Rabu, 17 Juli 2013

[belajar-excel] Digest Number 2428

14 New Messages

Digest #2428
2a
Mengambil dan Mengolah Data dari Tabel Dinamis by "Prodev SIMPLE PB" prodev_simple
2b
Re: Mengambil dan Mengolah Data dari Tabel Dinamis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2d
Re: Mengambil dan Mengolah Data dari Tabel Dinamis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Print Shape Semakin ke Bawah by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
5a
Re: Membuka 2 file excel - 1 tidak bisa tersave by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: Perhitungan stok barang by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: Identifikasi array formula atau bukan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8a
Re: sistem reminder by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
9a
Re: WTA: Copy paste otomatis menggunakan macro by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Wed Jul 17, 2013 1:14 am (PDT) . Posted by:

"Helsy B" helsyb


Para Pakar Excell yang baik hati,

Mohon bantuannya cara mengambil data dari sheet untuk nilai tertentu, seperti pada terlampir.

Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

Wassalam
Helsy

--- Mods ---
:(
filenya ketinggalan
------------

Wed Jul 17, 2013 1:15 am (PDT) . Posted by:

"Prodev SIMPLE PB" prodev_simple

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dear Master & Member,
Mohon bantuannya untuk permasalahan sebagaimana file terlampir.
Berkaitan dengan pemannfaatan VLOOKUP pada tabel yang dinamis, dll.

Atas bantuan dan sharing ilmunya disampaikan terima kasih.
Wassalam.

 
- prodev simple -

Wed Jul 17, 2013 2:28 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Coba formula :
=VLOOKUP(*TEXT($A7,"000")&"/*"*,'Data Relawan'!$B$7:$E$15,2,0)
"cel tulung cariken data di 'Data Relawan'!$B$7:$E$15 pada kolom ke-2 nya
ya, yang nilai kolom pertamanya sama persis (,0) dengan bunyi angka di a7
yang dibuat selalu 3 karakter dan punya nol didepan (text blabla) dan
diakhiri garis miring beserta sebarang karakter apa saja setelahnya"

misal A7 bernilai 1 :
=VLookUp( *"001/*"* , 'Data Relawan'!$B$7:$E$15,2,0)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/7/17 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com>

> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Dear Master & Member,
> Mohon bantuannya untuk permasalahan sebagaimana file terlampir.
> Berkaitan dengan pemannfaatan VLOOKUP pada tabel yang dinamis, dll.
>
> Atas bantuan dan sharing ilmunya disampaikan terima kasih.
> Wassalam.
>
> - prodev simple -
>
>
>

Wed Jul 17, 2013 3:12 am (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Prodev;

File terlampir semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Prodev SIMPLE PB
To: Belajar Excel Milis
Sent: Wednesday, July 17, 2013 3:09 PM
Subject: [belajar-excel] Mengambil dan Mengolah Data dari Tabel Dinamis

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dear Master & Member,
Mohon bantuannya untuk permasalahan sebagaimana file terlampir.
Berkaitan dengan pemannfaatan VLOOKUP pada tabel yang dinamis, dll.

Atas bantuan dan sharing ilmunya disampaikan terima kasih.
Wassalam.

- prodev simple -

Wed Jul 17, 2013 3:25 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

ops ternyata ada banyak pertanyaan lain dalam file.

File terlampir.
Sepertinya seluruh formula dalam sebuah kolom harus seragam agar bisa auto
copy ke record baru.

Wassalam,
Kid.

2013/7/17 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Coba formula :
> =VLOOKUP(*TEXT($A7,"000")&"/*"*,'Data Relawan'!$B$7:$E$15,2,0)
> "cel tulung cariken data di 'Data Relawan'!$B$7:$E$15 pada kolom ke-2 nya
> ya, yang nilai kolom pertamanya sama persis (,0) dengan bunyi angka di a7
> yang dibuat selalu 3 karakter dan punya nol didepan (text blabla) dan
> diakhiri garis miring beserta sebarang karakter apa saja setelahnya"
>
> misal A7 bernilai 1 :
> =VLookUp( *"001/*"* , 'Data Relawan'!$B$7:$E$15,2,0)
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/7/17 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>>
>> Dear Master & Member,
>> Mohon bantuannya untuk permasalahan sebagaimana file terlampir.
>> Berkaitan dengan pemannfaatan VLOOKUP pada tabel yang dinamis, dll.
>>
>> Atas bantuan dan sharing ilmunya disampaikan terima kasih.
>> Wassalam.
>>
>> - prodev simple -
>>
>>
>>
>
>

Wed Jul 17, 2013 1:25 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file terlampir.

Wassalam,
Kid.

2013/7/17 Salam <aang@dmcti.co.id>

> Mr.Kid ilmu nya terlalu tinggi,saya belum sampai.
>
> Regards,
> A.Salam
>
> --- Mods ---
> hati-hati loh...
> beda tipis antara enggan mencoba dengan pengen jadinya saja
> ------------
>
>
>
> On 17/07/2013 14:31, Mr. Kid wrote:
> > Oh masalah dari 1 bijik per lembar jadi 2 bijik per lembar
> > mau coba ubah sendiri atau mau nunggu jadinya saja ?
> >
> > kalau mau nyoba sendiri :
> > 1. blok template yang sudah ada -> ubah semua formula agar setiap
> > rujukan cell menjadi absolute references
> > caranya, edit formula dan pasang absolute references disemua cell
> > (yang pakai F4 itu loh). kalau ndak salah cuma tinggal formula yang
> > ada di tulisan nama perusahaan yang gede itu aja
> >
> > 2. blok seluruh template -> copy -> paste dibawah agar jadi 2 bijik
> > per lembar
> > 3. di hasil paste [artinya di blok template yang bawah], ubah formula
> > yang pakai substitute pada bagian yang bunyinya
> > "%s1",$bla$x
> > menjadi
> > "%s1",$bla$x+1
> >
> > 4. ke VBE (pencet ALT sama F11 bersamaan)
> > 5. lihat module1 -> double click module 1
> > 6. cari baris yang berbunyi :
> > for bla=1 to blu
> > ganti jadi
> > for bla=1 to blu step 2
> >
> > 7. cari bagian yang berbunyi
> > .range(bliblibli).printpreview
> > ganti menjadi bliblibli menjadi alamat range dari 2 bijik template.
> > Misal mulai dari A1 sampai M100 berarti si bliblibli ganti jadi "A1:M100"
> >
> > 8. kalau pengen gak pakai preview saat print, ganti tulisan
> > printpreview jadi printout
> > 9. save (pastikan sebagai .xlsm atau excel macro enabled workbook)
> > 10. coba print sampai 1500 deh
> >
> > lembaran tersebut sudah disertakan keterangan (comment) agar bisa
> > membuat template itu langsung print untuk berjuta perusahaan yang per
> > perusahaan ada berjuta box. atur baris formulanya, sediakan datanya,
> > buat prosedur untuk loop ganti perusahaan yang mau diprint, dan
> > panggil prosedur print yang ada.
> >
> > Dari uraian di atas, mestinya bisa dikembangkan untuk 10 bijik per
> > lembar atau berapapun per lembar yang diinginkan.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> >
> >
> >
>
>
> ------------------------------------
>
> =====================================================================
> Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai
> kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam
> menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam
> jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang
> ingin dipelajari.
> Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih
> membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal
> lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
> Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin
> diungkapkan.
> Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> =====================================================================
> Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama
> yang bermanfaat besar untuk kita semua.
> =====================================================================
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

Wed Jul 17, 2013 1:39 am (PDT) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Miss Jan Raisin dan Pak Hendrik,
Alhamdulillah mulai ada pencerahan lagi. cuman saya jalankan visual basicnya Miss Jan ada pesan error " Run time error '91 : Object variable or with block variable not set. terus saya klik debug maka ada tanda kuning di baris tsb yaitu : 1Find = rgFind.Row
hal diberkenaan dengan saya copykan macro tsb ke file saya yang banyak sheetnya, hasil yang didapat pada sheet daftar berhenti pada baris 28 - 30... padahal masih banyak lagi sheet2nya.
Miss Jan, kalau bisa dikirimkan revisinya menjadi Nama Sheet, Saldo Awal ; Total Debet ; Total Kredit dan Saldo Akhir.
mohon bantuannya.
terima kasih
ASL

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: miss.jan.raisin@gmail.com
Date: Wed, 17 Jul 2013 14:11:15 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook



ikutan lagi ya.. coba file terlampir,pastikan untuk meng-enable-kan security macronya

salam,

-Miss Jan Raisin-
Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanya ke belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;

Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;

Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. Çóãöíä íóÇ ÑóÈóø ÇáúÚóÇáóãöíúä



Pada 17 Juli 2013 11.36, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:


Pak Hendrik ,
maaf ketinggalan file attachment saya, berikut saya lampirkan.
tambahan : setiap sheet jumlah baris yang dipakai berbeda2 barisnya. tergantung dari transaksinya. bisakah diambil dari masing2 sheet tsb Total Debet, Total Kredit dan Saldo Akhirnya.

Terimaksih
ASL

From: syaifullah@hotmail.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com

Subject: RE: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook
Date: Wed, 17 Jul 2013 04:31:37 +0000


Pak Hendrik,
saya sudah mengikuti instruksi pak Hendrik, tentang mengaktifkan macro.
dari File yang Pak Hendrik, saya mengerti untuk menggantikan nama2 sheet tsb.
Sheet daftar yang ada pada file yang Pak Hendrik kirimkan tsb saya copy ke ke file saya yang berisi banyak sheet. setelah saya copykan sheet daftar ke sheet saya (nama filenya "KASUS MACRO.xlsx") tidak menampilkan hasil yang diinginkan.

Padahal rencana saya apabila bisa, saya akan membuat sheet baru untuk merekap nama2 sheet tsb, sekaligus mengambil total debet, kredit dan saldo. Tentu kalau berhasil ini sangat membantu saya membuat laporan proyek2 ke depannya. Harapan saya, Pak Hendrik dapat memberikan bantuannya.

Terima Kasih.
ASL





Wed Jul 17, 2013 1:51 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

coba tambahkan script
on error resume next

tepat di atas baris yang bunyinya seperti ini:
set rgfind = ,,,,,,

penyebab errornya karena tidak ditemukan tulisan TOTAL pada sheet tersebut

untuk menambahkan saldo awal gunakan teknik pencarian yang sama persis
dengan pencarian total

salam,

-Miss Jan Raisin-

- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
Çóãöíä íóÇ ÑóÈóø ÇáúÚóÇáóãöíúä

Pada 17 Juli 2013 15.36, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>menulis:

> **
>
>
> Miss Jan Raisin dan Pak Hendrik,
> Alhamdulillah mulai ada pencerahan lagi. cuman saya jalankan visual
> basicnya Miss Jan ada pesan error " Run time error '91 : Object variable or
> with block variable not set. terus saya klik debug maka ada tanda kuning di
> baris tsb yaitu : 1Find = rgFind.Row
> hal diberkenaan dengan saya copykan macro tsb ke file saya yang banyak
> sheetnya, hasil yang didapat pada sheet daftar berhenti pada baris 28 -
> 30... padahal masih banyak lagi sheet2nya.
> Miss Jan, kalau bisa dikirimkan revisinya menjadi Nama Sheet, Saldo Awal ;
> Total Debet ; Total Kredit dan Saldo Akhir.
> mohon bantuannya.
> terima kasih
> ASL
>
> ------------------------------
>

Wed Jul 17, 2013 1:48 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Mungkin karena Excel nya dibuka pada instansi yang sama.
Coba :
1. buka excel dengan workbook kosong
2. office button -> excel options -> page Advanced (frame kiri) -> cari
blok general (agak kebawah di frame kanan) -> hilangkan centang dari item
ignore other app blablabla begitu -> ok sampai kembali ke sheet -> tutup
excel
3. jalankan regedit (desktop start -> di search - > tulis regedit ->
jalankan regedit.exe (harus ada ijin admin komputer)
4. ke folder HKey Class Root -> applications -> Excel.exe -> shell -> open
-> command -> lihat frame kanan ada item (default)
5. diframe kanan, jika ada item lain selain (default) -> klik kanan item
selain default -> delete
6. setelah hanya bersisa (default) -> klik kanan (default) -> modify ->
tulis :
>> untuk windows 64bit tapi office 32bit :
"C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office12\EXCEL.EXE" "%1"

>> untuk windows 64bit dan office 64bit juga
"C:\Program Files\Microsoft Office\Office12\EXCEL.EXE" "%1"

7. restart komputer
8. coba pilih 2 file excel dari windows explorer -> klik kanan open

Jika memang file harus dibuka dalam instansi excel yang sama, sepertinya
kalkulasi formula yang membuat seakan-akan excelnya hang.
Coba update msoffice 2007 nya menjadi SP3.

Wassalam,
Kid.

2013/7/16 Yulius Minsai <yulius_minsai@yahoo.co.id>

> **
>
>
> **
> Dear members,
>
> Mohon pencerahannya nih, saya ada kesulitan sbb :
> Saya menggunakan Excel 2007 dan selama ini tidak terjadi masalah.
> Masalah ini timbul ketika saya menginstall ulang laptop sekaligus Excelnya
> (padahal dgn cd istaller yang sama dgn terdahulu)
> Masalahnya adalah....., ketika saya membuka 2 file excel secara bersamaan
> (file ini berisi rumus-rumus dan besarnya hampir 7 mega setiap filenya),
> salah satu file tidak bisa di save (hang) terkecuali file satunya di closed
> terlebih dahulu. Jika saya membuka file A, kemudian membuka lagi file B,
> maka hanya file B yang bisa di save, begitupun sebaliknya, padahal dulunya
> tidak ada masalah.
>
> Hal ini tidak menjadi masalah jika yang saya buka file ukuran kecil..
> Trims untuk bantuannya.
>
> Salam,
> Yulius
>
>
>

Wed Jul 17, 2013 1:53 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe... thread ini udah lama banget.

biasanya, tentang perubahan harga jual dan sebagainya nih, kalau saya,
semua disimpan di suatu sheet tersendiri bernama HistoryHargaBeli dan
HistoryHargaJual. Disana ada kode produk, tanggal perubahan, dari harga
berapa, jadi harga berapa

kemudian, sheet output bernama stock (jadi data stock ada berapa sekarang
itu, saya masukkan sebagai output bukan input atau data yang harus
disimpan) disusun dengan formula. Pakai VBA juga bisa, tapi prinsipnya sama
saja. Khusus untuk harga terakhir, baik beli atau jual, bisa diambil dari
masing-masing sheet history tadi menggunakan formula lookup atau index
match yang match type 1.

Jadi, bisa membuat formula dulu baru nanti diotomasi dengan VBA.

Wassalam,
Kid.

2013/7/13 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Rekan-rekan dan Master Excel,
> Saya sangat butuh bantuannya para rekan-rekan tentang VBA yang saya buat
> pada file terlampir.
> Ceritanya file ini berfungsi untuk mencatat otomatis data penjualan dsb di
> toko. Dengan bantuan dari rekan-rekan dan master-master di Be-Excel dan
> comot script sana script sini dari file-file di milis, akhirnya
> terbentuklah file yang kira-kira saya butuhkan seperti ini (ala kadarnya).
> File ini terdiri dari beberapa sheet inti dan beberapa sheet bantuan.
> Terkait dengan pertanyaan di topik ini, saya memberi warna biru pada tab
> sheetnya tentang pertanyaan kali ini. Ada 3 sheet yang diberi warna biru;
> sheet DATA, PENJUALAN dan PEMASUKAN. Sheet Data berisi tentang data-data
> stok barang pertama kali dibuat. Sheet Penjualan berisi tentang semua
> history penjualan yang berfungsi juga untuk melihat hasil penjualan
> misalnya penjualan bulan X, item Y dan bos Z atau yang lain. Sheet
> Pemasukan berisi mengenai data barang masuk (penambahan stok jenis barang
> lama maupun penambahan jenis barang baru). Terdapat juga userform yang
> membantu tentang pengecekan stok barang dan pencatatan penjualan maupun
> pembelian (pemasukan) barang. Sejauh ini script yang terkumpul masih
> berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Yang jadi kendala adalah bagaimana
> cara perhitungan untuk menggabungkan stok barang antara data awal (DATA),
> history penjualan (PENJUALAN) dan data masuk barang (PEMASUKAN) nya.
> UserForm untuk mengecek stok barang merujuk ke sheet Data, sementara selama
> perjalanan waktu ada barang keluar masuk. Yang terlintas dibenak saya untuk
> prosedur Penjualan dan Pembelian, sebelum item-item yang dijual di save
> atau di OK, langsung di kurangkan ke sheet stok barang (sheet Data).
> Sebelum item-item yang mau dimasukkan ke stok (di save atau di OK),
> langsung di tambahkan ke stok barang juga. Jika barang lama cukup
> ditambahkan ke kolom stoknya, jika barang baru maka ditambahkan ke baris
> baru paling bawah (yang kemudian di sort berdasarkan kolom A:A, script sort
> kolom A sudah dibuat record macronya). Tapi saya masih bingung mengenai
> script apa yang bakal digunakan untuk prosedur seperti itu? Untuk
> membedakan barang lama atau barang baru, pada userform pemasukan sudah saya
> bedakan melalui kode barang, jika kode barang ada pada sheet Data maka
> beberapa textbox lainnya Enablednya dimatiin sebagai tanda itu barang lama,
> dan sebaliknya.
> Mohon bantuannya untuk menyelesaikan permasalahan saya ini. Jika ada ide
> untuk mempersimple file sangat diharapkan. Sebelum dan sesudahnya saya
> ucapkan banyak-banyak terimakasih.
> Wassalam,
>
>
>

Wed Jul 17, 2013 2:04 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Salah satu cirinya sudah dijelaskan miss Jan. Pak Mardi juga sudah
menemukan cirinya ketika di enter saja malah error value.

Ciri selain yang dua di atas, antara lain :
ada banyak cell yang digunakan fungsi untuk mengisi salah satu inputan yang
biasanya hanya diisi satu bijik nilai
Misal : yang namanya fungsi Sum-sum an atau Count-count an atau max max an
dan sebangsanya itu kan selalu butuh inputan banyak cell, jadi wajar kalau
mengolah banyak cell sekalian.
Kalau yang namanya CountIF, range carinya bener ada banyak, tapi sisi input
kriterianya diisi langsung banyak nilai, maka countif ini akan bekerja
sebagai array formula akibat si kriteria diisi banyak nilai yang biasanya
hanya diisi satu bijik nilai kriteria.
CountIF(A1:A234,"kid") -> kriteria cuma berisi 1 nilai kriteria yaitu 'kid'
CountIF(A1:A234, d7:d13 ) -> kriteria diisi banyak nilai kriteria yaitu
nilai di d7 sampai d13 :: array formula

contoh lain adalah Mid
biasanya Mid( "teks datanya" , 4 , 3 ) -> cuma diisi satu nilai tiap input
parameternya
kalau jadi Mid( "teks datanya" , row($1:$99) , 1 ) -> ada inputan
parameter diisi banyak nilai, yaitu parameter start diisi 99 nilai, dari 1
sampai 99 oleh fungsi row.
Fungsi rownya sendiri, biasanya hanya terima 1 cell saja, sekarang diisi
langsung 99 baris x semua kolom yang ada

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/7/17 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

> **
>
>
> æóÚóáóíúßõãõ áÓóøáÇóãõ æóÑóÍúãóÉõ Çááåö æóÈóÑóßóÇÊõåõ
>
> kalo Jan gampangnya begini pak..
>
> kalau nilai pada 2 cell atau lebih dibandingkan dengan nilai pada 1 cell
> atau lebih maka menggunakan array formula
> tetapi kalau tidak ada proses pembandingan maka tidak perlu array formula
>
> beberapa array bisa diganti dengan fungsi Index atau SumProduct
> (tergantung kasusnya)
>
> cmiiw
>
> æóÓóøáÇóãõ Úóáóíúßõãú æóÑóÍúãóÉõ Çááåö æóÈóÑóßóÇÊõåõ
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
> Çóãöíä íóÇ ÑóÈóø ÇáúÚóÇáóãöíúä
>
>
>
> Pada 16 Juli 2013 18.47, mardi <sumardiana596@gmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Assalamu'alaikum wr wb,
>>
>> Dear All Master + be excel
>> Mengobati kerinduan dengan milis ini perkenankan mardi bertanya, soalnya
>> kalo mau jawab pasti dah keduluan ma yang laen...he..he...
>> Mungkin soalnya teori saja (bukan study kasus). Begini...Bilamana formula
>> diterjemahkan sebagai array formula. Kalo baca dari coretan Mr Kid<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>Penjelasanya seperti ini :
>> *Array formula* adalah formula yang bekerja dengan input berupa array
>> dan mengkalkulasi setiap item array. Selama ini kalo saya merangkai formula
>> hanya utak-atik saja kalo di enter g mau pakai CSE gitu doank. Mungkin ada
>> penjabaran ilmiahnya. Terima kasih sebelumnya. Dan selamat berbuka bagi
>> yang hari ini telah menjalankan Shoum Ramadhan.
>>
>> Wassalamu'alaikum wr wb.
>> mardi
>>
>>
>>
>

Wed Jul 17, 2013 2:09 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba terapkan yang ada disini. Jika ada yang membingungkan, posting kemilis
hasil percobaan Anda disertai file workbook berisi contoh data :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/24308

Wassalam,
Kid.

2013/7/17 uki - <zukril_mks@yahoo.com>

> **
>
>
> gimana caranya untuk membuat reminder di excel untuk pegawai yang
> sudah habis masa kontraknya? mohon bantuannya
>
>
>

Wed Jul 17, 2013 2:22 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba buat agar tabel tidak ada yang di-merge cell lebih dulu

Wassalam,
Kid.

2013/7/17 milisastro <milisastro@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Mohon bantuannya untuk vba code cara melakukan copy paste otomatis &
> menghapus column serta row kosong (vba code sudah ada tapi masih belum
> sempurna), source table datanya bertumpuk dan inginnya ketika di
> paste dibuat memanjang kesamping dari column title kemudian data baris
> berikutnya, dst.
>
> Contoh data dan problem terlampir.
>
> Terima kasih atas bantuannya.
>
> Regards,
> Isti
>
>
>
>
>
> --
> Sent from desktop powered by PC
>
>
>

Wed Jul 17, 2013 5:00 am (PDT) . Posted by:

"Helsy B" helsyb



Mohon maaf berikut saya lampirkan file pada attach

----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Helsy B <helsyb@yahoo.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 17 Juli 2013 14:58
Judul: [belajar-excel] cara copy/ambil data tertentu ke sheet lainnya.


 

Para Pakar Excell yang baik hati,

Mohon bantuannya cara mengambil data dari sheet untuk nilai tertentu, seperti pada terlampir.

Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

Wassalam
Helsy

--- Mods ---
:(
filenya ketinggalan
------------

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar