Senin, 20 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1519

Messages In This Digest (17 Messages)

Messages

1a.

Re: sekali isi tabel, tabel lain di file lain otomatis terisi

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Sun Feb 19, 2012 1:20 am (PST)



Berhubung *B6:E18* sudah dibuat menjadi tabel AbNormal; yaitu dng
di-Mergednya cells di
kolom TEAM. Kita tidak akan melirik maupun menggunakan: blok data yg berupa
Meged
Cells tsb.

" Kan kucari jalan lain" ' tuk membuat FORMULA tanpa melibatkan Kolom Team.

*=INDEX($C$7:$E$18, FLOOR(MATCH($G7,$C$7:$C$18,0),6)+1,
MATCH(H$6,$C$6:$E$6,0) )*

Monggo dianalisis sendiri apa arti Argument ke 2 : FLOOR(
MATCH($G7,$C$7:$C$18,0),6)+1

Sepertinya, di situ dia bertugas: mengubah AngkaPosisiUrutan NamaTrainer(?)
jika: Angka_PosisiUrutan ada di rentang 1 sd 6, harus menjadi 1
jika: Angka_PosisiUrutan ada di rentang 7 sd 12, harus menjadi 7
jika: Angka_PosisiUrutan ada di rentang 13 sd 19, harus menjadi 13, dst
(seandainya data TEAM-TEAM berikutnya masih ada..)

*o'Seno*

*
2012/2/18 Himawan Kunaifi <h_w42n@yahoo.com>
>
> mohon bantuanya nih, bagaimana ya caranya mengisi tabel dengan kriteria
> tertentu sehingga tabel lain yang ada di file lain dengan informasi yang
> sama otomatis terisi sehingga tidak perlu mengisi ulang file yang lain,
*
1b.

Re: sekali isi tabel, tabel lain di file lain otomatis terisi

Posted by: "Himawan Kunaifi" h_w42n@yahoo.com   h_w42n

Sun Feb 19, 2012 11:24 am (PST)



Dear Pak Ghozi Alkatiri,
Terimakasih banyak atas informasi dan solusinya … J

Salam, Himawan


From: belajar-excel@yahoogroups.com On Behalf Of ghozi alkatiri
Sent: Sunday, February 19, 2012 6:46 AM

tulis formula di H7 copy ke seluruh sel lainnya

=INDEX($C$7:$E$18;MATCH(TRUNC(MATCH($G7;$C$7:$C$18;0)/ROWS($B$7:$B$12))+1;$B$7:$B$18;0);MATCH(H$6;$C$6:$E$6;0))

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sab, 18/2/12, Himawan Kunaifi <h_w42n@yahoo.com> menulis:
Dear Para Master,
mohon bantuanya nih, bagaimana ya caranya mengisi tabel dengan kriteria tertentu sehingga tabel lain yang ada di file lain dengan informasi yang sama otomatis terisi sehingga tidak perlu mengisi ulang file yang lain,

mohon pencerahanya ...

1c.

Re: sekali isi tabel, tabel lain di file lain otomatis terisi

Posted by: "Himawan Kunaifi" h_w42n@yahoo.com   h_w42n

Sun Feb 19, 2012 11:24 am (PST)



Dear Pak o'Seno,

Terimakasih banyak atas informasi dan solusinya, dengan banyak pilihan semakin menambah pengetahuan saya mengenai exel … J

Salam, Himawan

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of o' Seno
Sent: Sunday, February 19, 2012 4:20 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] sekali isi tabel, tabel lain di file lain otomatis terisi

Berhubung B6:E18 sudah dibuat menjadi tabel AbNormal; yaitu dng di-Mergednya cells di

kolom TEAM. Kita tidak akan melirik maupun menggunakan: blok data yg berupa Meged

Cells tsb.

" Kan kucari jalan lain" ' tuk membuat FORMULA tanpa melibatkan Kolom Team.

=INDEX($C$7:$E$18, FLOOR(MATCH($G7,$C$7:$C$18,0),6)+1, MATCH(H$6,$C$6:$E$6,0) )

Monggo dianalisis sendiri apa arti Argument ke 2 : FLOOR(MATCH($G7,$C$7:$C$18,0),6)+1

Sepertinya, di situ dia bertugas: mengubah AngkaPosisiUrutan NamaTrainer(?)

jika: Angka_PosisiUrutan ada di rentang 1 sd 6, harus menjadi 1

jika: Angka_PosisiUrutan ada di rentang 7 sd 12, harus menjadi 7

jika: Angka_PosisiUrutan ada di rentang 13 sd 19, harus menjadi 13, dst

(seandainya data TEAM-TEAM berikutnya masih ada..)

o'Seno

2012/2/18 Himawan Kunaifi <h_w42n@yahoo.com>
>
> mohon bantuanya nih, bagaimana ya caranya mengisi tabel dengan kriteria
> tertentu sehingga tabel lain yang ada di file lain dengan informasi yang
> sama otomatis terisi sehingga tidak perlu mengisi ulang file yang lain,

1d.

Re: sekali isi tabel, tabel lain di file lain otomatis terisi

Posted by: "Himawan Kunaifi" h_w42n@yahoo.com   h_w42n

Sun Feb 19, 2012 5:29 pm (PST)



Dear Pak Ghozi Alkatiri,

Ketika anggota team terisi full yaitu 5 orang, pada anggota paling bawah, isiaan yang di hasilkan tidak sesuai dengan data acuan,

Mohon pencerahanya Pak …

Salam, Himawan

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of ghozi alkatiri
Sent: Sunday, February 19, 2012 6:46 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] sekali isi tabel, tabel lain di file lain otomatis terisi

tulis formula di H7 copy ke seluruh sel lainnya

=INDEX($C$7:$E$18;MATCH(TRUNC(MATCH($G7;$C$7:$C$18;0)/ROWS($B$7:$B$12))+1;$B$7:$B$18;0);MATCH(H$6;$C$6:$E$6;0))

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sab, 18/2/12, Himawan Kunaifi <h_w42n@yahoo.com> menulis:

Dari: Himawan Kunaifi <h_w42n@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] sekali isi tabel, tabel lain di file lain otomatis terisi
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Sabtu, 18 Februari, 2012, 8:40 PM

Dear Para Master,

mohon bantuanya nih, bagaimana ya caranya mengisi tabel dengan kriteria
tertentu sehingga tabel lain yang ada di file lain dengan informasi yang
sama otomatis terisi sehingga tidak perlu mengisi ulang file yang lain,

mohon pencerahanya ...

2a.

Re: Array isi folder ke list box

Posted by: "Group Keren" keren_group@yahoo.com   keren_group

Sun Feb 19, 2012 1:55 am (PST)



Bu, list box nya kok kosong ya ?

Maaf Bu, saya tidak kenal dengan pak Rahmat pemilik kasus.
Type File yg ingin saya buka adalah XLS dan XLSX.

________________________________
From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Sent: Sunday, February 19, 2012 1:56 AM

LHO !!
Pertanyaan / keinginan tahu - ku ("type FLIE yg akan Anda buka = XLS kah? atau Sembarang FILE")
tidak dijawab, malah tanya lagi , piye to iki ??
ya 'dah g p p.... :(
Oiya, mungkin mas Keren Group ini = BUKAN pak Rahmat Sadikin /pemilik kasus..

(1)
PATH yg anda kehendaki ditulis langsung saja secara manual (in designmode)
di property CAPTION milik object Label bernama Lb_Path

(2)
Module standar dibuang saja

(3)
Listing code ditulis di module userform (sekarang hanya 3 prosedur)

Private Sub UserForm_Initialize()
Label3 = ""
Dim FSO As Object, Fls As Object, F As Object
On Error GoTo Akhir
Set FSO = CreateObject("Scripting.FileSystemObject")
Set Fls = FSO.GetFolder(Lb_Path).Files
ListBox1.Clear
For Each F In Fls
ListBox1.AddItem F.Name
Next
Akhir:
CommandButton2.Enabled = False
End Sub

Private Sub CommandButton2_Click()
On Error Resume Next
Workbooks.Open Filename:=Lb_Path & "\" & Label3
End Sub

Private Sub ListBox1_Click()
Dim i As Integer
Label3 = ""
CommandButton2.Enabled = False
With ListBox1
For i = 0 To .ListCount - 1
If .Selected(i) = True Then
Label3 = .List(i)
Exit For
End If
Next i
End With
If Not Label3 = "" _
Then CommandButton2.Enabled = True
End Sub

2012/2/18 Group Keren <keren_group@yahoo.com>
> kalau boleh tanya lagi, apakah bisa Lb_Path sudah ada di userform tanpa perlu browse lagi,
> dan di list box sudah ada file-nya.

2b.

Re: Array isi folder ke list box

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Sun Feb 19, 2012 4:03 am (PST)



Berhubung suster Hapsari sedang menjenguk sodara di Ngadirejo, Temanggung
.... ( he hehe..), saya ingin mencoba memberikan tanggapan sementara..

Dlm contoh userform itu; object Label yg bernama *Lb_Path* secara
'in-Design' telah
diberi Nilai = *"D:\BAB" (pada Property CAPTION - nya) / *kehendak pemilik
kasus

File-File yg berada di *Path *inilah (jika Path tsb memang ada di PC yg
menjalankan
contoh tsb) yg akan di-List NAMA-NAMA FILES-nya (jika files nya pun ada)

Karena pak Keren tidak menginfokan hal yg berhubungan dengan ini, *kami
ingin *
*penegasan:*
*Apakah komputer yg pak Keren gunakan untuk menjalankan contoh tsb *
*TERDAPAT path D:\BAB **dan di dalamnya terdapat file-file ??*
*
*
Jika salah satu jawabannya = negatip, maka wajarlah jika Listbox1 tetap
kosong,
ketika userform dibuka.
Gantilah nilai property Caption pada Lb_Path dengan text yg menggambarkan
Path
yg memang ada di PC Bapak.

Jaka dua jawaban = positip, barulah file yg diterima (atau ada hal lain) yg
gak beres.

Yang jelas, Di komputer kami (o/s: Window XP SP2) , contoh tsb telah dicoba
berapa kali
dengan XL2003 maupun XL2007; dengan hasil spt gambar di bawah ini

[image: Inline image 1]

Oh ternyata Pak Keren bukan Pak Rahmat ya ?
atas nama suster Haps kami mohonkan maaf atas kengawurannya
mungkin dia menghungkan /menduga pak rahmat = pak keren karena di email pak
keren
ada kalimat pembuka: "terima kasih banyak atas bantuannya"

Mohon maaf jika jawaban jauh dari yg diharapkan...

*o'Seno*

*2012/2/19 Group Keren <keren_group@yahoo.com>
*
>
> * *
>
> *Bu, list box nya kok kosong ya ?
> Maaf Bu, saya tidak kenal dengan pak Rahmat pemilik kasus.
> Type File yg ingin saya buka adalah XLS dan XLSX.*
> ________________________________
> From: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> Sent: Sunday, February 19, 2012 1:56 AM
>
> LHO !!
> Pertanyaan / keinginan tahu - ku ("type FLIE yg akan Anda buka = XLS kah?
> atau Sembarang FILE")
> tidak dijawab, malah tanya lagi , piye to iki ??
> ya 'dah g p p.... :(
> Oiya, mungkin mas Keren Group ini = BUKAN pak Rahmat Sadikin /pemilik
> kasus..
>
> (1)
> PATH yg anda kehendaki ditulis langsung saja secara manual (in designmode)
> di property CAPTION milik object Label bernama Lb_Path
> (2)
> Module standar dibuang saja
> (3)
> Listing code ditulis di module userform (sekarang hanya 3 prosedur)
>
> Private Sub UserForm_Initialize()
> Label3 = ""
> Dim FSO As Object, Fls As Object, F As Object
> On Error GoTo Akhir
> Set FSO = CreateObject("Scripting.FileSystemObject")
> Set Fls = FSO.GetFolder(Lb_Path).Files
> ListBox1.Clear
> For Each F In Fls
> ListBox1.AddItem F.Name
> Next
> Akhir:
> CommandButton2.Enabled = False
> End Sub
>
>
3a.

Re: Sheet terisi secara otomatis pada saat input sheet yang lain

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Sun Feb 19, 2012 2:31 am (PST)



Lho ??? Kok bisa persis ya dengan kasus maupun tabel yg pernah ditanyakan
beberapa hari yang lalu ??! Heran..

Hanya saja pada case ini pak Depi TIDAK berkenan menjelaskan "SUMMARY"
model seperti apa yg dikehendaki ..(sulit menjawabnya) karena dlm lampiran
tidak ada setitik air penjelasan, pengobat dahaga bagi para calon penanggap..
(kasian deh pada calon penaggap..)

Inpormasi mengenai Kasus yang mirip:

Pemilik kasus:
A. Hendri Bp. Algar <mni.agush(at)-------------.com>
mungkin maksudnya = A.Hendri itu diutus oleh Bp.Algar, (he he, bercada la ya..)

Subject:
[belajar-excel] bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan

Tgl Posting:
15 Feb 2012 (4 hari y.l.)

Ada Jawaban Jawaban hari itu juga (7:57 AM), berlampiran, kayaknya si..
tidak terlalu mengecewaken...
Fungsi utama dlm solusi:
OFFSET; MATCH; SUM; dan kalau perlu IFERROR

Link milis kita di Yahoo! Groups:
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15753
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15752
( di sini tidak ada lampiran dapat diunduh )

Link di salah satu arsip milis kita / Nabble,com
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-bagaimana-membuat-rumus-Akumulasi-Penjualan-td5484080.html#a5484524
( di sini lampiran disediakan, dapat diunduh )

o'Seno

2012/2/19 depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>
> Ysh. Para Master Excel
> Salam semoga para master excel menjumpai email ini dalam keadaan prima dan sehat selalu ... Amin
> Mohon pencerahannya bagai mana jika input di suatu sheet dan summary secara otomatis terjumlah pada sheet lainnya,
> Mohon ma'af atas kesalahan tulisan dengan menggunakan huruf besar semua dan abaikan email sebelumnya.
> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
> Salam
> Dep_Har

3b.

Bls: [belajar-excel] Sheet terisi secara otomatis pada saat input sh

Posted by: "depi Hariyanto" depi.hari_yanto@yahoo.co.id   depi.hari_yanto

Sun Feb 19, 2012 8:54 pm (PST)



Ysh. Pak Seno,

mungkin lebih jelasnya pada data terlampir sebelumnya saya buat satu sheet dengan nama summary yaitu akumulasi transaksi bulanan dan tahunan. kemudian ada sheet data yang harapannya dapat terisi secara otomatis saat melakukan input pada sheet lainnya (pdam & tulip).

mohon ma'af jika penjelasannya kurang memuaskan.

salam
dep_har

________________________________
Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 19 Februari 2012 18:30
Judul: Re: [belajar-excel] Sheet terisi secara otomatis pada saat input sheet yang lain


 
Lho ??? Kok bisa persis ya dengan kasus maupun tabel yg pernah ditanyakan
beberapa hari yang lalu ??! Heran..

Hanya saja pada case ini pak Depi TIDAK berkenan menjelaskan "SUMMARY"
model seperti apa yg dikehendaki ..(sulit menjawabnya) karena dlm lampiran
tidak ada setitik air penjelasan, pengobat dahaga bagi para calon penanggap..
(kasian deh pada calon penaggap..)

Inpormasi mengenai Kasus yang mirip:

Pemilik kasus:
A. Hendri Bp. Algar <mni.agush(at)-------------.com>
mungkin maksudnya = A.Hendri itu diutus oleh Bp.Algar, (he he, bercada la ya..)

Subject:
[belajar-excel] bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan

Tgl Posting:
15 Feb 2012 (4 hari y.l.)

Ada Jawaban Jawaban hari itu juga (7:57 AM), berlampiran, kayaknya si..
tidak terlalu mengecewaken...
Fungsi utama dlm solusi:
OFFSET; MATCH; SUM; dan kalau perlu IFERROR

Link milis kita di Yahoo! Groups:
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15753
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15752
( di sini tidak ada lampiran dapat diunduh )

Link di salah satu arsip milis kita / Nabble,com
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-bagaimana-membuat-rumus-Akumulasi-Penjualan-td5484080.html#a5484524
( di sini lampiran disediakan, dapat diunduh )

o'Seno

2012/2/19 depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>
> Ysh. Para Master Excel
> Salam semoga para master excel menjumpai email ini dalam keadaan prima dan sehat selalu ... Amin
> Mohon pencerahannya bagai mana jika input di suatu sheet dan summary secara otomatis terjumlah pada sheet lainnya,
> Mohon ma'af atas kesalahan tulisan dengan menggunakan huruf besar semua dan abaikan email sebelumnya.
> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
> Salam
> Dep_Har

3c.

Re: Sheet terisi secara otomatis pada saat input sheet yang lain

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Sun Feb 19, 2012 9:48 pm (PST)



Apakah Bapak SUDAH membuka lampiran yg ada dlm Link yg kami berikan di
email kemarin ??
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15854

Maaf ya pak, Agak aneh juga cara bapak ber email-ria, ..: setelah diberi
Link: yg jelas, dan
diindikasikan berisi JAWABAN yg bapak butuhkan, bapak tidak mengabarkan
bahwa
SUDAH/BELUM BUKA Links maupun LAMPIRAN workbook yg ada didalamnya. tetapi
tetap
mempertanyakan kasusnya yg minim penjelasan ..

Kami menyarankan:
Bukalah links kasus Hendri itu; unduh lampirannya; buka dan BACA dulu
workbook lampiran
yg bernama TES-CEK-PENJUALAN-2011 (sum OFFSET - iHaps).xlsx (141K)
Baca juga emails/posting tanya-jawab yg mengantarkan workbook tsb,

Jika ternyata LAIN-SAMA-SEKALI dengan kasus Bapak, kembalilan ke sini
dengan menambah informasi mengenai kasus yg diajukan:

misal :
- istilah "terisi otomatis" itu apa yg harus diisikan (hasil penjumlahan,
pengalian, pengurangan
atau operasi lain, apakah ada kriterianya,
jika perlu diberikan beberapa contoh hasil data (yg anda buat scr manual)
( ini cara standar tanya-jawab yg melibatkan data di sheet excel )

Sebagai *pembanding inti kasus*:
Pada kasus Hendri masalahnya dijelaskan dengan cukup jelas:
*ingin manjumlah data bilangan dari kolom JANUARI (1) sampai Kolom ke X
dimana X adalah nilai suatu cell (kriteria) yg dapat diubah-ubah 1 s/d
12 (nilai Bulan)*
(lihat juga kasus di toko sebelah:
http://tech.groups.yahoo.com/group/XL-mania/message/19971
disitu hari ini, ki Semprul memberikan 6 pilihan formula utk 1 kasus yg
sama...yg mirip dg
kasus Bapak)

*o'Seno*

2012/2/20 depi Hariyanto <depi.hari_yanto@yahoo.co.id>

> **
> Ysh. Pak Seno,
> mungkin lebih jelasnya pada data terlampir sebelumnya saya buat satu sheet
> dengan nama summary yaitu akumulasi transaksi bulanan dan tahunan. kemudian
> ada sheet data yang harapannya dapat terisi secara otomatis saat melakukan
> input pada sheet lainnya (pdam & tulip).
>
> mohon ma'af jika penjelasannya kurang memuaskan.
>
> salam
> dep_har
>
> ------------------------------
> *Dari:* o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
> *Dikirim:* Minggu, 19 Februari 2012 18:30
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Sheet terisi secara otomatis pada saat input
> sheet yang lain
>
>
Inpormasi mengenai Kasus yang mirip:
>
> Pemilik kasus:
> * A. Hendri Bp. Algar* <mni.agush(at)-------------.com>
> mungkin maksudnya = A.Hendri itu diutus oleh Bp.Algar, (he he, bercada la
> ya..)
>
> Subject:
> [belajar-excel] bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan
>
> Tgl Posting:
> 15 Feb 2012 (4 hari y.l.)
>
> Ada Jawaban Jawaban hari itu juga (7:57 AM), berlampiran, kayaknya si..
> tidak terlalu mengecewaken...
> Fungsi utama dlm solusi:
> OFFSET; MATCH; SUM; dan kalau perlu IFERROR
>
> Link milis kita di Yahoo! Groups:
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15753
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15752
> ( di sini tidak ada lampiran dapat diunduh )
>
> Link di salah satu arsip milis kita / Nabble,com
>
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-bagaimana-membuat-rumus-Akumulasi-Penjualan-td5484080.html#a5484524
> ( di sini lampiran disediakan, dapat diunduh )
>
> o'Seno
>
>
4a.

Bls: [belajar-excel] memotong motong database

Posted by: "Rahmat Sadikin" sadikinr19@yahoo.co.id   sadikinr19

Sun Feb 19, 2012 11:29 am (PST)



Bu, kalau data-nya tunggal mungkin bisa diselesaikan dengan formula excel.
apakah untuk data berikut ini bisa diselesaikan oleh Coding VB ???
kalau bisa tolong info-kan codingnya.

Thanks

________________________________
Dari: i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 30 Januari 2012 0:01
Judul: Re: [belajar-excel] memotong motong database


 
Wassalamualailkum Wr Wb..

(maaf kalimat pertama / 'salam'nya saya hilangkan dengan sengaja 
karena disingat dengan singkatan yg saya ndak tega membacanya...!
sekali sekali buka kamus inggris - indonesia la....

btw; 
ADA !
Jika ingin tetap bermakro ria berikut ini salah satu alternatip VBA-coding nya

Private Sub PemisahanByMaxBatas( _
            MaxBatas As Double, CounterA As Long, _
            CounterZ As Long, nStep As Integer)
   ' coded by: iHaps / ref: BeExcelCase #15459
   '-----------------------------------------------
   Dim Batas As Double, Ambang As Double
   Dim N As Long, R1 As Long, R2 As Long, C As Integer
   
   For N = CounterA To CounterZ Step nStep
      Batas = Batas + dTabel(N, 5)
      If Batas <= MaxBatas Then
         R1 = R1 + 1
         For C = 1 To dTabel.Columns.Count
            Hasil1(R1, C) = dTabel(N, C)
         Next C
      Else
         '----- transisi 1 -------------
         If R2 = 0 Then
            If (Batas - dTabel(N, 5)) < MaxBatas Then ' <<--
               R1 = R1 + 1
               For C = 1 To dTabel.Columns.Count - 1
                  Hasil1(R1, C) = dTabel(N, C)
               Next C
               Ambang = dTabel(N, 5) - Batas + MaxBatas
               Hasil1(R1, 5) = Ambang
            End If
         End If
         '------end of transisi 1 -------
         R2 = R2 + 1
         '----- transisi 2 --------------
         If R2 = 1 Then
            For C = 1 To dTabel.Columns.Count - 1
               Hasil2(R2, C) = dTabel(N, C)
            Next C            
            Hasil2(R2, 5) = dTabel(N, 5) - Ambang
         '----- end of transisi 2 -------
         Else
            For C = 1 To dTabel.Columns.Count
               Hasil2(R2, C) = dTabel(N, C)
            Next C
         End If
      End If
   Next N
End Sub

2012/1/29 Rahmat Sadikin <sadikinr19@yahoo.co.id>
Para Senior Excel.
>
>apakah ada kode makro untuk mengambil database dengan syarat jumlah yg kita tentukan ?
>kalau tolong pentnujuk karena pekerjaan manual menyita waktu.
>thk
>
>
5a.

Re: VBA - Pemisahan data dengan banyak kondisi

Posted by: "vw" cuma.milis@gmail.com

Sun Feb 19, 2012 11:40 am (PST)



terima kasih mr. Kid,
penjelasannya sangat berguna...

sekalian belajar..
bagaimana cara menjatuhkannya di macro,
misal :

Sub rumus()

Sheets("DATA").Range("AI1").Value =
"=IF(-J2,IF(L2<>"X",IF(K2>0,"Faktur Pajak Normal",IF((K2<0)*J2,"Nota
Retur","Faktur Pajak Batal")),"Invoice
Pendukung"),IF(J2,IF(K2,"masih","bingung"),"Invoice Belum Proses"))
End Sub

akan error karena masalah penggunaan tanda ", tapi rumus IF nya
sendiri membutuhkan tanda " untuk eksekusi nya. bila dikasih tanda &
akan jadi butuh penjelasan tentang X.

On 2/18/12, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
> 1. data pada tabel kolom tersebut memiliki tipe data text walau tampaknya
> berisi angka. Karena isinya adalah teks angka, maka operasi matematis akan
> mengubah tipe data dari teks menjadi numerik. Beberapa caranya adalah
> menggunakan - atau +0 atau *1 atau -0
> Kondisi pada fungsi IF akan TRUE selama bukan 0.
> Jadi, jika diharapkan kondisi <>0 maka kerjakan yang TRUE, dan kalau 0
> kerjakan yang FALSE, fungsi IF menjadi :
> =IF( -nilai_kondisi , pekerjaan_bagian_TRUE , pekerjaan_bagian_FALSE )
>
> 2. Supaya gak bingung, coba dojabarkan seperti penyusunan kriteria pada file lalu.
> Untuk menyusun formulanya, bisa disusun dalam banyak baris agar memudahkan penyusunan.
>
> Misal :
> =IF(-J2,IF(L2<>"X",IF(K2>0,"Faktur Pajak Normal",IF((K2<0)*J2,"Nota
> Retur","Faktur Pajak Batal")),"Invoice
> Pendukung"),IF(J2,IF(K2,"masih","bingung"),"Invoice Belum Proses"))
>
> di susun multi baris menjadi :
> =IF( -J2 ,
> IF( L2<>"X" ,
> IF( K2>0 ,
> "Faktur
> Pajak Normal" ,
> IF(
> (K2<0)*J2 ,
>
> "Nota Retur" ,
>
> "Faktur Pajak Batal"
> )
> ) ,
> "Invoice Pendukung"
> ) ,
> IF( J2 ,
> IF( K2 ,
>
> "masih","bingung"
> ) ,
> "Invoice Belum Proses"
> )
> )
>
> Maka akan tampak, bahwa :
> 1. IF level 1 (baris 1)
>>> memiliki pekerjaan bagian TRUE di baris 2 sampai 11
>>> memiliki pekerjaan bagian FALSE di baris 12 sampai 17
>>> ditutup oleh tutup kurung di baris 18
>
> 2. Pekerjaan bagian TRUE dari level 1
>>> memiliki fungsi IF level 2
> - Bagian TRUE mulai baris 3 sampai baris 9
> - bagiab false mulai baris 10 saja.
> dst
>
> Kid.

5b.

Re: VBA - Pemisahan data dengan banyak kondisi

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Feb 19, 2012 2:08 pm (PST)



Hai Vega,

Pasang formula pada suatu range dengan VBA :
sheets("nama sheet").range( "a2:a717" ).formula = "formulanya di baris 2
karena range yang diberi formula mulai baris 2"

Contoh :
Sheets("DATA").Range("ai2:ai717")*.formula* = *_*
*"*=IF(-J2,IF(L2<>""X"",IF(K2>0,""Faktur Pajak Normal"",IF(*" & _ *
*"*(K2<0)*J2,""Nota Retur"",""Faktur Pajak Batal"")*" & _*
*"*),""Invoice Pendukung"")*" & _ *
*"*,IF(J2,IF(K2,""masih"",""bingung""),""Invoice Belum Proses""))*"*

1. Menuliskan " dalam suatu input berupa data string menggunakan ""
2. Pada kalimat perintah yang panjang sekali, buatlah menjadi multiline
dengan menggunakan underscore.
3. Penggabungan data string dapat menggunakan karakter &
4. Hati-hati terhadap merged cell pada penggunaan properti *Formula* milik
object range.
5. Ikuti dengan perintah calculate pada sheet ( *misal :
*Sheets("DATA").calculate
) jika ada kemungkinan setting calculation Excel diubah-ubah ke selain
xlAutomatic.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

On Mon, Feb 20, 2012 at 02:18, vw <cuma.milis@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> terima kasih mr. Kid,
> penjelasannya sangat berguna...
>
> sekalian belajar..
> bagaimana cara menjatuhkannya di macro,
> misal :
>
> Sub rumus()
>
> Sheets("DATA").Range("AI1").Value =
>
> "=IF(-J2,IF(L2<>"X",IF(K2>0,"Faktur Pajak Normal",IF((K2<0)*J2,"Nota
> Retur","Faktur Pajak Batal")),"Invoice
> Pendukung"),IF(J2,IF(K2,"masih","bingung"),"Invoice Belum Proses"))
> End Sub
>
> akan error karena masalah penggunaan tanda ", tapi rumus IF nya
> sendiri membutuhkan tanda " untuk eksekusi nya. bila dikasih tanda &
> akan jadi butuh penjelasan tentang X.
>
>
> On 2/18/12, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
> > 1. data pada tabel kolom tersebut memiliki tipe data text walau tampaknya
> > berisi angka. Karena isinya adalah teks angka, maka operasi matematis
> akan
> > mengubah tipe data dari teks menjadi numerik. Beberapa caranya adalah
> > menggunakan - atau +0 atau *1 atau -0
> > Kondisi pada fungsi IF akan TRUE selama bukan 0.
> > Jadi, jika diharapkan kondisi <>0 maka kerjakan yang TRUE, dan kalau 0
> > kerjakan yang FALSE, fungsi IF menjadi :
> > =IF( -nilai_kondisi , pekerjaan_bagian_TRUE , pekerjaan_bagian_FALSE )
> >
> > 2. Supaya gak bingung, coba dojabarkan seperti penyusunan kriteria pada
> file lalu.
> > Untuk menyusun formulanya, bisa disusun dalam banyak baris agar
> memudahkan penyusunan.
> >
> > Misal :
> > =IF(-J2,IF(L2<>"X",IF(K2>0,"Faktur Pajak Normal",IF((K2<0)*J2,"Nota
> > Retur","Faktur Pajak Batal")),"Invoice
> > Pendukung"),IF(J2,IF(K2,"masih","bingung"),"Invoice Belum Proses"))
> >
> > di susun multi baris menjadi :
> > =IF( -J2 ,
> > IF( L2<>"X" ,
> > IF( K2>0 ,
> > "Faktur
> > Pajak Normal" ,
> > IF(
> > (K2<0)*J2 ,
> >
> > "Nota Retur" ,
> >
> > "Faktur Pajak Batal"
> > )
> > ) ,
> > "Invoice Pendukung"
> > ) ,
> > IF( J2 ,
> > IF( K2 ,
> >
> > "masih","bingung"
> > ) ,
> > "Invoice Belum Proses"
> > )
> > )
> >
> > Maka akan tampak, bahwa :
> > 1. IF level 1 (baris 1)
> >>> memiliki pekerjaan bagian TRUE di baris 2 sampai 11
> >>> memiliki pekerjaan bagian FALSE di baris 12 sampai 17
> >>> ditutup oleh tutup kurung di baris 18
> >
> > 2. Pekerjaan bagian TRUE dari level 1
> >>> memiliki fungsi IF level 2
> > - Bagian TRUE mulai baris 3 sampai baris 9
> > - bagiab false mulai baris 10 saja.
> > dst
> >
> > Kid.
>
>
>
6a.

Re: Mencari no urut yang hilang

Posted by: "vw" cuma.milis@gmail.com

Sun Feb 19, 2012 5:48 pm (PST)



ok, terima kasih ki,
ini yang saya cari-cari...maaf karena sudah menanyakan kasus yang
sudah pernah dibahas,
jujur saya belum buka-buka thread lama di milis ini..

akan saya pelajari yang lainnya, terima kasih.

On 2/18/12, Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com> wrote:
> Menghitung Missing Nymber
> =SUM(IF(COUNTIF(B6:B9997,ROW(1:10000)),0,1))
>
> Membuat daftar MissingNumbers
> =SMALL(IF(ISNA(MATCH(ROW(1:10000),B6:B9997,0)),ROW(1:10000)),ROW(1:8))
>
> atau
> =SMALL(IF(COUNTIF(B6:B9997,ROW(1:10000))=0,ROW(1:10000)),ROW(1:8))
>
> *Row(1:10000)* menggambarkan nomor urut yg seharusnya ada
> *Row(1:8) * sebagai argument "k" pada fungsi SMALL); angka 8 didapat dari
> rumus pertama
> (yg ternyata menghasilkan 8 nomor yg hilang)
> sengaja ditulis Row(1:8) secara manual/hard-coded, agar kalkulasi rumus
> lebih cepat selesai
>
> Ketiganya adalah ARRAY FORMULA, yaitu formula yg harus diakhiri dengan
> upacara khusus.
> Ketiga Rumus termasuk rumus "berat", maksudnya rumus yg proses kalkulasinya
> cukup lama
> terutama jika data yg dioleh cukup banyak (sepert1 10ribu data pada contoh
> yg diajukan)
>
> Kasus seperti ini sudah pernah muncul beberapa kali di milis kita;
> Lihat antara lain di links ini
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/7869
> *7872, 7884, 7919* dan
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/7926
>
> Tidak ada salahnya, jika masih haus, buka-buka kasus lama di* Web milis yg
> di Yahoo! Group*
> *mapun di Nable.com * (links-nya dapat anda baca pada footer setiap email
> dari milis)
>
> File Kompilasi Jawaban dapat diunduh di:
> http://www.box.com/shared/a1yhno3jb2
>
> hormat kami,
>
> Ki Semprul
> *(Semprul..Ki!)*
>
>
>
> *2012/2/18 vw <cuma.milis@gmail.com>
>>
>> Maaf sebelumnya, kebetulan saya lagi haus......haus ilmu excel...:),
>> jadi saya tanya lagi ke forum.
>>
>> as subject,
>> saya ada data angka dimana data tersebut seharusnya urut dari nomor 1 s/d
> 10.000, hanya saja dalam angka tersebut ada no urut yang hilang.
>> selama ini saya pakai rumus MATCH, hanya saja no urut pembanding nya saya
> buat manual dulu dari 1 s/d 10.000, baru ketemu data yang hilang tersebut.
>>
>> mohon pencerahan nya rumus selain rumus yang saya pakai selama ini, agar
> tidak membuat no urut manual dulu, tapi bisa langsung mengetahui no urut
> berapa saja yang hilang dari urutan tersebut.
>>
>> file terlampir
>>
>> vega*
>

7a.

Re: cara menggabungkan grafik

Posted by: "anggayan.widyatmoko@autoliv.com" anggayan.widyatmoko@autoliv.com   cute_ryan84

Sun Feb 19, 2012 5:48 pm (PST)



Selamat pagi pak zainul& exceler
apakah cara yg bapak ajarkan memakai excell 2003 atau 2007
karena klo saya coba aplikasikan cara bapak dari excell 2007 kok
untuk copy paste special dr kolom chart kok tidak saya temukan y?

terima kasih
BR
angga




"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" <zainul_ulum@yahoo.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
02/18/2012 03:40 PM
Please respond to
belajar-excel@yahoogroups.com


To
<belajar-excel@yahoogroups.com>
cc

Subject
RE: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik







Be-exceler
Karena ada permintaan dari penanya tentang tahapan pembuatan grafiknya,
terlampir adalah tahapan pembuatan chart yang dimaksud.

Semoga bermanfaat bagi yang lain juga.
Wassalam
-zainul-

-----Original Message-----
From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com [mailto:zainul_ulum@yahoo.com]
Sent: Saturday, February 18, 2012 11:39 AM
To: 'belajar-excel@yahoogroups.com'
Subject: RE: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik

Maaf kalo tidak sesuai Harapan.
Terlampir grafik yang sudah direvisi, semoga sesuai Harapan.
Revisinya adalah:
1. buat series dummy untuk capacity
2. atur gap width dan series overlap untuk mengatur jarak antara primary
chart dan secondary chart.

Wassalam
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of anggayan.widyatmoko@autoliv.com
Sent: Saturday, February 18, 2012 11:10 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Cc: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik

Dear pak zainul&excelers
terima kasih atas solusi yang diberikan tapi untuk grafik capacity yang
saya inginkan ada di sebelah kiri (bkn membelakangi grafik dari data 2
nama2 customer) file terlampir

[attachment "re-relocation file-Rev1(steps).xlsx" deleted by
Anggayan Widyatmoko/AID/Autoliv]


***************************************************************
Consider the environment before printing this message.

To read Autoliv's Information and Confidentiality Notice, follow this link:
http://www.autoliv.com/disclaimer.html
***************************************************************
7b.

Re: cara menggabungkan grafik

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Sun Feb 19, 2012 10:04 pm (PST)



Pak Zainul memberikan trik yang ampuh untuk membuat grafik menjadi 2 group series .

Group 1 :Ada 2 bar ( namanya Capacity ) . 1 berwarna dan satu lagi no Fill ( blank ). Sehingga Bar yang lebar , akhirnya dibuat lebih kecil ( sisi kiri ).
Sebenarnya yang satu lagi ( blank ) , ada di sisi kanan.

Group 2 :Ada tumpukan 4 bar ( Hino , Daihatus, Nissan dan Toyota ). dengan berwarna yang berbeda Sebenarnya dengan menambah series di group 1 , maka akan muncul bar , lalu setting ( format Data Series ) : 1. Fill : No Fill 2. Series Overlap , nilai -100 ( separated )3. Gap Width , di sesuaikan agar tampilan tampak bagus.

Excel yang di gunakan Pak Zainul , 2007/2010.

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: anggayan.widyatmoko@autoliv.com
Date: Mon, 20 Feb 2012 08:33:48 +0700
Subject: RE: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik

Selamat pagi pak zainul& exceler
apakah cara yg bapak ajarkan memakai
excell 2003 atau 2007
karena klo saya coba aplikasikan cara
bapak dari excell 2007 kok
untuk copy paste special dr kolom chart
kok tidak saya temukan y?
terima kasih
BR
angga

8a.

Bisakah Fungsi Vlookup mencari pada banyak Kolom Target ?

Posted by: "miftahuddin ahimy" miftah_bsd@yahoo.co.id   miftah_bsd

Sun Feb 19, 2012 10:16 pm (PST)



=====================================================
Mods Note:
LAMPIRAN" Book1 - Copy (3).xlsx 632K
terlalu besar (peraturan milis: max 250 KB)
mohon di susulkan versi yg sudah di perkecil
Mohon disempatkan baca "Peraturan Milis"
=====================================================

Dear Para Master MS Excel,

Mohon bantuannya bisakah Fungsi Vlookup mencari pada banyak Kolom Target apabila target pertama kosong?

Udah dicoba begini
VLOOKUP(M1, DATABASE (INPUT DATA))'!A4:JL9999,2,11,20,29, 38, 37 dst.........,0 ))

(Maksudnya : ....... cari di kolom 2, jika kosong cari di kolom 11, jika kosong di kolom 20 dst sampai didapat kolom ditentukan yang ada isinya...)
tapi gagal...

Kasusnya pada laporan bulanan, karena ada hari yang punya item ada hari yang gak punya item. Di sheet (print per hari) saya dah nyoba2 bikin rumus, alhmdlh berhasil dengan ganti kode pada field (kode), maka data-datanya langsung masuk, tapi pas mau bikin model yang sama di sheet (print perbulan) mentok rumusnya. Pengennya dengan input bulan dan tahun data2nya yang ada dibulan dan tahun itu langsung masuk.
File kasus terkait sudah diattach mohon diobrak-abrik saja.

Salam,
Miftahuddin Ahimy

8b.

Bls: [belajar-excel] Bisakah Fungsi Vlookup mencari pada banyak Kolo

Posted by: "miftahuddin ahimy" miftah_bsd@yahoo.co.id   miftah_bsd

Sun Feb 19, 2012 10:29 pm (PST)



Lampirannya Sudah dikompres.

Salam,
Miftahuddin Ahimy

________________________________
Dari: miftahuddin ahimy <miftah_bsd@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Cc: "miftah@nusudan.com" <miftah@nusudan.com>
Dikirim: Senin, 20 Februari 2012 9:05
Judul: [belajar-excel] Bisakah Fungsi Vlookup mencari pada banyak Kolom Target ?


 
=====================================================
Mods Note:
LAMPIRAN" Book1 - Copy (3).xlsx 632K
terlalu besar (peraturan milis: max 250 KB)
mohon di susulkan versi yg sudah di perkecil
Mohon disempatkan baca "Peraturan Milis"
=====================================================

Dear Para Master MS Excel,

Mohon bantuannya bisakah Fungsi Vlookup mencari pada banyak Kolom Target apabila target pertama kosong?

Udah dicoba begini
VLOOKUP(M1, DATABASE (INPUT DATA))'!A4:JL9999,2,11,20,29, 38, 37 dst.........,0 ))

(Maksudnya : ....... cari di kolom 2, jika kosong cari di kolom 11, jika kosong di kolom 20 dst sampai didapat kolom ditentukan yang ada isinya...)
tapi gagal...

Kasusnya pada laporan bulanan, karena ada hari yang punya item ada hari yang gak punya item. Di sheet (print per hari) saya dah nyoba2 bikin rumus, alhmdlh berhasil dengan ganti kode pada field (kode), maka data-datanya langsung masuk, tapi pas mau bikin model yang sama di sheet (print perbulan) mentok rumusnya. Pengennya dengan input bulan dan tahun data2nya yang ada dibulan dan tahun itu langsung masuk.
File kasus terkait sudah diattach mohon diobrak-abrik saja.

Salam,
Miftahuddin Ahimy

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Community resources

for parents

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar