Rabu, 01 Januari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2714

15 New Messages

Digest #2714
1b
1c
2a
2b
5
Happy New Year by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
6
Detail PivotTable di wb baru (small tip) by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
7a
Menghapus File Setelah Melewati Waktu Tertentu by "Misbahul Anwar" kewonk_cheseeh
7b
Re: Menghapus File Setelah Melewati Waktu Tertentu by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Dec 31, 2013 8:42 am (PST) . Posted by:

"Melyana Silaban"

Sekal lagi terima kasih banyak kepada para guru/master (Mr.Kid & Mr.HK).

Kepada Mr.Kid, formula yg diberikan sangat luar biasa membantu.
Hanya saja saya masih penasaran dgn kolom tambahan yg bapak berikan (kolom
info 1 & 2). Kalau boleh dijelaskan, sebetulnya kolom tsb berfungsi sbg
apa, sebab ketika saya coba men-delete-nya hasil formula tetap bisa bekerja
dengan benar (tidak terpengaruh). Kemudian soal kinerja excel menurun jika
harus mengolah banyak data, gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel
tetap optimal, karena data yg akan diolah terkadang hampir 1000 baris
(data1 dalam 1 kolom) & 500 baris (data2 yg ada koma & spasi)
Mohon pencerahannya, guru.

Kepada Mr.HK, macro yg bapak berikan juga sangat luar biasa.
Saya masih ada yg ingin tahu bagaimana cara menambahkan syntax untuk cell
pembanding yg lokasinya berbeda dgn cell sebelumnya.Misal cell sebelumnya
C2, jika ada data yg perlu dibandingkan lagi & berada di cell C3, C4, C5
dst. Gimana cara menambahkan syntaxnya, pak?

Semoga amalan para guru mendapat balasan yg lebih besar dari Tuhan...aamiin

Salam,
Mely

2013/12/31 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

>
>
> Hai Mely,
>
> File terlampir berusaha dengan formula (array formula<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>).
> Juga ada contoh pemanfaatan beberapa fitur Excel seperti pivot table<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
> .
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/12/30 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>
>>
>>
>> Para master & guru excel yang terhormat,
>> Saya seorang siswi yang ingin belajar banyak soal excel.
>> Terlampir ini adalah salah satu contoh persolan yg saya mohon bantuan
>> kepada para master memberikan solusinya. Saya hendak membandingkan 2
>> data & hasil
>> yg diinginkan adalah hanya berbeda dari kedua data tsb. Selengkapnya
>> spt dalam lampiran ini.
>> Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>>
>> wassalam,
>> Mely
>>
>
>
>

Tue Dec 31, 2013 10:04 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Mely,

Kolom info1 dan info2 bukanlah kolom bantu, tetapi sekedar contoh jika
ternyata tabel data memiliki banyak kolom selain kolom kunci proses
pembandingan.

Kolom bantu diberi nama helper dan berisi formula pada sheet opsi_formula
tabel hasil cara2 dan pada tabel data maupun tabel referensi pada sheet
opsi_pivottable.

:)
kira-kira demikian.

Wassalam,
Kid.

2013/12/31 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>

>
>
> Sekal lagi terima kasih banyak kepada para guru/master (Mr.Kid & Mr.HK).
>
> Kepada Mr.Kid, formula yg diberikan sangat luar biasa membantu.
> Hanya saja saya masih penasaran dgn kolom tambahan yg bapak berikan (kolom
> info 1 & 2). Kalau boleh dijelaskan, sebetulnya kolom tsb berfungsi sbg
> apa, sebab ketika saya coba men-delete-nya hasil formula tetap bisa bekerja
> dengan benar (tidak terpengaruh). Kemudian soal kinerja excel menurun jika
> harus mengolah banyak data, gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel
> tetap optimal, karena data yg akan diolah terkadang hampir 1000 baris
> (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris (data2 yg ada koma & spasi)
> Mohon pencerahannya, guru.
>
> Kepada Mr.HK, macro yg bapak berikan juga sangat luar biasa.
> Saya masih ada yg ingin tahu bagaimana cara menambahkan syntax untuk cell
> pembanding yg lokasinya berbeda dgn cell sebelumnya.Misal cell sebelumnya
> C2, jika ada data yg perlu dibandingkan lagi & berada di cell C3, C4, C5
> dst. Gimana cara menambahkan syntaxnya, pak?
>
> Semoga amalan para guru mendapat balasan yg lebih besar dari Tuhan...aamiin
>
> Salam,
> Mely
>
>
> 2013/12/31 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
>>
>>
>> Hai Mely,
>>
>> File terlampir berusaha dengan formula (array formula<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>).
>> Juga ada contoh pemanfaatan beberapa fitur Excel seperti pivot table<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
>> .
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2013/12/30 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>>
>>>
>>>
>>> Para master & guru excel yang terhormat,
>>> Saya seorang siswi yang ingin belajar banyak soal excel.
>>> Terlampir ini adalah salah satu contoh persolan yg saya mohon bantuan
>>> kepada para master memberikan solusinya. Saya hendak membandingkan 2
>>> data & hasil
>>> yg diinginkan adalah hanya berbeda dari kedua data tsb. Selengkapnya
>>> spt dalam lampiran ini.
>>> Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>>>
>>> wassalam,
>>> Mely
>>>
>>
>>
>
>

Tue Dec 31, 2013 10:07 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Mely,

sorry, ternyata ada bagian yang belum terjawab ya, yaitu :

*Kemudian soal kinerja excel menurun jika harus mengolah banyak data,
gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel tetap optimal, karena data yg
akan diolah terkadang hampir 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris
(data2 yg ada koma & spasi) *
imho,
sheet opsi_pivottable bisa menjadi awalan yang mudah.

Wassalam,
Kid.

2013/12/31 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>

>
>
> Sekal lagi terima kasih banyak kepada para guru/master (Mr.Kid & Mr.HK).
>
> Kepada Mr.Kid, formula yg diberikan sangat luar biasa membantu.
> Hanya saja saya masih penasaran dgn kolom tambahan yg bapak berikan (kolom
> info 1 & 2). Kalau boleh dijelaskan, sebetulnya kolom tsb berfungsi sbg
> apa, sebab ketika saya coba men-delete-nya hasil formula tetap bisa bekerja
> dengan benar (tidak terpengaruh). Kemudian soal kinerja excel menurun jika
> harus mengolah banyak data, gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel
> tetap optimal, karena data yg akan diolah terkadang hampir 1000 baris
> (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris (data2 yg ada koma & spasi)
> Mohon pencerahannya, guru.
>
> Kepada Mr.HK, macro yg bapak berikan juga sangat luar biasa.
> Saya masih ada yg ingin tahu bagaimana cara menambahkan syntax untuk cell
> pembanding yg lokasinya berbeda dgn cell sebelumnya.Misal cell sebelumnya
> C2, jika ada data yg perlu dibandingkan lagi & berada di cell C3, C4, C5
> dst. Gimana cara menambahkan syntaxnya, pak?
>
> Semoga amalan para guru mendapat balasan yg lebih besar dari Tuhan...aamiin
>
> Salam,
> Mely
>
>
> 2013/12/31 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
>>
>>
>> Hai Mely,
>>
>> File terlampir berusaha dengan formula (array formula<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>).
>> Juga ada contoh pemanfaatan beberapa fitur Excel seperti pivot table<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
>> .
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2013/12/30 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>>
>>>
>>>
>>> Para master & guru excel yang terhormat,
>>> Saya seorang siswi yang ingin belajar banyak soal excel.
>>> Terlampir ini adalah salah satu contoh persolan yg saya mohon bantuan
>>> kepada para master memberikan solusinya. Saya hendak membandingkan 2
>>> data & hasil
>>> yg diinginkan adalah hanya berbeda dari kedua data tsb. Selengkapnya
>>> spt dalam lampiran ini.
>>> Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>>>
>>> wassalam,
>>> Mely
>>>
>>
>>
>
>

Tue Dec 31, 2013 5:36 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih Mr Kid atas masukannya.

Hasil percobaan terakhir:
Jika Ref nya terdiri dari 1 sel maka:

sNames = Range("C2").Value & ", "

diganti dengan
sNames = Range("xx").Value & ", "

dimana xx bisa berupa 1 sel lain, mis. C3, C4, dst.nya atau nama sel pada Worksheet(sel tsb harus diberi nama terlebih dahulu melalui Name Box atau Formula Name Manager).

Jika Refnya lebih dari 1 sel (mis. C2 dan C3) maka penulisan codenya menjadi:
sNames =Range("C2").Value & ", "

diganti dengan
sNames = Range("C2") & Range("C3").Value & ", "
dengan syarat penulisan pada sel C2 nya diakhiri dengan tanda ", " (koma dan spasi tanpa apostrop), jika tidak maka data terakhir dianggap tidak ada (masuk dalam list).

Silakan mencobanya.

Salam,
HK

On Wednesday, 1 January 2014, 1:07, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

 
Hai Mely,

sorry, ternyata ada bagian yang belum terjawab ya, yaitu :
Kemudian soal kinerja excel menurun jika harus mengolah banyak data,
gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel tetap optimal, karena data
yg akan diolah terkadang hampir 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) &
500 baris (data2 yg ada koma & spasi)

imho,
sheet opsi_pivottable bisa menjadi awalan yang mudah.

Wassalam,
Kid.

2013/12/31 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>


>Sekal lagi terima kasih banyak kepada para guru/master (Mr.Kid & Mr.HK).
>
>Kepada Mr.Kid, formula yg diberikan sangat luar biasa membantu.
>Hanya saja saya masih penasaran dgn kolom tambahan yg bapak berikan (kolom info 1 & 2). Kalau boleh dijelaskan, sebetulnya kolom tsb berfungsi sbg apa, sebab ketika saya coba men-delete-nya hasil formula tetap bisa bekerja dengan benar (tidak terpengaruh). Kemudian soal kinerja excel menurun jika harus mengolah banyak data, gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel tetap optimal, karena data yg akan diolah terkadang hampir 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris (data2 yg ada koma & spasi)
>Mohon pencerahannya, guru.
>
>Kepada Mr.HK, macro yg bapak berikan juga sangat luar biasa.
>Saya masih ada yg ingin tahu bagaimana cara menambahkan syntax untuk cell pembanding yg lokasinya berbeda dgn cell sebelumnya.Misal cell sebelumnya C2, jika ada data yg perlu dibandingkan lagi & berada di cell C3, C4, C5 dst. Gimana cara menambahkan syntaxnya, pak?
>
>Semoga amalan para guru mendapat balasan yg lebih besar dari Tuhan...aamiin
>
>Salam,
>Mely
>
>
>
>
>2013/12/31 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
>
>> 
>>Hai Mely,
>>
>>File terlampir berusaha dengan formula (array formula). Juga ada contoh pemanfaatan beberapa fitur Excel seperti pivot table.
>>
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/12/30 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>>
>>
>>> 
>>>Para master & guru excel yang terhormat,
>>>Saya seorang siswi yang ingin belajar banyak soal excel.
>>>Terlampir ini adalah salah satu contoh persolan yg saya mohon bantuan
>>>kepada para master memberikan solusinya. Saya hendak membandingkan 2
>>>data & hasil
>>>yg diinginkan adalah hanya berbeda dari kedua data tsb. Selengkapnya
>>>spt dalam lampiran ini.
>>>Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>>>
>>>wassalam,
>>>Mely
>>>
>>
>

Tue Dec 31, 2013 5:46 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Maaf, ada koreksi redaksional,

dengan syarat penulisan pada sel C2 nya diakhiri dengan tanda ", " (koma dan spasi tanpa apostrop), jika tidak maka data terakhir dianggap tidak ada (masuk dalam list).

seharusnya dibaca

dengan syarat penulisan pada sel C2 nya diakhiri dengan tanda ", " (koma dan spasi tanpa apostrop), jika tidak maka data terakhir pada sel C2dianggap tidak ada (masuk dalam list).

Salam,
HK

On Wednesday, 1 January 2014, 8:36, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 
Terima kasih Mr Kid atas masukannya.

Hasil percobaan terakhir:
Jika Ref nya terdiri dari 1 sel maka:

sNames = Range("C2").Value & ", "

diganti dengan
sNames = Range("xx").Value & ", "

dimana xx bisa berupa 1 sel lain, mis. C3, C4, dst.nya atau nama sel pada Worksheet(sel tsb harus diberi nama terlebih dahulu melalui Name Box atau Formula Name Manager).

Jika Refnya lebih dari 1 sel (mis. C2 dan C3) maka penulisan codenya menjadi:
sNames =Range("C2").Value & ", "

diganti dengan
sNames = Range("C2") & Range("C3").Value & ", "
dengan syarat penulisan pada sel C2 nya diakhiri dengan tanda ", " (koma dan spasi tanpa apostrop), jika tidak maka data terakhir dianggap tidak ada (masuk dalam list).

Silakan mencobanya.

Salam,
HK

On Wednesday, 1 January 2014, 1:07, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

 
Hai Mely,

sorry, ternyata ada bagian yang belum terjawab ya, yaitu :
Kemudian soal kinerja excel menurun jika harus mengolah banyak data,
gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel tetap optimal, karena data
yg akan diolah terkadang hampir 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) &
500 baris (data2 yg ada koma & spasi)

imho,
sheet opsi_pivottable bisa menjadi awalan yang mudah.

Wassalam,
Kid.

2013/12/31 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>


>Sekal lagi terima kasih banyak kepada para guru/master (Mr.Kid & Mr.HK).
>
>Kepada Mr.Kid, formula yg diberikan sangat luar biasa membantu.
>Hanya saja saya masih penasaran dgn kolom tambahan yg bapak berikan (kolom info 1 & 2). Kalau boleh dijelaskan, sebetulnya kolom tsb berfungsi sbg apa, sebab ketika saya coba men-delete-nya hasil formula tetap bisa bekerja dengan benar (tidak terpengaruh). Kemudian soal kinerja excel menurun jika harus mengolah banyak data, gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel tetap optimal, karena data yg akan diolah terkadang hampir 1000 baris (data1 dalam 1
kolom) & 500 baris (data2 yg ada koma & spasi)
>Mohon pencerahannya, guru.
>
>Kepada Mr.HK, macro yg bapak berikan juga sangat luar biasa.
>Saya masih ada yg ingin tahu bagaimana cara menambahkan syntax untuk cell pembanding yg lokasinya berbeda dgn cell sebelumnya.Misal cell sebelumnya C2, jika ada data yg perlu dibandingkan lagi & berada di cell C3, C4, C5 dst. Gimana cara menambahkan syntaxnya, pak?
>
>Semoga amalan para guru mendapat balasan yg lebih besar dari Tuhan...aamiin
>
>Salam,
>Mely
>
>
>
>
>2013/12/31 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
>
>> 
>>Hai Mely,
>>
>>File terlampir berusaha dengan formula (array formula). Juga ada contoh pemanfaatan beberapa fitur Excel seperti pivot table.
>>
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/12/30 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>>
>>
>>> 
>>>Para master & guru excel yang terhormat,
>>>Saya seorang siswi yang ingin belajar banyak soal excel.
>>>Terlampir ini adalah salah satu contoh persolan yg saya mohon bantuan
>>>kepada para master memberikan solusinya. Saya hendak membandingkan 2
>>>data & hasil
>>>yg diinginkan adalah hanya berbeda dari kedua data tsb. Selengkapnya
>>>spt dalam lampiran ini.
>>>Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>>>
>>>wassalam,
>>>Mely
>>>
>>
>

Tue Dec 31, 2013 9:34 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oh untuk kondisi data referensi lebih dari 1 cell, Pak Hendrik memilih opsi
kedua di email tentang opsi yang lalu, yaitu menggabungkan seluruh teks
referensi dan menyimpannya ke sebuah variabel.

Variabel penyimpan teks gabungan referensi bernama sNames bertipe string.
Delimiternya karakter koma.
Misal data di kolom C mulai cell C1 dan rapat (tidak ada cell kosong antara
2 nilai referensi). Kolom B dan kolom D kosong.
Penggabungan seluruh referensi dan menyimpannya ke variabel penyimpan
bernama sNames salah satu dari sekian banyak caranya antara lain bisa
berbunyi :
dim sNames as string
snames="," & LCase( Replace(Join( Application.Transpose(
*sheetreferensi*.range("c1").currentregion.value
) , "," ),", ",",") ) & ","

1. Penambahan karakter koma dalam ekspresi "," sebelum fungsi LCase akan
membuat referensi diawali karakter koma.
2. fungsi LCase akan meng
3. fungsi replace digunakan untuk mengganti karakter koma dan spasi menjadi
karakter koma saja.
4. fungsi join akan menggabungkan array 1 dimensi menjadi sebuah teks
ber-delimiter tertentu (dalam hal ini adalah karakter koma).
karena range adalah object yang memiliki sebuah properti berupa array 2
dimensi, maka harus diubah lebih dulu menjadi array 1 dimensi dengan fungsi
bawaan Excel bernama Transpose yang dimiliki object Application. Pada data
disuatu range yang horisontal (1 baris Excel x banyak kolom Excel, maka
proses transpose dilakukan 2 kali.
5. *sheetreferensi *bisa diganti dengan nama object module sheet di VBP
untuk sheet tersebut atau dengan bunyi
*Sheets("nama sheet pada tab sheet dalam workbook")*
6. Penambahan karakter koma dalam ekspresi "," diakhir baris kode akan
membuat referensi diakhiri dengan karakter koma.

Misal :
C1 berisi teks *Kolom2*
C2 berisi teks *SATU, DUA, TIGA*
C3 berisi teks *LIMA BELAS, TUJUH, DUA, DUA PULUH SATU*
maka sNames akan berisi :
,*Kolom2*,*SATU,DUA,TIGA*,*LIMA BELAS,TUJUH,DUA,DUA PULUH SATU*,

Pada bagian penggunaan Instr dalam proses loop yang berbunyi :
If InStr(1, sNames, rng(i) & ", ") = 0 Then
diubah susunannya sebagai :
*IF Instr( snames , "," & lcase( rng(i).value ) & "," ) = 0 then *

agar ketika nilai di rng(i) adalah teks berbunyi SATU benar-benar
dibandingkan dengan nilai dalam sNames dibagian bertuliskan SATU saja dan
bukan dibagian SATU yang ada di DUA PULUH SATU

Wassalam,
Kid.

2014/1/1 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

>
>
> Terima kasih Mr Kid atas masukannya.
>
> Hasil percobaan terakhir:
> Jika Ref nya terdiri dari 1 sel maka:
> sNames = Range("C2").Value & ", "
> diganti dengan
> sNames = Range("xx").Value & ", "
> dimana xx bisa berupa 1 sel lain, mis. C3, C4, dst.nya atau nama sel pada
> Worksheet (sel tsb harus diberi nama terlebih dahulu melalui Name Box
> atau Formula Name Manager).
>
> Jika Refnya lebih dari 1 sel (mis. C2 dan C3) maka penulisan codenya
> menjadi:
> sNames = Range("C2").Value & ", "
> diganti dengan
> sNames = Range("C2") & Range("C3").Value & ", "
> dengan syarat penulisan pada sel C2 nya diakhiri dengan tanda ", " (koma
> dan spasi tanpa apostrop), jika tidak maka data terakhir dianggap tidak ada
> (masuk dalam list).
>
> Silakan mencobanya.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
>
> On Wednesday, 1 January 2014, 1:07, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
> Hai Mely,
>
> sorry, ternyata ada bagian yang belum terjawab ya, yaitu :
>
> *Kemudian soal kinerja excel menurun jika harus mengolah banyak data,
> gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel tetap optimal, karena data yg
> akan diolah terkadang hampir 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris
> (data2 yg ada koma & spasi) *
> imho,
> sheet opsi_pivottable bisa menjadi awalan yang mudah.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2013/12/31 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>
>
> Sekal lagi terima kasih banyak kepada para guru/master (Mr.Kid & Mr.HK).
>
> Kepada Mr.Kid, formula yg diberikan sangat luar biasa membantu.
> Hanya saja saya masih penasaran dgn kolom tambahan yg bapak berikan (kolom
> info 1 & 2). Kalau boleh dijelaskan, sebetulnya kolom tsb berfungsi sbg
> apa, sebab ketika saya coba men-delete-nya hasil formula tetap bisa bekerja
> dengan benar (tidak terpengaruh). Kemudian soal kinerja excel menurun jika
> harus mengolah banyak data, gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel
> tetap optimal, karena data yg akan diolah terkadang hampir 1000 baris
> (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris (data2 yg ada koma & spasi)
> Mohon pencerahannya, guru.
>
> Kepada Mr.HK, macro yg bapak berikan juga sangat luar biasa.
> Saya masih ada yg ingin tahu bagaimana cara menambahkan syntax untuk cell
> pembanding yg lokasinya berbeda dgn cell sebelumnya.Misal cell sebelumnya
> C2, jika ada data yg perlu dibandingkan lagi & berada di cell C3, C4, C5
> dst. Gimana cara menambahkan syntaxnya, pak?
>
> Semoga amalan para guru mendapat balasan yg lebih besar dari Tuhan...aamiin
>
> Salam,
> Mely
>
>
> 2013/12/31 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
>
> Hai Mely,
>
> File terlampir berusaha dengan formula (array formula<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>).
> Juga ada contoh pemanfaatan beberapa fitur Excel seperti pivot table<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
> .
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/12/30 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>
>
> Para master & guru excel yang terhormat,
> Saya seorang siswi yang ingin belajar banyak soal excel.
> Terlampir ini adalah salah satu contoh persolan yg saya mohon bantuan
> kepada para master memberikan solusinya. Saya hendak membandingkan 2
> data & hasil
> yg diinginkan adalah hanya berbeda dari kedua data tsb. Selengkapnya
> spt dalam lampiran ini.
> Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>
> wassalam,
> Mely
>
>
>
>
>
>
>
>

Tue Dec 31, 2013 9:47 am (PST) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Membandingkannya tentunya kan antara 2 kolom. Jika mis. pembandingnya berubah menjadi C3, C4 atau C5 maka tinggal ganti C2 menjadi C3, C4 atau C5 (hrs 1 sel). Jika ga mau merubah programnya maka coba buat nama range pada sel pembanding di worksheet dan ganti Range("C2") dengan Range ("NamaRange&quot;).

Salam,
HK

Sent from Samsung MobileMelyana Silaban <melyana.2012@gmail.com> wrote:Sekal lagi terima kasih banyak kepada para guru/master (Mr.Kid & Mr.HK).

Kepada Mr.Kid, formula yg diberikan sangat luar biasa membantu.
Hanya saja saya masih penasaran dgn kolom tambahan yg bapak berikan (kolom info 1 & 2). Kalau boleh dijelaskan, sebetulnya kolom tsb berfungsi sbg apa, sebab ketika saya coba men-delete-nya hasil formula tetap bisa bekerja dengan benar (tidak terpengaruh). Kemudian soal kinerja excel menurun jika harus mengolah banyak data, gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel tetap optimal, karena data yg akan diolah terkadang hampir 1000 baris (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris (data2 yg ada koma & spasi)
Mohon pencerahannya, guru.

Kepada Mr.HK, macro yg bapak berikan juga sangat luar biasa.
Saya masih ada yg ingin tahu bagaimana cara menambahkan syntax untuk cell pembanding yg lokasinya berbeda dgn cell sebelumnya.Misal cell sebelumnya C2, jika ada data yg perlu dibandingkan lagi & berada di cell C3, C4, C5 dst. Gimana cara menambahkan syntaxnya, pak?

Semoga amalan para guru mendapat balasan yg lebih besar dari Tuhan...aamiin

Salam,
Mely

2013/12/31 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
 
Hai Mely,

File terlampir berusaha dengan formula (array formula). Juga ada contoh pemanfaatan beberapa fitur Excel seperti pivot table.

Wassalam,
Kid.

2013/12/30 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
 
Para master & guru excel yang terhormat,
Saya seorang siswi yang ingin belajar banyak soal excel.
Terlampir ini adalah salah satu contoh persolan yg saya mohon bantuan
kepada para master memberikan solusinya. Saya hendak membandingkan 2
data & hasil
yg diinginkan adalah hanya berbeda dari kedua data tsb. Selengkapnya
spt dalam lampiran ini.
Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.

wassalam,
Mely

Tue Dec 31, 2013 10:00 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Hendrik,

Ada 2 opsi untuk referensi lebih dari 1 cell, yaitu : (pilih salah satu
yang mudah dan nyaman untuk disusun)
1. loop terhadap masing-masing cell referensi didalam loop masing-masing
cell data
2. menggabungkan seluruh nilai cell referensi dengan delimiter karakter
koma (jangan lupa menambahkan karakter koma dikarakter terkahir hasil
penggabungan.

:)
silakan dicoba deh...

Wassalam,
Kid.

2014/1/1 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

>
>
> Membandingkannya tentunya kan antara 2 kolom. Jika mis. pembandingnya
> berubah menjadi C3, C4 atau C5 maka tinggal ganti C2 menjadi C3, C4 atau C5
> (hrs 1 sel). Jika ga mau merubah programnya maka coba buat nama range pada
> sel pembanding di worksheet dan ganti Range("C2") dengan Range
> ("NamaRange&quot;).
>
> Salam,
> HK
>
>
> Sent from Samsung Mobile
>
> Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com> wrote:
>
>
> Sekal lagi terima kasih banyak kepada para guru/master (Mr.Kid & Mr.HK).
>
> Kepada Mr.Kid, formula yg diberikan sangat luar biasa membantu.
> Hanya saja saya masih penasaran dgn kolom tambahan yg bapak berikan (kolom
> info 1 & 2). Kalau boleh dijelaskan, sebetulnya kolom tsb berfungsi sbg
> apa, sebab ketika saya coba men-delete-nya hasil formula tetap bisa bekerja
> dengan benar (tidak terpengaruh). Kemudian soal kinerja excel menurun jika
> harus mengolah banyak data, gimana cara mensiasatinya agar kinerja excel
> tetap optimal, karena data yg akan diolah terkadang hampir 1000 baris
> (data1 dalam 1 kolom) & 500 baris (data2 yg ada koma & spasi)
> Mohon pencerahannya, guru.
>
> Kepada Mr.HK, macro yg bapak berikan juga sangat luar biasa.
> Saya masih ada yg ingin tahu bagaimana cara menambahkan syntax untuk cell
> pembanding yg lokasinya berbeda dgn cell sebelumnya.Misal cell sebelumnya
> C2, jika ada data yg perlu dibandingkan lagi & berada di cell C3, C4, C5
> dst. Gimana cara menambahkan syntaxnya, pak?
>
> Semoga amalan para guru mendapat balasan yg lebih besar dari Tuhan...aamiin
>
> Salam,
> Mely
>
>
> 2013/12/31 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>
>>
>>
>> Hai Mely,
>>
>> File terlampir berusaha dengan formula (array formula<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>).
>> Juga ada contoh pemanfaatan beberapa fitur Excel seperti pivot table<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
>> .
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2013/12/30 Melyana Silaban <melyana.2012@gmail.com>
>>
>>>
>>>
>>> Para master & guru excel yang terhormat,
>>> Saya seorang siswi yang ingin belajar banyak soal excel.
>>> Terlampir ini adalah salah satu contoh persolan yg saya mohon bantuan
>>> kepada para master memberikan solusinya. Saya hendak membandingkan 2
>>> data & hasil
>>> yg diinginkan adalah hanya berbeda dari kedua data tsb. Selengkapnya
>>> spt dalam lampiran ini.
>>> Atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih.
>>>
>>> wassalam,
>>> Mely
>>>
>>
>>
>
>

Tue Dec 31, 2013 9:51 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Calyptra,

Ketentuan kriterianya adalah :

1. Yang pertama kali diranking adalah jumlah nilai dari siswa yang semua
nilainya tuntas (tidak ada nilai dibawah KKM)

2. Yang diranking selanjutnya adalah jumlah nilai siswa yang terdapat 1
mata pelajaran yang tidak tuntas nilainya (dibawah KKM). Rankingnya mulai
dari setelah ranking paling bawah poin (1) di atas

3. Selanjutnya adalah jumlah nilai siswa yang terdapat 2 mata pelajaran
yang tidak tuntas nilainya (dibawah KKM). Rankingnya mulai dari setelah
ranking paling bawah poin (2) di atas

4. Begitu seterusnya...

yang bisa diartikan :
A. kriteria pertama adalah jumlah nilai
B. kriteria kedua (jika berdasar kriteria A ternyata tidak unique [ada
lebih dari 1 siswa]) adalah jumlah cacah mapel yang sesuai standar KKM
(tidak dibawah KKM alias nilai_mapel >= nilai_kkm_mapel)
C. kriteria ketiga (belum didefinisikan oleh Calyptra, maka didefinisikan
sendiri sajah) adalah faktor nomor urut, yaitu yang tertulis pertama dalam
tabel (nomor urut rendah) akan mendapat peringkat lebih tinggi karena
pemeringkatan akan dilakukan secara *descending*. Berarti nilai faktor
nomor urut untuk nomor urut ke-1 adalah sebanyak jumlah siswa, dan nilai
faktor nomor urut untuk nomor urut terakhir adalah 0.

Biasanya, pemeringkatan dilakukan dengan bantuan sebuah nilai komposit yang
berisi seluruh nilai setiap kriteria yang membentuk suatu format tertentu.
Setiap kriteria sebaiknya diletakkan secara terpisah. Artinya,* tidak
ada *proses
pengubahan nilai dasar oleh kriteria lain. Misal, nilai kriteria pertama
dikurangi atau dijumlahkan oleh nilai kriteria kedua dan sebagainya.

Untuk kasus ini, bisa jadi format nilai kompositnya adalah TTTT KK NN
dengan :
>> TTTT adalah total nilai yang nilai maksimalnya bisa mencapai 4 digit
yang berarti dari nilai total 0 sampai 9999
>> KK adalah jumlah cacah mapel yang sesuai standar KKM yang maksimalnya
bisa mencapai 2 digit yang berarti dari nilai 0 sampai 99
>> NN adalah faktor nomor urut yang disusun berdasar jumlah record yang
diperingkatkan yang jumlah maksimalnya adalah jumlah siswa dengan asumsi
maksimal mencapai 2 digit yaitu mulai dari faktor nomor urut 0 sampai 99
(untuk 100 siswa)

Formula untuk nilai kompositnya bisa berupa (misal diletakkan di cell s4) :
=P4*10^4+SUMPRODUCT(1*(E4:O4>=E$3:O$3))*10^2+COUNTA($C$4:$C$29)-A4

Kemudian formula peringkat berdasar data nilai komposit dikolom S bisa
berupa (diletakkan pada cell r4) :
=RANK(S4,$S$4:$S$29)

File terlampir.

Wassalam,
Kid.

2013/12/28 <scalyptra@yahoo.com>

>
>
> Salam untuk para Master Excel dan teman-teman di milis ini.
> Saya pendatang baru. Ada masalah yang berhubungan dengan perankingan
> berdasarkan kriteria tertentu. Mungkin sudah ada pembahasan sebelum ini
> yang mirip, tapi karena masih awam dengan excel, saya merasa kesulitan
> menerapkannya untuk kasus yang saya alami.
> Mohon pencerahannya, formula apa yang sebaiknya dipakai atau apa harus
> pakai vba...
>
> Untuk lebih jelasnya, filenya terlampir
>
>
>
>
> Salam...
>
> Calyptra
>
>

Tue Dec 31, 2013 10:52 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Sembaran,

1. menyembunyikan garis yang tidak ada tanggal atau jadwalnya dengan
menggunakan Condition Formatting.
>> formula dalam conditional formatting merujuk pada cell tanggal yang
barisnya tetap disebuah blok data bulanan. File terlampir.

2. Bagaimanakah DatePicker yang serttinganya hanya untuk awal Tahun saja,
misal : 1-Jan-2013; 1-Jan-2014; 1-Jan-2015 dst. Atau triwulan misal :
1-Jan-2014;1-Apr-2014; 1-Jul-2014 dan 1-Okt-2014.
>> kemampuan activex control ditentukan saat membuat si activex control
tersebut. untuk kasus ini, activex control datepicker tidak dapat
melakukannya.
>> bagaimana jika memanfaatkan fitur Data Validation bawaan Excel saja.
Fungsi Indirect dan beberapa nama range yang merujuk kesebuah tabel data
berisi tanggal yang dibutuhkan tidaklah terlalu sulit unuk dibuat. File
terlampir (bagi pengguna xl2003, aktifkan addin Analysis ToolPak atau ganti
formula yang berisi fungsi EDate dengan bunyi formula yang bisa
menghasilkan nilai yang dibutuhkan, misal dengan memanfaatkan fungsi Date
maupun Month)

3. Datepicker dan link cellnya dengan format dd-mmm-yyyy.
>> datepicker menghasilkan nilai bertipe Text dengan format mengikuti
regional setting komputer setempat.
>> Biasanya linked cell dari DTPicker diletakkan ke sebuah cell bantu yang
tak ditampakkan ke user. Kemudian, pada cell yang ditampakkan ke user
sebagai output dtpicker diberi formula untuk mengkonversi nilai dari cell
bantu tersebut menjadi bertipe datetime (file terlampir).

Wassalam,
Kid.

2013/12/27 Sembaran Joko <sembaran@gmail.com>

>
>
> Yth: All Master Excel
>
>
> Mohon Pencerahannya untuk menyembunyikan garis yang tidak ada tanggal
> atau jadwalnya dengan menggunakan Condition Formatting.
> Bagaimanakah DatePicker yang serttinganya hanya untuk awal Tahun saja,
> misal : 1-Jan-2013; 1-Jan-2014; 1-Jan-2015 dst. Atau triwulan misal :
> 1-Jan-2014;
> 1-Apr-2014; 1-Jul-2014 dan 1-Okt-2014.
> Kemudian Bagaimankah pada useform Datepicker dan link cellnya dengan
> format dd-mmm-yyyy. Data saya lampirkan.
> Terimakasih atas pencerahannya.
>
> Salam,
> Sembaran
>
>
>

Tue Dec 31, 2013 5:53 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Dear Be Excelers,

Selamat tahun baru.
Semoga tahun ini lebih baik dari tahun - tahun sebelumnya.

Salam,
HK

Tue Dec 31, 2013 8:39 pm (PST) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Jika kita double click PivotTable biasanya detailnya muncul di Worksheet baru bukan di Workbook baru.

Nah, ini jawaban dari teman di milis tetangga untuk memunculkan detailnya di wb baru.
Isi codenya adalah sbb:
Selection.Details = True
Activesheet.Move

Pada saat menjalankan macro, penunjuk sel (cell pointer) harus berada pada sel yang mau dilhat detailnya, kmdn double click pada sel tsb.

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile

Tue Dec 31, 2013 11:52 pm (PST) . Posted by:

"Misbahul Anwar" kewonk_cheseeh

Mohon pencerahan, para master...
bagaimana coding untuk menghapus file secara permanen setelah melewati waktu.

Trims

Tue Dec 31, 2013 11:57 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Misal file yang akan dihapus adalah myfile.txt yang ada disebuah subfolder

dim dtBatas as date
dtbatas=cdate("2012-12-31")

if now>dtbatas then
kill "d:\foldernya&#92;subfolder&#92;myfile.txt"
endif

Wassalam,
Kid.

2014/1/1 Misbahul Anwar <kewonk_cheseeh@yahoo.co.id>

>
>
> Mohon pencerahan, para master...
> bagaimana coding untuk menghapus file secara permanen setelah melewati
> waktu.
>
> Trims
>
>
>

Wed Jan 1, 2014 12:12 am (PST) . Posted by:

"Yan Novianto" yan.novianto

Ikutan nanya yack

Bagiaman jikalau kita mau share file, kemudian jika sudah kadaluarsa/lewat batas waktu file nya jadi terhapus?

Terimakasih

Sent from BlackBerry� on 3

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 1 Jan 2014 14:57:36
To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Menghapus File Setelah Melewati Waktu Tertentu

Misal file yang akan dihapus adalah myfile.txt yang ada disebuah subfolder

dim dtBatas as date
dtbatas=cdate("2012-12-31")

if now>dtbatas then
kill "d:\foldernya&#92;subfolder&#92;myfile.txt"
endif

Wassalam,
Kid.




2014/1/1 Misbahul Anwar <kewonk_cheseeh@yahoo.co.id>

>
>
> Mohon pencerahan, para master...
> bagaimana coding untuk menghapus file secara permanen setelah melewati
> waktu.
>
> Trims
>
>
>

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar