Senin, 27 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1529

Messages In This Digest (19 Messages)

Messages

1a.

Timeline Proses Untuk Hari Kerja Saja

Posted by: "Zaenal" an_nistelrooy@yahoo.com   an_nistelrooy

Sun Feb 26, 2012 3:08 am (PST)



Salam kenal semua,

Mohon bantuannya, saya mau membuat timeline yang berisi tanggal deadline untuk tiap2 pekerjaan dengan tanpa menghitung hari sabtu dan minggu. Misal untuk step dari satu tahapan ke tahapan berikut nya dibutuhkan 10 hari kerja, bagaimana caranya saya bisa mendapatkan tanggal untuk 10 hari kedepan tersebut, tanpa menghitung hari sabtu dan minggu di dalamnya. saya sudah mencoba dengan IF function, tetapi baru bisa jika hari tersebut jatuh di hari sabtu or minggu, tetapi jika hari sabtu or minggu berada di dalamny, masih belum ada gambaran. Ada yg bisa sharing perihal tersebut? terima kasih sebelumnya.

A. zaenal. A

1b.

Re: Timeline Proses Untuk Hari Kerja Saja

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Sun Feb 26, 2012 4:16 pm (PST)



Dear A,

Biasanya untuk soal seperti ini digunakan fungsi WORDAY
Sayang-di-sayang; sampeyan *tidak berkenan* kirim contoh data-set-nya
(knape si..?)

Misalnya ADA, kita akan berusaha sharing formula yg sesuai dengan data set
tsb
(sharing itu, katanya, memerlukan keikhlasan dari semua pihak yg terlibat,
bukan hanya sepihak, thok)

GarisBesar-nya begini:

(0)
Kenyataan yg ada: tgl 1 Feb 2012 = hari Rabu

(1)
misal di cell A1 tertulis data TANGGAL #1 Feb 2012#

(2)
Ada pekerjaan yg harus selesai dlm waktu 15 hari KERJA
(sabtu /minggu gak dihitung, sementara hari LiburUmum kita gak pakai dulu)

(3)
Cell B1 berisi data angka 15 menggambarkan data (jumlah hari-kerja) yg
diceritakan di butir (2)

(4)
Cell C1 ingin dimunculkan TANGGAL berakhirnya proses pekerjaan yg
dimaksud pada butir (2)

Rumus di cell C1:
=WORDAY(A1,B1)
Jika munculnya berupa angka biasa (40961), anda tinggal memformat cell C1
dengan Format DATE
Sepertinya 40961 itu adalah nilai untuk tanggal 22 Feb 2012 (yaitu hari ke
40961 dihitung sejak 1 jan 1900)

*Info lain:*
Di excel 2003; fungsi WORKDAY baru bisa dipakai jika anda mengaktifka
Add-In AnalysisTool.
Sintaks fungsi WORDAY : Workday(TanggalAwal, JumlahHari, ListHariLiburUmum)
Fungsi ini menghasilkan DATA-TANGGAL yaitu Tanggal setelah TanggalAwal
selama JumlahHari tanpa menghitung hari sabtu dan minggu (dan Hari
LiburUmum, jika daftarnya dimasukan dlm Argument3)
Untuk lengkafnya anda bisa buka buka help khusus fungsi ini (off line di
excel)
atau kalau gak segan OnLine
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/workday-HP005209339.aspx
http://www.ehow.com/how_2238503_use-excel-workday-function.html
http://www.excelfunctions.net/Excel-Workday-Function.html
http://spreadsheets.about.com/od/excelfunctions/qt/090818-excel-workday-function.htm
http://www.addictivetips.com/microsoft-office/excel-2010-calculate-working-days-in-date-format/

*Semprul..Ki!*

2012/2/26 Zaenal <an_nistelrooy@yahoo.com>

> **
>
> Salam kenal semua,
> Mohon bantuannya, saya mau membuat timeline yang berisi tanggal deadline
> untuk tiap2 pekerjaan dengan tanpa menghitung hari sabtu dan minggu. Misal
> untuk step dari satu tahapan ke tahapan berikut nya dibutuhkan 10 hari
> kerja, bagaimana caranya saya bisa mendapatkan tanggal untuk 10 hari
> kedepan tersebut, tanpa menghitung hari sabtu dan minggu di dalamnya. saya
> sudah mencoba dengan IF function, tetapi baru bisa jika hari tersebut jatuh
> di hari sabtu or minggu, tetapi jika hari sabtu or minggu berada di
> dalamny, masih belum ada gambaran. Ada yg bisa sharing perihal tersebut?
> terima kasih sebelumnya.
>
> A. zaenal. A
>
>
1c.

Re: Timeline Proses Untuk Hari Kerja Saja

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Sun Feb 26, 2012 10:44 pm (PST)



Ki Gede Semprul salah tulis tuh, WORDAY seharusnya *WORKDAY*
(tadi ketika nulis imel, mungkin huruf "K" nya lagi ngambeg,..)

*o'Seno*

*2012/2/27 Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
> Dear A,
> Biasanya untuk soal seperti ini digunakan fungsi WORDAY
> Sayang-di-sayang; sampeyan tidak berkenan kirim contoh data-set-nya
(knape si..?)
> Misalnya ADA, kita akan berusaha sharing formula yg sesuai dengan data
set tsb
> (sharing itu, katanya, memerlukan keikhlasan dari semua pihak yg
terlibat, bukan hanya sepihak, thok)*
2.

Copy masing-masing sheet ke sheets template lalu simpan

Posted by: "Selvrida Kusumawati" selvri_k@yahoo.com   selvri_k

Sun Feb 26, 2012 3:09 am (PST)



Dear teman-teman belajar excel
 
Selvri minta bantuan sehubungan file terlampir

di file master sheet data sample, ada table data yang selvri akan pecah berdasarkan Kolom D (field Name), setelah ter-split kemasing-masing sheets lalu terbentuk pivot table di kolom AA, lalu akan tersimpan kedalam sebuah file.
Setelah itu, Masing-masing sheet yang ada pivotnya, range pivot tsb akan tercopy sbg pivot table juga ke sheet template. Sheet template secara berulang dan tersimpan menjadi sebuah file yang diberinama sesuai nama field Name
Mohon selvri dibantu yaa

Terima kasih
3a.

Bls: [belajar-excel] Pembukuan Yang Buruk

Posted by: "Hadi Sukisno" hadi_sukisno@ymail.com   hadi_sukisno@ymail.com

Sun Feb 26, 2012 3:12 am (PST)



Yang terhormat Bapak Raya Hidayat

Terima kasih Bapak sudah meluangkan waktu untuk sekedar memberikan pencerahan kepada saya.
Apa yang Bapak sampaikan sungguh sangat membantu saya dalam mengatasi problem "manualisasi".
Tetapi, seandainya berkas anggarannya berubah, isian pada kolom 'Grup' (kolom B) dikosongkan bagaimana caranya ya Pak ??

Berikut saya lampirkan contoh filenya (di Sheet 2)

Terima kasih

sukisno hadi

--- Mods Notes ---
File lampiran lebih dari 250 KB.
Harap Pak Hadi melampirkan file yang sesuai peraturan milis.
Usahakan < 250 KB.
Kurangi jumlah data yang dilampirkan. Cukup data contoh saja.
Lakukan kompresi file dengan aplikasi pengkompresi file bila perlu.
------------------

________________________________
Dari: raya hidayat <raya.hidayat@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 24 Februari 2012 16:01
Judul: Re: [belajar-excel] Pembukuan Yang Buruk


 
Dear Pak Hadi Sukisno,

saya bukan suhu, masih beginer,
terlampir file yang semoga sesuai dengan yang diinginkan. hasil yang saya usulkan mirip dengan contoh yang diberikan.
ada dua data yang berbeda dari contoh yang diinginkan oleh bapak.
silahkan di cek.

terima kasih

Raya

3b.

Pembukuan Yang Buruk

Posted by: "Hadi Sukisno" hadi_sukisno@ymail.com   hadi_sukisno@ymail.com

Sun Feb 26, 2012 6:12 am (PST)



Yang terhormat Bapak Raya Hidayat

Terima kasih Bapak sudah meluangkan waktu untuk sekedar memberikan pencerahan kepada saya.
Apa yang Bapak sampaikan sungguh sangat membantu saya dalam mengatasi problem "manualisasi".
Tetapi, seandainya berkas anggarannya berubah, isian pada kolom 'Grup' (kolom B) dikosongkan bagaimana caranya ya Pak ??

Berikut saya lampirkan contoh filenya (di Sheet 2)

Terima kasih

sukisno hadi

--- Mods Notes ---
File lampiran lebih dari 250 KB.
Harap Pak Hadi melampirkan file yang sesuai peraturan milis.
Usahakan < 250 KB.
Kurangi jumlah data yang dilampirkan. Cukup data contoh saja.
Lakukan kompresi file dengan aplikasi pengkompresi file bila perlu.
------------------

________________________________
Dari: raya hidayat <raya.hidayat@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 24 Februari 2012 16:01
Judul: Re: [belajar-excel] Pembukuan Yang Buruk

 
Dear Pak Hadi Sukisno,

saya bukan suhu, masih beginer,
terlampir file yang semoga sesuai dengan yang diinginkan. hasil yang saya usulkan mirip dengan contoh yang diberikan.
ada dua data yang berbeda dari contoh yang diinginkan oleh bapak.
silahkan di cek.

terima kasih

Raya

3c.

Re: Pembukuan Yang Buruk

Posted by: "raya hidayat" raya.hidayat@gmail.com   raya.hidayat

Sun Feb 26, 2012 5:32 pm (PST)



dear bapak sukisno hadi,

terlampir file yang mudah-mudahan sesuai dengan yang diinginkan.

terima kasih

Raya

2012/2/26 Hadi Sukisno <hadi_sukisno@ymail.com>

> **
>
>
> Yang terhormat Bapak Raya Hidayat
>
> Terima kasih Bapak sudah meluangkan waktu untuk sekedar memberikan
> pencerahan kepada saya.
> Apa yang Bapak sampaikan sungguh sangat membantu saya dalam mengatasi
> problem "manualisasi".
> Tetapi, seandainya berkas anggarannya berubah, isian pada kolom 'Grup'
> (kolom B) dikosongkan bagaimana caranya ya Pak ??
>
> Berikut saya lampirkan contoh filenya (di Sheet 2)
>
> Terima kasih
>
> sukisno hadi
>
> --- Mods Notes ---
> File lampiran lebih dari 250 KB.
> Harap Pak Hadi melampirkan file yang sesuai peraturan milis.
> Usahakan < 250 KB.
> Kurangi jumlah data yang dilampirkan. Cukup data contoh saja.
> Lakukan kompresi file dengan aplikasi pengkompresi file bila perlu.
> ------------------
>
> ________________________________
> Dari: raya hidayat <raya.hidayat@gmail.com>
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Dikirim: Jumat, 24 Februari 2012 16:01
> Judul: Re: [belajar-excel] Pembukuan Yang Buruk
>
>
>
>
> Dear Pak Hadi Sukisno,
>
> saya bukan suhu, masih beginer,
> terlampir file yang semoga sesuai dengan yang diinginkan. hasil yang saya
> usulkan mirip dengan contoh yang diberikan.
> ada dua data yang berbeda dari contoh yang diinginkan oleh bapak.
> silahkan di cek.
>
> terima kasih
>
> Raya
>
>
>

--
Terima kasih

Raya
4a.

Macro-lock zoom-out dan page width vie default

Posted by: "andre pri" qlick@inbox.com   andrepri@ymail.com

Sun Feb 26, 2012 11:53 am (PST)



Be Exceler

Apakah VBA code untuk:
1. mengunci zoom-out dan ketika file ini dibuka width view default-nya hanya dari cell A1:I1 (VBA)
2. menyembunyikan row & column header (VBA)
3. menyembunyikan horizontal & vertical scroll bar (VBA)
4. menyembunyikan sheet tab (VBA)
5. pada file ini column header hanya sampai I1, bagaimana membuat row header hanya sampai A77 (VBA)

br
andre
4b.

Re: Macro-lock zoom-out dan page width vie default

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Sun Feb 26, 2012 11:49 pm (PST)




With ActiveWindow
.DisplayHorizontalScrollBar = False
.DisplayVerticalScrollBar = False
.DisplayWorkbookTabs = False .DisplayHeadings = False
End With

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: qlick@inbox.com
Date: Sun, 26 Feb 2012 10:18:52 -0800
Subject: [belajar-excel] Macro-lock zoom-out dan page width vie default

Be Exceler

Apakah VBA code untuk:

1. mengunci zoom-out dan ketika file ini dibuka width view default-nya hanya dari cell A1:I1 (VBA)

2. menyembunyikan row & column header (VBA)

3. menyembunyikan horizontal & vertical scroll bar (VBA)

4. menyembunyikan sheet tab (VBA)

5. pada file ini column header hanya sampai I1, bagaimana membuat row header hanya sampai A77 (VBA)

br

andre

4c.

Re: Macro-lock zoom-out dan page width vie default

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Sun Feb 26, 2012 11:53 pm (PST)




untuk zoom sesuai area : Range("A1:I1").Select
ActiveWindow.Zoom = True

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: jkssxls@hotmail.com
Date: Mon, 27 Feb 2012 07:47:09 +0000
Subject: RE: [belajar-excel] Macro-lock zoom-out dan page width vie default

With ActiveWindow
.DisplayHorizontalScrollBar = False
.DisplayVerticalScrollBar = False
.DisplayWorkbookTabs = False
.DisplayHeadings = False
End With

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: qlick@inbox.com
Date: Sun, 26 Feb 2012 10:18:52 -0800
Subject: [belajar-excel] Macro-lock zoom-out dan page width vie default

Be Exceler

Apakah VBA code untuk:

1. mengunci zoom-out dan ketika file ini dibuka width view default-nya hanya dari cell A1:I1 (VBA)

2. menyembunyikan row & column header (VBA)

3. menyembunyikan horizontal & vertical scroll bar (VBA)

4. menyembunyikan sheet tab (VBA)

5. pada file ini column header hanya sampai I1, bagaimana membuat row header hanya sampai A77 (VBA)

br

andre



5a.

Bls: [belajar-excel] Mengambil Data Berurutan (minta penjelasan)

Posted by: "Zerlinda Seismica" seismica@yahoo.com   seismica

Sun Feb 26, 2012 4:26 pm (PST)



Salam
Maaf mas KId, bisa dijabarkan formula yang diberikan mas Kid misal kita ambil formula dasarnya :
Array formula :
=MOD(SMALL(IF(LEN($A$3:$D$11),(COLUMN($A$3:$D$11)*1000+ROW($A$3:$D$11)-2)*10^6+$A$3:$D$11),ROW(1:1)),10^6)

Saya pingin tau aja jalan ceritanya biar ada kasus serupa saya bisa buat sendiri

Makasih ya
Seismica

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 25 Februari 2012 22:06
Judul: Re: [belajar-excel] Mengambil Data Berurutan


Hai Saismica,

Dengan asumsi :
1. jumlah baris max 999
2. 0 <= nilai data < 999999

Array formula :
=MOD(SMALL(IF(LEN($A$3:$D$11),(COLUMN($A$3:$D$11)*1000+ROW($A$3:$D$11)-2)*10^6+$A$3:$D$11),ROW(1:1)),10^6)

Untuk menghilangkan hasil error value :
1. xl2007 ke atas gunakan IFError
=IFError( MOD(SMALL(IF(LEN($A$3:$D$11),(COLUMN($A$3:$D$11)*1000+ROW($A$3:$D$11)-2)*10^6+$A$3:$D$11),ROW(1:1)),10^6) , "" )

2. semua versi :
=IF(row(1:1)>count($A$3:$D$11),"", MOD(SMALL(IF(LEN($A$3:$D$11),(COLUMN($A$3:$D$11)*1000+ROW($A$3:$D$11)-2)*10^6+$A$3:$D$11),ROW(1:1)),10^6) )

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

On Sat, Feb 25, 2012 at 21:29, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> wrote:


>Salam xls
>
>Maaf nih, minta petunjuk lagi sama para suhu untuk mengambil data dengan berurutan seperti terlampir.
>
>Makasih bangat ya...
>Seismica
>
>
>
>

5b.

Re: Mengambil Data Berurutan (minta penjelasan)

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Feb 26, 2012 5:57 pm (PST)



Silakan dilihat-lihat.

Excel memiliki fitur bernama Evaluate Formula, yang dapat ditemui pada :
[xl2003 ke bawah] : menu Tools -> Formula Auditing -> Evaluate Formula
[xl2007 ke atas] : ribbon Formulas -> group Formula Auditing ->
Evaluate Formula

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

On Mon, Feb 27, 2012 at 07:26, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> wrote:

> **
>
>
> Salam
> Maaf mas KId, bisa dijabarkan formula yang diberikan mas Kid misal kita
> ambil formula dasarnya :
> Array formula :
> =*
> MOD(SMALL(IF(LEN($A$3:$D$11),(COLUMN($A$3:$D$11)*1000+ROW($A$3:$D$11)-2)*10^6+$A$3:$D$11),ROW(1:1)),10^6)
> *
>
> Saya pingin tau aja jalan ceritanya biar ada kasus serupa saya bisa buat
> sendiri
>
> Makasih ya
> Seismica
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Sabtu, 25 Februari 2012 22:06
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Mengambil Data Berurutan
>
>
>
> Hai Saismica,
>
> Dengan asumsi :
> 1. jumlah baris max 999
> 2. 0 <= nilai data < 999999
>
> Array formula :
> =*
> MOD(SMALL(IF(LEN($A$3:$D$11),(COLUMN($A$3:$D$11)*1000+ROW($A$3:$D$11)-2)*10^6+$A$3:$D$11),ROW(1:1)),10^6)
> *
>
> Untuk menghilangkan hasil error value :
> 1. xl2007 ke atas gunakan IFError
> =IFError( *
> MOD(SMALL(IF(LEN($A$3:$D$11),(COLUMN($A$3:$D$11)*1000+ROW($A$3:$D$11)-2)*10^6+$A$3:$D$11),ROW(1:1)),10^6)
> * , "" )
>
> 2. semua versi :
> =IF(row(1:1)>count(*$A$3:$D$11*),"", *
> MOD(SMALL(IF(LEN($A$3:$D$11),(COLUMN($A$3:$D$11)*1000+ROW($A$3:$D$11)-2)*10^6+$A$3:$D$11),ROW(1:1)),10^6)
> * )
>
> Wassalamualaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
> On Sat, Feb 25, 2012 at 21:29, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com>wrote:
>
> **
>
> Salam xls
>
> Maaf nih, minta petunjuk lagi sama para suhu untuk mengambil data dengan
> berurutan seperti terlampir.
>
> Makasih bangat ya...
> Seismica
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
6a.

membuat autonumber pada tabel berfilter

Posted by: "neza ibaneza" nezaibaneza@yahoo.co.id   nezaibaneza

Sun Feb 26, 2012 4:45 pm (PST)



salam be-excel,
to the point, saya coba buat autonumber pada table yg difilter agar kolom nomor tetap berurut mulai dari angka 1,
tetapi masalah yg dihadapi sesuai pada lampiran...
mohon bantuannya..

salam
NZ
6b.

Re: membuat autonumber pada tabel berfilter

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Sun Feb 26, 2012 5:03 pm (PST)



Lha ini kan sudah sering moencoel !
Coba pakai rumus ini

=SUBTOTAL(2,*D$4:D4*)
jreeeengng...
(seperti suara gitar ibanez)

*catatan gak penting: *
Kolom yg diSubtotal dengan fungsi 2/ count; (dlm contoh kolom D)
harus kolom yg pasti PENUH yaitu sekolom dlm tabel yg tidak ada cell
kosongnya
dan datanya harus type-data bilangan/numbers (termasuk data date)

Mohon dilihat-agak-lama cara merujuknya dengan teknik SladingReference
(rujukan bergeser
sesuai tempat ditulisnya rumus)

*Semprul..Ki!*

2012/2/27 neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>
>
> salam be-excel,
> to the point, saya coba buat autonumber pada table yg difilter agar kolom
> nomor tetap berurut mulai dari angka 1,
> tetapi masalah yg dihadapi sesuai pada lampiran...
> mohon bantuannya..
> salam
> NZ
>
6c.

Re: membuat autonumber pada tabel berfilter

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Sun Feb 26, 2012 5:03 pm (PST)



Coba rumus ini:
[K4]=SUBTOTAL(103,L$4:L4)

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of neza ibaneza
Sent: Monday, February 27, 2012 7:40 AM
To: EXCEL EXCEL
Subject: [belajar-excel] membuat autonumber pada tabel berfilter

salam be-excel,
to the point, saya coba buat autonumber pada table yg difilter agar kolom nomor tetap berurut mulai dari angka 1,
tetapi masalah yg dihadapi sesuai pada lampiran...
mohon bantuannya..

salam
NZ

6d.

Bls: [belajar-excel] membuat autonumber pada tabel berfilter

Posted by: "neza ibaneza" nezaibaneza@yahoo.co.id   nezaibaneza

Sun Feb 26, 2012 8:07 pm (PST)



terima kasih ^1000 Ki'
rumusnya dah Ok top markotop...
neza

________________________________
Dari: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 27 Februari 2012 9:03
Judul: Re: [belajar-excel] membuat autonumber pada tabel berfilter


Lha ini kan sudah sering moencoel !
Coba pakai rumus ini

=SUBTOTAL(2,D$4:D4)
jreeeengng..
(seperti suara gitar ibanez)

catatan gak penting: 
Kolom yg diSubtotal dengan fungsi 2/ count; (dlm contoh kolom D) 
harus kolom yg pasti PENUH yaitu sekolom dlm tabel yg tidak ada cell kosongnya 
dan datanya harus type-data bilangan/numbers (termasuk data date)

Mohon dilihat-agak-lama cara merujuknya dengan teknik SladingReference (rujukan bergeser 
sesuai tempat ditulisnya rumus)

Semprul..Ki!

2012/2/27 neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id
salam be-excel,
>to the point, saya coba buat autonumber pada table yg difilter agar kolom nomor tetap berurut mulai dari angka 1,
>tetapi masalah yg dihadapi sesuai pada lampiran...
>mohon bantuannya..
>salam
>NZ

7a.

menampilkan cell yang berisi data tanpa menggeser screen

Posted by: "Himawan Kunaifi" h_w42n@yahoo.com   h_w42n

Sun Feb 26, 2012 7:47 pm (PST)





Dear Para Master Exel,

Masih belajar ini, mohon bantuanya lagi ini, jika kita mempunyai data yang banyak, dan kita ingin menampilkan data tersebut di layar monitor tanpa menggeser scroll pada layar monitor hanya dengan menuliskan data yang kita inginkan maka baris/kolom yang sesuai data yang dituliskan langsung di tampilkan di layar monitor. file terlampir.

Salam, Himawan

7b.

Re: menampilkan cell yang berisi data tanpa menggeser screen

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Sun Feb 26, 2012 9:16 pm (PST)



coding dipanjang-panjangkan biar panjang..
di tulis di module sheet terkait

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
Dim iKol As Integer, sms As String
If Target(1).Address = "$F$2" Then
If WorksheetFunction.CountIf(Range("G6:IP6"), Target(1)) > 0 Then
iKol = WorksheetFunction.Match(Target(1), Range("G6:IP6"), 0)
ActiveWindow.ScrollColumn = iKol + 5
Else
ActiveWindow.ScrollColumn = 1
sms = "Maap,.. TANGGAL yg anda tentukan.. : " & vbCr
sms = sms + "tidak ada di BarTanggal.. Nak.." & vbCr & vbCr
sms = sms + "( Truss Gimana dwong..?!?? )" + vbCrLf
MsgBox sms, 48
End If
End If
End Sub

*Semprul..Ki!*

*"cathetan gak penting" *
sebetulnya masih ada yg kurang jlass: *"langsung ditampilkan di layar
monitor"*
sedangkan layar monitor itu macem-macem ukuran dan perbandingan dimensinya.
SemaNGkin lebar WIDTH nya semaNGkin banyak kolom yg "MASUK" (terdisplay di
dalamnya dlm sekali saat.).
Sedangkan Nak Himawan "mboten kerso ngendikan": ukuran monitornyah. ! Truss
"GI"mana dong..?

Perhatikan juga walaupun DUA monitor punya perbandingan labar x tinggnya yg
sama, tetapi yg satu 14 inch
yang 1 lagi 21 Inch, bukan lantas CELL excelnya menjadi besar besar
sehingga jumlah kolom (untuk sheet yg di set sama)
yg masuk ke monitor = SAMA jumlahnya.
Ada faktor lain (resolusi) yg mengakibatkan [layar 21 Inch yg perbandingan
lebar x tinggnya sama dgn layar 14 inch] tidak sama!
Layar 21 Inch lebih banyak menampilkan KOLOM dan baris, dibanding layar 14
Inc)
Apa yg kita kira TIDAK MASUK ternyata masuk dan kebalikannya
Alangkah sulitnya menjawab pertanyaan yg infonya kurang lengkap..

2012/2/27 Himawan Kunaifi <h_w42n@yahoo.com>

> **
>
> Dear Para Master Exel,****
>
> Masih belajar ini, mohon bantuanya lagi ini, jika kita mempunyai data yang
> banyak, dan kita ingin menampilkan data tersebut di layar monitor tanpa
> menggeser scroll pada layar monitor hanya dengan menuliskan data yang kita
> inginkan maka baris/kolom yang sesuai data yang dituliskan langsung di
> tampilkan di layar monitor. file terlampir.
>
> Salam, Himawan
>
7c.

Re: menampilkan cell yang berisi data tanpa menggeser screen

Posted by: "Himawan Kunaifi" h_w42n@yahoo.com   h_w42n

Sun Feb 26, 2012 11:53 pm (PST)



Dear Ki,

Terimakasih atas pencerahanya, Mohon maaf penjelasanya kurang lengkap, untuk
ukuran sheet di monitor sebelum dan sesudah diharapkan tetap yaitu 60%
seperti file terlampir, ukuran monitor saya 10.1 1280 X 800 (32bit)

Salam, Himawan

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Ki Semprul
Sent: Monday, February 27, 2012 12:16 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan cell yang berisi data tanpa
menggeser screen

coding dipanjang-panjangkan biar panjang..

di tulis di module sheet terkait

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)

Dim iKol As Integer, sms As String

If Target(1).Address = "$F$2" Then

If WorksheetFunction.CountIf(Range("G6:IP6"), Target(1)) > 0 Then

iKol = WorksheetFunction.Match(Target(1), Range("G6:IP6"), 0)

ActiveWindow.ScrollColumn = iKol + 5

Else

ActiveWindow.ScrollColumn = 1

sms = "Maap,.. TANGGAL yg anda tentukan.. : " & vbCr

sms = sms + "tidak ada di BarTanggal.. Nak.." & vbCr & vbCr

sms = sms + "( Truss Gimana dwong..?!?? )" + vbCrLf

MsgBox sms, 48

End If

End If

End Sub

Semprul..Ki!

"cathetan gak penting"

sebetulnya masih ada yg kurang jlass: "langsung ditampilkan di layar
monitor"

sedangkan layar monitor itu macem-macem ukuran dan perbandingan dimensinya.

SemaNGkin lebar WIDTH nya semaNGkin banyak kolom yg "MASUK" (terdisplay di
dalamnya dlm sekali saat.).

Sedangkan Nak Himawan "mboten kerso ngendikan": ukuran monitornyah. ! Truss
"GI"mana dong..?

Perhatikan juga walaupun DUA monitor punya perbandingan labar x tinggnya yg
sama, tetapi yg satu 14 inch

yang 1 lagi 21 Inch, bukan lantas CELL excelnya menjadi besar besar sehingga
jumlah kolom (untuk sheet yg di set sama)

yg masuk ke monitor = SAMA jumlahnya.

Ada faktor lain (resolusi) yg mengakibatkan [layar 21 Inch yg perbandingan
lebar x tinggnya sama dgn layar 14 inch] tidak sama!

Layar 21 Inch lebih banyak menampilkan KOLOM dan baris, dibanding layar 14
Inc)

Apa yg kita kira TIDAK MASUK ternyata masuk dan kebalikannya

Alangkah sulitnya menjawab pertanyaan yg infonya kurang lengkap..

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Cats Group

Join a group for

cat owners like you

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Bi-polar disorder

Find support

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar