Sabtu, 24 Maret 2012

[belajar-excel] Digest Number 1562

Messages In This Digest (8 Messages)

Messages

1a.

Bls: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Fri Mar 23, 2012 12:53 am (PDT)



Dear Mr. Kid,

Berkaitan dengan penjelasan Mr. Kid ini, pernahkah dibahas dimilis tentang hal tersebut.
kalau pernah dibahas, mohon info judulnya.

Regards,

Harry

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 13 Maret 2012 22:25
Judul: Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data


 
Mengambil, menulis, menghapus data di sebuah database (baik berupa spreadsheet berkaidah database maupun di sebuah database dari aplikasi mesin database tertentu) dapat dilakukan melalui data connection. Data connection membutuhkan sebuah data provider. Interaksi dengan aplikasi interface membutuhkan sebuah object. Jadi, harus ada object yang dapat memanfaatkan data provider untuk dapat membangun koneksi dan berkomunikasi dengan database. MisalnyaVBA Excel dengan ADO.

ADO adalah object untuk berhubungan dengan data provider. Object ini akan memudahkan aplikasi interface untuk berkomunikasi aktif dengan database. Data provider bisa dipilih sesuai database yang digunakan. Misal, untuk MS Access atau Spreadsheet Excel yang berkaidah database bisa menggunakan data provider MS Jet OLEDB (versi 2003 kebawah) atau MS ACE OLEDB (versi 2007 keatas).

Jadi, gambaran umumnya :

Database : (bisa berupa)
1. sebuah folder berisi text file (txt) yang isinya berkaidah database
2. database dari aplikasi database sederhana (seperti ms Access)
3. spreadsheet berkaidah database
4. database dari aplikasi DBMS yang besar seperti MS SQL Server, ORACLE, MySQL, dsb

Data Provider :
Dipilih berdasar database yang digunakan. Banyak webpage yang membahas tentang hal ini

Data Object :
Untuk aplikasi Excel VBA, bisa menggunakan ADO daripada DAO.

Bahasa komunikasi dengan database :
Structured Query Language (SQL). SQL dengan varian yang lebih native dengan database akan lebih baik.

Syarat utama sebuah spreadsheet untuk bisa menggunakan hal seperti ini :
-> Membangun konsep pengolahan data berkaidah database
-> Menyusun data-data dasar (data source) berkaidah database

Jadi, akan perlu sedikit pengubahan cara berpikir dari aplikasi yang sudah Bapak buat agar bisa menerapkan hal di atas.

Wassalam,
Kid.

On Tue, Mar 13, 2012 at 21:06, Harry <hariansyahptk@yahoo.com> wrote:


>Dear Mr. Kid,

>Lebih jauh mengenai materi ini,
bisa atau kemungkinan bisa jika file databasenya tidak perlu dibuka. Dengan
kata lain; untuk mendapatkan data dan mengirimkan data dari file database (file
yang berbada= "d:\data\database.xls")
kita tidak perlu membuka dan/atau tidak perlu mengaktifkan file database tersebut.

>Sebagaimana rumus dari Mr. kid
sebelumnya sbb:
>set
wbkdb=workbooks.open "d:\data\database.xls"
>rumus tersebut berarti kita harus
membuka file databasenya walaupun setelah itu bisa otomatis tertutup sendiri
setelah mengambil dan mengirimkan data dari dan ke file database tersebut.

>Karena untuk proses buka dan tutup
file database sangat memakan waktu sehingga hasilnya tidak efektif dan sangat
tidak efisien.
>Mohon berkenan informasi.

>Regards,


>Harry

>
>
>
>________________________________
> Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>
>Dikirim: Jumat, 24 Februari 2012 23:24
>
>Judul: Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data
>
>
>

>Bisa Pak.
>Urutan prosesnya :
>1. Buka file database
>2. Copy nilai-nilai terkait yang ada di database ke sebuah sheet di file aplikasi
>3. Tampilkan ke setiap control yang dikehendaki.
>
>Selamat berkreasi.
>Kid.
>
>
>On Fri, Feb 24, 2012 at 21:29, Harry <hariansyahptk@yahoo.com> wrote:
>
>
>> 
>>Dear Mr. Kid,
>>
>>
>>Terima kasih atas berkenan penjelasan dan lampirannya. Somoga bermanfaat.
>>
>>Masih berkenaan dengan lampiran yang saya kirimkantersebut, apakah CommandButton ("STATISTIK") bisa dijelaskan bisa atau tidaknya form tersebut dijalankan...???
>>
>>
>>Terima kasih & Wassalam,
>>
>>
>>
>>
>>Harry
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Dikirim: Kamis, 23 Februari 2012 21:40
>>Judul: Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data
>>
>>
>>
>> 
>>Coba bapak telusuri kembali seluruh isi thread yang berasal dari bapak sejak mulai tentang hal ini. Disana ada cara dengan ADO Connections.
>>Proses buka tutup koneksi juga telah dijabarkan disana. Cara ini umumnya lebih praktis dan cepat.
>>
>>Jika menggunakan object workbook, maka file harus dibuka. Sedangkan kendala yang Bapak sampaikan adalah proses buka dan tutup database berlangsung lama.
>>Artinya, proses buka tutup akan tidak memungkinkan.
>>
>>Jika kemudian menjadi memungkinkan, kendala yang muncul berikutnya adalah penggunaan bersama.
>>Meski workbook database terbuka terus, tetapi terbuka dimana ?
>>Object workbook membutuhkan rujukan yang jelas lokasi terbukanya workbook di komputer lokal (setahu saya). Untuk membuka workbook tertentu, bisa di komputer manapun dalam jaringan, tetapi si workbook exist dalam proses windows komputer lokal si user.
>>
>>File terlampir adalah contoh untuk mengetahui, apakah file datatbase dibuka dalam keadaan ReadOnly (karena sedang dibuka oleh instansi Excel lain entah dimana).
>>Script diletakkan pada form frmregistrasi pada event click commandbutton cmdAdd
>>penggalan beberapa baris awal script dalam event tersebut sampai dengan blok cek status readonly :
>>Private Sub cmdAdd_Click()
>>   Dim iRow As Long, Reg As Range, oCtrl As Control
>> 
>>    '----------------------------
>>    'Kid : 2012-01-29 : modified
>>    'Kid : 2012-02-23 : tambahkan blok cek workbook terbuka as read only
>>    '----------------------------
>>    'deklarasi variabel workbook
>>    Dim wbkA As Workbook, wbkDB As Workbook
>>  
>>    'init workbooknya
>>    Set wbkA = ThisWorkbook
>>   
>>    '--- WBK READ ONLY ??? ---' >> START
>>    Dim lTry As Long, lJeda As Long
>>    Application.ScreenUpdating = False
>>    Application.DisplayAlerts = False
>>CobaBuka:
>>    For lTry = 1 To 20
>>        Set wbkDB = Workbooks.Open(wbkA.Path & "\database.xls")
>>        If wbkDB.ReadOnly Then
>>            wbkDB.Close False
>>            If lTry = 20 Then
>>                If MsgBox("Sudah dicoba membuka " & lTry & _
>>                        " kali, dan masih digunakan oleh instansi Excel yang lain" & vbCrLf & _
>>                        "Coba lagi ?", vbExclamation + vbYesNo, "Akses ke database") = vbYes Then
>>                    GoTo CobaBuka
>>                Else
>>                    Application.ScreenUpdating = False
>>                    Exit Sub
>>                End If
>>            End If
>>        Else
>>            wbkA.Activate
>>            Exit For
>>        End If
>>        For lJeda = 1 To 100000000
>>        Next lJeda
>>    Next lTry
>>    Application.ScreenUpdating = True
>>    '--- WBK READ ONLY ??? ---' >> END
>>   
>>Cara mencobanya :
>>1. Letakkan file terlampir bersama file database.xls
>>2. buka windows explorer, lalu buka file database dari windows explorer (double click)
>>3. buka file aplikasi dari windows explorer
>>4. klik tombol registrasi
>>5. klik tombol save
>>
>>Wassalam.
>>Kid.
>>
>>
>>On Tue, Feb 21, 2012 at 19:52, Harry <hariansyahptk@yahoo.com> wrote:
>>
>>
>>> 
>>>Dear BeExceller,
>>> 
>>>Mohon bantuan akan pertanyaan
saya sebagaimana file terlampir.
>>> 
>>>Terima kasih atas berkenan
jawaban dan bantuannya.
>>> 
>>>Regards,
>>> 
>>>Harry
>>>
>>>
>>>N/B:
>>>
>>>Wbk APLIKASI selalu Open sedangkan Wbk DATABASE selalu tertutup (tidak aktif) pada file yang berbada
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

1b.

Re: Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke 1 Bank Data

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Fri Mar 23, 2012 2:33 am (PDT)



coba jalan-jalan ke sini pak Harry...
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/

di situ sepertinya ada 2 file ("SQL dan Excel" dan "How To Get External
Data"
yg bisa diunduh langsung.

Mengenai ADO, sebaiknya baca di tutorial2 yg ada di internet
Tampilkan Kotak Search Oom Google, ketikkan, misalnya: "ADO VBA tutorials"
anda sudah masuk ke sorganya ADO (kalau mau baca2)
salah satunya yg muncul link = penjelasan dari Microsoft sendiri

http://support.microsoft.com/kb/257819

Di buku-buku VB6, juga dijelaskan "what is" dan "how to" - nya ADO

Demikian juga dengan "bahasa" SQL ( = banyak tutorialnya di internet)

Tanpa mengecilkan arti milis, belajar dari milis itu hanya cocok untuk
hal-hal *sepotong masalah yg sudah SANGAT SPECIFIK*

Manakala kita ingin mengetahui *"sesuatu" dari A sampai Z nya*, siapakah yg
mau menulis BUKU untuk dijadikan posting (berupa email) ke milis?
misalnya pun mau juga, apakah punya waktunya?

Kitalah yg harus mencari BUKUnya sendiri baik "buku kertas" maupun
"electonicBook"

*
*
*Tabel berkaidah database*
Paling sederhana kita belajar Access, di bagian permulaan kita akan langsung
di SURUH / DIPAKSA membuat tabel yg tidak sembarangan seperti menulis data
di excel
(yg *kita kira* database, tetapi sebenarnya sering bukan database, walapun
sering kita lihat
Tab nya diberi nama 'Database' ).

On top of thats... (karena semua itu akan diaplikasikan bekerja sama dengan
Excel)
Excel kita sendiri juga harus diperkuat dulu
Janganlah sampai : *mengenai formula* kita masih "putus-nyambung", tetapi
sudah ingin
VBA, SQL, ADO dsb, tidak ada larangan, tetapi akhirnya waktu terbuang
(untuk membaca)
mengenai hal yg DASARnya belum kita kuasai benar

Jangan khawatir; itulah pengalaman yg saya rasakan sendiri, sampai sekarang.
( Berarti pak Harry punya teman senasib, yaitu saya...)
yg aku salut adalah semangat pak Harry yg demikian menggelegak... seperti
kawah 'Condrodimuko"

salam kompaks dlm BeExcel
tetap semangat !!

*o'Seno*

2012/3/23 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
> Dear Mr. Kid,
> Berkaitan dengan penjelasan Mr. Kid ini, pernahkah dibahas dimilis tentang
> hal tersebut.
> kalau pernah dibahas, mohon info judulnya.
>
> Regards,
>
> Harry
>
> *________________________________
> Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Dikirim: Selasa, 13 Maret 2012 22:25
>
> Judul: Re: [belajar-excel] Mohon bantuan Input CommandButton dari 2 PC ke
> 1 Bank Data
>
> Mengambil, menulis, menghapus data di sebuah database (baik berupa
> spreadsheet berkaidah database maupun di sebuah database dari aplikasi
> mesin database tertentu) dapat dilakukan melalui data connection. Data
> connection membutuhkan sebuah data provider. Interaksi dengan aplikasi
> interface membutuhkan sebuah object. Jadi, harus ada object yang dapat
> memanfaatkan data provider untuk dapat membangun koneksi dan berkomunikasi
> dengan database. Misalnya VBA Excel dengan ADO.
>
> ADO adalah object untuk berhubungan dengan data provider. Object ini akan
> memudahkan aplikasi interface untuk berkomunikasi aktif dengan database.
> Data provider bisa dipilih sesuai database yang digunakan. Misal, untuk MS
> Access atau Spreadsheet Excel yang berkaidah database bisa menggunakan data
> provider MS Jet OLEDB (versi 2003 kebawah) atau MS ACE OLEDB (versi 2007
> keatas).
>
> Jadi, gambaran umumnya :
>
> Database : (bisa berupa)
> 1. sebuah folder berisi text file (txt) yang isinya berkaidah database
> 2. database dari aplikasi database sederhana (seperti ms Access)
> 3. spreadsheet berkaidah database
> 4. database dari aplikasi DBMS yang besar seperti MS SQL Server, ORACLE,
> MySQL, dsb
>
> Data Provider :
> Dipilih berdasar database yang digunakan. Banyak webpage yang membahas
> tentang hal ini
>
> Data Object :
> Untuk aplikasi Excel VBA, bisa menggunakan ADO daripada DAO.
>
> Bahasa komunikasi dengan database :
> Structured Query Language (SQL). SQL dengan varian yang lebih native
> dengan database akan lebih baik.
>
> Syarat utama sebuah spreadsheet untuk bisa menggunakan hal seperti ini :
> -> Membangun konsep pengolahan data berkaidah database
> -> Menyusun data-data dasar (data source) berkaidah database
>
> Jadi, akan perlu sedikit pengubahan cara berpikir dari aplikasi yang sudah
> Bapak buat agar bisa menerapkan hal di atas.
>
> Wassalam,
> Kid.*
>
2a.

Re: Menampilkan baris debet dan kredit bagi setiap item

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Fri Mar 23, 2012 3:22 am (PDT)



formula
IF(ROWS($H$1:H1)/2>MAX($A$4:$A$10);"";IF(ISNUMBER(H1);"";MAX($H$1:H1)+1))
ketika ditulis di H2 menghasilkan nilai 1
karena nilai di H1 sebelumnya berisi judul kolom(item) .

namun ketika rumus di atas diterapkan pada cell H1 itu sendiri rumus menjadi kacau karena terjadi circular reference(menghitung nilainya sendiri)  . di mana dalam salah satu fungsi di atas ada formula IF(ISNUMBER(H1) yang berarti menanyakan nilai yang ada di H1 (tempat formula itu sendiri berada).
ketika sebelumnya formula ini ditulis di H2 tentu ini efektif karena yang dicari  adalah nilai yang berada di cell lain.

untuk mengatasi itu semua tentu diperlukan cara lain yang sesuai dengan kondisi tempat dimana rumus itu berada. karena yang bapak inginkan adalah rumus awal berada pada baris pertama ,maka setidak tidaknya formmula pada baris pertama tidak boleh  merujuk kepada baris di atasnya (karena tidak mungkin) seperti rumus yang saya berikan sebelumnya.
untuk itu dibutuhkan siasat sebagaimana yang saya terapkan di attachment yang saya lampirkan saat ini .rumus untuk menghasilkan nilai awal pada kolom dan baris pertama saya ganti dengan
=IF(ROW()=1;1;IF(OR(ROWS($H$1:H1)/2>MAX($A$4:$A$10);ISEVEN(ROW()));"";TRUNC(ROW()/2)+1))
dan untuk yang lainya juga  menyesuaikan sebagaimana bisa dilihat dalam attachment terlampir.
silahkan dipelajari nanti bisa ditanyakan kembali mana yang kurang dipahami.

wassalam

Ghozi Alkatiri
--- Pada Kam, 22/3/12, Mansor <dbpermatasari@gmail.com> menulis:

Dari: Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menampilkan baris debet dan kredit bagi setiap item
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 22 Maret, 2012, 10:22 PM

 

Waduh makin bingung saya pak.
Gini aja, tolong dikoreksi rumus pada file yang saya lampirkan.
Mudah2an insyaallah saya dapat memahami dengan lebih mudah.

Terima kasih.
Wassalam

On Thu, Mar 22, 2012 at 10:56 PM, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id> wrote:

 

formula ROWS(I$1:I1) ditulis cell dimanapun akan menghasilkan nilai 1
 fungsi ini menghitung jumlah baris dari satu baris ke baris lainnya.  maksud dari formula ini adalah menghitung jumlah baris dari I1sampai I1 sendiri

baru ketika dicopy ke baris di bawahnya secara relatif akan berubah menjadi ROWS(I$1:I2)
I1 yang pertama yang bertanda $(dolar)  sebelum angka baris, akan tetap nilainya menjadi absolut 1. sedangkan yang tidak bertanda $ akan berubah secara relatif menjadi 2 dan akan menghasilkan angka 2 karena yang dihitung adalah jumlah baris dari cell I$1 sampai  cell I2. demikian pula seterusnya.

demikian pula misalkanya   pada cell A1 ditulis formula ROWS(A$100:A100) hasilnya adalah 1 karena yang dihitung adalah jumlah baris dari cell A100 sampai dengan A100 itu sendiri.
dan ketikan rumus ini dicopy ke cell
di bawahnya A2 berubah menjadi ROWS(A$100:A101) dan hasilnya menjadi 2 karena yang dihitung adalah jumlah baris dari A100 sampai A101

mudah mudahan bisa dipahami

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Kam, 22/3/12, Mansor <dbpermatasari@gmail.com> menulis:

Dari: Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menampilkan baris debet dan kredit bagi setiap item
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com

Tanggal: Kamis, 22 Maret, 2012, 9:01 PM

 

Pak Ghozi,

Bisa gak kalau tabel hasil bermula di baris pertama (H1) ?
kalau dilihat rumus Pak Ghozi, IF(ROW(I$1:I1), sedangkan datanya berada di baris kedua. Jika data berada di Row pertama, gimana pula rumusnya.

Mohon pencerahannya dan maaf kalau pertanyaan ini merepotkan.
Terima kasih.

-Mansor

On Thu, Mar 22, 2012 at 9:10 PM, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id> wrote:

 

untuk mengisi nilai pada kode kantor seperti yang diinginkan
tulis formula pada cell M3

=IF(K3="";"";IF(K3=510206;"P"&INDEX(D$6:D$12;MAX(H$3:H3));"C"&INDEX(D$6:D$12;MAX(H$3:H3))))

copy ke bawah sampai tuntas.

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Kam, 22/3/12, Mansor <dbpermatasari@gmail.com> menulis:

Dari: Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menampilkan baris debet dan kredit bagi setiap item

Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 22 Maret, 2012, 4:26 PM

 

Terima kasih Pak Ghozi,
�
Mohon dilanjutkan sedikit, masih dalam kasus yang sama.
Jika kode GL nya dari Kolum C tabel RAW DATA maka kode kantor menjadi C10011001, selain itu P10011001.
Penambahan C atau P di awal kode�kantor tergantung kode GL nya.kalau kode GL 510206 ,maka tambah "P"� di awal kode kantor.
�
Saya udah berusaha, namun belum menemukan solusinya.
Mohon bantuan lagi.
�
Terima kasih.
-Mansor
�

Item
Tgl

double entry

kode GL

Jumlah

Kod Kantor

1
18.12.2011
debet
725204
�Rp350,000.00
C10011001

�
�
Kredit
510206
�Rp350,000.00
P10011001

2
25.11.2011
debet
720612
�Rp660,000.00
C10011001

�
�
Kredit
510206
�Rp660,000.00
P10011001

3
1.1.2012
debet
725204
�Rp640,000.00
C10615003

�
�
Kredit
510206
�Rp640,000.00
P10615003

4
31.12.2011
debet
725107
�Rp150,000.00
C10010101

�
�
Kredit
510206
�Rp150,000.00
P10010101

5
30.11.2011
debet
750409
�Rp600,000.00
C10013001

�
�
Kredit
510206
�Rp600,000.00
P10013001

6
3.1.2012
debet
725204
�Rp� 90,000.00

C10010301

�
�
Kredit
510206
�Rp� 90,000.00

P10010301

7
17.1.2012
debet
735108
�Rp120,000.00
C10011001

�
�
Kredit
510206
�Rp120,000.00
P10011001

On Thu, Mar 22, 2012 at 1:32 PM, ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id> wrote:

�

setiap formula selalu di awali dengan
�IF(ROWS(H$2:H2)/2>MAX($A$6:$A$12);"" (untuk menghasilkan baris cell kosong ketika seluruh data sudah terpenuhi)

formula pada masing masing kolom adalah sbb:

Kolom Item
=IF(ROWS(H$2:H2)/2>MAX($A$6:$A$12);"";IF(ISNUMBER(H2);"";MAX(H$2:H2)+1))

Kolom Tanggal
=IF(ROWS(I$2:I2)/2>MAX($A$6:$A$12);"";IF($H3="";"";INDEX($B$6:$B$12;$H3)))

Kolom Double Entry
=IF(ROWS(J$2:J2)/2>MAX($A$6:$A$12);"";IF(H3="";"Kredit";"debet"))

Kolom kode GL
=IF(ROWS(K$2:K2)/2>MAX($A$6:$A$12);"";IF($H3="";510206;INDEX($C$6:$C$12;$H3)))

Kolom Jumlah
=IF(ROWS(L$2:L2)/2>MAX($A$6:$A$12);"";IF($H3="";L2;INDEX($E$6:$E$12;$H3)))

masing masing formula langsung dicopy ke baris di bawahnya sampai tuntas

formula solusi ada di sheet solusi

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Kam, 22/3/12, Mansor <dbpermatasari@gmail.com> menulis:

Dari: Mansor <dbpermatasari@gmail.com>

Judul: [belajar-excel] Menampilkan baris debet dan kredit bagi setiap item

Kepada: "belajar-excel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Kamis, 22 Maret, 2012, 11:00 AM

�

�
Mohon bantuan teman teman BeExcel,
�
Gimana rumusnya agar setiap item di� table RAW DATA, otomatis masing masing mempunyai ROW debet dan kredit.
Kode GL di tabel RAW DATA� adalah untuk debit entry,� dan Kreditnya adalah TETAP� 725204

Terima kasih.

-Mansor
�

Hasil yg diinginkan

2b.

Re: Menampilkan baris debet dan kredit bagi setiap item

Posted by: "Mansor" dbpermatasari@gmail.com   nbmy1980

Fri Mar 23, 2012 7:21 pm (PDT)



Terima kasih Pak Ghozi atas rumus yang baru ini. Pekerjaan saya menghendaki
data diawali di baris pertama, karena untuk diupload ke sistem SAP secara
mass upload.
Saya akan mempelajari satu persatu semua ilmu yang saya pelajari dari
bapak.Sekiranya masih kurang faham saya akan tanyakan lagi.

Wassalam.
Mansor.

=====================================
Mode Note:
Mohon QuotedMail (postings terdahulu) yg dibawah posting Anda,
mohon difikirkan, jangan SEMUA disertakan / Lihat Peraturan Milis.
Posting ini & sebelumnya dari pak Mansor selalu harus kami edit.
=====================================

On Fri, Mar 23, 2012 at 6:22 PM, ghozi alkatiri
<ghozialkatiri@yahoo.co.id>wrote:

> formula
> IF(ROWS($H$1:H1)/2>MAX($A$4:$A$10);"";IF(ISNUMBER(H1);"";MAX($H$1:H1)+1))
> ketika ditulis di H2 menghasilkan nilai 1
> karena nilai di H1 sebelumnya berisi judul kolom(item) .
>
> namun ketika rumus di atas diterapkan pada cell H1 itu sendiri rumus
> menjadi kacau karena terjadi circular reference(menghitung nilainya
> sendiri) . di mana dalam salah satu fungsi di atas ada formula
> IF(ISNUMBER(H1) yang berarti menanyakan nilai yang ada di H1 (tempat
> formula itu sendiri berada).
> ketika sebelumnya formula ini ditulis di H2 tentu ini efektif karena yang
> dicari adalah nilai yang berada di cell lain.
>
> untuk mengatasi itu semua tentu diperlukan cara lain yang sesuai dengan
> kondisi tempat dimana rumus itu berada. karena yang bapak inginkan adalah
> rumus awal berada pada baris pertama ,maka setidak tidaknya formmula pada
> baris pertama tidak boleh merujuk kepada baris di atasnya (karena tidak
> mungkin) seperti rumus yang saya berikan sebelumnya.
> untuk itu dibutuhkan siasat sebagaimana yang saya terapkan di attachment
> yang saya lampirkan saat ini .rumus untuk menghasilkan nilai awal pada
> kolom dan baris pertama saya ganti dengan
>
> =IF(ROW()=1;1;IF(OR(ROWS($H$1:H1)/2>MAX($A$4:$A$10);ISEVEN(ROW()));"";TRUNC(ROW()/2)+1))
> dan untuk yang lainya juga menyesuaikan sebagaimana bisa dilihat dalam
> attachment terlampir.
> silahkan dipelajari nanti bisa ditanyakan kembali mana yang kurang
> dipahami.
>
> wassalam
> Ghozi Alkatiri

3a.

Re: kebutuhanku 10 minggu kedepan apa.....berapa.....?

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Fri Mar 23, 2012 4:36 am (PDT)



Masalah sebelum ini re: Std Apllikasi 1 Mar 2012; tanggapan mas Huda
Yusmaul
dan neng iHaps: 2 Mar 2012)
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/16046 +1644 dan
16048
tidak ada *kabar-kabur-kubur*nya. jangankan "anggukan", "gelengan" pun tak
ada...
(ternyata sebagian yg ditulis di milis beberapa hari y.l. itu masih ada
benarnya :
"ada kelakuan member yg 'terima jawaban langsung ngacir..' )

kalau kemudian muncul kasus/request baru dari same-person
(boyok-dodol-boyok)
apakah *pemberi tanggapan yg dulu* akan termasuk orang yg tertarik memberi
tanggapan lagi ?
saya kira = "negatip", ...emang enak "dikacangin" ?
Tetapi members kan banyak, jadi masih kita tunggu jawaban dari temans2
lain..

Walaupun kedua ybs tidak ada keluhan spt 'itu', tetapi, *"secara" gitu loh*,
saya yg
melihatnya kok gak tega; oleh karena itu, ditega-tega-in menulis ini....

Maaf tulisanku terlalu kasar dan bengis ...
tetapi seperti *kata* Client Eastwood dlm suatu filem kuno-nya, setelah
menembak
bandit musuhnya dlm suatu duel adil, DOR DOR DOR !! :
"kamu tidak tahu kapan harus berhenti, kalau tidak dgn cara ini !"
-- the end---
dan layar pun ditutup
(jaman aku muda dulu, layar putih bioskop pun ada 'layar merah penutup'nya)

*Semprul..Ki!*

2012/3/22 boyok boyok <dodol_y@yahoo.co.id>

> **
> dear pakar2 excel..........
> mohon bantuannya untuk menghitung kebutuhan bahan ku untuk 10 mggg kedepan
> trims
> yo2k
>
4a.

Re: Bls: Re: [belajar-excel] PPH21 dan PKP

Posted by: "Mekar Wijaya" mekar.wijaya@yahoo.com   mekar.wijaya

Fri Mar 23, 2012 7:25 pm (PDT)



Saya punya program excel kecil2an bisa download di http://www.4shared.com/folder/5FRP5fqE/_online.html
dan beberapa file lain.

Semoga berguna

Mekar Wijaya

________________________________
2012/3/22 Tharj Anthie <tharjanthie@yahoo.com>

mohon bantuannya
gmn cara menghitung PKP dan PPH21 di excel yah, ada sumber yg bisa ngejelasin ga

makasih
tie

5a.

Re: PPH21 dan PKP

Posted by: "Rara Wilis" ra2wilis@gmail.com   rr_wilis

Fri Mar 23, 2012 7:54 pm (PDT)



Dear Pak Joe Dien

Karena email Bapak dibuka dengan salutation *"Dear Mba Rara.."*, maka
saya menangkapnya mail ini menyimpulkan bahwa link yg *saya *berikan
berisi *rumus / solusi yg dibuat SEBELUM TAHU KETENTUAN YG ADA.*

Kalau begitu, saya mencabut kembali posting tsb dan menganjurkan kepada
teman-teman members milis khususnya penanya/thread-maker (Tharj Anthie)
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/16479
agar link tsb tidak perlu dibuka dan dibaca.

Terima kasih atas koreksi dari pak Joe Dien (yang mudah-mudahan SUDAH
membuka 2 link yg saya berikan itu)

Kind Regards,
~Rara

*On Thu, Mar 22, 2012 at 3:28 PM, Joe Dien <shimano02@ymail.com> wrote*:

> **
> Dear Mba Rara,
> Betul kata Pak Djati, *sebelum kita buat rumusnya kita harus tahu
> mengenai ketentuan *dari pihak terkait dalam hal ini Dirjen Pajak
> tuk Mba Rara dan Teman-teman excel berikut saya kirimkan contoh
> perhitungan PPh 21. tetapi saya menggunakan sheet bantu untuk ini..(ini
> juga dari temen excel sblumnya)
> mungkin teman2 ada cara yang lebih baik dari ini....mungkin bisa saya
> ambil untuk referensi.
> Smga bermanfaat.
>
> Rgrds,
> Joedien
>
> ------------------------------
> *Dari: Djati Walujo <walujodjati@yahoo.co.id>*
> *Dikirim:* Kamis, 22 Maret 2012 13:49
> Untuk lengkapnya cara hitung PPh 21 dlsb. sebaiknya pelajari ini (lengkap
> sekali) :
> Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor : PER-31/ PJ/2009 tentang
> Pedoman teknis tata cara Pemotongan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak
> Penghasilan Pasal 21 dan/atau Pajak Penghasilan Pasal 26 sehubungan dengan
> Pekerjaan Jasa, dan Kegiatan Orang Pribadi, tanggal : 25 Mei 2009
> (cari dengan google : ketik PER-31/PJ/2009 atau ke www.pajak.go.id)
>
> djati
>
> ------------------------------
> *Dari: Tharj Anthie <tharjanthie@yahoo.com>*
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Kamis, 22 Maret 2012 12:25
> *Judul:* Trs: Re: [belajar-excel] PPH21 dan PKP
>
> tengkyu mba rara
>
> * --- Pada Kam, 22/3/12, Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com> menulis:*
> mohon dicoba baca-baca di link ini barnagkali cucok
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/15886
> ( dan posting-posting penanggapnya)
>
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-perhitungan-PPH-21-td5506436.html
> (file lampiran bisa diunduh di sini)
> -Rara
>
6a.

Re: memanggil data disheet sebelah

Posted by: "Rara Wilis" ra2wilis@gmail.com   rr_wilis

Fri Mar 23, 2012 9:21 pm (PDT)



Menurut pendapatku: Jawaban dari pak o'Seno sudah benar, artinya ketika
diaplikasikan
dapat menghasilkan data yg dikehendaki (menurut penangkapan saya).
Saya sudah mempraktekkan di workbook (terlampir)

Mohon diLihat Sheet PRINT

Formula dari pak oSeno
=IF(INDIRECT(ADDRESS( ROW(), COLUMN(),,,$C$3))="", "",
INDIRECT(ADDRESS(ROW(), COLUMN(),,,$C$3)))
di ketikkan di Sheet PRINT, Cell A8
Kemudian Select / Blok : Range A8:M27, Tekan tombol [Ctrl] + [Enter]
(maksudnya mengcopy formula A8 ke seluruh cell di A8:M27, biar cepet gitu
lokh..)

Setelah perlakuan seperti itu (di sheet PRINT saja), maka
- setiap di Cell C3 diganti dengan TEXT NAMA SHEET LAIN
- maka A8:M27 akan menampilkan data di cell yg sama ex *Sheet yg ditulis
namanya di C3*

Tentu saja *nama sheet harus ditulis persis sama dengan yg ada di Tab Sheet*
Misalnya nama sheet "CHRISTIAN " *(ada spasi diujung kanan)* jika
ditulis di C3
sebagai: "CHRISTIAN" , tentu saja menghasilkan data yg salah karena
formula tsb
merujuk ke *sheet yg TIDAK ADA.*

Hal kecil seperti ini mestinya tidak dianggap sepi oleh pecinta Excel
sejati baik dari Manado
dari Semarang, dari Merauke, dari Samarinda dan dari manapun desa-nya.

Bila tidak ada comments dari penanya, berarti memang rumus itu tidak benar,
atau minimal
tidak bisa JALAN di komputer penanya.
Akan sangat seimbang bila ada member lain yg ikut memberi konfirmasi ( is
the rumus work?)

*On Tue, Mar 20, 2012 at 3:37 PM, MIKE <personalia_manado@ag.co.id> wrote:
*
>
> * *
>
> Apakah ada jawaban lain selain jawaban pak O'seno..
> ----- Original Message -----
> From: MIKE
> Sent: Saturday, March 17, 2012 1:04 PM
>
> Mohon bantuannya,
> aku kesulitan rumus nih....lihat lampiran yah....
> tq
> mike
>
> =========================================================
> Mods Note:
> Kami prihatin, semakin hari semakin banyak posting yg
> melupakan UU Milis
>
> Berikut ini kami kutipkan bagian dari UU Milis BeExcel
> Bab:
> LAIN LAIN
> Sub Bab:
> Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
> pasal:
> (c)
> " Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah
> dengan jelas di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat
> ditulis pada lampiran.
> Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls),
> dengan nama-file yang spesifik. "
> =========================================================
> *_*
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Tips for a happy,

healthy home

Dog Zone

on Yahoo! Groups

Join a Group

all about dogs.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar