Kamis, 25 Juli 2013

[belajar-excel] Digest Number 2444

Milis Belajar Microsoft Excel

9 New Messages

Digest #2444
1.1
Re: Mencari KPK by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
1.2
Re: Mencari KPK by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1.3
Re: Mencari KPK by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
2.1
Re: Merekap nama2 dalam workbook Jilid II. by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2.2
Re: Merekap nama2 dalam workbook Jilid II. by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
2.3
Re: Merekap nama2 dalam workbook Jilid II. by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
2.4
Re: Merekap nama2 dalam workbook Jilid II. by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
3b
Re: Program Aplikasi Absensi karyawan by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Messages

Wed Jul 24, 2013 8:57 pm (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

ikut meramaikan UDF.
semoga tidak salah lagi.
wassalam
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Thursday, July 25, 2013 10:06 AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Mencari KPK

Kalau ingin tanpa mengatur referensi dalam VBE dan bisa kalkulasi FPB dan KPK untuk banyak angka, silakan coba fungsi FPB dan KPK dalam file terlampir.
hehehe.. sayangnya, belum dicek untuk bermacam-macam kondisi. Sudilah kiranya memberi saran dan masukan.
Note :
Beberapa cell didalam worksheet akan menghasilkan error value #NAME? jika file dibuka di xl2003 kebawah menggunakan fungsi GCD dan LCM yang ada dalam addin Analysis ToolPak sebagai sarana pemeriksaan hasil fungsi-fungsi UDF FPB dan KPK.

Wassalam,
Kid.

Wed Jul 24, 2013 9:17 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe...

sepertinya kalau gak pakai .Rows dalam In alias langsung range(bla).count,
akan membuat UDF bisa menerima rujukan input n baris x m kolom

gitu gak ya..
;)
cuma dugaan sih

Wassalam,
Kid.

2013/7/25 zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <zainul_ulum@yahoo.com>

> **
>
>
> ikut meramaikan UDF.
> semoga tidak salah lagi.
> wassalam
> -zainul-
>
>
> From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
> On Behalf Of Mr. Kid
> Sent: Thursday, July 25, 2013 10:06 AM
>
> To: BeExcel
> Subject: Re: [belajar-excel] Mencari KPK
>
> Kalau ingin tanpa mengatur referensi dalam VBE dan bisa kalkulasi FPB dan
> KPK untuk banyak angka, silakan coba fungsi FPB dan KPK dalam file
> terlampir.
> hehehe.. sayangnya, belum dicek untuk bermacam-macam kondisi. Sudilah
> kiranya memberi saran dan masukan.
> Note :
> Beberapa cell didalam worksheet akan menghasilkan error value #NAME? jika
> file dibuka di xl2003 kebawah menggunakan fungsi GCD dan LCM yang ada dalam
> addin Analysis ToolPak sebagai sarana pemeriksaan hasil fungsi-fungsi UDF
> FPB dan KPK.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>

Wed Jul 24, 2013 9:51 pm (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

iya mas bisa,
terlampir uji cobanya…dengan berbagai variasi n baris x m kolom.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Thursday, July 25, 2013 11:17 AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Mencari KPK

 
hehehe...

sepertinya kalau gak pakai .Rows dalam In alias langsung range(bla).count,
akan membuat UDF bisa menerima rujukan input n baris x m kolom
gitu gak ya..
;)
cuma dugaan sih

Wassalam,
Kid.

2013/7/25 zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <zainul_ulum@yahoo.com>
 
ikut meramaikan UDF.
semoga tidak salah lagi.
wassalam
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Thursday, July 25, 2013 10:06 AM

To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Mencari KPK
Kalau ingin tanpa mengatur referensi dalam VBE dan bisa kalkulasi FPB dan
KPK untuk banyak angka, silakan coba fungsi FPB dan KPK dalam file
terlampir.
hehehe.. sayangnya, belum dicek untuk bermacam-macam kondisi. Sudilah
kiranya memberi saran dan masukan.
Note :
Beberapa cell didalam worksheet akan menghasilkan error value #NAME? jika
file dibuka di xl2003 kebawah menggunakan fungsi GCD dan LCM yang ada dalam
addin Analysis ToolPak sebagai sarana pemeriksaan hasil fungsi-fungsi UDF
FPB dan KPK.

Wassalam,
Kid.

Wed Jul 24, 2013 8:58 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Contoh untuk menyimpan data dari satu sheet ke sheet lain seperti file
terlampir.

Wassalam,
Kid.

2013/7/25 Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>

> **
>
>
> Miss Jan,
> bisakah saya minta versi Miss Jan yang dimaksud tsb dengan macronya.
> terima kasih.
> ASL
>
> ------------------------------
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: miss.jan.raisin@gmail.com
> Date: Thu, 25 Jul 2013 10:08:59 +0700
>
> Subject: Re: [belajar-excel] Merekap nama2 dalam workbook Jilid II.
>
>
>
> Pak Ahmad,
>
> mohon maaf lahir batin.. untuk thread yang ini Jan tidak bantu ya.. *_^
> alasan Jan tidak membantu karena Jan sudah memberikan arahan ke arah jalan
> yang lebih mudah..
> "jika bisa dibikin mudah kenapa harus dipersulit?" bukan begitu bukan ?
>
> barangkali nanti ada Be-Exceller lain yang bersedia membuatkan script
> vba-nya
>
> Salam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
> اَمِين يَا رَبَÙ' الÙ'عَالَمِيÙ'Ù†
>
>
>
> Pada 25 Juli 2013 08.42, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>menulis:
>
>
>
> Miss Jan,
> Setiap bulan secara manualnya (biasanya saya beri nama filenya lap0110.xls
> ... yang menunujukan laporan bulan Januari 2010) saya harus merekap dalam
> kasus ini ada 27 project (27 sheet) dengan adanya hasil macro dari Mr De
> Premor, Mr Kid dan Mis Jan (merekap nama2 dlm workbook Jilid I).
> Setiap tahun, secara manualnya saya akan membuat master file sebanyak 27
> project (karena setiap bulannya ada 27 sheet)., misal nama filenya project
> A, project B, Project C, Project D dstnya. Master Project A akan menampung
> sheet project Adari bulan Jan s/d Des dengan cara mengcopy pastekan dari
> jan s/d des ke Master Project A untuk master project A, begitu seterusnya
> sampai 27 project yang ada.
>
> Karena masing2 sheet yang ada setiap bulannya sama yaitu terdiri dari
> "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan ditutup di
> akhir data dengan baris "TOTAL".
>
> Miss Jan, Mr De Premor dan Mr Kid & excellers, bisakah dibuatkan macronya
> dengan ilustrasi tahapan manual kerja sbb :
> 1. sebanyak 12 file tsb kita buka (lap0110.xls s/d lap1210.xls).
> 2. satu file master kita buka untuk mengerjakan laporan setahun tsb, misal
> file project A yang akan menampung sheet project A dari Jan s/d des 2010.
> 3. File Project A tsb juga akan memiliki item yang sama yaitu sbb
> "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan ditutup di
> akhir data dengan baris "TOTAL".
> 4. di file project A ini kita tanamkan macronya. Bagaimana mencopy
> pastekan data sheet project A yang ada di file lap0110.xls s/d lap1210.xls
> tsb ke dalam file project A tsb? Instruksi manualnya menurut saya :
> a. Jalankan macro di file project A. proses kerjanya pertama macro tsb
> akan mencari sheet project A di file lap0110.xls. Setelah dijumpainya, dia
> akan menemukan item "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan
> Saldo" dan turun satu baris bawahnya. disinilah posisi awal rangenya.
> Sedangkan batas rangenya adalah mencari posisi di "keterangan&quot; (yaitu
> colomn C) paling bawah. sehingga akan didapatkan rangenya adalah A7..Fxx
> (Fxx adalah batas akhir dari range). mungkin ada cara logika macra lainnya
> bisa saja.
> b. setelah dilakukan copy paste untuk sheet A di file lap0110.xls tsb,
> maka macro akan berjalan kembali untuk mengcopy pastekan sheet A di file
> lap0210 s/d lap1210.xls. tentunya akan ditutup dengan baris TOTAL yang akan
> menjumlah Debet, Kreditnya.
> demikian teoritisnya, semoga para Mr dan Mis dan excellers dapat
> mengekspresikannya dalam macro.
> terima kasih.
> ASL
>
>
>
>

Thu Jul 25, 2013 3:13 am (PDT) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Mr Kid,
saya coba memahami 2 pilihan dimaksud,
pilihan 1 : pilihan ini berarti cuman ada 1 sheet saja. berarti 27 proyek didalam 1 sheet saja. mungkin dengan menambahkan coloum kode proyek di setiap baris datanya. (mungkin). pilihan ini tidak dapat saya pilih, karena sebenarnya data2 proyek tsb saya dapatkan dari divisi lain, jadi saya bukan yang membuat data tsb.
pilihan 2 : pilihan ini yang saya pilih, karena kondisi kerja saya.

Mr Kid, dengan demikian saya memilih pilihan 2. akan saya ajukan per topik dari 5 topic sebagaimana yang Mr Kid sarankan. Tentunya akan dibantu Mr Kid ya. :)
Terima kasih.
ASL

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: mr.nmkid@gmail.com
Date: Thu, 25 Jul 2013 10:32:58 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Merekap nama2 dalam workbook Jilid II.



Pak Ahmad,

Menurut Anda, mana yang lebih mudah antara 2 pilihan ini :
1. Anda meng-input semua project dalam sebuah sheet yang sama disetiap bulan (hanya 1 file kerja sepanjang masa dengan 1 sheet input)

2. Anda meng-input dibanyak sheet tergantung jumlah project dan dilakukan di file yang berbeda setiap bulannya

Jika menurut Anda nomor 1 akan lebih memudahkan kerja Anda, maka itulah yang disarankan miss Jan.

Cara ini bisa dibuat oleh siapa saja yang mau belajar VBA tentang :
1. copy data dari sebuah sheet ke sheet lain

Sedangkan untuk membuat outputnya, bisa mempelajari fitur Pivot Table.


imho, miss Jan sepertinya sudah terbiasa bekerja dengan data yang banyak dan periodik seperti yang Anda hadapi. Bisa jadi di tempat miss Jan ada ratusan client dengan data per client yang sampai ribuan dan data tersebut masuk setiap bulan dan harus direkap per client maupun per tahun atau per selang waktu tertentu.


terlepas dari semua itu, konsep pengolahan data dengan berbasis tabel yang sederhana dan terkumpul menurut pokok datanya (bukan per pokok waktu atau periodiknya), maka akan didapatkan sebuah tabel yang relatif sederhana (sering disebut relatif lebih normal dan berkaidah database).


Andaikan tetap ingin menggunakan yang sekarang Anda ajukan (nomor 2), coba pelajari VBA mulai dari tahapan berikut :
1. cara pakai variabel untuk object workbook dan worksheet

2. cara copy dan paste
3. cara buat sheet baru
4. cara buat workbook baru
5. cara mendaftar setiap file dalam folder dan loop setiap file
Caranya, ajukan topik per topik tahapan Anda belajar dari nomor 1, seperti topik 1 : cara pakai variabel untuk object workbook dan worksheet

dst


Saya rasa, kebanyakan orang akan lebih memilih belajar 1 item VBA dibanding belajar 5 VBA jika sedang dikejar deadline, walau sebagian dari yang sedikit akan tetap mempelajari 5 item yang bawah (pilihan nomor 2) setelah memahami 1 item yang atas (pilihan nomor 1).


Demikianlah kira-kira gambarannya.

:) cemunguud...

Wassalam,
Kid.




2013/7/25 Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>





Miss Jan,

Setiap bulan secara manualnya (biasanya saya beri nama filenya lap0110.xls ... yang menunujukan laporan bulan Januari 2010) saya harus merekap dalam kasus ini ada 27 project (27 sheet) dengan adanya hasil macro dari Mr De Premor, Mr Kid dan Mis Jan (merekap nama2 dlm workbook Jilid I).

Setiap tahun, secara manualnya saya akan membuat master file sebanyak 27 project (karena setiap bulannya ada 27 sheet)., misal nama filenya project A, project B, Project C, Project D dstnya. Master Project A akan menampung sheet project Adari bulan Jan s/d Des dengan cara mengcopy pastekan dari jan s/d des ke Master Project A untuk master project A, begitu seterusnya sampai 27 project yang ada.



Karena masing2 sheet yang ada setiap bulannya sama yaitu terdiri dari "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan ditutup di akhir data dengan baris "TOTAL".



Miss Jan, Mr De Premor dan Mr Kid & excellers, bisakah dibuatkan macronya dengan ilustrasi tahapan manual kerja sbb :

1. sebanyak 12 file tsb kita buka (lap0110.xls s/d lap1210.xls).

2. satu file master kita buka untuk mengerjakan laporan setahun tsb, misal file project A yang akan menampung sheet project A dari Jan s/d des 2010.

3. File Project A tsb juga akan memiliki item yang sama yaitu sbb "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan ditutup di akhir data dengan baris "TOTAL".

4. di file project A ini kita tanamkan macronya. Bagaimana mencopy pastekan data sheet project A yang ada di file lap0110.xls s/d lap1210.xls tsb ke dalam file project A tsb? Instruksi manualnya menurut saya :

a. Jalankan macro di file project A. proses kerjanya pertama macro tsb akan mencari sheet project A di file lap0110.xls. Setelah dijumpainya, dia akan menemukan item "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan turun satu baris bawahnya. disinilah posisi awal rangenya. Sedangkan batas rangenya adalah mencari posisi di "keterangan&quot; (yaitu colomn C) paling bawah. sehingga akan didapatkan rangenya adalah A7..Fxx (Fxx adalah batas akhir dari range). mungkin ada cara logika macra lainnya bisa saja.

b. setelah dilakukan copy paste untuk sheet A di file lap0110.xls tsb, maka macro akan berjalan kembali untuk mengcopy pastekan sheet A di file lap0210 s/d lap1210.xls. tentunya akan ditutup dengan baris TOTAL yang akan menjumlah Debet, Kreditnya.

demikian teoritisnya, semoga para Mr dan Mis dan excellers dapat mengekspresikannya dalam macro.

terima kasih.

ASL







To: belajar-excel@yahoogroups.com

From: miss.jan.raisin@gmail.com

Date: Tue, 23 Jul 2013 14:34:39 +0700

Subject: Re: [belajar-excel] Merekap nama2 dalam workbook Jilid II.























































Ikutan lagi..





mumpung belum ada yang nyemplung jurang bareng-bareng.. kasih saran saja.. kalo melihat kasus ini Part II yang berarti kelanjutan dari kasus sebelumnya..



maka yang harus dilakukan adalah mempebaiki database-nya dahulujika database-nya baik maka pembuatan laporannya akan lebih mudah..





kondisi saat ini adalah seperti ini (4 project x 4 bulan) sample dipotong karena kebanyakan



---kondisi pada contoh sebelumnya 27 sheet dikali 12 bulan pada thread kali ini = 324 sheet---







bisa dibayangkan bagaimana bentuk database untuk 27 project x 12 bulan x n tahun





Kenapa tidak diperbaiki bentuk database-nya menjadi seperti di bawah ini..











Semua field yang sama disatukan termasuk nama projectnya, kolom Saldo dapat dihilangkan karena hasil dari Saldo Awal + Dr - CrDatabase harus memiliki 1 buah primary key yang bersifat unik, karena itu ditambahkan 1 kolom primary key





Bentuk tabelnya nanti akan menjadi seperti ini:











Hanya akan ada 1 buah database untuk menampung seluruh project selama 1 tahun, proses pembuatan laporannya tentu akan lebih mudah dari pada harus mengggabung-gabungkan banyak sheet dari banyak workbook untuk membuat 1 buah laporan.





Sulit di awal, tetapi insya ALLAH hanya dengan beberapa kali klik maka laporan yang diinginkan oleh si Big Boss akan dapat disajikan dengan cepat dan akurat, dengan memanfaatkan fitur Pivot table tanpa harus capek-capek nye-krip macro dulu.





Hanya sekedar saran.. boleh diterima atau ditolak ^_^





Wassalam,







-Miss Jan Raisin-





Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanya ke belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;





Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;





Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. ������ ��� ����� �������������











Pada 23 Juli 2013 12.58, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:





























































Mr De Premor,

terima kasih ya sudah menuntaskan cara merekap nama2 dalam workbook Jilid I.

Gimana Mr De Premor, sebenarnya setiap bulan saya merekap data2 tsb dan saya simpan dan diberi nama Jan2010 s/d Des2010. Selama ini, file2 tsb saya satukan kembali sesuai dengan sheet yang sama dari Jan2010 s/d Des 2010, yaitu dengan cara saya cari sheet misal Proyek G saya satukan dari Januari s/d Desember dengan mengcopy dari sheet2 tsb dari jan s/des. sehingga terbentuklah laporan setahun dari Jan s/d Des untuk Proyek G. begitu seterusnya untuk proyek2 yang lainnya secara manual (copy paste).





Terpikiran saya, apakah ada solusinya di macro excel?.

Mohon dibantu lagi ya Mr De Premor.

Terima Kasih.

ASL







































------------------------------------



=====================================================================

Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.

Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).

Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.

Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :

http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

=====================================================================

Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.

=====================================================================



----------------------------------------------------------

bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:

belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com



posting ke milis, kirimkan ke:

belajar-excel@yahoogroups.com



berkunjung ke web milis

http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages



melihat file archive / mendownload lampiran

http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/

atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :

http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/



menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com



keluar dari membership milis (UnSubscribe):

kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com

----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links



http://groups.yahoo.com/group/belajar-excel/



Individual Email | Traditional



http://groups.yahoo.com/group/belajar-excel/join

(Yahoo! ID required)



belajar-excel-digest@yahoogroups.com

belajar-excel-fullfeatured@yahoogroups.com



belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com



http://docs.yahoo.com/info/terms/







Thu Jul 25, 2013 3:16 am (PDT) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Mr Kid,
tolong dong di program macronya diberikan keterangan lebih jelas lagi.. biar saya tambah ngerti step by step.
waktu saya copy rumus macronya ke file saya, saya tambahkan sheet baru dan diberi nama "input" dan "data" dan saya jalankan macro tsb tetapi tidak bisa jalan ya? apakah macronya lebih dari 1 ya?. kalau bisa Mr kid ulas di program macronya biar saya tambah ngerti ya Mr Kid.
Wassalam,
ASL

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: mr.nmkid@gmail.com
Date: Thu, 25 Jul 2013 10:58:05 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Merekap nama2 dalam workbook Jilid II.



Contoh untuk menyimpan data dari satu sheet ke sheet lain seperti file terlampir.

Wassalam,
Kid.



2013/7/25 Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>


Miss Jan,
bisakah saya minta versi Miss Jan yang dimaksud tsb dengan macronya.
terima kasih.
ASL

To: belajar-excel@yahoogroups.com

From: miss.jan.raisin@gmail.com
Date: Thu, 25 Jul 2013 10:08:59 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Merekap nama2 dalam workbook Jilid II.




Pak Ahmad,

mohon maaf lahir batin.. untuk thread yang ini Jan tidak bantu ya.. *_^alasan Jan tidak membantu karena Jan sudah memberikan arahan ke arah jalan yang lebih mudah..

"jika bisa dibikin mudah kenapa harus dipersulit?" bukan begitu bukan ?


barangkali nanti ada Be-Exceller lain yang bersedia membuatkan script vba-nya


Salam,


-Miss Jan Raisin-
Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanya ke belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;

Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;

Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. Çóãöíä íóÇ ÑóÈóø ÇáúÚóÇáóãöíúä



Pada 25 Juli 2013 08.42, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:





Miss Jan,

Setiap bulan secara manualnya (biasanya saya beri nama filenya lap0110.xls ... yang menunujukan laporan bulan Januari 2010) saya harus merekap dalam kasus ini ada 27 project (27 sheet) dengan adanya hasil macro dari Mr De Premor, Mr Kid dan Mis Jan (merekap nama2 dlm workbook Jilid I).

Setiap tahun, secara manualnya saya akan membuat master file sebanyak 27 project (karena setiap bulannya ada 27 sheet)., misal nama filenya project A, project B, Project C, Project D dstnya. Master Project A akan menampung sheet project Adari bulan Jan s/d Des dengan cara mengcopy pastekan dari jan s/d des ke Master Project A untuk master project A, begitu seterusnya sampai 27 project yang ada.



Karena masing2 sheet yang ada setiap bulannya sama yaitu terdiri dari "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan ditutup di akhir data dengan baris "TOTAL".



Miss Jan, Mr De Premor dan Mr Kid & excellers, bisakah dibuatkan macronya dengan ilustrasi tahapan manual kerja sbb :

1. sebanyak 12 file tsb kita buka (lap0110.xls s/d lap1210.xls).

2. satu file master kita buka untuk mengerjakan laporan setahun tsb, misal file project A yang akan menampung sheet project A dari Jan s/d des 2010.

3. File Project A tsb juga akan memiliki item yang sama yaitu sbb "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan ditutup di akhir data dengan baris "TOTAL".

4. di file project A ini kita tanamkan macronya. Bagaimana mencopy pastekan data sheet project A yang ada di file lap0110.xls s/d lap1210.xls tsb ke dalam file project A tsb? Instruksi manualnya menurut saya :

a. Jalankan macro di file project A. proses kerjanya pertama macro tsb akan mencari sheet project A di file lap0110.xls. Setelah dijumpainya, dia akan menemukan item "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan turun satu baris bawahnya. disinilah posisi awal rangenya. Sedangkan batas rangenya adalah mencari posisi di "keterangan&quot; (yaitu colomn C) paling bawah. sehingga akan didapatkan rangenya adalah A7..Fxx (Fxx adalah batas akhir dari range). mungkin ada cara logika macra lainnya bisa saja.

b. setelah dilakukan copy paste untuk sheet A di file lap0110.xls tsb, maka macro akan berjalan kembali untuk mengcopy pastekan sheet A di file lap0210 s/d lap1210.xls. tentunya akan ditutup dengan baris TOTAL yang akan menjumlah Debet, Kreditnya.

demikian teoritisnya, semoga para Mr dan Mis dan excellers dapat mengekspresikannya dalam macro.

terima kasih.

ASL










Thu Jul 25, 2013 3:22 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pastikan yang terbuka hanya file milik Anda yang sudah ada salinan script
VBA dimaksud.
Coba ke VBE (tekan ALT F11)
Lihat project explorer nya
Pastikan disana ada Excel object bernama Sheet1 ( blablabla ) dan Sheet2 (
bliblibli )

Wassalam,
Kid.

2013/7/25 Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>

> **
>
>
> Mr Kid,
> tolong dong di program macronya diberikan keterangan lebih jelas lagi..
> biar saya tambah ngerti step by step.
> waktu saya copy rumus macronya ke file saya, saya tambahkan sheet baru dan
> diberi nama "input" dan "data" dan saya jalankan macro tsb tetapi tidak
> bisa jalan ya? apakah macronya lebih dari 1 ya?. kalau bisa Mr kid ulas di
> program macronya biar saya tambah ngerti ya Mr Kid.
> Wassalam,
> ASL
>
> ------------------------------
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: mr.nmkid@gmail.com
> Date: Thu, 25 Jul 2013 10:58:05 +0700
>
> Subject: Re: [belajar-excel] Merekap nama2 dalam workbook Jilid II.
>
>
>
> Contoh untuk menyimpan data dari satu sheet ke sheet lain seperti file
> terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/7/25 Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>
>
> **
>
>
> Miss Jan,
> bisakah saya minta versi Miss Jan yang dimaksud tsb dengan macronya.
> terima kasih.
> ASL
>
> ------------------------------
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: miss.jan.raisin@gmail.com
> Date: Thu, 25 Jul 2013 10:08:59 +0700
>
> Subject: Re: [belajar-excel] Merekap nama2 dalam workbook Jilid II.
>
>
>
> Pak Ahmad,
>
> mohon maaf lahir batin.. untuk thread yang ini Jan tidak bantu ya.. *_^
> alasan Jan tidak membantu karena Jan sudah memberikan arahan ke arah jalan
> yang lebih mudah..
> "jika bisa dibikin mudah kenapa harus dipersulit?" bukan begitu bukan ?
>
> barangkali nanti ada Be-Exceller lain yang bersedia membuatkan script
> vba-nya
>
> Salam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
> belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
> member milis;
> - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
> - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
> memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
> ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
> Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga
> memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu
> bisa on line setiap saat;
> - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
> Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
> اَمِين يَا رَبَÙ' الÙ'عَالَمِيÙ'Ù†
>
>
>
> Pada 25 Juli 2013 08.42, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>menulis:
>
>
>
> Miss Jan,
> Setiap bulan secara manualnya (biasanya saya beri nama filenya lap0110.xls
> ... yang menunujukan laporan bulan Januari 2010) saya harus merekap dalam
> kasus ini ada 27 project (27 sheet) dengan adanya hasil macro dari Mr De
> Premor, Mr Kid dan Mis Jan (merekap nama2 dlm workbook Jilid I).
> Setiap tahun, secara manualnya saya akan membuat master file sebanyak 27
> project (karena setiap bulannya ada 27 sheet)., misal nama filenya project
> A, project B, Project C, Project D dstnya. Master Project A akan menampung
> sheet project Adari bulan Jan s/d Des dengan cara mengcopy pastekan dari
> jan s/d des ke Master Project A untuk master project A, begitu seterusnya
> sampai 27 project yang ada.
>
> Karena masing2 sheet yang ada setiap bulannya sama yaitu terdiri dari
> "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan ditutup di
> akhir data dengan baris "TOTAL".
>
> Miss Jan, Mr De Premor dan Mr Kid & excellers, bisakah dibuatkan macronya
> dengan ilustrasi tahapan manual kerja sbb :
> 1. sebanyak 12 file tsb kita buka (lap0110.xls s/d lap1210.xls).
> 2. satu file master kita buka untuk mengerjakan laporan setahun tsb, misal
> file project A yang akan menampung sheet project A dari Jan s/d des 2010.
> 3. File Project A tsb juga akan memiliki item yang sama yaitu sbb
> "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo" dan ditutup di
> akhir data dengan baris "TOTAL".
> 4. di file project A ini kita tanamkan macronya. Bagaimana mencopy
> pastekan data sheet project A yang ada di file lap0110.xls s/d lap1210.xls
> tsb ke dalam file project A tsb? Instruksi manualnya menurut saya :
> a. Jalankan macro di file project A. proses kerjanya pertama macro tsb
> akan mencari sheet project A di file lap0110.xls. Setelah dijumpainya, dia
> akan menemukan item "Tanggal, No.Voucher, Keterangan, Debet, Kredit dan
> Saldo" dan turun satu baris bawahnya. disinilah posisi awal rangenya.
> Sedangkan batas rangenya adalah mencari posisi di "keterangan&quot; (yaitu
> colomn C) paling bawah. sehingga akan didapatkan rangenya adalah A7..Fxx
> (Fxx adalah batas akhir dari range). mungkin ada cara logika macra lainnya
> bisa saja.
> b. setelah dilakukan copy paste untuk sheet A di file lap0110.xls tsb,
> maka macro akan berjalan kembali untuk mengcopy pastekan sheet A di file
> lap0210 s/d lap1210.xls. tentunya akan ditutup dengan baris TOTAL yang akan
> menjumlah Debet, Kreditnya.
> demikian teoritisnya, semoga para Mr dan Mis dan excellers dapat
> mengekspresikannya dalam macro.
> terima kasih.
> ASL
>
>
>
>
>
>
>

Thu Jul 25, 2013 3:14 am (PDT) . Posted by:

"Alen" alen_hafit

Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

Thu Jul 25, 2013 5:36 am (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Bisa, coba lihat di file milis, jwb mbak Siti atas pertanyaan sdri Dini meng absensi.

Salam, 
HK

Sent from Samsung MobileAlen <alen_hafit@yahoo.com> wrote:Selamat siang master,

ane mau tanya,
excel bisa gak membuat program applikasi absensi karyawan.
jadi, misalkan karyawan ketik NIK.nya, secara otomatis menyimpan data jam masuk dan jam keluar nya.
mohon pencerahannya.

terimakasih,
alen

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar