Minggu, 02 Desember 2012

[belajar-excel] Digest Number 1945

10 New Messages

Digest #1945
1a
Re: vlookup tabel access by "HaDi SyaH" face_call15
1b
mengganti di lain sheet by "Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289
1c
Re: mengganti di lain sheet by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1d
Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet by "Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289
1e
Re: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: tracebility part gudang by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Input data berdasar no induk by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
copy data dari file lain by "jajang muhammad siddik" jajang_ms
4b
Re: copy data dari file lain by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4c
Re: copy data dari file lain by "jessicapermata@yahoo.com" jessicapermata

Messages

Sat Dec 1, 2012 7:01 pm (PST) . Posted by:

"HaDi SyaH" face_call15

trimakasih banyak Mr.Kid sy coba dulu

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, December 1, 2012 12:25 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Re: vlookup tabel access


 
Dengan VBA yang menjadi module otomasi bawaan MSOffice juga bisa kok.
Coba saja (pada xl2007)
1. buat sebuah koneksi ke Access DB melalui Get External Data.
2. aktifkan record macro -> misal beri nama myAccDB -> tekan OK
3. klik kanan tabel hasil koneksi di langkah 1 -> pilih table -> pilih edit query
4. edit querynya dan tekan OK
5. stop recording macro
6. lihat di VBE (ALT  F11)
7. double click setiap module dan cari prosedur dengan nama myAccDB
9. disana ada bagian yang berupa kalimat Query.
10. Ubah query tersebut agar lebih dinamis, misal pemberian klausa where yang nilai kriterianya diambil dari hasil inputan user.
11. atur agar user menekan sebuah tombol yang menjalankan prosedur tersebut

Wassalam,
Kid.

2012/12/1 HaDi <face_call15@yahoo.com>


>kira2 program apa yg digunakan untuk menginfor data secara dinamis?
>
>
>--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>>
>> Pak Hadi,
>>
>> Tanpa menggunakan programming oleh user :
>> Jika makna dari 'di ambil dari Access DB' adalah makna harfiahnya, maka
>> tidak bisa.
>> Data yang ada di Access DB harus disalin lebih dulu ke Excel pada sebuah
>> worksheet dan menempati suatu area range tertentu.
>> Sama hal nya dengan Access DB (dan kebanyakan database engine) yang tidak
>> bisa membaca langsung data di Excel jika belum memiliki salinan data dari
>> Excel.
>>
>> Cara menyalin data dari Access DB atau dari database engine manapun, bisa
>> dengan memanfaatkan fitur Get External Data (xl2007) atau fitur Import Data
>> (xl2003).
>> Untuk mempelajari fitur ini, salah satunya bisa dibaca
>
> disini<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html>
>
>> .
>> Jika ingin menyalin data tertentu saja dan bersifat dinamis, maka
>> diperlukan programming.
>>
>> Setelah salinan data tersebut ada di Excel, maka bahasa dasar Excel yang
>> berupa formula, bisa digunakan untuk melakukan lookup (misal dengan VLookUp
>> atau fungsi-fungsi lookup lainnya). Kalau di Access DB, setelah ada salinan
>> data dari Excel, maka bahasa dasar Access yang berupa bahasa SQL, bisa
>> digunakan untuk melakukan lookup (misal query select dengan join).
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>
> 2012/12/1 HaDi SyaH <face_call15@...>
>>
>> > **
>
>> >
>> >
>> > dear para master excel
>> >
>> > saya ingin bertanya bagaimana cara membuat vormula vlookup yang tabelnya
>> > di ambil dari database access, terima kasih sebelumnya
>> >
>> > _
>> >
>>
>
>

Sat Dec 1, 2012 11:58 pm (PST) . Posted by:

"Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289

dear All,

saya mengalami kesulitan saat mengganti posisi tempat orang seperti contoh di attach files.
di cell j9 & k9 wawan cuti, tapi karena minggu ke 2 tsb ada perubahan tempat posisi kerja, mengakibatkan di  bagian perhitungan ada kesalahan hitung seperti cell j28 & k28, seharusnya nilai 0 untuk wawan bukan doni.
mohon pencerahannya menggunakan rumus apa supaya nilai2 perhitungan tetap sesuai list orangnya biarpun di jadwal orangnya berpindah2 tempat?

terimakasih banyak atas bantuannya.
semoga Allah membalas dengan lebih..

Sun Dec 2, 2012 12:20 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Wulan,

mbak Wulan bisa menggunakan fungsi CountIFs (xl2007 ke atas) atau
SumProduct yang bisa untuk semua versi dan ndak perlu sebagai array formula.
om array formula di cell C23 pengen salim sama mbak Wulan, mungkin mengajak
kenalan. Katanya tak kenal maka tak sayang.
bagini caranya kenalan :
1. tulis di C23 formula berikut tapi jangan sekali-kali tekan Enter :
=SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
2. kemudian tekan 3 tombol ini bersamaan :
CTRL SHIFT ENTER

fyi.
array formula akan banyak membantu dalam proses kalkulasi yang lebih
kompleks. Sebaiknya setiap Excel User bisa berkenalan dengan om array
formula yang guanteng.

Kalau masih jual mahal gak mau kenalan sama om array formula, ya sudah.
Coba salah satu dari formula dibawah ini (tetap di cell C23) :
formula 1 : (semua versi Excel)
=SUMPRODUCT(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
formula 2 : (Excel 2007 ke atas)
=COUNTIFS($B$4:$B$12,$B23,C$4:C$12,"<>cuti")

Semua formula di atas di copy ke kolom lainnya dan baris lainnya dalam
sebuah blok minggu.
Untuk blok minggu lainnya :
>> copy cell C23 ke blok minggu baru
>> ubah rujukan ke tabel data agar sesuai dengan data minggu tersebut
>> akhiri dengan CTRL SHIFT ENTER jika array formula atau cukup dengan
ENTER jika bukan array formula

Wassalam,
Kid.

2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>

> **
>
>
> dear All,
>
> saya mengalami kesulitan saat mengganti posisi tempat orang seperti contoh
> di attach files.
> di cell j9 & k9 wawan cuti, tapi karena minggu ke 2 tsb ada perubahan
> tempat posisi kerja, mengakibatkan di bagian perhitungan ada kesalahan
> hitung seperti cell j28 & k28, seharusnya nilai 0 untuk wawan bukan doni.
> mohon pencerahannya menggunakan rumus apa supaya nilai2 perhitungan tetap
> sesuai list orangnya biarpun di jadwal orangnya berpindah2 tempat?
>
> terimakasih banyak atas bantuannya.
> semoga Allah membalas dengan lebih..
>
>
>

Sun Dec 2, 2012 1:09 am (PST) . Posted by:

"Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289

Mr. Kid,

salam kenal Pak Kid..
subhanallah rumusnya topcer,
1 yg saya kurang paham, mohon penjelasan tentang "(C$4:C$12<>"cuti")"

terimakasih banyak..

----- Forwarded Message -----
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, December 2, 2012 3:19 PM
Subject: Re: [belajar-excel] mengganti di lain sheet


 
Hai Wulan,

mbak Wulan bisa menggunakan fungsi CountIFs (xl2007 ke atas) atau SumProduct yang bisa untuk semua versi dan ndak perlu sebagai array formula.
om array formula di cell C23 pengen salim sama mbak Wulan, mungkin mengajak kenalan. Katanya tak kenal maka tak sayang.
bagini caranya kenalan :
1. tulis di C23 formula berikut tapi jangan sekali-kali tekan Enter :
     =SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
2. kemudian tekan 3 tombol ini bersamaan :
     CTRL   SHIFT   ENTER

fyi.
array formula akan banyak membantu dalam proses kalkulasi yang lebih kompleks. Sebaiknya setiap Excel User bisa berkenalan dengan om array formula yang guanteng.

Kalau masih jual mahal gak mau kenalan sama om array formula, ya sudah. Coba salah satu dari formula dibawah ini (tetap di cell C23) :
formula 1 : (semua versi Excel)
     =SUMPRODUCT(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
formula 2 : (Excel 2007 ke atas)
     =COUNTIFS($B$4:$B$12,$B23,C$4:C$12,"<>cuti")

Semua formula di atas di copy ke kolom lainnya dan baris lainnya dalam sebuah blok minggu.
Untuk blok minggu lainnya :
>> copy cell C23 ke blok minggu baru
>> ubah rujukan ke tabel data agar sesuai dengan data minggu tersebut
>> akhiri dengan CTRL  SHIFT  ENTER jika array formula atau cukup dengan ENTER jika bukan array formula

Wassalam,
Kid.

2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>


>dear All,
>
>
>saya mengalami kesulitan saat mengganti posisi tempat orang seperti contoh di attach files.
>di cell j9 & k9 wawan cuti, tapi karena minggu ke 2 tsb ada perubahan tempat posisi kerja, mengakibatkan di  bagian perhitungan ada kesalahan hitung seperti cell j28 & k28, seharusnya nilai 0 untuk wawan bukan doni.
>mohon pencerahannya menggunakan rumus apa supaya nilai2 perhitungan tetap sesuai list orangnya biarpun di jadwal orangnya berpindah2 tempat?
>
>
>terimakasih banyak atas bantuannya.
>semoga Allah membalas dengan lebih..

Sun Dec 2, 2012 1:19 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

mbak Wulan,

operator <> artinya bukan
C$4:C$12<>"cuti"
bahasa manusianya :
"setiap isi data bukanlah kata 'cuti'"

Ekspresi di atas akan menghasilkan TRUE (setara 1) atau FALSE (setara 0)
Jadi pada formula (misal) :
=SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
yang biru menghasilkan 9 angka (9 item array) yang berisi 1 atau 0 sesuai
kondisi nama di tabel data sama atau tidak dengan nama pada baris yang
dikalkulasi
yang merah menghasilkan 9 angka (9 item array) yang berisi 1 atau 0 sesuai
kondisi nilai data di minggu itu bukan berisi tulisan 'cuti' atau tidak
setiap angka yang bersesuaian kemudian dikalikan (setara operator logika
AND)
maka hasilnya akan berupa 9 angka berisi 1 atau 0
9 angka inilah yang di-Sum

Jadi, jika di B4,B12, B23 berisi nama 'Kid' dan C4,C12 isinya bukan 'Cuti',
maka formula akan menghasilkan minimal angka 2 tergantung data di cell B5
sampai B11 dan cell C5 sampai C11.

Wassalam,
Kid.

2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>

> **
>
>
> Mr. Kid,
>
> salam kenal Pak Kid..
> subhanallah rumusnya topcer,
> 1 yg saya kurang paham, mohon penjelasan tentang "(C$4:C$12<>"cuti")"
>
> terimakasih banyak..
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sunday, December 2, 2012 3:19 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>
>
> Hai Wulan,
>
> mbak Wulan bisa menggunakan fungsi CountIFs (xl2007 ke atas) atau
> SumProduct yang bisa untuk semua versi dan ndak perlu sebagai array formula.
> om array formula di cell C23 pengen salim sama mbak Wulan, mungkin
> mengajak kenalan. Katanya tak kenal maka tak sayang.
> bagini caranya kenalan :
> 1. tulis di C23 formula berikut tapi jangan sekali-kali tekan Enter :
> =SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
> 2. kemudian tekan 3 tombol ini bersamaan :
> CTRL SHIFT ENTER
>
> fyi.
> array formula akan banyak membantu dalam proses kalkulasi yang lebih
> kompleks. Sebaiknya setiap Excel User bisa berkenalan dengan om array
> formula yang guanteng.
>
> Kalau masih jual mahal gak mau kenalan sama om array formula, ya sudah.
> Coba salah satu dari formula dibawah ini (tetap di cell C23) :
> formula 1 : (semua versi Excel)
> =SUMPRODUCT(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
> formula 2 : (Excel 2007 ke atas)
> =COUNTIFS($B$4:$B$12,$B23,C$4:C$12,"<>cuti")
>
>
> Semua formula di atas di copy ke kolom lainnya dan baris lainnya dalam
> sebuah blok minggu.
> Untuk blok minggu lainnya :
> >> copy cell C23 ke blok minggu baru
> >> ubah rujukan ke tabel data agar sesuai dengan data minggu tersebut
> >> akhiri dengan CTRL SHIFT ENTER jika array formula atau cukup dengan
> ENTER jika bukan array formula
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>
> **
>
> dear All,
>
> saya mengalami kesulitan saat mengganti posisi tempat orang seperti contoh
> di attach files.
> di cell j9 & k9 wawan cuti, tapi karena minggu ke 2 tsb ada perubahan
> tempat posisi kerja, mengakibatkan di bagian perhitungan ada kesalahan
> hitung seperti cell j28 & k28, seharusnya nilai 0 untuk wawan bukan doni.
> mohon pencerahannya menggunakan rumus apa supaya nilai2 perhitungan tetap
> sesuai list orangnya biarpun di jadwal orangnya berpindah2 tempat?
>
> terimakasih banyak atas bantuannya.
> semoga Allah membalas dengan lebih..
>
>
>
>
>
>

Sun Dec 2, 2012 3:15 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Amin,

1. Buat event KeyDown dari combobox (kenapa pakai combobox ya, ya wis lah)
dan isi dengan :
select case keycode
case 8,48 to 57 'tombol back atau tombol angka dari 0 sampai 9
case else 'lainnya
keycode=0 'gak ada yang dipencet

'pesan : (udah gak jaman lagi ngrusuhi user yang lagi fokus ngisi
dengan munculnya msgbox)
beep 'sound dikit, daripada keluar msgbox yang mengganggu
user
end select

2. pada event click tombol save tambahkan bagian ini tepat sebelum bagian
penulisan ke worksheet :
'pengolah data partno
dim vNilai as variant

vnilai=trim$(replace$(ucase$(TbPartno.text),"3N1",vbnullstring)) 'hapus
teks '3N1'
vnilai=left$(vnilai,instr(vnilai & " "," ")-1) 'ambil kode saja (asumsi
ada spasi pemisah kode dengan qty)

'buat jaga-jaga, siapa tahu Excel gak mau auto convert tipedata saat
ditulisi di bagian with di bawah sana
if isnumeric(vnilai) then 'cek isinya bisa jadi bilangan
vnilai=clng(vnilai) 'konversi tipe data
endif

'penulis ke worksheet
with lastrow
*'selain penulisan partno tetap seperti semula *
'bagian penulis partno diganti menjadi :
.cells(2,5).value=vnilai 'yang ditulis adalah nilai dalam variabel
vnilai
endwith

3. pakai textbox bernama textbox1 (apa adanya dalam file).
>> menunjukkan Rack-ID bila ada teman2 dari part tersebut
->1. buat event Exit untuk textbox partno
->2. isi dengan script berikut :
dim rngData as range, rng as range
dim sPart as string,sRackByPart as string

'simpan part tanpa 3n1 dan qty
spart=trim$(replace$(ucase$(TbPartno.text),"3N1",vbnullstring)) 'hapus
teks '3N1'
spart=left$(vnilai,instr(spart & " "," ")-1) 'ambil kode saja (asumsi ada
spasi pemisah kode dengan qty)

'filter data yang ada berdasar spart
set rngdata=sheet3.range("c1").currentregion.resize(,1).offset(0,4)
with rngdata
.parent.autofiltermode=false
.autofilter 1,spart
if .SpecialCells(xlCellTypeVisible).count>1 then
for each rng in .offset(1).SpecialCells(xlCellTypeVisible)
if lenb(rng.value)<>0 then
srackbypart=replace$(srackbypart,"," & spart) & "," &
spart
endif
next rng
srackbypart=mid$(srackbypart,2)
endif

if lenb(srackbypart)<>0 then
textbox1.text=srackbypart
else
textbox1.text="Tidak ada rack yang dipakai part " & spart
endif
textbox1.locked=true
.parent.autofiltermode=false
endwith

>> Rack-ID bila dimasukkan data, akan menunjukkan bahwa tempat rack sudah
pernah ada, atau belum ada yang menempati, dan penunjukan pencarian data
->1. buat event Exit untuk textbox rack id
->2. isi dengan script berikut :
dim rngData as range
dim sPart as string,sRack as string

'simpan part tanpa 3n1 dan qty
spart=trim$(replace$(ucase$(TbPartno.text),"3N1",vbnullstring)) 'hapus
teks '3N1'
spart=left$(vnilai,instr(spart & " "," ")-1) 'ambil kode saja (asumsi ada
spasi pemisah kode dengan qty)
srack=trim$(tbloc.text)

'filter data yang ada berdasar spart
set rngdata=sheet3.range("c1").currentregion.resize(,7).offset(0,4)
with rngdata
.parent.autofiltermode=false
.font.bold=false
.autofilter 1,spart
.autofilter 7,srack
if .resize(,1).SpecialCells(xlCellTypeVisible).count>1 then
.SpecialCells(xlCellTypeVisible).font.bold
textbox1.text="Sudah dipakai part lain"
else
.parent.autofiltermode=false
endif
textbox1.locked=true
endwith

4. Sort data berdasar part.
>> pada event click tombol save tambahkan baris berikut tepat sebelum End
Sub
'set sortcolumns -> siapa tahu pernah dipakai sort rows
sheet3.range("c1").currentregion.sort
sheet3.range("g1"),xlascending,header:=xlyes,orientation:=xlsortcolumns

Cara buat prosedur event dari control object yang ada di userform
1. ke VBE
2. double click si userform
3. double click si control yang akan dibuatkan prosedur event
4. setelah masuk ke lembar script, lihat combobox di kanan atas layar,
5. pilih nama event yang akan dibuat hingga terbentuk blok prosedur mulai
dari private sub ... sampai end sub

Wassalam,
Kid.

2012/12/1 ngademin Thohari <ngademinth@yahoo.co.id>

> **
>
>
>
> Be-exceller
>
> Bisakah master2 sekalian menyempurnakan hasil perkerjaan saya, yang masih
> banyak kendala seperti di bawah ini
>
>
> 1. di dalam kolom qty (quantity), yang akan di masukkan adalah angka, bila
> ada huruf yang diInput maka data tidak bisa masuk ke dalam table data dan
> memberikan errror message, dan bila datanya benar dan bisa masuk kedalam
> table data maka akan menunjukkan ke remain qty dari total part no. tersebut.
>
> 2. Dalam label yang di scan data ada beberapa data yang berbeda, ada yang
> menunjukkan Angka 3N1 didalam part no. dan ada juga yang tidak ada 3N1,
> serta ada yang menunjukkan 3N1 dan dibelakang part no. ada value lain 2500
> dan yang lain2 ,data di awal 3N1 dan dibelakang Part no. dihilangkan bila
> masuk ke table data dari form input
>
> 3. menunjukkan Rack-ID bila ada teman2 dari part tersebut, Rack-ID bila
> dimasukkan data, akan menunjukkan bahwa tempat rack sudah pernah ada, atau
> belum ada yang menempati, dan penunjukan pencarian data
>
> 4. Data selama ini harus di sort dahulu, bila ada data masuk langsung ke
> automatic sort.
>
>
> mohon bantuannya karena system yang saya implementasikan banyak menemui
> kendala, berikut lampirannya
>
> terima kasih
>
> amin
>
>
>

Sun Dec 2, 2012 3:56 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Debora,

Rekam macro adalah sebuah fitur Excel yang dapat membantu menulis script VB
untuk membangun sebuah proses otomasi melalui kegiatan rutin langsung
terhadap workbook. JIka sudah terbiasa menulis VB, maka tulis langsung saja
tanpa rekam macro di lembar script pada VB Editor (VBE). Jika dalam menulis
langsung tersebut ada kebingungan dalam hal pemanfaatan object (methods dan
properties) Excel, maka rekam macro bisa menjadi salah satu cara untuk
mempelajari karakteristik si object.

Proses rekam macro dapat dilakukan melalui :
>> menu Tools -> Macro -> record macro (di Excel 2003)
>> ribbon Developer -> grup Code -> Record Macro (xl2007 ke atas)

Pada Excel 2007 ke atas, kadang kala ribbon Developer tidak muncul dalam
daftar ribbon. Untuk memunculkannya adalah :
>> Office Button (pojok kiri atas bunder di xl2007) -> Excel Options (pojok
bawah dekat tombol Exit di dialog windows yang muncul)
>> pada page Popular (sisi kiri dialog window yang muncul) -> bagian Top
Option blabla -> centang item Show Developer ribbon atau semacamnya -> OK

Wassalam,
Kid.

2012/12/1 Debora Christy <debora.christy@rocketmail.com>

> **
>
>
> Miss sy sedikit bingung dgn proses rekam makro, krn sy sendiri msh awam
> soal rekam makro...
> Dlm penggunaan makro biasanya sy lgsg msk ke vb utk memasukkan formula
> makro... Td sdh sy coba dgn langkah2 tsb ttpi utk makronya sendiri tdk
> terekam...
> Apakah formula tsb dpt lgsg dimskkan melalui vb ato hrs melalui proses
> rekam makro? Trima kasih sebelumnya...
>
> _
>

Sun Dec 2, 2012 6:32 am (PST) . Posted by:

"jajang muhammad siddik" jajang_ms

Dear para Suhu,

Mhon bantuannya cara untuk look up data di file Data Master.xls yang mana sumber data nya dari file 115.xls, 360.xls, 820.xls (file terlampir). Saya tidak bisa menggunakan fungtion v-lookup karena file sumber kemungkinan posisi cell nya berbeda setiap ada data baru.

Salam,

Jajang ms

Sun Dec 2, 2012 6:55 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Jajang,

Sebaiknya dibuat sebuah peraturan baku tentang letak data dan bentuk
(struktur) tabel data. Hal ini memang perlu sosialisasi yang melelahkan dan
menjemukan pada awalnya, tetapi manfaatnya adalah untuk kepentingan bersama
sebagai sebuah perusahaan.

Peraturan baku yang cukup sederhana adalah memberi nama range. Semua cabang
yang mengirimkan file data harus sudah memberi nama range pada tabel
datanya. Jika belum ada nama rangenya, maka file dikembalikan dan
dinyatakan belum mengirim data.
Nama range dibuat tetap misal bernama _Sales_
Setiap cabang disosialisasikan cara membuat nama range, atau dibuat sebuah
SOP untuk membuat nama range.

Peraturan baku lainnya yang lebih baik adalah selalu meletakkan tabel data
mulai A1 sebagai header kolom pertamanya.
Kolom pertama sebaiknya adalah kode Cabang. Kolom selanjutnya adalah data
milik cabang.

Tujuan peraturan baku seperti di atas adalah untuk memastikan posisi data.
Dengan pastinya posisi data, maka formula bisa dibuat dengan lebih mudah.
Setelah seluruh data cabang sampai di kantor pusat dan akan diolah, bisa
dilakukan penggabungan data menjadi sebuah sheet yang orientasinya vertikal.
Hal ini memang tidak harus dilakukan, karena posisi data yang konsisten
sudah bisa diolah dengan formula. Meski demikian, sebaiknya penggabungan
data ini tetap dilakukan. Tentu saja hal ini membutuhkan pemrograman. VBA
bisa digunakan untuk hal ini.

Ketika sudah membahas tentang VBA, maka sebenarnya posisi data setiap file
cabang bisa tidak tetap, tetapi strukturnya harus tetap. Misal harus ada
kolom bernama cabang dan membentuk tabel yang baik. Tabel data dikelilingi
oleh cell-cell kosong (baris atas tabel kosong, baris dibawah tabel kosong,
kolom dikiri tabel kosong, kolom dikanan tabel kosong). Hal ini akan
memudahkan pengembangan selanjutnya, misal jika kolomnya bertambah. Jika
kolomnya tetap sepanjang masa atau bersedia ribet mengubah script program
kembali ketika ada pengubahan jumlah kolom data, maka ndak perlu ada
cell-cell kosong seperti itu.

Syarat minimal untuk menggunakan VBA adalah :
1. Mau mempelajari Excel
2. Mau mempelajari VBA (ndak terima jadi)
3. bersungguh-sungguh
(untung gak ada syarat ipk minimal 1.5)

hehehe...
kira-kira Bapak mau pakai opsi mana nih ?
Membuat aturan baku atau langsung belajar VBA ? Atau mau jadinya saja ?

Wassalam,
Kid.

2012/12/2 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear para Suhu,
>
> Mhon bantuannya cara untuk look up data di file Data Master.xls yang mana
> sumber data nya dari file 115.xls, 360.xls, 820.xls (file terlampir). Saya
> tidak bisa menggunakan fungtion v-lookup karena file sumber kemungkinan
> posisi cell nya berbeda setiap ada data baru.
>
>
> Salam,
>
>
> Jajang ms
>
>
>

Sun Dec 2, 2012 7:08 am (PST) . Posted by:

"jessicapermata@yahoo.com" jessicapermata

Kalo saya belajar vba aja :-)
Vba for dummy...
Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sun, 2 Dec 2012 21:55:06
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] copy data dari file lain

Pak Jajang,

Sebaiknya dibuat sebuah peraturan baku tentang letak data dan bentuk
(struktur) tabel data. Hal ini memang perlu sosialisasi yang melelahkan dan
menjemukan pada awalnya, tetapi manfaatnya adalah untuk kepentingan bersama
sebagai sebuah perusahaan.

Peraturan baku yang cukup sederhana adalah memberi nama range. Semua cabang
yang mengirimkan file data harus sudah memberi nama range pada tabel
datanya. Jika belum ada nama rangenya, maka file dikembalikan dan
dinyatakan belum mengirim data.
Nama range dibuat tetap misal bernama _Sales_
Setiap cabang disosialisasikan cara membuat nama range, atau dibuat sebuah
SOP untuk membuat nama range.

Peraturan baku lainnya yang lebih baik adalah selalu meletakkan tabel data
mulai A1 sebagai header kolom pertamanya.
Kolom pertama sebaiknya adalah kode Cabang. Kolom selanjutnya adalah data
milik cabang.

Tujuan peraturan baku seperti di atas adalah untuk memastikan posisi data.
Dengan pastinya posisi data, maka formula bisa dibuat dengan lebih mudah.
Setelah seluruh data cabang sampai di kantor pusat dan akan diolah, bisa
dilakukan penggabungan data menjadi sebuah sheet yang orientasinya vertikal.
Hal ini memang tidak harus dilakukan, karena posisi data yang konsisten
sudah bisa diolah dengan formula. Meski demikian, sebaiknya penggabungan
data ini tetap dilakukan. Tentu saja hal ini membutuhkan pemrograman. VBA
bisa digunakan untuk hal ini.

Ketika sudah membahas tentang VBA, maka sebenarnya posisi data setiap file
cabang bisa tidak tetap, tetapi strukturnya harus tetap. Misal harus ada
kolom bernama cabang dan membentuk tabel yang baik. Tabel data dikelilingi
oleh cell-cell kosong (baris atas tabel kosong, baris dibawah tabel kosong,
kolom dikiri tabel kosong, kolom dikanan tabel kosong). Hal ini akan
memudahkan pengembangan selanjutnya, misal jika kolomnya bertambah. Jika
kolomnya tetap sepanjang masa atau bersedia ribet mengubah script program
kembali ketika ada pengubahan jumlah kolom data, maka ndak perlu ada
cell-cell kosong seperti itu.

Syarat minimal untuk menggunakan VBA adalah :
1. Mau mempelajari Excel
2. Mau mempelajari VBA (ndak terima jadi)
3. bersungguh-sungguh
(untung gak ada syarat ipk minimal 1.5)

hehehe...
kira-kira Bapak mau pakai opsi mana nih ?
Membuat aturan baku atau langsung belajar VBA ? Atau mau jadinya saja ?

Wassalam,
Kid.




2012/12/2 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear para Suhu,
>
> Mhon bantuannya cara untuk look up data di file Data Master.xls yang mana
> sumber data nya dari file 115.xls, 360.xls, 820.xls (file terlampir). Saya
> tidak bisa menggunakan fungtion v-lookup karena file sumber kemungkinan
> posisi cell nya berbeda setiap ada data baru.
>
>
> Salam,
>
>
> Jajang ms
>
>
>

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar