Jumat, 17 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1516

Messages In This Digest (12 Messages)

Messages

1a.

Conditional Fomatting pada Chart

Posted by: "agung_widodo@sanyo.com" agung_widodo@sanyo.com

Thu Feb 16, 2012 1:42 am (PST)



Rekan Be-exceller,

Bila suatu Line Chart anggaplah berdasar dari table nilai dibawah ini,
Pada setiap titik nilai di Chart bagian Result ada bulatan/bintang.

Date

1-Feb

2-Feb

3-Feb

4-Feb

5-Feb

6-Feb

7-Feb

8-Feb

9-Feb

Result

5

6

3

8

6

7

9

11

5

Min Std.

4

4

4

4

4

4

4

4

4

Max Std.

10

10

10

10

10

10

10

10

10

Bila Result melebihi Max atau dibawah nilai Min Std,
Bisakah tanda bulatan / bintang pada Chart menjadi berbeda secara otomatis.
Semacam conditional formatting lah...
Namun ini di Chart, bukan ditabel/selnya

(Tanda titik akan tampak beda pada hasil di chart tangal 3 dan 8 Feb)

Terimakasih.

Wassalam
Agung Widodo

1b.

Re: Conditional Fomatting pada Chart

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Thu Feb 16, 2012 2:49 pm (PST)



Beginikah yg mas Agung kehendaki ? :

[image: Inline image 1]

yg diKERJAIN itu bukan CHARTnya, (bikin pusing) tapi TABELnya !!
( detil: lihat di sheets lampiran..)

*o'Seno*

2012/2/16 <agung_widodo@sanyo.com>

> **
>
> Rekan Be-exceller,****
>
> Bila suatu Line Chart anggaplah berdasar dari table nilai dibawah ini,
>
> Pada setiap titik nilai di Chart bagian Result ada bulatan/bintang.****
>
> Date****
>
> 1-Feb****
>
> 2-Feb****
>
> 3-Feb****
>
> 4-Feb****
>
> 5-Feb****
>
> 6-Feb****
>
> 7-Feb****
>
> 8-Feb****
>
> 9-Feb****
>
> Result****
>
> 5****
>
> 6****
>
> 3****
>
> 8****
>
> 6****
>
> 7****
>
> 9****
>
> 11****
>
> 5****
>
> Min Std.****
>
> 4****
>
> 4****
>
> 4****
>
> 4****
>
> 4****
>
> 4****
>
> 4****
>
> 4****
>
> 4****
>
> Max Std.****
>
> 10****
>
> 10****
>
> 10****
>
> 10****
>
> 10****
>
> 10****
>
> 10****
>
> 10****
>
> 10****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Bila Result melebihi Max atau dibawah nilai Min Std, ****
>
> Bisakah tanda bulatan / bintang pada Chart menjadi berbeda secara otomatis.
> ****
>
> Semacam conditional formatting lah…****
>
> Namun ini di Chart, bukan ditabel/selnya****
>
> ** **
>
> (Tanda titik akan tampak beda pada hasil di chart tangal 3 dan 8 Feb)****
>
> ** **
>
> Terimakasih.****
>
> ** **
>
> Wassalam****
>
> Agung Widodo
>
1c.

Re: Conditional Fomatting pada Chart

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Thu Feb 16, 2012 4:15 pm (PST)



Recheck di "Sent-Mail"-ku, file zipnya rusak; jangan2 lampiran yg dikirim
memang file rusak.
Berikut ini disusulkan file xlsx - nya saja..

[image: Inline image 1]

Tks,
*o'Seno*

2012/2/17 o' Seno <ontoseno84@gmail.com>

> Beginikah yg mas Agung kehendaki ? :

yg diKERJAIN itu bukan CHARTnya, (bikin pusing) tapi TABELnya !!
> ( detil: lihat di sheets lampiran..)
>
> *o'Seno*
>
>
1d.

