Minggu, 21 Juli 2013

[belajar-excel] Digest Number 2437

15 New Messages

Digest #2437
5a
Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
6a
Filter email????? by "Shenly" shenly_excelmania
6b
Re: Filter email????? by "Bagus" bagus4bls
8
Server excell by "Andy Ajhis Ramadhan" andy_ajhis37

Messages

Sun Jul 21, 2013 5:48 pm (PDT) . Posted by:

"De Premor" de.premor

terlampir, menggunakan makro, dan define name
On 21/07/2013 17:41, Kurei recca wrote:
> Dalam kasus ini saya tidak bisa menggunakan pivot table karena pada
> akhirnya saya akan menggabungkan dengan fungsi array,
> lalu walaupun saya menggunakan pivot table saya ingin agar refreshnya
> tidak perlu saya click,
>
> saya pernah menggunakan merekam dengan menggunakan vba macro akan
> tetapi bentuk codenya masih terlalu "statis" dan saya tidak tahu
> bagaimana cara membuatnya menjadi dinamis,
>
> Mohon pencerahannya,
> Thank you
>
> ----------------------------------------------------------
> *Dari:* mardi <sumardiana596@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 21 Juli 2013 17:16
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
>
> Mengapa tidak memanfaatkan pivot table aja pak, jadi ketika ada yang
> berubah tinggal refresh aja.
> Salam
> mardi
> *From:* Kurei recca <mailto:yusajing_ehm@yahoo.com>
> *Sent:* Sunday, July 21, 2013 4:58 PM
> *To:* Belajar Excel Grups <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Subject:* [belajar-excel] Filter Update Otomatis
> Dear Para Master Excel yang selalu memberikan pencerahan Excel,
>
> Saya ada satu kasus dimana saya menggunakan Filter. Saya mempunyai
> data seperti terlampir dimana saya ingin dari data tersebut yang
> menggunakan filter dapet terupdate secara otomatis ketika valuenya
> berubah. Dalam kasus saya misal ada hasil perkalian yang hasilnya
> adalah 0 maka baris yang ada nilai tersebut harus di hide, saya
> menggunakan filter untuk melakukannya dengan cara men unchecked value
> yang bernilai 0 sehingga baris yang ada nilai tersebut akan di hide.
> Akan tetapi yang jadi masalah ketika ada nilai terupdate dimana ada
> data yang nilainya berubah jadi 0 sehingga ada lebih x-baris yang
> harus di hide, cara yang biasa saya lakukan adalah dengan
> men-unchecked kembali filter tersebut
>
> Apakah ada cara yang dapat membuat filter mengupdate secara otomatis
> jika ada nilai 0 yang bertambah ataupun berkutang ? baik itu
> menggunakan macro ataupun suatu settingan di excel sendiri
>
> adapun alurnya seperti gambar dibawah ini :
>
>
> Mohon pencerahannya,
> Terimakasih
>
>
>

Sun Jul 21, 2013 9:03 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

ikutan urun solusi dengan VBA..

syarat dan ketentuan:
1. tabel data tidak boleh berhimpit dengan tabel filter
2. heder pertama tabel data harus tulisan Value, dan header tabel filter
harus tulisan Total, jika berbeda sesuaikan script dengan kondisi sebenarnya
3. letak tabel data dan tabel filter boleh di mana saja tetapi selama masih
dalam 1 sheet yang sama dan tabel data dan nomor baris tabel filter >=
tabel data
4. data dalam tabel data boleh ditambah sebanyak mungkin sesuai keinginan

scriptnya ditulis di sheet yang diinginkan dengan event change

Option Explicit

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
' deklarasi setiap variabel yang dibutuhkan
' rgData >> digunakan untuk menyimpan range tulisan Value
' rgFilter >> digunakan untuk menyimpan range tulisan Total
' rData >> digunakan untuk menyimpan range setiap data dalam kolom Value
Dim rgData As Range, rgFilter As Range, rData As Range

' lRow >> untuk menyimpan nilai baris hasil filter
Dim lRow As Long

' iCol >> untuk menyimpan nilai kolom hasil filter
' cTarget >> untuk menyimpan nilai kolom cell yang berubah
Dim iCol As Integer, cTarget As Integer

' init lokasi rgData dengan mencari string yang berbunyi Value
Set rgData = Cells.Find("Value", lookat:=xlWhole)

' simpan nilai kolom target yaitu 1 kolom di sebelah kanan tulisan value
cTarget = rgData.Column + 1

' beri batasan kapan nilai akan diubah
' yaitu jika perubahan hanya terjadi pada kolom target (Unit)
If Target.Column = cTarget Then

' init lokasi data
' mulai 1 baris setelah tulisan Value >> rgData.Offset(1)
' sampai baris data paling bawah >> rgData.End(xlDown)
Set rgData = Range(rgData.Offset(1), rgData.End(xlDown))

' init lokasi hasil filter
' dengan cara mencari string yang berbunyi Total
Set rgFilter = Cells.Find("Total", lookat:=xlWhole)

' awalnya, hapus dahulu hasil filter yang sudah ada >>
.ClearContents
' yaitu 1 baris di bawah tulisan Total >> rgFilter.Offset(1)
' sampai baris data yang paling bawah >> rgFilter.End(xlDown)
Range(rgFilter.Offset(1), rgFilter.End(xlDown)).ClearContents

' setelah itu ubah ukuran tabel filter menjadi 1 baris x 1 kolom
Set rgFilter = rgFilter.Resize(1, 1)

' cari letak baris untuk meletakan hasil filter
' yaitu 1 baris dibawah tulisan Total
lRow = rgFilter.Row + 1

' cari letak kolom hasil filter untuk meletakan hasil filter
iCol = rgFilter.Column

' untuk setiap data (Value) di dalam tabel data
For Each rData In rgData

' bekerja pada setiap data
With rData

' jika Unit atau 1 kolom di sebelah kanan data (Value)
nilainya > 0 maka
If rData.Offset(, 1).Value > 0 Then

' cell yang punya nilai baris dan kolom
' yang sama dengan nilai baris dan kolom untuk
meletakan hasil filter
' diisi dengan hasil perkalian antara Value dengan Unit
Cells(lRow, iCol).Value = .Value * .Offset(, 1).Value

' setelah itu nilai baris hasil ditambah 1
' untuk persiapan penulisan hasil berikutnya
lRow = lRow + 1

' akhir bekerja dengan Unit
End If

' akhir bekerja dengan data (Value)
End With

' lanjutkan untuk data (Value) berikutnya
Next rData

' akhir bekerja dengan cell target yang berubah
End If

' akhir dari prosedur
End Sub

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

وَعَلَيْكُمُ لسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

-Miss Jan Raisin-

- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Pada 22 Juli 2013 07.47, De Premor <de@premor.net> menulis:

> **
>
>
> terlampir, menggunakan makro, dan define name
>
> On 21/07/2013 17:41, Kurei recca wrote:
>
>
> Dalam kasus ini saya tidak bisa menggunakan pivot table karena pada
> akhirnya saya akan menggabungkan dengan fungsi array,
> lalu walaupun saya menggunakan pivot table saya ingin agar refreshnya
> tidak perlu saya click,
>
> saya pernah menggunakan merekam dengan menggunakan vba macro akan tetapi
> bentuk codenya masih terlalu "statis" dan saya tidak tahu bagaimana cara
> membuatnya menjadi dinamis,
>
> Mohon pencerahannya,
> Thank you
>
> ------------------------------
> *Dari:* mardi <sumardiana596@gmail.com> <sumardiana596@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 21 Juli 2013 17:16
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
>
>
> Mengapa tidak memanfaatkan pivot table aja pak, jadi ketika ada yang
> berubah tinggal refresh aja.
>
> Salam
> mardi
>
> *From:* Kurei recca <yusajing_ehm@yahoo.com>
> *Sent:* Sunday, July 21, 2013 4:58 PM
> *To:* Belajar Excel Grups <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Subject:* [belajar-excel] Filter Update Otomatis
>
>
> Dear Para Master Excel yang selalu memberikan pencerahan Excel,
>
> Saya ada satu kasus dimana saya menggunakan Filter. Saya mempunyai data
> seperti terlampir dimana saya ingin dari data tersebut yang menggunakan
> filter dapet terupdate secara otomatis ketika valuenya berubah. Dalam kasus
> saya misal ada hasil perkalian yang hasilnya adalah 0 maka baris yang ada
> nilai tersebut harus di hide, saya menggunakan filter untuk melakukannya
> dengan cara men unchecked value yang bernilai 0 sehingga baris yang ada
> nilai tersebut akan di hide. Akan tetapi yang jadi masalah ketika ada nilai
> terupdate dimana ada data yang nilainya berubah jadi 0 sehingga ada lebih
> x-baris yang harus di hide, cara yang biasa saya lakukan adalah dengan
> men-unchecked kembali filter tersebut
>
> Apakah ada cara yang dapat membuat filter mengupdate secara otomatis jika
> ada nilai 0 yang bertambah ataupun berkutang ? baik itu menggunakan macro
> ataupun suatu settingan di excel sendiri
>
> adapun alurnya seperti gambar dibawah ini :
>
>
> Mohon pencerahannya,
> Terimakasih
>
>
>
>
>
>

Sun Jul 21, 2013 9:10 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

ups.. kepencet send duluan..

di bawah ini script yang tadi setelah diganti font colornya agar mudah
dibca dan dipelajari
file solusi terlampir

Pada 22 Juli 2013 11.03, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

> ikutan urun solusi dengan VBA..
>
> syarat dan ketentuan:
> 1. tabel data tidak boleh berhimpit dengan tabel filter
> 2. heder pertama tabel data harus tulisan Value, dan header tabel filter
> harus tulisan Total, jika berbeda sesuaikan script dengan kondisi sebenarnya
> 3. letak tabel data dan tabel filter boleh di mana saja tetapi selama
> masih dalam 1 sheet yang sama dan tabel data dan nomor baris tabel filter
> >= tabel data
> 4. data dalam tabel data boleh ditambah sebanyak mungkin sesuai keinginan
>
> scriptnya ditulis di sheet yang diinginkan dengan event change
>
> Option Explicit
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> ' deklarasi setiap variabel yang dibutuhkan
> ' rgData >> digunakan untuk menyimpan range tulisan Value
> ' rgFilter >> digunakan untuk menyimpan range tulisan Total
> ' rData >> digunakan untuk menyimpan range setiap data dalam kolom
> Value
> Dim rgData As Range, rgFilter As Range, rData As Range
>
> ' lRow >> untuk menyimpan nilai baris hasil filter
> Dim lRow As Long
>
> ' iCol >> untuk menyimpan nilai kolom hasil filter
> ' cTarget >> untuk menyimpan nilai kolom cell yang berubah
> Dim iCol As Integer, cTarget As Integer
>
> ' init lokasi rgData dengan mencari string yang berbunyi Value
> Set rgData = Cells.Find("Value", lookat:=xlWhole)
>
> ' simpan nilai kolom target yaitu 1 kolom di sebelah kanan tulisan
> value
> cTarget = rgData.Column + 1
>
> ' beri batasan kapan nilai akan diubah
> ' yaitu jika perubahan hanya terjadi pada kolom target (Unit)
> If Target.Column = cTarget Then
>
> ' init lokasi data
> ' mulai 1 baris setelah tulisan Value >> rgData.Offset(1)
> ' sampai baris data paling bawah >> rgData.End(xlDown)
> Set rgData = Range(rgData.Offset(1), rgData.End(xlDown))
>
> ' init lokasi hasil filter
> ' dengan cara mencari string yang berbunyi Total
> Set rgFilter = Cells.Find("Total", lookat:=xlWhole)
>
> ' awalnya, hapus dahulu hasil filter yang sudah ada >>
> .ClearContents
> ' yaitu 1 baris di bawah tulisan Total >> rgFilter.Offset(1)
> ' sampai baris data yang paling bawah >> rgFilter.End(xlDown)
> Range(rgFilter.Offset(1), rgFilter.End(xlDown)).ClearContents
>
> ' setelah itu ubah ukuran tabel filter menjadi 1 baris x 1 kolom
> Set rgFilter = rgFilter.Resize(1, 1)
>
> ' cari letak baris untuk meletakan hasil filter
> ' yaitu 1 baris dibawah tulisan Total
> lRow = rgFilter.Row + 1
>
> ' cari letak kolom hasil filter untuk meletakan hasil filter
> iCol = rgFilter.Column
>
> ' untuk setiap data (Value) di dalam tabel data
> For Each rData In rgData
>
> ' bekerja pada setiap data
> With rData
>
> ' jika Unit atau 1 kolom di sebelah kanan data (Value)
> nilainya > 0 maka
> If rData.Offset(, 1).Value > 0 Then
>
> ' cell yang punya nilai baris dan kolom
> ' yang sama dengan nilai baris dan kolom untuk
> meletakan hasil filter
> ' diisi dengan hasil perkalian antara Value dengan Unit
> Cells(lRow, iCol).Value = .Value * .Offset(, 1).Value
>
> ' setelah itu nilai baris hasil ditambah 1
> ' untuk persiapan penulisan hasil berikutnya
> lRow = lRow + 1
>
> ' akhir bekerja dengan Unit
> End If
>
> ' akhir bekerja dengan data (Value)
> End With
>
> ' lanjutkan untuk data (Value) berikutnya
> Next rData
>
> ' akhir bekerja dengan cell target yang berubah
> End If
>
> ' akhir dari prosedur
> End Sub
>
> وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
> اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
>
>
>
> Pada 22 Juli 2013 07.47, De Premor <de@premor.net> menulis:
>
> **
>>
>>
>> terlampir, menggunakan makro, dan define name
>>
>> On 21/07/2013 17:41, Kurei recca wrote:
>>
>>
>> Dalam kasus ini saya tidak bisa menggunakan pivot table karena pada
>> akhirnya saya akan menggabungkan dengan fungsi array,
>> lalu walaupun saya menggunakan pivot table saya ingin agar refreshnya
>> tidak perlu saya click,
>>
>> saya pernah menggunakan merekam dengan menggunakan vba macro akan
>> tetapi bentuk codenya masih terlalu "statis" dan saya tidak tahu bagaimana
>> cara membuatnya menjadi dinamis,
>>
>> Mohon pencerahannya,
>> Thank you
>>
>> ------------------------------
>> *Dari:* mardi <sumardiana596@gmail.com> <sumardiana596@gmail.com>
>> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Dikirim:* Minggu, 21 Juli 2013 17:16
>> *Judul:* Re: [belajar-excel] Filter Update Otomatis
>>
>>
>> Mengapa tidak memanfaatkan pivot table aja pak, jadi ketika ada yang
>> berubah tinggal refresh aja.
>>
>> Salam
>> mardi
>>
>> *From:* Kurei recca <yusajing_ehm@yahoo.com>
>> *Sent:* Sunday, July 21, 2013 4:58 PM
>> *To:* Belajar Excel Grups <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Subject:* [belajar-excel] Filter Update Otomatis
>>
>>
>> Dear Para Master Excel yang selalu memberikan pencerahan Excel,
>>
>> Saya ada satu kasus dimana saya menggunakan Filter. Saya mempunyai data
>> seperti terlampir dimana saya ingin dari data tersebut yang menggunakan
>> filter dapet terupdate secara otomatis ketika valuenya berubah. Dalam kasus
>> saya misal ada hasil perkalian yang hasilnya adalah 0 maka baris yang ada
>> nilai tersebut harus di hide, saya menggunakan filter untuk melakukannya
>> dengan cara men unchecked value yang bernilai 0 sehingga baris yang ada
>> nilai tersebut akan di hide. Akan tetapi yang jadi masalah ketika ada nilai
>> terupdate dimana ada data yang nilainya berubah jadi 0 sehingga ada lebih
>> x-baris yang harus di hide, cara yang biasa saya lakukan adalah dengan
>> men-unchecked kembali filter tersebut
>>
>> Apakah ada cara yang dapat membuat filter mengupdate secara otomatis jika
>> ada nilai 0 yang bertambah ataupun berkutang ? baik itu menggunakan macro
>> ataupun suatu settingan di excel sendiri
>>
>> adapun alurnya seperti gambar dibawah ini :
>>
>>

> Mohon pencerahannya,
>> Terimakasih
>>
>>

Sun Jul 21, 2013 6:43 pm (PDT) . Posted by:

"milisastro" isti_astro

Dear All,

Setelah kutak katik dan berhasil menghapus row dan c masih olumn blank,
untuk coding copy paste nya masih belum solved & tambah bingung. Tolong
para master untuk coding copy paste seperti terlampir.

Terima kasih.

2013/7/18 milisastro <milisastro@gmail.com>

> Wow mantap....matur suwun Mr.Kid, semoga ditambah pahalanya karena senang
> berbagi ilmu.
>
>
> 2013/7/18 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
> **
>>
>>
>> hehehe...
>>
>> 1. unmerge cell ya..
>> range.unmerge
>> misal : range("b3:aa3").entirecolumn.unmerge
>>
>> 2. Untuk data seperti file awal, sebaiknya gunakan header yang baris 3.
>> Untuk hapus column yang kosong :
>> range("b3:aa3").specialcells(xlcelltypeblanks).entirecolumn.delete
>>
>> 3. hapus isi header baris 2
>> range("b2:aa2").clearcontents
>>
>> 4. simpan area data ke sebuah variabel range :
>> dim rngData as range
>> set rngdata=range("b3").currentregion
>>
>> 5. ingin non aktifkan autofilter yang ada
>> rngdata.parent.autofiltermode=false
>>
>> 6. ingin filter data baris data dengan header baris 2 tadi (area blok
>> data pertama)
>> >> gunakan kolom resigndate (kolom ke-5) untuk ambil data blok milik
>> header bernama hire date
>> >> filter yang tidak blank
>> rangdata.autofilter 5, "<>"
>>
>> 7. copy datanya (tanpa header) dari yang tampak
>> rngdata.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy
>>
>> 8. paste ke sheet bernama myData (misalkan ada sheet bernama mydata) di
>> a2 nya (area blok pertama dimulai di kolom A)
>> sheets("mydata").range("a2").pastespecials xlpastevalues
>>
>> 9. filter yang blank di kolom ke 5 untuk ambil blok data kedua (header di
>> baris 3)
>> rngdata.autofilter 6, vbnullstring
>>
>> 10. copy hasil autofilter dan paste ke sheet myData mulai baris yang sama
>> dengan blok pertama, tapi di kolom L -> berarti di L2 karena blok pertama
>> di paste ke baris 2
>> rngdata.offset(1).specialcells(xlcelltypevisible).copy
>> sheets("myData").range("L2").pastespecials xlpastevalues
>>
>> 11. clear autofilter
>> rngdata.parent.autofiltermode=false
>>
>> 12. pesan ke user
>> msgbox "Done.", vbinformation,"Normalisasi tahap pertama"
>>
>> 13. :)
>> >> tinggal disesuaikan kode programnya dengan dunia nyata setempat
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2013/7/18 milisastro <milisastro@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Oh ok...berarti tidak ter-delete blank column nya karena merge cell ya,
>>> apakah punya sample coding untuk unmerge all cells?
>>>
>>> Oh ya file contoh yang dilampirkan di email awal adalah dari file asli
>>> yg diganti isi datanya & bisa sampai 3000 an row, makanya saya perlu
>>> bantuan untuk mempercepat rubah format cell agar bisa menjadi format
>>> database friendly (unmerged, no blank row/column) sehingga bisa diolah lagi
>>> jadi report. Dan bos saya inginnya semua report jadi dalam sehari, kalau
>>> copas manual dengan data ribuan akan sangat lama pengerjaannya.
>>>
>>> Jika berkenan Mr.Kid tolong beri contoh coding untuk copy paste ke kanan
>>> & looping untuk baris dibawahnya.
>>>
>>> Terima kasih banyak atas bantuannya.
>>>
>>> Regards,
>>> Isti
>>>
>>>
>>> On Wednesday, July 17, 2013, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>>> >
>>> >
>>> > Coba buat agar tabel tidak ada yang di-merge cell lebih dulu
>>> >
>>> > Wassalam,
>>> > Kid.
>>> >
>>> >
>>> >
>>> > 2013/7/17 milisastro <milisastro@gmail.com>
>>> >>
>>> >>
>>> >>
>>> >> Dear Be-Exceller,
>>> >>
>>> >> Mohon bantuannya untuk vba code cara melakukan copy paste otomatis &
>>> menghapus column serta row kosong (vba code sudah ada tapi masih belum
>>> sempurna), source table datanya bertumpuk dan inginnya ketika di
>>> paste dibuat memanjang kesamping dari column title kemudian data baris
>>> berikutnya, dst.
>>> >>
>>> >> Contoh data dan problem terlampir.
>>> >>
>>> >> Terima kasih atas bantuannya.
>>> >>
>>> >> Regards,
>>> >> Isti
>>> >>
>>> >>
>>> >>
>>> >>
>>> >> --
>>> >> Sent from desktop powered by PC
>>> >>
>>> >
>>> >
>>>
>>> --
>>> Sent from desktop powered by PC
>>> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>>>
>>>
>>
>>
>
>
>
> --
> Sent from desktop powered by PC
> http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm
>

--
Sent from desktop powered by PC
http://www.pulsagram.com/indexCN116854.htm

Sun Jul 21, 2013 8:50 pm (PDT) . Posted by:

"Salam"

Dear Mr.Kid

Terima Kasih untuk bantuanya,semoga saya bisa pelajari dengan mudah.

Salam,
A.Salam

On 20/07/2013 2:11, Mr. Kid wrote:
> Mungkin seperti file terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/7/19 Salam <aang@dmcti.co.id <mailto:aang@dmcti.co.id>>
>
> Dear Exceler,
>
> Atas permintaan Miss Jan saya perinci permasalahan yang saya hadapi,
> (attachement terlampir)
>
> Regards,
> A.Salam
>
>>
>> Pada 19 Juli 2013 13.46, Salam <aang@dmcti.co.id
>> <mailto:aang@dmcti.co.id>> menulis:
>>
>> Kalau yang saya inginkan cukup komplek, yaitu :
>> 1. input Type Product,Lotnumber,Qty,Waktu input
>> 2. kemudian membuat query dg ketentuan Type Product yang
>> Lotnumber sama Qty akan ditotal
>> Bagi saya masalah ini cukup komplek.
>> untuk contoh terlampir
>>
>> Salam,
>> A.Salam
>>
>
>
>

Sun Jul 21, 2013 9:16 pm (PDT) . Posted by:

"Salam"

Cukup mudah untuk difahami,terima kasih Mr.Kid.
Sangat membantu.

Regards,
A.Salam

On 20/07/2013 2:11, Mr. Kid wrote:
> Mungkin seperti file terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/7/19 Salam <aang@dmcti.co.id <mailto:aang@dmcti.co.id>>
>
> Dear Exceler,
>
> Atas permintaan Miss Jan saya perinci permasalahan yang saya hadapi,
> (attachement terlampir)
>
> Regards,
> A.Salam
>
>>
>> Pada 19 Juli 2013 13.46, Salam <aang@dmcti.co.id
>> <mailto:aang@dmcti.co.id>> menulis:
>>
>> Kalau yang saya inginkan cukup komplek, yaitu :
>> 1. input Type Product,Lotnumber,Qty,Waktu input
>> 2. kemudian membuat query dg ketentuan Type Product yang
>> Lotnumber sama Qty akan ditotal
>> Bagi saya masalah ini cukup komplek.
>> untuk contoh terlampir
>>
>> Salam,
>> A.Salam
>>
>
>
>

Sun Jul 21, 2013 9:16 pm (PDT) . Posted by:

"Salam"

Dear Mr.Kid,

Sekiranya saya tambahkan tombol edit dan delete,bagaimana list coding
programnya?.
terima kasih sebelumnya.

Regards,
A.Salam

On 20/07/2013 2:11, Mr. Kid wrote:
> Mungkin seperti file terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/7/19 Salam <aang@dmcti.co.id <mailto:aang@dmcti.co.id>>
>
> Dear Exceler,
>
> Atas permintaan Miss Jan saya perinci permasalahan yang saya hadapi,
> (attachement terlampir)
>
> Regards,
> A.Salam
>
>>
>> Pada 19 Juli 2013 13.46, Salam <aang@dmcti.co.id
>> <mailto:aang@dmcti.co.id>> menulis:
>>
>> Kalau yang saya inginkan cukup komplek, yaitu :
>> 1. input Type Product,Lotnumber,Qty,Waktu input
>> 2. kemudian membuat query dg ketentuan Type Product yang
>> Lotnumber sama Qty akan ditotal
>> Bagi saya masalah ini cukup komplek.
>> untuk contoh terlampir
>>
>> Salam,
>> A.Salam
>>
>
>
>

Sun Jul 21, 2013 9:16 pm (PDT) . Posted by:

"Helsy B" helsyb

Terima kasih Miss Jan atas bantuannya :)

Miss Jan/Para para excell

Bagaimana cara copy rumus untuk merujuk pada cell tertentu ?
Kalau copy ke cell lainnya, cell tertentu otomatis ikut berubah.
Mudahan yang saya tanyakan bisa dimengerti pada attact.

Atas bantuan pada pakar saya ucapkan banyak terima kasih

Wassalam
Helsy

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 18 Juli 2013 9:11
Judul: Re: [belajar-excel] cara copy/ambil data tertentu ke sheet lainnya.


 
hai Helsy,

coba cek file pada link berikut: https://app.box.com/s/usee3033h7wttmq77ss8

sengaja disave pada box karena tipe file awal adalah xls (office 2003 ke bawah) dan hasilnya melebihi kapasitas yang diperbolehkan dalam milis ini.

konsepnya adalah menemukan posisi record yang sesuai dengan kriteria
lalu mengambil datanya menggunakan fungsi OffSet atau Index

pada file tersebut diperlihatkan kedua teknik tersebut di atas, baik sebagai formula biasa ataupun sebagai array formula

silakan dipilih mana yang paling mudah dan sesuai..

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

* Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanyake belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;

* Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

* Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;

* Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.  اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Pada 17 Juli 2013 18.59, Helsy B <helsyb@yahoo.com> menulis:


>
>
>
>
>Mohon maaf berikut saya lampirkan file pada attach
>
>
>
>----- Pesan yang Diteruskan -----
>Dari: Helsy B <helsyb@yahoo.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Rabu, 17 Juli 2013 14:58
>Judul: [belajar-excel] cara copy/ambil data tertentu ke sheet lainnya.
>
>
>

>
>Para Pakar Excell yang baik hati,
>
>Mohon bantuannya cara mengambil data dari sheet untuk nilai tertentu, seperti pada terlampir.
>
>Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
>
>Wassalam
>Helsy
>
>--- Mods ---
>:(
>filenya ketinggalan
>------------
>

Sun Jul 21, 2013 9:41 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

hai Helsy,

mungkin maksudnya ingin membuat array formula sekolom ya..
caranya seperti ini:

blok beberapa baris dalam 1 buah kolom yang sama, misal* 7 baris *x 1
kolomjika di formulanya terdapat fungsi Row(1:
*7*)
setelah itu baru ketik formulanya dalam formula bar atau langsung ketik
ditempat
setelah semua formula sudah lengkap, akhiri dengan menekan 3 tombol
berikut: CTRL Shift Enter secara bersamaan..
gampangnya tekan tombol CTRL dan Shift, masih ditahan jangan dilepas lalu
menekan tombol Enter

mungkin seperti itu ya..

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

- Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
member milis;
- Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;
- Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
bisa on line setiap saat;
- Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
������ ��� ����� �������������

Pada 22 Juli 2013 10.52, Helsy B <helsyb@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Terima kasih Miss Jan atas bantuannya :)
>
> Miss Jan/Para para excell
>
> Bagaimana cara copy rumus untuk merujuk pada cell tertentu ?
> Kalau copy ke cell lainnya, cell tertentu otomatis ikut berubah.
> Mudahan yang saya tanyakan bisa dimengerti pada attact.
>
> Atas bantuan pada pakar saya ucapkan banyak terima kasih
>
> Wassalam
> Helsy
>
>

Sun Jul 21, 2013 9:57 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

Helsy,

sekedar ingin melengkapi keterangan yang sudah diberikan oleh calon
bidadari surga ku yang cantik [?]

baris row(1:7) harus disesuaikan dengan jumlah baris data awal, jika data
awal terdiri dari 100 baris tetapi di formula ditulis row (1:90) maka saat
ada record data yang sesuai dengan kriteria tetapi terletak pada record ke
91 akan memunculkan hasil yang salah, biasanya adalah #NA.

sedangkan untuk jumlah baris yang akan ditulis dengan formula tersebut
boleh lebih sedikit dari baris data aslinya selama masih cukup untuk
menampilkan semua hasil yang ada.

semoga keterangan ini dapat dipahami dengan baik

Wassalamu'alaikum wr. wb.,

-Aji Mumpung-

Pada 22 Juli 2013 11.40, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> hai Helsy,
>
> mungkin maksudnya ingin membuat array formula sekolom ya..
> caranya seperti ini:
>
> blok beberapa baris dalam 1 buah kolom yang sama, misal* 7 baris *x 1
> kolom jika di formulanya terdapat fungsi Row(1:*7*)
> setelah itu baru ketik formulanya dalam formula bar atau langsung ketik
> ditempat
> setelah semua formula sudah lengkap, akhiri dengan menekan 3 tombol
> berikut: CTRL Shift Enter secara bersamaan..
> gampangnya tekan tombol CTRL dan Shift, masih ditahan jangan dilepas lalu
> menekan tombol Enter
>
> mungkin seperti itu ya..
>
> Wassalam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
> اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
>
>
>
> Pada 22 Juli 2013 10.52, Helsy B <helsyb@yahoo.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Terima kasih Miss Jan atas bantuannya :)
>>
>> Miss Jan/Para para excell
>>
>> Bagaimana cara copy rumus untuk merujuk pada cell tertentu ?
>> Kalau copy ke cell lainnya, cell tertentu otomatis ikut berubah.
>> Mudahan yang saya tanyakan bisa dimengerti pada attact.
>>
>> Atas bantuan pada pakar saya ucapkan banyak terima kasih
>>
>> Wassalam
>> Helsy
>>
>>
>

Sun Jul 21, 2013 9:17 pm (PDT) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Saya sangat beruntung dengan bergabung di millis belajar-excel di sini. Sekali lagi terima kasih buat moderator, Mr De Premor, Mr Hendrik dan Mrs Jan Raisin yang begitu cepat merespon masalah yang saya hadapi ini.
Pelan2 saya pelajari memahami macro/vba yang disertakan, terakhir dari Mr De Premor, saya cuman bisa nyisipin colomn "Jenis Laporan" cuman itu doang bisanya. :)
padahal kepingin saya penambahan nomor urut di sebelah kiri kode perusahaan dan di sebelah kanan saldo akhir saya ingin berikan keterangan ceklist "ok" atau "wrong". tapi saya gak bisa. mentah banget ilmu macro saya sih.
ini nih keinginan saya " No. Kode Perusahaan Nama Perusahaan Jenis Laporan Saldo Awal Debet Kredit Saldo Akhir
Keterangan"
untuk ceklist "Ok atau Wrong" merupakan hasil dari rumus "jika saldo awal+debet-kredit=saldo akhir maka hasilnya "ok"; kalau salah hasilnya "wrong".
oh ya ada satu yang mengganjal hati saya, kok hasilnya beda kalau kita tulis "PT . Andika Bara" (ada spasi anta PT dan titik) akan menghasilkan ". Andika Bara" (tidak ada PT nya?), tetapi kalau tulisannya "PT. Andika Bara" hasilnya tetap "PT. Andika Bara".
terima kasih.
ASL

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: de@premor.net
Date: Sat, 20 Jul 2013 12:41:22 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Re: EXCEL - Cara merekap nama2 dalam workbook

terlampir

(^_^)

Sun Jul 21, 2013 10:41 pm (PDT) . Posted by:

"Shenly" shenly_excelmania



Assalamualakium Wr.WB.
mau tanya master..tapi maaf sebelumnya karena pertanyaan saya diluar topi yang dibahas hehe
mengenai pemilteran email di yahoo....
bagaimana carana membuat filter email di yahoo, berdasarkan kategori pengerimnya, kebetulan email dari Mililis belajar-excel sudah numpuk bgt, saya ingin secara otomatis

ketika ada email masuk dari belajar-excel , email tersebut masuk ke folder yang saya tentukan,

sebelumnya saya sudah mencoba Opsi filter , tapi saya bingung ketika mengisi kategori pengirim, penerima, dll, 
sempat saya isi kolom Pengirim dengan "belajar-excel" tapi seteleh saya cek lagi email masuk ternyata setiap pengirim berbeda2jika diantara para master ada yang tau, mohon bantuannya ....

Terima kasih
 
Salam
Shenly ^^*

Sun Jul 21, 2013 10:59 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Shenly;

Filter berdasarkan Subjectnya saja..

Is Subject Contain "[belajar-excel]"

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Shenly
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, July 22, 2013 11:50 AM
Subject: [belajar-excel] Filter email?????

Assalamualakium Wr.WB.
mau tanya master..tapi maaf sebelumnya karena pertanyaan saya diluar topi yang dibahas hehe
mengenai pemilteran email di yahoo....
bagaimana carana membuat filter email di yahoo, berdasarkan kategori pengerimnya, kebetulan email dari Mililis belajar-excel sudah numpuk bgt, saya ingin secara otomatis

ketika ada email masuk dari belajar-excel , email tersebut masuk ke folder yang saya tentukan,

sebelumnya saya sudah mencoba Opsi filter , tapi saya bingung ketika mengisi kategori pengirim, penerima, dll,
sempat saya isi kolom Pengirim dengan "belajar-excel" tapi seteleh saya cek lagi email masuk ternyata setiap pengirim berbeda2
jika diantara para master ada yang tau, mohon bantuannya ....

Terima kasih

Salam
Shenly ^^*

Sun Jul 21, 2013 10:43 pm (PDT) . Posted by:

"Salam"

Mungkin seperti ini pa.
attachment terlampir.

Regards,
A.Salam

On 20/07/2013 13:26, sony nurcahyo wrote:
> saya mau mengisi data penerimaan siswa yang sudah bayar pada bulan
> tertentu dari data bank (rekening koran)
>
> Permasalahan: data yang dari bank hanya data siswa yang bayar, yang
> tidak bayar tidak ada, padahal kami ingin melaporkan data penerimaan
> siswa baik yang belum bayar maupun yang sudah bayar
>
> Tanya : bagaimana caranya klo kita mau copy-paste suatu data dengan
> jumlah row yang berbeda
>
> (untuk jelasnya silakan liat lampiran)
>
> terimaksih
>
> s ony_0812.281.286.24
>
>
>

Sun Jul 21, 2013 10:50 pm (PDT) . Posted by:

"Andy Ajhis Ramadhan" andy_ajhis37

Dear,
Master Excell

Asslamu allaikum. dari kemarin saya sudah mencoba membuat server untuk menjadikan excell online tetapi tidak bisa2. adakah program khusus ataupun dengan sql server. beserta penjelasannya ya.

Thanks
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar