Selasa, 10 Mei 2016

[belajar-excel] Digest Number 3844

14 Messages

Digest #3844
2a
Re: Kasih nilai bulan sekarang by "Tio Ali" tioali2011
3a
Conditional Formatting by "Abang Jakarta" budi170177
3c
Re: Conditional Formatting by "Abang Jakarta" budi170177
4a
Re: IF IF an by "farud oke"
5a
Re: Proses LookUp [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8a
Re: Rumus berskala :( [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
10a
Re: format tanggal pada text box by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Mon May 9, 2016 5:28 am (PDT) . Posted by:

idz.iman

Dear master.

Hehe emang agak bingung sih ceritainnya... Tapi saya sudah nemu rumus ala2 saya, tp mungkin master ad yg lebih simple.

Singkatnya gini ;
Anda mau beli PIRING nih....
Namun PIRING itu mempunyai rate seperti ini,Pembelian ;
<50 biji harganya $1.7/pcs
51-100 biji harganya $1.5/pcs
101-200 biji harganya $1.2/pcs
>201 biji harganya $1/pcs

Contoh 1:
Saya beli 130pcs piring, berarti harganya.
Langkah 1: 50 x $1.7 = $85
Langkah 2: 50 x $1.5 = $75
Langkah 3: 30 x $1.2 = $36
Total biaya $196

Yg mau saya rumuskan adalah langkah2 tsb, saya hanya menggunakan total quantity saja dan rumusnya sudah otomatis berhitung skala seperti diatas.

Semoga gak makin bingung hehehe..

Terima kasih sebelumnya.
Jazakallah khairan..

Salam
Iman

Mon May 9, 2016 7:43 am (PDT) . Posted by:

"Tio Ali" tioali2011

Terima kasih mas Nang Agus jawabannya. Maaf baru balas. Ok saya coba dulu ya...

SalamTio

On Sab, Mei 7, 2016 at 7:15, Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel]<belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:  

pakai rumus volatile?
=month(today())

On Wed, May 4, 2016 at 9:00 AM, Tio Adi Bayu Adjie tio.adjie@ptssb.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 

Salam Guru Excel ,

Mau tanya , bagaimana formula/code untuk memberi nilai bulan sekarang di range tertentu ?

 

Terima kasih.

Tio

 

|
Reply via web post
|

|
Reply to sender
|

|
Reply to group
|

|
Start a New Topic
|

|
Messages in this topic (12)
|

Upgrade your account with the latest Yahoo Mail app

Get organized with the fast and easy-to-use Yahoo Mail app. Upgrade today!

============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------

Visit Your Group

·       New Members4

•Privacy •Unsubscribe •Terms of Use

.

Mon May 9, 2016 3:22 pm (PDT) . Posted by:

"Abang Jakarta" budi170177

Dear Master Excel
Saya mohon bantuannya, bagaimana cara meng copy formula conditional formatting dibawah ini ke dalam cell lainnya di dalam worksheet. Saya coba dengan format pointer tapi formula tidak berfungsi seperti di cell sebelumnya.
terimakasih

Mon May 9, 2016 5:55 pm (PDT) . Posted by:

"nangagus"

Dear Abang,

Coba ganti formula di Conditional formating: =$N$4="Open" menjadi
=$N4="Open"
ganti juga untuk conditional yang lain yaaa....

salam
Agus

On 10/05/2016 1:29, Abang Jakarta abang_jakarta17@yahoo.com
[belajar-excel] wrote:
> Dear Master Excel
>
> Saya mohon bantuannya, bagaimana cara meng copy formula conditional
> formatting dibawah ini ke dalam cell lainnya di dalam worksheet. Saya
> coba dengan format pointer tapi formula tidak berfungsi seperti di
> cell sebelumnya.
>
> terimakasih
>
> Inline image
>
>
>

Mon May 9, 2016 7:50 pm (PDT) . Posted by:

"Abang Jakarta" budi170177

Pagi Pak Agus,
Terimakasih atas bantuannya , pertanyaan berikutnya bagaimana dengan yang di kolom format applie from ... setiap absoulut di hilangkan dan klik apply pasti akan muncul lagi.
Mohon pencerahannya lagi
terimakasih

On Tuesday, May 10, 2016 7:55 AM, "nangagus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


  Dear Abang,

Coba ganti formula di Conditional formating: =$N$4="Open"  menjadi =$N4="Open" 
ganti juga untuk conditional yang lain yaaa....

salam
Agus

On 10/05/2016 1:29, Abang Jakarta abang_jakarta17@yahoo.com [belajar-excel] wrote:

  Dear Master Excel
Saya mohon bantuannya, bagaimana cara meng copy formula conditional formatting dibawah ini ke dalam cell lainnya di dalam worksheet. Saya coba dengan format pointer tapi formula tidak berfungsi seperti di cell sebelumnya.
terimakasih





#yiv4318676020 #yiv4318676020 -- #yiv4318676020ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mkp #yiv4318676020hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mkp #yiv4318676020ads {margin-bottom:10px;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mkp .yiv4318676020ad {padding:0 0;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mkp .yiv4318676020ad p {margin:0;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mkp .yiv4318676020ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-sponsor #yiv4318676020ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-sponsor #yiv4318676020ygrp-lc #yiv4318676020hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-sponsor #yiv4318676020ygrp-lc .yiv4318676020ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv4318676020 #yiv4318676020actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv4318676020 #yiv4318676020activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv4318676020 #yiv4318676020activity span {font-weight:700;}#yiv4318676020 #yiv4318676020activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv4318676020 #yiv4318676020activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv4318676020 #yiv4318676020activity span span {color:#ff7900;}#yiv4318676020 #yiv4318676020activity span .yiv4318676020underline {text-decoration:underline;}#yiv4318676020 .yiv4318676020attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv4318676020 .yiv4318676020attach div a {text-decoration:none;}#yiv4318676020 .yiv4318676020attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv4318676020 .yiv4318676020attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv4318676020 .yiv4318676020attach label a {text-decoration:none;}#yiv4318676020 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv4318676020 .yiv4318676020bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv4318676020 .yiv4318676020bold a {text-decoration:none;}#yiv4318676020 dd.yiv4318676020last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv4318676020 dd.yiv4318676020last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv4318676020 dd.yiv4318676020last p span.yiv4318676020yshortcuts {margin-right:0;}#yiv4318676020 div.yiv4318676020attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv4318676020 div.yiv4318676020attach-table {width:400px;}#yiv4318676020 div.yiv4318676020file-title a, #yiv4318676020 div.yiv4318676020file-title a:active, #yiv4318676020 div.yiv4318676020file-title a:hover, #yiv4318676020 div.yiv4318676020file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv4318676020 div.yiv4318676020photo-title a, #yiv4318676020 div.yiv4318676020photo-title a:active, #yiv4318676020 div.yiv4318676020photo-title a:hover, #yiv4318676020 div.yiv4318676020photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv4318676020 div#yiv4318676020ygrp-mlmsg #yiv4318676020ygrp-msg p a span.yiv4318676020yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv4318676020 .yiv4318676020green {color:#628c2a;}#yiv4318676020 .yiv4318676020MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv4318676020 o {font-size:0;}#yiv4318676020 #yiv4318676020photos div {float:left;width:72px;}#yiv4318676020 #yiv4318676020photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv4318676020 #yiv4318676020photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv4318676020 #yiv4318676020reco-category {font-size:77%;}#yiv4318676020 #yiv4318676020reco-desc {font-size:77%;}#yiv4318676020 .yiv4318676020replbq {margin:4px;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mlmsg select, #yiv4318676020 input, #yiv4318676020 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mlmsg pre, #yiv4318676020 code {font:115% monospace;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-mlmsg #yiv4318676020logo {padding-bottom:10px;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-msg p#yiv4318676020attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-reco #yiv4318676020reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-sponsor #yiv4318676020ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-sponsor #yiv4318676020ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-sponsor #yiv4318676020ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv4318676020 #yiv4318676020ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv4318676020

Mon May 9, 2016 8:09 pm (PDT) . Posted by:

"nangagus"

Dear Abang

untuk applies to memang tidak dapat dihilangkan tanda absolutnya,
setelah tanda absolut pada row dihilangkang berarti conditional
formating tersebut sudah dapat dicopy dengan "Format Painter"
silahkan dicoba dahulu.
salam
KenangAgus

On 10/05/2016 8:49, Abang Jakarta abang_jakarta17@yahoo.com
[belajar-excel] wrote:
> Pagi Pak Agus,
>
> Terimakasih atas bantuannya , pertanyaan berikutnya bagaimana dengan
> yang di kolom format applie from ... setiap absoulut di hilangkan dan
> klik apply pasti akan muncul lagi.
>
> Mohon pencerahannya lagi
>
> terimakasih
>
>
> On Tuesday, May 10, 2016 7:55 AM, "nangagus nangagus@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> Dear Abang,
>
> Coba ganti formula di Conditional formating: =$N$4="Open" menjadi
> =$N4="Open"
> ganti juga untuk conditional yang lain yaaa....
>
> salam
> Agus
>
> On 10/05/2016 1:29, Abang Jakarta abang_jakarta17@yahoo.com
> <mailto:abang_jakarta17@yahoo.com> [belajar-excel] wrote:
>> Dear Master Excel
>>
>> Saya mohon bantuannya, bagaimana cara meng copy formula conditional
>> formatting dibawah ini ke dalam cell lainnya di dalam worksheet. Saya
>> coba dengan format pointer tapi formula tidak berfungsi seperti di
>> cell sebelumnya.
>>
>> terimakasih
>>
>> Inline image
>>
>>
>
>
>
>

Mon May 9, 2016 4:12 pm (PDT) . Posted by:

"farud oke"

Mantap mas..pas dicoba langsung sukses.
Oya kapan2 ada yg mau saya tanyakan lagi..
Pada tanggal 9 Mei 2016 9.36 AM, "nangagus nangagus@gmail.com
[belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Deaar Farud
> Asalamualaikum wrahmatullah.
>
> coba di Y15 di ketik formula: =IF(N15="remedial";BF15;"")
> dan di AD15 ketik rumus: =IF(O15="pengayaan";BG15;"")
>
> btw:
> sebaiknya sediakan 1 sheet untuk data
> sheet yang lain hanya untuk report akan memudahkan kerja,
> sebelum belajar bersama mr kid data saya dahulu seperti milik farud, namun
> sekarang sudah rapi tertata sehingga banyak kelebihan setelah data dibuat
> dalam 1 sheet.
> misalnya file menjadi lebih kecil, kerja excel jadi lebih cepat. dsb ..
> mau belajar sheet berkaidah database? silahkandimulai dari sini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>
>
> wasalam
> nangAgus
>
>
> On 08/05/2016 23:06, farud oke farud.oke@gmail.com [belajar-excel] wrote:
>
>
>
> Terlampir file yang sudah sesuai peraturan milis.
>
>
> Pada 7 Mei 2016 22.29, farud oke farud.oke@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
> Assalamualaikum Wr.Wb
> Saya mau tanya Mas...
> 1. bagaimana caranya agar disheet remedial ( terlampir ) apabila di sell
> N17 mendapat nilai remedial maka di sell Y17 mendapatkan nilai dari sell
> BG17 dan disell AD17 bernilai kosong ( )
> 2. Kebalikan dari yang pertama,jika di sell s17 bernilai pengayaan maka
> disell Y17 bernilai kosong ( ) dan disell AD17 mendapatkan nilai dari sell
> BH17
> ( Intinya bila mendapat remedial maka nilai di remedial yang muncul dan
> bila mendapat pengayaan maka nilai di pengayaan yg muncul dari sell2 yang
> telah ditentukan )

> Saya benar - benar mohon bantuannya mas soalnya lagi membuat aplikasi
> penilaian untuk sekolah saya.
> terimakasih sukses selalu
>
> --- Mods ---
> Lampiran lebih dari 250KB dilepas dari email. Silakan melampirkan ulang
> file yang diusahakan maksimal 250KB dengan cara me-reply email ini.
> -----------
>
>
>
>
>

Mon May 9, 2016 4:13 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Ici,

Formula Index Match bisa melakukan lookup ke segala arah. Coretannya ada
disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2011/03/lookup-ke-kiri-atau-ke-kanan-untuk-satu.html>
.
File terlampir.

Regards,
Kid

2016-05-02 22:38 GMT+07:00 ICIMORATTI TANGSEL zieh90@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Hormat saya kepada Exceller sebelumnnya
> terima kasih atas web nya yang luar biasa, saya mendapatkan ilmu yang
> sangat bermanfaat.
>
> Ada 2 sheet dalam file terlampir, sheet "Update" dan sheet "penagihan&quot;.
>
> Sheet "penagihan&quot; merupakan sheet yang akan digunakan dalam mencari data
> yang merujuk pada sheet "update"
>
>
> saya ingin :
> Ketika
> diketikkan nama Rumah sakit di kolom yang berwarna kuning pada sheet
> "penagihan&quot; maka
> kolom lain yang berwarna hijau akan "otomatis"; terisi data sesuai dengan
> tanggal lebih dahulu data yang masuk sesuai data dari sheet "update",
> Mohon saran dan bimbingannya
>
>
>

Mon May 9, 2016 4:17 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Prazt,

Pathnya disimpan di variabel sPath. Nama filenya di variabel sFile.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2016-05-07 9:24 GMT+07:00 Prazt Math praztmath@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamu'alaikum
>
> Siang para master, saya pernah membaca diskusi tentang "Insert foto
> otomatis dari sebuah foldr" di milis ini
>
> Kalau ga salah ini linknya
> <http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-insert-photo-otomatis-dari-sebuah-folder-td5711492.html>
> dan di sana saya menemukan cekrip dari mr. kid yang berbunyi ;
>
>
>
> Isi object control activex image diganti dengan memanfaatkan event
> worksheet change sebagai berikut :
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> Dim sFile As String, sPath As String
> If Target.Count = 1 Then
> If InStr(Target.Address & "|", "$C$3|") <> 0 Then
> ActiveSheet.Calculate
>
> 'ganti rujukan path seperti contoh
> 'drive:\folder\subfolder\
> 'contoh : E:\myData\mySubData\
> sPath = ThisWorkbook.Path & "\"
> sFile = Range("c4").Value & ".jpg"
> If LenB(Dir$(sPath & sFile)) <> 0 Then
> imgPeserta.Picture = LoadPicture(sPath & sFile)
> Else
> imgPeserta.Picture = LoadPicture(vbNullString)
> End If
> End If
> End If
> End Sub
>
>
>
> Yang saya tanyakan dimana letak rujukan path_nya dan cekrip di atas jika
> dikasih folder path punya saya jadinya penulisannya gimana ? missal folder
> foto saya berada di : G:\BALI 2016\bali
>
> Dan file excel yang saya buat tersebut berada di folder tersebut juga.
> Maaf jika salah sebut karena masih cetek saya…Salam.
>
>
>
>
>
> Sent from Mail <https://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=550986> for
> Windows 10
>
>
>
>
>

Mon May 9, 2016 4:23 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

wa'alaikumussalam wr wb

Pak Sam,

Mungkinkah dalam 7 hari inout itu terjadi lebih dari 1 kekeliruan (lebih
dari 1 kali inut yang kurang dari inputan sebelumnya) ?

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2016-05-07 8:09 GMT+07:00 Samsudin Sam samsudinortega@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamu'alaikum
>
> Master Excel yang Baik,
>
> Saya ingin menanyakan bagaimana cara memberi reminder bahwa pada saat
> operator/admin komputer menginput/ketik suatu data yang salah, bisa
> diberikan/ditunjukkan kesalahan tersebut terjadi pada tanggal berapa dan
> tulisan salah input/ketik (misalnya kita info tersebut pada bagian akhir
> dari urutan tanggal).
>
> Berikut filenya (terlampir), file ini maksud mengikut suatu data yang
> tidak boleh lebih kecil dari data sebelum (harus naik) dan bisa kah pada
> saat data tersebut kita spilt ke mingguan akan tidak bisa dihitung jika
> pada range minggu tersebut ada data yang lebih kecil dari data sebelum atau
> misal seharusnya data tersebut isi ada 4 digit, tetapi diketik menjadi 2
> digit.
>
> Terima kasih sebelum dan semoga mengerti penjelasan tersebut, sebenarnya
> data ini sudah diberi pencerahan oleh Mr. Kid pada saat saya menanyakan
> jumlah kerja mingguan atau bulanan, ternyata diactual ada kesalahan pada
> saat admin menginput/ketik tersebut dan oleh forlmula tersebut tetap bisa
> dihitung. Dalam file ini saya menggunakan data dalam satu minggu saja.
>
> Wassalam
> Samsudin
>
>
>

Mon May 9, 2016 5:30 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Iman,

Formula distribusi.
Konsepnya, pilih yang lebih kecil antara batas nilai dengan sisa yang belum
diproses.
Hasilnya adalah jumlah yang akan diproses pada tingkat kedudukan tersebut
(di baris tersebut).

Andai hasil akan ditampilkan ke satuan lain (misal ke satuan uang dan
sebagainya), maka hasil dikenai nilai konversi ke satuan lain. Misal akan
dijadikan ke satuan uang, maka dikali dengan rate uangnya. Berhubung hasil
dalam satuan uang, maka semua kalkulasi yang melibatkan cells hasil di
baris sebelumnya harus diubah kembali dari satuan uang ke nilai kuantitinya.

File terlampir. Mudeng gak mudeng, dimudeng-mudengken ya...

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2016-05-09 11:26 GMT+07:00 idz.iman@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Master.
>
>
> Assalammualaikum.
>
>
> mohon bantuannya master, saya mempunyai kendala nih udah 3 jam mikir gak
> sampe2 hehe..
>
>
> Bagaimana kita membuat rumus berkala, dasarnya produksi dikalikan rate-nya
> namun ratenya bertingkat sesuai quantity produksi.
>
> contoh file terlampir master.
>
>
> mohon bantuannya
>
>
> salam
>
> Iman DZ
>
>
> Wassalammualaikum.
>
>
>

Mon May 9, 2016 5:30 pm (PDT) . Posted by:

"Eira I Arie" cheivory_bridge

Terima kasih banyak 👏👏👏👏🙏🙏🙏🙏

Dikirim dari Yahoo Mail di Android

Pada Sen, 9 Mei 2016 pada 13:09, nangagus nangagus@gmail.com [belajar-excel]<belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:  
Dear Cheivory
coba di E4 diketik rumus :
=IF(C4<=TODAY();"sudah masuk bagian";"belum masuk bagian")
sedangkan di F4 diketik rumus:
=IF(D4<TODAY();"sudah selesai";IF(C4>TODAY();"-";"proses"))

Jangan lupa semua tanggal harus diinput sebagai tanggal, sedangkan file contoh data tanggal diinput sebagai text, sehingga formula di E4 dilengkapi menjadi:
=IF(DATEVALUE(C4)<=TODAY();"sudah masuk bagian";"belum masuk bagian")
sedangkan di F4 diubah menjadi:
=IF(DATEVALUE(D4)<TODAY();"sudah selesai";IF(DATEVALUE(C4)>TODAY();"-";"proses"))

Jangan lupa formula saya buat pada regional setting "bahasa Indonesia" jika komputer setempat regional settingnya English maka ganti karakter ; (titik koma) menjadi , (koma)

perlu juga dipikirkan bahwa formula today() merupakan formula volatile yang akan membebani komputer apabila dibuat dibanyak data,
sebaiknya formula today diletakkan pada satu tempat dicell excel sedangkan formula disemua cell yang membutuhkan formula today tinggal merujuk ke satu cell tersebut.

salam
NangAgus


On 09/05/2016 10:48, cheivory_bridge@yahoo.com [belajar-excel] wrote:

 
Yth. Pakar Excel

Salam Sejahtera

Mohon bantuan , bagaimana caranya mengetahui posisi/status bimbingan peserta kursus ... contoh kasus terlampir .. (dengan kata lain -untuk analogi saja- , bagaimana cara mengetahui status BUKU ATLAS per hari ini , apakah dipinjam , apakah ada di perpus )

terima kasih



Mon May 9, 2016 6:24 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Imam,

1. tentang format tanggal
> Sudah kenal dan paham datatype ?
> Sudah pernah dengar bahwa regional setting menentukan bentuk tampilan
nilai melalui format number dan datetime ?
Kalau belum, sempatkanlah untuk paham supaya ndak pusing gara-gara hal
sepele begini.
* kata 'sepele' bukan dimaksudkan menganggap remeh, tetapi memang hal
ini adalah dasar dari segala komputasi di komputer dan kalkulator.
* kalau pakai sempoa, kayanya ndak perlu hal dasar ini.

---------------
a. Excel cells bisa menerima datatype numeric, datetime, text, boolean, dan
errorvalue
b. VB/VBA menyediakan datatype yang bisa digunakan oleh sebuah variabel,
yang lebih bervariasi dibanding Excel cells
c. ActiveX control TexBox hanya menerima datatype Text (sebutan di Excel)
atau String (sebutan di VB/VBA)
d. Kebutuhan adalah data bertipe datetime karena membahas tentang tanggal.
---------------
w. cara menginput data datetime yang paling aman adalah dengan format
YYYY-MM-DD
x. data bertipe numeric atau datetime di Excel cells bisa ditampilkan
(tanpa mengubah datatype) dengan fitur Number Format
y. data bertipe numeric atau datetime di Excel cells bisa diproses agar
menjadi bertipe Text mengikuti suatu format tertentu dengan fungsi Text
z. data bertipe numeric atau datetimedi Excel cells maupun di VB/VBA bisa
diproses agar menjadi bertipe String mengikuti suatu format tertentu dengan
fungsi Format
---------------

# Kondisi di cell A1 berisi tanggal bertipe datetime (coba ketik di cell A1
bunyi 2016-05-10 lalu ENTER, itulah data bertipe datetime walau tampak
dimata Anda berformat tertentu, bila perlu ubah format cells menjadi
general supaya bisa melihat wujud asli nilai bertipe datetime)

# di cells B1 diisi formula berbunyi =A1 lalu diatur format number custom
dengan isian ddd, dd-mmm-yyyy
maka di cells B1 tetap berisi nilai bertipe datetime, sedang tampilan
ada nama hari dan bulan sekedar penampakan saja (bedak biar tampak cantik
saja, tapi tidak bernilai buat komputer walau bernilai sesuatu buat manusia)

# di cells C1 diisi formula berbunyi =Text( A1 , "mmmm yyyy dd" )
Tidak perlu repot-repot menata format number atau mengkalkulasinya
menjadi tanggal lain, karena tidak akan bisa.
Nilai di C1 itu bertipe text (di Excel) atau String (di VB/VBA)
Nilai di C1 itu bisa disebut data mati alias statis tidak baik untuk
diolah walau bisa dimanfaatkan.

# Sekarang, asumsinya ada sebuah activex control textbox (di worksheet atau
di userform) yang diberi nama dengan txtTGL
Ingat, textbox activex ini HANYA bisa menyimpan data bertipe string

# Nilai di A1 (dalam sheet bernama Sheet1) yang tampak buruk rupa menurut
Anda (eh manusia ding) karena format cells nya general adalah nilai yang
cantik buat komputer dan pengolah data (Anda pengolah data juga kan ya....
coba diamati nilai di cells A1 itu supaya bisa tahu sisi cantiknya dari
sebelah mana).

# Nilai di A1 ini akan ditampilkan ke textbox bernama txtTGL dengan format
yang KUDU dd/mm/yyyy
maka bunyi baris kode di VBA nya begini :
txtTGL.text = format( Sheets("Sheet1").range("A1").value , "dd/mm/yyyy" )

# Sekarang, kalau mau menyalin nilai tanggal di textbox txtTGL ke sebuah
Excel cells, yang perlu diingat adalah textbox txtTGL HANYA (sekali lagi,
HANYA) menyimpan data bertipe string. Jadi, harus mau repot mengubahnya
menjadi bersusunan YYYY-MM-DD.
Kenapa ? Kan bisa langsung begitu saja ditulis....
* Karena regional setting komputer akan berpengaruh dalam proses konversi
datatype.
* emangnya Anda mau tanggal yang diisi 10/05/2016 yang dimaksudkan adalah
10 Mei 2016 akan ditulis ke EXcel cells menjadi 5 Oktober 2016 ?
* main safe aja deh... repot dikit gak mengapa.
Untuk menyusun nilai bersusunan *YYYY-MM-DD* dari nilai textbox txtTGL yang
bersusunan *DD/MM/YYYY*
*YYYY *didapat dengan *right( txtTGL.text , 4)*
*MM *didapat dengan* mid( txtTGL.text , 3 , 2 )*
*DD *didapat dengan *left( txtTGL.text , 2 )*
*** kaya pakai fungsi right, mid, left di Excel cells ya....
Jadi bunyi utuhnya, sekalian diberi '-'
*right( txtTGL.text , 4)* & "*-*" & *mid( txtTGL.text , 3 , 2 )* &
"*-*" & *left(
txtTGL.text , 2 )*

Kalau begitu, baris kode untuk menulis di Excel cells di sheet bernama
Sheet1 cells A2 dari textbox txtTGL
Sheets("Sheet1").range("A2").value=cdate( *right( txtTGL.text , 4)* & "*-*"
& *mid( txtTGL.text , 3 , 2 )* & "*-*" & *left( txtTGL.text , 2 )* )

Ribet amat sih.... Gak ada yang lebih simple ?
*** Ada kok yang lebih simple, tapi kalau tidak paham konsep dasarnya di
atas, percuma saja belajar yang simple. Bakal lama sampe nya...

2. compare antar tabel (tabels bisa di sheet yang sama atau sheet yang beda
di workbook yang sama)
** kalau workbooknya beda, bikin supaya di workbook yang sama, misal ambil
dengan fitur GetExternalData atau dibuat otomasi VBA buka workbook, salin,
tutup workbook
> di tabel 1, buat kolom bantu yang diisi dengan fungsi CountIFs merujuk ke
seluruh record kolom kriterias di tabel 2 dibanding cells kriteria di tabel
1.
Silakan pelajari fungsi CountIFs.
> Ingin tabel2 juga menampilkan yang sama, buat CountIFs juga di tabel 2.
> Kumpulkan yang Anda butuhkan dari masing-masing tabel.

> kalau hasil CountIFs adalah 0, berarti cuma ada di tabel 1 alias gak ada
di tabel 2, bila dilihat dari countifs di tabel 1
> kalau hasil CountIFs adalah 1, berarti di tabel 2 ada 1 record yang sama
dengan baris di tabel 1 itu, bila dilihat dari countifs di tabel 1
> kalau hasil CountIFs adalah N dengan N>1, berarti di tabel 2 ada N record
yang sama dengan baris di tabel 1 itu, bila dilihat dari countifs di tabel 1
> kalau hasil CountIFs adalah < 0, berarti formulanya tidak hanya berisi
countifs atau ada format number tertentu di cells berformula countifs itu
> kalau hasil CountIFs adalah errorvalue, berarti Anda kurang teliti dalam
menyusun formula CountIFs, lacak dan perbaiki atau buat baru dengan lebih
teliti
> kalau CountIFs bikin hang, ada yang salah dengan Excel, MS Office,
Windows, atau bahkan komputer Anda.
> kalau CountIFs bikin lemot, berarti saatnya belajar array formula atau
index yang lebih lanjut supaya bisa pakai Match dibandingkan dengan
CountIFs.
> kalau sudah pakai Match dan Index masih aja lemot, sudah saatnya untuk
menggabungkan 2 tabel itu ke dalam 1 sheet dengan penambahan 1 kolom yang
diisi dengan keterangan sumber data (misal dari Tabel1 atau dari Tabel2 dan
sebagainya), lalu belajar pivot table dan di summary dengan pivot table
untuk mencari yang ganda.
> kalau masih saja lemot, pindahkan data ke text file, workbook lain, atau
ke database engine, lalu manfaatkan getexternaldata dan olah dengan query
(SQL) yang kemudian ditampilkan hasilnya di Excel.

;)
enjoy aza...

Regards,
Kid

2016-05-09 12:31 GMT+07:00 imam cahyo yuwono chyywn@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> dear para expert
>
> 1. saya membuat user form dengan text box yang berisi tanggal namun ketika
> di lihat di rekap data format tanggal mm/dd/yyyy padahal pada text box
> tanggal muncul dd/mm/yyy mohon solusi....
>
> 2. saya ingin merekap data mebandingkan data untuk mendapatkan data ganda
> pada 2 sheet yang berbeda kriteria yang diinginkan bisa lebih dari 2
> bagaimana cara membuatnya ..
>
> terima kasih...
>
>
>

Mon May 9, 2016 7:59 pm (PDT) . Posted by:

"samsudinortega"

Assalamu'alaikum,

Nah inilah awalnya kita menghendaki tidak ada kesalahan dlm penulisan data makanya formula yg pernah diberikan Mr. Kid kurang tepat, untuk kesalahan frekuensi dalam satu minggu plng kecil satu kali dan jika satu bulan bisa 4 kali.

Demikian informasi yang dapat disampaikan.

Wassalam,
Samsudin

Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

wa'alaikumussalam wr wbPak Sam,Mungkinkah dalam 7 hari inout itu terjadi lebih dari 1 kekeliruan (lebih dari 1 kali inut yang kurang dari inputan sebelumnya) ?Wassalamu'alaikum wr wbKid2016-05-07 8:09 GMT+07:00 Samsudin Sam samsudinortega@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>: Assalamu'alaikumMaster Excel yang Baik,Saya ingin menanyakan bagaimana cara memberi reminder bahwa pada saat operator/admin komputer menginput/ketik suatu data yang salah, bisa diberikan/ditunjukkan kesalahan tersebut terjadi pada tanggal berapa dan tulisan salah input/ketik (misalnya kita info tersebut pada bagian akhir dari urutan tanggal).Berikut filenya (terlampir), file ini maksud mengikut suatu data yang tidak boleh lebih kecil dari data sebelum (harus naik) dan bisa kah pada saat data tersebut kita spilt ke mingguan akan tidak bisa dihitung jika pada range minggu tersebut ada data yang lebih kecil dari data sebelum atau misal seharusnya data tersebut isi ada 4 digit, tetapi diketik menjadi 2 digit.Terima kasih sebelum dan semoga mengerti penjelasan tersebut, sebenarnya data ini sudah diberi pencerahan oleh Mr. Kid pada saat saya menanyakan jumlah kerja mingguan atau bulanan, ternyata diactual ada kesalahan pada saat admin menginput/ketik tersebut dan oleh forlmula tersebut tetap bisa dihitung. Dalam file ini saya menggunakan data dalam satu minggu saja.WassalamSamsudin
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

1 komentar:

Dunia Public Relation mengatakan...

Dear Pemilik Blog Ini,

saya minta bantuannya,
saya memiliki data tanggal dengan format campuran ada yang DD/MM/YYYY dan MM/DD/YYYY dan ketika saya pivot, format tanggal tersebut tidak menjadi summary bulanan melainkan sendiri-sendiri.
bagi mana caranya apabila saya menginginkan format tanggal tersebut ketika di pivot menjadi summary (terfilter) menjadi bulanan.

terima kasih

Posting Komentar