Re: Conditional Fomatting pada Chart

Posted by: "agung_widodo@sanyo.com" agung_widodo@sanyo.com

Thu Feb 16, 2012 8:24 pm (PST)



Matur Nuwun Pak Seno...

Objective tercapai

Wassalam
Agung Widodo

________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of o' Seno
Sent: Friday, February 17, 2012 7:15 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Conditional Fomatting pada Chart

Recheck di "Sent-Mail"-ku, file zipnya rusak; jangan2 lampiran yg dikirim memang file rusak.
Berikut ini disusulkan file xlsx - nya saja..

[cid:image001.jpg@01CCED65.9F75D080]

Tks,
o'Seno

2012/2/17 o' Seno <ontoseno84@gmail.com<mailto:ontoseno84@gmail.com>>
Beginikah yg mas Agung kehendaki ? :
yg diKERJAIN itu bukan CHARTnya, (bikin pusing) tapi TABELnya !!
( detil: lihat di sheets lampiran..)

o'Seno

1e.

Re: Conditional Fomatting pada Chart

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Thu Feb 16, 2012 9:05 pm (PST)



Sami-sami Mas agung,

ee.. ternyata prosesnya belum selesai, yaitu jika Data-Series <MIN
dan/atau >MAX
*l**ebih dari 1 item* *(=**Result yg nilainya dibawah Min Std (atau yg
nilalinya diatas MAX Std ada *
*lebih dari 1)* maka diantara dua titik "Merah" ataupun dua titik "Kuning"
= ada garis lain,
jadi jelek sekali...

Untuk menghilangkannya; perlu sedikit sentuhan lagi:
Klik Dot "Merah" > Format Data Series (muncul dialoqBox 'Format Data
Series)
Pada Tab *Line Color* >> pilih: *NO LINE*
Ulangi hal yg sama terhadap data series "Kuning"

[image: Inline image 1]

best regards,
*o'Seno*

2012/2/17 <agung_widodo@sanyo.com>

> **
>
> Matur Nuwun Pak Seno…
>
> Objective tercapai****
>
> ** **
>
> Wassalam****
>
> Agung Widodo****
>
> **
>
**
> *From: belajar-excel@yahoogroups.com On Behalf Of o' Seno
> Sent: Friday, February 17, 2012 7:15 AM
> Recheck di "Sent-Mail"-ku, file zipnya rusak; jangan2 lampiran yg dikirim
> memang file rusak.
> Berikut ini disusulkan file xlsx - nya saja..
> *
>
2a.

Mohon bantuan rumus

Posted by: "Rizal Efendi" kilinapik@yahoo.co.id   kilinapik

Thu Feb 16, 2012 3:51 am (PST)




kepada rekan-rekan di XL-mania

saya memiliki sebuah permasalahan dalam rumus excel. adapun masalah tersebut adalah :
1. pada sheet BKU terdapat pencatatan terhadap bukti penerimaan dan pengeluaran
2. namun pada sheet objek terdapat masalah yg tidak dapat saya pecahkan yaitu dengan menggunakan keiteria nomor akun maka kita dapat mengisi secara otomatis nomor, tanggal dan jenis belanja pengeluaran pada kolom masing-masing.

mohon bantuan para pakar XL-mania untuk mmbantu sya.
bersama ini saya lampirkan filenya.

Sent from Yahoo! Mail on Android

2b.

Re: Mohon bantuan rumus

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Thu Feb 16, 2012 11:39 am (PST)



Wadauw... ini pertanyaan untuk rekan-rekan "di toko sebelah" kok masuk ke
sini yah?
Jangan-jangan Cross-Posting ! (bisa kena tilang) Mudah2an hanya salah
tulis saja..
Mas Rizal... Anda sedang berada di *Milis BeExcel (belajar-excel)* jangan
kelèru !!

Jawabannya Mungkin begini, kemungkinan besar = salah, lha wong saya sulit
menangkap arti pertanyaannya..
Gak ada "contoh HASIL yg DIINGINKEN sih..."

[image: Inline image 1]

Formula ditulis di *sheet Objek*

- Kolom A (cell A20)

=INDEX(TabelBKU,MATCH($A19,KdRek,0),2)

- Kolom C (cell C20)

=INDEX(TabelBKU,MATCH($A19,KdRek,0),1)

- Kolom D (cell D20)

=IF(INDEX(TabelBKU,MATCH($A19,KdRek,0),8)=D$14,INDEX(TabelBKU,MATCH($A19,KdRek,0),6),0)

- Kolom E (cell E20)

=IF(INDEX(TabelBKU,MATCH($A19,KdRek,0),8)=E$14,INDEX(TabelBKU,MATCH($A19,KdRek,0),6),0)

- Kolom F (cell F20)

=IF(INDEX(TabelBKU,MATCH($A19,KdRek,0),8)=F$14,INDEX(TabelBKU,MATCH($A19,KdRek,0),6),0)

*TabelBKU * adalah NamaRange A13:H30 di sheet BKU
*KdRek * adalah NamaRange D13:D30 di sheet BKU.

*Semprul..Ki!*

*2012/2/16 Rizal Efendi <kilinapik@yahoo.co.id>*
> *> kepada rekan-rekan di XL-mania*
> *> saya memiliki sebuah permasalahan dalam rumus excel. adapun masalah
> tersebut adalah :*
> *> 1. pada sheet BKU terdapat pencatatan terhadap bukti penerimaan dan
> pengeluaran*
> *> 2. namun pada sheet objek terdapat masalah yg tidak dapat saya
> pecahkan yaitu *
> *> dengan menggunakan keiteria nomor akun maka kita dapat mengisi secara
> otomatis nomor, *
> *> tanggal dan jenis belanja pengeluaran pada kolom masing-masing.*
> *> mohon bantuan para pakar XL-mania untuk mmbantu sya.*
> *> bersama ini saya lampirkan filenya.*
> >
>
*
*
3a.

Re: Bagaimana rumusnya

Posted by: "Agus Ramiyanto" aramiyanto@gmail.com

Thu Feb 16, 2012 9:42 am (PST)



Bener2 sesuai dengan namanya Semprul. He 3
Terima kasih terima kasih terima kasih.

Agus R

From: belajar-excel@yahoogroups.com
On Behalf Of Ki Semprul
Sent: Thursday, February 16, 2012 13:43

lampiran..
tidak harus dipakai, just ingin bilang bahwa rumus tsb (dienter dgn Ctrl + Shift, Enter) tidak ngaco....)

start
=MIN(IF(F20:Q20 > 0, $F$16:$Q$16))

dan:
finish:
=EOMONTH(MAX(IF(F20:Q20 > 0, $F$16:$Q$16)), 0)
Kedua-nya adalah Array Formula ! sekali lagi: Array Formula

4a.

Re: ask : mewarnai data menggunakan data validation

Posted by: "deni ramdhani" alkuninjaniy@yahoo.com   alkuninjaniy

Thu Feb 16, 2012 5:39 pm (PST)



Terima kasih pak Ki Semprul atas bantuannya, semua yang ditanyakan telah terjawab. hebatnya bapak bisa mengerti apa yang saya tanyakan(meskipun pertanyaannya kurang tepat redaksinya) sehingga jawabannya tepat. Sekali lagi makasih Pak juga team BELAJAR-EXCEL...kayaknya akan ada banyak pertanyaan ttg excel nih pak kedepannya...:)

>________________________________
> From: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Thursday, February 16, 2012 1:55 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] ask : mewarnai data menggunakan data validation
>
>
>Sumpah pocong deh sayah tidak tahu maksud kalimat ini soalnya pakai "Tertentu",
>itu kan hanya di ketahui di deni sendiri ??  lha.. orang lain disuruh nebak ?? ya sulit lah Nak Deni...
>
>
>>> jika saya klik data validation di (sel V6)
>>> maka ditampilkan secara otomatis warna tertentu yang mewakili makna tertentu 
>>> dari sel (B6:X6).
>
>
>dan SYARAT nya : warna "ditampilkan" ketika "data validation" di KLIK saja,
>dimana ditampilkannya ?
>apakah setelah dilepas Kliknya lantas dikehendaki warna hilang ??) 
>
>
>Baiklah kita permudah saja: Jika suatu cell di kolom V (missal V6) berisi Kata Tertentu (
>entah dengan cara diketik maupun dipilih dari DropDownList..) >> diinginkan menyebabkan Barisnya berwarna tertentu ! 
>
>
>kata jelasnya:
>Jika Cell V6 = "Pending" maka baris B6:X6 otomatis berwarna Coklat Muda
>Jika Cell V6 = "Open" maka baris B6:X6 otomatis berwarna Coklat Kuning
>dst.
>
>
>Begitu - kah ??
>
>
>
>
>
>
>
>Kalau benar keinginannya spt itu, Gunakan Fitur  Conditional Format
>Di Excel 2007 Conditional Format ada di Tab: HOME > Group: Styles 
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>Klik > Pilih Rules Manager > New Rules, 
>Sebelum mengaplikasikan Conditional Formatting, Range B6:X29 harus sudah di blok / select !
>
>
>
>
>
>
>lalu atur seperti di atas
>karena status ada 4 item, maka rurles-nya jug aharus dibuat 4 "biji" !
>
>
>cmiiw....
>Semprul Ki!
>
>
>
>
>
>2012/2/16 deni ramdhani <alkuninjaniy@yahoo.com>
>>
>> bismillah,,
>> terlampir data tabel, yang mana saya menghendaki bahwa jika saya klik data validation di (sel V6)maka ditampilkan secara otomatis warna tertentu yang mewakili makna tertentu dari sel (B6:X6)..sebagai tambahan saya baru belajar excel, jadi tdk mengerti mengenai VBA/makro dst, jadi saya sangat berharap temen2 memberikan solusi dalam bentuk formula..terima kasih ats bantuannya...
>
>
>
>
5a.

Re: Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera

Posted by: "Yan Novianto" yan.novianto@yahoo.com   yan.novianto

Thu Feb 16, 2012 5:39 pm (PST)



Dear P Hendrik,

Terimakasih untuk File yang sudah di kirimkan,

Akan tetapi saya dalam macro tersebut artinya hanya bisa di gunakan 1 kali pake saja, jadi kalo misalnya habis di jalankan macro yang bapak buat kemudian di ubah value settingnya salah satu menjadi Count lagi,

Dan kemudian saya jalankan macro yang P Hendrik buat maka akan muncul peringatan seperti ini :

Error Macro.png

Mungkin ada cara yang lebih Fleksibel, sehingga jika tampilan data nya tidak seperti yang ada saja ( jika di pakai untuk pivot yang lain bisa merubah field setting dari COUNT menjadi SUM atau sebaliknya.

Jadi seperti hanya BLOK DATA YANG DIINGINKAN PILIH SESUAI YANG DI KEHENDAKI DAN MENJADI SEPERTI YANG DI HARAPKAN ( COUNT->SUM atau sebaliknya) bak kita mengucapkan "SIMSALABIM ABRA GEDABRA" J

Maaf Pak Hendrik, karena pengetahuan say apun juga masih sedikit, sehingga banyak bertanya.

Semoga dalam milis ini saya menemukan JURUS RAHASIA untuk memecahkan masalah saya.

Mungkin ada dari member lain yang mungkin bisa memberikan solusi untuk ini.

Terimakasih.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: Wednesday, February 15, 2012 9:57 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Fw: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi

Maaf, lampirannya ketinggalan.

Salam,

Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 21:55
Subject: Re: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi

Coba dengan Macro, dengan memanfaatkan Event Worksheet (BeforeDoubleClick).

Salam,

Hendrik

_____

From: "yan.novianto@yahoo.com" <yan.novianto@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 16:52
Subject: Re: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi

Dear pak hendrik,
Maaf pak, yg saya tanyakan adalah field seetingnya (jadi bukan merubah "tampilan" sehingga pasti beda jika field settingnya berupa sum/count/avg/max/ min, seperti terlampir dalam file gambar

Mohon di bantu
Salam

Yan Novianto
Phone: 085234345667 ®

-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com <mailto:hendrikkarnadi%40yahoo.com> >
Date: Wed, 15 Feb 2012 00:38:41

Kalau cuma masalah judul, pakai Find and Replace(Ctrl F) saja.
Salam,
Hendrik

5b.

Re: Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Thu Feb 16, 2012 9:41 pm (PST)



Dear Yan Novianto,
Untuk sementara saya coba buat berdasarkan rekaman dimana PivotFields yang akan diupdate (dari Count ke Sum atau sebaliknya) sudah ditentukan terlebih dahulu.

Looping untuk Pivotnya mungkin bisa dibantu oleh para Pakar PivotTable.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Yan Novianto <yan.novianto@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 17 February 2012, 5:23
Subject: RE: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi


 
Dear P Hendrik,
 
Terimakasih untuk File yang sudah di kirimkan,
 
Akan tetapi saya dalam macro tersebut artinya hanya bisa di gunakan 1 kali pake saja, jadi kalo misalnya habis di jalankan macro yang bapak buat kemudian di ubah value settingnya salah satu menjadi Count lagi,
Dan kemudian saya jalankan macro yang P Hendrik buat maka akan muncul peringatan seperti ini :
 
 
Mungkin ada cara yang lebih Fleksibel, sehingga jika tampilan data nya tidak seperti yang ada saja ( jika di pakai untuk pivot yang lain bisa merubah field setting dari COUNT menjadi SUM atau sebaliknya.
Jadi seperti hanya BLOK DATA YANG DIINGINKAN PILIH SESUAI YANG DI KEHENDAKI DAN MENJADI SEPERTI YANG DI HARAPKAN ( COUNT->SUM atau sebaliknya) bak kita mengucapkan "SIMSALABIM ABRA GEDABRA" J
 
Maaf Pak Hendrik, karena pengetahuan say apun juga masih sedikit, sehingga banyak bertanya.
Semoga dalam milis ini saya menemukan JURUS RAHASIA untuk memecahkan masalah saya.
 
Mungkin ada dari member lain yang mungkin bisa memberikan solusi untuk ini.
 
 
Terimakasih.
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of hendrik karnadi
Sent: Wednesday, February 15, 2012 9:57 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Fw: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi
 
 
Maaf, lampirannya ketinggalan.
 
Salam,
Hendrik Karnadi
 
----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 21:55
Subject: Re: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi
 
Coba dengan Macro, dengan memanfaatkan Event Worksheet (BeforeDoubleClick).
 
Salam,
Hendrik
 

________________________________

From:"yan.novianto@yahoo.com" <yan.novianto@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 16:52
Subject: Re: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi
 
 
Dear pak hendrik,
Maaf pak, yg saya tanyakan adalah field seetingnya (jadi bukan merubah "tampilan" sehingga pasti beda jika field settingnya berupa sum/count/avg/max/ min, seperti terlampir dalam file gambar

Mohon di bantu
Salam

Yan Novianto
Phone: 085234345667 ®

-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Date: Wed, 15 Feb 2012 00:38:41

Kalau cuma masalah judul, pakai Find and Replace(Ctrl F) saja.
Salam,
Hendrik
 
 
6.

MEMBUKA DATA PADA SHEET

Posted by: "Henry Sitohang" henrysitohang@yahoo.com   henrysitohang

Thu Feb 16, 2012 11:36 pm (PST)



Para Exceller,
Saya punya data seperti terlampir. 
Pertanyaan saya, bagaimana membuka workbook seperti pada sheet data yang ter sembunyi
Terima kasih atas bantuannya
 

________________________________
Henry Norris Sitohang
Mail : henrysitohang@yahoo.com
          henrysitohang@ovi.com
  henry@sitohang.org
Mobile : 081384056896
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Resources and tips

for parents

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar