Jumat, 08 Februari 2013

[belajar-excel] Digest Number 2077

15 New Messages

Digest #2077
1a
Re: Short cut. by "Eka Subyantara"
1b
Re: Short cut. by "Bagus" bagus4bls
1c
Re: Short cut. by "Heru Safrudin" superheruu
1d
Re: Short cut. by "Heru Safrudin" superheruu
1e
Re: Short cut. by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Memisahkan setiap 19 row ke worksheet baru by "Gilang Droid" gilangsedar9662
3b
Re: Memisahkan setiap 19 row ke worksheet baru by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
7a
Tampilan Pivot 2007 by "Jaka Kamirin Kamirin" kamirin_2
7b
Bls: [belajar-excel] Tampilan Pivot 2007 by "Saifudin Mnp" saifmnp@ymail.com
7c
Re: Tampilan Pivot 2007 by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7d
Bls: [belajar-excel] Tampilan Pivot 2007 by "Saifudin Mnp" saifmnp@ymail.com

Messages

Fri Feb 8, 2013 9:34 pm (PST) . Posted by:

"Eka Subyantara"

Hallo Pak Djaja,

Setahu saya memang tidak disediakan shortcut untuk menyalin ke atas,
namun kita bisa mendefinisikan sendiri apa yang kita mau melalui macro
yang diasosiasikan dengan tombol yang tidak digunakan oleh Excel
seperti Ctrl-Q misalnya.

Ini salah macro yang memenuhi harapan bapak melalui rekam jejak :

ActiveCell.Offset(1, 0).Select ' pindah ke sel di bawahnya
Selection.Copy ' copy sel tersebut ke clipboard
ActiveCell.Offset(-1, 0).Select ' pindah lagi ke sel semula di atas yg skrg
ActiveSheet.Paste ' paste isi clipboard ke sel sekarang
Application.CutCopyMode = False ' hilangkan "semut beriringan" :D :D :D

Tapi saya yakin para pakar punya script yang lebih "aduhai", kita tunggu :-)

= eka =
Berbagi memang Menyenangkan

On 2/8/13, Indra Sanjaya indradjaja80an@yahoo.com> wrote:
> Dear Master Excel,
>
> Dari tabel di bawah, jika kita menempatkan cell pada B4 kemudian menekan
> tombol Ctrl+D, maka cell B4 akan terisi James NB Luhu Lima.
> Short cut apa jika cell B4 bisa terisi Tien Tini Suhartono?
>
>   A B C D E
> 1 /CF/1/12/1 Mulyono OR 23926A 5463/CF/1/12/1
> 2 /CF/9/12/1 Nurjani Wati OR 23993A 5467/CF/9/12/1
> 3 /CF/6/12/1 James NB Luhu Lima OR 24368A 5470/CF/6/12/1
> 4   Consumer Installment Rec. Housing ES 221437 5472/CF/7/12/1
> 5 /CF/7/12/1 Tien Tini Suhartono OR 24047A 5472/CF/7/12/1
> 6 /CF/2/12/1 Joko Amperayanto OR 24370A 5473/CF/2/12/1
> 7   Consumer Installment Rec. Housing ES 221434 5476/CF/2/12/1
> 8 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 24113A 5476/CF/2/12/1
> 9 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 24547A 5476/CF/2/12/1
> 10 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 23985A 5476/CF/2/12/1
>
> Atas jawaban para master diucapkan terima kasih.
>
> Salam,
>
> Djaja.

Fri Feb 8, 2013 9:34 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Pak Djaja.

Setau saya tidak ada shortcut untuk fill up, yang ada cuma:
Ctr+D (fill down) => Dari atas ke bawah
Ctr+R (fill right) => Dari kiri ke kanan

saya masih pake excel 2003, mungkin excel 2007 up sudah ada shortcut untuk fill up atau fill left

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Indra Sanjaya
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 08, 2013 11:21 PM
Subject: [belajar-excel] Short cut.

Dear Master Excel,

Dari tabel di bawah, jika kita menempatkan cell pada B4 kemudian menekan tombol Ctrl+D, maka cell B4 akan terisi James NB Luhu Lima.
Short cut apa jika cell B4 bisa terisi Tien Tini Suhartono?

A B C D E
1 /CF/1/12/1 Mulyono OR 23926A 5463/CF/1/12/1
2 /CF/9/12/1 Nurjani Wati OR 23993A 5467/CF/9/12/1
3 /CF/6/12/1 James NB Luhu Lima OR 24368A 5470/CF/6/12/1
4 Consumer Installment Rec. Housing ES 221437 5472/CF/7/12/1
5 /CF/7/12/1 Tien Tini Suhartono OR 24047A 5472/CF/7/12/1
6 /CF/2/12/1 Joko Amperayanto OR 24370A 5473/CF/2/12/1
7 Consumer Installment Rec. Housing ES 221434 5476/CF/2/12/1
8 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 24113A 5476/CF/2/12/1
9 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 24547A 5476/CF/2/12/1
10 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 23985A 5476/CF/2/12/1

Atas jawaban para master diucapkan terima kasih.

Salam,

Djaja.

Fri Feb 8, 2013 9:35 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Nggak ada
Ctrl-D mengcopy cell yg berada tepat diatasnya

Pada tanggal 08/02/13, Indra Sanjaya indradjaja80an@yahoo.com> menulis:
> Dear Master Excel,
>
> Dari tabel di bawah, jika kita menempatkan cell pada B4 kemudian menekan
> tombol Ctrl+D, maka cell B4 akan terisi James NB Luhu Lima.
> Short cut apa jika cell B4 bisa terisi Tien Tini Suhartono?
>
> � A B C D E
> 1 /CF/1/12/1 Mulyono OR 23926A 5463/CF/1/12/1
> 2 /CF/9/12/1 Nurjani Wati OR 23993A 5467/CF/9/12/1
> 3 /CF/6/12/1 James NB Luhu Lima OR 24368A 5470/CF/6/12/1
> 4 � Consumer Installment Rec. Housing ES 221437 5472/CF/7/12/1
> 5 /CF/7/12/1 Tien Tini Suhartono OR 24047A 5472/CF/7/12/1
> 6 /CF/2/12/1 Joko Amperayanto OR 24370A 5473/CF/2/12/1
> 7 � Consumer Installment Rec. Housing ES 221434 5476/CF/2/12/1
> 8 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 24113A 5476/CF/2/12/1
> 9 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 24547A 5476/CF/2/12/1
> 10 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 23985A 5476/CF/2/12/1
>
> Atas jawaban para master diucapkan terima kasih.
>
> Salam,
>
> Djaja.

--
Terima kasih

������������ ���������� ���������� ����� �������������
Heru Safrudin

Fri Feb 8, 2013 10:03 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Kalo mau dipaksakan ya silakan shortcut key Ctrl-d diisi dengan macro
dibawah ini :

Public Sub salin()
Cells(ActiveCell.Row + 1, 1).Copy ActiveCell
End Sub

Salam,

Heru Safrudin

Pada tanggal 09/02/13, Bagus bagus@kingjim.co.id> menulis:
> Dear Pak Djaja.
>
> Setau saya tidak ada shortcut untuk fill up, yang ada cuma:
> Ctr+D (fill down) => Dari atas ke bawah
> Ctr+R (fill right) => Dari kiri ke kanan
>
> saya masih pake excel 2003, mungkin excel 2007 up sudah ada shortcut untuk
> fill up atau fill left
>
>
>
>
> Wassalam
>
> ~ Bagus ~
>
>
>
> ----- Original Message -----
> From: Indra Sanjaya
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Sent: Friday, February 08, 2013 11:21 PM
> Subject: [belajar-excel] Short cut.
>
>
>
>
> Dear Master Excel,
>
>
> Dari tabel di bawah, jika kita menempatkan cell pada B4 kemudian menekan
> tombol Ctrl+D, maka cell B4 akan terisi James NB Luhu Lima.
> Short cut apa jika cell B4 bisa terisi Tien Tini Suhartono?
>
>
> A B C D E
> 1 /CF/1/12/1 Mulyono OR 23926A 5463/CF/1/12/1
> 2 /CF/9/12/1 Nurjani Wati OR 23993A 5467/CF/9/12/1
> 3 /CF/6/12/1 James NB Luhu Lima OR 24368A 5470/CF/6/12/1
> 4 Consumer Installment Rec. Housing ES 221437 5472/CF/7/12/1
> 5 /CF/7/12/1 Tien Tini Suhartono OR 24047A 5472/CF/7/12/1
> 6 /CF/2/12/1 Joko Amperayanto OR 24370A 5473/CF/2/12/1
> 7 Consumer Installment Rec. Housing ES 221434 5476/CF/2/12/1
> 8 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 24113A 5476/CF/2/12/1
> 9 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 24547A 5476/CF/2/12/1
> 10 /CF/2/12/1 Jefry Ronny Saragih OR 23985A 5476/CF/2/12/1
>
>
>
> Atas jawaban para master diucapkan terima kasih.
>
>
> Salam,
>
> Djaja.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

--
Terima kasih

������������ ���������� ���������� ����� �������������
Heru Safrudin

Fri Feb 8, 2013 10:17 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Shortcut bawaan dari Excel untuk fill up memang belum ada. Yang ada adalah
fill down (CTRL D)
Sesuai saran Pak Eka dan Pak Heru, sebaiknya dibuat macro untuk melakukan
fill up melalui record macro.
Saat record macro, akan muncul dialog untuk memberi nama dan shortcut yang
digunakan, yang defaultnya berupa CTRL SHIFT dan sebuah tombol pilihan
Misal Nama macro diberi nama FillUp dan shortcut diisi D, maka nanti
shortcut untuk mengaktifkan adalah CTRL SHIFT D
jadi kalau CTRL D adalah fill down, sedang CTRL SHIFT D untuk fill up.

Bisa juga dengan langsung membuat prosedur dalam VBE. Caranya :
1. tekan ALT F11 kemudian menu Insert pilih Module
2. Copas script berikut :
Public Sub FillUp()
on error resume next
activecell.offset(1).copy activecell
end sub

3. kembali ke worksheet (tekan ALT F11)
4. aktifkan dialog run macro (tekan ALT F8)
5. pilih mcaro bernama FillUp lalu tekan Options untuk set shortcut
6. Isi D pada shortcut agar shortcut untuk menjalankan FillUp adalah CTRL
SHIFT D kemudian tekan OK diakhiri tekan Cancel
7. save as workbook dengan menekan ALT F A
8. pilih save as type jenis .xlsm atau .xlsb atau .xls
9. tekan tombol save
10. Coba disuatu cell yang akan diberi hasil fillup, kemudian tekan CTRL
SHIFT D

Syarat :
1. hanya workbook yang berisi prosedur FillUp dan diset shortcutnya CTRL
SHIFT D pada keadaan security macro di-Enable yang bisa melakukan hal
tersebut.
2. hanya komputer yang mengaktifkan addin berisi prosedur FillUp dan diset
shortcutnya CTRL SHIFT D yang bisa melakukan hal tersebut

Wassalam,
Kid.

2013/2/8 Indra Sanjaya indradjaja80an@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Dari tabel di bawah, jika kita menempatkan cell pada B4 kemudian menekan
> tombol Ctrl+D, maka cell B4 akan terisi James NB Luhu Lima.
> Short cut apa jika cell B4 bisa terisi Tien Tini Suhartono?
>
> ****
> A****
> B****
> C****
> D****
> E****
> 1****
> /CF/1/12/1****
> Mulyono****
> OR****
> 23926A****
> 5463/CF/1/12/1****
> 2****
> /CF/9/12/1****
> Nurjani Wati****
> OR****
> 23993A****
> 5467/CF/9/12/1****
> 3****
> /CF/6/12/1****
> James NB Luhu Lima****
> OR****
> 24368A****
> 5470/CF/6/12/1****
> 4****
> ****
> Consumer Installment Rec. Housing****
> ES****
> 221437****
> 5472/CF/7/12/1****
> 5****
> /CF/7/12/1****
> Tien Tini Suhartono****
> OR****
> 24047A****
> 5472/CF/7/12/1****
> 6****
> /CF/2/12/1****
> Joko Amperayanto****
> OR****
> 24370A****
> 5473/CF/2/12/1****
> 7****
> ****
> Consumer Installment Rec. Housing****
> ES****
> 221434****
> 5476/CF/2/12/1****
> 8****
> /CF/2/12/1****
> Jefry Ronny Saragih****
> OR****
> 24113A****
> 5476/CF/2/12/1****
> 9****
> /CF/2/12/1****
> Jefry Ronny Saragih****
> OR****
> 24547A****
> 5476/CF/2/12/1****
> 10****
> /CF/2/12/1****
> Jefry Ronny Saragih****
> OR****
> 23985A****
> 5476/CF/2/12/1****
>
> Atas jawaban para master diucapkan terima kasih.
>
> Salam,
> Djaja.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Fri Feb 8, 2013 9:34 pm (PST) . Posted by:

"lesbon sitorus" lesbon_sitorus

Terimakasih Mr Kid
Sudah berhasil.

thanks a lot

salam,
Lesbon

________________________________
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 8, 2013 5:35 PM
Subject: Re: [belajar-excel] help (mods: input nilai 1 menjadi 0.01 didalam cell)


 
Hai Lesbon,

Coba atur di Excel Options.
1. ke Excel options :: office button (bunder pojok kiri atas layar) -> Excel Options (kanan bawah menu yang muncul di kiri Exit)
2. page Advanced (sisi kiri) -> lihat detail (sisi kanan) -> blok Editing Options -> hilangkan centang dari item 'Automatically insert a decimal point'
3. OK sampai worksheet

Wassalam,
Kid.

2013/2/8 lesbon sitorus lesbon_sitorus@yahoo.com>


>saya mengalami kejadian aneh di excell 2007 nie.
>setiap saya input angka ke dalam cell, langsung dibagi 100.
>saya input 1, gitu tekan enter langsung muncul 0.01
>saya input 100, gitu tekan enter langsung jadi 1
>
>bagaimana solusinya Bos bos?
>minta tolong ya.
>
>--- Mods ---
>Untuk membuka thread baru :
>- login account email pribadi Anda
>- dalam tampilan Inbox, cari tombol Compose
>- isi bagian To dengan alamat milis, yaitu :
>belajar-excel@yahoogroups.com
>- tulis subject yang mewakili kasus
>- jabarkan detil kasus dalam body email dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti.
>- [bila perlu atau akan memudahkan calon penanggap] lampirkan file (attach file) berisi data contoh dan hasil kerja manual
>- tekan Send bila sudah dirasa siap dan pantas dibaca umum.
>------------
>

Fri Feb 8, 2013 9:34 pm (PST) . Posted by:

"Gilang Droid" gilangsedar9662

Dear Mr.Kid.
Thanks untuk solusinya, mohon maaf saya ada kendala "bagaimana nginput
macronya".
Saya udah coba kesana kesitu tapi ga sukses, mas.

Nuhun.

2013/2/8 Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Hai Gilang,
>
> Coba letakkan prosedur splitter berikut ini pada sebuah module
> Public Sub Splitter(rngData As Range, sFormula As String, sFile As String,
> lMaxRec As Long)
> Dim rng As Range
> Dim sHead As String, sRec As String, sFileName As String
> Dim lFile As Long, lRec As Long
> Dim iFileNum As Integer
>
> On Error GoTo Keluar
>
> Set rngData = rngData.Offset(0, rngData.Columns.Count).Resize(, 1)
> 'kolom terkanan
>
> 'pasang formula penyusun record di kolom setelah area data
> With rngData
> .Formula = sFormula
> .Parent.Calculate
> .Value = .Value
> sHead = .Resize(1, 1).Value 'simpan header
> End With
>
> 'area kerja
> Set rngData = rngData.Resize(rngData.Rows.Count - 1).Offset(1)
> lFile = 0
> lRec = 0
> For Each rng In rngData
> lRec = lRec + 1 'record dalam file
> sRec = rng.Value
> If LenB(sRec) < 1 Then 'data kosong -> keluar
> Exit For
> ElseIf lRec = 1 Then 'record pertama dalam file
> lFile = lFile + 1 'lfile nambah 1
> sFileName = sFile & "_" & Format$(lFile, "0000000") &
> ".csv" 'susun nama file
>
> 'buat file baru diisi header + record pertama
> iFileNum = FreeFile
> Open sFileName For Output As iFileNum
> Print #iFileNum, sHead
> Print #iFileNum, sRec
> Close iFileNum
> Else 'record berikutnya
> iFileNum = FreeFile
> Open sFileName For Append As iFileNum
> Print #iFileNum, sRec
> Close iFileNum
> End If
>
> If lRec = lMaxRec Then 'memenuhi quota
> lRec = 0
> End If
>
> DoEvents
> Next rng
>
> rngData.EntireColumn.ClearContents
>
> Keluar:
> 'pesan selesai
> If Err.Number <> 0 Then
> MsgBox "Error.", vbCritical
> Else
> MsgBox "Done.", vbInformation
> End If
> Err.Clear
> On Error GoTo 0
> End Sub
>
> *Contoh cara pakai :
> *Misal :
> 1. data ada di sheet1 dan mulai di A1
> 2. formula penyusun record csv jika diletakkan di dalam cell pada baris 1
> berbunyi :
> =a1 & "," & b1 & "," & c1
> 3. template file hasil berbunyi folder kerja diikuti teks nama file
> berbunyi zHasil dan diakhiri nomor file output yang terbentuk
> 4. jumlah record maksimum per file adalah 19 record + 1 header
> 5. ekstensi file hasil adalah .csv
>
> Prosedur untuk memecah data kedalam banyak file csv : (jalankan macro
> dengan nama prosedur yang memanggil prosedur splitter ~ misal ContohPakai)
> Public Sub ContohPakai()
> Dim rngDT As Range
> Dim sFormulaPenyusunRecord As String, sFileTemplate As String
> Dim lRecPerFile As Long
>
> With Application
> .ScreenUpdating = False
> .DisplayAlerts = False
> .EnableEvents = False
> .Calculation = xlCalculationAutomatic
> End With
>
> Set rngDT = Sheet1.Range("a1").CurrentRegion
> sFormulaPenyusunRecord = "=a1&"",""&b1&"",""&c1"
> sFileTemplate = ThisWorkbook.Path & "\zHasil&quot;
> lRecPerFile = 19
>
> Splitter rngDT, sFormulaPenyusunRecord, sFileTemplate, lRecPerFile
>
> With Application
> .Calculation = xlCalculationAutomatic
> .EnableEvents = True
> .ScreenUpdating = True
> .DisplayAlerts = True
> End With
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/2/8 Gilang Droid gilang.smartdroid@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear Para Master,
>>
>> Saya memiliki sebuah problem, web yang dimiliki perusahaan saya
>> mengharuskan meng-upload file CSV, yang dimana setiap file CSV
>> tersebut hanya berisikan 19 row 1 shet data saja. Hal ini menjadi
>> kendala apabila yang diupload jumlahnya sampai puluhan ribu row.
>> selama ini saya mengerjakan manual memisahkan 19 row ke dalam
>> worksheet baru dan kemudian saya upload. alhasil kerjaan jadi molor
>> semua. dan tidak terkejar.
>>
>> Mohon bantuan master disini. apabila ada yang memiliki makro untuk
>> kasus saya ini. yang kiranya bisa mencacah setiap 19 row kemudian
>> hasil cacah tersebut disimpan sebagai file csv baru, sebagai contoh,
>> saya lampirkan file yang hendak saya cacah setiap 19 row nya.
>>
>> Terima kasih
>>
>> -Gilang Sedar-
>> _
>>
>
>
>

Fri Feb 8, 2013 10:33 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba :
1. ke VBE dengan menekan ALT F11
2. Insert sebuah Module dengan menu Insert -> pilih Module
3. copas script yang tempo lalu ke lembar yang tersedia
4. kembali ke worksheet dengan ALT F11
5. save as workbook dengan :
>> tekan ALT F A
>> save as type dipilih sesuka hati salah satu dari .xlsm atau .xlsb atau
.xls
>> tekan tombol Save
6. jalankan prosedur dengan cara tekan ALT F8 lalu pilih nama macro yang
muncul dan tekan Run
7. jika sudah muncul kotak pesan (msgbox) berisi Done, buka windows
explorer dan menuju folder lokasi file tersebut berada.

Jika ingin membuat sebuah tombol dalam worksheet yang bisa diklik untuk
menjalankan prosedur tersebut :
1. buat sebuah shape dalam worksheet
2. klik kanan shape dan pilih Assign Macro
3. pilih nama macro dan OK sampai kembali ke worksheet
4. klik sebuah cell dan tekan shape
5. lihat lagi ke windows explorer jika sudah muncul kotak pesan Done.

Jika tombol ingin menggunakan activex control seperti CommandButton
1. ke ribbon Developer -> insert -> cari CommandButton dibawah tulisan
ActiveXControl -> klik CommandButton -> gambar kotak di worksheet
2. double click si object yang ada dalam worksheet
3. tulis nama ContohPakai
4. kembali ke worksheet dengan ALT F11

Syarat :
1. Pastikan security macro di-enable saat membuka workbook
2. data dimulai dari A1 dan memiliki header
3. ubah formula dalam ContohPakai jika jumlah kolom data berbeda dengan
contoh
4. kembangkan prosedur ContohPakai ataupun Splitter agar lebih sesuai
kebutuhan

Wassalam,
Kid.

2013/2/9 Gilang Droid gilang.smartdroid@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Mr.Kid.
> Thanks untuk solusinya, mohon maaf saya ada kendala "bagaimana nginput
> macronya".
> Saya udah coba kesana kesitu tapi ga sukses, mas.
>
> Nuhun.
>
>
>
> 2013/2/8 Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
>
> **
>>
>>
>> Hai Gilang,
>>
>> Coba letakkan prosedur splitter berikut ini pada sebuah module
>> Public Sub Splitter(rngData As Range, sFormula As String, sFile As
>> String, lMaxRec As Long)
>> Dim rng As Range
>> Dim sHead As String, sRec As String, sFileName As String
>> Dim lFile As Long, lRec As Long
>> Dim iFileNum As Integer
>>
>> On Error GoTo Keluar
>>
>> Set rngData = rngData.Offset(0, rngData.Columns.Count).Resize(, 1)
>> 'kolom terkanan
>>
>> 'pasang formula penyusun record di kolom setelah area data
>> With rngData
>> .Formula = sFormula
>> .Parent.Calculate
>> .Value = .Value
>> sHead = .Resize(1, 1).Value 'simpan header
>> End With
>>
>> 'area kerja
>> Set rngData = rngData.Resize(rngData.Rows.Count - 1).Offset(1)
>> lFile = 0
>> lRec = 0
>> For Each rng In rngData
>> lRec = lRec + 1 'record dalam file
>> sRec = rng.Value
>> If LenB(sRec) < 1 Then 'data kosong -> keluar
>> Exit For
>> ElseIf lRec = 1 Then 'record pertama dalam file
>> lFile = lFile + 1 'lfile nambah 1
>> sFileName = sFile & "_" & Format$(lFile, "0000000") &
>> ".csv" 'susun nama file
>>
>> 'buat file baru diisi header + record pertama
>> iFileNum = FreeFile
>> Open sFileName For Output As iFileNum
>> Print #iFileNum, sHead
>> Print #iFileNum, sRec
>> Close iFileNum
>> Else 'record berikutnya
>> iFileNum = FreeFile
>> Open sFileName For Append As iFileNum
>> Print #iFileNum, sRec
>> Close iFileNum
>> End If
>>
>> If lRec = lMaxRec Then 'memenuhi quota
>> lRec = 0
>> End If
>>
>> DoEvents
>> Next rng
>>
>> rngData.EntireColumn.ClearContents
>>
>> Keluar:
>> 'pesan selesai
>> If Err.Number <> 0 Then
>> MsgBox "Error.", vbCritical
>> Else
>> MsgBox "Done.", vbInformation
>> End If
>> Err.Clear
>> On Error GoTo 0
>> End Sub
>>
>> *Contoh cara pakai :
>> *Misal :
>> 1. data ada di sheet1 dan mulai di A1
>> 2. formula penyusun record csv jika diletakkan di dalam cell pada baris 1
>> berbunyi :
>> =a1 & "," & b1 & "," & c1
>> 3. template file hasil berbunyi folder kerja diikuti teks nama file
>> berbunyi zHasil dan diakhiri nomor file output yang terbentuk
>> 4. jumlah record maksimum per file adalah 19 record + 1 header
>> 5. ekstensi file hasil adalah .csv
>>
>> Prosedur untuk memecah data kedalam banyak file csv : (jalankan macro
>> dengan nama prosedur yang memanggil prosedur splitter ~ misal ContohPakai
>> )
>> Public Sub ContohPakai()
>> Dim rngDT As Range
>> Dim sFormulaPenyusunRecord As String, sFileTemplate As String
>> Dim lRecPerFile As Long
>>
>> With Application
>> .ScreenUpdating = False
>> .DisplayAlerts = False
>> .EnableEvents = False
>> .Calculation = xlCalculationAutomatic
>> End With
>>
>> Set rngDT = Sheet1.Range("a1").CurrentRegion
>> sFormulaPenyusunRecord = "=a1&"",""&b1&"",""&c1"
>> sFileTemplate = ThisWorkbook.Path & "\zHasil&quot;
>> lRecPerFile = 19
>>
>> Splitter rngDT, sFormulaPenyusunRecord, sFileTemplate, lRecPerFile
>>
>> With Application
>> .Calculation = xlCalculationAutomatic
>> .EnableEvents = True
>> .ScreenUpdating = True
>> .DisplayAlerts = True
>> End With
>> End Sub
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>> 2013/2/8 Gilang Droid gilang.smartdroid@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Dear Para Master,
>>>
>>> Saya memiliki sebuah problem, web yang dimiliki perusahaan saya
>>> mengharuskan meng-upload file CSV, yang dimana setiap file CSV
>>> tersebut hanya berisikan 19 row 1 shet data saja. Hal ini menjadi
>>> kendala apabila yang diupload jumlahnya sampai puluhan ribu row.
>>> selama ini saya mengerjakan manual memisahkan 19 row ke dalam
>>> worksheet baru dan kemudian saya upload. alhasil kerjaan jadi molor
>>> semua. dan tidak terkejar.
>>>
>>> Mohon bantuan master disini. apabila ada yang memiliki makro untuk
>>> kasus saya ini. yang kiranya bisa mencacah setiap 19 row kemudian
>>> hasil cacah tersebut disimpan sebagai file csv baru, sebagai contoh,
>>> saya lampirkan file yang hendak saya cacah setiap 19 row nya.
>>>
>>> Terima kasih
>>>
>>> -Gilang Sedar-
>>> _
>>>
>>
>>
>
>

Fri Feb 8, 2013 9:35 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Ternyata...................

Public Sub GotoRecord(lTujuan As Long)
rs.MoveFirst
rs.Move lTujuan - 1
End Sub

gitu aja cukup ya.....
Alhamdulillaah... Thanks Mr.

Pada tanggal 08/02/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> Cara lain pakai methods Move milik record set
> public sub GotoRecord( lTujuan as long )
> rs.move ltujuan-lrec
> end sub
>
> sekarang tinggal pilih.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/2/8 Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
>
>> Yang nomor 11 kan...
>>
>> asumsi
>> 1. sudah ada variabel lrec,recordset (misal rs), dan koneksi (misal con)
>> 2. sudah ada prosedur buka db dan susun recordset, serta set lrec=1
>> dengan
>> rs diletakkan pada record pertama (movefirst) bernama BukaDB
>> 3. sudah ada prosedur pasang nilai record ke object tampilan (range,
>> control, dsb) bernama Tampilkan
>>
>> prosedur ke lokasi tertentu
>> public sub GotoRecord( lTujuan as long )
>> dim lLoop as long
>> bukadb
>> do while lrec
> lrec=lrec+1
>> rs.movenext
>> loop
>> end sub
>>
>> pada event milik interface untuk menuju record tertentu diisi :
>> GotoRecord 20 'jika akan menuju record 20 [ganti nilai sesuai kebutuhan]
>> Tampilkan
>>
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>> 2013/2/8 Heru Safrudin superheruu@gmail.com>
>>
>>> Ok. lalu bagaimana kalo kita mau loncat ke record tertentu, misal dari
>>> posisi 1 loncat ke record 20, bagaimana syntax perintahnya ?
>>>
>>> Pada tanggal 08/02/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>>> > Coba langkah berikut :
>>> > 1. deklarasikan variabel nomor record (misal lRec) pada level modul
>>> (bukan
>>> > dalam prosedur) dengan scope public
>>> > 2. deklarasikan juga koneksi db dan recordset db pada level modul
>>> > dengan
>>> > scope public
>>> > 3. susun prosedur untuk tutup db yang isinya menutup recordset dan
>>> > buang
>>> > object recordset, tutup koneksi dan buang object koneksi
>>> > 4. buat prosedur untuk buka koneksi dan susun recordset. Awali dengan
>>> > memanggil prosedur menutup db (nomor 3) sebelum membuat koneksi dan
>>> susun
>>> > recordset. Kemudian set lrec adalah 1 dan lakukan movefirst pada
>>> recordset
>>> > 5. susun prosedur untuk lompat ke record pertama yang isinya movefirst
>>> > dengan syarat jika lrec lebih dari 1. Set nilai lrec menjadi 1 setelah
>>> > melakukan movefirst pada record set
>>> > 6. susun prosedur untuk lompat ke record terakhir (movelast) ketika
>>> > lrec
>>> > belum mencapai jumlah record dan set lrec menjadi jumlah record
>>> > setelah
>>> > movelast
>>> > 7. susun prosedur untuk lompat ke record berikut (movenext) ketika
>>> > lrec
>>> > belum mencapai jumlah record dan set lrec bertambah 1 setelah movenext
>>> > 8. susub prosedur untuk lompat ke record sebelum (moveprevious) ketika
>>> lrec
>>> > lebih dari 1 dan set lrec berkurang 1 setelah moveprevious
>>> > 9. susun prosedur untuk baca record dan menulis ke object penampilan
>>> data
>>> > 10. ubah seluruh prosedur yang bertugas untuk meng-query ulang agar
>>> selalu
>>> > memanggil prosedur nomor 4.
>>> > 11. susun prosedur menuju record tertentu yang berisi proses buka db
>>> > (panggil nomor 4) dilanjutkan loop berisi movenext sampai lrec
>>> > bernilai
>>> > sama dengan yang diinginkan.
>>> >
>>> > Wassalam,
>>> > Kid.
>>> >
>>> > 2013/2/8 Heru Safrudin superheruu@gmail.com>
>>> >
>>> >> Yth, Miss Jan, terima kasih infonya
>>> >>
>>> >> Maksud saya posisi record di database, bukan nilai suatu kontrol
>>> >> Misal kita klik tombol Next, tombol Next mengerjakan rs.movenext....
>>> >> nah perintah next tadi pindah ke posisi record ke berapa ?
>>> >> baru ditampilkan di label1.caption
>>> >>
>>> >> Begitu
>>> >>
>>> >> Pada tanggal 07/02/13, Jan Raisin miss.jan.raisin@gmail.com>
>>> >> menulis:
>>> >> > Wa'alaikumsalam wr. wb.,
>>> >> >
>>> >> > Asumsi: tombol Next dan Previous menggunakan Spin Button, dan
>>> >> > Current
>>> >> > Record ditampilkan di Label
>>> >> >
>>> >> > maka untuk menampilkan posisi record bisa memanfaatkan event change
>>> >> > milik
>>> >> > spin button tersebut
>>> >> >
>>> >> > spinbutton1.value = ambil_posisi_recordnya
>>> >> > label1.caption = spinbutton1.value
>>> >> >
>>> >> >
>>> >> > secara default nilai minimal spin button adalah nol dan nilai
>>> maksimal
>>> >> > adalah 100, tetapi nilai ini bisa diubah.
>>> >> >
>>> >> > Wassalam,
>>> >> >
>>> >> > -Miss Jan Raisin-
>>> >> >
>>> >> > Pada 7 Februari 2013 14.54, Heru Safrudin superheruu@gmail.com>
>>> >> menulis:
>>> >> >
>>> >> >> Dear Master,
>>> >> >>
>>> >> >> Saya ingin memberi tampilan pada form dengan tombol Next dan
>>> Previous
>>> >> >> Nah sekarang bagaimana command untuk menampilkan current record
>>> >> >> tersebut
>>> >> >> ?
>>> >> >> --
>>> >> >> Terima kasih
>>> >> >>
>>> >> >> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>>> >> >> Heru Safrudin
>>> >> >>
>>> >> >>
>>> >> >> ------------------------------------
>>> >> >>
>>> >> >>
>>> ----------------------------------------------------------
>>> >> >> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
>>> >> >> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>>> >> >>
>>> >> >> posting ke milis, kirimkan ke:
>>> >> >> belajar-excel@yahoogroups.com
>>> >> >>
>>> >> >> berkunjung ke web milis
>>> >> >> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>>> >> >>
>>> >> >> melihat file archive / mendownload lampiran
>>> >> >> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
>>> >> >> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
>>> >> >> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>>> >> >>
>>> >> >> menghubungi moderators & owners:
>>> belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>>> >> >>
>>> >> >> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
>>> >> >> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
>>> >> >>
>>> >>
>>> ----------------------------------------------------------Yahoo!
>>> >> >> Groups Links
>>> >> >>
>>> >> >>
>>> >> >>
>>> >> >>
>>> >> >
>>> >>
>>> >>
>>> >> --
>>> >> Terima kasih
>>> >>
>>> >> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>>> >> Heru Safrudin
>>> >>
>>> >>
>>> >> ------------------------------------
>>> >>
>>> >> ----------------------------------------------------------
>>> >> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
>>> >> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>>> >>
>>> >> posting ke milis, kirimkan ke:
>>> >> belajar-excel@yahoogroups.com
>>> >>
>>> >> berkunjung ke web milis
>>> >> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>>> >>
>>> >> melihat file archive / mendownload lampiran
>>> >> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
>>> >> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
>>> >> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>>> >>
>>> >> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>>> >>
>>> >> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
>>> >> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
>>> >>
>>> ----------------------------------------------------------Yahoo!
>>> >> Groups Links
>>> >>
>>> >>
>>> >>
>>> >>
>>> >
>>>
>>>
>>> --
>>> Terima kasih
>>>
>>> وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>>> Heru Safrudin
>>>
>>>
>>> ------------------------------------
>>>
>>> ----------------------------------------------------------
>>> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
>>> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>>>
>>> posting ke milis, kirimkan ke:
>>> belajar-excel@yahoogroups.com
>>>
>>> berkunjung ke web milis
>>> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>>>
>>> melihat file archive / mendownload lampiran
>>> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
>>> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
>>> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>>>
>>> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>>>
>>> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
>>> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
>>> ----------------------------------------------------------Yahoo!
>>> Groups Links
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>

--
Terima kasih

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Heru Safrudin

Fri Feb 8, 2013 9:35 pm (PST) . Posted by:

"Agiftandrõsuno Hu Z" giftasunohu

Makasih Pak Bagus...
Saya coba dulu yaaa..
Mohon kesabarannya jika saya ada pertanyaan lagi hehhe

makasih banyak.. :)

Salam,
Gita

________________________________
Dari: Bagus bagus@kingjim.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 8 Februari 2013 14:20
Judul: Re: [belajar-excel] Cara mengambil tanggal dan nama hari dari bulan bersangkutan


 

Dear Gita;
 
Cara:
1. Block A8:C19, Pilih data -> List -> Resize
list, A8:C19 ubah menjadi A8:A19
2. Edit tanggal pada cell D8: 1/1/2012 ubah
menjadi 12/1/2012
3. Drag ke kanan sesuai keinginan (di excel-ku g cukup kalo
dibuat sampe nov 2013)
4. kembalikan list seperti sediakala A8:C19
5. Atur
print area -> break page
6. selesai
 
Cara mem-block abu2 pada hari minggu dan hari
libur.
1. Buat baris bantu pada baris 3 dan 4
2. Pada D3 ketik formula
=IF(D7="min",1,"") copy kekanan
3. Pada baris 4 (D4:HG4) lihat kalender
(input manual) kalo hari libur maka isi 1
4. Block D7:HG7 masuk k conditional
formating. isi Formula Is dengan: =SUM(D$3:D$4)>=1 Format dgn warna
abu2
5. Selesai

File terlampir, semoga bisa dipahami
 
 
Wassalam
~ Bagus~
 
----- Original Message -----
>From: Agiftandrõsuno Hu Z
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, February 08, 2013 12:27 PM
>Subject: Bls: [belajar-excel] Cara mengambil tanggal dan nama hari dari bulan bersangkutan
>

>Dear Pak Bagus,
>Trimakasih file+solusi nya,,
>Jika boleh tahu,, caranya gimana tha itu..?? heheh...
>Terus kan Pak, pengennya setiap hari minggu dan libur nasional pada bulan2 bersangkutan di blok abu-abu..
>Apakah bisa dan mohon pencerahan caranya bagaimana?...
>
>
>Makasih yaa...
>
>
>Salam,
>Gita
>
>________________________________
> Dari: Bagus bagus@kingjim.co.id>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Jumat, 8 Februari 2013 10:50
>Judul: Re: [belajar-excel] Cara mengambil tanggal dan nama hari dari bulan bersangkutan
>
>

>Dear Gita;

>File terlampir semoga sesuai harapan

>Wassalam
>~ Bagus~
>----- Original Message -----
>>From: Agiftandrõsuno Hu Z
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Friday, February 08, 2013 9:47 AM
>>Subject: [belajar-excel] Cara mengambil tanggal dan nama hari dari bulan bersangkutan
>>
>> 
>>Dear All,
>>
>>
>>Saya ingin mengambil nama hari berdasarkan tanggal dari bulan Desember 2012 hingga bulan Juni 2013 atau kemungkinan November 2013, 
>>Saya uda coba-coba tapi belum berhasil..
>>Excelnya cuma bisa ambil nama hari berdasarkan tanggal pada bulan Desember 2013 padahal yang saya inginkan dimulai dari Desember 2012..
>>
>>
>>Mohon bantuan para master semua..
>>
>>
>>Thanks,
>>
>>
>>Gita.
>
>

Fri Feb 8, 2013 9:35 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Kalau sudah dibuatkan template, kan data dari cabang bisa send via email,
Tampung file yg dikirim dari cabang ke suatu folder kemudian tinggal
klik tombol PROCESS, selesai dah

Pada tanggal 08/02/13, Rachmad HIDAYAT
rachmad.hidayat@external.total.com> menulis:
> Oo begitu ya, bangun sistem jelas butuh biaya lagi ya.. :)
> Ohya Mba Jen, Apa bisa di sharing contoh otomatisasi VBA absensi dengan
> banyak file tsb
> Jazaakillah bantuannya
>
> Terima Kasih,
> Rachmad Hidayat
>
> From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
> On Behalf Of Jan Raisin
> Sent: 07 February 2013 09:32
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: Re: [belajar-excel] Updated Mingguan Absensi vi system online
>
>
>
> Kalo di tempat Jan, absensi sudah dilakukan melalui web, jadi untuk rekap
> absensi dapat dilakukan secara on line dan real time walau pun letak kantor
> cabang berbeda pulau.
>
> Untuk ini tentu saja diperlukan bantuan dari divisi IT untuk membangun
> sistem tersebut.
>
> Atau mungkin untuk proses copas bisa dilakukan secara otomatisasi
> menggunakan vba, dibutuhkan template yang seragam dan nama file yang mirip,
> contoh :AbsenCab01.xlsx, AbsenCab02.xlsx, AbsenCab03.xlsx dst yang terletak
> di dalam folder yang sama.
>
> Semoga bermanfaat.
>
> Best Regards,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> Pada 7 Februari 2013 07.22, Rachmad HIDAYAT
> rachmad.hidayat@external.total.comrachmad.hidayat@external.total.com>>
> menulis:
>
> Dear all my friends..
>
> Saya punya aktifitas mingguan mengupdated absensi mingguan masing masing
> wilayah kerja perusahaan,yang saya updated adalaha; apakah ada karyawan yang
> ijin,masuk dan sakit. Nah biasanya saya berikan template EXCEL yang mereka
> akan isi dan saat meeting mingguan bersama2 mereka akan menyerahkan data2
> tersebut dalam bentuk EXCEL file. Setelah itu saya akan copy paste ke MASTER
> data EXCEL saya untuk di gabungkan.
> Menurut saya pekerjaan ini cukup membosankan dan melelahkan juga, karena
> saya harus meng copas setiap pekan. Ini baru dua wilayah, bagaimana kalo
> sudah 5 -10 wilayah.
> Nah saya terpikir apakah ada cara untuk meringankan kerjaan saya yakni
> menggabungkan data tersebut secara online, maksudnya semua orang di
> wilayah masing2 mengisi data tersebut secara online d templete excel online
> dan saat meeting mingguannya saya hanya tinggal membuka data online tersebut
> dan..waaalaaa.. data sudah ada semua dari beberapa wilayah cabang
> perusahaan...
> Kira-kira teman-teman punya ngga informasi dan cara bagaimana mimpi saya ini
> terwujudkan...
> Sebelumnya terima kasih atas sharing ilmunya
>
> Terima Kasih,
> Rachmad Hidayat
>
>
>
>

--
Terima kasih

������������ ���������� ���������� ����� �������������
Heru Safrudin

Fri Feb 8, 2013 9:36 pm (PST) . Posted by:

"Jaka Kamirin Kamirin" kamirin_2



________________________________

Dear be Exceller,

Mohon bantuannya, bagaimana caranya agar tampilan pivot di Row Labels bisa beda kolom dari 3 header yang berbeda,
misal, pada tampilan pivot, saya inginsbb :
- PJ ada dikolom A
- Sub-PJ ada dikolom B
- Kode Pel ada di kolom C

jadi ke-3 Header tsb tidak dalam 1 kolom.

bagaimana yaa cara menyettingnya?

soalnya saya bisa menggunakan Pivot di ver. 2003, jd awam dengan ver 2007 ke atas.

Thanks,
KMR

Fri Feb 8, 2013 9:46 pm (PST) . Posted by:

"Saifudin Mnp" saifmnp@ymail.com

Salam
PivotTable Tools--Options--Display
Check pada Classic PivotTable layout (enables dragging of fields in the grid)

Semoga sesuai

________________________________
Dari: Jaka Kamirin Kamirin kamirin_2@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 9 Februari 2013 12:02
Judul: [belajar-excel] Tampilan Pivot 2007


 

________________________________

Dear be Exceller,

Mohon bantuannya, bagaimana caranya agar tampilan pivot di Row Labels bisa beda kolom dari 3 header yang berbeda,
misal, pada tampilan pivot, saya inginsbb :
- PJ ada dikolom A
- Sub-PJ ada dikolom B
- Kode Pel ada di kolom C

jadi ke-3 Header tsb tidak dalam 1 kolom.

bagaimana yaa cara menyettingnya?

soalnya saya bisa menggunakan Pivot di ver. 2003, jd awam dengan ver 2007 ke atas.

Thanks,
KMR

Fri Feb 8, 2013 9:58 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba ganti design layout menjadi tabular.
Pivot table xl2007 ke atas ada 3 layout, yaitu : compact, outline, tabular
Tabular seperti pada xl2003 (classic pivot table layout jika dari pivot
table options)

Cara menuju pivot table design layout :
klik pivot table -> tab (menu) Pivot Table Tools -> ribbon Design -> grup
Layout -> report layout -> pilih jenis layout (misal Tabular agar sama
dengan xl2003)

Wassalam,
Kid.

2013/2/9 Jaka Kamirin Kamirin kamirin_2@yahoo.co.id>

> **
>
>
>
>
> ------------------------------
> **
> Dear be Exceller,
>
> Mohon bantuannya, bagaimana caranya agar tampilan pivot di Row Labels bisa
> beda kolom dari 3 header yang berbeda,
> misal, pada tampilan pivot, saya inginsbb :
> - PJ ada dikolom A
> - Sub-PJ ada dikolom B
> - Kode Pel ada di kolom C
>
> jadi ke-3 Header tsb tidak dalam 1 kolom.
>
> bagaimana yaa cara menyettingnya?
>
> soalnya saya bisa menggunakan Pivot di ver. 2003, jd awam dengan ver 2007
> ke atas.
>
> Thanks,
> KMR
>
>
>

Fri Feb 8, 2013 9:58 pm (PST) . Posted by:

"Saifudin Mnp" saifmnp@ymail.com

Salam
PivotTable Tools--Options--Display
Check pada Classic PivotTable layout (enables dragging of fields in the grid)
Total&Filters; Check pada Allow multiple filters per field
Semoga sesuai

________________________________
Dari: Jaka Kamirin Kamirin kamirin_2@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 9 Februari 2013 12:02
Judul: [belajar-excel] Tampilan Pivot 2007


 

________________________________

Dear be Exceller,

Mohon bantuannya, bagaimana caranya agar tampilan pivot di Row Labels bisa beda kolom dari 3 header yang berbeda,
misal, pada tampilan pivot, saya inginsbb :
- PJ ada dikolom A
- Sub-PJ ada dikolom B
- Kode Pel ada di kolom C

jadi ke-3 Header tsb tidak dalam 1 kolom.

bagaimana yaa cara menyettingnya?

soalnya saya bisa menggunakan Pivot di ver. 2003, jd awam dengan ver 2007 ke atas.

Thanks,
KMR

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar