Minggu, 09 Desember 2012

[belajar-excel] Digest Number 1959

15 New Messages

Digest #1959
2a
Re: group by "sumardiana596@gmail.com" hekerkampoeng
2b
Re: group by "IHSAN NURDIN" ihsanmn
2c
Re: group by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3a
Re: Format Pivot by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
Re: Format Pivot by "jessicapermata@yahoo.com" jessicapermata
4a
Re: Menghitung waktu Kerja by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4b
Re: Menghitung waktu Kerja by "agung.widodo01@id.panasonic.com" aghoenx1
5a
Re: Deadline by "Wahyudi Febrian"
6a
7
tombol macros view dan visual basic tidak aktif by "Contract Mining Assistant, Asam-Asam"
8
Fungsi terbilang by "heru mulyono"
9a
Run VBA Lama dan Berakhir Eror by "Winda Miranti" winda_1504
10a
Re: Format Cell menggunakan tabel referensi by "odhyz83_assasaky@yahoo.com" odhyz83_assasaky

Messages

Sun Dec 9, 2012 10:34 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

1. Untuk isi kolom Date dan Time berdasar kolom Start time (kolom A) data
mulai baris 2.
'deklarasi variabel
dim rng as range
dim lRec as long

'init area data beserta jumlah record
set rng=range("a1").currentregion
lrec=rng.rows.count-1

'cek ada data
if lrec<1 then
exit sub 'gak ada maka keluar
endif

'pisahkan date dan time dengan formula
'pada kolom A, mulai baris 2 (offset 1), sebanyak baris lrec, sebanyak 1
kolom
'hasilnya A2:A baris data terakhir kalau tabelnya rapat
with rng.offset(1).resize(lrec,1)
.offset(0,1).formula="=int(a2)" 'formula date di kolom B mulai baris
2 -> offset 1 kolom ke kanan dari A
.offset(0,2).formula="=mod(a2,1)" 'formula time di kolom C mulai baris
2 -> offset 2 kolom ke kanan dari A
.parent.calculate 'calculate sheet
.offset(0,1).resize(,2).value=.offset(0,1).resize(,2).value
'di-values-ken
end with

2. sort descending kolom TCH Traffic (kolom J)
range("a1").currentregion.sort
range("j1"),xldescending,header:=xlyes,orientation:=xlsortcolumns

3. remove duplicate pada xl2007 ke atas dengan fitur remove duplicate
berdasar banyak kolom
> berdasar gambar :
- tabel punya header
- kriteria 1 : kolom Date (kolom B = kolom ke-2 dalam tabel -> bukan
dalam sheet)
- kriteria 2 : kolom NE (kolom E = kolom ke-5 dalam tabel -> bukan dalam
sheet)
- kriteria 3 : kolom CE (kolom F = kolom ke-6 dalam tabel -> bukan dalam
sheet)
range("a1").currentregion.removeduplicates array(2,5,6) , xlyes

Silakan disusun alur prosesnya hingga menjadi sebuah prosedur. Jika
prosedur diletakkan pada sebuah module dengan scope public, panggil
prosedur melalui sebuah shape yang di-assign macro ke nama prosedur proses.
Bisa juga dengan memanfaatkan activex controls yang isinya memanggil nama
prosedur proses. Melalui shortcut juga bisa, misal ALT F8 -> pilih nama
prosedur.

Wassalam,
Kid.

2012/12/9 cindhi dwi <cindhi.nouvie@yahoo.com>

> Aslm
>
> Mas-ter dan Mba-Ter excel,
>
> Saya mau tanya nii mas bro, mba sist,
>
> Jadi, saya mau memisahkan tanggal dan waktu yang nantinya jadi seperti ini.
>
> [image: Inline image 2]
>
> Tapi pake macro excel,, trus nantinya akan disort Descending (dari besar
> ke kecil) di kolom TCH Traffic dan key untuk di remove duplicate yg terdiri
> dari date&NE&CE seperti pada gambar (file terlampir)
>
> [image: Inline image 3]
>
> Saya nyoba pake record macro. Tapi pas dirunning, masih nge-debug dan
> untuk remove duplicate terbatas.. Jadi klo misalnya jumlah datanya
> bertambah dia ga ke remove duplicate smua..
>
> Mohon bantuannya ya mas dan mba :)
>
> need help :(
>
> --
> Thanks,*
>
> Regards,
>
>
> Cindhi Dwi Novita*
>
>
>
>
>
>

Sun Dec 9, 2012 10:53 am (PST) . Posted by:

"sumardiana596@gmail.com" hekerkampoeng

Terima kasih banyak Pak Hendrik ,

Berjalan mulussss...kerjaan bisa kelar lebih cepet kalo gini caranya . Jadi
malu nih sama Mr Kid .Terima kasih banyak Mister .

* dlm hati : yo ngene iki lhooo enake duwe guru pinter-pinter , wis diajari
....ngeyel , isih tetep diajari ,manteb tenan.....!!!sambil senyum-senyum
sendiri

Salam
Mardi


-------Original Message-------

From: hendrik karnadi
Date: 10/12/2012 0:30:35
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] group


Kalau datanya memang "tidak boleh diurutkan dulu" barangkali modifikasi
rekaman macro Ms. Jan bisa menjadi solusinya (file terlampir).
Supaya lebih fleksibel anda bias memilih mau dijalankan dari Sheet1 (klik
tombol merah) atau Sheet2 (double click)



Selamat mencoba.


Semoga sesuai kebutuhan.


Salam,
Hendrik Karnadi





From: "sumardiana596@gmail.com" <sumardiana596@gmail.com>
To: Belajar Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, 9 December 2012, 21:33
Subject: Re: [belajar-excel] group




Padahal tak tunggu-tunggu versi penyempurnanya lho Pak....
Daku juga Ada masalah serupa tapi selama ini belum pernah gunakan cara macro
. Aku yakin Pak hendrik bisa...he..he..(ngarepbanget.com) . Atau mungkin Ada
master lainnya yang mau Nggenepin....??

Terima kasih
Mardi



-------Original Message-------

From: hendrikkarnadi
Date: 09/12/2012 21:21:20
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] group

Memang bisanya baru sampai di situ pak


Salam,
Hendrik Karnadi








Sun Dec 9, 2012 4:30 pm (PST) . Posted by:

"IHSAN NURDIN" ihsanmn

TK banyak sekali rekan2 milis yang sudah membantu. Saya tak menyangka kl jawabannya bisa banyak.

salam excel.

________________________________
From: "sumardiana596@gmail.com" <sumardiana596@gmail.com>
To: Belajar Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, December 10, 2012 2:52 AM
Subject: Re: [belajar-excel] group


 
Terima kasih banyak Pak Hendrik ,
 
Berjalan mulussss...kerjaan bisa kelar lebih cepet kalo gini caranya . Jadi malu nih sama Mr Kid .Terima kasih banyak Mister .
 
* dlm hati : yo ngene iki lhooo enake duwe guru pinter-pinter , wis diajari .....ngeyel , isih tetep diajari ,manteb tenan.....!!!sambil senyum-senyum sendiri 
 
Salam
Mardi
 
 
-------Original Message-------
 
From: hendrik karnadi
Date: 10/12/2012 0:30:35
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] group
  
Kalau datanya memang "tidak boleh diurutkan dulu" barangkali modifikasi rekaman macro Ms. Jan bisa menjadi solusinya (file terlampir).
Supaya lebih fleksibel anda bias memilih mau dijalankan dari Sheet1 (klik tombol merah) atau Sheet2 (double click)

Selamat mencoba.

Semoga sesuai kebutuhan.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: "sumardiana596@gmail.com" <sumardiana596@gmail.com>
To: Belajar Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, 9 December 2012, 21:33
Subject: Re: [belajar-excel] group

 
Padahal tak tunggu-tunggu versi penyempurnanya lho Pak....
Daku juga Ada masalah serupa tapi selama ini belum pernah gunakan cara macro . Aku yakin Pak hendrik bisa...he..he..(ngarepbanget.com) . Atau mungkin Ada master lainnya yang mau Nggenepin....??
 
Terima kasih
Mardi
 
 
 
-------Original Message-------
 
From: hendrikkarnadi
Date: 09/12/2012 21:21:20
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] group
 
Memang bisanya baru sampai di situ pak

Salam,
Hendrik Karnadi
 

 

Sun Dec 9, 2012 6:52 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih kembali Pak.

Kalau mau data inputnya lebih fleksibel barisnya dan hasilnya langsung tersortir bisa gunakan macro ini,

Pada Sheet VBA "Modul1":
Sub Filter_Sortir()

    Dim Rng As Range
    Set Rng = Sheet1.Range("A2").CurrentRegion
    Set Rng = Rng.Offset(1, 0).Resize(Rng.Rows.Count - 1)
    Sheet2.Select
    With Sheet2
        .Range("A2", Range("A2").End(xlDown).End(xlToRight)).Clear
        Rng.AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
            CopyToRange:=Sheet2.Range("A1:C1"), Unique:=True
       .Range("A1").CurrentRegion.Sort Key1:=Range("A1"), Order1:=xlAscending, _
        Key2:=Range("C1"), Order2:=xlAscending, Header:=xlYes
   End With
End Sub

danpada Sheet VBA "Sheet2:":
Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As Boolean)
    Call Filter_Sortir
    Cancel = True
End Sub

Untuk lebih jelasnya silakan utak atik file terlampir.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: "sumardiana596@gmail.com" <sumardiana596@gmail.com>
To: Belajar Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 10 December 2012, 1:52
Subject: Re: [belajar-excel] group


 
Terima kasih banyak Pak Hendrik ,
 
Berjalan mulussss...kerjaan bisa kelar lebih cepet kalo gini caranya . Jadi malu nih sama Mr Kid .Terima kasih banyak Mister .
 
* dlm hati : yo ngene iki lhooo enake duwe guru pinter-pinter , wis diajari .....ngeyel , isih tetep diajari ,manteb tenan.....!!!sambil senyum-senyum sendiri 
 
Salam
Mardi
 
 
-------Original Message-------
 
From: hendrik karnadi
Date: 10/12/2012 0:30:35
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] group
  
Kalau datanya memang "tidak boleh diurutkan dulu" barangkali modifikasi rekaman macro Ms. Jan bisa menjadi solusinya (file terlampir).
Supaya lebih fleksibel anda bias memilih mau dijalankan dari Sheet1 (klik tombol merah) atau Sheet2 (double click)

Selamat mencoba.

Semoga sesuai kebutuhan.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: "sumardiana596@gmail.com" <sumardiana596@gmail.com>
To: Belajar Excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, 9 December 2012, 21:33
Subject: Re: [belajar-excel] group

 
Padahal tak tunggu-tunggu versi penyempurnanya lho Pak....
Daku juga Ada masalah serupa tapi selama ini belum pernah gunakan cara macro . Aku yakin Pak hendrik bisa...he..he..(ngarepbanget.com) . Atau mungkin Ada master lainnya yang mau Nggenepin....??
 
Terima kasih
Mardi
 
 
 
-------Original Message-------
 
From: hendrikkarnadi
Date: 09/12/2012 21:21:20
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] group
 
Memang bisanya baru sampai di situ pak

Salam,
Hendrik Karnadi
 

 

Sun Dec 9, 2012 11:24 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Jessi,

Coba langkah berikut :
1. klik kanan pivot table -> pivot table options -> tab Layout & Format ->
centang item Preserve cell formatting blabla gitu -> tekan OK
2. pada setiap field yang masuk area Values lakukan :
- klik kanan -> pilih blabla Field Setting -> Number Format -> atur
format number
3. Jika akan membentuk warna warni pivot table, manfaatkan fitur Styles
milik pivot table di :
-> tool PivotTable Tools -> ribbon Design -> grup Pivot Table Styles ->
pilih salah satu atau klik More di pojok kanan bawah grup tersebut

Wassalam,
Kid.

2012/12/10 <jessicapermata@yahoo.com>

> Untuk format cell di pivot biar tidak berubah bagaimana? Karena tiap diset
> setelah Resfresh akan kembali ke format cell default
> misal, kolom a format accounting , kolom b format currency, apabila. Di
> resfresh akan kembali ke format cell yg awal
>
> Thx
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
>
>

Sun Dec 9, 2012 4:18 pm (PST) . Posted by:

"jessicapermata@yahoo.com" jessicapermata

Thx mr. Kid...
Sepertinya belum pernah nyentang di item Preserve cell formatting


Powered by Telkomsel BlackBerry�

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 10 Dec 2012 02:24:06
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Format Pivot

Hai Jessi,

Coba langkah berikut :
1. klik kanan pivot table -> pivot table options -> tab Layout & Format ->
centang item Preserve cell formatting blabla gitu -> tekan OK
2. pada setiap field yang masuk area Values lakukan :
- klik kanan -> pilih blabla Field Setting -> Number Format -> atur
format number
3. Jika akan membentuk warna warni pivot table, manfaatkan fitur Styles
milik pivot table di :
-> tool PivotTable Tools -> ribbon Design -> grup Pivot Table Styles ->
pilih salah satu atau klik More di pojok kanan bawah grup tersebut

Wassalam,
Kid.

2012/12/10 <jessicapermata@yahoo.com>

> Untuk format cell di pivot biar tidak berubah bagaimana? Karena tiap diset
> setelah Resfresh akan kembali ke format cell default
> misal, kolom a format accounting , kolom b format currency, apabila. Di
> resfresh akan kembali ke format cell yg awal
>
> Thx
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
>
>
>

Sun Dec 9, 2012 1:17 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Terus terang ndak mudeng kenapa dari 7:30 sampai 10:00 dengan istirahat 10
menit di 9:30 sampai 9:40 kok bersihnya jadi 2:40 dan bukan 2:20.
Jika istirahat diabaikan jadinya 2:30 yaitu 10:00-7:30-00:00 dimana 00:00
adalah menit istirahat
Jika istirahat harus dikeluarkan dari rentang waktu, bukannya
10:00-7:30-00:10 dimana 00:10 adalah menit istirahat

File terlampir alur hitungnya. Entah bagaimana formula pendeknya.

Wassalam,
Kid.

2012/12/8 <agung.widodo01@id.panasonic.com>

> **
>
>
> Sdr Jan..****
>
> ** **
>
> Bila jam normal mungkin kondisinya akan baik-baik saja dengan formula jam
> pulang dikurangi jam masuk dikurangi lagi lamanya jam istirahat****
>
> ** **
>
> Jam Masuk kerja memang pagi sebelum break istirahat pertama dan pulang
> sore hari ****
>
> (belum saya kembangkan untuk yang shift malam)****
>
> ** **
>
> Namun ini adalah penghitungan waktu yang dibutuhkan dalam tiap
> penyelesaian pekerjaan (ganti model produk)****
>
> yang jam awalnya tidak selalu dimulai pagi dan selesai pada sore saat
> pulang.****
>
> ** **
>
> Kadang dimulai jam 10:00 selesai jam 13: 00****
>
> Kadang dimulai jam 13:00 selesai jam 16:15 misalnya****
>
> ** **
>
> ** **
>
> A B C****
>
> Job Mulai Selesai Waktu Bersih****
>
> 1 7:30 10:00 2:40 (karena ada break 10 menit jam 9:30)****
>
> 2 10:00 13:00 ?(apa formulanya di C?)****
>
> 3 13:00 16:15 ?****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Terimakasih untuk yang membantu berfikir****
>
> Semoga dengan membantu persoalan ini, persoalan hidup anda diringankanNya,
> Amin.****
>
> ** **
>
> Wasalam****
>
> AgungW****
> ------------------------------
>
> *From:* **belajar-excel@yahoogroups.com** [mailto:**
> belajar-excel@yahoogroups.com**] *On Behalf Of *Jan Raisin
> *Sent:* Saturday, December 08, 2012 1:40 PM
> *To:* **belajar-excel@yahoogroups.com**
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menghitung waktu Kerja****
>
> ** **
>
> ****
>
> Dear pak Agung,****
>
> ** **
>
> misal:****
>
> A1 = jam masuk****
>
> B1 = jam pulang****
>
> C1 = total waktu istirahat (70 menit, ditulis 1:10 yang artinya 1 jam 10
> menit)****
>
> ** **
>
> asumsi jam masuk sebelum jam 09:30 dan jam pulang setelah jam 16:00****
>
> maka waktu kerja bersih =B1 - A1 - C1****
>
> ** **
>
> semoga sesuai dengan yang yang diharapkan.****
>
> ** **
>
> Best Regard,****
>
> ** **
>
> -Ms. Jan Raisin-****
>
> Pada 8 Desember 2012 10:11, <agung.widodo01@id.panasonic.com> menulis:****
>
> ****
>
> Rekans belajar Excel,****
>
> ****
>
> Bagaimana mengetahui jumlah waktu kerja bersih dengan catatan;****
>
> ****
>
> 1. Jam Mulai Kerja berubah-ubah,(tergantung persiapan pekerjaan)****
> 2. Jam selesai berubah-ubah (tergantung banyaknya pekerjaan)****
> 3. Jam kerja tidak termasuk jam istirahat dibawah ini****
> 4. Jam kerja selalu dikurangi istirahat pada:****
>
>
> 1. 9:30 � 9:40 istirahat 10 menit****
> 2. 12:00 � 12: 40 istirahat 40 menit****
> 3. 15:40 -16:00 istirahat 20 menit****
>
> Terimakasih atas bantuannya****
>
> ****
>
> Agung Widodo****
>
>
>

Sun Dec 9, 2012 4:48 pm (PST) . Posted by:

"agung.widodo01@id.panasonic.com" aghoenx1

Koreksi Anda benar Pak Kid.. Maaf salah angka harusnya menjadi 2:20 menit jika 7:30-10:00

________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Monday, December 10, 2012 4:17 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung waktu Kerja

Terus terang ndak mudeng kenapa dari 7:30 sampai 10:00 dengan istirahat 10 menit di 9:30 sampai 9:40 kok bersihnya jadi 2:40 dan bukan 2:20.
Jika istirahat diabaikan jadinya 2:30 yaitu 10:00-7:30-00:00 dimana 00:00 adalah menit istirahat
Jika istirahat harus dikeluarkan dari rentang waktu, bukannya 10:00-7:30-00:10 dimana 00:10 adalah menit istirahat

File terlampir alur hitungnya. Entah bagaimana formula pendeknya.

Wassalam,
Kid.
2012/12/8 <agung.widodo01@id.panasonic.com<mailto:agung.widodo01@id.panasonic.com>>

Sdr Jan..

Bila jam normal mungkin kondisinya akan baik-baik saja dengan formula jam pulang dikurangi jam masuk dikurangi lagi lamanya jam istirahat

Jam Masuk kerja memang pagi sebelum break istirahat pertama dan pulang sore hari
(belum saya kembangkan untuk yang shift malam)

Namun ini adalah penghitungan waktu yang dibutuhkan dalam tiap penyelesaian pekerjaan (ganti model produk)
yang jam awalnya tidak selalu dimulai pagi dan selesai pada sore saat pulang.

Kadang dimulai jam 10:00 selesai jam 13: 00
Kadang dimulai jam 13:00 selesai jam 16:15 misalnya

A B C
Job Mulai Selesai Waktu Bersih
1 7:30 10:00 2:40 (karena ada break 10 menit jam 9:30)
2 10:00 13:00 ?(apa formulanya di C?)
3 13:00 16:15 ?

Terimakasih untuk yang membantu berfikir
Semoga dengan membantu persoalan ini, persoalan hidup anda diringankanNya, Amin.

Wasalam
AgungW
________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>] On Behalf Of Jan Raisin
Sent: Saturday, December 08, 2012 1:40 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung waktu Kerja

Dear pak Agung,

misal:
A1 = jam masuk
B1 = jam pulang
C1 = total waktu istirahat (70 menit, ditulis 1:10 yang artinya 1 jam 10 menit)

asumsi jam masuk sebelum jam 09:30 dan jam pulang setelah jam 16:00
maka waktu kerja bersih =B1 - A1 - C1

semoga sesuai dengan yang yang diharapkan.

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-
Pada 8 Desember 2012 10:11, <agung.widodo01@id.panasonic.com<mailto:agung.widodo01@id.panasonic.com>> menulis:

Rekans belajar Excel,

Bagaimana mengetahui jumlah waktu kerja bersih dengan catatan;

1. Jam Mulai Kerja berubah-ubah,(tergantung persiapan pekerjaan)
2. Jam selesai berubah-ubah (tergantung banyaknya pekerjaan)
3. Jam kerja tidak termasuk jam istirahat dibawah ini
4. Jam kerja selalu dikurangi istirahat pada:

* 9:30 - 9:40 istirahat 10 menit
* 12:00 - 12: 40 istirahat 40 menit
* 15:40 -16:00 istirahat 20 menit
Terimakasih atas bantuannya

Agung Widodo

Sun Dec 9, 2012 7:56 pm (PST) . Posted by:

"Wahyudi Febrian"

Wah...mantap...

Terimakasih banyak Mr. Kid..

Bisa dijelasin gak cara baca rumusnya?

Maklum... J

Rgds,

Febri

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 09 Desember 2012 19:51
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Deadline

Pak Febri,

Coba :
1. hasilnya bertipe numerik kemudian di format cell :
=E4-LOOKUP(9^9,A4:D4)
kemudian atur format cells -> tab number -> custom -> tulis :
"> Dead Line";"< Dead Line";"= Dead Line"
lalu, copy ke baris lain

2. hasilnya bertipe teks
=LOOKUP(E4-LOOKUP(9^9,A4:D4),{-999999,0,1},{"<","=",">"}) & " Dead Line"

Wassalam,
Kid.

2012/12/8 Wahyudi Febrian <wahyudi.febrian@cpp.co.id<mailto:wahyudi.febrian@cpp.co.id>>

Dear All Master,

Mohon bantuannya untuk rumus permasalahan terlampir.

Ditunggu slalu advicenya.. J

Rgds,

Febri

__________ Information from ESET NOD32 Antivirus, version of virus signature database 7710 (20121120) __________

The message was checked by ESET NOD32 Antivirus.

http://www.eset.com

__________ Information from ESET NOD32 Antivirus, version of virus signature database 7710 (20121120) __________

The message was checked by ESET NOD32 Antivirus.

http://www.eset.com

Sun Dec 9, 2012 9:42 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear sis Debora,

coba pelajari lampiran berikut ini, menggunakan formula untuk menampilkan
hasil filter yang diinginkan,
jika ingin menggunakan VBA, mr Kid sudah memberikan contohnya dalam thread
di sini <http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/21147>.

Saran dari Jan (boleh dipakai boleh tidak),
1. sebaiknya database disusun mulai dari baris paling atas (kalo bisa mulai
dari cell A1 sebagai header)
2. database nasabah dengan database pembayaran dibuat terpisah, bisa dalam
1 sheet yang sama atau sheet yang berbeda, tetapi antara 1 database dengan
database yang lain harus ada field yang sama yang berfungsi sebagai
penghubung antar database
3. tidak ada baris dan kolom yang kosong antara 1 data dengan data
berikutnya
4. database disusun dengan orientasi vertikal (dari atas ke bawah)
5. coba juga manfaatkan fitur Tabel (versi 2007 ke atas), List (versi 2003
ke bawah)

dalam solusi terlampir, Jan mempergunakan kelima kondisi di atas :)

cmiiw

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 8 Desember 2012 15:48, Debora Christy
<debora.christy@rocketmail.com>menulis:

> **
>
>
> Dear sis Jen...
> sudah sy lampirkan file yang sy perbarui...
> saya jg sertakan contoh perhitungan yang sy maksud...
> terima kasih sebelumnya...
>
>
> ------------------------------
>

Sun Dec 9, 2012 10:37 pm (PST) . Posted by:

"Contract Mining Assistant, Asam-Asam"

Dear belajar excel,
Mau menanyakan, bagaimana mengaktifkan tombol macros view dan visual basic.
Saya memakai office 2010. Terlampir image nya.

Terima kasih.

Salam, Rasyid
Disclaimer - This message including any attachments and information contained
herein ("Message" ) may contain privileged information or otherwise is protected
from disclosure. Any unauthorized use of this Message by any person may lead to
legal consequences. If you receive this Message in error, or if the recipient
of this Message is not the intended recipient or the employee or agent authorized
for delivering this Message to the intended recipient you are hereby notified that
any disclosure, dissemination, distribution or copying of this Message or let or
cause this Message to be disclosed,disseminated, distributed, or copied is strictly
prohibited, and please notify the sender by return message and immediately delete
this Message from your system. Incoming and outgoing communications using this
electronic mail may be monitored by PT Arutmin Indonesia,as permitted by applicable
law and regulations. Unless it is made by the authorized person,any views expressed
in this Message are those of the individual sender and may not necessarily reflect
the views of PT Arutmin Indonesia.
You should check attachments for viruses and defects before opening or using them.
We are not liable to recover any injuries caused by virused or defected attachments.

Sun Dec 9, 2012 10:37 pm (PST) . Posted by:

"heru mulyono"

Yth Para master

Mohon bantuan atas kasus ini (terlampir)
Terimakasih

Sun Dec 9, 2012 10:37 pm (PST) . Posted by:

"Winda Miranti" winda_1504

Dear Master Excel,

Selamat siang para master excel :)
Saya mau bertanya mengenai VBA tentang proses filter
Ada kendala ketika macronya di run,proses untuk memfilter kolom satu ke kolom yg lain itu lama sekali (padahal sudah disetting untuk membaca baris paling akhir)

dan perlu dibantu dengan menekan tombol esc (satu kali) baru proses bisa berjalan dengan cepat
dan apabila kelamaan, excel akan terdebug dengan sendiri,kemudian excel akan ter restart

Kira2 apa kah yg menjadi problem VBA saya?
File terlampir :)

Regards,
Winda

Sun Dec 9, 2012 10:38 pm (PST) . Posted by:

"odhyz83_assasaky@yahoo.com" odhyz83_assasaky

Dear Mr.Kid,
Sudh sy cek formula yang dikirim kemaren, dan formulanya tetepi tetap aj lum nongol. :)
sudah donlot kah filenya pak?

Salam,
Odhy
Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sun, 9 Dec 2012 19:33:55
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Format Cell menggunakan tabel referensi

hehehehe...
terus terang nih Pak, belum sempet buka file (download aja belum
bisa... [kesalahan
bukan pada jaringan Anda]).
ini cuma sok pe de dan sok tau aja...
jadi kalau saran berikut salah, dimangapken ya..

Sarannya :
> coba deh cek lagi. Siapa tahu belum persis sama bunyi-bunyi formula yang
Bapak pakai dengan yang saya tulis di email sebelum ini.

maaf loh ya kalau sarannya keliru. Insya Allah nanti setelah bisa download
file, saya lihat ulang dan saya koreksi saran ini kalau memang kurang tepat.

Wassalam,
Kid.


2012/12/9 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mr. Kid,
> hehe jadi malu ne.... maklum msh newbie ne mr. kid jadi belum terlalu
> memahami penyusunan tabel/ database, sekarang masih meraba-raba.
> sesuai saran Mr.Kid, saya sudah membuat array yang di block, namun
> hasilnya masih nihil hanya cell pertama saja yang nongol selanjutnya gak
> tau kemana alias blank.
> mohon sarannya Mr.
>
> salam
> odhy
>
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sunday, December 9, 2012 4:05 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Format Cell menggunakan tabel referensi
>
>
> Pak Odhy,
>
> Penyebabnya :
> 1. Array formula pada baris produk tabel yang bawah tidak berupa array
> block.
> >> hapus formula D15:z15
> >> blok C15:z15
> >> klik formula bar untuk edit formula
> >> tekan CTRL SHIFT ENTER untuk membuat array formula
> >> karena array formula dibentuk dalam area yang diblok lebih dari 1
> cell, maka semua cell yang di blok tadi menjadi array block.
> >> coba hapus cell D15. jika masih bisa dihapus maka array formula
> belum membentuk array block. Ulangi dari paling atas.
>
> 2. Tabel referensi (baris 34 dst) tidak berisi data semua produk dan tidak
> unique.
> >> Buat tabel referensi yang berisi seluruh produk dan unique (contoh
> tabel referensi yang lalu berisi seluruh data produk dan bersifat unique)
> >> Untuk tidak lengkapnya produk dalam tabel referensi, bisa dengan
> menambahkan iferror pada bagian kondisi dalam IF.
> -> dari array formula untuk array block yang berbunyi :
> *
> =IFERROR(INDEX($C$4:$Z$4,1,SMALL(IF($C$5:$Z$5+VLOOKUP($C$4:$Z$4,$B$34:$D$67,3,0)<VLOOKUP($C$4:$Z$4,$B$34:$D$67,2,0),COLUMN($C$5:$Z$5)-COLUMN($B$4)),COLUMN($C$4:$Z$4)-COLUMN($B$4))),"")
> *
> -> diubah menjadi :
> *=IFERROR(INDEX($C$4:$Z$4,1,SMALL(IF(IFERROR(
> $C$5:$Z$5+VLOOKUP($C$4:$Z$4,$B$34:$D$67,3,0)<VLOOKUP($C$4:$Z$4,$B$34:$D$67,2,0)
> ,0),COLUMN($C$5:$Z$5)-COLUMN($B$4)),COLUMN($C$4:$Z$4)-COLUMN($B$4))),"")*
>
> Untuk kondisi bahwa memang tabel referensi rujukan lookup tidak mungkin
> unique membutuhkan susunan formula yang berbeda. Mungkin juga membutuhkan
> kolom, baris, atau bahkan tabel bantu.
> Untuk kondisi bahwa stock limit harus menganalisa seluruh baris yang ada
> di tabel stock (banyak hari) juga membutuhkan susunan formula yang berbeda.
>
> Bisa jadi, adanya data dasar yang lebih berkaidah database akan lebih
> memudahkan proses pengolahan seperti ini. Hanya saja, memang umumnya banyak
> yang beralasan bahwa menyusun tabel berkaidah database seperti itu tidak
> memungkinkan.
> ndak tahu apa maksud ungkapan 'tidak memungkinkan' tersebut, mungkin tidak
> memungkinkan untuk meluangkan waktu mengubahnya, tidak memungkinkan untuk
> ikhlas mengubahnya, dan masih banyak kemungkinan lain yang bisa dibuat
> untuk menjadi 'tidak memungkinkan'
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/12/9 rodhy hakim <odhyz83_assasaky@yahoo.com>
>
> **
>
> Dear Mr. Kid,
> Berikut saya lampirkan Filenya,
>
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sunday, December 9, 2012 5:19 AM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Format Cell menggunakan tabel referensi
>
>
> Rada sulit juga untuk tahu penyebab gak samanya formula sampeyan dengan
> formula dalam file lampiran tempo hari kalo ndak ada contoh file berisi
> formula sampeyan. Coba diperiksa lagi rujukannya saja dulu. Yang butuh
> array formula di baris Product tabel bawah kan ya...
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>

Sun Dec 9, 2012 10:38 pm (PST) . Posted by:

"jonson dahrino" jonson_ringo

Dear Ms. JanTerimakasih atas sarannya, jika saya bisa menjelaskan seperti yang anda
maksud dibawah, mungkin saya sudah dapat hasilnya, heheheheh
cerita adalah seperti ini ms. jan
Customer A,
Target : 13.625.000.000,-
Penjualannya : 17.000.000.000,- (pencapainnya : 125%)
maka, kalau saya hitung secara manual, bonus untuk customer A adalah : 549.000.000

Dalam Excel yang akan saya lampirkan, merupakan perhitungan untuk satu costomer dan masih manual,
maunya sih, ada formula yang lebih simple, sehingga dengan banyak customer akan lebih mudah menghitungnya,, hehehehehe

Mohon dibantu ya...(ms.jan, dkk)

Terimakasih...

sincerelly yours


________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 6 Desember 2012 22:24
Judul: Re: [belajar-excel] Re: Menghitung Bonus/insentif customer


 

Dear pak Jonson,

niatnya ingin membantu, tetapi apa daya masih belum paham dengan yang diinginkan, bisakah dibantu memperjelas di contoh file yang pernh dikirim keterangan sbb:

a. cell yang ini angkanya dari hasil perhitungan cell ini dengan cell ini
b. cell yang ini angkanya dari hasil perhitungan cell ini dengan cell ini dikurangi cell yang ini dengan yan ini
c. bla bla bla

tidak perlu memakai rumus/formula cukup perhitungan manualnya saja, yang penting ada penjelasan detail asal-usul angkanya.

semoga jika ada penjelasan lebih lanjut yang agak detail maka akan mempermudah calon penanggap untuk memberikan solusi. jika pak Jonson sendiri masih bingung untuk memberikan gambaran masalahnya maka bagaimana mungkin member millis ini akan dapat membantu pak Jonson?

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-
Pada 6 Desember 2012 14:38, jonson_ringo <jonson_dahry@yahoo.co.id> menulis:


>dear mister kid,
>
>saya bingung buat rumus untuk menghitung tarif progesif,
>1. jika customer A pencapaiannya 85% maka tarifnya adalah 1.25 % dari total penjualannya ( perhitungan Progresif)
>2. jika customer A pencapaiannya 100% maka tarifnya adalah 5.00 % dari total penjualannya(karena perhitungan progresif, otomatis customer tersebut akan dihitung juga di level 85%)
>3. begitu juga seterusnya
>
>mohon pencerahannya ya pak.
> --- In mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote: > > Pak Jonson, > > Mungkin sebaiknya Bapak menjelaskan lebih rinci tentang hal-hal yang akan > dikalkulasi. > Bisa jadi banyak BeExceller yang tidak memahami kasus seperti demikian > karena bidang kerjanya berbeda dengan Anda. > > Wassalam, > Kid. >
> 2012/11/23 jonson dahrino <jonson_dahry@...> > > > **
> > > > > > > Dear master excel, > > saya sudah hampir nyerah nih dengan kasusu in (heheheheh.....) > > mohon bantuannya ya.. > > > > pada intinya adalh perhitungan bonus dengan berbagai kriteria dan level > > pencapaiannya > > > > aturannya ada di sheet scheme dan bonusnya dihitung progresif > > > > saya lampirkan filenya juga : > > > > > > > > >
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar