Senin, 03 Desember 2012

[belajar-excel] Digest Number 1948

15 New Messages

Digest #1948
1a
Mohon pencerahan rumus Vlookup multi kriteria by "Alfan Atas Pujianto" al_mito
1c
Re: Mohon pencerahan rumus Vlookup multi kriteria by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet by "Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289
2b
Re: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: copy data dari file lain by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
Bls: [belajar-excel] copy data dari file lain by "jajang muhammad siddik" jajang_ms
4b
Re: menghilangkan semua autofilter by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Fw: Emailing: rekam macro transpose by "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80
6

Messages

Mon Dec 3, 2012 1:05 pm (PST) . Posted by:

"Alfan Atas Pujianto" al_mito

Dear Exceler
Mohon bantuan formula Vlookup dengan master yang bervariasi....

Trims

Alfan

Mon Dec 3, 2012 2:19 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear Alfan,

coba gunakan ARRAY formula Index & Match, diperlukan menekan 3 tombol
secara bersamaan, yaitu CTRL Shift Enter
formula ditulis di sheet Data cell H2

=Index('PEMBAGIAN SOW'!$D$2:$D$68,Match(DATA!B2&DATA!C2,'PEMBAGIAN
SOW'!$B$2:$B$68&'PEMBAGIAN SOW'!$C$2:$C$68,0))

langkah-langkah pengambilan datanya bisa dilihat di file terlampir

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 4 Desember 2012 03:32, Alfan Atas Pujianto <alfanatas@yahoo.co.id>menulis:

> **
>
>
> Dear Exceler
> Mohon bantuan formula Vlookup dengan master yang bervariasi....
>
> Trims
>
> Alfan
>
>

Mon Dec 3, 2012 2:31 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Alfan,

Formula Index Match sering disebuh loopup ke segala arah dengan sebarang
jumlah kriteria.

Coba array formula di H2 (tulis formula dan tekan CTRL SHIFT ENTER) :
=INDEX('PEMBAGIAN SOW'!$D$2:$D$68,MATCH(1,('PEMBAGIAN
SOW'!$B$2:$B$68=B2)*('PEMBAGIAN
SOW'!$C$2:$C$68=C2),0))

Berisi fungsi
- Index untuk mengambil data, yaitu di 'PEMBAGIAN SOW'!$D$2:$D$68 yang
berupa semua baris data 1 kolom
- Match untuk mencari posisi baris dalam data (bukan dalam Sheet) yang akan
diambil.

Bagian Merah dan hijau adalah kriteria yang harus terpenuhi semuanya
(menggunakan logika AND setara perkalian).
Merah kriteria berdasar kolom B
Hijau kriteria berdasar kolom C
Pencarian oleh Match adalah yang tepat persis [,0] bernilai 1 [match(1,]

fyi,
Konon kabarnya, komputer lebih merasa kesulitan ketika melakukan
Concatenate (menggabungkan teks) dibanding melakukan operasi matematis.

Wassalam,
Kid.

2012/12/4 Alfan Atas Pujianto <alfanatas@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Exceler
> Mohon bantuan formula Vlookup dengan master yang bervariasi....
>
> Trims
>
> Alfan
>
>

Mon Dec 3, 2012 4:22 pm (PST) . Posted by:

"Alfan Atas Pujianto" al_mito

Thanks Mr Kid, saya coba dulu...

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 4 Desember 2012 5:30
Judul: Re: [belajar-excel] Mohon pencerahan rumus Vlookup multi kriteria


 
Hai Alfan,

Formula Index Match sering disebuh loopup ke segala arah dengan sebarang jumlah kriteria.

Coba array formula di H2 (tulis formula dan tekan CTRL  SHIFT  ENTER) :
=INDEX('PEMBAGIAN SOW'!$D$2:$D$68,MATCH(1,('PEMBAGIAN SOW'!$B$2:$B$68=B2)*('PEMBAGIAN SOW'!$C$2:$C$68=C2),0))

Berisi fungsi
- Index untuk mengambil data, yaitu di 'PEMBAGIAN SOW'!$D$2:$D$68 yang berupa semua baris data 1 kolom
- Match untuk mencari posisi baris dalam data (bukan dalam Sheet) yang akan diambil.

Bagian Merah dan hijau adalah kriteria yang harus terpenuhi semuanya (menggunakan logika AND setara perkalian).
Merah kriteria berdasar kolom B
Hijau kriteria berdasar kolom C
Pencarian oleh Match adalah yang tepat persis [,0] bernilai 1 [match(1,]

fyi,
Konon kabarnya, komputer lebih merasa kesulitan ketika melakukan Concatenate (menggabungkan teks) dibanding melakukan operasi matematis.

Wassalam,
Kid.

2012/12/4 Alfan Atas Pujianto <alfanatas@yahoo.co.id>


>Dear Exceler
>Mohon bantuan formula Vlookup dengan master yang bervariasi....
>
>Trims
>
>Alfan
>

Mon Dec 3, 2012 4:23 pm (PST) . Posted by:

"Alfan Atas Pujianto" al_mito



Thank's Ms.Jan Raisin Saya coba dulu

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 4 Desember 2012 5:19
Judul: Re: [belajar-excel] Mohon pencerahan rumus Vlookup multi kriteria


 
Dear Alfan,

coba gunakan ARRAY formula Index & Match, diperlukan menekan 3 tombol secara bersamaan, yaitu CTRL Shift Enter
formula ditulis di sheet Data cell H2

=Index('PEMBAGIAN SOW'!$D$2:$D$68,Match(DATA!B2&DATA!C2,'PEMBAGIAN SOW'!$B$2:$B$68&'PEMBAGIAN SOW'!$C$2:$C$68,0))

langkah-langkah pengambilan datanya bisa dilihat di file terlampir

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 4 Desember 2012 03:32, Alfan Atas Pujianto <alfanatas@yahoo.co.id> menulis:


>Dear Exceler
>Mohon bantuan formula Vlookup dengan master yang bervariasi....
>
>Trims
>
>Alfan
>

Mon Dec 3, 2012 1:33 pm (PST) . Posted by:

"Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289

Alhamdulillah sukses setelah diganti sumproduct, tapi saya kurang paham terkait makna dari pengkalian rumus2 tsb, mohon penjelasannya lagi..
terimakasih..

wa'alaikumsalam

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, December 4, 2012 2:21 AM
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet


 
Coba array formula :
=SUM(($B$4:$B$12=$B38)*($C$3:$G$3=$C$3:$G$3)*(LEFT($C$4:$G$12)=LEFT(C$37)))
>>ganti Sum dengan Sumproduct untuk entry formula bukan sebagai array formula

Wassalam,
Kid.

2012/12/3 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>


>Pak Kid,
>
>
>saya mau tanya lagi,
>ketika saya mencoba menggunakan rumus yg diberikan kemaren untuk mengakumulasi ternyata bisa.
>tetapi untuk menghitung sheet G38-G46 tidak berfungsi.
>
>
>minta pencerahannya lagi..
>terimakasih banyak..
>
>
>
>________________________________
>
>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>
>Sent: Sunday, December 2, 2012 4:19 PM
>Subject: Re: Fw: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>
>
>

>mbak Wulan,
>
>operator <> artinya bukan
>C$4:C$12<>"cuti"
>bahasa manusianya :
>"setiap isi data bukanlah kata 'cuti'"
>
>Ekspresi di atas akan menghasilkan TRUE (setara 1) atau FALSE (setara 0)
>Jadi pada formula (misal) :
>=SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
>yang biru menghasilkan 9 angka (9 item array) yang berisi 1 atau 0 sesuai kondisi nama di tabel data sama atau tidak dengan nama pada baris yang dikalkulasi
>yang merah menghasilkan 9 angka (9 item array) yang berisi 1 atau 0 sesuai kondisi nilai data di minggu itu bukan berisi tulisan 'cuti' atau tidak
>setiap angka yang bersesuaian kemudian dikalikan (setara operator logika AND)
>maka hasilnya akan berupa 9 angka berisi 1 atau 0
>9 angka inilah yang di-Sum
>
>Jadi, jika di B4,B12, B23 berisi nama 'Kid' dan C4,C12 isinya bukan 'Cuti', maka formula akan menghasilkan minimal angka 2 tergantung data di cell B5 sampai B11 dan cell C5 sampai C11.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Mr. Kid,
>>
>>
>>salam kenal Pak Kid..
>>subhanallah rumusnya topcer,
>>1 yg saya kurang paham, mohon penjelasan tentang "(C$4:C$12<>"cuti")"
>>
>>
>>terimakasih banyak..
>>
>>
>>----- Forwarded Message -----
>>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Sunday, December 2, 2012 3:19 PM
>>Subject: Re: [belajar-excel] mengganti di lain sheet
>>
>>
>> 
>>Hai Wulan,
>>
>>mbak Wulan bisa menggunakan fungsi CountIFs (xl2007 ke atas) atau SumProduct yang bisa untuk semua versi dan ndak perlu sebagai array formula.
>>om array formula di cell C23 pengen salim sama mbak Wulan, mungkin mengajak kenalan. Katanya tak kenal maka tak sayang.
>>bagini caranya kenalan :
>>1. tulis di C23 formula berikut tapi jangan sekali-kali tekan Enter :
>>     =SUM(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
>>2. kemudian tekan 3 tombol ini bersamaan :
>>     CTRL   SHIFT   ENTER
>>
>>fyi.
>>array formula akan banyak membantu dalam proses kalkulasi yang lebih kompleks. Sebaiknya setiap Excel User bisa berkenalan dengan om array formula yang guanteng.
>>
>>Kalau masih jual mahal gak mau kenalan sama om array formula, ya sudah. Coba salah satu dari formula dibawah ini (tetap di cell C23) :
>>formula 1 : (semua versi Excel)
>>     =SUMPRODUCT(($B$4:$B$12=$B23)*(C$4:C$12<>"cuti"))
>>formula 2 : (Excel 2007 ke atas)
>>     =COUNTIFS($B$4:$B$12,$B23,C$4:C$12,"<>cuti")
>>
>>
>>Semua formula di atas di copy ke kolom lainnya dan baris lainnya dalam sebuah blok minggu.
>>Untuk blok minggu lainnya :
>>>> copy cell C23 ke blok minggu baru
>>>> ubah rujukan ke tabel data agar sesuai dengan data minggu tersebut
>>>> akhiri dengan CTRL  SHIFT  ENTER jika array formula atau cukup dengan ENTER jika bukan array formula
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>2012/12/2 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>dear All,
>>>
>>>
>>>saya mengalami kesulitan saat mengganti posisi tempat orang seperti contoh di attach files.
>>>di cell j9 & k9 wawan cuti, tapi karena minggu ke 2 tsb ada perubahan tempat posisi kerja, mengakibatkan di  bagian perhitungan ada kesalahan hitung seperti cell j28 & k28, seharusnya nilai 0 untuk wawan bukan doni.
>>>mohon pencerahannya menggunakan rumus apa supaya nilai2 perhitungan tetap sesuai list orangnya biarpun di jadwal orangnya berpindah2 tempat?
>>>
>>>
>>>terimakasih banyak atas bantuannya.
>>>semoga Allah membalas dengan lebih..
>>
>>
>>
>
>
>

Mon Dec 3, 2012 2:13 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Alhamdulillah...

Array formula (tulis formula enter dengan CTRL SHIFT ENTER).
Sum setelah diganti SumProduct tidak perlu enter sebagai array formula.

Formula Sum :
=SUM(*($B$4:$B$12=$B38)***($C$3:$G$3=$C$3:$G$3)**
(LEFT($C$4:$G$12)=LEFT(C$37)))
Biru adalah data utama yang diperbandingkan, dengan dimensi *9 baris x 5
kolom*.
Digunakan Left karena karakter pertama data (dikiri sama dengan) dengan
kriteria kolom (dikanan sama dengan) adalah sama.

*Hijau *adalah kolom nama yang diperbandingkan dengan kriteria nama dengan
dimensi *9 baris x 1 kolom*

Biru tidak bisa diperkalikan dengan *hijau *karena dimensi kolomnya berbeda
meskipun dimensi baris sudah sama.
Artinya, dibutuhkan *pembentuk dimensi *kolom agar dimensi kolom
*hijau *menjadi
sama dengan dimensi kolom biru dengan hasil akhir adalah setiap nilai tetap
bernilai seperti yang *hijau *di semua dimensi kolom yang terbentuk
*Merah *adalah pembentuk dimensi dengan dimensi *1 baris x 5 kolom* dan
setiap nilainya adalah 1 (setara TRUE). Itu sebabnya sisi kiri dan sisi
kanan sama dengan adalah rujukan yang sama, yaitu ke *$C$3:$G$3*

*Hijau *dikali *Merah *hasilnya *9 baris x 5 kolom* dengan nilai di
*hijau *karena
seluruh yang *merah *isinya 1.
Hasil *Hijau *dikali *Merah* dikalikan dengan Biru yang dimensinya sudah
sama. Hasilnya 1 atau 0 membentuk dimensi *9 baris x 5 kolom* yang kemudian
dijumlahkan oleh Sum atau SumProduct.

begitulah ceritanya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/12/4 Titis Ardiyana Wulandari <tiez_2289@yahoo.com>

> =SUM(($B$4:$B$12=$B38)*($C$3:$G$3=$C$3:$G$3)*(LEFT($C$4:$G$12)=LEFT(C$37)))
>

Mon Dec 3, 2012 1:52 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Jajang,

Mohon tidak cc ke alamat lain lagi ya.

"saya sudah buat dengan VBA (file terlampir, semua data harus di simpan di
C:\Project Sales). tapi saya rasa masih kurang efektif, karena hampir 80
toko yang harus di rekap, jadi masih memakan waktu, walaupun terlalu lama
seperti copy manual."
>> VBA digunakan untuk menggabungkan seluruh data membentuk sebuah tabel.
Prosesnya memang melakukan Copy Paste data. Saya rasa 34 detik untuk 144
files sudah cukup bagus.

"belum lagi karena format yang aneh2, ketika saya beri perintah
activeworkbook.close untuk file sales ada beberapa yang selalu minta
confirmasi save."
>> Format yang bervariasi tidak berkaitan dengan selalu minta konfirmasi
untuk save. Adanya isi file yang berubah yang membuat munculnya konfirmasi
save saat akan ditutup. Methods Close pada object Workbook memiliki input
parameter status akan di-save atau tidak. Ketika input parameter tersebut
diisi False, maka seluruh proses meminta konfirmasi save akan diabaikan.
activeworkbook.close FALSE

Coba file terlampir. Letakkan bersama file-file data dari cabang.

fyi,
- Formula merujuk ke suatu posisi cell. Jika posisi cell berubah-ubah, maka
butuh formula untuk menentukan posisi tersebut lebih dulu. Setelah itu
butuh formula untuk merujuk ke semua area data diposisi yang ditemukan
tersebut. Kemudian proses komputasi terhadap nilai-nilai data bisa
dilakukan. Artinya butuh setidaknya 3 proses.
- Formula merujuk range di sheet lain dalam workbook yang sama lebih lama
daripada merujuk ke range pada sheet yang sama.
- Formula merujuk ke file lain butuh lebih lama daripada merujuk ke file
yang sama.
Jadi, merujuk ke file lain yang posisinya berubah-ubah dengan formula yang
bisa jadi berbentuk array formula walaupun ndak mega formula, bisa jadi
akan sangat lambat.

Mungkin ada masukan dari BeExceller yang lebih pas dari cerita di atas...
hehehe...

Wassalam,
Kid.

2012/12/3 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>

> Dear Mr. Kid.
> Memang itu permasalahannya. sosialisasi yang sangat melelahkan.
> tapi saya sudah buat dengan VBA (file terlampir, semua data harus di
> simpan di C:\Project Sales). tapi saya rasa masih kurang efektif, karena
> hampir 80 toko yang harus di rekap, jadi masih memakan waktu, walaupun
> terlalu lama seperti copy manual.
> belum lagi karena format yang aneh2, ketika saya beri perintah
> activeworkbook.close untuk file sales ada beberapa yang selalu minta
> confirmasi save.
>
> Mohon Pencerahannya....
>
> Salam,
>
> Jajangms
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 2 Desember 2012 9:55
> *Judul:* Re: [belajar-excel] copy data dari file lain
>
>
> Pak Jajang,
>
> Sebaiknya dibuat sebuah peraturan baku tentang letak data dan bentuk
> (struktur) tabel data. Hal ini memang perlu sosialisasi yang melelahkan dan
> menjemukan pada awalnya, tetapi manfaatnya adalah untuk kepentingan bersama
> sebagai sebuah perusahaan.
>
> Peraturan baku yang cukup sederhana adalah memberi nama range. Semua
> cabang yang mengirimkan file data harus sudah memberi nama range pada tabel
> datanya. Jika belum ada nama rangenya, maka file dikembalikan dan
> dinyatakan belum mengirim data.
> Nama range dibuat tetap misal bernama _Sales_
> Setiap cabang disosialisasikan cara membuat nama range, atau dibuat sebuah
> SOP untuk membuat nama range.
>
> Peraturan baku lainnya yang lebih baik adalah selalu meletakkan tabel data
> mulai A1 sebagai header kolom pertamanya.
> Kolom pertama sebaiknya adalah kode Cabang. Kolom selanjutnya adalah data
> milik cabang.
>
> Tujuan peraturan baku seperti di atas adalah untuk memastikan posisi data.
> Dengan pastinya posisi data, maka formula bisa dibuat dengan lebih mudah.
> Setelah seluruh data cabang sampai di kantor pusat dan akan diolah, bisa
> dilakukan penggabungan data menjadi sebuah sheet yang orientasinya vertikal.
> Hal ini memang tidak harus dilakukan, karena posisi data yang konsisten
> sudah bisa diolah dengan formula. Meski demikian, sebaiknya penggabungan
> data ini tetap dilakukan. Tentu saja hal ini membutuhkan pemrograman. VBA
> bisa digunakan untuk hal ini.
>
> Ketika sudah membahas tentang VBA, maka sebenarnya posisi data setiap file
> cabang bisa tidak tetap, tetapi strukturnya harus tetap. Misal harus ada
> kolom bernama cabang dan membentuk tabel yang baik. Tabel data dikelilingi
> oleh cell-cell kosong (baris atas tabel kosong, baris dibawah tabel kosong,
> kolom dikiri tabel kosong, kolom dikanan tabel kosong). Hal ini akan
> memudahkan pengembangan selanjutnya, misal jika kolomnya bertambah. Jika
> kolomnya tetap sepanjang masa atau bersedia ribet mengubah script program
> kembali ketika ada pengubahan jumlah kolom data, maka ndak perlu ada
> cell-cell kosong seperti itu.
>
> Syarat minimal untuk menggunakan VBA adalah :
> 1. Mau mempelajari Excel
> 2. Mau mempelajari VBA (ndak terima jadi)
> 3. bersungguh-sungguh
> (untung gak ada syarat ipk minimal 1.5)
>
> hehehe...
> kira-kira Bapak mau pakai opsi mana nih ?
> Membuat aturan baku atau langsung belajar VBA ? Atau mau jadinya saja ?
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2012/12/2 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Dear para Suhu,
>
> Mhon bantuannya cara untuk look up data di file Data Master.xls yang mana
> sumber data nya dari file 115.xls, 360.xls, 820.xls (file terlampir). Saya
> tidak bisa menggunakan fungtion v-lookup karena file sumber kemungkinan
> posisi cell nya berbeda setiap ada data baru.
>
>
> Salam,
>
>
> Jajang ms
>
>
>
>
>
>

Mon Dec 3, 2012 10:30 pm (PST) . Posted by:

"jajang muhammad siddik" jajang_ms

Master Kid

Wah top banget file yang dikirimkan nya, maklum ilmu VBA saya belum sampe ke situ
Setelah sedikit merevisi file yang udah dikirim, data nya akhirnya bisa di rekap dengan sempurna.
maklum, cabang yang harus di rekap cukup banyak, hampir 80 cabang. tapi alhamdullilah tidak ada kendala.

Wah kayaknya saya harus memperdalam ilmu vba nya lagi ni...

Salam,

jajang

Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Senin, 3 Desember 2012 16:51
>Judul: Re: [belajar-excel] copy data dari file lain
>
>

>Pak Jajang,
>
>Mohon tidak cc ke alamat lain lagi ya.
>
>"saya sudah buat dengan VBA (file terlampir, semua data harus di simpan
di C:\Project Sales). tapi saya rasa masih kurang efektif, karena hampir 80 toko yang harus di rekap, jadi masih memakan waktu, walaupun terlalu lama seperti copy manual."
>>> VBA digunakan untuk menggabungkan seluruh data membentuk sebuah tabel. Prosesnya memang melakukan Copy Paste data. Saya rasa 34 detik untuk 144 files sudah cukup bagus.
>
>"belum lagi karena format yang aneh2, ketika saya beri perintah
activeworkbook.close untuk file sales ada beberapa yang selalu minta
confirmasi save."
>>> Format yang bervariasi tidak berkaitan dengan selalu minta konfirmasi untuk save. Adanya isi file yang berubah yang membuat munculnya konfirmasi save saat akan ditutup. Methods Close pada object Workbook memiliki input parameter status akan  di-save atau tidak. Ketika input parameter tersebut diisi False, maka seluruh proses meminta konfirmasi save akan diabaikan.
>   activeworkbook.close FALSE
>
>Coba file terlampir. Letakkan bersama file-file data dari cabang.
>
>fyi,
>- Formula merujuk ke suatu posisi cell. Jika posisi cell berubah-ubah, maka butuh formula untuk menentukan posisi tersebut lebih dulu. Setelah itu butuh formula untuk merujuk ke semua area data diposisi yang ditemukan tersebut. Kemudian proses komputasi terhadap nilai-nilai data bisa dilakukan. Artinya butuh setidaknya 3 proses.
>- Formula merujuk range di sheet lain dalam workbook yang sama lebih lama daripada merujuk ke range pada sheet yang sama.
>- Formula merujuk ke file lain butuh lebih lama daripada merujuk ke file yang sama.
>Jadi, merujuk ke file lain yang posisinya berubah-ubah dengan formula yang bisa jadi berbentuk array formula walaupun ndak mega formula, bisa jadi akan sangat lambat.
>
>Mungkin ada masukan dari BeExceller yang lebih pas dari cerita di atas... hehehe...
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>2012/12/3 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>
>
>Dear Mr. Kid.
Memang itu permasalahannya. sosialisasi yang sangat melelahkan.
>>tapi saya sudah buat dengan VBA (file terlampir, semua data harus di simpan di C:\Project Sales). tapi saya rasa masih kurang efektif, karena hampir 80 toko yang harus di rekap, jadi masih memakan waktu, walaupun terlalu lama seperti copy manual.
>>belum lagi karena format yang aneh2, ketika saya beri perintah activeworkbook.close untuk file sales ada beberapa yang selalu minta confirmasi save.
>>
>>Mohon Pencerahannya....
>>
>>Salam,
>>
>>Jajangms
>>
>>
>>
>>
>>
>>>________________________________
>>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Dikirim: Minggu, 2 Desember 2012 9:55
>>>Judul: Re: [belajar-excel] copy data dari file lain
>>>
>>>
>>> 
>>>Pak Jajang,
>>>
>>>Sebaiknya dibuat sebuah peraturan baku tentang letak data dan bentuk (struktur) tabel data. Hal ini memang perlu sosialisasi yang melelahkan dan menjemukan pada awalnya, tetapi manfaatnya adalah untuk kepentingan bersama sebagai sebuah perusahaan.
>>>
>>>Peraturan baku yang cukup sederhana adalah memberi nama range. Semua cabang yang mengirimkan file data harus sudah memberi nama range pada tabel datanya. Jika belum ada nama rangenya, maka file dikembalikan dan dinyatakan belum mengirim data.
>>>Nama range dibuat tetap misal bernama _Sales_
>>>Setiap cabang disosialisasikan cara membuat nama range, atau dibuat sebuah SOP untuk membuat nama range.
>>>
>>>Peraturan baku lainnya yang lebih baik adalah selalu meletakkan tabel data mulai A1 sebagai header kolom pertamanya.
>>>Kolom pertama sebaiknya adalah kode Cabang. Kolom selanjutnya adalah data milik cabang.
>>>
>>>Tujuan peraturan baku seperti di atas adalah untuk memastikan posisi data. Dengan pastinya posisi data, maka formula bisa dibuat dengan lebih mudah.
>>>Setelah seluruh data cabang sampai di kantor pusat dan akan diolah, bisa dilakukan penggabungan data menjadi sebuah sheet yang orientasinya vertikal.
>>>Hal ini memang tidak harus dilakukan, karena posisi data yang konsisten sudah bisa diolah dengan formula. Meski demikian, sebaiknya penggabungan data ini tetap dilakukan. Tentu saja hal ini membutuhkan pemrograman. VBA bisa digunakan untuk hal ini.
>>>
>>>Ketika sudah membahas tentang VBA, maka sebenarnya posisi data setiap file cabang bisa tidak tetap, tetapi strukturnya harus tetap. Misal harus ada kolom bernama cabang dan membentuk tabel yang baik. Tabel data dikelilingi oleh cell-cell kosong (baris atas tabel kosong, baris dibawah tabel kosong, kolom dikiri tabel kosong, kolom dikanan tabel kosong). Hal ini akan memudahkan pengembangan selanjutnya, misal jika kolomnya bertambah. Jika kolomnya tetap sepanjang masa atau bersedia ribet mengubah script program kembali ketika ada pengubahan jumlah kolom data, maka ndak perlu ada cell-cell kosong seperti itu.
>>>
>>>Syarat minimal untuk menggunakan VBA adalah :
>>>1. Mau mempelajari Excel
>>>2. Mau mempelajari VBA (ndak terima jadi)
>>>3. bersungguh-sungguh
>>>(untung gak ada syarat ipk minimal 1.5)
>>>
>>>hehehe...
>>>kira-kira Bapak mau pakai opsi mana nih ?
>>>Membuat aturan baku atau langsung belajar VBA ? Atau mau jadinya saja ?
>>>
>>>Wassalam,
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2012/12/2 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>
>>>
>>>
>>>> 
>>>>Dear para Suhu,
>>>>
>>>>
>>>>Mhon bantuannya cara untuk look up data di file Data Master.xls yang mana sumber data nya dari file 115.xls, 360.xls, 820.xls (file terlampir). Saya tidak bisa menggunakan fungtion v-lookup karena file sumber kemungkinan posisi cell nya berbeda setiap ada data baru.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>Salam,
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>Jajang ms
>>>
>>>
>>>
>
>
>
>

Mon Dec 3, 2012 4:14 pm (PST) . Posted by:

"him mah"

Assalamualaikum Wr. Wb.

maaf, mau tanya lagi

misal dalam suatu file excel itu ada sheet yang terfilter (auto
filter), kemudian bagaimana caranya agar sheet-sheet yang terfilter
itu menjadi tidak terfilter

terima kasih

Mon Dec 3, 2012 4:28 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Him,

Autofilter di turnoff akan menghilangkan efek autofilter.
Vba:
Sheets(sNamaSheet).autofiltermode=false

Wassalam,
Kid.
On Dec 4, 2012 7:14 AM, "him mah" <himmah.mlg@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> Assalamualaikum Wr. Wb.
>
> maaf, mau tanya lagi
>
> misal dalam suatu file excel itu ada sheet yang terfilter (auto
> filter), kemudian bagaimana caranya agar sheet-sheet yang terfilter
> itu menjadi tidak terfilter
>
> terima kasih
>
>

Mon Dec 3, 2012 5:48 pm (PST) . Posted by:

"him mah"

iya, makasih pak Kid sudah bisa, kemarin saya browsing sudah ketemu
tapi ketika saya jalankan ngga berhasil, filternya tetap muncul

Pada tanggal 04/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> Pak Him,
>
> Autofilter di turnoff akan menghilangkan efek autofilter.
> Vba:
> Sheets(sNamaSheet).autofiltermode=false
>
> Wassalam,
> Kid.
> On Dec 4, 2012 7:14 AM, "him mah" <himmah.mlg@gmail.com> wrote:
>
>> **
>>
>>
>> Assalamualaikum Wr. Wb.
>>
>> maaf, mau tanya lagi
>>
>> misal dalam suatu file excel itu ada sheet yang terfilter (auto
>> filter), kemudian bagaimana caranya agar sheet-sheet yang terfilter
>> itu menjadi tidak terfilter
>>
>> terima kasih
>>
>>
>

Mon Dec 3, 2012 8:43 pm (PST) . Posted by:

"hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80

Dear all
Adakah yg bisa mengajakan kepada saya, bagaimana proses rekam makro untuk transpose
Terima kasih
Salam
Tiny

Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: Hartini FIN <hartini.fin@bukitmakmur.com>
Date: Tue, 4 Dec 2012 04:28:07
To: hartini_80@yahoo.co.id<hartini_80@yahoo.co.id>
Subject: Emailing: rekam macro transpose


Your message is ready to be sent with the following file or link attachments:

rekam macro transpose


Note: To protect against computer viruses, e-mail programs may prevent sending or receiving certain types of file attachments. Check your e-mail security settings to determine how attachments are handled.
CONFIDENTIAL NOTE: The information contained in this email is intended only for the use of the individual or entity named above and may contain information that is privileged, confidential and exempt from disclosure under applicable law. If the reader of this message is not the intended recipient, you are hereby notified that any dissemination, distribution or copying of this communication is strictly prohibited. If you have received this message in error, please immediately notify the sender and delete the mail. Thank you.

Mon Dec 3, 2012 9:50 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear mbak Tini,

1. sebelumnya bisakah dibantu dengan beberapa baris data yang diinginkan di
sheet rekap pph 23, karena tidak semua member millis bekerja di bidang yang
sama dengan mbak Tini.

2. untuk isian di sheet Form Isi 2 cell N23, yang dimaksud kolom 17 itu
cell yang mana ya?

maaf, bertanya tanpa urun solusi :D

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-
*kelihatannya untuk kasus ini teknik rekam macro akan lebih sulit
dibandingkan dengan menulis script langsung di VBE*

2012/12/4 <hartini_80@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear all
> Adakah yg bisa mengajakan kepada saya, bagaimana proses rekam makro untuk
> transpose
> Terima kasih
> Salam
> Tiny
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>
> -----Original Message-----
> From: Hartini FIN <hartini.fin@bukitmakmur.com>
> Date: Tue, 4 Dec 2012 04:28:07
> To: hartini_80@yahoo.co.id<hartini_80@yahoo.co.id>
> Subject: Emailing: rekam macro transpose
>
>
> Your message is ready to be sent with the following file or link
> attachments:
>
> rekam macro transpose
>
>
> Note: To protect against computer viruses, e-mail programs may prevent
> sending or receiving certain types of file attachments. Check your e-mail
> security settings to determine how attachments are handled.
> CONFIDENTIAL NOTE: The information contained in this email is intended
> only for the use of the individual or entity named above and may contain
> information that is privileged, confidential and exempt from disclosure
> under applicable law. If the reader of this message is not the intended
> recipient, you are hereby notified that any dissemination, distribution or
> copying of this communication is strictly prohibited. If you have received
> this message in error, please immediately notify the sender and delete the
> mail. Thank you.
>
>
>

Mon Dec 3, 2012 9:09 pm (PST) . Posted by:

"a.hafidz@yahoo.co.id" a.hafidz

Dear all master be-excel,

Selamat siang, maaf mengganggu jam istirahatnya yah....

Mohon infonya mengenai case berikut :
Bagaimana cara mengembalikan isi file excel yg hilang/terhapus tanpa bantuan software ?

Trims.
hafidz.
Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar