Senin, 20 April 2015

[belajar-excel] Digest Number 3393

15 Messages

Digest #3393
1a
Judul Kolom Bisa Dibuat Bergerak by "indah setyo rini" nduk_cute03
1b
Re: Judul Kolom Bisa Dibuat Bergerak by "uharyanto" uharyanto@ymail.com
2a
3a
4a
Cara Membuat Data dengan Baris Berurut by "Zerlinda Seismica" seismica
6a
Re: ubah bentuk data tabel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6c
Re: ubah bentuk data tabel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6e
Re: ubah bentuk data tabel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Mon Apr 20, 2015 3:06 am (PDT) . Posted by:

"indah setyo rini" nduk_cute03

Dear Master Excel


Mohon solusinya agar judul pada kolom di excel bisa bergerak,gimana ya caranya??


Terima Kasih
Rini











Mon Apr 20, 2015 3:17 am (PDT) . Posted by:

"uharyanto" uharyanto@ymail.com

Dear Indah,

Yang dimaksud bergerak yang bagaimana yah ???

Bisa di contohkan tidak ?

Atau mungkin coba di lihat - lihat dulu di menu ini :
View > Freeze Panes

siapa tau itu yang dimaksud.

Terima kasih.

Salam,
uharyanto

On 20/04/2015 4:17 PM, indah setyo rini nduk_cute03@yahoo.com
[belajar-excel] wrote:
> Dear Master Excel
>
> Mohon solusinya agar judul pada kolom di excel bisa bergerak,gimana ya
> caranya??
>
> Terima Kasih
> Rini
>

Mon Apr 20, 2015 5:12 am (PDT) . Posted by:

"Toby kenzo" tobykenzo

Dear Akbar,

Mungkin file ini bisa membantu.

TerimaKasih.

Sent from Yahoo Mail on Android

Mon Apr 20, 2015 7:21 am (PDT) . Posted by:

"M. Akbar" achbar_auto

Kpd sdr Tobyterima kasih banyak atas solusinya....... it's work saya masih harus banyak belajar rupanya, hehehe....

salam
akbar

Pada Senin, 20 April 2015 19:12, "Toby kenzo tobykenzo@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
| Dear Akbar,Mungkin file ini bisa membantu.TerimaKasih.Sent from Yahoo Mail on Android |

From: 'M. Akbar' achbar_auto@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>;
To: belajar-excel@yahoogroups.com <belajar-excel@yahoogroups.com>;
Subject: [belajar-excel] MACRO NO URUT TEXTBOX [1 Attachment]
Sent: Sat, Apr 18, 2015 2:26:41 PM


|   Kepada para master excel
mohon bantuan untuk kode macro yang sesuai, saya mau membuat posting dari userform dengan no. urut yang otomatis menyesuaikan jumlah customer d database. 
pada textbox No. Id pengenya di kasih rumus macro, tapi kok gak bisa...? semoga saya yg blm tau rumusnya.
saya lampirkan saja filenya
terima kasih atas bantuannya.

salamakbar |

#yiv6236080944 #yiv6236080944 -- #yiv6236080944ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mkp #yiv6236080944hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mkp #yiv6236080944ads {margin-bottom:10px;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mkp .yiv6236080944ad {padding:0 0;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mkp .yiv6236080944ad p {margin:0;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mkp .yiv6236080944ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-sponsor #yiv6236080944ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-sponsor #yiv6236080944ygrp-lc #yiv6236080944hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-sponsor #yiv6236080944ygrp-lc .yiv6236080944ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv6236080944 #yiv6236080944actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv6236080944 #yiv6236080944activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv6236080944 #yiv6236080944activity span {font-weight:700;}#yiv6236080944 #yiv6236080944activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv6236080944 #yiv6236080944activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv6236080944 #yiv6236080944activity span span {color:#ff7900;}#yiv6236080944 #yiv6236080944activity span .yiv6236080944underline {text-decoration:underline;}#yiv6236080944 .yiv6236080944attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv6236080944 .yiv6236080944attach div a {text-decoration:none;}#yiv6236080944 .yiv6236080944attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv6236080944 .yiv6236080944attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv6236080944 .yiv6236080944attach label a {text-decoration:none;}#yiv6236080944 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv6236080944 .yiv6236080944bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv6236080944 .yiv6236080944bold a {text-decoration:none;}#yiv6236080944 dd.yiv6236080944last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv6236080944 dd.yiv6236080944last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv6236080944 dd.yiv6236080944last p span.yiv6236080944yshortcuts {margin-right:0;}#yiv6236080944 div.yiv6236080944attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv6236080944 div.yiv6236080944attach-table {width:400px;}#yiv6236080944 div.yiv6236080944file-title a, #yiv6236080944 div.yiv6236080944file-title a:active, #yiv6236080944 div.yiv6236080944file-title a:hover, #yiv6236080944 div.yiv6236080944file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv6236080944 div.yiv6236080944photo-title a, #yiv6236080944 div.yiv6236080944photo-title a:active, #yiv6236080944 div.yiv6236080944photo-title a:hover, #yiv6236080944 div.yiv6236080944photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv6236080944 div#yiv6236080944ygrp-mlmsg #yiv6236080944ygrp-msg p a span.yiv6236080944yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv6236080944 .yiv6236080944green {color:#628c2a;}#yiv6236080944 .yiv6236080944MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv6236080944 o {font-size:0;}#yiv6236080944 #yiv6236080944photos div {float:left;width:72px;}#yiv6236080944 #yiv6236080944photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv6236080944 #yiv6236080944photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv6236080944 #yiv6236080944reco-category {font-size:77%;}#yiv6236080944 #yiv6236080944reco-desc {font-size:77%;}#yiv6236080944 .yiv6236080944replbq {margin:4px;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mlmsg select, #yiv6236080944 input, #yiv6236080944 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mlmsg pre, #yiv6236080944 code {font:115% monospace;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-mlmsg #yiv6236080944logo {padding-bottom:10px;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-msg p#yiv6236080944attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-reco #yiv6236080944reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-sponsor #yiv6236080944ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-sponsor #yiv6236080944ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-sponsor #yiv6236080944ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv6236080944 #yiv6236080944ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv6236080944

Mon Apr 20, 2015 8:36 am (PDT) . Posted by:

"Toby kenzo" tobykenzo

Dear Dede,

Coba buat module baru, masukan formula:

Sub Refresh()

Dim pvttbl As PivotTable
Dim ws As Worksheet

Sheet3.Activate

For Each ws In ActiveWorkbook.Worksheets
For Each pvttbl In ws.PivotTables
pvttbl.RefreshTable
Next
Next

End Sub

masukan Assign Macro pada Button Form Control ("Update")
It's work in Office 2013 SP1.

TerimaKasih.

Sent from Yahoo Mail on Android

Mon Apr 20, 2015 6:31 pm (PDT) . Posted by:

"Dede"

Dear Mr. Toby,

Terima kasih atas masukannya, akan ane coba.

Salam,

DD

From: Toby kenzo tobykenzo@yahoo.co.id [belajar-excel] [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 20 April 2015 22:36
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Rekap Data dengan VBA

Dear Dede,

Coba buat module baru, masukan formula:

Sub Refresh()

Dim pvttbl As PivotTable
Dim ws As Worksheet

Sheet3.Activate

For Each ws In ActiveWorkbook.Worksheets
For Each pvttbl In ws.PivotTables
pvttbl.RefreshTable
Next
Next

End Sub

masukan Assign Macro pada Button Form Control ("Update")
It's work in Office 2013 SP1.

TerimaKasih.

Sent from <http://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android> Yahoo Mail on Android

_____

From: Dede pmaho_log4@nabatisnack.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>;
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>;
Subject: [belajar-excel] Rekap Data dengan VBA [1 Attachment]
Sent: Mon, Apr 20, 2015 8:57:41 AM

Dear All Master,

Saya punya master file dengan nama "Pivot EPE-OFR Summary", pada file tersebut ada sheet "DataBase" dimana sheet tersebut rekapan dari file-file lain. Saya beri contoh 2 file seperti terlampir (1000453 dan 1000758).

Harapannya adalah pada saat saya klik button "Update", secara otomatis data merefresh mulai dari kolom C s/d BF. Yang datanya diambil dari file 1000453 dan 1000758.

Sebenarnya data file dimulai dari 1000453 s/d 1000758 makanya ini sangat memakan waktu.

Mohon pencerahannya.

Salam,

DD

_____

This e-mail and any files transmitted with it are confidential and intended solely for the use of the individual to whom it is addressed. If you have received this email in error please send it back to the person that sent it to you. Any views or opinions presented are solely those of its author and do not necessarily represent those of NABATI or any of its subsidiary companies. Unauthorized publication, use, dissemination, forwarding, printing or copying of this email and its associated attachments is strictly prohibited.

Mon Apr 20, 2015 6:36 pm (PDT) . Posted by:

"Zerlinda Seismica" seismica

Assalamu'alaikum wrwbMohon bantuan lagi para master...Cara Membuat Data dengan Baris Berurut seperti contoh terlampir..:)WassalamSeismica
 

Mon Apr 20, 2015 8:16 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

File terlampir memanfaatkan fungsi Index. Trap error-nya dibuat sendiri
ya...
di cells pojok kiri atas area hasil :
=INDEX($A$3:$D$6,(ROW(1:1)+1)/2,MOD(ROW(1:1)-1,2)*2+COLUMN(A:A))
> copy formula ke baris dan kolom lainnya dalam area hasil.
> hindari proses insert row sejak baris 1 excel sampai baris terakhir area
hasil saat itu.
> hindari proses insert column sejak kolom A (kolom ke-1) excel sampai
kolom terakhir area hasil saat itu
> pastikan meng-copy ulang formula ke seluruh cells hasil bila melakukan
insert row atau insert column

*** jika regional setting setempat adalah Indonesian, ganti karakter koma
menjadi titik koma.
*** syarat dan ketentuan berlaku

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2015-04-21 11:17 GMT+10:00 Zerlinda Seismica seismica@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamu'alaikum wrwb
> Mohon bantuan lagi para master...Cara Membuat Data dengan Baris Berurut
> seperti contoh terlampir..:)
> Wassalam
> Seismica
>
>
>
>

Mon Apr 20, 2015 7:15 pm (PDT) . Posted by:

"irianto"

To mr.kid…..

Tertarik dengan cara 3(get external data),saya coba meniru wejangan mr kid di sheet lain dengan attachment yang sama,namun ketika saya klik kanan table hasil àpilih table àpilih edit queryàpilih type=SQLàcomand text= paste copy query ,koq gk berhasil ya ?massage nya :

Apanya yang salah mister?

Ø Adakah referensi untuk lebih detailnya mengenai pemahaman get external data?thx pencerahannya.

Salam

irianto

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 19 April 2015 4:22
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel [1 Attachment]

Hai Pie,

File terlampir berisi 3 cara, yaitu :

1. formula

> silakan diubah rujukannya agar lebih dinamis sesuai data setempat

> proses meng-copy formula hasil agar bisa mengikuti kedinamisan jumlah record sumber data adalah satu hal yang harus dilakukan manual. Tapi proses meng-copy formula ini bisa dikembangkan untuk di-otomasi dengan VBA. Silakan memperlajari VBA dan menyusun proses otomasinya.

2. pivot table

> meski susunan kolomnya tidak sama persis, tetapi dengan fitur Excel Table disisi data dan fitur Excel Pivot Table disisi output, akan mempercepat proses karena cukup melakukan Refresh All melalui ribbon Data -> group Connections -> Refresh All

> cocok untuk record data yang sangat banyak

3. get external data (buat yang mau saja)

> cara ini adalah dengan mengkoneksi data ke sebuah file Excel. Pada kasus ini, sumber data yang dikoneksi ada di file yang sama dengan lokasi output, meskipun akan lebih baik jika file sumber data dan file output adalah file yang berbeda.

> bagi pemula dalam fitur Get External Data atau yang ingin mempelajari fitur Get External Data, unduh file lampiran dan letakkan di drive D pada root directory (jangan didalam folder apapun)

> ketika file hasil unduhan dibuka, akan muncul pesan security tentang Data Connection. Pastikan di-Enable. (jadi bukan hanya VBA [macro] yang butuh diatur security-nya, file terlampir tidak berisi VBA apapun)

> cara ini cocok untuk record yang banyak sekali, karena proses pembaruan data dilakukan di sisi data lalu di save dan melakukan refresh all. Andaikan output di file yang lain (bisa jadi di komputer lain), maka file output tersebut yang melakukan refresh all.

> pengembangan system pengolahan data untuk bermigrasi ke aplikasi database atau bahkan system database akan menjadi lebih mudah.

> satu buah file sumber data di sebuah komputer bisa dikoneksi oleh banyak file output dari banyak komputer sekalipun tanpa VBA dan tanpa shared workbook.

> user yang bertugas mengisi data baru di file sumber data dapat bekerja seperti biasa. Setelah di-save, maka cukup beritahukan kepada pemilik file output untuk melakukan refresh data dengan Refresh All di file output masing-masing.

Wassalam

Kid.

2015-04-18 15:41 GMT+10:00 indria pie mas_pie3@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

yth. master excel

mohon bantuan solusinya saya mau ubah data absen karyawan dari bentuk original menjadi bentuk custom seperti yang kami inginkan

saya lampirkan saja filenya

terima kasih sebelumnya

salam

pie

Mon Apr 20, 2015 7:22 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hmmm....
kalau dari pesannya, permasalahan ada di penggunaan fungsi replace dalam
query-nya, dan bukan pada proses pembentukan koneksi data dengan fitur Get
External Data-nya.

Boleh ndak kalau dicoba tulis manual yang persis sama plek atau copas ke
mari bunyi query yang menampilkan error tersebut ?

Fitur Get External Data banyak dibahas di internet. Excel help memberi
penjelasan yang lengkap. Contoh penggunaan fitur Get External Data antara
lain bisa dilihat di coretan yang dimulai dari sini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html>
.

Wassalam,
Kid.

2015-04-21 12:03 GMT+10:00 'irianto' irianto.mandala@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> To mr.kid…..
>
> Tertarik dengan cara 3(get external data),saya coba meniru wejangan mr kid
> di sheet lain dengan attachment yang sama,namun ketika saya klik kanan
> table hasil àpilih table àpilih edit queryàpilih type=SQLàcomand text=
> paste copy query ,koq gk berhasil ya ?massage nya :
>
> Apanya yang salah mister?
>
> Ø Adakah referensi untuk lebih detailnya mengenai pemahaman get external
> data?thx pencerahannya.
>
>
>
> Salam
>
> irianto
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 19 April 2015 4:22
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel [1 Attachment]
>
>
>
>
>
> Hai Pie,
>
> File terlampir berisi 3 cara, yaitu :
>
> 1. formula
>
> > silakan diubah rujukannya agar lebih dinamis sesuai data setempat
>
> > proses meng-copy formula hasil agar bisa mengikuti kedinamisan jumlah
> record sumber data adalah satu hal yang harus dilakukan manual. Tapi proses
> meng-copy formula ini bisa dikembangkan untuk di-otomasi dengan VBA.
> Silakan memperlajari VBA dan menyusun proses otomasinya.
>
>
>
> 2. pivot table
>
> > meski susunan kolomnya tidak sama persis, tetapi dengan fitur Excel
> Table disisi data dan fitur Excel Pivot Table disisi output, akan
> mempercepat proses karena cukup melakukan Refresh All melalui ribbon Data
> -> group Connections -> Refresh All
>
> > cocok untuk record data yang sangat banyak
>
> 3. get external data (buat yang mau saja)
>
> > cara ini adalah dengan mengkoneksi data ke sebuah file Excel. Pada kasus
> ini, sumber data yang dikoneksi ada di file yang sama dengan lokasi output,
> meskipun akan lebih baik jika file sumber data dan file output adalah file
> yang berbeda.
>
> > bagi pemula dalam fitur Get External Data atau yang ingin mempelajari
> fitur Get External Data, unduh file lampiran dan letakkan di drive D pada
> root directory (jangan didalam folder apapun)
>
> > ketika file hasil unduhan dibuka, akan muncul pesan security tentang
> Data Connection. Pastikan di-Enable. (jadi bukan hanya VBA [macro] yang
> butuh diatur security-nya, file terlampir tidak berisi VBA apapun)
>
> > cara ini cocok untuk record yang banyak sekali, karena proses pembaruan
> data dilakukan di sisi data lalu di save dan melakukan refresh all.
> Andaikan output di file yang lain (bisa jadi di komputer lain), maka file
> output tersebut yang melakukan refresh all.
>
> > pengembangan system pengolahan data untuk bermigrasi ke aplikasi
> database atau bahkan system database akan menjadi lebih mudah.
>
> > satu buah file sumber data di sebuah komputer bisa dikoneksi oleh banyak
> file output dari banyak komputer sekalipun tanpa VBA dan tanpa shared
> workbook.
>
> > user yang bertugas mengisi data baru di file sumber data dapat bekerja
> seperti biasa. Setelah di-save, maka cukup beritahukan kepada pemilik file
> output untuk melakukan refresh data dengan Refresh All di file output
> masing-masing.
>
>
>
> Wassalam
>
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2015-04-18 15:41 GMT+10:00 indria pie mas_pie3@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> yth. master excel
>
>
>
> mohon bantuan solusinya saya mau ubah data absen karyawan dari bentuk
> original menjadi bentuk *custom* seperti yang kami inginkan
>
>
>
> saya lampirkan saja filenya
>
>
>
> terima kasih sebelumnya
>
>
>
> salam
>
> pie
>
>
>
>
>

Mon Apr 20, 2015 7:48 pm (PDT) . Posted by:

"irianto"

Berikur query nya :

select a.nip,a.nama,iif(a.absen='D',cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+' '+replace(a.msk,'.',':')),0) as [time],'C/In' as [state]

from [cara3_data$] as a

union all

select a.nip,a.nama,iif(a.absen='D',cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+' '+replace(a.klr,'.',':')),0) as [time],'C/Out' as [state]

from [cara3_data$] as a

order by 1 ,4

thx informasinya

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 21 April 2015 9:22
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel

hmmm....

kalau dari pesannya, permasalahan ada di penggunaan fungsi replace dalam query-nya, dan bukan pada proses pembentukan koneksi data dengan fitur Get External Data-nya.

Boleh ndak kalau dicoba tulis manual yang persis sama plek atau copas ke mari bunyi query yang menampilkan error tersebut ?

Fitur Get External Data banyak dibahas di internet. Excel help memberi penjelasan yang lengkap. Contoh penggunaan fitur Get External Data antara lain bisa dilihat di coretan yang dimulai dari sini <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html> .

Wassalam,

Kid.

2015-04-21 12:03 GMT+10:00 'irianto' irianto.mandala@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

To mr.kid…..

Tertarik dengan cara 3(get external data),saya coba meniru wejangan mr kid di sheet lain dengan attachment yang sama,namun ketika saya klik kanan table hasil àpilih table àpilih edit queryàpilih type=SQLàcomand text= paste copy query ,koq gk berhasil ya ?massage nya :

Apanya yang salah mister?

Ø Adakah referensi untuk lebih detailnya mengenai pemahaman get external data?thx pencerahannya.

Salam

irianto

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 19 April 2015 4:22
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel [1 Attachment]

Hai Pie,

File terlampir berisi 3 cara, yaitu :

1. formula

> silakan diubah rujukannya agar lebih dinamis sesuai data setempat

> proses meng-copy formula hasil agar bisa mengikuti kedinamisan jumlah record sumber data adalah satu hal yang harus dilakukan manual. Tapi proses meng-copy formula ini bisa dikembangkan untuk di-otomasi dengan VBA. Silakan memperlajari VBA dan menyusun proses otomasinya.

2. pivot table

> meski susunan kolomnya tidak sama persis, tetapi dengan fitur Excel Table disisi data dan fitur Excel Pivot Table disisi output, akan mempercepat proses karena cukup melakukan Refresh All melalui ribbon Data -> group Connections -> Refresh All

> cocok untuk record data yang sangat banyak

3. get external data (buat yang mau saja)

> cara ini adalah dengan mengkoneksi data ke sebuah file Excel. Pada kasus ini, sumber data yang dikoneksi ada di file yang sama dengan lokasi output, meskipun akan lebih baik jika file sumber data dan file output adalah file yang berbeda.

> bagi pemula dalam fitur Get External Data atau yang ingin mempelajari fitur Get External Data, unduh file lampiran dan letakkan di drive D pada root directory (jangan didalam folder apapun)

> ketika file hasil unduhan dibuka, akan muncul pesan security tentang Data Connection. Pastikan di-Enable. (jadi bukan hanya VBA [macro] yang butuh diatur security-nya, file terlampir tidak berisi VBA apapun)

> cara ini cocok untuk record yang banyak sekali, karena proses pembaruan data dilakukan di sisi data lalu di save dan melakukan refresh all. Andaikan output di file yang lain (bisa jadi di komputer lain), maka file output tersebut yang melakukan refresh all.

> pengembangan system pengolahan data untuk bermigrasi ke aplikasi database atau bahkan system database akan menjadi lebih mudah.

> satu buah file sumber data di sebuah komputer bisa dikoneksi oleh banyak file output dari banyak komputer sekalipun tanpa VBA dan tanpa shared workbook.

> user yang bertugas mengisi data baru di file sumber data dapat bekerja seperti biasa. Setelah di-save, maka cukup beritahukan kepada pemilik file output untuk melakukan refresh data dengan Refresh All di file output masing-masing.

Wassalam

Kid.

2015-04-18 15:41 GMT+10:00 indria pie mas_pie3@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

yth. master excel

mohon bantuan solusinya saya mau ubah data absen karyawan dari bentuk original menjadi bentuk custom seperti yang kami inginkan

saya lampirkan saja filenya

terima kasih sebelumnya

salam

pie

Mon Apr 20, 2015 7:57 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

bunyi query-nya tampak ok.
sudahkah dicoba untuk dihapus semua isi area penulisan querynya sebelum
ditulisi ulang ?
apakah sheet asli bawaan file lampiran bisa di-refresh (klik kanan cells
dalam tabel hasil di sheet asli lampiran lalupilih refresh) ?

Wassalam,
Kid

2015-04-21 12:41 GMT+10:00 'irianto' irianto.mandala@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Berikur query nya :
>
>
>
> select
> a.nip,a.nama,iif(a.absen='D',cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+'
> '+replace(a.msk,'.',':')),0) as [time],'C/In' as [state]
>
> from [cara3_data$] as a
>
> union all
>
> select
> a.nip,a.nama,iif(a.absen='D',cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+'
> '+replace(a.klr,'.',':')),0) as [time],'C/Out' as [state]
>
> from [cara3_data$] as a
>
> order by 1 ,4
>
>
>
> thx informasinya
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 21 April 2015 9:22
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel
>
>
>
>
>
> hmmm....
>
> kalau dari pesannya, permasalahan ada di penggunaan fungsi replace dalam
> query-nya, dan bukan pada proses pembentukan koneksi data dengan fitur Get
> External Data-nya.
>
> Boleh ndak kalau dicoba tulis manual yang persis sama plek atau copas ke
> mari bunyi query yang menampilkan error tersebut ?
>
> Fitur Get External Data banyak dibahas di internet. Excel help memberi
> penjelasan yang lengkap. Contoh penggunaan fitur Get External Data antara
> lain bisa dilihat di coretan yang dimulai dari sini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html>
> .
>
> Wassalam,
>
> Kid.
>
>
>
> 2015-04-21 12:03 GMT+10:00 'irianto' irianto.mandala@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> To mr.kid…..
>
> Tertarik dengan cara 3(get external data),saya coba meniru wejangan mr kid
> di sheet lain dengan attachment yang sama,namun ketika saya klik kanan
> table hasil àpilih table àpilih edit queryàpilih type=SQLàcomand text=
> paste copy query ,koq gk berhasil ya ?massage nya :
>
> Apanya yang salah mister?
>
> Ø Adakah referensi untuk lebih detailnya mengenai pemahaman get external
> data?thx pencerahannya.
>
>
>
> Salam
>
> irianto
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 19 April 2015 4:22
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel [1 Attachment]
>
>
>
>
>
> Hai Pie,
>
> File terlampir berisi 3 cara, yaitu :
>
> 1. formula
>
> > silakan diubah rujukannya agar lebih dinamis sesuai data setempat
>
> > proses meng-copy formula hasil agar bisa mengikuti kedinamisan jumlah
> record sumber data adalah satu hal yang harus dilakukan manual. Tapi proses
> meng-copy formula ini bisa dikembangkan untuk di-otomasi dengan VBA.
> Silakan memperlajari VBA dan menyusun proses otomasinya.
>
>
>
> 2. pivot table
>
> > meski susunan kolomnya tidak sama persis, tetapi dengan fitur Excel
> Table disisi data dan fitur Excel Pivot Table disisi output, akan
> mempercepat proses karena cukup melakukan Refresh All melalui ribbon Data
> -> group Connections -> Refresh All
>
> > cocok untuk record data yang sangat banyak
>
> 3. get external data (buat yang mau saja)
>
> > cara ini adalah dengan mengkoneksi data ke sebuah file Excel. Pada kasus
> ini, sumber data yang dikoneksi ada di file yang sama dengan lokasi output,
> meskipun akan lebih baik jika file sumber data dan file output adalah file
> yang berbeda.
>
> > bagi pemula dalam fitur Get External Data atau yang ingin mempelajari
> fitur Get External Data, unduh file lampiran dan letakkan di drive D pada
> root directory (jangan didalam folder apapun)
>
> > ketika file hasil unduhan dibuka, akan muncul pesan security tentang
> Data Connection. Pastikan di-Enable. (jadi bukan hanya VBA [macro] yang
> butuh diatur security-nya, file terlampir tidak berisi VBA apapun)
>
> > cara ini cocok untuk record yang banyak sekali, karena proses pembaruan
> data dilakukan di sisi data lalu di save dan melakukan refresh all.
> Andaikan output di file yang lain (bisa jadi di komputer lain), maka file
> output tersebut yang melakukan refresh all.
>
> > pengembangan system pengolahan data untuk bermigrasi ke aplikasi
> database atau bahkan system database akan menjadi lebih mudah.
>
> > satu buah file sumber data di sebuah komputer bisa dikoneksi oleh banyak
> file output dari banyak komputer sekalipun tanpa VBA dan tanpa shared
> workbook.
>
> > user yang bertugas mengisi data baru di file sumber data dapat bekerja
> seperti biasa. Setelah di-save, maka cukup beritahukan kepada pemilik file
> output untuk melakukan refresh data dengan Refresh All di file output
> masing-masing.
>
>
>
> Wassalam
>
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2015-04-18 15:41 GMT+10:00 indria pie mas_pie3@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> yth. master excel
>
>
>
> mohon bantuan solusinya saya mau ubah data absen karyawan dari bentuk
> original menjadi bentuk *custom* seperti yang kami inginkan
>
>
>
> saya lampirkan saja filenya
>
>
>
> terima kasih sebelumnya
>
>
>
> salam
>
> pie
>
>
>
>
>
>
>

Mon Apr 20, 2015 8:35 pm (PDT) . Posted by:

"irianto"

Sudah MR…sheet asli pun tidak bisa di refresh,muncul massage yang sama:

"undefined function 'replace' in expression"

salam

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 21 April 2015 9:51
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel

bunyi query-nya tampak ok.

sudahkah dicoba untuk dihapus semua isi area penulisan querynya sebelum ditulisi ulang ?

apakah sheet asli bawaan file lampiran bisa di-refresh (klik kanan cells dalam tabel hasil di sheet asli lampiran lalupilih refresh) ?

Wassalam,

Kid

2015-04-21 12:41 GMT+10:00 'irianto' irianto.mandala@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Berikur query nya :

select a.nip,a.nama,iif(a.absen='D',cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+' '+replace(a.msk,'.',':')),0) as [time],'C/In' as [state]

from [cara3_data$] as a

union all

select a.nip,a.nama,iif(a.absen='D',cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+' '+replace(a.klr,'.',':')),0) as [time],'C/Out' as [state]

from [cara3_data$] as a

order by 1 ,4

thx informasinya

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 21 April 2015 9:22

To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel

hmmm....

kalau dari pesannya, permasalahan ada di penggunaan fungsi replace dalam query-nya, dan bukan pada proses pembentukan koneksi data dengan fitur Get External Data-nya.

Boleh ndak kalau dicoba tulis manual yang persis sama plek atau copas ke mari bunyi query yang menampilkan error tersebut ?

Fitur Get External Data banyak dibahas di internet. Excel help memberi penjelasan yang lengkap. Contoh penggunaan fitur Get External Data antara lain bisa dilihat di coretan yang dimulai dari sini <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html> .

Wassalam,

Kid.

2015-04-21 12:03 GMT+10:00 'irianto' irianto.mandala@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

To mr.kid…..

Tertarik dengan cara 3(get external data),saya coba meniru wejangan mr kid di sheet lain dengan attachment yang sama,namun ketika saya klik kanan table hasil àpilih table àpilih edit queryàpilih type=SQLàcomand text= paste copy query ,koq gk berhasil ya ?massage nya :

Apanya yang salah mister?

Ø Adakah referensi untuk lebih detailnya mengenai pemahaman get external data?thx pencerahannya.

Salam

irianto

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 19 April 2015 4:22
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel [1 Attachment]

Hai Pie,

File terlampir berisi 3 cara, yaitu :

1. formula

> silakan diubah rujukannya agar lebih dinamis sesuai data setempat

> proses meng-copy formula hasil agar bisa mengikuti kedinamisan jumlah record sumber data adalah satu hal yang harus dilakukan manual. Tapi proses meng-copy formula ini bisa dikembangkan untuk di-otomasi dengan VBA. Silakan memperlajari VBA dan menyusun proses otomasinya.

2. pivot table

> meski susunan kolomnya tidak sama persis, tetapi dengan fitur Excel Table disisi data dan fitur Excel Pivot Table disisi output, akan mempercepat proses karena cukup melakukan Refresh All melalui ribbon Data -> group Connections -> Refresh All

> cocok untuk record data yang sangat banyak

3. get external data (buat yang mau saja)

> cara ini adalah dengan mengkoneksi data ke sebuah file Excel. Pada kasus ini, sumber data yang dikoneksi ada di file yang sama dengan lokasi output, meskipun akan lebih baik jika file sumber data dan file output adalah file yang berbeda.

> bagi pemula dalam fitur Get External Data atau yang ingin mempelajari fitur Get External Data, unduh file lampiran dan letakkan di drive D pada root directory (jangan didalam folder apapun)

> ketika file hasil unduhan dibuka, akan muncul pesan security tentang Data Connection. Pastikan di-Enable. (jadi bukan hanya VBA [macro] yang butuh diatur security-nya, file terlampir tidak berisi VBA apapun)

> cara ini cocok untuk record yang banyak sekali, karena proses pembaruan data dilakukan di sisi data lalu di save dan melakukan refresh all. Andaikan output di file yang lain (bisa jadi di komputer lain), maka file output tersebut yang melakukan refresh all.

> pengembangan system pengolahan data untuk bermigrasi ke aplikasi database atau bahkan system database akan menjadi lebih mudah.

> satu buah file sumber data di sebuah komputer bisa dikoneksi oleh banyak file output dari banyak komputer sekalipun tanpa VBA dan tanpa shared workbook.

> user yang bertugas mengisi data baru di file sumber data dapat bekerja seperti biasa. Setelah di-save, maka cukup beritahukan kepada pemilik file output untuk melakukan refresh data dengan Refresh All di file output masing-masing.

Wassalam

Kid.

2015-04-18 15:41 GMT+10:00 indria pie mas_pie3@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

yth. master excel

mohon bantuan solusinya saya mau ubah data absen karyawan dari bentuk original menjadi bentuk custom seperti yang kami inginkan

saya lampirkan saja filenya

terima kasih sebelumnya

salam

pie

Mon Apr 20, 2015 8:42 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hmmm...
jangan-jangan ada sesuatu yang kurang saat meng-install ms office-nya. Tapi
bisa pakai VBA (macro) gak ?

btw,
moga-moga tidak bermasalah dengan fungsi Left dan Right ya.
Query ini menggantikan fungsi Replace dengan Left dan Right
select
a.nip,a.nama,iif(a.absen='D',cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+' '+
left(a.msk,2)+':'+right(a.msk,2)),0) as [time],'C/In' as [state]
from [cara3_data$] as a
union all
select
a.nip,a.nama,iif(a.absen='D',cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+' '+
left(a.klr,2)+':'+right(a.klr,2)),0) as [time],'C/Out' as [state]
from [cara3_data$] as a
order by 1 ,4

Wassalam,
Kid

2015-04-21 13:18 GMT+10:00 'irianto' irianto.mandala@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Sudah MR…sheet asli pun tidak bisa di refresh,muncul massage yang sama:
>
>
>
> "undefined function 'replace' in expression"
>
>
>
> salam
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 21 April 2015 9:51
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel
>
>
>
>
>
> bunyi query-nya tampak ok.
>
> sudahkah dicoba untuk dihapus semua isi area penulisan querynya sebelum
> ditulisi ulang ?
>
> apakah sheet asli bawaan file lampiran bisa di-refresh (klik kanan cells
> dalam tabel hasil di sheet asli lampiran lalupilih refresh) ?
>
> Wassalam,
>
> Kid
>
>
>
> 2015-04-21 12:41 GMT+10:00 'irianto' irianto.mandala@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Berikur query nya :
>
>
>
> select
> a.nip,a.nama,iif(a.absen='D',cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+'
> '+replace(a.msk,'.',':')),0) as [time],'C/In' as [state]
>
> from [cara3_data$] as a
>
> union all
>
> select
> a.nip,a.nama,iif(a.absen='D',cdate(format(clng(a.tgl),'0000-00-00')+'
> '+replace(a.klr,'.',':')),0) as [time],'C/Out' as [state]
>
> from [cara3_data$] as a
>
> order by 1 ,4
>
>
>
> thx informasinya
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 21 April 2015 9:22
>
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel
>
>
>
>
>
> hmmm....
>
> kalau dari pesannya, permasalahan ada di penggunaan fungsi replace dalam
> query-nya, dan bukan pada proses pembentukan koneksi data dengan fitur Get
> External Data-nya.
>
> Boleh ndak kalau dicoba tulis manual yang persis sama plek atau copas ke
> mari bunyi query yang menampilkan error tersebut ?
>
> Fitur Get External Data banyak dibahas di internet. Excel help memberi
> penjelasan yang lengkap. Contoh penggunaan fitur Get External Data antara
> lain bisa dilihat di coretan yang dimulai dari sini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html>
> .
>
> Wassalam,
>
> Kid.
>
>
>
> 2015-04-21 12:03 GMT+10:00 'irianto' irianto.mandala@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> To mr.kid…..
>
> Tertarik dengan cara 3(get external data),saya coba meniru wejangan mr kid
> di sheet lain dengan attachment yang sama,namun ketika saya klik kanan
> table hasil àpilih table àpilih edit queryàpilih type=SQLàcomand text=
> paste copy query ,koq gk berhasil ya ?massage nya :
>
> Apanya yang salah mister?
>
> Ø Adakah referensi untuk lebih detailnya mengenai pemahaman get external
> data?thx pencerahannya.
>
>
>
> Salam
>
> irianto
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 19 April 2015 4:22
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] ubah bentuk data tabel [1 Attachment]
>
>
>
>
>
> Hai Pie,
>
> File terlampir berisi 3 cara, yaitu :
>
> 1. formula
>
> > silakan diubah rujukannya agar lebih dinamis sesuai data setempat
>
> > proses meng-copy formula hasil agar bisa mengikuti kedinamisan jumlah
> record sumber data adalah satu hal yang harus dilakukan manual. Tapi proses
> meng-copy formula ini bisa dikembangkan untuk di-otomasi dengan VBA.
> Silakan memperlajari VBA dan menyusun proses otomasinya.
>
>
>
> 2. pivot table
>
> > meski susunan kolomnya tidak sama persis, tetapi dengan fitur Excel
> Table disisi data dan fitur Excel Pivot Table disisi output, akan
> mempercepat proses karena cukup melakukan Refresh All melalui ribbon Data
> -> group Connections -> Refresh All
>
> > cocok untuk record data yang sangat banyak
>
> 3. get external data (buat yang mau saja)
>
> > cara ini adalah dengan mengkoneksi data ke sebuah file Excel. Pada kasus
> ini, sumber data yang dikoneksi ada di file yang sama dengan lokasi output,
> meskipun akan lebih baik jika file sumber data dan file output adalah file
> yang berbeda.
>
> > bagi pemula dalam fitur Get External Data atau yang ingin mempelajari
> fitur Get External Data, unduh file lampiran dan letakkan di drive D pada
> root directory (jangan didalam folder apapun)
>
> > ketika file hasil unduhan dibuka, akan muncul pesan security tentang
> Data Connection. Pastikan di-Enable. (jadi bukan hanya VBA [macro] yang
> butuh diatur security-nya, file terlampir tidak berisi VBA apapun)
>
> > cara ini cocok untuk record yang banyak sekali, karena proses pembaruan
> data dilakukan di sisi data lalu di save dan melakukan refresh all.
> Andaikan output di file yang lain (bisa jadi di komputer lain), maka file
> output tersebut yang melakukan refresh all.
>
> > pengembangan system pengolahan data untuk bermigrasi ke aplikasi
> database atau bahkan system database akan menjadi lebih mudah.
>
> > satu buah file sumber data di sebuah komputer bisa dikoneksi oleh banyak
> file output dari banyak komputer sekalipun tanpa VBA dan tanpa shared
> workbook.
>
> > user yang bertugas mengisi data baru di file sumber data dapat bekerja
> seperti biasa. Setelah di-save, maka cukup beritahukan kepada pemilik file
> output untuk melakukan refresh data dengan Refresh All di file output
> masing-masing.
>
>
>
> Wassalam
>
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2015-04-18 15:41 GMT+10:00 indria pie mas_pie3@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> yth. master excel
>
>
>
> mohon bantuan solusinya saya mau ubah data absen karyawan dari bentuk
> original menjadi bentuk *custom* seperti yang kami inginkan
>
>
>
> saya lampirkan saja filenya
>
>
>
> terima kasih sebelumnya
>
>
>
> salam
>
> pie
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon Apr 20, 2015 8:10 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Teguh,

Filtering bisa dilakukan dengan array formula filtering seperti coretan
yang ada disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/formula-filter-data-filtering-formula.html>
.
File terlampir dengan cara lainnya, termasuk kemungkinan untuk
menghilangkan kolom Total Price dari master data.

Wassalam,
Kid

2015-04-20 14:46 GMT+10:00 teguh indrawanto teguh.indrawanto@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Master Excel,
>
> Bagaimana caranya untuk menarik semua data secara otomatis sesuai data
> validation yang kita pilih ?
> berikut terlampir penjelasan soalnya.
>
> Mohon bantuannya !
>
> Atas perhatian serta bantuannya diucapkan banyak terima kasih.
>
> Regards,
>
> Teguh
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar