Sabtu, 02 Maret 2013

[belajar-excel] Digest Number 2128

15 New Messages

Digest #2128
1a
Re: Calendar 210 by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1b
Re: Calendar 210 by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
2a
Re: Cash dan Transfer Report by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
4a
Re: Input Data Absensi by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Fw: [belajar-excel] VBA Sumif ke-n by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
6a
Re: VBA Sumif ke-n by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6b
6c
Re: VBA Sumif ke-n by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
7b
Re: bagaimana cara pasang Pasword di excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7c
Re: bagaimana cara pasang Pasword di excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8a
Formula laporan bulanan diambil dari databs by "syam ero" syamero@ymail.com
8b
Re: Formula laporan bulanan diambil dari databs by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Sat Mar 2, 2013 4:24 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Kalo ndak salah,

Calendar control bisa digunakan jika komputer telah meregister library
mscal.ocx
Library mscal.ocx yang ada adalah yang 32 Bit (kalau ada yang punya 64 Bit
mohon di share ke milis).
Karena adanya 32 Bit, maka office yang bisa menggunakannya juga yang 32 Bit.

Semua yang 32 Bit akan tinggal dengan nyaman di operating system 32 Bit
seperti Windows sekiun 32 Bit.
Pada OS 32 Bit, semua library termasuk yang untuk aplikasi 32 Bit akan
tinggal di folder Windows\System32

Meski demikian, semua library yang 32 Bit disediakan kamar khusus di
operating system 64 Bit seperti Windows 7 64 Bit dsb, yang disebut
Windows\SysWOW64

Pada kasus mscal.ocx 32 Bit, versi office apapun asal yang 32 Bit bisa
menggunakannya asalkan :
1. ada file mscal.ocx dalam komputer
2. telah meregister file mscal.ocx tersebut sebagai library 32 Bit kedalam
OS komputer.

Cara register :
1. buka MS DOS Prompt
>> Desktop -> Start -> All Program -> Acessories -> klik kanan Command
Prompt -> Run as Administrator
2. pada OS 32 Bit tulis : (diakhiri ENTER)
cd\Windows\System32
pada OS 64 Bit tulis : (diakhiri ENTER)
cd\Windows\SysWOW64
3. lakukan registrasi library, ketik :
regsvr32 drive:\folder\subfolder\mscal.ocx
* ganti drive: dengan nama drive lokasi file, misal C: atau D: dsb
* ganti folder\subfolder dengan nama folder dan subfolder lokasi file
mscal.ocx
Contoh : mscal.ocx diletakkan di drive G folder myLib dalam sub folder
OhMyLib
maka register dengan :
regsvr32 G:\myLIb\OhMyLib\mscal.ocx
4. jika muncul pesan sukses, maka library siap dipakai. Jika tidak, cari
file mscal.ocx lain di internet dan lakukan registrasi lagi

Wassalam,
Kid.

2013/3/2 Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Saya blm coba. Silakan dicoba dulu. Kalo ga bisa, berarti calendar
> controlnya harus yg versi sebelumnya.
>
> Salam,
> HK
>
>
> Sent from Samsung Mobile
>
> fajarandre254@yahoo.com wrote:
>
>
> Kalo di pakai do excel 2007, bisa gk pak?
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
> *From: * hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 1 Mar 2013 21:05:17 -0800 (PST)
> *To: *belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *[belajar-excel] Re: Calendar 210
>
>
>
> Maksud saya bukan Calendar 2010 tapi Calendar untuk Excel 2010.
>
> Salam,
> HK
>
> ------------------------------
> *From:* hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Saturday, 2 March 2013, 12:03
> *Subject:* Calendar 210
>
> Buat rekan2 yang butuh tampilan calendar 2010 untuk menginput tanggal
> pada sel, ini contoh sederhananya.
> Saya menggnakan Event DoubleClick
> ToolBox pada UserFormnya pake Additional Control "Calendar Control 9.0"
>
> Salam,
> HK
>
>
>
>
>

Sat Mar 2, 2013 4:39 am (PST) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih Mr. Kid atas tambahan penjelasannya.

Salam,k
HK

Sent from Samsung Mobile"Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com> wrote:Kalo ndak salah,

Calendar control bisa digunakan jika  komputer telah meregister library mscal.ocx
Library mscal.ocx yang ada adalah yang 32 Bit (kalau ada yang punya 64 Bit mohon di share ke milis).
Karena adanya 32 Bit, maka office yang bisa menggunakannya juga yang 32 Bit.

Semua yang 32 Bit akan tinggal dengan nyaman di operating system 32 Bit seperti Windows sekiun 32 Bit.
Pada OS 32 Bit, semua library termasuk yang untuk aplikasi 32 Bit akan tinggal di folder Windows\System32

Meski demikian, semua library yang 32 Bit disediakan kamar khusus di operating system 64 Bit seperti Windows 7 64 Bit dsb, yang disebut Windows\SysWOW64

Pada kasus mscal.ocx 32 Bit, versi office apapun asal yang 32 Bit bisa menggunakannya asalkan :
1. ada file mscal.ocx dalam komputer
2. telah meregister file mscal.ocx tersebut sebagai library 32 Bit kedalam OS komputer.

Cara register :
1. buka MS DOS Prompt
>> Desktop -> Start -> All Program -> Acessories -> klik kanan Command Prompt -> Run as Administrator
2. pada OS 32 Bit tulis : (diakhiri ENTER)
      cd\Windows\System32
    pada OS 64 Bit tulis : (diakhiri ENTER)
      cd\Windows\SysWOW64
3. lakukan registrasi library, ketik :
      regsvr32 drive:\folder\subfolder\mscal.ocx
* ganti drive:   dengan nama drive lokasi file, misal C:  atau D: dsb
* ganti folder\subfolder   dengan nama folder dan subfolder lokasi file mscal.ocx
Contoh : mscal.ocx diletakkan di drive G folder myLib dalam sub folder OhMyLib
maka register dengan :
   regsvr32  G:\myLIb\OhMyLib\mscal.ocx
4. jika muncul pesan sukses, maka library siap dipakai. Jika tidak, cari file mscal.ocx lain di internet dan lakukan registrasi lagi

Wassalam,
Kid.

2013/3/2 Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
 
Saya blm coba. Silakan dicoba dulu. Kalo ga bisa, berarti calendar controlnya harus yg versi sebelumnya.

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile

fajarandre254@yahoo.com wrote:
 
Kalo di pakai do excel 2007, bisa gk pak?

Powered by Telkomsel BlackBerry®
From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 1 Mar 2013 21:05:17 -0800 (PST)
To: belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Re: Calendar 210

 
Maksud saya bukan Calendar 2010 tapi Calendar untuk Excel 2010.

Salam,
HK

From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 2 March 2013, 12:03
Subject: Calendar 210

Buat rekan2 yang butuh tampilan calendar 2010 untuk menginput tanggal pada sel, ini contoh sederhananya.
Saya menggnakan Event DoubleClick
ToolBox pada UserFormnya pake Additional Control "Calendar Control 9.0"

Salam,
HK

Sat Mar 2, 2013 5:09 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Juwono,

Pada pivot table options ada tab Data yang dapat disetting agar pivot table
tidak menyimpan data source. Dengan demikian, maka pivot table tidak akan
mempercepat pembengkakan ukuran file, alias tergabntung jumlah data yang
ditampilkan.
Dalam menggunakan pivot table, jangan terlalu suka membuat pivot table,
tetapi copy pivot table lain yang sumber datanya sama. Pilih selalu sumber
data yang lengkap (seluruh kolom dan baris data di tabel data sumber).
Jika Bapak memiliki 15 sheet sumber data untuk membentuk 700 report, maka
hanya butuh membuat 15 pivot table bersumber dari masing-maisng sheet data,
kemudian meng-copy pivot table yang sesuai kebutuhan itu ke 700 sheet
report (sesuai kebutuhan) dan menata setiap report yang dibutuhkan.

Semakin banyak report yang dihasilkan dari satu kali pembuatan pivot table,
maka semakin lambat pembengkakan ukuran file.
Satu kali membuat pivot table baru sama saja membentuk satu jenis chasis
pivot data. Satu jenis chasis data bisa membentuk banyak body report.

File terlampir sekedar ilustrasi ketika dari 1 sumber data (1 sheet bernama
data) akan dibentuk menjadi berbagai report (contohnya 2 report saja).
File formula.xls adalah dengan formula, dan file pivot_table adalah dengan
pivot table.
Mungkin datanya belum cukup mewakili karena dibatasi peraturan milis ukuran
file attachments adalah max 250KB, tetapi setidaknya bisa memberi sedikit
gambaran tentang efisiensi pemanfaatan pivot table untuk beberapa bentuk
summary sederhana.
Kadang kala, pengolahan formula yang rumit seperti mencari unique list
untuk sumber data validation misalnya, akan lebih simple jika dibantu oleh
pivot table, karena hemat formula (tidak perlu array formula unique list).

Wassalam,
Kid,

2013/3/2 Juwono Radyanto Edi juwono.re2002@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Terima kasih banyak atas link nya, akan saya pelajari lebih lanjut.
> Untuk penggunaan pivot, saya hanya khawatir file nya sepertinya akan
> menjadi besar. Tapi akan saya coba seberapa besar.
> Thx Mr. Kid
>
> Juwono
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Jumat, 1 Maret 2013 20:45
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Cash dan Transfer Report
>
>
> Hai Juwono,
>
> Kasus seperti ini disebut filtering.
> Filtering dengan formula biasanya menggunakan array formula filtering
> sebagai penyusun indeks posisi baris data yang akan diambil.
> Array formula filtering bisa dibaca disinihttp://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/formula-filter-data-filtering-formula.html>
> .
>
> Coba juga untuk memanfaatkan fitur pivot table.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/3/1 Juwono Radyanto Edi juwono.re2002@yahoo.com>
>
> **
>
> Dear all,
>
> Mohon bantuannya akan hal berikut ini.
> Pada intinya, dari sheet DATA, akan dipecah ke sheet Cash dan Transfer.
> Kalau pembayarannya cash maka NIK nya akan muncul di sheet Cash begitu juga
> kalau trfansfer, maka hanya akan muncul di sheet transfer. Mohon
> pencerahannya. Lampiran saya sertakan.
> jika pernah di bahas, mohon di berikan link nya
>
> Terima kasih banyak
> Juwono
>
>
>
>
>
>

Sat Mar 2, 2013 5:27 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Karena cara kerja macro di Lotus bebeda dengan Excel, menurut pendapat saya Macronya harus ditulis ulang.
Seingat saya macro di Lotus diawali dengan perintah dalam bentuk tanda "/" sedangkan di Excel didahului dengan Objectnya.

Kalau prosesnya dijelaskan dalam file yang telah dikonversi, saya yakin akan banyak rekan yang dapat membantu membuatkan macronya.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Rahagung Dananjoyo danank_01@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 2 March 2013, 9:49
Subject: Re: [belajar-excel] Convert file Lotus .WK3 menjadi file excel 2003/2007


 

Saya mengkonversi nya hanya dengan membuka file lotus .wk3 menggunakan excel 2003, beberapa rumus perhitungan yang ada bisa ikut ter-convert juga. Namun karena ada rumus macro nya sehingga file excel hasil convert nya tetap tidak bisa dijalankan. Kira-kira solusinya seperti apa ya?

Tujuan saya melakukan konversi file lotus ini supaya penggunaannya lebih fleksibel di PC manapun dan lebih mudah dipahami, karena tidak banyak operator komputer di kantor yang paham tentang lotus.
 

________________________________
From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, March 2, 2013 9:33 AM
Subject: Fw: [belajar-excel] Convert file Lotus .WK3 menjadi file excel 2003/2007


 
Kebetulan ada tetangga kantor saya yang bosnya masih enjoy pake lotus.
Kalau anda sdh dapat konversinya bisa tolong di share ?

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, 2 March 2013, 9:29
Subject: RE: [belajar-excel] Convert file Lotus .WK3 menjadi file excel 2003/2007


 
Bahasa macro di lotus memang berbeda dari excel. Mis u looping di lotus pake branch atau \nama di exel pake for atau do, untuk mengambil data di lotus pake put di excel pake index dan match.

Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
danank danank_01@yahoo.com> wrote:
 
Dear para pakar excel,

Saya mempunyai beberapa file lotus .wk3 yang digunakan untuk operasional laporan di kantor. Kami ingin mengubah atau convert file lotus tersebut menjadi file excel 2003/2007.

Saya sudah mencoba melakukan convert file lotus wk3 menjadi file excel 2003. Beberapa rumus dari lotus sudah bisa masuk ke file excel. Namun ada beberapa rumus macro di lotus yang tidak bisa di convert ke excel.

Bagaimana cara untuk convert rumus macro di lotus menjadi macro di excel?

Terima kasih

Sat Mar 2, 2013 5:40 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oh berarti tetap harus berbentuk output sekaligus dan bukan untuk membentuk
sumber data.

1. Coba pelajari loop dengan For Next dan For Each Next
2. Dibutuhkan 2 loop, yaitu :
>> A. loop terhadap daftar nama di sheet input dengan For Each Next
>> B. loop terhadap daftar tanggal di sheet input yaitu For Next
3. Loop B ada didalam loop A
for each variabel_range in range_daftar_nama_input 'ini loop A
for lDay=0 to 5 'ada 6 hari input -> loop B
'proses ambil nilai disini

'cek masuk lalu susun datetime masuk
'cek keluar lalu susun datetime keluar

'simpan lokasi baris penulisan dengan Find tanggal di
kolom A sheet hasil
'simpan lokasi kolom penulisan dengan Find kode di
baris 1 sheet hasil

'tulis semua data (1 paket berisi 1 baris x 3 kolom
data)
next lDay
next variabel_range

4. dari nama (variabel_range) untuk mendapatkan nilai kolom HH Masuk setiap
day membutuhkan Offset kolom sebanyak lDay*5 + 1
variabel_range.offset( 0 , lDay*5 + 1 )

artinya, untuk mendapatkan nilai kolom MM Masuk adalah + 2, HH Keluar
adalah +3 dst sampai keterangan

5. Simpan semua data (dari HH Masuk sampai Ket) kedalam 5 variabel, misal
lHHMasuk,lMMMasuk,lHHKeluar,lMMKeluar,sKet
seperti :
lHHMasuk=variabel_range.offset( 0 , lDay*5 + 1 ).value
6. Proses ini diletakkan didalam loop B.
7. usai proses ambil nilai, maka diperlukan cek terhadap data nilai lHH dan
lMM baik masuk atau keluar agar pasti bisa dibentuk menjadi data bertipe
datetime
8. jika hasil cek OK, maka disusunlah data bertipe datetime dan disimpan
dalam variabel tertentu.
Misal, untuk datetime masuk disimpan di variabel bernama dtMasuk dan
bisa didapat dengan :
dtMasuk=timevalue( lHHMasuk & ":" & lMMMasuk & ":00" )
9. langkah berikutnya adalah menyimpan nomor baris Excel (Excel Row) lokasi
tanggal input di kolom A sheet hasil dan nomor kolom Excel (Excel Column)
lokasi kode karyawan di baris 1 sheet hasil
10. tulis semua data (dtMasuk,dtKeluar, dan sKet -> 1 paket data) ke cell
yang diketahui nomor baris Excel dan nomor kolom Excel tersebut.
Misal untuk Data Masuk (dtMasuk)
sheets("nama sheet output").cells( lBarisExcel , lKolomExcel
).value = dtmasuk
Misal untuk Data Keluar (dtKeluar)
sheets("nama sheet output").cells( lBarisExcel ,
lKolomExcel + 1).value = dtmasuk

Selamat mencoba.

Wassalam,
Kid.

2013/3/2 agung aldhino d_nozz@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Terima kasih Mr. Kid
> File yang dikirim sudah saya coba. tapi masih kurang. karena data masih
> bisa double jika kita input lagi data pada tanggal yang sama.
> saya sudah coba membuat dengan macro. tapi masih error, karena menggunakan
> For .... Next.
> sebelumnya tidak menggunakan for...next bisa. tapi kode VBA nya terlalu
> panjang.
> jadi tadinya sengaja ingin menggunakan for....Next untuk membuat kode VBA
> nya lebih simple.
> pada intinya saya ingin membuat kode VBA nya tanpa adanya sheet atau cell
> bantuan.
> hehehehe.... soalnya jika dipikir pakai logika harusnya bisa. cuma sayang
> saya masih belum paham dengan bahasa VBA.
> saya pikir dengan VBA segala hal yang kita pikir mustahil sepertinya bisa
> dilakukan asal kita paham dan punya kemauan untuk berkreasi dengan bahasa
> VBA nya...
> jadi mungkin ada master excel yang bisa membantu permasalahan ini.
>
> Wassalam,
> Agung
>
> *Dari:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Kamis, 28 Februari 2013 18:24
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Input Data Absensi
> **
>
> Coba file terlampir yang menggunakan tabel bantu penyusun data.
> Susunan sheet data dipilih yang berorientasi vertikal
> Sheet Database Absensi lebih layak disebut salah satu bentuk output yang
> bisa disusun menggunakan formula.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>

Sat Mar 2, 2013 5:53 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Mudah2an contoh terlampir bisa memberikan gambaran dan sesuai dengan yang diharapkan.

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, 2 March 2013, 18:04
Subject: RE: [belajar-excel] VBA Sumif ke-n


Cara termudah adalah dgn macro recording, tulis function yg diinginkan kmdn stop recording.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Cara termudah adalah dgn macro recording, tulis function yg diinginkan kmdn stop recording.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Suyatno ocha.yatno@gmail.com> wrote:

 
Dear Master
Saya lagi belajar macro pingin tahu kode row ke-n itu bagaimana
mudahnya
u/ mepermudah maksudnya contoh sbb
Item Qty SumiF
a 1 1
a 2 3
a 3 6
 
Sebelum & sesudahnya makasih
Salam
Ocha

Dear Master

Saya lagi belajar macro pingin tahu kode row ke-n itu bagaimana mudahnya

u/ mepermudah maksudnya contoh sbb

Item

Qty

SumiF

a

1

1

a

2

3

a

3

6

 

Sebelum & sesudahnya makasih

Salam

Ocha

Sat Mar 2, 2013 5:59 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Ocha,

Mau belajar Macro ya...

Coba :
1. di worksheet (di kolom SumIF cell pertama hasil -> misalkan itu di C2),
tulis formula berikut :
=n(C1) + B2
2. copy formula ke cell C3 dan C4 dan periksa hasilnya.
3. kalau sudah cocok, lanjutkan ke langkah 4. Jika belum cocok, lampirkan
workbook hasil uji coba 2 langkah di atas ke milis.
4. hapus semua formula di C2:C4
5. lihat ke jejeran menu (ribbon di xl2007), dan cari yang namanya Developer
6. jika tidak ada, munculkan dengan cara (xl2007) [sesuaikan langkahnya
untuk versi 2010. versi 2003 ndak perlu]
- klik office button (bunder di pojok kiri atas layar) -> tekan Excel
Options (kanan bawah dikiri Exit di menu yang terhampar)
- lihat sisi kiri (page) -> pilih Popular -> lihat sisi kanan (details)
-> centang Show developer blablabla -> tekan OK sampai kembali ke worksheet
- lihat jejeran ribbon lagi, mestinya sudah ada
7. mulai record macro
- klik ribbon Developer -> lihat grup Code -> ada tombol Record Macro
(tombol ini kalau dipencet, akan berubah menjadi bertuliskan Stop
Recording, ingat ini ya)
- klik si tombol Record Macro
- tulis nama macronya (disebut nama prosedur), misal KidGanteng -> lalu
tekan OK
- klik cell C2
- tulis formual tadi itu, yang bunyinya : (tekan ENTER kalau dah
selesai nulis formula ya)
=n(C1) + B2
- klik lagi C2 -> tekan CTRL C untuk Copy
- blok C2 sampai C4
- tekan CTRL V untuk paste formula
8. sekarang stop recording
- tekan tombol Stop Recording (itu loh, tombol yang tadi tulisannya
Record Macro)
9. lakukan save dengan cara :
- tekan ALT F lalu ikuti dengan menekan A -> ALT F A
- cari dan lihat tulisan Save as type
- pilih dari pilihan yang ada yang ada bunyi .xls
- kalau gak nemu, pilih yang .xlsm
- masih gak nemu ?, coba pilih .xlsb
- kalau dah nemu salah satu, tekan tombol Save
10. selesai

Cara run macro :
ke ribbon Developer -> grup Code -> klik tombol Macro -> pilih nama macro
(atau nama prosedur) -> tekan tombol Run
>> karena tadi nama macro waktu record adalah KidGanteng, maka pilih
nama itu

Biasanya belajar Macro dimulai dengan kenal yang namanya Macro.
Cara di atas adalah salah satu sisi pintu masuk untuk mengenal Macro.
Setelah masuk, silakan baca-baca file (unduh dulu kali ya) dari website
milis (butuh login Yahoo) yang ada di folder Files
yang nama filenya ada bunyi VBA At Glance gitu (ini file warisane mbake loh)

oh iya, kalau ada yang ndak pas, mohon dimaafken

Wassalam,
Kid.

2013/3/2 Suyatno ocha.yatno@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Master****
>
> Saya lagi belajar macro pingin tahu kode row ke-n itu bagaimana mudahnya *
> ***
>
> u/ mepermudah maksudnya contoh sbb ****
>
> Item****
>
> Qty****
>
> SumiF****
>
> a****
>
> 1****
>
> 1****
>
> a****
>
> 2****
>
> 3****
>
> a****
>
> 3****
>
> 6****
>
> ** **
>
> Sebelum & sesudahnya makasih****
>
> Salam****
>
> Ocha****
>
>
>

Sat Mar 2, 2013 6:34 am (PST) . Posted by:

"Suyatno"

Makasih P’respon dan nasehatnya tapi klo ga keberatan boleh share code VBAnya

Salam

Ocha

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Hendrik Karnadi
Sent: 02 Maret 2013 18:05
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] VBA Sumif ke-n

Cara termudah adalah dgn macro recording, tulis function yg diinginkan kmdn stop recording.

Salam,

HK

Sent from Samsung Mobile

Suyatno ocha.yatno@gmail.com> wrote:


Dear Master

Saya lagi belajar macro pingin tahu kode row ke-n itu bagaimana mudahnya

u/ mepermudah maksudnya contoh sbb

Item

Qty

SumiF

a

1

1

a

2

3

a

3

6

Sebelum & sesudahnya makasih

Salam

Ocha

_____

No virus found in this message.
Checked by AVG - www.avg.com
Version: 10.0.1430 / Virus Database: 2641/5641 - Release Date: 03/01/13

Sat Mar 2, 2013 6:52 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Code VBA nya ada dalam file yang saya lampirkan dalam jawaban susulan.
Jika kita tekan tombol Alt F11 secara bersamaan maka akan tampak Code seperti ini:
Sub Macro1()
    Selection.FormulaR1C1 = "=SUMIF(R1C1:RC[-2],RC[-2],R1C2:RC[-1])"
End Sub

(code warna hijau diabaikan, tidak diexecute)
Selection adalah range yang diselect
FormulaR1C1 adlah formula yang mengacu kepada "dinamika"; sel
R1C1 adalah sel A1
RC[-2] adalah sel yang ada pada baris yang sama ke kiri 2 kolom [-2] dari ActiveCell

R1C2 adalah sel A2

RC[-1] adalah sel yang ada pada baris yang sama ke kiri 1 kolom [-1] dari ActiveCell

Semoga penjelasan di atas cukup jelas.

Salam,
HK

________________________________
From: Suyatno ocha.yatno@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, 2 March 2013, 18:18
Subject: RE: [belajar-excel] VBA Sumif ke-n


 
Makasih P’respon dan nasehatnya tapi klo ga keberatan boleh
share code VBAnya
 
Salam
Ocha
 
From:belajar-excel@yahoogroups.com
[mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Hendrik Karnadi
Sent: 02 Maret 2013 18:05
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] VBA Sumif ke-n
 
 
Cara termudah adalah dgn macro recording, tulis function yg
diinginkan kmdn stop recording.
 
Salam, 
HK
 
 
Sent from
Samsung Mobile

Suyatno ocha.yatno@gmail.com> wrote:
 
Dear Master
Saya lagi belajar
macro pingin tahu kode row ke-n itu bagaimana mudahnya
u/ mepermudah
maksudnya contoh sbb
Item Qty SumiF
a 1 1
a 2 3
a 3 6
 
Sebelum &
sesudahnya makasih
Salam
Ocha

________________________________

No virus found in this message.
Checked by AVG - www.avg.com
Version: 10.0.1430 / Virus Database: 2641/5641 - Release Date: 03/01/13

Sat Mar 2, 2013 6:36 am (PST) . Posted by:

"iwan kcmt" iwankcmt

Terima kasih pak hendrik  sudah mau membantu saya. saoalnya saya sdh beli buku excel 2010 n pembahasan mengenai ribbon protection tdk ada . sedangkan saya juga bingung step per setp pengoperasian di ribbon protection.  
kalau dari file save as (ALT  F   A) kemudian tombol Tools lalu General  option lalu  OK dan Save. 

apakah sama hasilnya jika dari ribon dan dari file save ?

terima kasih sebelumnya .

iwan

________________________________
Dari: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 1 Maret 2013 20:31
Judul: Fw: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel


 
Maaf, salah menterjemahkan pertayaan.

Yang ditanya "data rahasia tidak bisa dibuka dan dibaca orang lain", sedangkan file yang dikonvert ke .Exe (XLtoXE) filenya bisa dilihat tapi tidak bisa disimpan perubahannya.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 1 March 2013, 12:16
Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel


 
Kalau mau yang sip dan user hanya bisa lihat tidak bisa save, save as maka filenya bisa diconvert dulu ke exension ".Exe".
Terlampir "Software XLtoXE" berupa file ".Exe" yang saya dapat dari internet, namun setelah dikompres masih sedikit melebihi kuota (untuk kepentingan umum boleh kan MOD) ?

Cara kerjanya:
- Back up (copy) file yang akan dikonversi.
- Buka file XLtoXE, browse file yang akan dikonversi kemudian pilih option yang diberikan.

Selamat mencoba.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: iwan iwankcmt@yahoo.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 1 March 2013, 11:13
Subject: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel


 
Selamat Siang Team Belajar Excel

Mohon Bantuan nih. bagai mana utk menggunci hasil kerjaan di excel ?

( di pasang pasword shingga data rahasia tdk bisa di buka dan di baca org lain )

terima kasih atas bantuannya.

iwankcl

Sat Mar 2, 2013 6:50 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Iwan,

Proteksi yang dari proses file save adalah proteksi file. Jadi workbook
tidak bisa dibuka sama sekali jika tidak mengetahui passwordnya. Proteksi
ini sangat sulit untuk dibongkar. Jadi, hati-hati dengan passwordnya.

Jika sudah masuk workbook, maka pada dasarnya sudah boleh melihat isi file.
Semua proteksi didalamnya cenderung untuk membatasi pengubahan nilai yang
tidak bertanggung jawab.
Ada beberapa jenis proteksi yang ada dalam workbook (dalam workbook loh ya)
1. proteksi workbook (stucture atau windows) untuk memproteksi susunan
sheet dan pengaturan tampilan setiap sheet window.
2. proteksi worksheet untuk membatasi pengubahan nilai dalam cell
3. proteksi VBA untuk membatasi akses terhadap script program yang ada
(bila ada prosedur-prosedur otomasi didalam workbook)

Seluruh proteksi yang ada dalam workbook relatif mudah untuk dibongkar,
karena tujuan utamanya sebagai sarana pembatasan terhadap pengubahan nilai
secara sembarangan atau ketidak sengajaan. Sayangnya, lebih sering jenis
proteksi ini dianggap sebagai alat pelindung data atau proses otomasi yang
ada dari niat buruk seseorang.

Jadi, jika memang tidak ingin seseorang (user tak dipercaya) melihat isi
data dan menggunakannya, maka jangan ijinkan orang tersebut masuk ke dalam
file hingga bisa melihat isi workbook. Proteksi file (yang dilakukan
melalui proses file save) lebih sesuai untuk hal ini. Jika tidak ingin
sesorang mengubah sedikitpun isi nilai, maka atur proteksi file untuk
mencapai read only saja. Hal ini akan lebih aman daripada jungkir balik
pakai VBA untuk melindungi data.

Untuk user terpercaya, maka tentu saja dia boleh melihat isi workbook.
Untuk menghindari ketidaksengajaan pengubahan nilai, maka berbagai proteksi
dalam workbook bisa digunakan.

Wassalam,
Kid.

2013/3/2 iwan kcmt iwankcmt@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Terima kasih pak hendrik sudah mau membantu saya. saoalnya saya sdh beli
> buku excel 2010 n pembahasan mengenai ribbon protection tdk ada . sedangkan
> saya juga bingung step per setp pengoperasian di ribbon protection.
> kalau dari file save as (ALT F A) kemudian tombol Tools lalu General
> option lalu OK dan Save.
>
> apakah sama hasilnya jika dari ribon dan dari file save ?
>
> terima kasih sebelumnya .
>
> iwan
>
> ------------------------------
> *Dari:* hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Jumat, 1 Maret 2013 20:31
> *Judul:* Fw: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel
>
>
> Maaf, salah menterjemahkan pertayaan.
>
> Yang ditanya "data rahasia tidak bisa dibuka dan dibaca orang lain",
> sedangkan file yang dikonvert ke .Exe (XLtoXE) filenya bisa dilihat tapi
> tidak bisa disimpan perubahannya.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Friday, 1 March 2013, 12:16
> *Subject:* Re: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel
>
>
> Kalau mau yang sip dan user hanya bisa lihat tidak bisa save, save as maka
> filenya bisa diconvert dulu ke exension ".Exe".
> Terlampir "Software XLtoXE" berupa file ".Exe" yang saya dapat dari
> internet, namun setelah dikompres masih sedikit melebihi kuota (untuk
> kepentingan umum boleh kan MOD) ?
>
> Cara kerjanya:
> - Back up (copy) file yang akan dikonversi.
> - Buka file XLtoXE, browse file yang akan dikonversi kemudian pilih option
> yang diberikan.
>
> Selamat mencoba.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
> ------------------------------
> *From:* iwan iwankcmt@yahoo.co.id>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, 1 March 2013, 11:13
> *Subject:* [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel
>
>
> Selamat Siang Team Belajar Excel
>
> Mohon Bantuan nih. bagai mana utk menggunci hasil kerjaan di excel ?
>
> ( di pasang pasword shingga data rahasia tdk bisa di buka dan di baca org
> lain )
>
> terima kasih atas bantuannya.
>
> iwankcl
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Sat Mar 2, 2013 6:56 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

oh iya, supaya ndak salah duga.
bagian :
Jadi, jika memang tidak ingin seseorang (user tak dipercaya) melihat isi
data dan menggunakannya, maka jangan ijinkan orang tersebut masuk ke dalam
file hingga bisa melihat isi workbook. Proteksi file (yang dilakukan
melalui proses file save) lebih sesuai untuk hal ini. Jika tidak ingin
sesorang mengubah sedikitpun isi nilai, maka atur proteksi file untuk
mencapai read only saja. Hal ini akan lebih aman daripada jungkir balik
pakai VBA untuk melindungi data.

setting untuk ijin read only akan membuat orang yang membuka file memiliki
kesempatan untuk melakukan save as menjadi file lain dan menghilangkan
password karena si orang itu sudah mendapat ijin untuk membuka file
(membuka proteksi file).

Wassalam,
Kid.

2013/3/2 Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>

> Hai Iwan,
>
> Proteksi yang dari proses file save adalah proteksi file. Jadi workbook
> tidak bisa dibuka sama sekali jika tidak mengetahui passwordnya. Proteksi
> ini sangat sulit untuk dibongkar. Jadi, hati-hati dengan passwordnya.
>
> Jika sudah masuk workbook, maka pada dasarnya sudah boleh melihat isi file.
> Semua proteksi didalamnya cenderung untuk membatasi pengubahan nilai yang
> tidak bertanggung jawab.
> Ada beberapa jenis proteksi yang ada dalam workbook (dalam workbook loh ya)
> 1. proteksi workbook (stucture atau windows) untuk memproteksi susunan
> sheet dan pengaturan tampilan setiap sheet window.
> 2. proteksi worksheet untuk membatasi pengubahan nilai dalam cell
> 3. proteksi VBA untuk membatasi akses terhadap script program yang ada
> (bila ada prosedur-prosedur otomasi didalam workbook)
>
> Seluruh proteksi yang ada dalam workbook relatif mudah untuk dibongkar,
> karena tujuan utamanya sebagai sarana pembatasan terhadap pengubahan nilai
> secara sembarangan atau ketidak sengajaan. Sayangnya, lebih sering jenis
> proteksi ini dianggap sebagai alat pelindung data atau proses otomasi yang
> ada dari niat buruk seseorang.
>
> Jadi, jika memang tidak ingin seseorang (user tak dipercaya) melihat isi
> data dan menggunakannya, maka jangan ijinkan orang tersebut masuk ke dalam
> file hingga bisa melihat isi workbook. Proteksi file (yang dilakukan
> melalui proses file save) lebih sesuai untuk hal ini. Jika tidak ingin
> sesorang mengubah sedikitpun isi nilai, maka atur proteksi file untuk
> mencapai read only saja. Hal ini akan lebih aman daripada jungkir balik
> pakai VBA untuk melindungi data.
>
> Untuk user terpercaya, maka tentu saja dia boleh melihat isi workbook.
> Untuk menghindari ketidaksengajaan pengubahan nilai, maka berbagai proteksi
> dalam workbook bisa digunakan.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/3/2 iwan kcmt iwankcmt@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>>
>> Terima kasih pak hendrik sudah mau membantu saya. saoalnya saya sdh beli
>> buku excel 2010 n pembahasan mengenai ribbon protection tdk ada . sedangkan
>> saya juga bingung step per setp pengoperasian di ribbon protection.
>> kalau dari file save as (ALT F A) kemudian tombol Tools lalu General
>> option lalu OK dan Save.
>>
>> apakah sama hasilnya jika dari ribon dan dari file save ?
>>
>> terima kasih sebelumnya .
>>
>> iwan
>>
>> ------------------------------
>> *Dari:* hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
>> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
>>
>> *Dikirim:* Jumat, 1 Maret 2013 20:31
>> *Judul:* Fw: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel
>>
>>
>> Maaf, salah menterjemahkan pertayaan.
>>
>> Yang ditanya "data rahasia tidak bisa dibuka dan dibaca orang lain",
>> sedangkan file yang dikonvert ke .Exe (XLtoXE) filenya bisa dilihat tapi
>> tidak bisa disimpan perubahannya.
>>
>> Salam,
>> Hendrik Karnadi
>>
>> ----- Forwarded Message -----
>> *From:* hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
>> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Sent:* Friday, 1 March 2013, 12:16
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel
>>
>>
>> Kalau mau yang sip dan user hanya bisa lihat tidak bisa save, save as maka
>> filenya bisa diconvert dulu ke exension ".Exe".
>> Terlampir "Software XLtoXE" berupa file ".Exe" yang saya dapat dari
>> internet, namun setelah dikompres masih sedikit melebihi kuota (untuk
>> kepentingan umum boleh kan MOD) ?
>>
>> Cara kerjanya:
>> - Back up (copy) file yang akan dikonversi.
>> - Buka file XLtoXE, browse file yang akan dikonversi kemudian pilih
>> option yang diberikan.
>>
>> Selamat mencoba.
>>
>> Salam,
>> Hendrik Karnadi
>>
>>
>> ------------------------------
>> *From:* iwan iwankcmt@yahoo.co.id>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Friday, 1 March 2013, 11:13
>> *Subject:* [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel
>>
>>
>> Selamat Siang Team Belajar Excel
>>
>> Mohon Bantuan nih. bagai mana utk menggunci hasil kerjaan di excel ?
>>
>> ( di pasang pasword shingga data rahasia tdk bisa di buka dan di baca org
>> lain )
>>
>> terima kasih atas bantuannya.
>>
>> iwankcl
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Sat Mar 2, 2013 7:45 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Penjelasan Mr. Kid saya yakin sdh sagat jelas.

Cuma ada sedikit tambahan untuk menjawab pertanyaan anda pada paragraph yang kedua (apakah sama hasilnya jika dari ribon dan dari file save ?).

Jika yang anda maksud "jika dari ribon" adalah "kotak bergambar disk" maka fungsinya sama dengan "file save" dari menu; bedanya jika pakai file save dari menu akan ada kotak dialog (pilihan) tambahan a.l Tools, General Options yang berisi always create backup, password to open/modify, read only.

Salam, 
HK

________________________________
From: iwan kcmt iwankcmt@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 2 March 2013, 17:11
Subject: Bls: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel


 
Terima kasih pak hendrik  sudah mau membantu saya. saoalnya saya sdh beli buku excel 2010 n pembahasan mengenai ribbon protection tdk ada . sedangkan saya juga bingung step per setp pengoperasian di ribbon protection.  
kalau dari file save as (ALT  F   A) kemudian tombol Tools lalu General  option lalu  OK dan Save. 

apakah sama hasilnya jika dari ribon dan dari file save ?

terima kasih sebelumnya .

iwan

________________________________
Dari: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 1 Maret 2013 20:31
Judul: Fw: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel


 
Maaf, salah menterjemahkan pertayaan.

Yang ditanya "data rahasia tidak bisa dibuka dan dibaca orang lain", sedangkan file yang dikonvert ke .Exe (XLtoXE) filenya bisa dilihat tapi tidak bisa disimpan perubahannya.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 1 March 2013, 12:16
Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel


 
Kalau mau yang sip dan user hanya bisa lihat tidak bisa save, save as maka filenya bisa diconvert dulu ke exension ".Exe".
Terlampir "Software XLtoXE" berupa file ".Exe" yang saya dapat dari internet, namun setelah dikompres masih sedikit melebihi kuota (untuk kepentingan umum boleh kan MOD) ?

Cara kerjanya:
- Back up (copy) file yang akan dikonversi.
- Buka file XLtoXE, browse file yang akan dikonversi kemudian pilih option yang diberikan.

Selamat mencoba.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: iwan iwankcmt@yahoo.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 1 March 2013, 11:13
Subject: [belajar-excel] bagaimana cara pasang Pasword di excel


 
Selamat Siang Team Belajar Excel

Mohon Bantuan nih. bagai mana utk menggunci hasil kerjaan di excel ?

( di pasang pasword shingga data rahasia tdk bisa di buka dan di baca org lain )

terima kasih atas bantuannya.

iwankcl

Sat Mar 2, 2013 7:45 am (PST) . Posted by:

"syam ero" syamero@ymail.com

Yth. para Exceller

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya mohon dibantu dengan para pakar Excel dengan permasalahan Formula.

Bagaimanakah data yang diambil dari sheet Databs menjadi hasil sebuah
laporan

bulanan? dengan pertanyaannya yang antara lain :

1. Pada Cell P13 ini diselek agar data di sheet Databs ini langsung
mengisi form

pada Sheet Laporan.

2. Formula untuk kolom K, L dan M masing-masing menghasilkan rumusan
hitungan.

Demikian terimaksih sebelumnya atas pencerahaanya.

Wassalam,

Syam

Sat Mar 2, 2013 8:11 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

-- mohon tidak menyertakan cc, bcc, atau to ke akun lain. cukup kirim ke
milis Belajar-Excel --

File terlampir.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/3/2 syam ero syamero@gmail.com>

> **
>
>
> Yth. para Exceller
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Saya mohon dibantu dengan para pakar Excel dengan permasalahan Formula.
>
> Bagaimanakah data yang diambil dari sheet Databs menjadi hasil sebuah
> laporan
>
> bulanan? dengan pertanyaannya yang antara lain :
>
> 1. Pada Cell P13 ini diselek agar data di sheet Databs ini langsung
> mengisi form
>
> pada Sheet Laporan.
>
> 2. Formula untuk kolom K, L dan M masing-masing menghasilkan rumusan
> hitungan.
>
> Demikian terimaksih sebelumnya atas pencerahaanya.
>
>
> Wassalam,
>
> Syam
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar