Sabtu, 08 Desember 2012

[belajar-excel] Digest Number 1956

11 New Messages

Digest #1956
1a
Re: group by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
1b
Fw: [belajar-excel] group by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2a
membuat tombol filter by "Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com
2b
2c
Bls: [belajar-excel] membuat tombol filter by "Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com
3a
Menghitung waktu Kerja by "agung.widodo01@id.panasonic.com" aghoenx1
3b
3c
Re: Menghitung waktu Kerja by "agung.widodo01@id.panasonic.com" aghoenx1
4a
Deadline by "Wahyudi Febrian"
4b
Re: Deadline by "Jan Raisin"

Messages

Fri Dec 7, 2012 6:11 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Saya coba macro versi pemula (bermain2 di range), versi canggihnya kita serahkan ke Mr. Kid, Ms. Jan dan para pakar lainnya.
Macronya seperti ini :
Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As Boolean)
    Dim a As String
    Dim b As String
    r = 13
    For i = 2 To 10
        a = Sheet1.Range("A" & i) & Sheet1.Range("B" & i) & Sheet1.Range("C" & i)
        b = Sheet1.Range("A" & i + 1) & Sheet1.Range("B" & i + 1) & Sheet1.Range("C" & i + 1)
        If b <> a Then
            Sheet1.Range("A" & i + 1).Resize(, 3).Copy Range("A" & r + 1)
        Else
            Range("A" & r + 1) = ""
            r = r - 1
        End If
        Sheet1.Range("A" & i + 1).Select
        r = r + 1
    Next i
End Sub

Semoga dapat menjadi masukan bagi rekan2 yang baru mau belajar macro.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 7 December 2012, 20:33
Subject: Re: [belajar-excel] group


 
ms Jan, pinjem filenya yang dari Pak Bagus ya...

Coba file terlampir.
Formula yang agak beda dengan formula Pak Bagus dan fitur pivot table.

Kita tunggu bersama-sama solusi dengan VBA.           :)

Wassalam,
Kid.

2012/12/7 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>


>Dear pak Bagus, pinjam filenya ya :D
>
>
>pak Ihsan, coba lihat file terlampir dengan memanfaatkan Advanced Filter
>
>
>btw, semoga ada member yang bersedia menambahkan solusi dengan memanfaatkan Pivot Table, formula, atau cara yang lain agar millis ini semakin ramai. karena Jan yakin bahwa banyak member yang bisa memberikan solusi-solusi jitu tapi masih malu-malu.
>
>
>Best Regard,
>
>
>-Ms. Jan Raisin-
>
>
>Pada 7 Desember 2012 15:19, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:
>
>
>
>> 
>>
>>Dear Pak Ihsan;
>> 
>>File terlampir semoga sesuai harapan
>> 
>>Bagus
>> 
>>----- Original Message -----
>>>From: IHSAN NURDIN
>>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Sent: Friday, December 07, 2012 2:05 PM
>>>Subject: [belajar-excel] group
>>>
>>> 
>>>Rekan milis. Mohon bantuan nya. Saya punya permasalahan, data nya sbb :
>>>
>>>
>>>Nomor induk                  Nama                    Tgl msk
>>>10                                    Ira                        23/10/12
>>>11                                   Ari                       23/10/12
>>>11                                    Ari                       23/10/12
>>>12                                   Adi                      23/10/12
>>>13                                   Adu                     23/10/12
>>>14                                   Ika                       23/10/12
>>>14                                   Ika                       23/10/12
>>>14                                   Ika                       23/10/12
>>>
>>>
>>>Saya akan groupkan Nomor induk tp hasilnya setiap Nomor induk yg sama mengeluarkan nilai 1 atau terhitung 1 saja.Jd untuk data di atas ada 5 orang yg masuk kerja pd tanggal 23/10/12. Tk banyak seblmnya rekan milis.
>>>
>>>
>>>
>>>salam excel.
>>>

Fri Dec 7, 2012 8:07 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Ada 2 kondisi yang perlu diperhatikan:
- Judul harus dibuat terlebih dahulu
- Data sudah disortir (seperti contoh)

Sebagai bahan latihan, coba modifikasi (gabungkan, tambahkan, ubah dan non aktifkan) Code berwarna merah

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, 8 December 2012, 9:11
Subject: Re: [belajar-excel] group


 
Saya coba macro versi pemula (bermain2 di range), versi canggihnya kita serahkan ke Mr. Kid, Ms. Jan dan para pakar lainnya.
Macronya seperti ini :
Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As Boolean)
    Dim a As String
    Dim b As String
   Dim r as Integer, i as Integer
    r = 13
    For i = 2 To 10
        a = Sheet1.Range("A" & i) & Sheet1.Range("B" & i) & Sheet1.Range("C" & i)
        b = Sheet1.Range("A" & i + 1) & Sheet1.Range("B" & i + 1) & Sheet1.Range("C" & i + 1)
        If b <> a Then
           
Sheet1.Range("A" & i + 1).Resize(, 3).Copy Range("A" & r + 1)
        Else
            Range("A" & r + 1) = ""
            r = r - 1
        End If
        Sheet1.Range("A" & i + 1).Select
        r = r + 1
    Next i
End Sub

Semoga dapat menjadi masukan bagi rekan2 yang baru mau belajar macro.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 7 December 2012, 20:33
Subject: Re: [belajar-excel] group


 
ms Jan, pinjem filenya yang dari Pak Bagus ya...

Coba file terlampir.
Formula yang agak beda dengan formula Pak Bagus dan fitur pivot table.

Kita tunggu bersama-sama solusi dengan VBA.           :)

Wassalam,
Kid.

2012/12/7 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>


>Dear pak Bagus, pinjam filenya ya :D
>
>
>pak Ihsan, coba lihat file terlampir dengan memanfaatkan Advanced Filter
>
>
>btw, semoga ada member yang bersedia menambahkan solusi dengan memanfaatkan Pivot Table, formula, atau cara yang lain agar millis ini semakin ramai. karena Jan yakin bahwa banyak member yang bisa memberikan solusi-solusi jitu tapi masih malu-malu.
>
>
>Best Regard,
>
>
>-Ms. Jan Raisin-
>
>
>Pada 7 Desember 2012 15:19, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:
>
>
>
>> 
>>
>>Dear Pak Ihsan;
>> 
>>File terlampir semoga sesuai harapan
>> 
>>Bagus
>> 
>>----- Original Message -----
>>>From: IHSAN NURDIN
>>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Sent: Friday, December 07, 2012 2:05 PM
>>>Subject: [belajar-excel] group
>>>
>>> 
>>>Rekan milis. Mohon bantuan nya. Saya punya permasalahan, data nya sbb :
>>>
>>>
>>>Nomor induk                  Nama                    Tgl msk
>>>10                                    Ira                        23/10/12
>>>11                                   Ari                       23/10/12
>>>11                                    Ari                       23/10/12
>>>12                                   Adi                      23/10/12
>>>13                                   Adu                     23/10/12
>>>14                                   Ika                       23/10/12
>>>14                                   Ika                       23/10/12
>>>14                                   Ika                       23/10/12
>>>
>>>
>>>Saya akan groupkan Nomor induk tp hasilnya setiap Nomor induk yg sama mengeluarkan nilai 1 atau terhitung 1 saja.Jd untuk data di atas ada 5 orang yg masuk kerja pd tanggal 23/10/12. Tk banyak seblmnya rekan milis.
>>>
>>>
>>>
>>>salam excel.
>>>

Fri Dec 7, 2012 6:33 pm (PST) . Posted by:

"Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com



Dear BeExceler,
sy mw bertanya apakah penggunaan tombol filter tabel yang difilter harus sesuai dgn tabel dalam hasil filternya?
misal tabel yang dikehendaki untk difilter meliputi no induk, tanggal, nama, alamat, bunga, denda, serta besaran pokok, dsb sedangkan hasil yang difilter yang dibutuhkan hanya
tanggal, bunga, denda, serta besaran pokok...
untuk lebih jelasnya file sy lampirkan
bgmn solusinya?

Terima kasih sebelumnya...

Fri Dec 7, 2012 11:57 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear sis Debora,

jika menggunakan fungsi filter bawaan excel tentu saja hasil filter dengan
tabel asal akan memiliki header yang sama, tetapi jika menggunakan formula
atau memanfaatkan Pivot table atau disusun menggunakan vba tentu hasilnya
bisa suka-suka usernya.

nah, sekarang mengenai sampel yang sista lampirkan, Jan masih belum begitu
paham apakah area yang diberi warna hijau di atas itu digunakan untuk
kriteria filter atau sebagai area input data, lalu tombol dengan nama
"Button 8" itu untuk apa ya?

coba sista lampirkan lagi file yang berisi data dummy yang akan difilter,
dan hasil filter yang diinginkan, dengan penjelasan: yang ini mau difilter
dengan syarat begini dan yang itu mau difilter dengan syarat begitu.

semoga nanti banyak member millis ini yang bersedia berbagi solusi, dalam
bayangan Jan solusinya nanti akan bervariasi, mulai dari formula, Pivot
table, atau mungkin juga ada yang menawarkan dengan VBA.

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 8 Desember 2012 09:28, Debora Christy
<debora.christy@rocketmail.com>menulis:

> **
>
>
>
> Dear *BeExceler, *
> sy mw bertanya apakah penggunaan tombol filter tabel yang difilter harus
> sesuai dgn tabel dalam hasil filternya?
> misal tabel yang dikehendaki untk difilter meliputi no induk, tanggal,
> nama, alamat, bunga, denda, serta besaran pokok, dsb sedangkan hasil yang
> difilter yang dibutuhkan hanya
> tanggal, bunga, denda, serta besaran pokok...
> untuk lebih jelasnya file sy lampirkan
> bgmn solusinya?
>
> Terima kasih sebelumnya...
>
>

Sat Dec 8, 2012 2:08 am (PST) . Posted by:

"Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com

Dear sis Jen...
sudah sy lampirkan file yang sy perbarui...
saya jg sertakan contoh perhitungan yang sy maksud...
terima kasih sebelumnya...

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 8 Desember 2012 14:57
Judul: Re: [belajar-excel] membuat tombol filter


 
Dear sis Debora,

jika menggunakan fungsi filter bawaan excel tentu saja hasil filter dengan tabel asal akan memiliki header yang sama, tetapi jika menggunakan formula atau memanfaatkan Pivot table atau disusun menggunakan vba tentu hasilnya bisa suka-suka usernya.

nah, sekarang mengenai sampel yang sista lampirkan, Jan masih belum begitu paham apakah area yang diberi warna hijau di atas itu digunakan untuk kriteria filter atau sebagai area input data, lalu tombol dengan nama "Button 8" itu untuk apa ya?

coba sista lampirkan lagi file yang berisi data dummy yang akan difilter, dan hasil filter yang diinginkan, dengan penjelasan: yang ini mau difilter dengan syarat begini dan yang itu mau difilter dengan syarat begitu.

semoga nanti banyak member millis ini yang bersedia berbagi solusi, dalam bayangan Jan solusinya nanti akan bervariasi, mulai dari formula, Pivot table, atau mungkin juga ada yang menawarkan dengan VBA.

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 8 Desember 2012 09:28, Debora Christy <debora.christy@rocketmail.com> menulis:


>
>
>Dear BeExceler,
>sy mw bertanya apakah penggunaan tombol filter tabel yang difilter harus sesuai dgn tabel dalam hasil filternya?
>misal tabel yang dikehendaki untk difilter meliputi no induk, tanggal, nama, alamat, bunga, denda, serta besaran pokok, dsb sedangkan hasil yang difilter yang dibutuhkan hanya
>tanggal, bunga, denda, serta besaran pokok...
>untuk lebih jelasnya file sy
lampirkan
>bgmn solusinya?
>
>Terima kasih sebelumnya...
>
>

Fri Dec 7, 2012 7:11 pm (PST) . Posted by:

"agung.widodo01@id.panasonic.com" aghoenx1

Rekans belajar Excel,

Bagaimana mengetahui jumlah waktu kerja bersih dengan catatan;

1. Jam Mulai Kerja berubah-ubah,(tergantung persiapan pekerjaan)
2. Jam selesai berubah-ubah (tergantung banyaknya pekerjaan)
3. Jam kerja tidak termasuk jam istirahat dibawah ini
4. Jam kerja selalu dikurangi istirahat pada:
* 9:30 - 9:40 istirahat 10 menit
* 12:00 - 12: 40 istirahat 40 menit
* 15:40 -16:00 istirahat 20 menit
Terimakasih atas bantuannya

Agung Widodo

Fri Dec 7, 2012 10:40 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear pak Agung,

misal:
A1 = jam masuk
B1 = jam pulang
C1 = total waktu istirahat (70 menit, ditulis 1:10 yang artinya 1 jam 10
menit)

asumsi jam masuk sebelum jam 09:30 dan jam pulang setelah jam 16:00
maka waktu kerja bersih =B1 - A1 - C1

semoga sesuai dengan yang yang diharapkan.

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 8 Desember 2012 10:11, <agung.widodo01@id.panasonic.com> menulis:

> **
>
>
> Rekans belajar Excel,****
>
> ** **
>
> Bagaimana mengetahui jumlah waktu kerja bersih dengan catatan;****
>
> ** **
>
> 1. Jam Mulai Kerja berubah-ubah,(tergantung persiapan pekerjaan)****
> 2. Jam selesai berubah-ubah (tergantung banyaknya pekerjaan)****
> 3. Jam kerja tidak termasuk jam istirahat dibawah ini****
> 4. Jam kerja selalu dikurangi istirahat pada:****
> 1. 9:30 � 9:40 istirahat 10 menit****
> 2. 12:00 � 12: 40 istirahat 40 menit****
> 3. 15:40 -16:00 istirahat 20 menit****
>
> Terimakasih atas bantuannya****
>
> ** **
>
> Agung Widodo****
>
>
>

Sat Dec 8, 2012 2:08 am (PST) . Posted by:

"agung.widodo01@id.panasonic.com" aghoenx1

Sdr Jan..

Bila jam normal mungkin kondisinya akan baik-baik saja dengan formula jam pulang dikurangi jam masuk dikurangi lagi lamanya jam istirahat

Jam Masuk kerja memang pagi sebelum break istirahat pertama dan pulang sore hari
(belum saya kembangkan untuk yang shift malam)

Namun ini adalah penghitungan waktu yang dibutuhkan dalam tiap penyelesaian pekerjaan (ganti model produk)
yang jam awalnya tidak selalu dimulai pagi dan selesai pada sore saat pulang.

Kadang dimulai jam 10:00 selesai jam 13: 00
Kadang dimulai jam 13:00 selesai jam 16:15 misalnya

A B C
Job Mulai Selesai Waktu Bersih
1 7:30 10:00 2:40 (karena ada break 10 menit jam 9:30)
2 10:00 13:00 ?(apa formulanya di C?)
3 13:00 16:15 ?

Terimakasih untuk yang membantu berfikir
Semoga dengan membantu persoalan ini, persoalan hidup anda diringankanNya, Amin.

Wasalam
AgungW
________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Jan Raisin
Sent: Saturday, December 08, 2012 1:40 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung waktu Kerja

Dear pak Agung,

misal:
A1 = jam masuk
B1 = jam pulang
C1 = total waktu istirahat (70 menit, ditulis 1:10 yang artinya 1 jam 10 menit)

asumsi jam masuk sebelum jam 09:30 dan jam pulang setelah jam 16:00
maka waktu kerja bersih =B1 - A1 - C1

semoga sesuai dengan yang yang diharapkan.

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-
Pada 8 Desember 2012 10:11, <agung.widodo01@id.panasonic.com<mailto:agung.widodo01@id.panasonic.com>> menulis:

Rekans belajar Excel,

Bagaimana mengetahui jumlah waktu kerja bersih dengan catatan;

1. Jam Mulai Kerja berubah-ubah,(tergantung persiapan pekerjaan)
2. Jam selesai berubah-ubah (tergantung banyaknya pekerjaan)
3. Jam kerja tidak termasuk jam istirahat dibawah ini
4. Jam kerja selalu dikurangi istirahat pada:

* 9:30 - 9:40 istirahat 10 menit
* 12:00 - 12: 40 istirahat 40 menit
* 15:40 -16:00 istirahat 20 menit
Terimakasih atas bantuannya

Agung Widodo

Fri Dec 7, 2012 8:42 pm (PST) . Posted by:

"Wahyudi Febrian"

Dear All Master,

Mohon bantuannya untuk rumus permasalahan terlampir.

Ditunggu slalu advicenya.. J

Rgds,

Febri

Fri Dec 7, 2012 10:50 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear pak Febri,

coba gunakan fungsi If dan Max
fungsi Max digunakan untuk mencari tanggal terbesar dari Dead Line, jika
kosong maka akan dianggap 0 (tanggal 00-01-1900 pada sistem normal atau
01-01-1904 jika menggunakan sistem 1904)

formulamya pada cell F4 sbb:

=If(E4<Max(A4:D4),"< Dead Line",If(E4=Max(A4:D4);"= Dead Line","> Dead
Line"))

yang dimerahin adalah fungsi pencarian tanggal terbesar/tanggal paling muda
dari date line

semoga sesuai dengan harapan.

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 8 Desember 2012 11:41, Wahyudi Febrian <wahyudi.febrian@cpp.co.id>menulis:

> **
>
>
> Dear All Master,****
>
> Mohon bantuannya untuk rumus permasalahan terlampir.****
>
> Ditunggu slalu advicenya.. J****
>
> ** **
>
> Rgds,****
>
> *Febri*
>
>
> __________ Information from ESET NOD32 Antivirus, version of virus
> signature database 7710 (20121120) __________
>
> The message was checked by ESET NOD32 Antivirus.
>
> http://www.eset.com
>
>
>

Sat Dec 8, 2012 6:57 am (PST) . Posted by:

"Harry" hariansyahptk

Dear BeExceller,

Mohon informasi dari rekan-rekan BeExceller akan situasi yang saya hadapi pada UserForm yang telah saya buat.

Pada UserForm tersebut, memiliki 3 pilihan penginputan yaitu: Input, Edit dan Hapus. Karena muara proses penginputan, pengeditan dan penghapusan menggunakan file database yang berbeda yang bersifat buka tutup file database dan digunakan oleh banyak PC yang menggunaka file database tersebut, maka timbul kendala yaitu ada user (PC) yang mungkin lupa atau kelamaan untuk menutup / meng-click tombol "SAVE" atau "CLOSE"  sehingga mengakibatkan PC lain tidak bisa melakukan proses yang seharusnya dilakukan. Karena untuk dapat melakukan proses penginputan, file database harus dalam keadaan terbuka pada PC yang bersangkutan..

Pertanyaan saya adalah; Bagaimana caranya jika salah satu PC yang sedang melakukan penginputan / pengeditan / penghapusan data, yang mengaktifkan tombol UserForm tetapi untuk finishingnya (click tombol "SAVE" atau tombol "CLOSE" dalam jangka waktu maksimal 5 menit, otomatis UserForm tersebut tertutup dengan sendirinya tanpa adanya proses pengiriman data ke file database.

Lebih lanjut membahas mengenai kendala penginputan dengan menggunakan metode buka tutup file database, sebenarnya Mr. Kid telah memberikan contoh penginputan yang tidak perlu menggunakan metode buka tutup database (sebagaimana contoh terlampir - dngConnectingString pada file (Excel) yang beda folder). Tetapi hal tersebut sulit buat saya untuk melakukan pengeditan dan penghapusan karena code rumusnya yang saya belum mengerti (tidak tahu) apalagi pada Workbook yang sudah saya buat menggunakan fitur Lbl_User, DTPicker dan ComboBox dari file Master dan file database.

Oleh sebab itu, mohon kiranya rekan-rekan BeExceller dapat memberikan solusi akan hal tersebut.
Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalam,

Harry
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar