Jumat, 26 Juli 2013

[belajar-excel] Digest Number 2446

5 New Messages

Digest #2446

Messages

Fri Jul 26, 2013 2:57 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Supaya bisa lebih fleksibel, saya update Data Validation dan  DafNama nya (yang dipakai dalam Vlookup) dengan fungsi Offset(...).

File terlampir.

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 26 July 2013, 2:12
Subject: Fw: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan


Ini filenya.

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 25 July 2013, 6:23
Subject: Re: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan


Kalau belum ketemu, ini filenya.

Salam,
HK

________________________________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan


Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.com> wrote:

 
Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Kalau belum ketemu, ini filenya.

Salam,
HK

________________________________
From: Hendrik
Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan

Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.com> wrote:

 
Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik
NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Fri Jul 26, 2013 3:19 am (PDT) . Posted by:

"Alen Hafit" alen_hafit

Widiiihhhh keren gan,

tapi tambahannya cuma sampi 15 orang yah gan?
kl msalnya saya py karyawan 30 masih bisa gak gan ?
caranya bagaimana gan ?

maaf merepotkan
Alen

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, July 26, 2013 4:57 PM
Subject: Fw: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan


 
Supaya bisa lebih fleksibel, saya update Data Validation dan  DafNama nya (yang dipakai dalam Vlookup) dengan fungsi Offset(...).

File terlampir.

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 26 July 2013, 2:12
Subject: Fw: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan


Ini filenya.

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 25 July 2013, 6:23
Subject: Re: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan


Kalau belum ketemu, ini filenya.

Salam,
HK

________________________________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan


Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.com> wrote:

 
Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Kalau belum ketemu, ini filenya.

Salam,
HK

________________________________
From: Hendrik
Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan

Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.com> wrote:

 
Selamat siang master,

ane mau
tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik
NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Fri Jul 26, 2013 3:05 am (PDT) . Posted by:

"Rudi Anto" rudi.excel

Wah, iya neh.. Maaf ya om Kids

Hmm. Kalkulasi masih lama, tapi dah mendingan
mau dong yang pake vba,

mungkin yang master vba yang bisa bantu neh

^_^ rudi

On 26/07/2013 15:58, Mr. Kid wrote:
> Oh oke.
> hehehe...
> Kalau gitu, hapus dulu hasil karya formula Anda di kolom A sampai
> kolom F.
> jangan-jangan dikiranya kolom-kolom berformula itu masih dipakai.
>
> pivot tablenya kurang cepet ya. Atau kalkulasi sheet database nya yang
> kurang cepat ?
>
> Kalau gitu pakai VBA. Nama header menjadi pembatasnya. Jika nama
> header ada yang tidak sama persis termasuk spasi sampai titik komanya,
> maka tidak akan menghasilkan apa-apa.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/7/26 Rudi Anto <rudi.excel@yahoo.com <mailto:rudi.excel@yahoo.com>>
>
> Terima kasih atas jawabannya Mr. Kids,
> mungkin penyampaian saya belum sesuai dengan maksud yang ada
> dipikiran.
>
> Penjelasannya begini Mr.Kids
>
> Bismillah :
>
> 1. Sheet " Database"
> Merupakan data sumber yang banyaknya record sekitar 160.000
> record dan ga akan bertambah
>
> 2. Sheet " InputFD "
> merupakan sheet yang saya gunakan untuk memasukkan file hasil
> convert dari file txt ke file excel
> dan yang saya masukkan hanya nomor barcode, terkadang sekali
> masukkan data paste sekitar
> ribuan record
>
> 3. Sheet " Hasil "
> Dari sheet inputFD data record akan di link kan ke kolom C
> dari sinilah data yang saya inginkan saya cari, berhubung data
> setiap record di kolom C
> bersumber dari sheet " Database " .. saya tambahin kolom A
> (Hasil) untuk memasukkan formula array
>
> Jika data yang saya masukkan di sheet inputFD cuman puluhan, ga
> masalah sih..
> tapi jika di sheet inputFD langsung saya masukkan puluhan ribu
> record, timbul masalah
> pada calculating sekitar berjam-jam, hiks
>
> mungkin ada formula yang sederhana yang bikin formula array
> tersebut klo calculating agak cepak.. wuss.. ^_^
>
> Makasi Mr. Kids atas jawabannya, mungkin ada jawaban dari rekan2 lain
>
>
> ^_^ rudi
>
>
> On 26/07/2013 15:08, Mr. Kid wrote:
>> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>>
>> Mungkin file terlampir tidak sesuai harapan karena tidak
>> menggunakan VBA (ekstensi .xlsx tidak boleh berisi VBA). Meski
>> demikian, semoga bisa menjadi salah satu alternatif dari
>> alternatif tanpa VBA yang ada ataupun dari sekian banyak
>> algoritma VBA yang mungkin dibentuk.
>>
>> Idenya :
>> 1. tabel data diberi 1 kolom bantu untuk cek setiap record masuk
>> dalam inputfd atau tidak.
>> >> copy formula ke baris record baru jika ada penambahan record
>> bisa otomatis jika menggunakan fitur excel table (file terlampir
>> belum menggunakan fitur tersebut)
>>
>> 2. menampilkan hasil filter berdasar isian di sheet inputfd pada
>> sheet hasil dengan fitur pivot table. Pivot table di filter
>> berdasar kolom tambahan di tabel data tadi yang labelnya lebih
>> dari 0.
>>
>> 3. setiap kali ada pengubahan nilai di sheet data maupun sheet
>> inputfd, maka harus dilakukan refresh pivot table yang secara
>> singkat bisa dengan melaluoi ribbon Data -> Refresh All atau
>> menekan *CTRL ALT F5*
>>
>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2013/7/26 Rudi Anto <rudi.excel@yahoo.com
>> <mailto:rudi.excel@yahoo.com>>
>>
>>
>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>> Rekan-rekan BeExcel, adakah macro atau formula array
>> yang lebih ringan dari formula pada file terlampir.
>> formula terdapat pada sheet HASIL kolom A. ( warna hijau )
>> selama ini saya pake formula array tersebut,
>> tapi terjadi masalah jika recordnya sudah mencapai ratusan ribu.
>> data yang terdapat di tempat kami ada sekitar 160.000 record
>> dan record memang sampai 160.000 record
>> kami biasanya memasukkan data di sheet INPUTFD.
>> dan data akan keluar di sheet HASIL
>> mungkin ada formula atau macro yang lebih ringan.
>> terima kasih atas bantuannya.
>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>> ^_^ rudi
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
>

Fri Jul 26, 2013 3:05 am (PDT) . Posted by:

"Alen Hafit" alen_hafit

Dear Agan Hendrik,
terimakasih gan, terimakasih banyak.

tapi (maaf) boleh tahu gak penjelasan kenapa bisa begitu ?
pakai VBA nya bagaimana yah ? sapai bisa hanya klik hadir langsung tercantum di absen.nya.

terimakasih gan.
Alen

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, July 26, 2013 4:12 PM
Subject: Fw: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan


 
Ini filenya.

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 25 July 2013, 6:23
Subject: Re: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan


Kalau belum ketemu, ini filenya.

Salam,
HK

________________________________
From: Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan


Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.com> wrote:

 
Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Kalau belum ketemu, ini filenya.

Salam,
HK

________________________________
From: Hendrik
Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 25 July 2013, 19:36
Subject: RE: [belajar-excel] Program Aplikasi Absensi karyawan

Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile
Alen <alen_hafit@yahoo.com> wrote:

 
Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik
NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Fri Jul 26, 2013 4:13 am (PDT) . Posted by:

"Rahmat" ione_1984

Terimakasih Mr.Kid..

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Bagian blok IF :
> IF rs.recordcount>0 then
> 'hapus hasil yang lama
> sheet1.range("a6").currentregion.offset(1).clearcontents
>
> 'simpan jumlah record dan set maksimum 900K record (xl2007 ke atas max
> 1M record)
> dim lRec as long
> if rs.recordcount>900000 then
> lrec=900000
> else
> lrec=rs.recordcount
> endif
>
> 'paste dari rs ke range data mulai A7 (tepat dibawah header) dengan
> copyfromrecordset
> sheet1.range("a7").copyfromrecordset rs, lrec
>
> endif
>
> 'tutup recordset
> rs.close
> set rs=nothing
>
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/7/26 Rahmat Hermawan <ione_1984@...>
>
> > **
> >
> >
> > Assalamualaikum para master Be-Exceler..
> >
> > Langsung aja yah...
> > Saya ingin membuat search engine dengan sebuah tombol di excel seperti
> > "file search engine" yang dibuat oleh Miss Jan (terlampir), tapi yang jadi
> > masalah bagaimana kalau sumber data nya dari mysql? mungkin dengan loop
> > atau copy paste setelah dilakukan query pengambilan datanya di sql?
> >
> > sebagai informasi database mysql saya :
> >
> > database : database_ho
> > table : data_ho
> > field1 : no_reg
> > field2 : nama_pemohon
> > field3 : jenis_usaha
> >
> >
> > dan query nya :
> >
> > sub tombolcari_click()
> > Dim conn As ADODB.Connection
> > Dim rs As ADODB.Recordset
> > Dim sConn As String, sQuery As String
> >
> > Set conn = New ADODB.Connection
> > sConn = "DRIVER={MySQL ODBC 5.2w Driver}" & _
> > ";SERVER= localhost" & _
> > ";database= database_ho" & _
> > ";user= root" & _
> > ";password=" & _
> > ";Option=3"
> >
> > conn.Open sConn
> > conn.CursorLocation = adUseClient
> >
> > Set rs = New ADODB.Recordset
> > sQuery = "SELECT * FROM data_ho WHERE " & Range("kolom").Value & " LIKE
> > '%" & Range("keyword").Value & "%'"
> > rs.Open sQuery, conn, adOpenStatic, adLockReadOnly
> >
> > If rs.RecordCount > 0 Then
> > '....................................
> > '....................................
> > End if
> > End Sub
> >
> > Setelah terbentuk object rs, bagaimana memindahkan isi dari object rs ke
> > excel mengingat kita tidak tahu akan sebanyak apa record dari object rs
> > tersebut... (file search engine yang ingin saya buat juga saya lampirkan)
> > Sebelumnya cara pencarian data saya dengan cara, Get External Data
> > kemudian di find atau di filter.
> >
> > Sebelumnya terimakasih banyak....
> >
> > Rahmat.
> >
> >
> >
>

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar