Sabtu, 18 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1517

Messages In This Digest (22 Messages)

Messages

1a.

Re: MEMBUKA DATA PADA SHEET

Posted by: "jkssxls" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Fri Feb 17, 2012 1:15 am (PST)



Kalau pakai excel 2007/2010 , coba cara ( semua sel di Hide ) :

Kalau Excel 2003 :

[Format], [Row], [ UnHide] atau/dan

[Format], [Column], [ UnHide]

Semoga sesuai yang diharapkan..

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Henry Sitohang
Sent: Friday, February 17, 2012 2:08 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] MEMBUKA DATA PADA SHEET

Para Exceller,

Saya punya data seperti terlampir.

Pertanyaan saya, bagaimana membuka workbook seperti pada sheet data yang ter
sembunyi

Terima kasih atas bantuannya

_____

Henry Norris Sitohang
Mail : henrysitohang@yahoo.com
henrysitohang@ovi.com

henry@sitohang.org
Mobile : 081384056896

1b.

Re: MEMBUKA DATA PADA SHEET

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Fri Feb 17, 2012 1:16 am (PST)




Jika ingin gunakan macro : Sub makrounhideCells() Sheets("Data").Rows.Hidden = False
Sheets("Data").Columns.Hidden = False
End Sub

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: henrysitohang@yahoo.com
Date: Fri, 17 Feb 2012 15:08:23 +0800
Subject: [belajar-excel] MEMBUKA DATA PADA SHEET

Para Exceller,Saya punya data seperti terlampir. Pertanyaan saya, bagaimana membuka workbook seperti pada sheet data yang ter sembunyiTerima kasih atas bantuannya Henry Norris Sitohang
Mail : henrysitohang@yahoo.com henrysitohang@ovi.com
henry@sitohang.org
Mobile : 081384056896

1c.

Re: MEMBUKA DATA PADA SHEET

Posted by: "Henry Sitohang" henrysitohang@yahoo.com   henrysitohang

Fri Feb 17, 2012 2:34 am (PST)



Terima kasih pak sudarsono, its very helpful for me
_____________________________
Henry Norris Sitohang

________________________________
From: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com>
Sent: Friday, February 17, 2012 4:10 PM
 
Jika ingin gunakan macro :
Sub makrounhideCells()
    Sheets("Data").Rows.Hidden = False
    Sheets("Data").Columns.Hidden = False
End Sub

2a.

cara menggabungkan grafik

Posted by: "anggayan.widyatmoko@autoliv.com" anggayan.widyatmoko@autoliv.com   cute_ryan84

Fri Feb 17, 2012 1:27 am (PST)



Dear jagoan XL
mohon maaf sebelumnya mau ngerepotin ne?hehehehe
saya pengen membuat grafik model tumpuk,
saya sudah mencoba dengan mengotak-atix secondary&primary axisnya knp
grafiknya g mau menumpuk y?
mohon pencerahannya para jagoan XL
file terlampir


terima kasih
br
angga

***************************************************************
Consider the environment before printing this message.

To read Autoliv's Information and Confidentiality Notice, follow this link:
http://www.autoliv.com/disclaimer.html
***************************************************************
2b.

Re: cara menggabungkan grafik

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Fri Feb 17, 2012 7:57 pm (PST)



Semoga sesuai Harapan: untuk secondary axis, rubah type chart menjadi stacked.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of anggayan.widyatmoko@autoliv.com
Sent: Friday, February 17, 2012 4:25 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik

Dear jagoan XL
mohon maaf sebelumnya mau ngerepotin ne?hehehehe
saya pengen membuat grafik model tumpuk,
saya sudah mencoba dengan mengotak-atix secondary&primary axisnya knp grafiknya g mau menumpuk y?
mohon pencerahannya para jagoan XL
file terlampir

terima kasih
br
angga

2c.

Re: cara menggabungkan grafik

Posted by: "anggayan.widyatmoko@autoliv.com" anggayan.widyatmoko@autoliv.com   cute_ryan84

Fri Feb 17, 2012 8:14 pm (PST)



Dear pak zainul&excelers
terima kasih atas solusi yang diberikan
tapi untuk grafik capacity yang saya inginkan ada di sebelah kiri (bkn
membelakangi grafik dari data 2 nama2 customer)
file terlampir






"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" <zainul_ulum@yahoo.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
02/18/2012 10:57 AM
Please respond to
belajar-excel@yahoogroups.com


To
<belajar-excel@yahoogroups.com>
cc

Subject
RE: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik







Semoga sesuai Harapan: untuk secondary axis, rubah type chart menjadi
stacked.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of anggayan.widyatmoko@autoliv.com
Sent: Friday, February 17, 2012 4:25 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik

Dear jagoan XL
mohon maaf sebelumnya mau ngerepotin ne?hehehehe
saya pengen membuat grafik model tumpuk,
saya sudah mencoba dengan mengotak-atix secondary&primary axisnya knp
grafiknya g mau menumpuk y?
mohon pencerahannya para jagoan XL
file terlampir

terima kasih
br
angga

[attachment "re-relocation file.xlsx" deleted by Anggayan
Widyatmoko/AID/Autoliv]


***************************************************************
Consider the environment before printing this message.

To read Autoliv's Information and Confidentiality Notice, follow this link:
http://www.autoliv.com/disclaimer.html
***************************************************************
2d.

Re: cara menggabungkan grafik

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Fri Feb 17, 2012 8:38 pm (PST)



Maaf kalo tidak sesuai Harapan.
Terlampir grafik yang sudah direvisi, semoga sesuai Harapan.
Revisinya adalah:
1. buat series dummy untuk capacity
2. atur gap width dan series overlap untuk mengatur jarak antara primary chart dan secondary chart.

Wassalam
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of anggayan.widyatmoko@autoliv.com
Sent: Saturday, February 18, 2012 11:10 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Cc: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik

Dear pak zainul&excelers
terima kasih atas solusi yang diberikan
tapi untuk grafik capacity yang saya inginkan ada di sebelah kiri (bkn membelakangi grafik dari data 2 nama2 customer)
file terlampir

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" <zainul_ulum@yahoo.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
02/18/2012 10:57 AM
Please respond to
belajar-excel@yahoogroups.com

To
<belajar-excel@yahoogroups.com>
cc

Subject
RE: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik

Semoga sesuai Harapan: untuk secondary axis, rubah type chart menjadi stacked.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of anggayan.widyatmoko@autoliv.com
Sent: Friday, February 17, 2012 4:25 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] cara menggabungkan grafik

Dear jagoan XL
mohon maaf sebelumnya mau ngerepotin ne?hehehehe
saya pengen membuat grafik model tumpuk,
saya sudah mencoba dengan mengotak-atix secondary&primary axisnya knp grafiknya g mau menumpuk y?
mohon pencerahannya para jagoan XL
file terlampir

terima kasih
br
angga
[attachment "re-relocation file.xlsx" deleted by Anggayan Widyatmoko/AID/Autoliv]
***************************************************************
Consider the environment before printing this message.

To read Autoliv's Information and Confidentiality Notice, follow this link:
http://www.autoliv.com/disclaimer.html
***************************************************************

3.

cara menggabungkan grafik  rev1

Posted by: "anggayan.widyatmoko@autoliv.com" anggayan.widyatmoko@autoliv.com   cute_ryan84

Fri Feb 17, 2012 2:35 am (PST)



Dear jagoan XL
mohon maaf sebelumnya saya salah kasih attachment problemnya?
saya pengen membuat grafik model tumpuk,
saya sudah mencoba dengan mengotak-atix secondary&primary axisnya
knp grafiknya g mau menumpuk y?
mohon pencerahannya para jagoan XL
berikut file problemnya
file terlampir

terima kasih
br
angga
4a.

Re: Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera

Posted by: "anton suryadi" summonery@yahoo.com   summonery

Fri Feb 17, 2012 7:33 am (PST)



Coba,

Sub Yan()
    Dim x As PivotField
    With PivotTables(1)
    For Each x In .DataFields
        x.Function = xlCount + xlSum - x.Function
    Next
    End With
End Sub

File terlampir

>semoga bermanfaat

________________________________
From: Yan Novianto <yan.novianto@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, February 15, 2012 1:27 PM
Subject: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi


 
Dear member milis excel,

Bantu untuk data di bawah ini :
 
Saya inginkan adalah merubah Value Field setting berubah
dari COUNT menjadi SUM atau sebalinya secara MULTI / bersama.
Saya coba dengan BLOK dari D2:H2 terus di atus menjadi SUM
hasil yang ada adalah yang ada di D2 saja yang berubah menjadi SUM, dan jika di
balik dari H2:D2 maka yang berubah adalah yang di H2
Jadi mana yang pertama kali di select itu yang bakal
berubah.
 
Nah mumet sudah deh J,
Tolong di bantu cara supaya bisa merubah seperti yang saya
inginkan bagaimana, karena kerja 1 -1 luama, data di samping kanan udah pada
ngantri….
 
Terimakasih temans
4b.

Re: Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Feb 17, 2012 7:29 pm (PST)



Dear Yan,

Coba buat sebuah module dan copas routine berikut :

Public Sub SeragamPivotDataField()
Dim pvtField As PivotField
'variabel object pivot data field
Dim lPvtFunc As Long
'variabel nilai properti konstanta fungsi summary

On Error GoTo Keluar 'trap
error (misal gak ada data field)

lPvtFunc = -4157 'set
default konstanta fungsi summary
If PivotTables(1).DataFields(1).Function = lPvtFunc Then 'ubah
konstanta fungsi summary yang harus digunakan
lPvtFunc = -4112
End If

For Each pvtField In PivotTables(1).DataFields 'loop
setiap data field
pvtField.Function = lPvtFunc 'ubah
konstanta summary data field terpilih
Next pvtField 'ke
data field berikutnya

Exit Sub 'keluar
dari routine (supaya gak masuk blok trap error)

'blok trap error
Keluar:
Err.Clear 'clear
status error
On Error GoTo 0 'clear
trap error

'pesan error ke user
MsgBox "Tidak ada data field", vbCritical, "Seragamkan Summary Function
Data Fields"
End Sub

Kemudian buat sebuah shapes dalam worksheet dan assign macro ke routine di
atas.

Proses penyeragaman adalah berdasar data field pertama.
Jika data field pertama bukanlah Sum, maka akan dijadikan sum. Silakan coba
set setiap data field dengan fungsi summary yang berbeda-beda.
Jika data field pertama adalah Sum, makan akan dijadikan Count.
Silakan ubah nilai konstanta (seperti -4157 atau -4112) dengan nilai lain
yang dibutuhkan.
Ketika tidak ada data field terpasang, maka akan muncul pesan error.
Silakan coba untuk mengosongkan data field.

Bagaimana jika ingin menggunakan fungsi summary lebih dari 2 ?
misal ingin berubah berputar dengan urutan : Sum, Count, Max lalu ke Sum
lagi dst.
Penggunaan array yang berisi konstanta fungsi-fungsi summary yang akan
digunakan akan membantu proses pemilihan fungsi summary berikutnya yang
akan digunakan. Proses ini membutuhkan sebuah loop terhadap array konstanta
tersebut.
Kira-kira bunyi routine-nya menjadi :
Public Sub SeragamPivotDataField1()
Dim pvtField As PivotField
'variabel object pivot data field
*Dim vPvtFuncColls As Variant, vLoopColls As Variant**
Dim lPvtFuncIdx As Long, lLoop As Long*

On Error GoTo Keluar 'trap
error (misal gak ada data field)

* vPvtFuncColls = Array(-4157, -4112, -4136, -4157) 'base option
default adalah 0 pada VBA 6.5
lPvtFuncIdx = 0
For Each vLoopColls In vPvtFuncColls
If ActiveSheet.PivotTables(1).DataFields(1).Function = vLoopColls
Then
lPvtFuncIdx = lLoop + 1
Exit For
End If
lLoop = lLoop + 1
Next vLoopColls*

For Each pvtField In ActiveSheet.PivotTables(1).DataFields 'loop
setiap data field
pvtField.Function = vPvtFuncColls(lPvtFuncIdx) 'ubah
konstanta summary data field terpilih
Next pvtField 'ke
data field berikutnya

Exit Sub 'keluar
dari routine (supaya gak masuk blok trap error)

'blok trap error
Keluar:
Err.Clear 'clear
status error
On Error GoTo 0 'clear
trap error

'pesan error ke user
MsgBox "Tidak ada data field", vbCritical, "Seragamkan Summary Function
Data Fields"
End Sub

Bagian deklarasi dimensi diubah, dari Dim lPvtFunc As Long menjadi
beberapa baris yang berwarna *magenta*.

Blok penentuan nilai default dan pemilihan fungsi summary yang akan
digunakan berikutnya, yang berbunyi :
lPvtFunc = -4157
If PivotTables(1).DataFields(1).Function = lPvtFunc Then
lPvtFunc = -4112
End If

diubah menjadi : (*warna merah*)
1. pembuatan daftar (array) nilai konstanta dari fungsi-fungsi summary yang
akan digunakan :
*vPvtFuncColls = Array(-4157, -4112, -4136, -4157)*
Pengulangan item pertama array pada item terakhir array adalah sebagai
pengatur proses kembali ke item pertama array pada proses klik selanjutnya
oleh user.

2. penetapan nilai default, yaitu pada item pertama array yang ber-index 0
karena default base option adalah 0 pada VBA 6.5, kecuali ada deklarasi
penentuan base option.
*lPvtFuncIdx = 0*

3. loop mencari index array dari fungsi summary yang digunakan data field
pertama, kemudian set index array menjadi index dari fungsi summary
berikutnya yang ada di array.
* For Each vLoopColls In vPvtFuncColls
If ActiveSheet.PivotTables(1).DataFields(1).Function = vLoopColls
Then
lPvtFuncIdx = lLoop + 1
Exit For
End If
lLoop = lLoop + 1
Next vLoopColls*

Bagian akhir yang disesuaikan adalah penentuan fungsi summary pada setiap
data field yang ada dalam pivot table, yaitu yang diberi warna *hijau*.
For Each pvtField In ActiveSheet.PivotTables(1).DataFields
pvtField.Function = vPvtFuncColls(lPvtFuncIdx)
Next pvtField

Regards.
Kid.

On Wed, Feb 15, 2012 at 13:27, Yan Novianto <yan.novianto@yahoo.com> wrote:

> **
>
>
> Dear member milis excel,
>
> Bantu untuk data di bawah ini :
>
> Saya inginkan adalah merubah Value Field setting berubah dari COUNT
> menjadi SUM atau sebalinya secara MULTI / bersama.
> Saya coba dengan BLOK dari D2:H2 terus di atus menjadi SUM hasil yang ada
> adalah yang ada di D2 saja yang berubah menjadi SUM, dan jika di balik dari
> H2:D2 maka yang berubah adalah yang di H2
> Jadi mana yang pertama kali di select itu yang bakal berubah.
>
> Nah mumet sudah deh J,
> Tolong di bantu cara supaya bisa merubah seperti yang saya inginkan
> bagaimana, karena kerja 1 -1 luama, data di samping kanan udah pada
> ngantri�.
>
> Terimakasih temans
>
>
>
>
5a.

Array isi folder ke list box

Posted by: "Rahmat Sadikin" sadikinr19@yahoo.co.id   sadikinr19

Fri Feb 17, 2012 3:26 pm (PST)



Salam be Exceler,
mohon pencerahannya untuk kode makro didalam listbox terdapat naam file yg akan dibuka.
apakah ada kode nya ?

data terlampir....
5b.

Re: Array isi folder ke list box

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Fri Feb 17, 2012 9:01 pm (PST)



Nama File itu.... paling tidak 'kan dapat dibedakan Extention (type) nya; misal

*xxxxx.XLS*
(file Workbook / spreadsheet dari MS Excel, bisa dibuka dgn MS Excel
/compatibelnya)
*xxxxx.doc*
(file Document / hasil dari MS WORDl, dibuka dgn MS Word /kompatibelnya)
*xxxxx.BMP*
(file gambar / image dari berbagai pengolah grafis, bisa dibuka dgn
berbagai aplikasi/grafis )
*xxxxx.MDB; **xxxx.TXT, xxxxxx,ASP, xxxxxxxx.ZIP, xxxxxxx.PDF *lan
liyo-liyane...
Setiap type punya CARA Membuka / program yg digunakan untuk membuka
FILEnya.

( Maaf, lupa, ada cara lain: mengklik file name pada windows-explorer,
atau meng-klik nama
file yg ditulis dengan diberi Hyperlink.)

Sayang sekali; Bapak *tidak memberi info *Type /Extension file-nya
Pada contoh isi Listbox pun item nya *tidak ada "extension"nya*) maka* *kita
terpaksa menganggapnya:
Yg Bapak maksud dengan NAMA FILE itu *PASTI FILE WORKBOOK/SPREADSHEET EXCEL
(*.XLS?)*
*
*
Alasan kami:
- Bapak mengajukan pertanyaan ini ke milis yg membicarakan Excel
- File yg memuat contoh juga = dimuat dlm XLS

Membuka fle XLS dengan diketahui NAMA PATH dan NAMA FILENYA (dengan tombol
yg sudah
Bapak sediakan
( Nama *Path* hanya diberitahukan per Email, *Nama file* tertulis di
ListBox2

Private Sub CommandButton2_Click()
Workbooks.Open Filename:=*"D:\Bab\"** ** & **Listbox2.List(0)*
End Sub

Pada UserForm contoh yg kami lampirkan kembali; kami mengubah hal-hal sbb:

[image: Inline image 1]

1. Pengisian ListBox1 bukan FIXED pasti ex D:\BAB; * **tetapi terserah
user*
2. User diberi kebebasan memilih Nama Folder / Path (dari DialogBox
Browse Folder yg mucnul bila suatu tombol di klik)
3. Nama Path akan dituliskan di suatu object Label, agar pada saat file
dibuka, Path-nya gampang diakses kembali.
4. Pemindahan item (text nama file) dari Listbox1 ke *KOTAK lain* (dimana:
fle yg tertulis disitu akan dibuka) *bukan *dengan tombol tetapi
otomatis ketika di klik / diselect di Listbox1.
5. KOTAK Lain itu tidak perlu dibuat dari object ListBox2 (karena toh
hanya akan diisi 1 1tem), cukup dgn object /control TextBox atau Label yg
lebih mudah diakses. Pada contoh kita pilih Label agar user tidak dapat
mengubahnya kecuali dari Klik Listbox 1.
6. (sebelulnya untuk mambuka nama file bisa langsung dengan mengklik
item di listbox1 tsb)
7. Membuka file yg *NAMAFILEnya sudah berada di Label3*, DAN *Nama
Pathnya sudah tertulis di Lb_Path* nya, cukup dengan :

*Private Sub CommandButton2_Click()*
* On Error Resume Next*
* Workbooks.Open Filename:=Lb_Path & "\" & Label3*
*End Sub*

- i -

2012/2/18 Rahmat Sadikin <sadikinr19@yahoo.co.id>

> **
> Salam be Exceler,
> mohon pencerahannya untuk kode makro didalam listbox terdapat naam file yg
> akan dibuka.
> apakah ada kode nya ?
> data terlampir....
>
6a.

Akumulasi penjualan dengan data ke bawah

Posted by: "A. Hendri Bp. Algar" mni.agush@gmail.com

Fri Feb 17, 2012 3:46 pm (PST)



Dear Exceller,
Melanjutkan pertanyaan saya sebelumnya, saya punya problem untuk membuat
rumus data akumulasi penjualan dari Bulan januari s/d Bulan yang kita
inginkan. Filenya seperti di attachment. File tersebut memiliki 3 sheet.
yaitu
1. Sheet Budget yang merupakan data budget penjualan beberapa produk dari
Jan - Des 2011 yang disusun menyamping ke kanan. Serta datanya tidak urut

2. Sheet aktual, yang merupakan data aktual penjualan dari Jan-Des 2011.
Yang disusun terus menerus ke bawah. Serta urutannya juga tidak urut
3. Sementara sheet satunya lagi adalah sheet Summary, dimana sheet ini
ingin menampilkan data aktual penjualan dan budgetnya berdasarkan bulan
yang kita yang kita minta (ditulis di sel C5). serta data akumulasi aktual
penjualan dan budgetnya dari Bulan januari 2011 s/d bulan yang kita input.
Jadi kalau C5 = 9 Maka kolom G dan H terisi data jumlah penjulan
masing-masing barang dari Januari hingga September.

Pertanyaan saya sebelumnya dengan data menyamping ke kanan sudah dijawab
Oleh Bu Hapsari dan Bp. Ferdi dengan sangat memuaskan. Namun jika datanya
ke bawah, saya sudah coba-coba mencari rumus sendiri, namun sekali lagi
gagal juga. Mohon bantuannya. dan Jika Sel C5 kita ganti menjadi 10, maka
kolom G dapat terisi data jumlah penjulan masing-masing barang dari
Januari hingga Oktober dengan mengambil data dari sheet aktual yang disusun
ke bawah

Terima kasih sebelumnya

Salam,
Agus H
6b.

Akumulasi penjualan dengan data ke bawah

Posted by: "A. Hendri Bp. Algar" mni.agush@gmail.com

Fri Feb 17, 2012 3:48 pm (PST)



Dear Milisser,
Mohon maaf, file attachment terlewat..........berikut saya lampirkan

Salam
Agus H
6c.

Re: Akumulasi penjualan dengan data ke bawah

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Fri Feb 17, 2012 5:15 pm (PST)



Berhubung 'mbak Haps'-nya sedang silaturahmi ke sodaranya di Secang... ( he
he he..),
dan sambil menungu Temans lain mungkin akan menjelaskan SUMIF*S* yg hanya
"JALAN" di Excel2007-up;
mari kita coba dulu dengan fungsi SUMPRODUCT, sepiro katiyasané...

=SUMPRODUCT( (Aktual!$B$5:$B$184=$B10) * (Aktual!$E$5:$E$184<=$C$5) *
(Aktual!$D$5:$D$184) )

- Bandingkan semua data Kolom B5::B184 (Aktual) -vs- $B10 , dengan operator
pembanding *"="* (samakah)
Hasil pembandingan bukan hanya se"BIJI" tetapi berupa *array *(1 dimensi)
berisi 180 elemen yg terdiri dari
data TRUE / FALSE (bayangkan sekolom data di Range X1:X180)
True dihasilkan jika cell yg dibandingkan ternyata SAMA-DENGAN data $B10,
(TidakSama menghasilkan FALSE)

- Bandingkan juga semua data Kolom E5:E184 (Aktual) -vs- data $C$5, dgn
operator *"<="* (Lebihkecil atau Samadengan)
Hasil pembandingan ini juga berupa *Array 180 elemen*, tiap elemen berisi
data TRUE atau FALSE
TRUE dihasilkan oleh Nilai BULAN yg SAMA atau LEBIH KECIL d/p Nilai $C$5,
selain itu, hasilnya tentu= FALSE

- Kedua array itu harus mempunyai jumlah elemen yg sama karena tiap elemen
yg sejajar (Nomor-Indexnya sama)
akan diKALIKAN
*False X False* menghasilkan *False*, bisa dianggap bernilai 0 (Nol)
* False X True* menghasilkan *False*, jika dianggap bilangan, bernilai 0
* True X True* barulah menghasilkan* True*, Bernilai 1 (Satu)

- Sekarang kita punya Array Baru, satu-dimensi (anggap saja 1 kolom)
berisi 180 elemen JUGA, dan anggotanya
juga hanya dua macem: FALSE dan TRUE tetapi isinya gabungan (karena
perkalian antar elemen) dari 2 array
sebelumnya. Asyik nggak ??!
Tiap Elemen Array (#3) ini (berisi bilangan *0 atau 1)* akan DIKALIKAN
dengan array-NYATA di Range D5:D184
(ex sheet Aktual)

- Jelas saja tiap Bilangan akan menghasilkan bilangan itu sendiri Bila
berpasangan dengan TRUE
sedangkan Bilangan yg ada di D5:D184 menjadi NOL kalau berpasangan dengan
FALSE
(lha wong dikalikan 0 bukan?)

*jika kita mau mengingat rumusnya) maka bilangan yg tidak menjadi NOL itu
hanya bilangan-bilangan yg:*
* - KODE_BARANG nya = data di $B10 (barisnya relatif)*
* - Angka_BULAN nya <= data yg ada di $C$5*

Rumus belum selesai bekerja, "yang namanya" Sumproduk: maka setelah
mem-PRODUCT (antar anggota
dikalikan); dia masih berkewajiban harus meng-SUM (menjumlah) tiap hasil
operasi PRODUCT-nya

- Sekali lagi JELAS SAJA: hasilnya adalah *JUMLAH QTY PENJUALAN ( yaitu
data kolom D sheet aktual)*
* tetapi telah "DISARING / DIFILTER" HANYA YG memenuhi 2 (dua) syarat
tersebut di atas.*

Ceritak itu tadi hanya berlaku untuk 1 baris
Baris berikutnya ceritaknay tetap sama, hanya pembanding (penyaring) Kode
barang bukan lagi $B10 melainkan $C10
Makanya jangan sembarangan menuliskan Absolute & Relatif-nya sebuah alamat
cell
Oiya, ada yg bilang: fungsi SUMPRODUCT itu sebenarnya Array Formula, hanya
agak istimewanya (pada kondisi biasa)
tidak perlu di enter dengan CTRL + SHIFT, ENTER !!

Mudah mudahan tidak terlalu salah (padahal sudah terlanjur kebanyakan
cerita ..)
Tapi kalau salah y minta maaf...

*o'Seno*

*2012/2/18 A. Hendri Bp. Algar <mni.agush@gmail.com>
>
> Dear Exceller,
>
> Melanjutkan pertanyaan saya sebelumnya, saya punya problem untuk membuat
rumus data akumulasi penjualan dari Bulan januari s/d Bulan yang kita
inginkan. Filenya seperti di attachment. File tersebut memiliki 3 sheet.
yaitu
> 1. Sheet Budget yang merupakan data budget penjualan beberapa produk dari
Jan - Des 2011 yang disusun menyamping ke kanan. Serta datanya tidak urut
>
> 2. Sheet aktual, yang merupakan data aktual penjualan dari Jan-Des 2011.
Yang disusun terus menerus ke bawah. Serta urutannya juga tidak urut
>
> 3. Sementara sheet satunya lagi adalah sheet Summary, dimana sheet ini
ingin menampilkan data aktual penjualan dan budgetnya berdasarkan bulan
yang kita yang kita minta (ditulis di sel C5). serta data akumulasi aktual
penjualan dan budgetnya dari Bulan januari 2011 s/d bulan yang kita input.
Jadi kalau C5 = 9 Maka kolom G dan H terisi data jumlah penjulan
masing-masing barang dari Januari hingga September.
>
> Pertanyaan saya sebelumnya dengan data menyamping ke kanan sudah dijawab
Oleh Bu Hapsari dan Bp. Ferdi dengan sangat memuaskan. Namun jika datanya
ke bawah, saya sudah coba-coba mencari rumus sendiri, namun sekali lagi
gagal juga. Mohon bantuannya. dan Jika Sel C5 kita ganti menjadi 10, maka
kolom G dapat terisi data jumlah penjulan masing-masing barang dari
Januari hingga Oktober dengan mengambil data dari sheet aktual yang disusun
ke bawah
>
> Terima kasih sebelumnya
> Salam,
> Agus H*
6d.

Re: Akumulasi penjualan dengan data ke bawah

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Fri Feb 17, 2012 5:29 pm (PST)



*maaf salah tulis lagi.....*
" Baris berikutnya ceritaknya tetap sama, hanya pembanding (penyaring) Kode
barang bukan lagi *$B10* melainkan $C10 "
*harusnya:*
" Baris berikutnya ceritaknya tetap sama, hanya pembanding (penyaring) Kode
barang bukan lagi *$B10* melainkan *$B11 "*

(karena rumus di copy ke cell di bawahnya /berjarak 1 baris)

*o'Seno*

2012/2/18 o' Seno <ontoseno84@gmail.com>

> Baris berikutnya ceritaknya tetap sama, hanya pembanding (penyaring) Kode
> barang bukan lagi $B10 melainkan $C10
6e.

Re: Akumulasi penjualan dengan data ke bawah

Posted by: "anton suryadi" summonery@yahoo.com   summonery

Fri Feb 17, 2012 6:42 pm (PST)



Coba juga,
dengan kombinasi fungsi SUM dan INDEX.

=SUM(INDEX((Aktual!$B$5:$B$184=$B10)*(Aktual!$E$5:$E$184<=$C$5)*(Aktual!$D$5:$D$184),))
Tidak perlu menekan tombol Ctrl+Shift+Enter untuk menjalankannya, cukup Enter

File terlampir

>semoga bermanfaat

________________________________
From: A. Hendri Bp. Algar <mni.agush@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, February 18, 2012 6:43 AM
Subject: [belajar-excel] Akumulasi penjualan dengan data ke bawah


 
Dear Exceller,
Melanjutkan pertanyaan saya sebelumnya, saya punya problem untuk membuat rumus data akumulasi penjualan dari Bulan januari s/d Bulan yang kita inginkan. Filenya seperti di attachment. File tersebut memiliki 3 sheet. yaitu 
1. Sheet Budget yang merupakan data budget penjualan beberapa produk dari Jan - Des 2011 yang disusun menyamping ke kanan. Serta datanya tidak urut

2. Sheet aktual, yang merupakan data aktual penjualan dari Jan-Des 2011. Yang disusun terus menerus ke bawah. Serta urutannya juga tidak urut
3. Sementara sheet satunya lagi adalah sheet Summary, dimana sheet ini ingin menampilkan data aktual penjualan dan budgetnya berdasarkan bulan yang kita yang kita minta (ditulis di sel C5). serta data akumulasi aktual penjualan dan budgetnya dari Bulan januari 2011 s/d bulan yang kita input. Jadi kalau C5 = 9 Maka kolom G dan H terisi data jumlah penjulan masing-masing barang dari Januari hingga September. 

Pertanyaan saya sebelumnya dengan data menyamping ke kanan sudah dijawab Oleh Bu Hapsari dan Bp. Ferdi dengan sangat memuaskan. Namun jika datanya ke bawah, saya sudah coba-coba mencari rumus sendiri, namun sekali lagi gagal juga. Mohon bantuannya. dan Jika Sel C5 kita ganti menjadi 10, maka   kolom G dapat terisi data jumlah penjulan masing-masing barang dari Januari hingga Oktober dengan mengambil data dari sheet aktual yang disusun ke bawah

Terima kasih sebelumnya

Salam,
Agus H
7.

Bls: [belajar-excel] Akumulasi penjualan dengan data ke bawah

Posted by: "Nang Agus" nangagus1@yahoo.com   nangagus1

Fri Feb 17, 2012 5:34 pm (PST)



Yth Bp Agus Hendri

Salam sejahtera
Sesama Agus dilarang saling mendahului he he he
Bagaimana jika rumus If anda diganti dengan rumus sumproduct?
=SUMPRODUCT((Aktual!$D$5:$D$184)*(Aktual!$E$5:$E$184<=$C$5)*(Aktual!$B$5:$B$184=B10))
atau menggunakan sum saja (array)
=SUM((Aktual!$D$5:$D$184)*(Aktual!$E$5:$E$184<=$C$5)*(Aktual!$B$5:$B$184=B10))
maksud rumus: Jumlahkan range aktualD5:D184 jika aktualE5:E184 kurang atau sama dengan bulan yang dimaksud dan aktualB5:B184 = kode barang
Begityu,
semoga seperti yang diharapkan.

Salam
Best regard.

NangAGus

--- Pada Jum, 17/2/12, A. Hendri Bp. Algar <mni.agush@gmail.com> menulis:

Dari: A. Hendri Bp. Algar <mni.agush@gmail.com>
Judul: [belajar-excel] Akumulasi penjualan dengan data ke bawah
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 17 Februari, 2012, 11:46 PM

 

Dear Milisser,Mohon maaf, file attachment terlewat..........berikut saya lampirkan
SalamAgus H

8a.

VBA - Pemisahan data dengan banyak kondisi

Posted by: "vw" cuma.milis@gmail.com

Fri Feb 17, 2012 8:14 pm (PST)



Dear all para master excel,
salam kenal sebelumnya.

saya mempunyai data yang ingin saya pisahkan sesuai dengan beberapa kondisi
sebagai berikut :

kriteria
1. jika kolom F <> 00 dan kolom L <> "X" dan kolom K > 0, masuk kategori
Faktur Pajak Normal
2. jika kolom F = 00 dan kolom J <> 0 dan kolom K = 0, masuk kategori
Faktur Pajak Batal
3. jika kolom F <> 00 dan kolom J <> 0 dan kolom K < 0 dan kolom L <> "X",
masuk kategori Nota Retur
4. jika kolom F <> 00 dan kolom L = "X", masuk kategori Invoice Pendukung
5. jika kolom F = 00 dan kolom J = 0 dan kolom masuk kategori Invoice Belum
Proses

selama ini saya memisahkan data tersebut secara manual dengan sort data
kolom F, kolom J, kolom K dll.
bila sudah ketemu kriteria nomor 1, maka saya ulang kembali sort data sisa
nya untuk kriteria nomor 2 dst.
saya sudah mencoba merecord macro + F1, tapi koq malah hasilnya tidak
sesuai dengan yang saya inginkan.
setelah googling cari solusi nya, malah ketemu milis ini, semoga ada yang
berkenan membantu, terima kasih

file terlampir,
salam

vega.
8b.

Re: VBA - Pemisahan data dengan banyak kondisi

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Feb 17, 2012 8:50 pm (PST)



Hai Vega,

Salam kenal juga.

File terlampir tanpa VBA.
Coba buat kolom baru disisi data dan beri formula :
=IF(-F2,IF(L2="X","Invoice Pendukung",IF(K2>0,"Faktur Pajak
Normal",IF((K2<0)*J2,"Nota Retur","???"))),IF(J2,IF(K2,"???","Faktur Pajak
Batal"),"Invoice Belum Proses"))

Kemudian copy formula ke bawah (ke record selanjutnya).

Buatlah sebuah nama range yang melingkupi seluruh tabel data (header dan
records). Seluruh kolom harus punya header.
Kemudian, pada sebuah sheet laporan, buatlah pivot table dengan data source
berupa nama range tadi. Atur (drag field) ke bagian row untuk mendapatkan
dataset tabel laporan yang diinginkan. Atur setiap field pada field setting
nya.

Wassalam,
Kid.

On Sat, Feb 18, 2012 at 10:49, vw <cuma.milis@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> Dear all para master excel,
> salam kenal sebelumnya.
>
> saya mempunyai data yang ingin saya pisahkan sesuai dengan beberapa
> kondisi sebagai berikut :
>
> kriteria
> 1. jika kolom F <> 00 dan kolom L <> "X" dan kolom K > 0, masuk kategori
> Faktur Pajak Normal
> 2. jika kolom F = 00 dan kolom J <> 0 dan kolom K = 0, masuk kategori
> Faktur Pajak Batal
> 3. jika kolom F <> 00 dan kolom J <> 0 dan kolom K < 0 dan kolom L <> "X",
> masuk kategori Nota Retur
> 4. jika kolom F <> 00 dan kolom L = "X", masuk kategori Invoice Pendukung
> 5. jika kolom F = 00 dan kolom J = 0 dan kolom masuk kategori Invoice
> Belum Proses
>
> selama ini saya memisahkan data tersebut secara manual dengan sort data
> kolom F, kolom J, kolom K dll.
> bila sudah ketemu kriteria nomor 1, maka saya ulang kembali sort data sisa
> nya untuk kriteria nomor 2 dst.
> saya sudah mencoba merecord macro + F1, tapi koq malah hasilnya tidak
> sesuai dengan yang saya inginkan.
> setelah googling cari solusi nya, malah ketemu milis ini, semoga ada yang
> berkenan membantu, terima kasih
>
> file terlampir,
> salam
>
> vega.
>
>
>
>
8c.

Re: VBA - Pemisahan data dengan banyak kondisi

Posted by: "vw" cuma.milis@gmail.com

Fri Feb 17, 2012 10:16 pm (PST)



wah terima kasih banyak Mr. Kid atas bantuannya,
saya sedang mempelajari rumus tersebut ... :)

1. untuk "=IF(-F2,.....dst"
kenapa harus "-F2" dalam rumus tersebut ya ? maaf belum nyambung dengan
logika rumus tersebut..
untuk setelah "-F2" insya Allah sudah bisa menerka-nerka maksudnya.

2. dengan rumus tersebut, saya bisa mengklasifikasikan data by kolom baru
tersebut.
hanya saja, output dari hasil nya nanti yang diharapkan adalah bukan berupa
pivot table.
karena proses selanjutnya nanti adalah mengubah hasil klasifikasi tersebut
menjadi format espt PPN -yang nantinya akan di save menjadi *.csv untuk
upload ke espt.

maaf ada data yang ngga nyambung ya, jadi hasilnya "???" hehehe...
masih pusing nyoba-nyoba dari kemarin, soalnya data nya sampai 30.000
record...
8d.

Re: VBA - Pemisahan data dengan banyak kondisi

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Feb 17, 2012 10:54 pm (PST)



Hai Vega,

1. guna tanda - adalah untuk konversi tipe data.
2. pivot table digunakan untuk mendapatkan tampilan seperti sheet
hasil-manual. Setelah itu akan diapakan, ya silakan saja. Yang jelas, pivot
table bisa memudahakan penyusunan output terklasifikasi berdasar status
pajaknya.

Kid.

On Sat, Feb 18, 2012 at 12:39, vw <cuma.milis@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> wah terima kasih banyak Mr. Kid atas bantuannya,
> saya sedang mempelajari rumus tersebut ... :)
>
> 1. untuk "=IF(-F2,.....dst"
> kenapa harus "-F2" dalam rumus tersebut ya ? maaf belum nyambung dengan
> logika rumus tersebut..
> untuk setelah "-F2" insya Allah sudah bisa menerka-nerka maksudnya.
>
> 2. dengan rumus tersebut, saya bisa mengklasifikasikan data by kolom baru
> tersebut.
> hanya saja, output dari hasil nya nanti yang diharapkan adalah bukan
> berupa pivot table.
> karena proses selanjutnya nanti adalah mengubah hasil klasifikasi tersebut
> menjadi format espt PPN -yang nantinya akan di save menjadi *.csv untuk
> upload ke espt.
>
> maaf ada data yang ngga nyambung ya, jadi hasilnya "???" hehehe...
> masih pusing nyoba-nyoba dari kemarin, soalnya data nya sampai 30.000
> record...
>
>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Small Business Group

A community for

small business owners

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Tips for a happy,

healthy home

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar