Minggu, 18 Maret 2012

[belajar-excel] Digest Number 1554

Messages In This Digest (19 Messages)

Messages

1a.

Tolooooonngggg Mas/Mbak...: konversi tipe data numerik

Posted by: "internazionale_madrid" internazionale_madrid@yahoo.com   internazionale_madrid

Sat Mar 17, 2012 12:34 am (PDT)



Assalamualaikum Mas/Mbak. Nama Saya Rangga.

Saya mw minta tolong Mas/Mbak, saya menggunakan Excel 2003,permasalahan saya seperti ini MAs/Mbak :
1. gimana caranya menyortir data.saya punya data yang mw saya sortir per area.tapi saya bingung caranya mas.Saya mohon bantuannya mas.
2. Saya tidak bisa melakukan Fungsi SUM pada excel 2003. Hasil Penjumlahannya selalu nol. Format angkanya seperti ini Mas/Mbak 2.306.980,00. Ketika saya ganti formatnya menjadi 2,306,980.00, excelnya bisa ngejumlahin Mas/Mbak. Tapi klo harus mengganti satu2, waktunya lama, Apakah ada Cara Cepatnya Mas/Mbak?
NB : cara saya menggantinya adalah dengan mengetik ulang angka tersebut, saya udah coba ganti dengan mengklik format cell, trus pilih format sesuai dengan keiniginan, trus klik ok, tapi angka yang saya ingin ubah formatnya tersebut, tetap(tidak berubah)

KODE PELANGGAN   NAMA PERUSAHAAN   KETERANGAN AREA JUMLAH TAGIHAN JUMLAH KOREKSI TOTAL PELUNASAN % PELUNASAN SALDO
<= 30 Hari % 31 - 45 Hari % 46 - 60 Hari % 61 - 90 Hari % > 90 Hari %
256 ABC KOMENG NSA 23.906.800,00 0,00 23.767.00,00 100,00 23.767.500,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
565 DEF SULE NSA 7.231.000,00 0,00 7.536.000,00 100,00 7.536.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
526 GHI PARTO NSA 10.308.000,00 0,00 14.306.000,00 100,00 14.306.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
79 JKL AZIZ SSA 1.736.000,00 0,00 1.656.000,00 100,00 1.656.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
578 OPQ NUNUNG SSA 1.906.000,00 0,00 6.606.000,00 100,00 0,00 0,00 6.606.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
725 RST TUKUL SSA 59.378.000,00 0,00 21.676.000,00 100,00 21.676.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
547 UVW ANDRE CSA 3.306.000,00 0,00 8.366.000,00 100,00 8.366.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
7833 XYZ BOPAK CSA 6.201.000,00 0,00 1.271.000,00 100,00 0,00 0,00 1.271.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
789 MNO ARI NSA 89.010.400,00 0,00 30.018.400,00 100,00 0,00 0,00 30.018.400,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
7881 XCV PEPPY SSA 92.458.000,00 0,00 14.456.040,00 100,00 14.456.040,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
7882 HGF WENDY NSA 7.716.000,00 0,00 7.706.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 7.706.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
14545 KLO EKO SSA 92.405.000,00 0,00 22.006.000,00 100,00 22.006.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
7849 HYT NARJI NSA 8.782.000,00 0,00 5.451.000,00 100,00 5.451.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
2356 BDF DENY NSA 9.342.000,00 0,00 9.808.000,00 100,00 9.808.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00

Mohon Bantuanya ya Mas/Mbak...

The Best Regards I have,

Rangga

Wassalam.

--- Mods ---
Mohon posting berikutnya memberi subject yang mewakili kasus yang diutarakan.
File lampiran akan memudahkan calon penanggap dalam memberi solusi.
------------

1b.

Bls: [belajar-excel] Tolooooonngggg Mas/Mbak...: konversi tipe data

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@yahoo.co.id   dwint.ruswanto

Sat Mar 17, 2012 12:42 am (PDT)



Intinya mau ganti tanda titik "." menajadi tanda koma "," secara cepat ya?

kalau begitu cara cepatnya adalah:

1. Blok seluruh data yang ingin diganti tanda titik menjadi koma
2. Pencet CTRL  F
3. Klik tab "Replace"
4. Di kotak "Find What" isi dengan tanda titik
5. Di kotak "Replace With" isi dengantanda koma
6. Klik tombol "Replace All"

semoga sesuai dengan harapan.

wassalam,

-dwint-

________________________________
Dari: internazionale_madrid <internazionale_madrid@yahoo.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 17 Maret 2012 14:29
Judul: [belajar-excel] Tolooooonngggg Mas/Mbak...: konversi tipe data numerik


 
Assalamualaikum Mas/Mbak. Nama Saya Rangga.

Saya mw minta tolong Mas/Mbak, saya menggunakan Excel 2003,permasalahan saya seperti ini MAs/Mbak :
1. gimana caranya menyortir data.saya punya data yang mw saya sortir per area.tapi saya bingung caranya mas.Saya mohon bantuannya mas.
2. Saya tidak bisa melakukan Fungsi SUM pada excel 2003. Hasil Penjumlahannya selalu nol. Format angkanya seperti ini Mas/Mbak 2.306.980,00. Ketika saya ganti formatnya menjadi 2,306,980.00, excelnya bisa ngejumlahin Mas/Mbak. Tapi klo harus mengganti satu2, waktunya lama, Apakah ada Cara Cepatnya Mas/Mbak?
NB : cara saya menggantinya adalah dengan mengetik ulang angka tersebut, saya udah coba ganti dengan mengklik format cell, trus pilih format sesuai dengan keiniginan, trus klik ok, tapi angka yang saya ingin ubah formatnya tersebut, tetap(tidak berubah)

KODE PELANGGAN   NAMA PERUSAHAAN   KETERANGAN AREA JUMLAH TAGIHAN JUMLAH KOREKSI TOTAL PELUNASAN % PELUNASAN SALDO
<= 30 Hari % 31 - 45 Hari % 46 - 60 Hari % 61 - 90 Hari % > 90 Hari %
256 ABC KOMENG NSA 23.906.800,00 0,00 23.767.00,00 100,00 23.767.500,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
565 DEF SULE NSA 7.231.000,00 0,00 7.536.000,00 100,00 7.536.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
526 GHI PARTO NSA 10.308.000,00 0,00 14.306.000,00 100,00 14.306.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
79 JKL AZIZ SSA 1.736.000,00 0,00 1.656.000,00 100,00 1.656.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
578 OPQ NUNUNG SSA 1.906.000,00 0,00 6.606.000,00 100,00 0,00 0,00 6.606.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
725 RST TUKUL SSA 59.378.000,00 0,00 21.676.000,00 100,00 21.676.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
547 UVW ANDRE CSA 3.306.000,00 0,00 8.366.000,00 100,00 8.366.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
7833 XYZ BOPAK CSA 6.201.000,00 0,00 1.271.000,00 100,00 0,00 0,00 1.271.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
789 MNO ARI NSA 89.010.400,00 0,00 30.018.400,00 100,00 0,00 0,00 30.018.400,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
7881 XCV PEPPY SSA 92.458.000,00 0,00 14.456.040,00 100,00 14.456.040,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
7882 HGF WENDY NSA 7.716.000,00 0,00 7.706.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 7.706.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
14545 KLO EKO SSA 92.405.000,00 0,00 22.006.000,00 100,00 22.006.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
7849 HYT NARJI NSA 8.782.000,00 0,00 5.451.000,00 100,00 5.451.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
2356 BDF DENY NSA 9.342.000,00 0,00 9.808.000,00 100,00 9.808.000,00 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00

Mohon Bantuanya ya Mas/Mbak...

The Best Regards I have,

Rangga

Wassalam.

--- Mods ---
Mohon posting berikutnya memberi subject yang mewakili kasus yang diutarakan.
File lampiran akan memudahkan calon penanggap dalam memberi solusi.
------------

1c.

Re: Tolooooonngggg Mas/Mbak...: konversi tipe data numerik

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Mar 17, 2012 1:09 am (PDT)



Waalaikumussalam Wr. Wb.

Sebaiknya, sebelum mengolah sebuah data, diketahui dulu tipedatanya.
Umumnya,
1. selalu hilangkan seluruh format (menjadi General)
2. hilangkan alignment (rata kiri, rata kanan, dsb jadi tidak pakai
rata-rataan ke manapun)
3. lihat masing-masing data,
>> data text pasti rapat kiri
>> data numerik atau datetime pasti rapat kanan
4. Jika ada data isinya angka semua kok rata kiri berarti data itu memiliki
tipe data text, dan banyak fungsi Excel yang tidak menyertakan proses
konversi sebelum mengkalkulasi (misal : Sum)
5. Jika ada data isinya angka semua kok masih ada tanda pemisah desimal
atau pemisah ribuan, maka itu adalah data text
6. Jika ada data tanggal kok masih ada tulisan nama bulan atau nama hari,
atau rapat kiri, maka itu bertipe text
7. setelah tahu mana yang tidak sesuai datanya dengan hakekot si data,
lakukan konversi data tipe.

Contoh konversi tipe data angka yang masih bertipe text jadi numerik :
1. data memiliki pemisah ribuan dan ada angka dibelakang komanya, rata kiri
di hasil cek cara di atas
2. ke desktop -> klik start -> control panel -> regional setting -> cara
tahu apa pemisah desimalnya (angka dibelakang komanya)
>> misal disono tertulis pakai *titik*.
3. kembali ke Excel, lihat data yang akan dikonversi, pemisah desimalnya
pakai tanda apa
>> misal di excel tandanya *koma*
4. dapat disimpulkan bahwa pemisah desimal harus diubah dari koma menjadi
titik.
5. Tahap 1, ubah dulu pemisah ribuan.
>> 0. Blok kolom yang akan diganti
>> A. tekan Ctrl H
>> B. isi pemisah ribuan yang dipakai data di bagian yang dicari (find
what)
>> C. isi | (tombol di atas Enter) di replace with
>> D. tekan Replace All
6. Tahap 2, ubah pemisah desimal dari koma jadi titik
>> Ctrl H, isi find nya koma, replace with titik replace all
7. Tahap 3, ubah hapus pemisah ribuan :
>> Ctrl H, isi findnya | replace with dikosongkan, tekan replace all

Atau pakai formula : (misal ganti data di kolom X, mulai baris 2)
1. di sebuah kolom baru : beri formula :
=Substitute( Substitute( Substitute( x2 , "." , "|" ) , "," , "" ) , "|" ,
"" ) * 1
2. kopi ke baris dibawahnya sebanyak jumlah baris data di kolom X
3. blok kolom berformula, dan tekan Ctrl C
4. blok kolom X, kllik kanan pilih paste special, pilih Values, tekan OK
5. lakukan juga untuk kolom lain, dan kolom bantu konversi tadi
(berformula) bisa dihapus.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

On Sat, Mar 17, 2012 at 14:29, internazionale_madrid <
internazionale_madrid@yahoo.com> wrote:

> **
>
>
> Assalamualaikum Mas/Mbak. Nama Saya Rangga.
>
> Saya mw minta tolong Mas/Mbak, saya menggunakan Excel 2003,permasalahan
> saya seperti ini MAs/Mbak :
> 1. gimana caranya menyortir data.saya punya data yang mw saya sortir per
> area.tapi saya bingung caranya mas.Saya mohon bantuannya mas.
> 2. Saya tidak bisa melakukan Fungsi SUM pada excel 2003. Hasil
> Penjumlahannya selalu nol. Format angkanya seperti ini Mas/Mbak
> 2.306.980,00. Ketika saya ganti formatnya menjadi 2,306,980.00, excelnya
> bisa ngejumlahin Mas/Mbak. Tapi klo harus mengganti satu2, waktunya lama,
> Apakah ada Cara Cepatnya Mas/Mbak?
> NB : cara saya menggantinya adalah dengan mengetik ulang angka tersebut,
> saya udah coba ganti dengan mengklik format cell, trus pilih format sesuai
> dengan keiniginan, trus klik ok, tapi angka yang saya ingin ubah formatnya
> tersebut, tetap(tidak berubah)
>
> KODE PELANGGAN NAMA PERUSAHAAN KETERANGAN AREA JUMLAH TAGIHAN JUMLAH
> KOREKSI TOTAL PELUNASAN % PELUNASAN SALDO
> <= 30 Hari % 31 - 45 Hari % 46 - 60 Hari % 61 - 90 Hari % > 90 Hari %
> 256 ABC KOMENG NSA 23.906.800,00 0,00 23.767.00,00 100,00 23.767.500,00
> 100,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00
>
> Mohon Bantuanya ya Mas/Mbak...
>
> The Best Regards I have,
>
> Rangga
>
> Wassalam.
>
> --- Mods ---
> Mohon posting berikutnya memberi subject yang mewakili kasus yang
> diutarakan.
> File lampiran akan memudahkan calon penanggap dalam memberi solusi.
> ------------
>
>
>
1d.

Re: Bls: [belajar-excel] Tolooooonngggg Mas/Mbak...: konversi tipe d

Posted by: "Doli Azhari" internazionale_madrid@yahoo.com   internazionale_madrid

Sat Mar 17, 2012 1:09 am (PDT)



Sebelumnya Makasih ya Mas Dwi buat Sarannya. Tp mas, saya udah coba saran dari Mas Dwi, yang muncul malah warning sepert ini mas :

Microsoft Excel cannot find any data to replaced. check if your source formatting and criteria are defined correctly. if you are sure that matching data exist in this workbook, it may be on protected sheet. Excel cannot replace data on a protected worksheet.
 Maksudnya apa ya Mas?

________________________________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, March 17, 2012 2:42 PM
Subject: Bls: [belajar-excel] Tolooooonngggg Mas/Mbak...: konversi tipe data numerik


 
Intinya mau ganti tanda titik "." menajadi tanda koma "," secara cepat ya?

kalau begitu cara cepatnya adalah:

1. Blok seluruh data yang ingin diganti tanda titik menjadi koma
2. Pencet CTRL  F
3. Klik tab "Replace"
4. Di kotak "Find What" isi dengan tanda titik
5. Di kotak "Replace With" isi dengantanda koma
6. Klik tombol "Replace All"

semoga sesuai dengan harapan.

wassalam,

-dwint-

1e.

Re: Bls: [belajar-excel] Tolooooonngggg Mas/Mbak...: konversi tipe d

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Mar 17, 2012 1:14 am (PDT)



Coba ubah nilai sebuah cell yang akan diganti secara manual, jika bisa,
maka blok cell-cell yang akan di-replace saja.
Jika tidak bisa, lihat di atas tengah layar, apakah ada tulisan Read Only.
Jika ada, tutup workbook dan buka (usaha sampai bisa) dalam keadaan tidak
Read Only
Jika tidak ada Read Only, cek apakah worksheet terprotect (minta password
kepemiliknya)
Jika tidak diprotect, coba lampirkan ke milis cuplikan datanya (jangan
semua data) dan ganti hal-hal rahasia dengan angka sebarang supaya tidak
rahasia lagi.

Wassalam,
Kid.

On Sat, Mar 17, 2012 at 15:05, Doli Azhari
<internazionale_madrid@yahoo.com>wrote:

> **
>
>
> Sebelumnya Makasih ya Mas Dwi buat Sarannya. Tp mas, saya udah coba saran
> dari Mas Dwi, yang muncul malah warning sepert ini mas :
>
> Microsoft Excel cannot find any data to replaced. check if your source
> formatting and criteria are defined correctly. if you are sure that
> matching data exist in this workbook, it may be on protected sheet. Excel
> cannot replace data on a protected worksheet.
> Maksudnya apa ya Mas?
>
> ________________________________
> From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@yahoo.co.id>
> To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Sent: Saturday, March 17, 2012 2:42 PM
> Subject: Bls: [belajar-excel] Tolooooonngggg Mas/Mbak...: konversi tipe
> data numerik
>
>
>
>
> Intinya mau ganti tanda titik "." menajadi tanda koma "," secara cepat ya?
>
> kalau begitu cara cepatnya adalah:
>
> 1. Blok seluruh data yang ingin diganti tanda titik menjadi koma
> 2. Pencet CTRL F
> 3. Klik tab "Replace"
> 4. Di kotak "Find What" isi dengan tanda titik
> 5. Di kotak "Replace With" isi dengantanda koma
> 6. Klik tombol "Replace All"
>
> semoga sesuai dengan harapan.
>
> wassalam,
>
> -dwint-
>
>
>
>
2a.

Re: Mohon bantuan macro

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Mar 17, 2012 12:41 am (PDT)



Mungkin maksud jeng Wilis adalah apakah pasti lowercode di sheet plan ada
di sheet master ?
kalau gak ada di sheet master bagaimana ?

Kid.

On Sat, Mar 17, 2012 at 10:33, bagus <bagus@kingjim.co.id> wrote:

> **
>
>
> **
> Dear Rara;
>
> Terima kasih atas tanggapannya;
>
> Memang benar, sheet plan FP adalah Inputnya, dan sheet plan 035, plan 011
> dst.. adalah output yg dikendaki.
>
> contoh:
> jika pada sheet FP ada Fp. 132C blue => lihat sheet Master.
> di sheet Master ada Fp. 132C blue adalah hasil
> untuk mencapai hasil tsb (Fp. 132C blue) diperlukan beberapa proses.
> beberapa proses tsb ada di kolom D dgn header Lower-name dan kolom I dgn
> header Process_cd
>
> Sheet output mengacu pada kolom I tsb.
>
>
> Terima kasih
>
> Bagus
>
> ----- Original Message -----
>
> *From:* rr_wilis <misswilis@yahoo.co.id>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Saturday, March 17, 2012 9:51 AM
> *Subject:* [belajar-excel] Re: Mohon bantuan macro
>
>
>
> Dear Pak Bagus,
>
> Hal yg dinilai TIDAK MEWAKILI MASALAH adalah "JUDUL /subject" pada email
> Bapak, yaitu tertulis "Mohon bantuan makro".
>
> Makro itu ada jutaan kemungkinan; tetapi Kasus yg bapak hadapi dan ingin
> disolusi dengan makro = hanya 1 hal/masalah spesifik.
> Jadi boleh disimpulkan JUDUL (subject) email spt itu TIDAK MEWAKILI
> MASALAH SPESIFIK yg bapak ajuka ke milis ini.
>
> Hal ini sebenarnya sudah diatur dlm peraturan milis. Maksud peraturan ini
> adalah: agar tiap email punya judul yg mewakili masalah yg dimuatnya; bukan
> asal judul yg bisa multi tafsir (tetapi "multi"-nya kebanyakan.)
> Dengan Judul yg baik, teman-teman members lain beberapa tahun lagi, akan
> dapat dengan mudah mencari-cari (di milis ini) masalah yg mirip sebelum
> menanyakannya ke forum...
>
> Kebetulan; Pertanyaan - pun belum jelas benar.
> Bapak katakan: Data di sheet FP ingin di buat OUTPUTnya di sheet "035",
> "011" dst
> Jika untuk membuat outputnya bapak hanya menSYARATKAN "MENGACU" data di
> Sheet FP saja, maka penyelesainnya tentu gampang yaitu hanya dengan
> MENG-COPY seluruh data di FP ke tiap² sheets OUTPUT.
>
> Padahal yg Bapak kehendaki tentunya bukan seperti itu, melainkan output
> adalah : data yg sudah DIPROSES, mungkin prosesnya dengan:
> <> meng-aritmatikkan,
> <> menyaring,
> <> memilih tiap record dengan syarat2 / kriteria tertentu,
> <> dst
>
> Itu semua hanya bapaklah yg tahu, karena kami setelah melihat data di "FP"
> dan membandingkan data di "011" maupun "035" ternyata tidak mampu
> menyimpulkan SYARAT dan/atau kriteria tersembunyi yg belum sempat bapak
> jelaskan kepada kami.
>
> Demikian penjlasan dari pihak sesama members, sekaligus harapan:
> jika Syarat dan Kriteria (agar INPUT bisa-menjadi OUTPUT yg sesuai
> kehendak pak Bagus) dapat terjelaskan, kami, sambil belajar-exel dapat pula
> ikut berpartisi-SAPI meramaikan milis ini.
>
> Mohon maaf jika ada salah kata..
>
> -Rara
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "bagus" <bagus@...> wrote:
> >
> > Dear Mr. Kid;
> > Mohon maaf kalo pertanyaan saya kurang mewakili masalah;
> > dengan ini saya akan mencoba menjelaskan apa yg saya harapkan:
> >
> > 1. semua Output mengacu pada sheet plan FP
> > 2. Tabel data source ada di sheet master, sheet dengan nama "plan 035,
> plan 011 dst.." adalah shet output
> >
> > yang saya inginkan:
> > 1. ketika tombol process pada sheet Plan FP di clik maka pada sheet plan
> 035, plan 011 dst.. akan terisi data
> > 2. dimana data mengacu pada sheet plan FP & sheet master.
> >
> > dari penjelasan diatas, kalau masih ada yg kurang jelas saya mohon maaf
> >
> > bagus
> >
> >
> > ----- Original Message -----
> > From: Kid Mr.
> > Sent: Friday, March 16, 2012 5:07 PM
> >
> > Dear Bagus,
> > Mohon posting berikutnya memberi Subject yang mewakili kasus yang
> diungkapkan.
> > Beri penjelasan yang baik tentang kasus pada body email.
> >
> > Tentang kasus Anda :
> > 1. Apa kriteria untuk memasukkan ke sheet Plan 035 atau plan 011 ?
> > 2. Kenapa tidak dibuat sebuah sheet yang menjadi tabel data source
> seluruh output ? sheet Plan 035, plan 011 adalah sheet output.
> >
> > Regards,
> > Kid.
> >
> > On Fri, Mar 16, 2012 at 11:02, bagus <bagus@...> wrote:
> > Dear Masters;
> > Mohon bantuannya buat macro.
> > untuk lebih jelasnya silahkan ke TKP..
> > Terima kasih
> > Bagus
>
>
>
2b.

Re: Mohon bantuan macro

Posted by: "bagus" bagus@kingjim.co.id   bagus4bls

Sat Mar 17, 2012 2:06 am (PDT)



Dear Mr. Kid;

kalo di sheet master namanya upercode / lowercode, kalo di sheet plan... namanya item code


Bagus

----- Original Message -----
From: Kid Mr.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, March 17, 2012 2:41 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Re: Mohon bantuan macro

Mungkin maksud jeng Wilis adalah apakah pasti lowercode di sheet plan ada di sheet master ?
kalau gak ada di sheet master bagaimana ?

Kid.

On Sat, Mar 17, 2012 at 10:33, bagus <bagus@kingjim.co.id> wrote:

Dear Rara;

Terima kasih atas tanggapannya;

Memang benar, sheet plan FP adalah Inputnya, dan sheet plan 035, plan 011 dst.. adalah output yg dikendaki.

contoh:
jika pada sheet FP ada Fp. 132C blue => lihat sheet Master.
di sheet Master ada Fp. 132C blue adalah hasil
untuk mencapai hasil tsb (Fp. 132C blue) diperlukan beberapa proses.
beberapa proses tsb ada di kolom D dgn header Lower-name dan kolom I dgn header Process_cd

Sheet output mengacu pada kolom I tsb.

Terima kasih

Bagus

----- Original Message -----
From: rr_wilis
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, March 17, 2012 9:51 AM
Subject: [belajar-excel] Re: Mohon bantuan macro

Dear Pak Bagus,

Hal yg dinilai TIDAK MEWAKILI MASALAH adalah "JUDUL /subject" pada email Bapak, yaitu tertulis "Mohon bantuan makro".

Makro itu ada jutaan kemungkinan; tetapi Kasus yg bapak hadapi dan ingin disolusi dengan makro = hanya 1 hal/masalah spesifik.
Jadi boleh disimpulkan JUDUL (subject) email spt itu TIDAK MEWAKILI MASALAH SPESIFIK yg bapak ajuka ke milis ini.

Hal ini sebenarnya sudah diatur dlm peraturan milis. Maksud peraturan ini adalah: agar tiap email punya judul yg mewakili masalah yg dimuatnya; bukan asal judul yg bisa multi tafsir (tetapi "multi"-nya kebanyakan.)
Dengan Judul yg baik, teman-teman members lain beberapa tahun lagi, akan dapat dengan mudah mencari-cari (di milis ini) masalah yg mirip sebelum menanyakannya ke forum...

Kebetulan; Pertanyaan - pun belum jelas benar.
Bapak katakan: Data di sheet FP ingin di buat OUTPUTnya di sheet "035", "011" dst
Jika untuk membuat outputnya bapak hanya menSYARATKAN "MENGACU" data di Sheet FP saja, maka penyelesainnya tentu gampang yaitu hanya dengan MENG-COPY seluruh data di FP ke tiap² sheets OUTPUT.

Padahal yg Bapak kehendaki tentunya bukan seperti itu, melainkan output adalah : data yg sudah DIPROSES, mungkin prosesnya dengan:
<> meng-aritmatikkan,
<> menyaring,
<> memilih tiap record dengan syarat2 / kriteria tertentu,
<> dst

Itu semua hanya bapaklah yg tahu, karena kami setelah melihat data di "FP" dan membandingkan data di "011" maupun "035" ternyata tidak mampu menyimpulkan SYARAT dan/atau kriteria tersembunyi yg belum sempat bapak jelaskan kepada kami.

Demikian penjlasan dari pihak sesama members, sekaligus harapan:
jika Syarat dan Kriteria (agar INPUT bisa-menjadi OUTPUT yg sesuai kehendak pak Bagus) dapat terjelaskan, kami, sambil belajar-exel dapat pula ikut berpartisi-SAPI meramaikan milis ini.

Mohon maaf jika ada salah kata..

-Rara

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "bagus" <bagus@...> wrote:
>
> Dear Mr. Kid;
> Mohon maaf kalo pertanyaan saya kurang mewakili masalah;
> dengan ini saya akan mencoba menjelaskan apa yg saya harapkan:
>
> 1. semua Output mengacu pada sheet plan FP
> 2. Tabel data source ada di sheet master, sheet dengan nama "plan 035, plan 011 dst.." adalah shet output
>
> yang saya inginkan:
> 1. ketika tombol process pada sheet Plan FP di clik maka pada sheet plan 035, plan 011 dst.. akan terisi data
> 2. dimana data mengacu pada sheet plan FP & sheet master.
>
> dari penjelasan diatas, kalau masih ada yg kurang jelas saya mohon maaf
>
> bagus
>
>
> ----- Original Message -----
> From: Kid Mr.
> Sent: Friday, March 16, 2012 5:07 PM
>
> Dear Bagus,
> Mohon posting berikutnya memberi Subject yang mewakili kasus yang diungkapkan.
> Beri penjelasan yang baik tentang kasus pada body email.
>
> Tentang kasus Anda :
> 1. Apa kriteria untuk memasukkan ke sheet Plan 035 atau plan 011 ?
> 2. Kenapa tidak dibuat sebuah sheet yang menjadi tabel data source seluruh output ? sheet Plan 035, plan 011 adalah sheet output.
>
> Regards,
> Kid.
>
> On Fri, Mar 16, 2012 at 11:02, bagus <bagus@...> wrote:
> Dear Masters;
> Mohon bantuannya buat macro.
> untuk lebih jelasnya silahkan ke TKP..
> Terima kasih
> Bagus

2c.

Re: Mohon bantuan macro

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Mar 17, 2012 2:52 am (PDT)



File terlampir mencoba dengan menambah sebuah kolom pada sheet plan dan
memanfaatkan 1 pivot cache untuk seluruh output (banyak sheet output yang
ada pivot tablenya)

Kid.

On Sat, Mar 17, 2012 at 16:07, bagus <bagus@kingjim.co.id> wrote:

> **
>
>
> **
> Dear Mr. Kid;
>
> kalo di sheet master namanya upercode / lowercode, kalo di sheet plan...
> namanya item code
>
> ** **
>
> Bagus
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Saturday, March 17, 2012 2:41 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Re: Mohon bantuan macro
>
>
>
> Mungkin maksud jeng Wilis adalah apakah pasti lowercode di sheet plan ada
> di sheet master ?
> kalau gak ada di sheet master bagaimana ?
>
> Kid.
>
>
>
3a.

Re: Saat Loading Form Trouble

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Mar 17, 2012 12:44 am (PDT)



Coba Mr. Pecut masuk VBE (Alt F11)
ke menu Tools -> References -> muncul daftar references yang digunakan
(dicentang) dan yang terinstall tapi tidak digunakan (tak dicentang)
Cek, apa saja yang ada keterangan tulisan Missing.

Kid.

On Sat, Mar 17, 2012 at 14:01, Mr Pecut <pecutmr@yahoo.co.id> wrote:

> Mohon maaf sudah membuat gusar para pakar Excel, bukannya saya tidak sudi
> untuk memberi tahu, Ki, tapi saya bener2 ga mengerti yang di maksud dengan
> References.....
>
> Saya fikir dengan pejelasan gambar yang sudah terjadi, itu sudah menjawab
> pertanyaan para pakar...
>
> Jadi sekai lagi, mohon maaf, itulah gunanya, mengapa saya bergabung
> disini, karena saya sedang dan butuh menimba ilmu dari para pakar Excel
> seperti Ki Semprul, Mr Kid, Hendrik Karnadi, ctv, Ihaps, dan kawan-kawan
> lainnya...
>
> Sekali lagi, saya mohon maaf, mohon maklum dan harap sabar ya memberi
> pencerahan pada diriku yang sok tahu makro ini...
>
> Mengenai penjelasan Ki Semprul, tentang library file yang ga ada, mengapa
> hal itu bisa terjadi a, Ki...?
>
> --- Pada *Sab, 17/3/12, Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>* menulis:
>
>
> Dari: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
> Judul: Re: [belajar-excel] Saat Loading Form Trouble
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Tanggal: Sabtu, 17 Maret, 2012, 3:43 AM
>
>
>
>
> Sampai dengan email terakhirpun Sdr Pecut tetap bertahan dengan gigih:
> TIDAK SUDI MENJAWAB permintaan : *References apa yg MISSING ??*
> *
> *
> Barangkali ADA kan bisa untuk bahan menjawab .. walaupun belum tentu
> dapat menyeleswaikan masalah...
>
> Masalah yg Pak Pecut hadapi kemungkinan besar bukan karena code MAKRONYA
> tetapi karena KOMPUTERNYA ( *library file yg tidak ada* - padahal
> diperlukan oleh VBA)
>
> Jika makro nya menjalankan userform dan TEXTBOX
> References nya hanya seperti ini (lihat gambar)
> Gambar ini tidak ada menunjukkan adanya References yg MISSING.
> Jadi Userform dan Textbox standar dapat dijalankan dengan wajar.
>
>
>
> Mungkin di PC / EXCEL di mana Pak Pecut menjalankan fle tsb
> *tidak ada file bernama FM20.DLL *(lokasinya di c:\WINDOWS\SYSTEM32\ )
> padahal dialah yg bertanggung jawab mengenai teredianya object ActiveX
> control standar
>
> Mungkin pula hal lain...
>
> *Semprul..Ki!*
>
>
>
>
4a.

Re: Mengurai Total kebutuhan menjadi bbrp baris

Posted by: "Suyatno" ocha.yatno@gmail.com

Sat Mar 17, 2012 1:14 am (PDT)



Makasih atas pencerahanya Kid Mr

Salam

Ocha

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Kid Mr.
Sent: 16 Maret 2012 22:51
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Mengurai Total kebutuhan menjadi bbrp baris

Dear Ocha,

File terlampir membutuhkan 2 kolom bantu, yaitu :
1. kolom bantu di tabel data berupa running total berdasar Item (di kolom D)
=SUMIF(B$6:B6,B6,C$6:C6)

2. kolom bantu di tabel kriteria berupa posisi awal baris hasil setiap item
yang berupa array formula : (di kolom H)
=IF(N(G5),COUNT(IF(($B$6:$B$24=F5)*($D$6:$D$24<=G5),1))+1+H5,1)

Kemudian formula tabel hasil :
1. kolom item : (kolom J)
=IF(ROW(1:1)<$H$9,LOOKUP(ROW(1:1)+0.5,$H$6:$H$8,$F$6:$F$8),"")

2. kolom nilai data adalah berupa array formula : (kolom K)
=IF(LEN(J6),INDEX($C$6:$C$24,SMALL(IF($B$6:$B$24=J6,ROW($C$6:$C$24)-ROW($B$5
)),COUNTIF(J$5:J6,J6))),"")

Regards,
Kid.

On Fri, Mar 16, 2012 at 21:54, Suyatno <ocha.yatno@gmail.com> wrote:

Dear Pakar

Mohon pencerahannya bagaimana caranya mengurai total kebutuhan menjadi
beberapa baris sesuai data yg ada

Sebelum & sesudahnya terima kasih

Salam

Ocha

_____

No virus found in this message.
Checked by AVG - www.avg.com
Version: 10.0.1424 / Virus Database: 2113/4875 - Release Date: 03/16/12

5a.

Re: Bls: [belajar-excel] menampilkan laporan bulanan

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Sat Mar 17, 2012 5:51 am (PDT)



Bak Pepatah mengatakan "Banyak jalan menuju Roma".
Namun karena anda atau bos anda tetap memilih satu jalan (warna biru) maka cobalah macro dalam file terlampir.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Saifudin Mnp <saifmnp@ymail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 15 March 2012, 13:41
Subject: Bls: [belajar-excel] menampilkan laporan bulanan


 
Dear Pak hendrik,
pokok permasalahannya bukan pada pengambilan datanya, tetapi pada
"cara menyisipkan data tersebut ke dalam sebuah wadah berupa sheet "Laporan" sesuai dengan kriteria tanggal yg dicantumkan" mengingat wadah yg disediakan mempunyai semacam footer dsb di bagian bawah. Otomatis bagian footer yg saya maksud harus menyesuaikan diri dengan jumlah rows data yg ingin kita sisipkan.
Mungkin pak hendrik bisa memberikan solusi dlm hal ini

Salam
saifmnp

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 15 Maret 2012 12:52
Judul: Fw: [belajar-excel] menampilkan laporan bulanan


 
Yang ini dengan Pivot (versi 2010). Coba anda tes di versi 2003.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 15 March 2012, 11:34
Subject: Re: [belajar-excel] menampilkan laporan bulanan


 
Untuk memenuhi keinginan anda, ada 3 tahap yang perlu dilakukan:
- Memfilter dengan formula (lihat jawaban saya untuk Sdri Winda pada email  berjudul "otomatis mencari dan mengisi data")
- Menulis total dan jumlahnya
- Menulis footer untuk tanda tangan boss

Coba dulu langkah pertama dengan mengadopsi email tersebut di atas. Untuk sementara, langkah kedua dan ketiga dengan manual dulu.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Saifudin Mnp <saifmnp@ymail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 15 March 2012, 10:43
Subject: [belajar-excel] menampilkan laporan bulanan


 
dear para guru VBA,
saya mempunyai deretan data yg sudah tersusun (insya allah sesuai dg kaidah penyusunan data).
Bagaimana cara menyisipkan data tersebut ke dalam sebuah wadah berupa sheet "Laporan" sesuai dengan kriteria tanggal yg dicantumkan.
saya kesulitan menggunakan fitur formula maupun pivot table karena pada wadah dimaksud ada semacam footer untuk tanda tangan pak boss, sementara jumlah row untuk setiap tanggal bervariasi.
terima kasih

6a.

Conditional Formating (filtering spasi yang berlebihan)

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Sat Mar 17, 2012 6:12 am (PDT)



Dear Be Exceller,

Kembali lagi kepertanyaan seputar Excel dengan keterangan sbb:
Ada data yang lumayan banyak. Dari data-data tersebut ada yang menggunakan 2 (dua) kali spasi bahkan lebih, Bagaimana caranya memberi warna (dengan conditional formating) suatu data yang memiliki 2 (dua) kali spasi bahkan lebih tersebut dan/atau bagaimana caranya mengganti data yang menggunakan 2 (dua) kali spasi tersebut menjadi hanya 1 (satu) kali spasi...???

Terima kasih,

Regards,

Harry
6b.

Re: Conditional Formating (filtering spasi yang berlebihan)

Posted by: "utthank abe" abeutthank@gmail.com   abe_utthank

Sat Mar 17, 2012 7:36 am (PDT)



condional formating---> format only countain --> zpecific tekz
merubah zpazi 2 jadi zpazi 1 --> ctrl H

xie xie
--
R125

On 3/17/12, Harry <hariansyahptk@yahoo.com> wrote:
> Dear Be Exceller,
> Kembali lagi kepertanyaan seputar Excel dengan keterangan sbb:
> Ada data yang lumayan banyak.
> Dari data-data tersebut ada yang menggunakan 2 (dua) kali spasi bahkan lebih,
> Bagaimana caranya memberi warna (dengan conditional formating) suatu data yang memiliki 2 (dua) kali spasi bahkan lebih tersebut
> dan/atau bagaimana caranya mengganti data yang menggunakan 2 (dua) kali spasi tersebut menjadi hanya 1 (satu) kali spasi...???
>
> Terima kasih,
>
> Regards,
> Harry

6c.

Re: Conditional Formating (filtering spasi yang berlebihan)

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Sat Mar 17, 2012 9:19 am (PDT)



atau....

tiap data string yg mengandung *dua spasi (ataulebih)* & bergandengan
/berturutan /tidak terpisah,
dapat dideteksi dengan formula
*=ISNUMBER(FIND(B2," "))*

Apa Pasal ??
Rumus itu akan menghasilkan TRUE bila di B2 ada spasi lebih dari 1 &
bergandengan (" ")
Oleh sebab itu formula tsb dapat pula dipakai sebagai custom formula
pada*Conditional Formatting
*
karena Conditonal Formatting yg KONDISINYA dibuat secara custom dng
formula, FORMULA-nya
harus bisa menghasilkan TRUE / FALSE, atau ekivalennya (1 / 0)

*FIND(B2, " ") : *menghasilkan Sebuah bilangan (posisi ditemukannya
dobel-spasi *" "* di B2
atau *bila tidak ada; *akan menghasilkan *error #VALUE*
Jadi kemungkinannya hasil fungsi FIND ada 2 = BILANGAN (NUMBERS) atau ERROR
VALUE

*Untuk menghasilkan FALSE atau TRUE * rumus tsb perlu dimasukkan ke Fungsi
ISNUMBER
maka jadilah : *=ISNUMBER(**FIND(B2," ")**)*
*
*
*Excel 2003*
[image: Inline image 2]
*
*
*Excel 2007*
[image: Inline image 3]

*Semprul..Ki!*

*2012/3/17 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
*
>
> * *
> *Dear Be Exceller,*
> *Kembali lagi kepertanyaan seputar Excel dengan keterangan sbb:
> *
> *Ada data yang lumayan banyak. Dari data-data tersebut ada yang
> menggunakan 2 (dua) kali spasi bahkan lebih, Bagaimana caranya memberi
> warna (dengan conditional formating) suatu data yang memiliki 2 (dua) kali
> spasi bahkan lebih tersebut dan/atau bagaimana caranya mengganti data yang
> menggunakan 2 (dua) kali spasi tersebut menjadi hanya 1 (satu) kali
> spasi...???*
> *
> *
> *Terima kasih,*
> *Regards,
> *
> *Harry
> *
>
>
6d.

Bls: [belajar-excel] Conditional Formating (filtering spasi yang ber

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Sat Mar 17, 2012 8:25 pm (PDT)



Dear Ki Semprul,

Thanks ya.
It's work.

Terima kasih.

Regards,

Harry

________________________________
Dari: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 17 Maret 2012 23:19
Judul: Re: [belajar-excel] Conditional Formating (filtering spasi yang berlebihan)


atau....

tiap data string yg mengandung dua spasi (ataulebih) & bergandengan /berturutan /tidak terpisah,
dapat dideteksi dengan formula
=ISNUMBER(FIND(B2,"  "))

Apa Pasal ??
Rumus itu akan menghasilkan TRUE bila di B2 ada spasi lebih dari 1 & bergandengan  ("  ")
Oleh sebab itu formula tsb dapat pula dipakai sebagai custom formula padaConditional Formatting
karena Conditonal Formatting yg KONDISINYA dibuat secara custom dng formula, FORMULA-nya 
harus bisa menghasilkan TRUE / FALSE, atau ekivalennya  (1 / 0)

FIND(B2, " ")  : menghasilkan Sebuah bilangan (posisi ditemukannya  dobel-spasi  "  "di B2
atau bila tidak ada;  akan menghasilkan error #VALUE
Jadi kemungkinannya hasil fungsi FIND ada 2 = BILANGAN (NUMBERS)atau  ERROR VALUE

Untuk menghasilkan FALSE atau TRUE  rumus tsb perlu dimasukkan ke Fungsi ISNUMBER
maka jadilah :  =ISNUMBER(FIND(B2,"  "))

Excel 2003

Excel 2007

Semprul..Ki!


2012/3/17 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

>Dear Be Exceller,
>Kembali lagi kepertanyaan seputar Excel dengan keterangan sbb:
>
>Ada data yang lumayan banyak. Dari data-data tersebut ada yang menggunakan 2 (dua) kali spasi bahkan lebih, Bagaimana caranya memberi warna (dengan conditional formating) suatu data yang memiliki 2 (dua) kali spasi bahkan lebih tersebut dan/atau bagaimana caranya mengganti data yang menggunakan 2 (dua) kali spasi tersebut menjadi hanya 1 (satu) kali spasi...???
>
>
>Terima kasih,
>Regards,
>
>Harry
>
>
>
7a.

Re: Menghilangkan Rumus Excel

Posted by: "utthank abe" abeutthank@gmail.com   abe_utthank

Sat Mar 17, 2012 7:37 am (PDT)



1. klik kanan--> Format cell--> protection --> centang hidden
2. klik tab Format --> protect sheet
--
R125

On 3/16/12, Alu Syafrudin <alualde@rocketmail.com> wrote:
> Dear Be Exceller.,
> terima kasih atas informasinya...
> .: Alu :.

7b.

Re: Menghilangkan Rumus Excel

Posted by: "Mansor" dbpermatasari@gmail.com   nbmy1980

Sat Mar 17, 2012 6:14 pm (PDT)



Coba makro Mbak Siti.

Sub HilangkanFormula()
Application.ScreenUpdating = False
Worksheets.Select
Cells.Select
Selection.Copy
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
ActiveSheet.Select
Application.CutCopyMode = False
End Sub

-Mansor

On Fri, Mar 16, 2012 at 4:24 PM, Alu Syafrudin <alualde@rocketmail.com>wrote:

> **
>
>
> Dear Be Exceller.
>
> saya ingin bertanya..
> bagaimana cara menghilangkan rumus excel tanpa menganggu kinerja rumus
> itu...
>
> thank's atas bantuannya.
> .: Alu :.
>
> ============================
> MODs NOTE:
> Mohon lebih spesifik lagi..
> misal dengan ada contoh data
> ============================
>
>
7c.

Re: Menghilangkan Rumus Excel

Posted by: "kang johan" masjohane@gmail.com

Sat Mar 17, 2012 8:33 pm (PDT)



makro mbakyu ct dah sy coba, nah hasilnya rumus ilang tak tak
berfungsi. maksud permohonan minta makro untuk menyembunyikan rumus.

2012/3/18, Mansor <dbpermatasari@gmail.com>:
> Coba makro Mbak Siti.
>
> Sub HilangkanFormula()
> Application.ScreenUpdating = False
> Worksheets.Select
> Cells.Select
> Selection.Copy
> Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValues
> ActiveSheet.Select
> Application.CutCopyMode = False
> End Sub
>
>
> -Mansor
>
>
>
> On Fri, Mar 16, 2012 at 4:24 PM, Alu Syafrudin
> <alualde@rocketmail.com>wrote:
>
>> **
>>
>>
>> Dear Be Exceller.
>>
>> saya ingin bertanya..
>> bagaimana cara menghilangkan rumus excel tanpa menganggu kinerja rumus
>> itu...
>>
>> thank's atas bantuannya.
>> .: Alu :.
>>
>> ============================
>> MODs NOTE:
>> Mohon lebih spesifik lagi..
>> misal dengan ada contoh data
>> ============================
>>
>>
>

8a.

Re: Bls: [belajar-excel] Makro, mengcopi tanpa mengacu pada cell

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Sat Mar 17, 2012 11:28 pm (PDT)



Dear Winda,

Kalau mau lebih semangat lagi, coba mampir ke TB Gramedia, disana ada buku khusus mengenai VBA yang saya tulis dibantu Mbak Siti, judulnya "Tingkatkan Kinerja Excel 2007 - 2010 Anda dengan VBA Excel" (ada CD bonusnya).
Di sana ada teori cara merekam dan menulis macro serta contoh2 aplikasinya yang kebanyakan diambil dari milis ini.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 17 March 2012, 13:52
Subject: Bls: [belajar-excel] Makro, mengcopi tanpa mengacu pada cell


 
Trimkasi banyak atas ilmu nya mas Ki Semprul,problem solved..
Saya baru belajar makro ni,jadi semakin semangat :D

Regards,
Winda

________________________________
Dari: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 17 Maret 2012 13:11
Judul: Re: [belajar-excel] Makro, mengcopi tanpa mengacu pada cell


 
Sambil menunggu pak Hendrik K...
Kita ini kalau sudah terlanjur pakai makro; hampir semua hal bisa di cari  (dengan makro itu) !

Misalnya sebuah kolom di suatu tabel dikenakan filter, kemudian filter ditentukan kriterianya
(dengan memilih salah satu CALON Kriteria ya ada)

Kita dapat menebak KRITERIA yg sedang diberlakukan di kolom itu !!
tidak perlu mencari baris pertama yang muncul, karena nomor rows nya kan tidak tertentu
(walau pun tetap bisa dicari juga (dengan makro) )
Bahasa Makrao (VBA) itu hanya teknis, tidak sulit, Yang sulit atau perlu pemikiran
hanyalahlogika dan algoritmanya (akal-akalannya) untuk menuju hasil !!!

Setelah Kriteria di kolom kolom A pada tabel di sheet "InputData" kita ketahui
maka "APA yg kita ketahui itu tinggal mengCOPY kan ke cell D2 pada sheet Form
Jika diperlukan Daftar Records & datanya yg terfilter pun bisa dimakrokan pula serta di
copykan ke (Sheet "Form) baris 17 dst...

Makro untuk mencari Filter pertama (Filter diberi index sesuai Kedudukan kolomnya)

Sub Create_FRP()

   Dim KriteFilter As String, Krite As String

   ' menebak text Kriteria Filter yg sedang berlaku di kolom1
   Krite = Sheets("Input Data").AutoFilter.Filters(1).Criteria1
   KriteFilter = Replace(Krite, "=", "")

   ' mengisikan HASL TEBAKAN ke cell D2 di sheet Form
   Sheets("Form").Range("D2") = KriteFilter
   ' mengaktifkan sheet FORM
   Sheets("Form").Activate

End Sub

Lebih lengkapnya, lihat di module VBE pada File lampiran

Semprul..Ki!

2012/3/17 Winda Miranti <winda_1504@yahoo.co.id>

>Dear Mas Hendrik..
> Mas Hendrik butuh pencerahanya lagi melanjutkan pertanyaan dari email "Otomatis mencari dan mengisi data"
>Saya ingin bertanya tentang makro mas :)
>
>Saya mempunyai problem pada saat akan mengkopi no Purchase Document pada sheet Input Data ke sheet Form..
>Setelah no Purchase Doc nya di double klik (mengacu pada jurus mas Hendrik diposting sebelumnya), dan button creat FRP nya di klik,
>maka saya ingin secara otomatis no purchase doc yang berada dipaling atas tercopi ke sheet form di klom D2..
>Karena no barisnya dinamis,jadi saya bingung bgmn membuat VB nya..
>
>Mohon pencerahanya sekali lagi mas..
>Trimakasi sekali saya ucapkan atas bantuan mas Hendrik..
>
>Regards,
>Winda
>
>================================================
>Mods Note:
>Lampiran kena CeKal sebab terlalu besar (1971K > 250K)
>tidak sesuai dgn kesepakatan..
>Mohon baca lagi kitab Peraturan Milis
>Lampiran yg sudah di-atur-atur agar mengecil max250KB
>diharapkan dapat segera disusulkan
>================================================
>
>

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Bi-polar disorder

Find support

Yahoo! Groups

Small Business Group

Own a business?

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar