Kamis, 07 Maret 2013

[belajar-excel] Digest Number 2140

Milis Belajar Microsoft Excel

10 New Messages

Digest #2140
1a
Re: sumifs dengan criteria between date by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
3a
4
Delete row gagal by "Johanes Wawan" johaneswawan
5a
Setting excel 2007 by "ppc lambda"
5b
Re: Setting excel 2007 by "summonery" summonery
5c
Re: Setting excel 2007 by "ppc lambda"
6a
Fw: [belajar-excel] ambil data dari sheet lain by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Messages

Wed Mar 6, 2013 6:40 am (PST) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Ada 2 langkah:
- rangenya berupa kolom
- kriterianya digeser agar tidak timbul circular reference.

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobilebelajar excell <belajar.excell@yahoo.com> wrote:Dear Pak Hendrik, masalah lebih berkembang sekarng,

bagaiamana kah caranya kalau rumus ini bersifat fleksible.maksud saya adalah jika ada penambahan data, maka otomatis rumus ini akan mencakup data yang paling terakhir di masukan tanpa harus kita buat secara manual lg ?

Berikut saya lampirkan lagi datanya

Terima kasih atas bantuannya.

From: belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, March 5, 2013 11:12 PM
Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date

 
Terima kasih byk Pak Hendrik, sangat membantu sekali solusinya

Ronny

From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, March 5, 2013 11:05 PM
Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date

 
Hi Ronny,

Coba tambahkan kriteria ,$D$4:$D$7,">="&$F$10,$D$4:$D$7,"<="&$F$11 (perhatikan tanda string)

Salam,
HK

From: belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 5 March 2013, 20:19
Subject: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date

 
Dear Para Master Excell,

Mohon bantuannya dong, saya ada kesulitan dalam menggunakan fungsi SUMIFS dengan criteria between date.
saya juga menyertakan filenya untuk mempermudah.

Secara general sama masalahnya cuman mungkin waktu mau masuk criteria Date, saya ingin dari tanggal tertentu ke tanggal tertentu.
contoh dari tanggal 31/1/2013 - 27/2/2013

Sekali lagi terima kasih atas bantuannya

Regards

Ronny S

Wed Mar 6, 2013 7:54 am (PST) . Posted by:

"belajar excell"



Terima kasih bnyak pak untu penjelasannya, tapi maaf, saya betul2 masih bingung
kalau Bapak berkenan mungkin bisa lebih terperinci lagi jelaskn ke saya, soalnya saya juga masih baru dalam excell.

Data yang saya kelola di kantr sangatlah banyak, sebulan mungkin bisa belasan ribu row, sehingga akan sangat membantu kalau rumus itu bisa fleksibel dengan adanya penambahan data tanpa saya perbaiki secara manual.

Terima kasih

Ronny

________________________________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, March 6, 2013 10:40 PM
Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date


 
Ada 2 langkah:
- rangenya berupa kolom
- kriterianya digeser agar tidak timbul circular reference.

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile
belajar excell <belajar.excell@yahoo.com> wrote:
 
Dear Pak Hendrik, masalah lebih berkembang sekarng,

bagaiamana kah caranya kalau rumus ini bersifat fleksible.maksud saya adalah jika ada penambahan data, maka otomatis rumus ini akan mencakup data yang paling terakhir di masukan tanpa harus kita buat secara manual lg ?

Berikut saya lampirkan lagi datanya

Terima kasih atas bantuannya.

________________________________
From: belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, March 5, 2013 11:12 PM
Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date


 
Terima kasih byk Pak Hendrik, sangat membantu sekali solusinya

Ronny

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, March 5, 2013 11:05 PM
Subject: Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date


 
Hi Ronny,

Coba tambahkan kriteria ,$D$4:$D$7,">="&$F$10,$D$4:$D$7,"<="&$F$11 (perhatikan tanda string)

Salam,

HK

________________________________
From: belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 5 March 2013, 20:19
Subject: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date


 
Dear Para Master Excell,

Mohon bantuannya dong, saya ada kesulitan dalam menggunakan fungsi SUMIFS dengan criteria between date.
saya juga menyertakan filenya untuk mempermudah.

Secara general sama masalahnya cuman mungkin waktu mau masuk criteria Date, saya ingin dari tanggal tertentu ke tanggal tertentu.
contoh dari tanggal 31/1/2013 - 27/2/2013

Sekali lagi terima kasih atas bantuannya

Regards

Ronny S

Wed Mar 6, 2013 5:37 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Coba lihat file terlampir,

sudah Jan sertakan langkah-langkah solusi beserta gambarnya, semoga sesuai
dengan keinginan.
Filenya pinjam punya pak Hendrik.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 6 Maret 2013 22.37, belajar excell <belajar.excell@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
>
> Terima kasih bnyak pak untu penjelasannya, tapi maaf, saya betul2 masih
> bingung
> kalau Bapak berkenan mungkin bisa lebih terperinci lagi jelaskn ke saya,
> soalnya saya juga masih baru dalam excell.
>
> Data yang saya kelola di kantr sangatlah banyak, sebulan mungkin bisa
> belasan ribu row, sehingga akan sangat membantu kalau rumus itu bisa
> fleksibel dengan adanya penambahan data tanpa saya perbaiki secara manual.
>
>
> Terima kasih
>
> Ronny
> ------------------------------
> *From:* Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, March 6, 2013 10:40 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
> Ada 2 langkah:
> - rangenya berupa kolom
> - kriterianya digeser agar tidak timbul circular reference.
>
> Salam,
> HK
>
>
> Sent from Samsung Mobile
>
> belajar excell <belajar.excell@yahoo.com> wrote:
>
> Dear Pak Hendrik, masalah lebih berkembang sekarng,
>
> bagaiamana kah caranya kalau rumus ini bersifat fleksible.maksud saya
> adalah jika ada penambahan data, maka otomatis rumus ini akan mencakup data
> yang paling terakhir di masukan tanpa harus kita buat secara manual lg ?
>
>
> Berikut saya lampirkan lagi datanya
>
> Terima kasih atas bantuannya.
>
>
>
> ------------------------------
> *From:* belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Tuesday, March 5, 2013 11:12 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
> Terima kasih byk Pak Hendrik, sangat membantu sekali solusinya
>
>
> Ronny
>
> ------------------------------
> *From:* hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Tuesday, March 5, 2013 11:05 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
> Hi Ronny,
>
> Coba tambahkan kriteria ,$D$4:$D$7,">="&$F$10,$D$4:$D$7,"<="&$F$11 (perhatikan
> tanda string)
>
> Salam,
> HK
>
> ------------------------------
> *From:* belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Tuesday, 5 March 2013, 20:19
> *Subject:* [belajar-excel] sumifs dengan criteria between date
>
>
> Dear Para Master Excell,
>
> Mohon bantuannya dong, saya ada kesulitan dalam menggunakan fungsi SUMIFS
> dengan criteria between date.
> saya juga menyertakan filenya untuk mempermudah.
>
> Secara general sama masalahnya cuman mungkin waktu mau masuk criteria
> Date, saya ingin dari tanggal tertentu ke tanggal tertentu.
> contoh dari tanggal 31/1/2013 - 27/2/2013
>
> Sekali lagi terima kasih atas bantuannya
>
>
> Regards
>
> Ronny S
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Wed Mar 6, 2013 9:56 am (PST) . Posted by:

"raditya_azka" raditya_azka

gan Kid..tq ya rumus mantab abis....

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Mungkin seperti file terlampir (pinjam filenya Pak Agung).
>
> Dalam membuat atau mengedit array formula (formula yang tampak diapit {} )
> selalu diakhiri menekan CTRL SHIFT ENTER dan bukan hanya ENTER.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/3/6 raditya_azka <raditya_azka@...>
>
> > **
> >
> >
> > Bener mas agung maunya seperti itu & trims. ngasih tau cra kirim
> > attachmennya,
> > Trus kalo misalnya ada penambhan data,
> > sebelumnya kata datanya ($A$4:$C$8) sekarng jadi ($A$4:$C$20)
> > cara cepat merubah rumusnya gimana ya apa harus di edit rumus satu-satu
> > menjadi $C$20 (tapi banyak banget ya…)
> > trus saya coba geser2 kotak birunya tapi selalu error hasilnya
> >
> > tq.
> >
> >
> > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, agung aldhino wrote:
> > >
> > > Dear Radit,
> > > sambil menunggu komen dari master excel di milis ini.
> > > bisa dicoba file terlampir.
> > > asal rumus dari pak ghozi.
> > > Â
> > > wassalam
> > > agung
> > >
> > >
> > > ________________________________
> > > Dari: raditya_azka
> > > Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> > > Dikirim: Selasa, 5 Maret 2013 17:19
> > > Judul: [belajar-excel] (ask) membuat rumus mengabungkan berbagai kolom
> > >
> > > Â
> > > Dear all,
> > >
> > > Gimana caranya mebuat rumus unutk menggabungkan berbagai kolom,
> > > contoh soal di bawah...( bingung mau tadinya mau atach soal tapi ngk ada
> > bisa via web grpu yahoo)
> > >
> > > anto budi dono anto & budi& dono (1) anto & budi& dono (2)
> > > aa bb bb aa aa
> > > bb dd bb bb 3
> > > cc gg bb cc
> > > dd vv bb dd 2
> > > ee cc ee
> > > dd gg
> > > dd vv
> > > ee
> > > gg
> > > vv
> > >
> > > Pertanyaanynya :
> > > 1 Bagamana cara membuat rumus supaya hasilnya seperti anto & budi& dono
> > (1), jadi hasilnya gabungan dua kolom dan tersusun a->z
> > > 2 Bagamana cara membuat rumus supaya hasilnya seperti anto & budi & dono
> > (2), jadi hasilnya gabungan dua kolom dan tersusun a->z dan yg double di
> > tandai dengan angka atau warna
> > >
> > > tq
> > >
> > > --- Mods ---
> > > Untuk bisa posting disertai attachment, maka lakukan posting dengan
> > compose email yang biasanya ada di Inbox akun email pribadi Anda.
> > > Ukuran maksimal attachment file menurut peraturan milis adalah 250KB
> > > ------------
> > >
> >
> >
> >
>

Wed Mar 6, 2013 5:45 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai pak Dede Suparman,

Mungkin bisa diperjelas lagi maksudnya..

Mau rekap semua pabrik tapi yang produknya hanya di pabrik 1,2, dan 3 saja.
Data pabrik yang lainnya mana? paling tidak bisa diberikan 1 atau 2 contoh
data pabrik yang lain selain pabrik 1,2, dan 3.

atau maksudnya begini kali ya?
Dari pabrik 1, 2, dan 3, hanya item barang tertentu yang akan dimunculkan
di sheet rekap? Kriteria pemilihan barangnya gimana? karena sheet rekap
kosong sama sekali.

atau kalo tidak coba kasih hasil manual yang diinginkan.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 6 Maret 2013 17.42, Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear Rekan - Rekan Be-Excel,
> Jangan bosen ya, mohon bantuan nya saya mau rekap all pabrik tapi
> produk nya hanya yang ada di pabrik 1, 2 dan 3 yang muncul di sheet REKAP,
> soalnya produknya banyak klo semua id produk dimasukan ke REKAP trus di
> SUMIF data di sheet REKAP jd lbh banyak lg.
> Dan mohon pencerahan nya untuk isi QTY Total
> terimakasih sebelumnya , File terlampir.
> salam,
> Dede Suparman
>
>
>

Wed Mar 6, 2013 6:51 pm (PST) . Posted by:

"Johanes Wawan" johaneswawan

Dear master excel,

Jika ingin delete row dlm excel muncul error message sbg berikut :
"Excel cannot complete this task with available resources. Choose less data or close other applications"
Knpa bs seperti itu, dan bagaimana solusinya ?

Terima kasih.

Salam,
Wawan

Wed Mar 6, 2013 7:50 pm (PST) . Posted by:

"ppc lambda"

para pakar
saat saya buka excel dan menggunakan scrolldown scroollup yang terjadi adalah ZoomIn ZoomOut
mohon bantuannya, bagaimana caranya menormalkan excel tersebut?
saya juga sudah melakukan install ulang excel

Nb: untuk ms office word kondisi normal

Terimakasih
Best Regard
<>.<>.<>.<>.<>.<>.
@bdul
SAMI -*- Planning Production Control
Lambda

Wed Mar 6, 2013 8:35 pm (PST) . Posted by:

"summonery" summonery

Coba sambil dipencet tombol Ctrl di keyboard,,
atau masuk ke Excel Options > Advanced > Editing options > hilangkan
centrangan "Zoom on roll with intelliMouse"

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "ppc lambda" <ppc_03@...> wrote:
>
> para pakar
> saat saya buka excel dan menggunakan scrolldown scroollup yang terjadi
adalah ZoomIn ZoomOut
> mohon bantuannya, bagaimana caranya menormalkan excel tersebut?
> saya juga sudah melakukan install ulang excel
>
> Nb: untuk ms office word kondisi normal
>
> Terimakasih
> Best Regard
> <>.<>.<>.<>.<>.<>.
> @bdul
> SAMI -*- Planning Production Control
> Lambda
>

Thu Mar 7, 2013 1:09 am (PST) . Posted by:

"ppc lambda"


Terimakasih, sudah normal
Best Regard
<>.<>.<>.<>.<>.<>.
@bdul

----- Original Message -----
From: summonery
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, March 07, 2013 11:35 AM
Subject: [belajar-excel] Re: Setting excel 2007

Coba sambil dipencet tombol Ctrl di keyboard,,

atau masuk ke Excel Options > Advanced > Editing options > hilangkan centrangan "Zoom on roll with intelliMouse"

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "ppc lambda" <ppc_03@...> wrote:
>
> para pakar
> saat saya buka excel dan menggunakan scrolldown scroollup yang terjadi adalah ZoomIn ZoomOut
> mohon bantuannya, bagaimana caranya menormalkan excel tersebut?
> saya juga sudah melakukan install ulang excel
>
> Nb: untuk ms office word kondisi normal
>
> Terimakasih
> Best Regard
> <>.<>.<>.<>.<>.<>.
> @bdul
> SAMI -*- Planning Production Control
> Lambda
>

Thu Mar 7, 2013 2:08 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Kalau Sheet Laporannya ga mau pake predefined formula dan  barisnya ga ada yang mau disembunyikan, maka file terlampir bisa menjadi solusinya.
Macronya menjadi lebih panjang.

Salam,

HK

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 6 March 2013, 14:18
Subject: Fw: [belajar-excel] ambil data dari sheet lain


 
Masih ada satu hal kecil yang "menggangu&quot;, yaitu hasil dari FormulaArray yang dijadikan dasar untuk Data Validation masih menghasilkan nilai 0 (waktu diklik ada pilihan Jan, Feb, Mar dan 0).
Untuk menghilangkan nilai 0 tsb maka FormulaArray
{=IFERROR(INDEX(data!$G$4:$G$1000,MATCH(0,COUNTIF(Bulan!$A$1:A1,data!$G$4:$G$1000),0)),"")}

dapat diganti menjadi
{=IFERROR(INDEX(OFFSET(data!$G$4,0,0,COUNTA(data!G:G)-1,1),MATCH(0,COUNTIF(Bulan!$A$1:A1,OFFSET(data!$G$4,0,0,COUNTA(data!G:G)-1,1)),0)),"")}

FormulaArray yang diganti tsb ada pada Sheet Bulan.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 6 March 2013, 13:14
Subject: Fw: [belajar-excel] ambil data dari sheet lain


Menurut saya, kombinasi kolom bantu dan formula dari Pak Heri sangat bagus.

Saya coba tambahkan sheet bantu bulan dengan FormulaArray:{=IFERROR(INDEX(data!$G$4:$G$1000,MATCH(0,COUNTIF(Bulan!$A$1:A1,data!$G$4:$G$1000),0)),"")} copy ke bawah, untuk mengambil nama bulan secara otomatis

dan Event WorksheetChange:Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    If Target.Count = 1 Then
        If Target.Row = 5 And Target.Column = 6 Then
            PROSES
        End If
    End If
End Sub
agar setiap kali kita memilih bulan sel kosong langsung dihilangkan(pengganti tombol)

File terlampir.

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: Heri Pamungkas ( Gmail ) <ghery.dharma@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 5 March 2013, 14:52
Subject: Re: [belajar-excel] ambil data dari sheet lain


 
Semangat pagi..

hehehe..
Maaf pak kalau ini sedikit jelek,
Karena baru ini ilmu yang saya punya..

File ini butuh 1 Dummy kolom untuk tarik data di sheet data
Dan tombol proses untuk Hide data kosong..

Salam Excell-ent
On 05/03/2013 12:06, Faisal Hasman wrote:
 
>
>
>Bagaimana  memfilter data berdasarkan dropdownlist  BULAN.  Misalnya bulan Januari 2013
>
>... Maka akan muncul dalam daftar semua data dari sheet data yang bulan januari 2013
>dan otomatis menambah row atau mengurang row dalam  daftar...
>
>( tidak menghapus nama penandatangan laporan)
>
>
>bisa tidak pake macro tidak ya?
>
>
>
>
>terima kasih
>
>
>
>
>faisal
>

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar