Senin, 04 Februari 2013

[belajar-excel] Digest Number 2061

Milis Belajar Microsoft Excel

15 New Messages

Digest #2061
1a
Re: Define Name by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1b
1c
1d
Re: Define Name by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1e
2.1
Re: Ask : Klarifikasi dengan Fungsi IF, SUMIF by "Panji Hakiki Jamin" sylvester_hqq
2.2
Re: Ask : Klarifikasi dengan Fungsi IF, SUMIF by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Mengambil Data Terakhir Inputan by "Maya Pada" mayapada471
3b
Re: Mengambil Data Terakhir Inputan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3c
Re: Mengambil Data Terakhir Inputan by "Maya Pada" mayapada471
4a
Re: Mengenali Null dan Not Null by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5
7
Menggabungkan Macro Excel dan Visio by "Mila Gautama" fehlerfinder@ymail.com
8
Menjumlah Dengan Syarat Hari Sama by "Maya Pada" mayapada471

Messages

Sun Feb 3, 2013 8:49 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Ada cell kosongnya ya...
Atau malah ada baris kosongnya ?

Semua yang kosong itu akan dipakai ?

Coba [asumsi, tabel mulai A1 sampai kolom H baris terakhir yang terisi di
kolom A nya, dan kolom A pasti berisi data bertipe numerik]
1. klik cell A1 di sheet yang range-nya akan diberi nama range

2. formula dalam refers to di nama range diganti menjadi :
=$A$1:Index( $H:$H , Match( 9^9 , $A:$A , 0 ) )

Sekedar pustaka :
1. jika kolom A berisi data bertipe text semua, bagian 9^9 diganti dengan
"zz"
2. jika kolom A bukanlah data kolom yang baik karena ada tipe data text dan
ada juga yang bertipe numerik (tapi tidak ada yang Boolean [TRUE/FALSE]),
ganti bagian Match() dengan Max( Match( 9^9 , $A:$A , 0 ) , Match( "zz" ,
$A:$A , 0 ) )
3. jika kolom A juga memungkinkan berisi data Boolean atau malah error
value, maka pilih kolom lain yang pasti terisi baris terakhirnya dan sebisa
mungkin bisa dilakukan dengan cara 1 dan 2 diatas, lalu ganti rujukan $A:$A
dalam Match() dengan indeks kolom pilihan yang baru tersebut.
4. jika yang diberi nama range bukan mulai A1, maka ganti rujukan A1 dengan
cell pojok kiri yang dibutuhkan.

Wassalam,
Kid.

2013/2/4 Ayang Mulyana ayang.m@gmail.com>

> **
>
>
> Pak Deddy,
>
> formula offsetnya sudah benar, tapi karena ada cell yang kosong diantara
> kolom B, maka cell yang kosong tersebut tidak terhitung oleh formula
> COUNTA. coba deh cell2 yang kosong di kolom B itu diisi dg ="" (misalnya),
> pasti kena semua rownya.
>
>
> Thanks & Rgds,
>
> Ayang
>
>
> 2013/2/4 deddy deddy.dh@kingjim.co.id>
>
>> Pagi Rekan2,
>>
>>
>>
>> Saya membuat define name untuk memudahkan pengisian formula, tapi saya ada
>> kendala ketika menggunakan rumus define name ( see attachment ), saya
>> inginnya rumus define name tersebut menghitung sampai data terakhir
>>
>>
>>
>> Mohon bantuannya..
>>
>>
>>
>>
>>
>> Terima kasih
>>
>>
>>
>> Deddy
>>
>>
>>
>> ------------------------------------
>>
>>
>> ----------------------------------------------------------
>> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
>> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>>
>> posting ke milis, kirimkan ke:
>> belajar-excel@yahoogroups.com
>>
>> berkunjung ke web milis
>> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>>
>> melihat file archive / mendownload lampiran
>> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
>> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
>> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>>
>> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>>
>> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
>> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
>> ----------------------------------------------------------Yahoo!
>> Groups Links
>>
>>
>>
>>
>
>
> --
> Best Regards,
>
>
> Ayang Mulyana
> *P** **Please consider the environment before printing this email*
>
>
>

Sun Feb 3, 2013 9:13 pm (PST) . Posted by:

"deddy"

Ya ada cell kosongnya, untuk cell kosong tidak pakai, karena itu hanya
pembatas saja antar PO..

Saya coba kok gak bisa Mr. Kid, bisa dikirimkan attachmentnya Mr. Kid
untuk penulisan rumusnya ????

Wsslam, Deddy

_____

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Monday, February 04, 2013 11:47 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Define Name

Ada cell kosongnya ya...
Atau malah ada baris kosongnya ?

Semua yang kosong itu akan dipakai ?

Coba [asumsi, tabel mulai A1 sampai kolom H baris terakhir yang terisi di
kolom A nya, dan kolom A pasti berisi data bertipe numerik]
1. klik cell A1 di sheet yang range-nya akan diberi nama range

2. formula dalam refers to di nama range diganti menjadi :
=$A$1:Index( $H:$H , Match( 9^9 , $A:$A , 0 ) )

Sekedar pustaka :
1. jika kolom A berisi data bertipe text semua, bagian 9^9 diganti dengan
"zz"
2. jika kolom A bukanlah data kolom yang baik karena ada tipe data text dan
ada juga yang bertipe numerik (tapi tidak ada yang Boolean [TRUE/FALSE]),
ganti bagian Match() dengan Max( Match( 9^9 , $A:$A , 0 ) , Match( "zz" ,
$A:$A , 0 ) )
3. jika kolom A juga memungkinkan berisi data Boolean atau malah error
value, maka pilih kolom lain yang pasti terisi baris terakhirnya dan sebisa
mungkin bisa dilakukan dengan cara 1 dan 2 diatas, lalu ganti rujukan $A:$A
dalam Match() dengan indeks kolom pilihan yang baru tersebut.
4. jika yang diberi nama range bukan mulai A1, maka ganti rujukan A1 dengan
cell pojok kiri yang dibutuhkan.

Wassalam,
Kid.

2013/2/4 Ayang Mulyana ayang.m@gmail.com>

Pak Deddy,

formula offsetnya sudah benar, tapi karena ada cell yang kosong diantara
kolom B, maka cell yang kosong tersebut tidak terhitung oleh formula COUNTA.
coba deh cell2 yang kosong di kolom B itu diisi dg ="" (misalnya), pasti
kena semua rownya.

Thanks & Rgds,

Ayang

2013/2/4 deddy deddy.dh@kingjim.co.id>

Pagi Rekan2,

Saya membuat define name untuk memudahkan pengisian formula, tapi saya ada
kendala ketika menggunakan rumus define name ( see attachment ), saya
inginnya rumus define name tersebut menghitung sampai data terakhir

Mohon bantuannya..

Terima kasih

Deddy

------------------------------------

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com

----------------------------------------------------------Yahoo!
Groups Links

--
Best Regards,

Ayang Mulyana
P Please consider the environment before printing this email

Sun Feb 3, 2013 9:13 pm (PST) . Posted by:

"deddy"

Bu ayang mulyana,

Sebelumnya terima kasih atas sharing ilmunya, Memang sih kalau saya kasih
text di cell yang kosong itu akan terblock sampai data terakhir, masalahnya
kan ini data base dan ribuan data, saya dapet filenya modelnya kayak
gini.apa ada formula pengganti untuk COUNTA nya Bu..hehehehhe..soalnya
permsalahnya juga di COUNTA nya itu lho..mungkin para master excel bisa
kasih alternative dari rumus COUNTA nya

_____

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Ayang Mulyana
Sent: Monday, February 04, 2013 11:30 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Define Name

Pak Deddy,

formula offsetnya sudah benar, tapi karena ada cell yang kosong diantara
kolom B, maka cell yang kosong tersebut tidak terhitung oleh formula COUNTA.
coba deh cell2 yang kosong di kolom B itu diisi dg ="" (misalnya), pasti
kena semua rownya.

Thanks & Rgds,

Ayang

2013/2/4 deddy deddy.dh@kingjim.co.id>

Pagi Rekan2,

Saya membuat define name untuk memudahkan pengisian formula, tapi saya ada
kendala ketika menggunakan rumus define name ( see attachment ), saya
inginnya rumus define name tersebut menghitung sampai data terakhir

Mohon bantuannya..

Terima kasih

Deddy

------------------------------------

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo!
Groups Links

--
Best Regards,

Ayang Mulyana
P Please consider the environment before printing this email

Sun Feb 3, 2013 9:18 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Mungkin regional setting komputer bukan English, jadi nulis formula dalam
refers to nya harus bukan pakai koma.
Atau bisa juga nulis formulanya ndak teliti. Jika hanya dibutuhkan 1 kolom,
maka rujuk saja 1 kolom itu mulai dari cell apa sampai hasil index yang
mana.

Wassalam,
Kid.

2013/2/4 deddy deddy.dh@kingjim.co.id>

> **
>
>
> Ya ada cell kosongnya, untuk cell kosong tidak pakai, karena itu hanya
> pembatas saja antar PO….****
>
> ** **
>
> Saya coba kok gak bisa Mr. Kid, bisa dikirimkan attachmentnya Mr. Kid
> untuk penulisan rumusnya ????****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Wsslam, Deddy****
>
> ** **
> ------------------------------
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* Monday, February 04, 2013 11:47 AM
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Define Name****
>
> ** **
>
> ****
>
> ****Ada**** cell kosongnya ya...
> Atau malah ada baris kosongnya ?
>
> Semua yang kosong itu akan dipakai ?
>
> Coba [asumsi, tabel mulai A1 sampai kolom H baris terakhir yang terisi di
> kolom A nya, dan kolom A pasti berisi data bertipe numerik]
> 1. klik cell A1 di sheet yang range-nya akan diberi nama range
>
> 2. formula dalam refers to di nama range diganti menjadi :
> =$A$1:Index( $H:$H , Match( 9^9 , $A:$A , 0 ) )
>
> Sekedar pustaka :
> 1. jika kolom A berisi data bertipe text semua, bagian 9^9 diganti dengan
> "zz"
> 2. jika kolom A bukanlah data kolom yang baik karena ada tipe data text
> dan ada juga yang bertipe numerik (tapi tidak ada yang Boolean
> [TRUE/FALSE]), ganti bagian Match() dengan Max( Match( 9^9 , $A:$A , 0 ) ,
> Match( "zz" , $A:$A , 0 ) )
> 3. jika kolom A juga memungkinkan berisi data Boolean atau malah error
> value, maka pilih kolom lain yang pasti terisi baris terakhirnya dan sebisa
> mungkin bisa dilakukan dengan cara 1 dan 2 diatas, lalu ganti rujukan $A:$A
> dalam Match() dengan indeks kolom pilihan yang baru tersebut.
> 4. jika yang diberi nama range bukan mulai A1, maka ganti rujukan A1
> dengan cell pojok kiri yang dibutuhkan.
>
> Wassalam,
> Kid.****
>
> 2013/2/4 Ayang Mulyana ayang.m@gmail.com>****
>
> ****
>
> Pak Deddy,****
>
> ** **
>
> formula offsetnya sudah benar, tapi karena ada cell yang kosong diantara
> kolom B, maka cell yang kosong tersebut tidak terhitung oleh formula
> COUNTA. coba deh cell2 yang kosong di kolom B itu diisi dg ="" (misalnya),
> pasti kena semua rownya.****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Thanks & Rgds,****
>
> ** **
>
> Ayang****
>
> ** **
>
> 2013/2/4 deddy deddy.dh@kingjim.co.id>****
>
> Pagi Rekan2,
>
>
>
> Saya membuat define name untuk memudahkan pengisian formula, tapi saya ada
> kendala ketika menggunakan rumus define name ( see attachment ), saya
> inginnya rumus define name tersebut menghitung sampai data terakhir
>
>
>
> Mohon bantuannya..
>
>
>
>
>
> Terima kasih
>
>
>
> Deddy
>
>
> ****
>
> ------------------------------------****
>
>
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com****
>
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>
>
> ****
>
> ** **
>
> --
> Best Regards,
>
>
> Ayang Mulyana
> *P** **Please consider the environment before printing this email* ****
>
> ** **
>
>
>

Mon Feb 4, 2013 12:56 am (PST) . Posted by:

"deddy"

Mr Kid, terima kasih.

Saya pelajarin dulu rumusnya...

Sukron

Deddy

_____

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Monday, February 04, 2013 12:19 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Define Name

Mungkin regional setting komputer bukan English, jadi nulis formula dalam
refers to nya harus bukan pakai koma.
Atau bisa juga nulis formulanya ndak teliti. Jika hanya dibutuhkan 1 kolom,
maka rujuk saja 1 kolom itu mulai dari cell apa sampai hasil index yang
mana.

Wassalam,
Kid.

2013/2/4 deddy deddy.dh@kingjim.co.id>

Ya ada cell kosongnya, untuk cell kosong tidak pakai, karena itu hanya
pembatas saja antar PO..

Saya coba kok gak bisa Mr. Kid, bisa dikirimkan attachmentnya Mr. Kid
untuk penulisan rumusnya ????

Wsslam, Deddy

_____

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Monday, February 04, 2013 11:47 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Define Name

Ada cell kosongnya ya...
Atau malah ada baris kosongnya ?

Semua yang kosong itu akan dipakai ?

Coba [asumsi, tabel mulai A1 sampai kolom H baris terakhir yang terisi di
kolom A nya, dan kolom A pasti berisi data bertipe numerik]
1. klik cell A1 di sheet yang range-nya akan diberi nama range

2. formula dalam refers to di nama range diganti menjadi :
=$A$1:Index( $H:$H , Match( 9^9 , $A:$A , 0 ) )

Sekedar pustaka :
1. jika kolom A berisi data bertipe text semua, bagian 9^9 diganti dengan
"zz"
2. jika kolom A bukanlah data kolom yang baik karena ada tipe data text dan
ada juga yang bertipe numerik (tapi tidak ada yang Boolean [TRUE/FALSE]),
ganti bagian Match() dengan Max( Match( 9^9 , $A:$A , 0 ) , Match( "zz" ,
$A:$A , 0 ) )
3. jika kolom A juga memungkinkan berisi data Boolean atau malah error
value, maka pilih kolom lain yang pasti terisi baris terakhirnya dan sebisa
mungkin bisa dilakukan dengan cara 1 dan 2 diatas, lalu ganti rujukan $A:$A
dalam Match() dengan indeks kolom pilihan yang baru tersebut.
4. jika yang diberi nama range bukan mulai A1, maka ganti rujukan A1 dengan
cell pojok kiri yang dibutuhkan.

Wassalam,
Kid.

2013/2/4 Ayang Mulyana ayang.m@gmail.com>

Pak Deddy,

formula offsetnya sudah benar, tapi karena ada cell yang kosong diantara
kolom B, maka cell yang kosong tersebut tidak terhitung oleh formula COUNTA.
coba deh cell2 yang kosong di kolom B itu diisi dg ="" (misalnya), pasti
kena semua rownya.

Thanks & Rgds,

Ayang

2013/2/4 deddy deddy.dh@kingjim.co.id>

Pagi Rekan2,

Saya membuat define name untuk memudahkan pengisian formula, tapi saya ada
kendala ketika menggunakan rumus define name ( see attachment ), saya
inginnya rumus define name tersebut menghitung sampai data terakhir

Mohon bantuannya..

Terima kasih

Deddy

------------------------------------

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com

----------------------------------------------------------Yahoo!
Groups Links

--
Best Regards,

Ayang Mulyana
P Please consider the environment before printing this email

Sun Feb 3, 2013 8:50 pm (PST) . Posted by:

"Panji Hakiki Jamin" sylvester_hqq

Masih bingung Mr. Kid..saya coba telaah pelan-pelan solusi dari Mr. Kid..anyway terima kasih banyak

wassalam
Panji

________________________________
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 4, 2013 8:55 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Ask : Klarifikasi dengan Fungsi IF, SUMIF


 
Pak Panji,

Asumsi di sheet Rekap :
1. ada kode di kolom A yang diisi oleh user (bukan hasil formula)
2. ada uraian di kolom D yang diisi oleh user (bukan hasil formula) -> jika hasil formula, maka pasti akan ambil yang pertama ditemukan berdasar nilai kode

Formula pada sheet rekap digunakan untuk mengambil data Vol dan Sat yang bersesuaian saja dari sheet Data, berdasar Kode (kolom A) dan Uraian (kolom D).
1. Formula untuk kolom Sat di F11 :
 Â Ã‚  =LOOKUP(1,1/((Data!$A$9:$A$92=$A11)*(Data!$D$9:$D$92=$D11)),Data!E$9:E$92)
 Â Ã‚  kemudian copy formula ke kolom Sat lainnya.
 Â Ã‚  Biru : kriteria berdasar kode (kolom A)
 Â Ã‚  Hijau : kriteria berdasar uraian (kolom D)
 Â Ã‚  * : setara logika AND karena seluruh kriteria harus terpenuhi
 Â Ã‚  Formula akan selalu mengambil yang terakhir ditemui yang sesuai kriteria.

 Â Ã‚  Jika bagian *(Data!$D$9:$D$92=$D11) dihilangkan, maka menjadi lookup berdasar 1 kriteria. Formula vLookUp untuk mendapatkan uraian juga kegiatan lookup berdasar 1 kriteria. Perbedaannya, pada formula di atas yang dihilangkan bagian *(Data!$D$9:$D$92=$D11) mengambil yang ditemui terakhir, sedang vLookUp dengan match type 0 akan mengambil yang pertama ditemui.

2. Formula untuk kolom Vol di E11 :
yang awalnya berdasar 1 kriteria, yaitu berdasar kolom A saja, yang berbunyi :
=SUMPRODUCT((Data!$A$9:$A$92=$A11)*1,Data!F$9:F$92)
tampak bahwa kriteria-kriteria yang lain (selain kolom A) dalam formula tersebut dianggap cocok (1) tanpa perlu diperiksa lagi.

Ketika ada kriteria yang butuh diperiksa dulu, maka susunan 1 diubah menjadi bentuk perbandingan kriteria yang harus diperiksa.
Kriteria selain kolom A yang akan diperiksa adalah berdasar kolom D yang bunyi perbandingannya adalah :
(Data!$D$9:$D$92=$D11)
Maka 1 diubah menjadi (Data!$D$9:$D$92=$D11) dan formula akan menjadi berbunyi :
=SUMPRODUCT((Data!$A$9:$A$92=$A11)*(Data!$D$9:$D$92=$D11),Data!F$9:F$92)

Jika kuatir lupa dihari-hari depan bahwa bentuk seperti itu masih bisa dikomputasi berdasar sekiun (saking buanyaknya) kriteria yang harus diperiksa, maka tambahkan lagi  sebagai bunyi 'kriteria lain dianggap cocok (1) tanpa perlu diperiksa', sehingga kelak akan ingat lagi dengan thread ini.
=SUMPRODUCT((Data!$A$9:$A$92=$A11)*(Data!$D$9:$D$92=$D11)*1,Data!F$9:F$92)

Menggunakan formula Index Match juga bisa. Nah untuk pustaka Index Match ini, kita tunggu BeExceller lain yang punya waktu luang untuk mencet-mencet keyboard susun kalimat dongengnya....

Wassalam,
Kid.

2013/2/4 Panji Hakiki Jamin sylvester_hqq@yahoo.com>

> 
>Terima kasih banyak bantuannya Mr. Kid.
> Ada sedikit pertanyaan lagi tentang fungsi tersebut :
>>> Bagaimana rumus yg akan digunakan untuk fungsi penjumlahan apabila kita salah menuliskan kode di sheet Data sehingga penjumlahan tidak hanya dengan kode di kolom A tetapi cross check dengan uraian pekerjaan di sheet Data.
>
>ex : kolom A9 di sheet Data dengan uraian di kolom D9 adalah A001 dengan vol F9, apabila kita memasukkan dengan kode yang sama di kolom A21 di sheet Data dengan uraian di kolom D21 dan vol F21, bagaimana menuliskan rumus fungsi penjumlahan untuk cross check tidak hanya dengan kode di kolom A tetapi juga dengan uraian di kolom D, sehingga penjumlahan tersebut benar-benar sesuai dengan kode dan uraian pekerjaan
>
>Terima kasih,
>Panji Hakiki
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Sunday, February 3, 2013 9:45 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Ask : Klarifikasi dengan Fungsi IF, SUMIF
>
>
> 
>Sekedar pustaka fungsi :
>1. Uraian pekerjaan (D11) ambil data dari sheet sebelah berdasar kode di A11 :
>=VLOOKUP($A11,Data!$A$9:D$92,4,0)
>Bahasa manusianya :
>"ambil kolom ke-4 dari A9:D9 di sheet Data untuk nilai kode di sheet data kolom pertama dari A9:D92 [artinya kolom A-nya] bernilai persis sama (,0) dengan kode di A11 sheet rekap."
>
>2. Untuk kolom Sat di F11 ambil data di kolom E sheet Data berdasar nilai A11 yang harus sama dengan nilai di kolom A sheet Data
>=VLOOKUP($A11,Data!$A$9:F$92,COLUMN()-1,0)
>>> karena formula ditulis di kolom F (cell F11), maka hasil dari fungsi Column() adalah 6 [kolom F adalah kolom ke-6 Excel]
>>> karena lokasi pengambilan data di sheet Data adalah pada kolom E, maka hasil Column() dikurangi 1
>>> karena struktur kolom Sat pada tabel di sheet data adalah sama dengan struktur kolom Sat di sheet rekap, maka rujukan referensi ke sheet Data dibuat tidak absolut kolom akhir [Data!$A$9:F$92] (perhatikan tidak adanya karakter $ pada sisi kolom F setelah karakter ':' yang berarti 'sampai dengan' )
>>> formula bisa di-copy ke kolom Sat lainnya di sheet Rekap
>
>3. Untuk kolom Vol di E11 ambil data di kolom F sheet Data selama recordnya memiliki kode (kolom A) yang sama dengan kode di A11 sheet rekap.
>=SUMPRODUCT( (Data!$A$9:$A$92=$A11)*1 , Data!F$9:F$92  )
>>> Kriteria : kolom A sheet Data sama dengan nilai A11 di sheet rekap [  (Data!$A$9:$A$92=$A11) Â  ]
>>> hasil bunyi kriteria tersebut adalah nilai TRUE/FALSE yang bertipe Boolean
>>> agar menjadi numerik, maka dikonversi dengan mengalikannya dengan angka 1, sehingga TRUE akan menjadi 1 dan FALSE akan menjadi 0.
>>> deretan hasil kriteria akan dikalikan dengan nilai Vol yang akan diambil [ Data!F$9:F$92 ]
>>> karena dikuatirkan adanya data bertipe Text pada area Data!F$9:F$92 , maka Data!F$9:F$92 diletakkan sebagai array data ke-2 dalam SumProduct.
>>> Jika pasti Data!F$9:F$92 selalu bertipe numerik, maka karakter bagian teks [*1 ,] dalam formula SumProduct bisa diganti dengan operator perkalian '*' yang setara dengan logika AND menjadi :
>=SUMPRODUCT( (Data!$A$9:$A$92=$A11) * Data!F$9:F$92  )
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>2013/2/1 Panji Hakiki Jamin sylvester_hqq@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Selamat malam semua angota Milis,
>>
>>
>>Saya kebingungan untuk hasil rekapitulasi dari beberapa data yang sama dan menuliskan data tersebut serta menjumlahkan data  ke sheet yang berbeda.
Mohon bantuannya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut..Data terlampir
>>
>>Terima kasih
>>Panji
>>
>>
>
>
>

Sun Feb 3, 2013 8:55 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Begini saja :
1. copas formula ini ke cell F11
=LOOKUP(1,1/*(**(Data!$A$9:$A$92=$A11)*****(Data!$D$9:$D$92=$D11)**)*,*
Data!E$9:E$92*)

2. copas formula ini ke cell E11
=SUMPRODUCT(*(Data!$A$9:$A$92=$A11)***(Data!$D$9:$D$92=$D11)*,Data!F$9:F$92)

3. Copy cell E11 dan F11 dan paste ke kolom-kolom Vol dan Sat lainnya di
sheet rekap

4. Copy E11 sampai kolom terkanan data di baris 11 itu, lalu blok semua
data yang butuh formula di kolom E misal dari E12 sampai E39, lalu paste

5. baru setelah itu baca-baca dongeng di email tadi ketika akan beranjak
tidur, supaya mimpi indah (kalau tidak tersesat)

Wassalam,
Kid.

2013/2/4 Panji Hakiki Jamin sylvester_hqq@yahoo.com>

> **
>
>
> Masih bingung Mr. Kid..saya coba telaah pelan-pelan solusi dari Mr.
> Kid..anyway terima kasih banyak
>
> wassalam
> Panji
>
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, February 4, 2013 8:55 AM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Ask : Klarifikasi dengan Fungsi IF, SUMIF
>
>
> Pak Panji,
>
> Asumsi di sheet Rekap :
> 1. ada kode di kolom A yang diisi oleh user (bukan hasil formula)
> 2. ada uraian di kolom D yang diisi oleh user (bukan hasil formula) ->
> jika hasil formula, maka pasti akan ambil yang pertama ditemukan berdasar
> nilai kode
>
> Formula pada sheet rekap digunakan untuk mengambil data Vol dan Sat yang
> bersesuaian saja dari sheet Data, berdasar Kode (kolom A) dan Uraian (kolom
> D).
> 1. Formula untuk kolom Sat di F11 :
> =LOOKUP(1,1/*(**(Data!$A$9:$A$92=$A11)*****(Data!$D$9:$D$92=$D11)**)*,
> *Data!E$9:E$92*)
> kemudian copy formula ke kolom Sat lainnya.
> *Biru *: kriteria berdasar kode (kolom A)
> *Hijau *: kriteria berdasar uraian (kolom D)
> * : setara logika AND karena seluruh kriteria harus terpenuhi
> Formula akan selalu mengambil yang terakhir ditemui yang sesuai
> kriteria.
>
> Jika bagian ****(Data!$D$9:$D$92=$D11) *dihilangkan, maka menjadi
> lookup berdasar 1 kriteria. Formula vLookUp untuk mendapatkan uraian juga
> kegiatan lookup berdasar 1 kriteria. Perbedaannya, pada formula di atas
> yang dihilangkan bagian ****(Data!$D$9:$D$92=$D11)* mengambil yang
> ditemui terakhir, sedang vLookUp dengan match type 0 akan mengambil yang
> pertama ditemui.
>
> 2. Formula untuk kolom Vol di E11 :
> yang awalnya berdasar 1 kriteria, yaitu berdasar kolom A saja, yang
> berbunyi :
> =SUMPRODUCT(*(Data!$A$9:$A$92=$A11)*1*,Data!F$9:F$92)
> tampak bahwa kriteria-kriteria yang lain (selain kolom A) dalam formula
> tersebut dianggap cocok (*1*) tanpa perlu diperiksa lagi.
>
> Ketika ada kriteria yang butuh diperiksa dulu, maka susunan *1* diubah
> menjadi bentuk perbandingan kriteria yang harus diperiksa.
> Kriteria selain kolom A yang akan diperiksa adalah berdasar kolom D yang
> bunyi perbandingannya adalah :
> *(Data!$D$9:$D$92=$D11)*
> Maka *1* diubah menjadi *(Data!$D$9:$D$92=$D11)* dan formula akan menjadi
> berbunyi :
> =SUMPRODUCT(*(Data!$A$9:$A$92=$A11)***(Data!$D$9:$D$92=$D11)*
> ,Data!F$9:F$92)
>
> Jika kuatir lupa dihari-hari depan bahwa bentuk seperti itu masih bisa
> dikomputasi berdasar sekiun (saking buanyaknya) kriteria yang harus
> diperiksa, maka tambahkan lagi sebagai bunyi 'kriteria lain dianggap cocok
> (*1*) tanpa perlu diperiksa', sehingga kelak akan ingat lagi dengan
> thread ini.
> =SUMPRODUCT(*(Data!$A$9:$A$92=$A11)***(Data!$D$9:$D$92=$D11)***1*
> ,Data!F$9:F$92)
>
> Menggunakan formula Index Match juga bisa. Nah untuk pustaka Index Match
> ini, kita tunggu BeExceller lain yang punya waktu luang untuk mencet-mencet
> keyboard susun kalimat dongengnya....
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/2/4 Panji Hakiki Jamin sylvester_hqq@yahoo.com>
>
> **
>
> Terima kasih banyak bantuannya Mr. Kid.
> Ada sedikit pertanyaan lagi tentang fungsi tersebut :
> >> Bagaimana rumus yg akan digunakan untuk fungsi penjumlahan apabila kita
> salah menuliskan kode di sheet Data sehingga penjumlahan tidak hanya dengan
> kode di kolom A tetapi cross check dengan uraian pekerjaan di sheet Data.
>
> ex : kolom A9 di sheet Data dengan uraian di kolom D9 adalah A001 dengan
> vol F9, apabila kita memasukkan dengan kode yang sama di kolom A21 di sheet
> Data dengan uraian di kolom D21 dan vol F21, bagaimana menuliskan rumus
> fungsi penjumlahan untuk cross check tidak hanya dengan kode di kolom A
> tetapi juga dengan uraian di kolom D, sehingga penjumlahan tersebut
> benar-benar sesuai dengan kode dan uraian pekerjaan
>
> Terima kasih,
> Panji Hakiki
>
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sunday, February 3, 2013 9:45 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Ask : Klarifikasi dengan Fungsi IF, SUMIF
>
>
> Sekedar pustaka fungsi :
> 1. Uraian pekerjaan (D11) ambil data dari sheet sebelah berdasar kode di
> A11 :
> =VLOOKUP($A11,Data!$A$9:D$92,4,0)
> Bahasa manusianya :
> "ambil kolom ke-4 dari A9:D9 di sheet Data untuk nilai kode di sheet data
> kolom pertama dari A9:D92 [artinya kolom A-nya] bernilai persis sama (,0)
> dengan kode di A11 sheet rekap."
>
> 2. Untuk kolom Sat di F11 ambil data di kolom E sheet Data berdasar nilai
> A11 yang harus sama dengan nilai di kolom A sheet Data
> =VLOOKUP($A11,Data!$A$9:F$92,COLUMN()-1,0)
> >> karena formula ditulis di kolom F (cell F11), maka hasil dari fungsi
> Column() adalah 6 [kolom F adalah kolom ke-6 Excel]
> >> karena lokasi pengambilan data di sheet Data adalah pada kolom E, maka
> hasil Column() dikurangi 1
> >> karena struktur kolom Sat pada tabel di sheet data adalah sama dengan
> struktur kolom Sat di sheet rekap, maka rujukan referensi ke sheet Data
> dibuat tidak absolut kolom akhir [Data!$A$9:F$92] (perhatikan tidak adanya
> karakter $ pada sisi kolom F setelah karakter ':' yang berarti 'sampai
> dengan' )
> >> formula bisa di-copy ke kolom Sat lainnya di sheet Rekap
>
> 3. Untuk kolom Vol di E11 ambil data di kolom F sheet Data selama
> recordnya memiliki kode (kolom A) yang sama dengan kode di A11 sheet rekap.
> =SUMPRODUCT( (Data!$A$9:$A$92=$A11)*1 , Data!F$9:F$92 )
> >> Kriteria : kolom A sheet Data sama dengan nilai A11 di sheet rekap [
> (Data!$A$9:$A$92=$A11) ]
> >> hasil bunyi kriteria tersebut adalah nilai TRUE/FALSE yang bertipe
> Boolean
> >> agar menjadi numerik, maka dikonversi dengan mengalikannya dengan angka
> 1, sehingga TRUE akan menjadi 1 dan FALSE akan menjadi 0.
> >> deretan hasil kriteria akan dikalikan dengan nilai Vol yang akan
> diambil [ Data!F$9:F$92 ]
> >> karena dikuatirkan adanya data bertipe Text pada area Data!F$9:F$92 ,
> maka Data!F$9:F$92 diletakkan sebagai array data ke-2 dalam SumProduct.
> >> Jika pasti Data!F$9:F$92 selalu bertipe numerik, maka karakter bagian
> teks [*1 ,] dalam formula SumProduct bisa diganti dengan operator perkalian
> '*' yang setara dengan logika AND menjadi :
> =SUMPRODUCT( (Data!$A$9:$A$92=$A11) * Data!F$9:F$92 )
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/2/1 Panji Hakiki Jamin sylvester_hqq@yahoo.com>
>
> **
>
> Selamat malam semua angota Milis,
>
> Saya kebingungan untuk hasil rekapitulasi dari beberapa data yang sama dan
> menuliskan data tersebut serta menjumlahkan data ke sheet yang berbeda.
> Mohon bantuannya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut..Data terlampir
>
> Terima kasih
> Panji
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Sun Feb 3, 2013 8:50 pm (PST) . Posted by:

"Maya Pada" mayapada471

Assalamu'alalikum wrwb

Hmm nambah lagi nih...pertanyaan..bisa dibantu untukmendapatkan data terakhir yang dinput sperti attch berikut.

Salam > Maya

Sun Feb 3, 2013 9:22 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Misal area input data di A2 sampai A456
yang terinput baru sampai baris A234 dan ada cell kosong diantaranya.
Data yang diinput selalu bertipe numerik.
Nilai data terakhir yang diinput :
=LookUp( 9^9 , $a$2:$a$456 )
atau
=VLookUp( 9^9 , $a$2:$a$456 , 1 )
atau
=Index( $a$2:$a$456 , Match( 9^9 , $a$2:$a$456 , 1 ) )

dan masih banyak cara lain.

Wassalam,
Kid.

2013/2/4 Maya Pada mayapada471@yahoo.com>

> **
>
>
> Assalamu'alalikum wrwb
>
> Hmm nambah lagi nih...pertanyaan..bisa dibantu untukmendapatkan data
> terakhir yang dinput sperti attch berikut.
>
> Salam > Maya
>
>
>

Mon Feb 4, 2013 12:59 am (PST) . Posted by:

"Maya Pada" mayapada471

Siipp...thx Mas Kid...formulanya mantap semua kecuali yang terakhir hasilnya tulisan TRUE aja..tp 2 formula cocok...

Salam > Maya

________________________________
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 4, 2013 12:21 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Mengambil Data Terakhir Inputan


Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Misal area input data di A2 sampai A456
yang terinput baru sampai baris A234 dan ada cell kosong diantaranya.
Data yang diinput selalu bertipe numerik.
Nilai data terakhir yang diinput :
=LookUp( 9^9 , $a$2:$a$456 )
atau
=VLookUp( 9^9 , $a$2:$a$456 , 1 )
atau
=Index( $a$2:$a$456 , Match( 9^9 , $a$2:$a$456 , 1 ) )

dan masih banyak cara lain.

Wassalam,
Kid.

2013/2/4 Maya Pada mayapada471@yahoo.com>


>Assalamu'alalikum wrwb
>
>
>Hmm nambah lagi nih...pertanyaan..bisa dibantu untukmendapatkan data terakhir yang dinput sperti attch berikut.
>
>
>Salam > Maya
>

Sun Feb 3, 2013 9:12 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heru,

1. NULL atau NULLSTRING dalam klausa WHERE
WHERE p1.JOB='' or p1.JOB is null
bisa juga
WHERE Len( p1.JOB ) = 0 or p1.JOB is null
mungkin juga bisa
WHERE not p1.JOB is null and Len( p1.JOB ) = 0

2. Masukkan data ke tabel db, tapi field tidak boleh diisi nullstirng ("")
ke dalam field
>> Pakai ADO recordset methods update atau add - commit, pada field yang
nilai di interfacenya adalah nullstring "" dibuat kondisi (IF)
misal field JOB, di interface nya adalah di txtJob dan tidak ada isinya,
maka bagian tulis JOB menjadi :
IF lenb( txtJob.text ) <> 0 then
rs.fields("JOB")=txtJob.text
endif

>> Dengan query insert into, maka definisi query pada setiap kolom harus
disusun sendiri-sendiri
dim sQInsert as string, sQSelect as string
sQInsert="INSERT INTO ("
sQSelect="SELECT "

if lenb(txtJob.text)<>0 then
sqinsert=sqinsert & "JOB,"
sqselect=sqselect & "'" & txtjob.text & "',"
endif

if lenb(txtNama.text)<>0 then
sqinsert=sqinsert & "Nama,"
sqselect=sqselect & "'" & txtnama.text & "',"
endif
dst
setelah seluruh kondisi kolom selesai, diakhiri dengan
sqinsert= left$(sqinsert,len(sqinsert)-1) & ") "
sqselect = left$(sqselect, len(sqselect)-1) & " FROM blablabla dst"

Wassalam,
Kid.

2013/2/4 Heru Safrudin superheruu@gmail.com>

> Dear Master,
>
> Bagaimana kita tahu kalo sebuah field itu berisi Null atau blank tapi
> tidak Null
> Saya jadi repot ketika menuliskan kriteria pada query string :
> WHERE (P1.JOB='') atau WHERE (P1.JOB Is Null)
>
> lalu bagaimana cara membersihkan field pada vba userform supaya waktu
> entry ke database data yg masuk menjadi Null bukan blank tapi bukan
> Null
>
> --
> Terima kasih
>
> وَاÙ„سÙ'َÙ„َاÙ…ُ عَÙ„َيÙ'كُÙ…Ù' وَرَحÙ'مَةُ اÙ„لهِ وَبَرَكَاتُهُ
> Heru Safrudin
>
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

Sun Feb 3, 2013 9:13 pm (PST) . Posted by:

"adrian piter" petcures2003

Selamat siang rekan2 Be-Excel.

Saya sedang membuat laporan Absensi sebagaimana file terlampir. Mohon bantuannya untuk formula yang pas agar data rincian tanggal ketidakhadiran pegawai dapat diketahui. 

Terima kasih.

Salam
Piter

Mon Feb 4, 2013 12:56 am (PST) . Posted by:

Hehe.. Betul Mr. Kid. Terima kasih atas penjelasan nya :)

Wass
Sony
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 4 Feb 2013 10:54:23
To: belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] SQL dan Macro Excel

Pak Sony,

Kira-kira begini ceritanya....

jaman dulu kala, saat belajar pemrograman, ada anjuran untuk membuat
prosedur yang bisa digunakan berulang-ulang untuk keperluan yang sama bagia
banyak proses yang membutuhkan.

gambarannya, (gambaran saya sendiri, jadi kalau gak pas, mohon diabaikan
saja).
ketika kerja dan butuh menghubungi orang lain, maka kita akan menelepon.
Bisa jadi jam sekian telpon bagian SDM, jam beda lagi telpon bagian
Produksi, dst.
saat akan menelpon, yang dibutuhkan adalah sebuah pesawat telpon yang aktif
(siap pakai). ketik nomor telpon tujuan dan bekerjalah si telpon mencari
sambungan ke nomor tujuan.

Nah, kalau bisa prosedur itu dibuat seperti si pesawat telpon. Kalau urusan
telpon untuk ngobrol, hanya dibutuhkan pesawat telpon yang bisa diberi
inputan nomor telpon tujuan, menerima suara, dan mengeluarkan suara pihak
yang ditelpon. Kalau dibutuhkan telpon yang juga bisa menerima dan mengirim
fax, maka yang diadakan adalah pesawat telpon yang bisa menerima dan
mengirim fax.

Jadi, prosedur pesawat telpon diadakan (dibuat) berdasar kebutuhan tadi itu
supaya bisa dibutuhkan oleh siapapun yang butuh menelpon asal membawa nomor
tujuan yang akan dihubungi.
Pada kasus ini, dengan adanya prosedur yang tugasnya membuat koneksi (open
connection) dan mengirim query (execute query), siapa saja boleh pakai
(proses apapun yang butuh telpon), asal bawa nomor telpon (connection
string) dan tahu apa yang akan dibicarakan (query).

Konsep membangun prosedur seperti ini diusahakan diterapkan untuk semua
hal. Coba perhatikan Excel Anda.
Anggap saja ada 17 Sheet yang masing-masingnya di pasangi fitur AutoFilter.
Kira-kira berapa prosedur yang dibuat Excel ketika akan memproses
AutoFilter pada 17 sheet itu ? Tentu cukup 1 prosedur saja.

Bayangkan juga ketika kita bisa meng-handle 170 client dan akan menelpon
170 client, setiap client hanya bisa ditelpon melalui telpon khusus karena
tinggal angkat pasti terhubung dengan client tersebut. Maka perusahaan
harus menyediakan 170 pesawat telpon. Padahal tugasnya sama, yaitu
bercakap-cakap tentang sesuatu.
Padahal mengetik nomor tujuan (nomor telpon client yang dituju) dan
menyiapkan bahan pembicaraan setiap client adalah tindakan yang sederhana
dan bisa menghemat biaya pengadaan, operasional, dan perawatan sebanyak 169
pesawat telpon.

hehehe... kalau keliru, mohon dikoreksi.

Wassalam,
Kid.

2013/2/4 Sony Ario sony.ario1@gmail.com>

> **
>
>
> oh Iya.
>
> Setelah lihat sekilas file kepunyaan pak Slamet dan Mr. Kid, code untuk
> query selalu ada di Module tersendiri.
> Apakah memang harus dibikin di module sendiri ? apakah tidak bisa di event
> button_click ?
>
> terima kasih.
>
> wassalam.
>
>

Mon Feb 4, 2013 12:57 am (PST) . Posted by:

"Mila Gautama" fehlerfinder@ymail.com



Assalamualaikum para Master....

Saya seorang newbie dalam ilmu macro excel. Kali ini saya ingin mencoba untuk membuat macro excel yang bisa link ke aplikasi lainnya (dalam kasus ini adalah Microsoft Visio).
Begini cara kerjanya :
 

Nilai pada Kolom "Habis (%)" dimasukkan ke dalam chart di Visio, seperti gambar di bawah ini.

Selama ini saya melakukannya manual, namun datanya semakin banyak dan sulit untuk dilakukan manual lagi.
Saya sudah mencoba untuk me-record macro dari excel maupun dari visio, namun ketika di-run ulang, tidak berhasil. Mungkin karena menggabungkan dua aplikasi yang berbeda, jadi tidak bisa.
Mohon bantuan para Master untuk kasus ini ya...
Terimakasih....
**terlampir contoh filenya.

Regards,
Milla

Mon Feb 4, 2013 12:59 am (PST) . Posted by:

"Maya Pada" mayapada471

Assalamu'alaikum wrwb

Malu nih...mau tambah lagi pertnyaan...lagi semangat belajar..
Gimana cara menjumlahkan dengan syarat dijumlah dalam hari yang sama seperti terlampir..

Wasalam > Maya
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar