]

Dear para Exceller,
menyambut world cup 2014

mohon bantuannya untuk membuatkan Fomat dan Rumus hasil & jadwal pertandingan dengan ketentuan sebagai berikut,
1. misalnya hasil pertandingan Grup A antara Rooney dan Benzema misalnya skornya 2 - 0
2. maka di Posisi Klasemen Rooney ada di Posisi 1 dan Benzema di posisi 2 (terisi Otomatis)

3. dan Kolom Main, menang, Seri, Kalah, GM (gol memasukan) - GK (Gol Kemasukan) dan Point akan Terisi dengan Otomatis

4. Semifinal, Pertandingan X akan memepertemukan Juara Grup A dan Runner Up Grup B (terisi otomatis)

5. Juara 3, akan mempertemukan tim yang kalah saat semifinal (terisi otomatis)

6. Juara akan mempertemukan Pemenang Semifinal (terisi otomatis)

* apabila ada kekurangan atau ide yang lebih bagus untuk memperbaiki format hasil dan jadwal silahkan ditambahkan.

Terimakasih.

Best Regard
Ribowo (6657630 - XL Only)

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar