Sabtu, 09 Maret 2013

[belajar-excel] Digest Number 2145

Milis Belajar Microsoft Excel

15 New Messages

Digest #2145
1a
Re: Otomatisasi tanggal kembali by "Kind man" dinanfu
2
Penilaian Karyawan by "depi Hariyanto" depi.hari_yanto
4a
Re: copy NIS (nomor induk siswa) by "IHSAN NURDIN" ihsanmn
5a
Mengetahui data telah terupdate by "Heru Safrudin" superheruu
5b
Re: Mengetahui data telah terupdate by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5c
Re: Mengetahui data telah terupdate by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Bls: [belajar-excel] rekap yang ada saja by "Dede Suparman" dede_suparman111
7a
7b
Re: Mencegah bentrok data di File Sharing by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8
Menelusuri User dalam jaringan by "Heru Safrudin" superheruu
9a
9b
Re: Formula laporan bulanan diambil dari databs by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
10a
Re: lock cell by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
11a
Re: memasukkan rekomendasi berdasarkan kriteria by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Fri Mar 8, 2013 6:10 am (PST) . Posted by:

"Kind man" dinanfu

Trima kasih Mr. Gozy dan Mr.Kid, sungguh amazing formulanya. Terima kasih
tak terhingga kiranya Tuhan Memberkati,

salam

Ferdinan

2013/3/8 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Coba formula :
> =DAY(DATE(RIGHT(TRIM(B3),4),FIND(LEFT(TRIM(B3),3),"
> JanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDec")/3,D3)+C3-1)
> sesuaikan cara penulisan 3 karakter pertama nama bulan pada bagian "
> JanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDec"
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/3/7 Kind man <ferdinan36@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> dear masters excel mohon bantuan gimana pemecahannya mengotomatisasi
>> tanggal kembali pada akhir bulan yg memasuki bulan berikutnya, terima kasih
>> sebelumnya
>>
>> regards
>>
>> ferdinan
>> _
>>
>
>
>

Fri Mar 8, 2013 7:37 am (PST) . Posted by:

"depi Hariyanto" depi.hari_yanto

kepada para master excel,
 
mohon bantuan formula perhitungan penilaian karyawan seperti data terlampir.
 
atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
 
salam
dep_har

Fri Mar 8, 2013 8:51 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Nohara,

Formula tidak bisa menghasilkan proses untuk mengubah format pada diri cell
tempat formula itu berada.
Umumnya hal seperti ini dilakukan dengan copy paste yang dilakukan melalui
proses eksekusi suatu prosedur secara langsung dan bukan melalui proses
kalkulasi oleh Excel.
Proses copy paste membutuhkan kejelasan lokasi sumber data yang di-copy dan
lokasi target paste.

Andaikan link yang dimaksud masih dalam sebuah sheet yang sama, maka VBA
dengan memanfaatkan event worksheet change bisa digunakan selama diketahui
lokasi sumber dan targetnya. Fungsi buatan sendiri (User Defined Function
[UDF]) yang disusun dalam sebuah module VBA bisa menjadi sumber informasi
lokasi sumber dan targetnya.

File terlampir. Pastikan VBA (Macro) diijinkan untuk bekerja (di-Enable).

Wassalam,
Kid.

2013/3/8 nohara sinosuke <sifuad.xl@gmail.com>

> **
>
>
> Mohon bantuan para master excel :)
>
> adakah cara untuk menebalkan (bold) sebagian kata pada cell yg di link
> dari cell lain? untuk lebih jelasnya saya lampirkan contoh kasusnya.
>
>
>

Fri Mar 8, 2013 4:28 pm (PST) . Posted by:

"IHSAN NURDIN" ihsanmn

Insya Allah Mr.Kid

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, March 8, 2013 2:33 PM
Subject: Re: [belajar-excel] copy NIS (nomor induk siswa)

 
Alhamdulillah.

Semoga hasil setiap langkah yang dilalui adalah didapatkannya ilmu yang mantap didalam hati.

Andai bersedia melanjutkan sendiri 1 langkah berikutnya, bisa jadi akan lebih bermanfaat, yaitu memahami setiap langkahnya beserta tujuan setiap baris scriptnya dan membaginya dimilis sebagai penjelasan setiap langkah yang dilakukan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/3/8 IHSAN NURDIN <ihsanmn@yahoo.com>
 
>Alhamdulillah akhirnya berhasil. Walaupun harus berjalan seperti siput mengikuti langkah demi langkah. Maklum pemula nih Pak. Tk atas bantuannya Mr. Kid.wassalam.
>
>
>
>
>
>________________________________
>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>To: belajar-excel@yahoogroups.com Sent: Friday, March 8, 2013 2:14 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] copy NIS (nomor induk siswa)

>oh sorry, hapus karakter titik didepan rngNilaiWassalam,Kid.
>2013/3/8 IHSAN NURDIN <ihsanmn@yahoo.com>

>>Pak Mr.Kid mohon bantuan , sy ada error di baris : rng.Copy .rngNilai.Offset(lRow, 1).Resize(lMapel, 1).TK
>>
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>>From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Friday, March 8, 2013 12:10 PM
>>Subject: Re: [belajar-excel] copy NIS (nomor induk siswa)
>>
>> 
>>Wa&#39;alaikumussalam Wr. Wb.Coba langkah berikut :1. pada sheet nis F1 tulis NO2. F2 sampai selesai isi nomor urut mapel (sebanyak jumlah mapel)3. G1 tulis NIS4. H1 tulis Mapel5. H2 sampai selesai tulis seluruh Mapel dari IPA dst6. ke VBE (ALT F11) -> menu Insert -> pilih Module7. copas script berikut :     public sub Salin()          dim rng as range, rngMapel as range          dim rngNilai as range          dim lRow as long ,lMapel as long           set rngnilai=sheets("daftar nilai").range("a1")           lrow=rngnilai.currentregion.rows.count                      with sheets("NIS murid")              set rngmapel= .range("f1").currentregion.offset(1)              lmapel=rngmapel.rows.count-1              if lmapel<1 then                   exit sub               endif              for each rng in
.range("a1").currentregion.resize(,1).offset(1,1)                  if lenb(rng.value)<>0 then                         rngmapel.copy  rngnilai.offset(lrow)                         rng.copy .rngnilai.offset(lrow,1).resize(lmapel,1)                         lrow=rngnilai.currentregion.rows.count                  endif              next rng          end with     end sub8. kembali ke worksheet (ALT F11)9. save as file (ALT F A kemudian pada save as type pilih .xlsm atau .xls atau .xlsb lalu isi nama file dan tekan tombol Save)10. jalankan prosedur dengan ALT F8 lalu pilih Salin dan tekan tombol RunWassalamu&#39;alaikum Wr. Wb.Kid.
>>2013/3/8 IHSAN NURDIN <ihsanmn@yahoo.com>
>> 
>>>
>>>
>>>Assalamu alaikum.
>>>
>>>
>>>Mohon bantuan rekan2 milis, bagimana sy bisa mencopy dengan cepat NIS (nomor induk siswa) dr sheet "NIS murid" ke sheet "daftar nilai". Jadi setiap murid mempunyai 9 baris data sesuai jumlah mata pelajaran yg ada. Tk sebelumnya.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>wassalam.

Fri Mar 8, 2013 7:25 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Dear Master,

Saya bikin query di excel dari external data access
Saya suda set option Refresh every 30 minutes
Udah jalan sih interval 30 menit pasti refresh, tapi kita gak tau kalo
data telah terupdate

Pertanyaanya adakah event prosedur yg bisa memberikan pesan ada update
ketika query refresh dan data telah terupdate ? (seperti Msgbox ) ?

--
Terima kasih

æóÇáÓøóáóÇãõ Úóáóíúßõãú æóÑóÍúãóÉõ Çááåö æóÈóÑóßóÇÊõåõ
Heru Safrudin

Sat Mar 9, 2013 12:01 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heru,

Dengan asumsi bahwa setiap sheet Excel adalah sebuah tabel (agar lebih
berkaidah database), maka jumlah query table dalam setiap sheet adalah 1
bijik.

Object query table memiliki 2 event, yaitu beforerefresh dan afterrefresh
Pada object worksheet yang berisi query table tersebut bisa diberi script
berikut :
1. deklarasi variabel query table dengan scope private yang disertai
pernyataan memiliki events
private withevents qtKu as querytable

2. prosedur dengan scope public untuk inisialisasi object querytable dalam
worksheet ke variabel qtKu (dideklarasikan di nomor 1)
** misal nama object worksheet dalam VBE [VB Project Explorer] yang
berisi query table adalah mySheet, dengan caption (nama di sheet tab)
adalah Query1 ***
public sub SetQT()
'Jika query table diletakkan sebagai object Excel table (atau
bernama ListObjects), maka gunakan :
'set qtKu = mySheet.listobjects(1).querytable

'jika query table tidak tinggal dalam object listobjects :
set qtku=mysheet.querytables(1)
end sub

3. prosedur event (scope pasti private) milik query table (misal event
AfterRefresh, untuk variabel qtKu
-> lihat combobox kiri di atas lembar script, pilih qtKu
-> lihat combobox kanan di atas lembar script, pilih AfterRefresh
-> isi blok prosedur event yang dibuatkan oleh VBA dengan script yang
dibutuhkan
misal :
*** saat selesai refresh (baik karena gagal atau berhasil), akan
ditulis waktu refresh dan status refresh di sebuah range diluar tabel
*** waktu refresh akan ditulis di range F1 yang pasti diluar area query
table
*** status refresh akan ditulis di range G1
>> penulisan status seperti ini tidak akan mengganggu user yang sedang
sibuk mengamati tabel yang di-refresh, sedang msgbox akan mengganggu fokus
user
*** bunyi script yang ditulis dalam blok prosedur event afterrefresh
tersebut adalah :
mysheet.range("f1").value=now
if success then
mysheet.range("g1").value ="Horeee... refresh-nya sukses"
else
mysheet.range("g1").value =":( hikhikhik... refresh-nya
gagal"
endif

4. Melakukan inisialisasi object query table disheet tersebut
*** misal dilakukan pada event workbook open (bisa di event worksheet
activate) ***
-> isi event workbook open dengan baris yang memanggil prosedur (scope
public) milik worksheet (private object) berupa : (nama object sheet adalah
mySheet)
mysheet.setqt

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/3/9 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

> Dear Master,
>
>
> Saya bikin query di excel dari external data access
> Saya suda set option Refresh every 30 minutes
> Udah jalan sih interval 30 menit pasti refresh, tapi kita gak tau kalo
> data telah terupdate
>
> Pertanyaanya adakah event prosedur yg bisa memberikan pesan ada update
> ketika query refresh dan data telah terupdate ? (seperti Msgbox ) ?
>
> --
> Terima kasih
>
> وَالسÙ'َلَامُ عَلَيÙ'كُمÙ' وَرَحÙ'مَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
> Heru Safrudin
>
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

Sat Mar 9, 2013 12:04 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

ada yang kelupaan.

event afterrefresh seperti ini juga bisa di letakkan pada sebuah class
module, tapi sepertinya status refresh dan waktu refresh sebaiknya
diletakkan disebuah log_sheet yang berisi tabel dengan kolom-kolom bernama
nama_sheet, waktu_refresh, status_refresh. Dengan begitu, penulisan proses
log bisa dilakukan dengan tetap disuatu tempat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/3/9 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> Hai Heru,
>
> Dengan asumsi bahwa setiap sheet Excel adalah sebuah tabel (agar lebih
> berkaidah database), maka jumlah query table dalam setiap sheet adalah 1
> bijik.
>
> Object query table memiliki 2 event, yaitu beforerefresh dan afterrefresh
> Pada object worksheet yang berisi query table tersebut bisa diberi script
> berikut :
> 1. deklarasi variabel query table dengan scope private yang disertai
> pernyataan memiliki events
> private withevents qtKu as querytable
>
> 2. prosedur dengan scope public untuk inisialisasi object querytable dalam
> worksheet ke variabel qtKu (dideklarasikan di nomor 1)
> ** misal nama object worksheet dalam VBE [VB Project Explorer] yang
> berisi query table adalah mySheet, dengan caption (nama di sheet tab)
> adalah Query1 ***
> public sub SetQT()
> 'Jika query table diletakkan sebagai object Excel table (atau
> bernama ListObjects), maka gunakan :
> 'set qtKu = mySheet.listobjects(1).querytable
>
> 'jika query table tidak tinggal dalam object listobjects :
> set qtku=mysheet.querytables(1)
> end sub
>
> 3. prosedur event (scope pasti private) milik query table (misal event
> AfterRefresh, untuk variabel qtKu
> -> lihat combobox kiri di atas lembar script, pilih qtKu
> -> lihat combobox kanan di atas lembar script, pilih AfterRefresh
> -> isi blok prosedur event yang dibuatkan oleh VBA dengan script yang
> dibutuhkan
> misal :
> *** saat selesai refresh (baik karena gagal atau berhasil), akan
> ditulis waktu refresh dan status refresh di sebuah range diluar tabel
> *** waktu refresh akan ditulis di range F1 yang pasti diluar area
> query table
> *** status refresh akan ditulis di range G1
> >> penulisan status seperti ini tidak akan mengganggu user yang sedang
> sibuk mengamati tabel yang di-refresh, sedang msgbox akan mengganggu fokus
> user
> *** bunyi script yang ditulis dalam blok prosedur event afterrefresh
> tersebut adalah :
> mysheet.range("f1").value=now
> if success then
> mysheet.range("g1").value ="Horeee... refresh-nya sukses"
> else
> mysheet.range("g1").value =":( hikhikhik... refresh-nya
> gagal"
> endif
>
> 4. Melakukan inisialisasi object query table disheet tersebut
> *** misal dilakukan pada event workbook open (bisa di event worksheet
> activate) ***
> -> isi event workbook open dengan baris yang memanggil prosedur (scope
> public) milik worksheet (private object) berupa : (nama object sheet adalah
> mySheet)
> mysheet.setqt
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2013/3/9 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>
>
>> Dear Master,
>>
>>
>> Saya bikin query di excel dari external data access
>> Saya suda set option Refresh every 30 minutes
>> Udah jalan sih interval 30 menit pasti refresh, tapi kita gak tau kalo
>> data telah terupdate
>>
>> Pertanyaanya adakah event prosedur yg bisa memberikan pesan ada update
>> ketika query refresh dan data telah terupdate ? (seperti Msgbox ) ?
>>
>> --
>> Terima kasih
>>
>> وَالسÙ'َلَامُ عَلَيÙ'كُمÙ' وَرَحÙ'مَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>> Heru Safrudin
>>
>>
>> ------------------------------------
>>
>> ----------------------------------------------------------
>> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
>> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>>
>> posting ke milis, kirimkan ke:
>> belajar-excel@yahoogroups.com
>>
>> berkunjung ke web milis
>> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>>
>> melihat file archive / mendownload lampiran
>> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
>> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
>> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>>
>> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>>
>> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
>> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
>> ----------------------------------------------------------Yahoo!
>> Groups Links
>>
>>
>>
>>
>

Fri Mar 8, 2013 8:26 pm (PST) . Posted by:

"Dede Suparman" dede_suparman111

Dear Mr Kid & Mis Jan,

waahh bener :), kenap harus ribet yaa.terima kasih atas bantuan nya.

salam,
Del

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 8 Maret 2013 9:35
Judul: Re: [belajar-excel] rekap yang ada saja


 
Hai Dede,

Bagaimana kalau seluruh data dikumpulkan dalam 1 sheet saja. Sama saja harus copy data dari file lain juga kan. Jika copy data dari file lain itu dilakukan dengan VBA pun, akan lebih simple scriptnya jika dikumpulkan menjadi 1 sheet. Cukup tambahkan 1 kolom berisi sumbernya (p1,p2,dst)
Kemudian manfaatkan pivot table.

File terlampir dengan hasil copas manual ke sheet data pada sebuah object table (fitur Excel), kemudian di summary sederhana di sheet rekap.

Wassalam,
Kid.

2013/3/7 Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com>


>Dear Mis Jan,
>
>
>Maaf yg sebelum nya susah difahami. Begini, di file terlampir 
>yg merah ini maunya tidak ada karena yg diinput di P1+P2+P3 juga tidak ada.
>
>Yang saya lakukan selama ini, semua produk yang ada di masukan ke sheet REKAP trus di sumif. bisa saja di filter yang <> 0, tapi tetap kan data nya ada dan exel nya jd gede.
>jadi yang inti nya Mohon tampilkan & total kan HANYA yang ada di P1+P2+P3 saja di sheet REKAP.
>terimakasih,
>
>
>salam,
>Del
>
>
>
>________________________________
> Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Kamis, 7 Maret 2013 8:45
>Judul: Re: [belajar-excel] rekap yang ada saja
>
>
>

>Hai pak Dede Suparman,
>
>
>Mungkin bisa diperjelas lagi maksudnya..
>
>
>Mau rekap semua pabrik tapi yang produknya hanya di pabrik 1,2, dan 3 saja.
>Data pabrik yang lainnya mana? paling tidak bisa diberikan 1 atau 2 contoh data pabrik yang lain selain pabrik 1,2, dan 3.
>
>
>atau maksudnya begini kali ya?
>Dari pabrik 1, 2, dan 3, hanya item barang tertentu yang akan dimunculkan di sheet rekap? Kriteria pemilihan barangnya gimana? karena sheet rekap kosong sama sekali.
>
>
>atau kalo tidak coba kasih hasil manual yang diinginkan.
>
>
>Wassalam,
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>Pada 6 Maret 2013 17.42, Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com> menulis:
>
>
>> 
>>Dear  Rekan - Rekan Be-Excel,
>>Janganbosen ya, mohon bantuan nya  saya mau rekap all pabrik tapi produk nya
hanya yang ada di pabrik 1, 2 dan 3 yang muncul di sheet REKAP, soalnya
produknya banyak klo  semua id produk  dimasukan ke REKAP trus di SUMIF data di
sheet  REKAP jd lbh banyak lg.
>>Dan
mohon pencerahan nya untuk isi QTY Total
>>terimakasih
sebelumnya , File terlampir.
>>salam,Dede
Suparman
>
>
>

Fri Mar 8, 2013 8:27 pm (PST) . Posted by:

"tioali2011" tioali2011

Dear Be-Exceller,

Saya sudah melakukan seperti Mr. Kid sarankan, yaitu setelah open file target, saya save, tapi error.

Yaitu Setelah Open wb target, saya lakukan code VBA :
wbTarget.save
wbTarget.Worksheet("January&quot;).select
wbTarget.Range("A2").select
ActiveSheet.paste.

Tapi code VBA tsb gagal. Kira-kira kenapa yah ? Apakah ada alternatif lain bagaimana mencegah data bentrok di file sharing ? Seperti bila ada peringatan, maka secara otomatis Code VBA memerintahkan untuk klik tombol Accept Others dan membatalkan perintah berikutnya.

Terima kasih,
Wassalam,
Tio

Sat Mar 9, 2013 12:08 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Errornya dibaris apa ?

Wassalam,
Kid.

2013/3/9 tioali2011 <tioali2011@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Saya sudah melakukan seperti Mr. Kid sarankan, yaitu setelah open file
> target, saya save, tapi error.
>
> Yaitu Setelah Open wb target, saya lakukan code VBA :
> wbTarget.save
> wbTarget.Worksheet("January&quot;).select
> wbTarget.Range("A2").select
> ActiveSheet.paste.
>
> Tapi code VBA tsb gagal. Kira-kira kenapa yah ? Apakah ada alternatif lain
> bagaimana mencegah data bentrok di file sharing ? Seperti bila ada
> peringatan, maka secara otomatis Code VBA memerintahkan untuk klik tombol
> Accept Others dan membatalkan perintah berikutnya.
>
> Terima kasih,
> Wassalam,
> Tio
>
>
>

Fri Mar 8, 2013 8:40 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Dear Master,

Saya punya file yang saya taruh di sharing folder
Saya ingin tahu siapa saja yang membuka/menggunakan file yang saya sharing
Bisakah kita tahu no IP pengguna ?

--
Terima kasih

æóÇáÓøóáóÇãõ Úóáóíúßõãú æóÑóÍúãóÉõ Çááåö æóÈóÑóßóÇÊõåõ
Heru Safrudin

Sat Mar 9, 2013 12:13 am (PST) . Posted by:

"syam ero" syamero@ymail.com

Yth. Mr. Kid

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah Mr.Kid kalendar popupnya cari-cari file dan dicobanya

bisa digunakan juga dari Almh. Jeng Siti ini sudah dikotak katik dari 4
hari yang

lalu baru ketemu caranya dari copy paste. mohon maafmr Kid saya untuk
formula dan VB atau Macro sebetulnya gak paham bener.

Mr. kid tolong dong? mohon tuk dibantu dengan permasalahannya adalah :

1. Jika tabel PESAN PERSEDIAAN sudah siisi datanya agar buton SIMPAN tsb

bisa masuk ke sheet Databs.

2. Jika tabel PENGIRIMAN BARANG sudah diisi datanya agar button SIMPAN

tsb bisa masuk ke sheet Databs. Kemudian pada tabel ini dalam tgl yang sama
bisa jadi 3 atau 4 kota tujuan harus dikirim dengan banyaknya barang pun
berbeda-beda.

3. Pada tabel PERSEDIAAN DIKIRIM pun bisa memunculkan datanya berdasarkan
formula.

4. Disetiap saya membuka file Excel sering muncul gambar,mohon solusinya
agar tidak muncul karena data yang diolah bisa tertunda bahkan nuggu lama.

Data terlampir.

Demikian terimaksih sebelumnya atas pencerahaanya.

Wassalam,
Syam

Pada 8 Maret 2013 06.25, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> 1. Tanggal pada Cell B6 dan E6 bagaimanakah agar ada kalender pop-upnya?
> >> Pada worksheet diberi ActiveX Control Object bernama DTPicker atau
> Calendar.
> >> cara insert object :
> -> ribbon Developer -> group Controls -> Insert -> lihat bagian
> ActiveX Control -> cari More Control (pojok kanan bawah list menu
> -> cari item DTPicker atau Calendar
> > Jika ada dalam daftar :
> -> klik item tersebut -> gambar kotak dalam worksheet
> > jika tidak ada item DTPicker atau Calendar Control x.0 dalam daftar
> -> tekan tombol Register Custom -> cari file mscomct2.ocx
> (DTPicker) atau mscal.ocx (Calendar Control) di komputer
> :: Jika ada filenya -> pilih dan tekan Open
> :: Jika tidak ada filenya -> lihat
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/22874 pada nomor
> 5.
> [sesuaikan nama filenya, mscomct2.ocx (DTPicker)
> atau mscal.ocx (Calendar Control)]
> >> Pastikan seluruh komputer yang akan menggunakan file Excel berisi
> control object DTPicker atau Calendar Control juga memiliki dan meregister
> library filenya di komputer tersebut.
> >> atur properti linked cells dari control yang dipakai untuk merujuk ke
> cell tertentu dalam worksheet, seperti cell B6 untuk control pertama dan E6
> untuk controk kedua.
>
> 2. Pada Cell B6 dan C6 ini jikasudah terisi datanya bagaimankah agar
> datanya bisa tersimpan dalam sheet Databs? dan begitu juga pada Cell E6, F6
> dan G6 tsb.
> >> coba langkah berikut :
> A. Pesan persediaan
> - pada cell A6 diberi formula :
> =IFERROR(MATCH(B6,Databs!A:A,0),COUNTA(Databs!A:A))
>
> - ke VBE (ALT F11)
> - menu Insert -> Module -> copas prosedur berikut :
> public sub SimpanPersediaan()
> dim lRow as long
> lrow=sheets("Data Pesan-Kirim").range("a6").value
> sheets("Databs").cells( lrow , 1 ).value = sheets("Data
> Pesan-Kirim").range("b6").value
> sheets("Databs").cells( lrow , 2 ).value = sheets("Data
> Pesan-Kirim").range("c6").value
> end sub
>
> - ke worksheet (ALT F11)
> - klik kanan tombol Simpan milik Pesan -> Assign Macro -> pilih
> SimpanPersediaan -> OK
> - save as workbook dengan cara :
> > tekan ALT F A
> > lihat opsi Save as type -> pilih .xlsm atau .xlsb atau .xls
> > beri nama file -> tekan tombol Save
>
> B. Pengiriman
> - pada cell H5 beri formula :
> =IFERROR(MATCH(E6,Databs!A:A,0),COUNTA(Databs!A:A))
> - pada cell H6 beri formula :
> =IFERROR(MATCH(F6,Databs!1:1,0),0)
>
> - ke VBE (ALT F11)
> - double click module yang di-insert pada proses A tadi dan copas
> script berikut ke baris barunya :
> public sub SimpanPengiriman()
> dim lRow as long, lCol as long
> lrow=sheets("Data Pesan-Kirim").range("h5").value
> lcol=sheets("Data Pesan-Kirim").range("h6").value
> if lcol <1 then
> exit sub
> endif
> sheets("Databs").cells( lrow , 1 ).value = sheets("Data
> Pesan-Kirim").range("e6").value
> sheets("Databs").cells( lrow , lcol ).value = sheets("Data
> Pesan-Kirim").range("g6").value
> end sub
>
> - ke worksheet (ALT F11)
> - klik kanan tombol Simpan milik Pengiriman -> Assign Macro -> pilih
> SimpanPengiriman -> OK
> - save workbook
>
> 3. Kemudian pada tabel persediaan dikirim jika ada penambahan pesan
> barang bisa bertambah terus sesuai data yang masuk ke Databs.
> >> Coba langkah berikut :
> - ke VBE (ALT F11)
> - double click module yang di-insert pada proses A tadi
> - cari prosedur SimpanPersediaan dan gerakkan cursor sampai ke baris
> berbunyi End Sub kemudian ENTER sampai ada lebih dari 2 baris kosong
> - pada baris kosong yang ada di atas End Sub, copas script berikut
> with sheets("Data Pesan-Kirim")
> .range("b8").offset(
> .range("b8").currentregion.rows.count ).value = .range("b6").value
> .range("b8").offset(
> .range("b8").currentregion.rows.count ,1 ).value = .range("c6").value
> end with
>
> - kembali ke worksheet (ALT F11)
> - simpan workbook
>
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
> 2013/3/7 syam ero <syamero@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Yth. Mr Kid
>>
>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>>
>> Mr data pencerahan sudah diterima dan cocok sesuai dengan kebutuhan saya,
>> Mr kid mohon pencerahan kembali dengan penambahan sheet sebagai pengolahan
>> data untuk disimpan kedalam sheet Databs. Data terlampir.
>> Atas bantuan dan pencerahannya saya mengucapkan terimakasih.
>>
>> Wasalam,
>> Syam
>>
>>
>>
>> Pada 2 Maret 2013 23.11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>>>
>>> -- mohon tidak menyertakan cc, bcc, atau to ke akun lain. cukup kirim ke
>>> milis Belajar-Excel --
>>>
>>> File terlampir.
>>>
>>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> 2013/3/2 syam ero <syamero@gmail.com>
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>> Yth. para Exceller
>>>>
>>>>
>>>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>>>>
>>>> Saya mohon dibantu dengan para pakar Excel dengan permasalahan Formula.
>>>>
>>>> Bagaimanakah data yang diambil dari sheet Databs menjadi hasil sebuah
>>>> laporan
>>>>
>>>> bulanan? dengan pertanyaannya yang antara lain :
>>>>
>>>> 1. Pada Cell P13 ini diselek agar data di sheet Databs ini langsung
>>>> mengisi form
>>>>
>>>> pada Sheet Laporan.
>>>>
>>>> 2. Formula untuk kolom K, L dan M masing-masing menghasilkan rumusan
>>>> hitungan.
>>>>
>>>> Demikian terimaksih sebelumnya atas pencerahaanya.
>>>>
>>>>
>>>> Wassalam,
>>>>
>>>> Syam
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Sat Mar 9, 2013 12:22 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

1. Jika tabel PESAN PERSEDIAAN sudah siisi datanya agar buton SIMPAN tsb bisa
masuk ke sheet Databs.
>> Kok belum dicoba langkah yang sudah dijlentrehken di-email lalu. Kalau
sudah dicoba dan ada errornya, kirim hasil coba tersebut ke milis.
- pada cell A6 diberi formula :
=IFERROR(MATCH(B6,Databs!A:A,0),COUNTA(Databs!A:A))

- ke VBE (ALT F11)
- menu Insert -> Module -> copas prosedur berikut :
public sub SimpanPersediaan()
dim lRow as long
lrow=sheets("Data Pesan-Kirim").range("a6").value
sheets("Databs").cells( lrow , 1 ).value = sheets("Data
Pesan-Kirim").range("b6").value
sheets("Databs").cells( lrow , 2 ).value = sheets("Data
Pesan-Kirim").range("c6").value
end sub

- ke worksheet (ALT F11)
- klik kanan tombol Simpan milik Pesan -> Assign Macro -> pilih
SimpanPersediaan -> OK
- save as workbook dengan cara :
> tekan ALT F A
> lihat opsi Save as type -> pilih .xlsm atau .xlsb atau .xls
> beri nama file -> tekan tombol Save
2 dan 3 ***
>> sama seperti nomor 1, coba dulu aja ya.

4. Disetiap saya membuka file Excel sering muncul gambar,mohon solusinya
agar tidak muncul karena data yang diolah bisa tertunda bahkan nuggu lama
>> Coba diingat-ingat, hal seperti ini munculnya sudah sejak awal dibuatnya
file atau setelah memasang calendar control ?
>> jika setelah memasang calendar control, coba hapus dulu userform yang
berisi calendar control tersebut. Save workbook dan tutup Excel, kemudian
coba buka lagi. (file tersebut baik-baik saja ketika dibuka dikomputer
saya).

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/3/9 syam ero <syamero@gmail.com>

> **
>
>
> Yth. Mr. Kid
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Alhamdulillah Mr.Kid kalendar popupnya cari-cari file dan dicobanya
>
> bisa digunakan juga dari Almh. Jeng Siti ini sudah dikotak katik dari 4
> hari yang
>
> lalu baru ketemu caranya dari copy paste. mohon maafmr Kid saya untuk
> formula dan VB atau Macro sebetulnya gak paham bener.
>
> Mr. kid tolong dong? mohon tuk dibantu dengan permasalahannya adalah :
>
> 1. Jika tabel PESAN PERSEDIAAN sudah siisi datanya agar buton SIMPAN tsb
>
> bisa masuk ke sheet Databs.
>
> 2. Jika tabel PENGIRIMAN BARANG sudah diisi datanya agar button SIMPAN
>
> tsb bisa masuk ke sheet Databs. Kemudian pada tabel ini dalam tgl yang
> sama bisa jadi 3 atau 4 kota tujuan harus dikirim dengan banyaknya barang
> pun berbeda-beda.
>
> 3. Pada tabel PERSEDIAAN DIKIRIM pun bisa memunculkan datanya
> berdasarkan formula.
>
> 4. Disetiap saya membuka file Excel sering muncul gambar,mohon solusinya
> agar tidak muncul karena data yang diolah bisa tertunda bahkan nuggu
> lama.
>
> Data terlampir.
>
> Demikian terimaksih sebelumnya atas pencerahaanya.
>
> Wassalam,
> Syam
>
>
>
>
> Pada 8 Maret 2013 06.25, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>>
>> 1. Tanggal pada Cell B6 dan E6 bagaimanakah agar ada kalender pop-upnya?
>> >> Pada worksheet diberi ActiveX Control Object bernama DTPicker atau
>> Calendar.
>> >> cara insert object :
>> -> ribbon Developer -> group Controls -> Insert -> lihat bagian
>> ActiveX Control -> cari More Control (pojok kanan bawah list menu
>> -> cari item DTPicker atau Calendar
>> > Jika ada dalam daftar :
>> -> klik item tersebut -> gambar kotak dalam worksheet
>> > jika tidak ada item DTPicker atau Calendar Control x.0 dalam
>> daftar
>> -> tekan tombol Register Custom -> cari file mscomct2.ocx
>> (DTPicker) atau mscal.ocx (Calendar Control) di komputer
>> :: Jika ada filenya -> pilih dan tekan Open
>> :: Jika tidak ada filenya -> lihat
>> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/22874 pada
>> nomor 5.
>> [sesuaikan nama filenya, mscomct2.ocx (DTPicker)
>> atau mscal.ocx (Calendar Control)]
>> >> Pastikan seluruh komputer yang akan menggunakan file Excel berisi
>> control object DTPicker atau Calendar Control juga memiliki dan meregister
>> library filenya di komputer tersebut.
>> >> atur properti linked cells dari control yang dipakai untuk merujuk ke
>> cell tertentu dalam worksheet, seperti cell B6 untuk control pertama dan E6
>> untuk controk kedua.
>>
>> 2. Pada Cell B6 dan C6 ini jikasudah terisi datanya bagaimankah agar
>> datanya bisa tersimpan dalam sheet Databs? dan begitu juga pada Cell E6, F6
>> dan G6 tsb.
>> >> coba langkah berikut :
>> A. Pesan persediaan
>> - pada cell A6 diberi formula :
>> =IFERROR(MATCH(B6,Databs!A:A,0),COUNTA(Databs!A:A))
>>
>> - ke VBE (ALT F11)
>> - menu Insert -> Module -> copas prosedur berikut :
>> public sub SimpanPersediaan()
>> dim lRow as long
>> lrow=sheets("Data Pesan-Kirim").range("a6").value
>> sheets("Databs").cells( lrow , 1 ).value = sheets("Data
>> Pesan-Kirim").range("b6").value
>> sheets("Databs").cells( lrow , 2 ).value = sheets("Data
>> Pesan-Kirim").range("c6").value
>> end sub
>>
>> - ke worksheet (ALT F11)
>> - klik kanan tombol Simpan milik Pesan -> Assign Macro -> pilih
>> SimpanPersediaan -> OK
>> - save as workbook dengan cara :
>> > tekan ALT F A
>> > lihat opsi Save as type -> pilih .xlsm atau .xlsb atau .xls
>> > beri nama file -> tekan tombol Save
>>
>> B. Pengiriman
>> - pada cell H5 beri formula :
>> =IFERROR(MATCH(E6,Databs!A:A,0),COUNTA(Databs!A:A))
>> - pada cell H6 beri formula :
>> =IFERROR(MATCH(F6,Databs!1:1,0),0)
>>
>> - ke VBE (ALT F11)
>> - double click module yang di-insert pada proses A tadi dan copas
>> script berikut ke baris barunya :
>> public sub SimpanPengiriman()
>> dim lRow as long, lCol as long
>> lrow=sheets("Data Pesan-Kirim").range("h5").value
>> lcol=sheets("Data Pesan-Kirim").range("h6").value
>> if lcol <1 then
>> exit sub
>> endif
>> sheets("Databs").cells( lrow , 1 ).value = sheets("Data
>> Pesan-Kirim").range("e6").value
>> sheets("Databs").cells( lrow , lcol ).value = sheets("Data
>> Pesan-Kirim").range("g6").value
>> end sub
>>
>> - ke worksheet (ALT F11)
>> - klik kanan tombol Simpan milik Pengiriman -> Assign Macro -> pilih
>> SimpanPengiriman -> OK
>> - save workbook
>>
>> 3. Kemudian pada tabel persediaan dikirim jika ada penambahan pesan
>> barang bisa bertambah terus sesuai data yang masuk ke Databs.
>> >> Coba langkah berikut :
>> - ke VBE (ALT F11)
>> - double click module yang di-insert pada proses A tadi
>> - cari prosedur SimpanPersediaan dan gerakkan cursor sampai ke baris
>> berbunyi End Sub kemudian ENTER sampai ada lebih dari 2 baris kosong
>> - pada baris kosong yang ada di atas End Sub, copas script berikut
>> with sheets("Data Pesan-Kirim")
>> .range("b8").offset(
>> .range("b8").currentregion.rows.count ).value = .range("b6").value
>> .range("b8").offset(
>> .range("b8").currentregion.rows.count ,1 ).value = .range("c6").value
>> end with
>>
>> - kembali ke worksheet (ALT F11)
>> - simpan workbook
>>
>>
>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>> Kid.
>>
>> 2013/3/7 syam ero <syamero@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Yth. Mr Kid
>>>
>>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>>>
>>> Mr data pencerahan sudah diterima dan cocok sesuai dengan kebutuhan saya,
>>> Mr kid mohon pencerahan kembali dengan penambahan sheet sebagai
>>> pengolahan
>>> data untuk disimpan kedalam sheet Databs. Data terlampir.
>>> Atas bantuan dan pencerahannya saya mengucapkan terimakasih.
>>>
>>> Wasalam,
>>> Syam
>>>
>>>
>>>
>>> Pada 2 Maret 2013 23.11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>>>
>>> **
>>>>
>>>>
>>>> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>>>>
>>>> -- mohon tidak menyertakan cc, bcc, atau to ke akun lain. cukup kirim
>>>> ke milis Belajar-Excel --
>>>>
>>>> File terlampir.
>>>>
>>>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>>>> Kid.
>>>>
>>>>
>>>> 2013/3/2 syam ero <syamero@gmail.com>
>>>>
>>>>> **
>>>>>
>>>>>
>>>>> Yth. para Exceller
>>>>>
>>>>>
>>>>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>>>>>
>>>>> Saya mohon dibantu dengan para pakar Excel dengan permasalahan
>>>>> Formula.
>>>>>
>>>>> Bagaimanakah data yang diambil dari sheet Databs menjadi hasil sebuah
>>>>> laporan
>>>>>
>>>>> bulanan? dengan pertanyaannya yang antara lain :
>>>>>
>>>>> 1. Pada Cell P13 ini diselek agar data di sheet Databs ini langsung
>>>>> mengisi form
>>>>>
>>>>> pada Sheet Laporan.
>>>>>
>>>>> 2. Formula untuk kolom K, L dan M masing-masing menghasilkan rumusan
>>>>> hitungan.
>>>>>
>>>>> Demikian terimaksih sebelumnya atas pencerahaanya.
>>>>>
>>>>>
>>>>> Wassalam,
>>>>>
>>>>> Syam
>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Sat Mar 9, 2013 1:52 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

ops... sudah lama sekali belum ada yang respon.

Mungkin perlu penjelasan lebih detil.
File lampiran jika dibuka di komputer saya, baris 33 dst tidak bisa di klik
karena sheet terproteksi. Jadi, karena tidak bisa diklik, maka formula
tidak bisa dilihat.
Jika ingin bisa diklik tapi tidak bisa terlihat formulanya, coba :
1. unprotect sheet
2. select cell yang berformula dengan ctrl A kemudian tekan ctrl G
dilanjutkan tekan tombol special dan pilih opsi formulas tekan OK
3. membuat hidden dengan cara klik kanan cell yang ter-select oleh langkah
2, format cells, tab protection, centang hidden, tekan OK
4. protect worksheet dengan memastikan bahwa item select locked cells
tercentang. Isi password bila perlu dan tekan OK
5. save workbook

Wassalam,
Kid.

2013/3/7 Muhammad Iqbal <iq_bal76id@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Exceller,
> Mau Tanya bagaimana cara memproteksi cell seperti contoh, sehingga baris
> ke 33 tidak bisa di klik, maupun di lihat rumusnya.
> Saya mencoba dengan proteksi sheet dari menu review, namun tetap bisa di
> klik dan dilihat rumusnya.
>
> Thanks
> Regard
> Muhammad Iqbal
>
>
>

Sat Mar 9, 2013 1:57 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Thread ini juga belum ada yang merespon.
Kalau melihat contoh data yang dilampirkan, sepertinya masih banyak yang
harus dijelaskan.
Bisa jadi, contoh pengerjaan manual beserta keterangan penyebab munculnya
hasil tersebut akan memudahkan calon penanggap.

btw,
andai cell berwarna abu dianggap sebagai nilai minimum standar penilaian,
sebaiknya ada sebuah kolom yang berisi nilai standar penilai tersebut agar
lebih mudah digunakan, daripada memanfaatkan warna cell (interior color).

Wassalam,
Kid.

2013/3/7 Priyatna Hadinata <priyatna_hadinata20@yahoo.com>

> **
>
>
> Siang master2 Belajar excel,
>
> mohon dibantu,
> Melalui milis ini saya belajar untuk membuat penilaian pada skala, namun
> ternyata saya diminta juga untuk memasukkan rekomendasi berdasarkan
> kriteria2 yang telah ditentukan.
>
> ilustrasinya seperti dilampiran
>
> semoga ada ada yang bisa memberi pencerahan.
>
> terima kasih sebelumnya
>
> Nata
>
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar