Kamis, 23 April 2015

[belajar-excel] Digest Number 3398

11 Messages

Digest #3398
1a
Re: Modifikasi Rumus IF by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Bls: [belajar-excel] fitur external data by "Fahmi Syaifullah" fahmisyaifullah20
4a
problem formula Count by "Agus Widodo" agus_1194
4c
Re: problem formula Count by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4d
Re: problem formula Count by "Agus Widodo" agus_1194
4e
Re: problem formula Count by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: fitur external data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: change source data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Wed Apr 22, 2015 11:20 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hmmm...

fungsi rank bisa membantu....

dari formula mas Nang yang berbunyi :
=INDEX($B$4:$B$16,MATCH(LARGE($D$4:$D$16,E4),$D$4:$D$16,0))
yang merujuk ke kolom helper, berarti kolom helper di kolom D range d4:d16
dan range E4 adalah lokasi nomor urut record pertama tabel hasil

berarti data yang diurutkan di kolom C (c4:c16) -> sesuai gambar yang
tampak di preview email
kolom helper record pertama (range d4) bisa diberi formula :
=Rank( c4 , c$4:c$16 ) + CountIF( c$4:c4 , c4 ) - 1 -> perhatikan
peletakan absolute reference (karakter $)

lalu cells pertama area hasil, formulanya :
=Index( b$4:b$16 , Match( e4 , d$4:d$16 , 0 ) )

Wassalam,
Kid

On Thu, Apr 23, 2015 at 12:39 PM, Zulfikar N zulfikar_route66@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Dear Master Mr. Kid
> inilah jawaban yang saya tunggu dari master, mau nanya dikit lagi master.
> Jika kasus seperti di atas pada kolom helpernya ada cara lain nggak tanpa
> ada pengalian *( * 1000). *mohon solusinya.
>
> salam
> zulfikar
> Pada Rabu, 22 April 2015 17:40, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
>
>
> Sorry ikutan nimbrung.....
>
> Dari file mas Nang Agus, tampak sekilas ada kolom bernama helper di sisi
> kanan tabel data. Sepertinya, kolom ini adalah composite nilai yang berisi
> nilai kolom unique previews dan jumlah record yang memiliki nilai unique
> previews tersebut. Kalau ndak salah duga, susunan compositenya berbunyi :
> =cell_current_record_unique_previews
> + CountIF(
> cell_record_sebelum_unique_previews:cell_current_record_unique_previews ,
> cell_current_record_unique_previews )
>
> yang menghasilkan urutan dari jumlah cacah terendah ke tertinggi.
>
> Kemudian, tampaknya yang diinginkan, kolom unique previews diambil dengan
> order DESC (tertinggi ke terendah) dengan urutan record yang harus tetap
> sesuai data. Artinya, bagian CountIF di atas tidak dapat digunakan karena
> hasil CountIF akan memiliki perbedaan order dengan yang diinginkan.
>
> Coba bagian +CountIF(blabla) diganti menjadi bunyi :
> +Rows( semua_kolom_unique_previews_termasuk_header ) - Row() + Row(
> cell_header_kolom_unique_previews )
> lalu copy formula helper yang sudah diubah tersebut ke seluruh baris data.
>
> Moga-moga ndak salah duga...
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> On Wed, Apr 22, 2015 at 5:04 PM, Zulfikar N zulfikar_route66@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Dear Nang Agus,
> karena rumus yang digunakan menggunakan LARGE sehingga output yang di
> hasilkan tidak sesuai dengan data aslinya (dari bawah ke atas) seperti
> tampak terlampir, ada solusi lain nggak? mohon bantuannya.
>
>
>
> Pada Rabu, 22 April 2015 9:55, "Nang Agus nangagus@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> saya menggunakan kolom bantu untuk sisi data
>
> =INDEX($B$4:$B$16,MATCH(LARGE($D$4:$D$16,E4),$D$4:$D$16,0))
>
> 2015-04-21 17:27 GMT+07:00 Zulfikar N zulfikar_route66@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Dear Excel Master,
> Mohon bantuannya untuk memecahkan masalah rumus IF seperti file terlampir.
>
> Salam,
> Zulfikar
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Wed Apr 22, 2015 11:24 pm (PDT) . Posted by:

franriku

Dear Toby Kenzo,

terima kasih

contohnya ada tiga file excel..
file pertama kertas kerjanya (hanya fungsi vlookup)
file kedua dan ketiga adalah sumber data (kedua file sama , hanya isi yang berbeda)
file pertama ada link ke file kedua... saya mau chance source data ke file ketiga menggunakan macro,
kalau selama ini chance source data bisa dengan cara manual yaitu edit link data dimenu excel.

mohon bantuannya

rgd
Fran

Wed Apr 22, 2015 11:34 pm (PDT) . Posted by:

"Fahmi Syaifullah" fahmisyaifullah20

Yth pak tobby.

Cara pertama masih blm cukup ilmu pak tobby..:D

Cara kedua sudah saya coba pak tobby. 

Mereka tidak memahaminya. Malah mereka jadi bingung. Hehe.

sbenarnya data yg dikirimkan dgn data pusat itu sama pak tobby. Hanya saja dijadikan dalam sebuah kesatuan data makanya saya harus meng collect data2 mereka..

terima kasih

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

Dari:"Toby kenzo tobykenzo@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Kam, 23 Apr 2015 pada 12:32
Judul:Bls: [belajar-excel] fitur external data

 

Dear Fahmi,

 

Jika jaringan computer anda antara pusat dan cabang2 lain sudah terkoneksi, itu kan lebih mudah membuatnya,anda tinggal buat master database dalam server, terserah, bisa pake access,sql dll, tinggal di setiap admin cabang anda buatkan masing2 interface program untuk memasukan data ke database yang sudah di server.

Cara kedua jika memang jaringan anda belum terkoneksi, anda tinggal buatkan dua buah template dari Excel yang merupakan suatu database dan yang lainnya template untuk admin cabang ,jadi setiap admin tinggal mengisi di sebuah template yang baku yang sudah anda buat dan dari templete2 tersebut anda tinggal copy paste ke dalam template master(database) yang juga sudah anda buat, jadi ada dua buah template baku, pertama untuk admin cabang dan yg kedua untuk masternya(database) dengan begitu anda tidak susah2 untuk meng-collect data dari admin cabang.

 

 

TerimaKasih.

Pada Kamis, 23 April 2015 10:26, "Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

 

Assalamualaikum wr.wb

Yth. Beexceller mr.kid dkk.

saya punya suatu masalah.

rumusannya masalah seperti ini :

1. Saya bekerja dikantor pusat service handphone dimana cabang sudah melebihi angka 30.

2. Saya memprioritaskan excel sbg inputan yg konsikuen

3.admin cabang setiap minggu mengirimkan hasil penjualan dll kekntor pusat via e-mail

4.saya bertugas untuk mengupdate data pusat dimana yg telah dikirimkan oleh si admin cabang

Yg menjadi pertanyaan ada tidak yaa mr.kid dan kawan kawan bexceller coretan terkait.

agar proses pengimputan tidak memakan waktu lama.

saya sudah mempelajari external data berdasarkan blog mr.kid tapi itu hanya kalau data yg menjadi imputan berasal dari .ppt,.txt atau schema.ini saya blm terlalu memahaminya. :D. VBA masih baru mempelajari scope itu pun harus baca ulang2 agar paham.hehe

Untuk mr.kid terima kasih banyak sudah membuat blog2 yg berguna sekali.

Terima kasih.

wassalamu'alaikum wr.wb

Fahmi

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

Wed Apr 22, 2015 11:53 pm (PDT) . Posted by:

"Agus Widodo" agus_1194

Dear All Master,

Mohon bantuannya untuk formula yang saya gunakan kenapa tidak bisa jalan?

Atas bantuannya saya ucapkan matur nuwun sanget.

Salam,

Guswi

Thu Apr 23, 2015 12:08 am (PDT) . Posted by:

franriku

dear Guswi

rumusnya
counta bukan count,
kl count harus number

rgd
fran

Thu Apr 23, 2015 12:34 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sekedar menambahkan...

Jika dilihat dari preview file lampiran, cell yang ditunjuk oleh penanya
ada di kolom Scan Masuk.
Data yang tampak dalam kolom Scan Masuk bertipe data text andaikan tidak
ada penetapan left alignment di kolom tersebut.

Fungsi Count hanya bekerja pada data bertipe numerik dan datetime saja.
Jadi, pada kasus ini, fungsi Count tidak dapat bekerja karena data bertipe
text.

Fungsi CountA (seperti yang diusulkan mas Fran) bisa digunakan, selama
tidak ada cells yang tampak kosong tapi sebenarnya berisi nullstring
(contoh nullstring adalah hasil formula ="" )
Pada previews, ada beberapa cells yang tampak kosong di kolom Scan Pulang
dan ada sebuah cells yang tampak kosong di kolom Scan Masuk.
Jika cells yang tampak kosong tersebut adalah benar-benar blank cells, maka
fungsi CountA bisa digunakan.
Fungsi CountA akan menghitung jumlah cells yang tidak blank cells.

Cara cek apakah cells tersebut kosong (blank cells) atau bukan adalh dengan
fungsi IsBlank.
Fungsi CountBlank tidak dapat digunakan untuk memeriksa suatu cells berupa
blank cells atau berisi nullstring, karena cells berisi nullstring akan
dianggap blank (nothing) oleh fungsi CountBlank.

Andaikan cells kosong yang ada di kolom Scan Masuk bukanlah sebuah blank
cells (hasil fungsi IsBlank adalah FALSE), berarti cells tersebut berisi
nullstring dan bukanlah blank cells. Maka fungsi CountA tidak dapat
digunakan, tetapi fungsi CountIF bisa dimanfaatkan.
=CountIF( area_range_data , "?*" )
*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ganti
karakter koma dalam formula menjadi titik koma

Wassalam,
Kid

2015-04-23 16:58 GMT+10:00 franriku@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> dear Guswi
>
> rumusnya
> counta bukan count,
> kl count harus number
>
> rgd
> fran
>
>

Thu Apr 23, 2015 12:59 am (PDT) . Posted by:

"Agus Widodo" agus_1194

Dear Pak Fran,

Terima kasih atas sarannya tapi setelah saya coba pakai Counta ternyata tidak berhasil sesuai dengan apa yang saya inginkan karena begitu cell kosong si counta tetep ambil/hitung data.

Dear Mr. Kid,

Sebelumnya terima kasih atas jawaban serta penjelasan yang begitu luar biasa dan Alhamdulillah formulanya bisa bekerja dengan baik.

Nah yang mau saya tanyakan lagi (itu kalau mr.kid Berkenan) arti formula < "?*" > karena setelah saya coba-coba dan saya buka kitab eXcel ternyata tidak ada...

Atas Perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Salam Guswi

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 23 April 2015 14:34
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Re: problem formula Count

Sekedar menambahkan...

Jika dilihat dari preview file lampiran, cell yang ditunjuk oleh penanya ada di kolom Scan Masuk.
Data yang tampak dalam kolom Scan Masuk bertipe data text andaikan tidak ada penetapan left alignment di kolom tersebut.

Fungsi Count hanya bekerja pada data bertipe numerik dan datetime saja. Jadi, pada kasus ini, fungsi Count tidak dapat bekerja karena data bertipe text.

Fungsi CountA (seperti yang diusulkan mas Fran) bisa digunakan, selama tidak ada cells yang tampak kosong tapi sebenarnya berisi nullstring (contoh nullstring adalah hasil formula ="" )

Pada previews, ada beberapa cells yang tampak kosong di kolom Scan Pulang dan ada sebuah cells yang tampak kosong di kolom Scan Masuk.

Jika cells yang tampak kosong tersebut adalah benar-benar blank cells, maka fungsi CountA bisa digunakan.

Fungsi CountA akan menghitung jumlah cells yang tidak blank cells.

Cara cek apakah cells tersebut kosong (blank cells) atau bukan adalh dengan fungsi IsBlank.

Fungsi CountBlank tidak dapat digunakan untuk memeriksa suatu cells berupa blank cells atau berisi nullstring, karena cells berisi nullstring akan dianggap blank (nothing) oleh fungsi CountBlank.

Andaikan cells kosong yang ada di kolom Scan Masuk bukanlah sebuah blank cells (hasil fungsi IsBlank adalah FALSE), berarti cells tersebut berisi nullstring dan bukanlah blank cells. Maka fungsi CountA tidak dapat digunakan, tetapi fungsi CountIF bisa dimanfaatkan.

=CountIF( area_range_data , "?*" )

*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ganti karakter koma dalam formula menjadi titik koma

Wassalam,

Kid

2015-04-23 16:58 GMT+10:00 franriku@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

dear Guswi

rumusnya
counta bukan count,
kl count harus number

rgd
fran

Thu Apr 23, 2015 1:14 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Arti penggunaan wildcard characters yang berbunyi ?*
Wildcard character yang bisa dipakai di Excel adalah :
- karakter ? yang berarti sebuah karakter apa saja -> 1 bijik
- karakter * yang berarti sebarang karakter apa saja -> minimal 0 bijik
Ingat ya, karakter loh, jadi ndak berlaku di datatype numerik, datetime,
boolean (alias TRUE/FALSE), dan error value
Datatype dalam Excel bisa dilihat pada ocehan dalam coretan yang ada disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2015/03/datatype-dalam-sebuah-cells.html>.

?* berarti karakter pertamanya adalah sebuah karakter (jadi jumlah karakter
dalam data harus minimal ada 1 bijik) yang diikuti oleh sebarang karakter

Wassalam,
Kid

2015-04-23 17:59 GMT+10:00 'Agus Widodo' agus_1194@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Pak Fran,
>
> Terima kasih atas sarannya tapi setelah saya coba pakai Counta ternyata
> tidak berhasil sesuai dengan apa yang saya inginkan karena begitu cell
> kosong si counta tetep ambil/hitung data.
>
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Sebelumnya terima kasih atas jawaban serta penjelasan yang begitu luar
> biasa dan Alhamdulillah formulanya bisa bekerja dengan baik.
>
> Nah yang mau saya tanyakan lagi (itu kalau mr.kid Berkenan) arti formula
> < *"?*"* > karena setelah saya coba-coba dan saya buka kitab eXcel
> ternyata tidak ada...
>
>
>
> Atas Perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
>
>
>
> Salam Guswi
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 23 April 2015 14:34
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Re: problem formula Count
>
>
>
>
>
> Sekedar menambahkan...
>
> Jika dilihat dari preview file lampiran, cell yang ditunjuk oleh penanya
> ada di kolom Scan Masuk.
> Data yang tampak dalam kolom Scan Masuk bertipe data text andaikan tidak
> ada penetapan left alignment di kolom tersebut.
>
> Fungsi Count hanya bekerja pada data bertipe numerik dan datetime saja.
> Jadi, pada kasus ini, fungsi Count tidak dapat bekerja karena data bertipe
> text.
>
> Fungsi CountA (seperti yang diusulkan mas Fran) bisa digunakan, selama
> tidak ada cells yang tampak kosong tapi sebenarnya berisi nullstring
> (contoh nullstring adalah hasil formula ="" )
>
> Pada previews, ada beberapa cells yang tampak kosong di kolom Scan Pulang
> dan ada sebuah cells yang tampak kosong di kolom Scan Masuk.
>
> Jika cells yang tampak kosong tersebut adalah benar-benar blank cells,
> maka fungsi CountA bisa digunakan.
>
> Fungsi CountA akan menghitung jumlah cells yang tidak blank cells.
>
>
>
> Cara cek apakah cells tersebut kosong (blank cells) atau bukan adalh
> dengan fungsi IsBlank.
>
> Fungsi CountBlank tidak dapat digunakan untuk memeriksa suatu cells berupa
> blank cells atau berisi nullstring, karena cells berisi nullstring akan
> dianggap blank (nothing) oleh fungsi CountBlank.
>
> Andaikan cells kosong yang ada di kolom Scan Masuk bukanlah sebuah blank
> cells (hasil fungsi IsBlank adalah FALSE), berarti cells tersebut berisi
> nullstring dan bukanlah blank cells. Maka fungsi CountA tidak dapat
> digunakan, tetapi fungsi CountIF bisa dimanfaatkan.
>
> =CountIF( area_range_data , "?*" )
>
> *** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ganti
> karakter koma dalam formula menjadi titik koma
>
>
>
> Wassalam,
>
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2015-04-23 16:58 GMT+10:00 franriku@yahoo.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> dear Guswi
>
> rumusnya
> counta bukan count,
> kl count harus number
>
> rgd
> fran
>
>
>
>
>

Thu Apr 23, 2015 12:04 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Fahmi,

terkait :
1. Saya bekerja dikantor pusat service handphone dimana cabang sudah
melebihi angka 30.
>> moga-moga tambah sukses

2. Saya memprioritaskan excel sbg inputan yg konsikuen
>> moga-moga Anda dan rekan-rekan kerja Anda terus belajar Excel

3.admin cabang setiap minggu mengirimkan hasil penjualan dll kekntor pusat
via e-mail
>> kalau bisa di-unduh dengan nama yang tetap, misal cabang_a.xlsx selalu
dari cabang a dari minggu ke minggu selalu saja namanya cabang_a.xlsx dan
diletakkan di folder yang tetap
>> moga-moga suatu saat perusahaan tempat Anda bekerja memiliki sebuah
server jaringan, sehingga admin cabang bisa meng-copy file dari komputer
cabang ke komputer pusat (tidak pakai email berattachment lagi, jadi ndak
repot unduh filenya)
>> moga-moga lagi, suatu saat lagi perusahaan tempat Anda bekerja (yang
sudah memiliki server jaringan), juga memiliki server data, sehingga bisa
disediakan sebuah database di komputer server data di pusat yang bisa
diakses oleh admin setiap cabang. Dengan demikian, maka admin cabang bisa
melakukan input langsung ke database tersebut (jadi data langsung masuk ke
database pusat)

4.saya bertugas untuk mengupdate data pusat dimana yg telah dikirimkan oleh
si admin cabang
>> dengan asumsi bahwa tidak ada server jaringan (apalgi server data),
berarti setiap file attachment dalam email akan Anda unduh.
>> sesuai saran di nomor 3, selalu beri nama yang file yang tetap saat save
as (proses unduh) dan letakkan di sebuah folder yang tetap.
>> proses yang menggunakan VBA bisa dibuat lebih mudah dengan kondisi
seperti tersebut di atas.
>> proses tersebut adalah menggabungkan seluruh data ke sebuah file data.
Jadi, setiap minggu, file data akan bertambah recordnya.
>> contoh VBA untuk menggabungkan file bisa diunduh disini
<https://app.box.com/s/mwnngtmulf21gfu4oogv>. Silakan dipelajari dan diubah
sesuai kebutuhan.

5. Yg menjadi pertanyaan ada tidak yaa mr.kid dan kawan kawan bexceller
coretan terkait.
agar proses pengimputan tidak memakan waktu lama.
>> coba cari di internet ya...
>> yang jelas tidak ada disini <http://excel-mr-kid.blogspot.com>.

6. saya sudah mempelajari external data berdasarkan blog mr.kid tapi itu
hanya kalau data yg menjadi imputan berasal dari .ppt,.txt atau schema.ini
>> coretan tentang fitur Get External Data dimulai dari sini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html>
dan sampai saat ini beru sampai disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/07/koneksi-data-ke-text-file-04-text-file.html>
.
>> fitur Get External Data bisa digunakan untuk membaca data yang ada di
txt, Excel, database seperti Access, MS SQL Server, Oracle, MySQL, dsb....
Juga bisa digunakan untuk mengambil data dari suatu laman web.
>> Coretan yang ada adalah bacaan tentang konsep dari fitur get external
data. Dengan mengetahui hal pokok dalam get external data, maka sebagian
besar data dalam format yang umum digunakan, bisa dibaca. Hal pokok
tersebut adalah library data provider, connection string, dan query.
>> contoh fitur get external data untuk membaca dari sebuah file excel
pernah dibahas di milis beberapa waktu lalu (di bulan ini juga). Coba lihat
disini
<https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/36341>
.

Terimakasih.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2015-04-23 13:26 GMT+10:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamualaikum wr.wb
> Yth. Beexceller mr.kid dkk.
>
> saya punya suatu masalah.
> rumusannya masalah seperti ini :
> 1. Saya bekerja dikantor pusat service handphone dimana cabang sudah
> melebihi angka 30.
> 2. Saya memprioritaskan excel sbg inputan yg konsikuen
> 3.admin cabang setiap minggu mengirimkan hasil penjualan dll kekntor pusat
> via e-mail
> 4.saya bertugas untuk mengupdate data pusat dimana yg telah dikirimkan
> oleh si admin cabang
>
> Yg menjadi pertanyaan ada tidak yaa mr.kid dan kawan kawan bexceller
> coretan terkait.
> agar proses pengimputan tidak memakan waktu lama.
> saya sudah mempelajari external data berdasarkan blog mr.kid tapi itu
> hanya kalau data yg menjadi imputan berasal dari .ppt,.txt atau schema.ini
> saya blm terlalu memahaminya. :D. VBA masih baru mempelajari scope itu pun
> harus baca ulang2 agar paham.hehe
> Untuk mr.kid terima kasih banyak sudah membuat blog2 yg berguna sekali.
>
> Terima kasih.
> wassalamu'alaikum wr.wb
> Fahmi
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
>
>

Thu Apr 23, 2015 1:35 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Fran,

Misal :
- folder kerja di k:\folder\subfolder
- file kerja bernama app.xlsm -> berisi VBA
- file yang punya link ke workbook lain bernama olah.xlsx
- file olah.xlsx berisi formula yang merujuk ke workbook bernama data1.xlsx
- file data2.xlsx -> file yang akan menjadi rujukan baru bagi formula yang
ada dalam olah.xlsx
- file data1.xlsx dan data2.xlsx memiliki struktur yang sama, terutama nama
sheet

target :
mengganti rujukan workbook dalam file olah.xlsx agar merujuk ke file
data2.xlsx

langkah membuatnya :
1. tutup file olah.xlsx, data1.xlsx, data2.xlsx
2. buka atau buat file app.xlsm
3. buka atau buat general module dalam VBE
4. buat sebuah prosedur sub berscope public, misal diberi nama UbahLink
5. dalam prosedur bernama UbahLink diberi baris-baris kode berikut :
dim wbk as workbook

application.displayalerts=false 'biar Excel gak cerewet nampilin dialog
tanya macem-macem

set wbk=workbooks.open("k:\folder\subfolder\olah.xlsx" , 2 ) 'parameter
updatelinks diset bernilai 2 alias ndak usah di-update
wbk.changelink "k:\folder\subfolder\data1.xlsx" ,
"k:\folder\subfolder\data2.xlsx" , 1 'angka 1 berarti linknya adalah excel
link
wbk.close true 'tutup wbk dengan didahului proses save

application.displayalerts=true 'Excel boleh cerewet lagi

6. kembali ke worksheet (tekan ALT F11)
7. save app.xlsm (tekan CTRL S)
8. jalankan prosedur yang baru dibuat tadi (misal bernama UbahLink) dengan
cara tekan ALT F8 lalu pilih nama prosedur dan klik Run
9. coba buka file olah.xlsx dan lihat link workbook nya

*** sesuaikan nama folder dan nama file yang dirujuk dalam baris-baris kode
sesuai keadaan setempat
*** syarat dan ketentuan berlaku

Regard,
Kid

On Thu, Apr 23, 2015 at 1:06 PM, franriku@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Gimana caranya change source data antar file diexcel menggunakan macro.
>
> thx
> FR
>
>
>
>

Thu Apr 23, 2015 2:03 am (PDT) . Posted by:

franriku

Dear Mr Kid,

Terima kasih banyak Mr Kid,
sudah saya coba dan berhasil. :D

Regard
Fran Riku
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar