Minggu, 03 Februari 2013

[belajar-excel] Digest Number 2059

15 New Messages

Digest #2059
2a
SQL dan Macro Excel by "Sony Ario"
2b
Re: SQL dan Macro Excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2c
2d
Re: SQL dan Macro Excel by "Slamet" slametharto
2e
2f
3.1
Re: Ask : Klarifikasi dengan Fungsi IF, SUMIF by "Panji Hakiki Jamin" sylvester_hqq
3.2
Re: Ask : Klarifikasi dengan Fungsi IF, SUMIF by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3.3
Re: Ask : Klarifikasi dengan Fungsi IF, SUMIF by "Panji Hakiki Jamin" sylvester_hqq

Messages

Sat Feb 2, 2013 10:35 pm (PST) . Posted by:

"Sukardi Lo" sukardilo

Yth Mas Slamet,

Maaf, ikut nimbrung, kebetulan lagi mau bikin reminder juga, dari kemarin browsing gak ketemu, dan kebetulan juga file ini sesuai yang dicari. :)

Mau nanya, kalau mau edit tanggal dan namanya gimana ya? Setelah muncul pop up gak bisa diutak atik lagi ya?

Mohon bantuan dan masukkannya ya..

Terima kasih

 
Best Regards,

Sukardi

________________________________
From: Slamet slametharto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, 3 February 2013, 3:56
Subject: Re: [belajar-excel] membuat reminder untuk pegawai yang sudah habis masa kontrak


 
sesuaikan lokasi filenya  dan copas script berikut di notepad lalu simpan dengan extension .vbs

strPath = "C:\Documents and Settings\MASBRED\My Documents\My
Reminder.xlsm"   
strMacro = "ThisWorkbook.Workbook_Open"
 
Set objApp = CreateObject("Excel.Application";)
objApp.Visible = False
 
Set wbToRun = objApp.Workbooks.Open(strPath)
objApp.Run wbToRun.Name & "!" & strMacro

Enaknya taruh file vbs nya di dekstop agar gampang manggilnya,
mungkin yaa.. sesuaikan selera aja deh

Wassalam

On 2/1/2013 2:31 PM, s. munawaroh wrote:

 
>gimana caranya untuk membuat reminder di excel untuk pegawai yang
>sudah habis masa kontraknya??
>jadi bentuknya seperti pop up gitu,..
>mohon bantuanya.,..
>
>__
>

Sat Feb 2, 2013 11:10 pm (PST) . Posted by:

slametharto

Dear Pak Sukardi

Agar bisa di edit, disable terlebih dulu macronya. Caranya (xl2007):

1. Open excel workbook
2. Klik Office button (pojok kiri atas layar)
3. Ke Excel Options (kanan paling bawah menu dialog window)
4. Pilih Trust center dan klik Trust Center Settings
5. Pilih Macro Settings dan tick salah satu option Disable
6. Keluar Excel lalu buka lagi File remindernya

Di userform modul kalau mau setelah pop up tetap bisa diutak atik, non aktifkan saja script application.display alerts dan application.quit

Wassalam
-----Original Message-----
From: Sukardi Lo sukardilo@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 2 Feb 2013 21:23:47
To: belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] membuat reminder untuk pegawai yang sudah habis masa kontrak

Yth Mas Slamet,


Maaf, ikut nimbrung, kebetulan lagi mau bikin reminder juga, dari kemarin browsing gak ketemu, dan kebetulan juga file ini sesuai yang dicari. :)


Mau nanya, kalau mau edit tanggal dan namanya gimana ya? Setelah muncul pop up gak bisa diutak atik lagi ya?


Mohon bantuan dan masukkannya ya..


Terima kasih

 
Best Regards,


Sukardi


________________________________
From: Slamet slametharto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, 3 February 2013, 3:56
Subject: Re: [belajar-excel] membuat reminder untuk pegawai yang sudah habis masa kontrak


 
sesuaikan lokasi filenya  dan copas script berikut di notepad lalu simpan dengan extension .vbs


strPath = "C:\Documents and Settings\MASBRED\My Documents\My
Reminder.xlsm"   
strMacro = "ThisWorkbook.Workbook_Open"
 
Set objApp = CreateObject("Excel.Application";)
objApp.Visible = False
 
Set wbToRun = objApp.Workbooks.Open(strPath)
objApp.Run wbToRun.Name & "!" & strMacro

Enaknya taruh file vbs nya di dekstop agar gampang manggilnya,
mungkin yaa.. sesuaikan selera aja deh

Wassalam


On 2/1/2013 2:31 PM, s. munawaroh wrote:

 
>gimana caranya untuk membuat reminder di excel untuk pegawai yang
>sudah habis masa kontraknya??
>jadi bentuknya seperti pop up gitu,..
>mohon bantuanya.,..
>
>__
>


Sun Feb 3, 2013 12:37 am (PST) . Posted by:

"Sukardi" sukardilo

Dear Mas Slamet,

Terima kasih atas masukkannya.
Akan saya coba lakukan sesuai petunjuknya.

Terima kasih

Regards,

Sukardi

-----Original Message-----
From: slametharto@gmail.com
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sun, 3 Feb 2013 07:07:32
To: belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] membuat reminder untuk pegawai yang sudah habis masa kontrak

Dear Pak Sukardi

Agar bisa di edit, disable terlebih dulu macronya. Caranya (xl2007):

1. Open excel workbook
2. Klik Office button (pojok kiri atas layar)
3. Ke Excel Options (kanan paling bawah menu dialog window)
4. Pilih Trust center dan klik Trust Center Settings
5. Pilih Macro Settings dan tick salah satu option Disable
6. Keluar Excel lalu buka lagi File remindernya

Di userform modul kalau mau setelah pop up tetap bisa diutak atik, non aktifkan saja script application.display alerts dan application.quit

Wassalam
-----Original Message-----
From: Sukardi Lo sukardilo@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 2 Feb 2013 21:23:47
To: belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] membuat reminder untuk pegawai yang sudah habis masa kontrak

Yth Mas Slamet,


Maaf, ikut nimbrung, kebetulan lagi mau bikin reminder juga, dari kemarin browsing gak ketemu, dan kebetulan juga file ini sesuai yang dicari. :)


Mau nanya, kalau mau edit tanggal dan namanya gimana ya? Setelah muncul pop up gak bisa diutak atik lagi ya?


Mohon bantuan dan masukkannya ya..


Terima kasih

 
Best Regards,


Sukardi


________________________________
From: Slamet slametharto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, 3 February 2013, 3:56
Subject: Re: [belajar-excel] membuat reminder untuk pegawai yang sudah habis masa kontrak


 
sesuaikan lokasi filenya  dan copas script berikut di notepad lalu simpan dengan extension .vbs


strPath = "C:\Documents and Settings\MASBRED\My Documents\My
Reminder.xlsm"   
strMacro = "ThisWorkbook.Workbook_Open"
 
Set objApp = CreateObject("Excel.Application";)
objApp.Visible = False
 
Set wbToRun = objApp.Workbooks.Open(strPath)
objApp.Run wbToRun.Name & "!" & strMacro

Enaknya taruh file vbs nya di dekstop agar gampang manggilnya,
mungkin yaa.. sesuaikan selera aja deh

Wassalam


On 2/1/2013 2:31 PM, s. munawaroh wrote:

 
>gimana caranya untuk membuat reminder di excel untuk pegawai yang
>sudah habis masa kontraknya??
>jadi bentuknya seperti pop up gitu,..
>mohon bantuanya.,..
>
>__
>


Sun Feb 3, 2013 7:21 am (PST) . Posted by:

"Sukardi Lo" sukardilo

Dear Pak Slamet,

Selamat Malam,

Mohon maaf mengganggu, saya sudah
mencoba sesuai petunjuknya dibawah, tapi mengapa masih tidak bisa diedit
ya? padahal macro settings-nya sudah di-disable. Saya pakai excel 2010. Mohon petunjuknya.

Selain itu, Popup userformnya juga tetap muncul terus, dan jika diclosed, excel juga
ter-closed. Cara non aktifkan script application.display alerts dan application.quit gimana ya? Maaf nih,..masih awam dan bingung dengan macro.

Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

 
Best Regards,

Sukardi

________________________________
From: "slametharto@gmail.com" slametharto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, 3 February 2013, 14:07
Subject: Re: [belajar-excel] membuat reminder untuk pegawai yang sudah habis masa kontrak


 
Dear Pak Sukardi

Agar bisa di edit, disable terlebih dulu macronya. Caranya (xl2007):

1. Open excel workbook
2. Klik Office button (pojok kiri atas layar)
3. Ke Excel Options (kanan paling bawah menu dialog window)
4. Pilih Trust center dan klik Trust Center Settings
5. Pilih Macro Settings dan tick salah satu option Disable
6. Keluar Excel lalu buka lagi File remindernya

Di userform modul kalau mau setelah pop up tetap bisa diutak atik, non aktifkan saja script application.display alerts dan application.quit

Wassalam
________________________________

From: Sukardi Lo sukardilo@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 2 Feb 2013 21:23:47 -0800 (PST)
To: belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] membuat reminder untuk pegawai yang sudah habis masa kontrak
 
Yth Mas Slamet,

Maaf, ikut nimbrung, kebetulan lagi mau bikin reminder juga, dari kemarin browsing gak ketemu, dan kebetulan juga file ini sesuai yang dicari. :)

Mau nanya, kalau mau edit tanggal dan namanya gimana ya? Setelah muncul pop up gak bisa diutak atik lagi ya?

Mohon bantuan dan masukkannya ya..

Terima kasih
 
Best Regards,

Sukardi

________________________________
From: Slamet slametharto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, 3 February 2013, 3:56
Subject: Re: [belajar-excel] membuat reminder untuk pegawai yang sudah habis masa kontrak


 
sesuaikan lokasi filenya  dan copas script berikut di notepad lalu simpan dengan extension .vbs

strPath = "C:\Documents and Settings\MASBRED\My Documents\My
Reminder.xlsm"   
strMacro = "ThisWorkbook.Workbook_Open"
 
Set objApp = CreateObject("Excel.Application";)
objApp.Visible = False
 
Set wbToRun = objApp.Workbooks.Open(strPath)
objApp.Run wbToRun.Name & "!" & strMacro

Enaknya taruh file vbs nya di dekstop agar gampang manggilnya,
mungkin yaa.. sesuaikan selera aja deh

Wassalam

On 2/1/2013 2:31 PM, s. munawaroh wrote:

 
>gimana caranya untuk membuat reminder di excel untuk pegawai yang
>sudah habis masa kontraknya??
>jadi bentuknya seperti pop up gitu,..
>mohon bantuanya.,..
>
>__
>

Sun Feb 3, 2013 5:16 pm (PST) . Posted by:

"Slamet" slametharto

Dear Pak Sukardi

Silahkan gunakan file terlampir
Wassalam

On 2/3/2013 10:13 PM, Sukardi Lo wrote:
> Dear Pak Slamet,
>
> Selamat Malam,
>
> Mohon maaf mengganggu, saya sudah mencoba sesuai petunjuknya dibawah,
> tapi mengapa masih tidak bisa diedit ya? padahal macro settings-nya
> sudah di-disable. Saya pakai excel 2010. Mohon petunjuknya.
>
> Selain itu, Popup userformnya juga tetap muncul terus, dan jika
> diclosed, excel juga ter-closed. Cara non aktifkan script
> application.display alerts dan application.quit gimana ya? Maaf
> nih,..masih awam dan bingung dengan macro.
>
> Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.
> Best Regards,
>
> Sukardi
> ----------------------------------------------------------
>

Sun Feb 3, 2013 5:27 pm (PST) . Posted by:

"Sukardi Lo" sukardilo

Dear Pak Slamet,

Terima kasih yang sebesar-besar-nya Pak. File sudah bisa diedit sesuai keinginan. :)
 
Best Regards,

Sukardi

________________________________
From: Slamet slametharto@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 4 February 2013, 3:53
Subject: Re: [belajar-excel] membuat reminder untuk pegawai yang sudah habis masa kontrak


 
Dear Pak Sukardi

Silahkan gunakan file terlampir
Wassalam

On 2/3/2013 10:13 PM, Sukardi Lo wrote:

 
>Dear Pak Slamet,
>
>Selamat Malam,
>
>Mohon maaf mengganggu, saya sudah mencoba sesuai
petunjuknya dibawah, tapi mengapa masih tidak bisa diedit
ya? padahal macro settings-nya sudah di-disable. Saya
pakai excel 2010. Mohon petunjuknya.
>
>Selain itu, Popup userformnya juga tetap muncul terus, dan
jika diclosed, excel juga ter-closed. Cara non aktifkan
script application.display alerts dan application.quit
gimana ya? Maaf nih,..masih awam dan bingung dengan macro.
>
>Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.
>

>Best Regards,
>
>
>Sukardi
>
>
>________________________________
>
>

Sat Feb 2, 2013 11:01 pm (PST) . Posted by:

"Sony Ario"

Selamat siang rekan2.

Sebelumnya mohon maaf kalau sudah pernah di tanyakan.

Saat ini saya tertarik untuk mengetahui apakah dari Macro bisa menggunakan
SQL statement untuk mengambil data yang sumber nya juga dari file Excel ?
Saya paham hal ini bisa di lakukan melalui MS Query dan MS Access :)

Akan sangat bermanfaat buat saya (Insya Allah juga buat yg lain) apabila
bisa diberikan contoh file dengan step by step tutorial nya. Aplikasi yang
simple2 saja.

Terima kasih sebelumnya.

Salam Excel.

Sat Feb 2, 2013 11:24 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Selamat Siang,

File terlampir :
1. xlvba_sql_ado.zip
>> berisi sebuah folder dengan 2 file Excel.
>> File data.xls sebagai back end db
>> File re-Master.xls sebagai front end
>> File ini salah satu contoh kasus yang ada dalam milis.
>> Data object menggunakan ADO, pastikan library ADO telah ada dan
ditambahkan ke dalam referensi VBA (menu Tools -> References)
>> Query yang digunakan adalah Insert Into dan pasti bisa digunakan untuk
kegiatan SELECT dengan mempelajari object RecordSet milik ADO
>> Penyusunan qquery dilakukan pada event click tombol Add sebuah user form
dalam front end.
>> Pengiriman query dilakukan melaui sebuah prosedur dalam suatu module.
>> Dalam prosedur tersebut ada proses pembuatan koneksi ke back end (dalam
hal ini xl to xl) dan ada proses mengirim query untuk diproses.
>> Bagian mengirim query (Execute) ini yang nanti bisa dikembangkan
menggunakan object recordset milik ADO agar bisa mendapatkan suatu dataset
hasil query select.

2. xlvba_sql_querytable.zip
>> Berisi sebuah folder dengan 2 file Excel
>> File myDB.xls sebagai backend dan file myApp sebagai front end
>> Materi dalam file ini adalah pemanfaatan fitur QueryTable Excel untuk
bekerja dengan bahasa data SQL.
>> Proses penyusunan query dilakukan sebelum membangun query table.
>> Pengiriman query dilakukan oleh fitur query table.
>> Dalam file ada proses penyusunan query table untuk menampilkan data
dengan mengirim query SELECT dan menampilkan dataset hasil
>> Juga ada proses pengiriman query Insert Into melalui fitur query table.

Selamat mencoba.

Wassalam,
Kid.

2013/2/3 Sony Ario sony.ario1@gmail.com>

> **
>
>
> Selamat siang rekan2.
>
> Sebelumnya mohon maaf kalau sudah pernah di tanyakan.
>
> Saat ini saya tertarik untuk mengetahui apakah dari Macro bisa menggunakan
> SQL statement untuk mengambil data yang sumber nya juga dari file Excel ?
> Saya paham hal ini bisa di lakukan melalui MS Query dan MS Access :)
>
> Akan sangat bermanfaat buat saya (Insya Allah juga buat yg lain) apabila
> bisa diberikan contoh file dengan step by step tutorial nya. Aplikasi yang
> simple2 saja.
>
> Terima kasih sebelumnya.
>
> Salam Excel.
>
>
>
>

Sun Feb 3, 2013 12:37 am (PST) . Posted by:

"Sony Ario"

Assalamualaikum Mr. Kid.

Wow !.. :D

Terima kasih banyak Mr Kid. Saya coba pahami & pelajari dulu.
Pertanyaan selanjut nya mengenai subyek ini menyusul segera.

wassalam.

2013/2/3 Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Selamat Siang,
>
> File terlampir :
> 1. xlvba_sql_ado.zip
> >> berisi sebuah folder dengan 2 file Excel.
> >> File data.xls sebagai back end db
> >> File re-Master.xls sebagai front end
> >> File ini salah satu contoh kasus yang ada dalam milis.
> >> Data object menggunakan ADO, pastikan library ADO telah ada dan
> ditambahkan ke dalam referensi VBA (menu Tools -> References)
> >> Query yang digunakan adalah Insert Into dan pasti bisa digunakan untuk
> kegiatan SELECT dengan mempelajari object RecordSet milik ADO
> >> Penyusunan qquery dilakukan pada event click tombol Add sebuah user
> form dalam front end.
> >> Pengiriman query dilakukan melaui sebuah prosedur dalam suatu module.
> >> Dalam prosedur tersebut ada proses pembuatan koneksi ke back end (dalam
> hal ini xl to xl) dan ada proses mengirim query untuk diproses.
> >> Bagian mengirim query (Execute) ini yang nanti bisa dikembangkan
> menggunakan object recordset milik ADO agar bisa mendapatkan suatu dataset
> hasil query select.
>
> 2. xlvba_sql_querytable.zip
> >> Berisi sebuah folder dengan 2 file Excel
> >> File myDB.xls sebagai backend dan file myApp sebagai front end
> >> Materi dalam file ini adalah pemanfaatan fitur QueryTable Excel untuk
> bekerja dengan bahasa data SQL.
> >> Proses penyusunan query dilakukan sebelum membangun query table.
> >> Pengiriman query dilakukan oleh fitur query table.
> >> Dalam file ada proses penyusunan query table untuk menampilkan data
> dengan mengirim query SELECT dan menampilkan dataset hasil
> >> Juga ada proses pengiriman query Insert Into melalui fitur query table.
>
> Selamat mencoba.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/2/3 Sony Ario sony.ario1@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Selamat siang rekan2.
>>
>> Sebelumnya mohon maaf kalau sudah pernah di tanyakan.
>>
>> Saat ini saya tertarik untuk mengetahui apakah dari Macro bisa
>> menggunakan SQL statement untuk mengambil data yang sumber nya juga dari
>> file Excel ?
>> Saya paham hal ini bisa di lakukan melalui MS Query dan MS Access :)
>>
>> Akan sangat bermanfaat buat saya (Insya Allah juga buat yg lain) apabila
>> bisa diberikan contoh file dengan step by step tutorial nya. Aplikasi yang
>> simple2 saja.
>>
>> Terima kasih sebelumnya.
>>
>> Salam Excel.
>>
>>
>>
>
>

Sun Feb 3, 2013 6:57 am (PST) . Posted by:

"Slamet" slametharto

Selamat Malam

Terlampir contoh menggunakan query table

Pada lampiran ini terdapat 4 sheet, 2 sheets sebagai tabel database dan
2 sheets lagi sebagai tabel output
Pada sheets tabel data diperlukan define area dan diperlukan setting up
references Ms.ActiveX Data object library dgn cara:
di menu VBE, pilih tool, lalu references, centang ms.ActiveX Data
objects 2.X library

Wassalam

On 2/3/2013 1:54 PM, Sony Ario wrote:
> Selamat siang rekan2.
> Sebelumnya mohon maaf kalau sudah pernah di tanyakan.
> Saat ini saya tertarik untuk mengetahui apakah dari Macro bisa
> menggunakan SQL statement untuk mengambil data yang sumber nya juga
> dari file Excel ?
> Saya paham hal ini bisa di lakukan melalui MS Query dan MS Access :)
> Akan sangat bermanfaat buat saya (Insya Allah juga buat yg
> lain) apabila bisa diberikan contoh file dengan step by step tutorial
> nya. Aplikasi yang simple2 saja.
> Terima kasih sebelumnya.
> Salam Excel.
>

Sun Feb 3, 2013 5:17 pm (PST) . Posted by:

"Sony Ario"

Assalamualaikum pak Slamet.

Terima kasih contoh file nya. Akan saya pelajari.

wassalam.

2013/2/3 Slamet slametharto@gmail.com>

> **
>
>
> Selamat Malam
>
> Terlampir contoh menggunakan query table
>
> Pada lampiran ini terdapat 4 sheet, 2 sheets sebagai tabel database dan 2
> sheets lagi sebagai tabel output
> Pada sheets tabel data diperlukan define area dan diperlukan setting up
> references Ms.ActiveX Data object library dgn cara:
> di menu VBE, pilih tool, lalu references, centang ms.ActiveX Data objects
> 2.X library
>
> Wassalam
>
>
> On 2/3/2013 1:54 PM, Sony Ario wrote:
>
>
> Selamat siang rekan2.
>
> Sebelumnya mohon maaf kalau sudah pernah di tanyakan.
>
> Saat ini saya tertarik untuk mengetahui apakah dari Macro bisa menggunakan
> SQL statement untuk mengambil data yang sumber nya juga dari file Excel ?
> Saya paham hal ini bisa di lakukan melalui MS Query dan MS Access :)
>
> Akan sangat bermanfaat buat saya (Insya Allah juga buat yg lain) apabila
> bisa diberikan contoh file dengan step by step tutorial nya. Aplikasi yang
> simple2 saja.
>
> Terima kasih sebelumnya.
>
> Salam Excel.
>
>
>
>

Sun Feb 3, 2013 5:17 pm (PST) . Posted by:

"Sony Ario"

oh Iya.

Setelah lihat sekilas file kepunyaan pak Slamet dan Mr. Kid, code untuk
query selalu ada di Module tersendiri.
Apakah memang harus dibikin di module sendiri ? apakah tidak bisa di event
button_click ?

terima kasih.

wassalam.
2013/2/4 Sony Ario sony.ario1@gmail.com>

> Assalamualaikum pak Slamet.
>
> Terima kasih contoh file nya. Akan saya pelajari.
>
> wassalam.
>
> 2013/2/3 Slamet slametharto@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Selamat Malam
>>
>> Terlampir contoh menggunakan query table
>>
>> Pada lampiran ini terdapat 4 sheet, 2 sheets sebagai tabel database dan 2
>> sheets lagi sebagai tabel output
>> Pada sheets tabel data diperlukan define area dan diperlukan setting up
>> references Ms.ActiveX Data object library dgn cara:
>> di menu VBE, pilih tool, lalu references, centang ms.ActiveX Data objects
>> 2.X library
>>
>> Wassalam
>>
>>
>> On 2/3/2013 1:54 PM, Sony Ario wrote:
>>
>>
>> Selamat siang rekan2.
>>
>> Sebelumnya mohon maaf kalau sudah pernah di tanyakan.
>>
>> Saat ini saya tertarik untuk mengetahui apakah dari Macro bisa
>> menggunakan SQL statement untuk mengambil data yang sumber nya juga dari
>> file Excel ?
>> Saya paham hal ini bisa di lakukan melalui MS Query dan MS Access :)
>>
>> Akan sangat bermanfaat buat saya (Insya Allah juga buat yg lain) apabila
>> bisa diberikan contoh file dengan step by step tutorial nya. Aplikasi yang
>> simple2 saja.
>>
>> Terima kasih sebelumnya.
>>
>> Salam Excel.
>>
>>
>>
>>
>
>

Sun Feb 3, 2013 6:18 am (PST) . Posted by:

"Panji Hakiki Jamin" sylvester_hqq

Terima kasih atas bantuannya..akhirnya dapat clue untuk permasalahan ini..

Best Regards
Panji Hakiki

________________________________
From: Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 1, 2013 9:02 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Ask : Klarifikasi dengan Fungsi IF, SUMIF


 
Dear Panji,

untuk uraian pekerjaan dan Vol bisa menggunakan formula Index(Match()), sedangkan untuk Sat bisa menggunakan formula SumIf.
hasil #N/A berarti bahwa kode tersebut tidak ada di sheet Data

File terlampir semoga bermanfaat.

Best Regards,

-Miss Jan Raisin-

Pada 1 Februari 2013 20.09, Panji Hakiki Jamin sylvester_hqq@yahoo.com> menulis:


>Selamat malam semua angota Milis,
>
>
>Saya kebingungan untuk hasil rekapitulasi dari beberapa data yang sama dan menuliskan data tersebut serta menjumlahkan data  ke sheet yang berbeda.
Mohon bantuannya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut..Data terlampir
>
>Terima kasih
>Panji
>

Sun Feb 3, 2013 6:45 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sekedar pustaka fungsi :
1. Uraian pekerjaan (D11) ambil data dari sheet sebelah berdasar kode di
A11 :
=VLOOKUP($A11,Data!$A$9:D$92,4,0)
Bahasa manusianya :
"ambil kolom ke-4 dari A9:D9 di sheet Data untuk nilai kode di sheet data
kolom pertama dari A9:D92 [artinya kolom A-nya] bernilai persis sama (,0)
dengan kode di A11 sheet rekap."

2. Untuk kolom Sat di F11 ambil data di kolom E sheet Data berdasar nilai
A11 yang harus sama dengan nilai di kolom A sheet Data
=VLOOKUP($A11,Data!$A$9:F$92,COLUMN()-1,0)
>> karena formula ditulis di kolom F (cell F11), maka hasil dari fungsi
Column() adalah 6 [kolom F adalah kolom ke-6 Excel]
>> karena lokasi pengambilan data di sheet Data adalah pada kolom E, maka
hasil Column() dikurangi 1
>> karena struktur kolom Sat pada tabel di sheet data adalah sama dengan
struktur kolom Sat di sheet rekap, maka rujukan referensi ke sheet Data
dibuat tidak absolut kolom akhir [Data!$A$9:F$92] (perhatikan tidak adanya
karakter $ pada sisi kolom F setelah karakter ':' yang berarti 'sampai
dengan' )
>> formula bisa di-copy ke kolom Sat lainnya di sheet Rekap

3. Untuk kolom Vol di E11 ambil data di kolom F sheet Data selama recordnya
memiliki kode (kolom A) yang sama dengan kode di A11 sheet rekap.
=SUMPRODUCT( (Data!$A$9:$A$92=$A11)*1 , Data!F$9:F$92 )
>> Kriteria : kolom A sheet Data sama dengan nilai A11 di sheet rekap [
(Data!$A$9:$A$92=$A11) ]
>> hasil bunyi kriteria tersebut adalah nilai TRUE/FALSE yang bertipe
Boolean
>> agar menjadi numerik, maka dikonversi dengan mengalikannya dengan angka
1, sehingga TRUE akan menjadi 1 dan FALSE akan menjadi 0.
>> deretan hasil kriteria akan dikalikan dengan nilai Vol yang akan diambil
[ Data!F$9:F$92 ]
>> karena dikuatirkan adanya data bertipe Text pada area Data!F$9:F$92 ,
maka Data!F$9:F$92 diletakkan sebagai array data ke-2 dalam SumProduct.
>> Jika pasti Data!F$9:F$92 selalu bertipe numerik, maka karakter bagian
teks [*1 ,] dalam formula SumProduct bisa diganti dengan operator perkalian
'*' yang setara dengan logika AND menjadi :
=SUMPRODUCT( (Data!$A$9:$A$92=$A11) * Data!F$9:F$92 )

Wassalam,
Kid.

2013/2/1 Panji Hakiki Jamin sylvester_hqq@yahoo.com>

> **
>
>
> Selamat malam semua angota Milis,
>
> Saya kebingungan untuk hasil rekapitulasi dari beberapa data yang sama dan
> menuliskan data tersebut serta menjumlahkan data ke sheet yang berbeda.
> Mohon bantuannya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut..Data terlampir
>
> Terima kasih
> Panji
>
>
>

Sun Feb 3, 2013 5:17 pm (PST) . Posted by:

"Panji Hakiki Jamin" sylvester_hqq

Terima kasih banyak bantuannya Mr. Kid.
 Ada sedikit pertanyaan lagi tentang fungsi tersebut :
>> Bagaimana rumus yg akan digunakan untuk fungsi penjumlahan apabila kita salah menuliskan kode di sheet Data sehingga penjumlahan tidak hanya dengan kode di kolom A tetapi cross check dengan uraian pekerjaan di sheet Data.

ex : kolom A9 di sheet Data dengan uraian di kolom D9 adalah A001 dengan vol F9, apabila kita memasukkan dengan kode yang sama di kolom A21 di sheet Data dengan uraian di kolom D21 dan vol F21, bagaimana menuliskan rumus fungsi penjumlahan untuk cross check tidak hanya dengan kode di kolom A tetapi juga dengan uraian di kolom D, sehingga penjumlahan tersebut benar-benar sesuai dengan kode dan uraian pekerjaan

Terima kasih,
Panji Hakiki

________________________________
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, February 3, 2013 9:45 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Ask : Klarifikasi dengan Fungsi IF, SUMIF


 
Sekedar pustaka fungsi :
1. Uraian pekerjaan (D11) ambil data dari sheet sebelah berdasar kode di A11 :
=VLOOKUP($A11,Data!$A$9:D$92,4,0)
Bahasa manusianya :
"ambil kolom ke-4 dari A9:D9 di sheet Data untuk nilai kode di sheet data kolom pertama dari A9:D92 [artinya kolom A-nya] bernilai persis sama (,0) dengan kode di A11 sheet rekap."

2. Untuk kolom Sat di F11 ambil data di kolom E sheet Data berdasar nilai A11 yang harus sama dengan nilai di kolom A sheet Data
=VLOOKUP($A11,Data!$A$9:F$92,COLUMN()-1,0)
>> karena formula ditulis di kolom F (cell F11), maka hasil dari fungsi Column() adalah 6 [kolom F adalah kolom ke-6 Excel]
>> karena lokasi pengambilan data di sheet Data adalah pada kolom E, maka hasil Column() dikurangi 1
>> karena struktur kolom Sat pada tabel di sheet data adalah sama dengan struktur kolom Sat di sheet rekap, maka rujukan referensi ke sheet Data dibuat tidak absolut kolom akhir [Data!$A$9:F$92] (perhatikan tidak adanya karakter $ pada sisi kolom F setelah karakter ':' yang berarti 'sampai dengan' )
>> formula bisa di-copy ke kolom Sat lainnya di sheet Rekap

3. Untuk kolom Vol di E11 ambil data di kolom F sheet Data selama recordnya memiliki kode (kolom A) yang sama dengan kode di A11 sheet rekap.
=SUMPRODUCT( (Data!$A$9:$A$92=$A11)*1 , Data!F$9:F$92  )
>> Kriteria : kolom A sheet Data sama dengan nilai A11 di sheet rekap [  (Data!$A$9:$A$92=$A11)   ]
>> hasil bunyi kriteria tersebut adalah nilai TRUE/FALSE yang bertipe Boolean
>> agar menjadi numerik, maka dikonversi dengan mengalikannya dengan angka 1, sehingga TRUE akan menjadi 1 dan FALSE akan menjadi 0.
>> deretan hasil kriteria akan dikalikan dengan nilai Vol yang akan diambil [ Data!F$9:F$92 ]
>> karena dikuatirkan adanya data bertipe Text pada area Data!F$9:F$92 , maka Data!F$9:F$92 diletakkan sebagai array data ke-2 dalam SumProduct.
>> Jika pasti Data!F$9:F$92 selalu bertipe numerik, maka karakter bagian teks [*1 ,] dalam formula SumProduct bisa diganti dengan operator perkalian '*' yang setara dengan logika AND menjadi :
=SUMPRODUCT( (Data!$A$9:$A$92=$A11) * Data!F$9:F$92  )

Wassalam,
Kid.

2013/2/1 Panji Hakiki Jamin sylvester_hqq@yahoo.com>


>Selamat malam semua angota Milis,
>
>
>Saya kebingungan untuk hasil rekapitulasi dari beberapa data yang sama dan menuliskan data tersebut serta menjumlahkan data  ke sheet yang berbeda.
Mohon bantuannya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut..Data terlampir
>
>Terima kasih
>Panji
>
>

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar