Kamis, 07 Maret 2013

]] XL-mania [[ Digest Number 2574

14 New Messages

Digest #2574
1
Transpose Formula by "Budi Wirahmi" budi.wirahmi
3a
5a
Mengurutkan data by eddiekumin2002
8
Tanya Rumus Untuk Pivot by "Rusdiyanto, Nicodemus"
11
Penjumlahan Max 5% Tertanda by "iyan cell" y4n_cell
12a
Bls: ]] XL-mania [[ membuat sisa bahan metode FIFO by "PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk" adhi_tax_dk3
13

Messages

Wed Mar 6, 2013 7:03 am (PST) . Posted by:

"Budi Wirahmi" budi.wirahmi

Dear master XL mania,

Salam kenal...
Saya masih nubie di milist ini dan nubie dalam hal per-excel-an. Mohon bantuannya dong cara untuk men-convert ribuan data yang awalnya dalam posisi vertical menjadi horizontal, seperti layaknya kita menggunakan fasilitas transpose. Terima kasih untuk pencerahannya.

Regards,
Budi

Wed Mar 6, 2013 7:03 am (PST) . Posted by:

"landak 2" kujang101

Iya, Pak YouSee...

Tapi jika pakai "workday", ketika melintasi hari libur, maka itu tidak dihitung sebagai hari kerja.

Misal jadwal kegiatan 3 hari. (kita asumsikan Kamis & Jumat libur/cuti bersama).
Jika kita mulai pada hari RABU, jika kita pakai 'workday', maka akan dihitung RABU, SENIN, SELASA (karena Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu dihitung hari libur).

Nah, yang saya inginkan: RABU, KAMIS, dan hari terakhir harus hari kerja, yaitu SENIN.
(Karena aturan mempersyaratkan bahwa kegiatan berdasarkan hari kalender, tetapi akhir tahapan harus pada hari kerja.)

Begitu, Pak/Bu...

________________________________
From: You See <theroadstar@yahoo.com>
To: "XL-mania@yahoogroups.comXL-mania@yahoogroups.com>
Sent: Monday, March 4, 2013 11:42 PM
Subject: Bls: ]] XL-mania [[ Cara Penjadwalan Kegiatan (Kombinasi hari kerja dengan hari libur)


 
Mas landak
Coba pakai rumus ctv yg di 2008, hasilnya sama kok
Saran saya, range-name LIBUR sebaiknya diganti dengan nama lain yang berlaku scope-workbook
Semoga membantu
Salam
YouSee

________________________________
Dari: landak 2 <kujang101@yahoo.com>
Kepada: XL mania <XL-mania@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 2 Maret 2013 22:47
Judul: ]] XL-mania [[ Cara Penjadwalan Kegiatan (Kombinasi hari kerja dengan hari libur)


 

Mohon bantuan rekan-rekan untuk solusi penjadwalan sebuah kegiatan.

Dulu saya pernah menanyakan hal semacam ini dan telah diberitahu caranya (oleh ctv) sehingga sangat membantu pekerjaan saya di kantor.

Namun, tahun ini ada sedikit perubahan aturan sehingga saya minta bantuan rekan-rekan kembali. :D

Pertanyaan lengkapnya ada dalam file terlampir (tab JADWAL KERJA 2013).
Sedangkan 4 tab yang lain adalah jawaban terhadap pertanyaan saya terdahulu (tahun 2008).

Demikian dan terima kasih atas atensi dan bantuannya...

Wed Mar 6, 2013 7:04 am (PST) . Posted by:

"Elis Lim" lim.elis@ymail.com

Dear BSA,

Terima kasih. Saya mengira tidak ada yang membaca pertanyaan saya.....hehehehe
Tapi sayangnya, Excel yang saya pakai masih versi 2003, jadi rumus terlampir tak terbaca atau tak bisa dipakai ya? soalnya muncul #NAME? di kolom hasil :(.

Apakah ada rumus yang bisa digunakan oleh excel versi 2003 ya?

Atas bantuannya, saya mengucapkan terima kasih.

Cheers
Elis

________________________________
From: XL bsa <xlmania.bsa@gmail.com>
To: XL-mania@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 23 January 2013, 10:41
Subject: Re: ]] XL-mania [[ Lookup with Multiple Unique Results Horizontally


 
Dear Elis,
Terlampir alternatif solusi untuk masalah look-up.
Semoga bisa membantu

salam
BSA

Pada 18 Januari 2013 12.47, Elis Lim <lim.elis@ymail.com> menulis:


>Dear para penyelamat dunia excel,
>
>
>Saya ingin menanyakan cara untuk bisa Lookup with Multiple Unique Results; dimana :
>1. Hasil yang diinginkan berupa unique results, tidak berulang2 dari kriteria yang sama
>2. Hasil nya diposisikan secara horizontal.
>3. Worksheet Sumber Data dan Pencarian data tidak terletak pada lembar kerja yang sama.
>
>
>Terlampir data selengkapnya.
>
>
>NB:Saya masih menggunakan Excel 2003.
>
>
>
>Terima kasih atas segala bantuannya.
>
>
>Cheers ^^Liz

Wed Mar 6, 2013 7:04 am (PST) . Posted by:

"jimmy sihombing"

To. All Master XL mania di manapun Anda berada,

Ceritanya begini:

Saya ingin melihat Rekap Piutang Overdue per customer dan per salesman,
yakni akumulasi piutang yg sudah jatuh tempo per customer dan per salesman
pada GL accounting. Sayangnya fasilitas menu tersebut tidak dimiliki oleh
GL accounting. Hingga akhirnya database-AR adalah Aged Receivable (detil)
yg dari GL accounting saya comvert ke excel. Maksudnya adalah supaya saya
bisa membuat akumulasi piutang yg sudah jatuh tempo per customer dan per
salesman, tentunya dengan rumus2x excel (arsir warna kuning) agar proses
kerja menjadi cepat (file terlampir).

Sayangnya saya memiliki kendala karena

1. Tampilan GL bukanlah layaknya sebuah database,
2. Tidak ada kode customer yang bisa saya jadikan criteria untuk
menjalankan rumus SUMIFS.
3. Pada sheet database-AR di kolom B ada baris No Telp dan Alamat,
sehingga sulit bagi saya ketika mengambil nama Customer dalam kolom B
sebagai criteria (kolom A), guna menjalankan rumus SUMIFS (sheet REKAP by
JHE). Untuk bisa mengambil criteria nama customer maka sementara No Telp
dan Alamat saya deleted satu per satu, cuma kan jadi repot.

Nah! karena dari ke tiga masalah di atas untuk kendala 1 dan 2 sudah bisa
saya atasi (arsiran kuning), kecuali tinggal kendala no 3.
Pertaanyaannya bagaimana solusi untuk kolom A, yakni No Telp dan Alamat
tidak dibutuhkan sebagai criteria, melainkan nama Customer spt
Global Sukses danGrand Depok F yang dibutuhkan?

Terima kasih sebelumnya.

Salam,

JHE

Wed Mar 6, 2013 7:04 am (PST) . Posted by:

eddiekumin2002

Dear Excel Mania....

Saya ada kesulitan dalam perihal mengurutkan data dengan file terlampir.

Yang saya inginkan adalah menampilkan secara berurutan data yang mepunyai nilai >5 dan <5 sementara yang lainnya tidak ditampilkan.

Terimakasih atas bantuan dari master semua.

Wassalam,

Eddy Zulheppy

Wed Mar 6, 2013 7:07 am (PST) . Posted by:

"Fajar Agus Nugroho" fajaragusn

dear master excel

saya punya data pasien dg kolom nama,umur,jenis kelamin,poli,kunjungan lama/baru,bayar,gratis

setiap hari saya rekap data berdasar jenis kelamin,dan yang gratis (KTP,jamkesda,lansia dll) dan yang bayar dg rumus dcounta

agar rekap harian masuk otomatis ke rekap bulanan bagaimana ya caranya.....data terlampir.

trima kasih sebelumya

Wed Mar 6, 2013 7:13 am (PST) . Posted by:

"SISWO" siswo71

office 2013 on Windows 7 error
saya baru saja install office 2013 pada windows 7 yang sebelumnya sudah terinstall office 2010, setelah selesai install saya coba jalankan dan memperoleh pesan error sebagai berikut :

Problem signature:
Problem Event Name: BEX
Application Name: EXCEL.EXE
Application Version: 15.0.4420.1017
Application Timestamp: 50673286
Fault Module Name: unknown
Fault Module Version: 0.0.0.0
Fault Module Timestamp: 00000000
Exception Offset: 001bed38
Exception Code: c0000005
Exception Data: 00000008
OS Version: 6.1.7601.2.1.0.256.48
Locale ID: 1057

Additional information about the problem:
LCID: 1033
skulcid: 1033

Read our privacy statement online:
http://go.microsoft.com/fwlink/?linkid=104288&amp;clcid=0x0409

If the online privacy statement is not available, please read our privacy statement offline:
C:\Windows&#92;system32&#92;en-US&#92;erofflps.txt

tolong ya bro & sis, kasih tahu solusinya

Matur suwun

Wed Mar 6, 2013 7:21 am (PST) . Posted by:

"Rusdiyanto, Nicodemus"



Dear suhu,

Saya punya data untuk kepentingan report cycle count.

Tapi masalahanya saya mengalami kendala pada saat buat reporting-nya
karena harus manual.

Bisakah rumus yang ada di sheet report ditambahkan ke sheet pivot dengan
menambahkan kolom dibelakang kolom VAR?

Hasil yang diinginkan adalah status OK dan FAILED langsung tampil di
sheet PIVOT dengan menggunakan formula tertentu.

Mohon bantuannya.

Thanks in advance,

Nico

Wed Mar 6, 2013 7:22 am (PST) . Posted by:

"Paijo Iseng" paijo.iseng

Yth Pak Dudi,

Begini caranya:

buat sebuah timer,
dan gunakan timer tersebut untuk dua kegiatan sekaligus.

Contoh macro-nya terlampir di file ber-Macro.

Semoga sesuai yang diharapkan

Iseng

________________________________
From: Dudi <cakra99@gmail.com>
To: XL MANIA <XL-mania@yahoogroups.com>
Sent: Friday, February 22, 2013 9:39 AM
Subject: ]] XL-mania [[ Makro Teks Jalan & Display digabung aktif bersamaan


 
Salam Para Master & Grand Master Excell

Saya ada satu tugas kerjaan yg diminta untuk menampilkan suatu report, saya mau menambahkan sentuhan dengan ada tampilan teks berjalan di report yg akan ditampilkan.
Saya buatkan makro dengan sedikit contek-contek gitu...tapi masalahnya proedur makro tdk berfungsi seperti yg diharapkan.

Hasil
yg diharapkandari 2 prosedur makro yang digabungkan
dapat berjalan bersamaan yaitu tampilan data dan animasi teks jalan bisa
berbarengan ter-display.
Namun pada makro yg saya buat meski
2 prosedur makro tsb telah saya gabung tidak dapat berjalan bersamaan. Jika
prosedur makro 'test1 'dijalankan, prosedur makro 'teksjalan&#39; tidak berfumgsi,
sebaliknya jika prosedur 'teksjalan&#39; diaktifkan, prosedur 'test1&#39; tidak
berfungsi.

Nah....mohon bantuan para MASTER
& GRAND MASTER EXCELL,
Gimana caranya supaya 2 prosedur
tsb dapat akif bersamaan dan langsung aktif pada saat file dibuka ???

Atas bantuan para MASTER &
GRAND MASTER EXCELL, saya sangat mengucapkan terima kasih.

saya attach contoh file report yg akan saya buat.
Dudi

Wed Mar 6, 2013 7:31 am (PST) . Posted by:

"Paijo Iseng" paijo.iseng

Caranya,

buat sebuah timer,
dan gunakan timer tersebut untuk dua kegiatan sekaligus.

Contoh macro-nya terlampir.
Semoga sesuai yang diharapkan

Iseng

________________________________
From: Dudi <cakra99@gmail.com>
To: XL MANIA <XL-mania@yahoogroups.com>
Sent: Friday, February 22, 2013 9:39 AM
Subject: ]] XL-mania [[ Makro Teks Jalan & Display digabung aktif bersamaan


 
Salam Para Master & Grand Master Excell

Saya ada satu tugas kerjaan yg diminta untuk menampilkan suatu report, saya mau menambahkan sentuhan dengan ada tampilan teks berjalan di report yg akan ditampilkan.
Saya buatkan makro dengan sedikit contek-contek gitu...tapi masalahnya proedur makro tdk berfungsi seperti yg diharapkan.

Hasil
yg diharapkandari 2 prosedur makro yang digabungkan
dapat berjalan bersamaan yaitu tampilan data dan animasi teks jalan bisa
berbarengan ter-display.
Namun pada makro yg saya buat meski
2 prosedur makro tsb telah saya gabung tidak dapat berjalan bersamaan. Jika
prosedur makro 'test1 'dijalankan, prosedur makro 'teksjalan&#39; tidak berfumgsi,
sebaliknya jika prosedur 'teksjalan&#39; diaktifkan, prosedur 'test1&#39; tidak
berfungsi.

Nah....mohon bantuan para MASTER
& GRAND MASTER EXCELL,
Gimana caranya supaya 2 prosedur
tsb dapat akif bersamaan dan langsung aktif pada saat file dibuka ???

Atas bantuan para MASTER &
GRAND MASTER EXCELL, saya sangat mengucapkan terima kasih.

saya attach contoh file report yg akan saya buat.
Dudi

Wed Mar 6, 2013 7:26 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Syam;

File terlampir semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: syam ero
To: belajar-excel@yahoogroups.com ; XL-mania@yahoogroups.com
Sent: Saturday, March 02, 2013 10:28 PM
Subject: ]] XL-mania [[ Formula laporan bulanan diambil dari databs

Yth. para Exceller

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya mohon dibantu dengan para pakar Excel dengan permasalahan Formula.

Bagaimanakah data yang diambil dari sheet Databs menjadi hasil sebuah laporan

bulanan? dengan pertanyaannya yang antara lain :

1. Pada Cell P13 ini diselek agar data di sheet Databs ini langsung mengisi form

pada Sheet Laporan.

2. Formula untuk kolom K, L dan M masing-masing menghasilkan rumusan hitungan.

Demikian terimaksih sebelumnya atas pencerahaanya.

Wassalam,

Syam

Wed Mar 6, 2013 7:27 am (PST) . Posted by:

"iyan cell" y4n_cell



Mohon bantuan rekan-rekan untuk solusi penjumlahan setelah max 5% tertanda otomatis

Contohnya: Tabel yg berwarna di bawah jumlah nya max 5% namun itu manual kasih tandanya.

Atas bantuannya sy ucapkan terimakasih banyak

Salam Excel
Supian

Wed Mar 6, 2013 7:28 am (PST) . Posted by:

"PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk" adhi_tax_dk3

Terima kasih pada guru2 yg sudah berusaha membantu saya...
Cuma, masih ada tapinya nih....

Kasusnya yaitu : pada saat cell F4, kami rubah angkanya menjadi 600, seharusnya yang terjadi pada Cell H8 tidak boleh minus, melainkan tetap nol, karena pemakaian 660 Ton perhitungannya habis hanya sampai pada pemakaian stock material lapis yang kedua, yaitu di  di Cell H6...

Berikut saya lempirkan kembali agar para suhu XL tetap bersedia membantu saya...

Best Regards

-- Si Udin --
--- Pada Kam, 28/2/13, Winov X <winovx@yahoo.co.id> menulis:

Dari: Winov X <winovx@yahoo.co.id>
Judul: Bls: ]] XL-mania [[ membuat sisa bahan metode FIFO
Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 28 Februari, 2013, 4:41 AM

 

saya coba jawabdengan mainin range di SUMIFnyasemoga bisa membantu

--- Pada Sen, 25/2/13, PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com> menulis:

Dari: PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk <adhi_tax_dk3@yahoo.com>
Judul: ]] XL-mania [[ membuat sisa bahan metode FIFO
Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 25 Februari, 2013, 11:10 AM

 

Dear para pakar excel,,,

Saya mempunyai kesulitaan didalam pengolahan data untuk memformulasikan agar bisa menghasilkan sisa material secara berjenjang....
Mohon pencerahaannya seperti pada file terlampir...
Best Regards
-- Si Udin ---

Wed Mar 6, 2013 7:30 am (PST) . Posted by:

"bambang sumanto" lenterahati2002

Kepada yth Rekan XL-Mania

Mohon bantuannya , ada produksi pulpen di januari 13 sejumlah 1 unit
bagaimana caranya, ketika bos minta bahwa rencana pulpen rencana akan dijual pada bulan ke 3
setelah produksi (april 2013) maka akan otomatis muncul di bulan april 2013

dan ketika bos minta "oooh dirubah rencana bulan menjadi bulan ke 5 atau bulan ke 2 bagaimana?"
maka otomatis ketika rencana bulan itu diisi akan otomatis data penjualan akan terisi pada rencana
yang diingikan

atas bantuannya diucapakn banyak terimakasih

bambang
GROUP FOOTER MESSAGE
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| Merry Christmas. May God bless you and your family...             |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di :                                            |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar