Rabu, 11 Mei 2016

[belajar-excel] Digest Number 3845

12 Messages

Digest #3845
2a
mohon pencerahan by "Muhammad Iqbal" iq_bal76id
2b
Re: mohon pencerahan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2c
Re: mohon pencerahan by "muhammad iqbal" iq_bal76id
2d
Re: mohon pencerahan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
vba untuk validasi by edo_hanggoro
4b
Re: vba untuk validasi by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4c
5a
Re: format tanggal pada text box by "imam cahyo yuwono"
6a
VBA tambah baris by "farud oke"

Messages

Tue May 10, 2016 6:56 am (PDT) . Posted by:

idz.iman

Dear Mr.Kid.

Masya Allah, sangat membatu...
Alhamdulillah saya wudeng hahaha....
Rumusnya lebih simple, kalau rumus "goblokan saya" udah belibet pake if if if... Hehehe...
Jazakallah khairan Mr.Kid.

Buat temen2 yg biasa di industri apapun cocok banget nih pencerahan dr Mr.Kid jika ada konsep perhitungan yg sama seperti ini.
yg pasti hitungan basis rate seperti ini sangat menguntungkan karena kita bisa menutup Fix cost biaya produksi..
#sekaliansharing

Sekali lg makasih Mr.Kid.

Semoga ilmunya berkah dunia akhirat.
Amin yra :)

Salam
Iman

Tue May 10, 2016 8:47 am (PDT) . Posted by:

"Muhammad Iqbal" iq_bal76id

Dear master Excel

Mohon pencerahan untuk case berikut :

A

B

C

D

E

F

1

Aktifitas

1-Jan-16

1-Feb-16

1-Mar-16

1-Apr-16

1-May-16

Aging

2

plan

done

done

done

39

=today()-E1

3

implementasi

done

done

70

=today-D1

4

analisa

done

done

done

done

9

=today()-F1

Bagaimanakah fromulasi automatic untuk menghitung aging, dimana aging di
hitung dari start bulan(tgl 1) cell yang kosong.

Selama ini saya lakukan secara manual dengan "today()-colum baris1"

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Thanks

BR

Muhammad Iqbal

Tue May 10, 2016 9:10 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Muhammad Iqbal

Coba formula :
=Today() - Index( $a$1:$f$1 , match( "z" , a2:f2 ) + 1 )

Wassalam,
Kid

2016-05-10 22:42 GMT+07:00 'Muhammad Iqbal' iq_bal76id@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear master Excel
>
> Mohon pencerahan untuk case berikut :
>
>
>
> A
>
> B
>
> C
>
> D
>
> E
>
> F
>
>
>
>
>
> 1
>
> Aktifitas
>
> 1-Jan-16
>
> 1-Feb-16
>
> 1-Mar-16
>
> 1-Apr-16
>
> 1-May-16
>
> Aging
>
>
>
> 2
>
> plan
>
> done
>
> done
>
> done
>
>
>
>
>
> 39
>
> =today()-E1
>
> 3
>
> implementasi
>
> done
>
> done
>
>
>
>
>
>
>
> 70
>
> =today-D1
>
> 4
>
> analisa
>
> done
>
> done
>
> done
>
> done
>
>
>
> 9
>
> =today()-F1
>
>
>
> Bagaimanakah fromulasi automatic untuk menghitung aging, dimana aging di
> hitung dari start bulan(tgl 1) cell yang kosong.
>
> Selama ini saya lakukan secara manual dengan "today()-colum baris1"
>
>
>
> Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
>
>
>
> Thanks
>
> BR
>
> Muhammad Iqbal
>
>
>

Tue May 10, 2016 10:02 am (PDT) . Posted by:

"muhammad iqbal" iq_bal76id

dear mr kid
thanks. its worked. pertanyaan selanjutnya adalah masalah "z" ada saya coba dengan mengganti huruf "z" dengan alfabet yang lain ada yang working dan ada yang failed. masih belum nyambung dengan lookup value "z"

thanks
br
muhammad iqbal

Sent from my iPhone

> On May 10, 2016, at 23:02, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
> Hai Muhammad Iqbal
>
> Coba formula :
> =Today() - Index( $a$1:$f$1 , match( "z" , a2:f2 ) + 1 )
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
>
> 2016-05-10 22:42 GMT+07:00 'Muhammad Iqbal' iq_bal76id@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>> Dear master Excel
>>
>> Mohon pencerahan untuk case berikut :
>>
>>
>>
>> A
>>
>> B
>>
>> C
>>
>> D
>>
>> E
>>
>> F
>>
>>
>>
>>
>>
>> 1
>>
>> Aktifitas
>>
>> 1-Jan-16
>>
>> 1-Feb-16
>>
>> 1-Mar-16
>>
>> 1-Apr-16
>>
>> 1-May-16
>>
>> Aging
>>
>>
>>
>> 2
>>
>> plan
>>
>> done
>>
>> done
>>
>> done
>>
>>
>>
>>
>>
>> 39
>>
>> =today()-E1
>>
>> 3
>>
>> implementasi
>>
>> done
>>
>> done
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 70
>>
>> =today-D1
>>
>> 4
>>
>> analisa
>>
>> done
>>
>> done
>>
>> done
>>
>> done
>>
>>
>>
>> 9
>>
>> =today()-F1
>>
>>
>>
>> Bagaimanakah fromulasi automatic untuk menghitung aging, dimana aging di hitung dari start bulan(tgl 1) cell yang kosong.
>>
>> Selama ini saya lakukan secara manual dengan "today()-colum baris1"
>>
>>
>>
>> Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
>>
>>
>>
>> Thanks
>>
>> BR
>>
>> Muhammad Iqbal
>>
>
>

Tue May 10, 2016 10:04 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Iqbal,

Untuk mencari data terakhir dalam daftar yang bertipe text dan data tidak
mungkin ada nilai dengan diawali 'z', maka nilai 'z' adalah nilai tertinggi
yang tidak mungkin dicapai.
Jika data ada yang bernilai 'z???' maka ganti "z" dengan "zzzzzzz"
(pokoknya yang lebih tinggi nilainya dibanding data.

Wassalam,
Kid

2016-05-10 23:24 GMT+07:00 muhammad iqbal iq_bal76id@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> dear mr kid
> thanks. its worked. pertanyaan selanjutnya adalah masalah "z" ada saya
> coba dengan mengganti huruf "z" dengan alfabet yang lain ada yang working
> dan ada yang failed. masih belum nyambung dengan lookup value "z"
>
> thanks
> br
> muhammad iqbal
>
> Sent from my iPhone
>
> On May 10, 2016, at 23:02, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hai Muhammad Iqbal
>
> Coba formula :
> =Today() - Index( $a$1:$f$1 , match( "z" , a2:f2 ) + 1 )
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
>
> 2016-05-10 22:42 GMT+07:00 'Muhammad Iqbal' iq_bal76id@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dear master Excel
>>
>> Mohon pencerahan untuk case berikut :
>>
>>
>>
>> A
>>
>> B
>>
>> C
>>
>> D
>>
>> E
>>
>> F
>>
>>
>>
>>
>>
>> 1
>>
>> Aktifitas
>>
>> 1-Jan-16
>>
>> 1-Feb-16
>>
>> 1-Mar-16
>>
>> 1-Apr-16
>>
>> 1-May-16
>>
>> Aging
>>
>>
>>
>> 2
>>
>> plan
>>
>> done
>>
>> done
>>
>> done
>>
>>
>>
>>
>>
>> 39
>>
>> =today()-E1
>>
>> 3
>>
>> implementasi
>>
>> done
>>
>> done
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 70
>>
>> =today-D1
>>
>> 4
>>
>> analisa
>>
>> done
>>
>> done
>>
>> done
>>
>> done
>>
>>
>>
>> 9
>>
>> =today()-F1
>>
>>
>>
>> Bagaimanakah fromulasi automatic untuk menghitung aging, dimana aging di
>> hitung dari start bulan(tgl 1) cell yang kosong.
>>
>> Selama ini saya lakukan secara manual dengan "today()-colum baris1"
>>
>>
>>
>> Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
>>
>>
>>
>> Thanks
>>
>> BR
>>
>> Muhammad Iqbal
>>
>>
>
>

Tue May 10, 2016 9:00 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalm wr wb

Berarti mungkin terjadi per minggu salah isi 7 kali dan 1 bulan mencapai 28
kali.
Kalau begitu, manfaatkan data validation saja di setiap cells isian.
Data validation -> custom -> formulanya diisi =B1>A1
kalau isian ke-2 di B1 dan isian ke-2 di A1.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2016-05-10 9:51 GMT+07:00 samsudinortega samsudinortega@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamu'alaikum,
>
> Nah inilah awalnya kita menghendaki tidak ada kesalahan dlm penulisan data
> makanya formula yg pernah diberikan Mr. Kid kurang tepat, untuk kesalahan
> frekuensi dalam satu minggu plng kecil satu kali dan jika satu bulan bisa 4
> kali.
>
> Demikian informasi yang dapat disampaikan.
>
> Wassalam,
> Samsudin
>
>
>
> Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.
>
>
>
>
> wa'alaikumussalam wr wb
>
> Pak Sam,
>
> Mungkinkah dalam 7 hari inout itu terjadi lebih dari 1 kekeliruan (lebih
> dari 1 kali inut yang kurang dari inputan sebelumnya) ?
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
>
>
> 2016-05-07 8:09 GMT+07:00 Samsudin Sam samsudinortega@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Assalamu'alaikum
>>
>> Master Excel yang Baik,
>>
>> Saya ingin menanyakan bagaimana cara memberi reminder bahwa pada saat
>> operator/admin komputer menginput/ketik suatu data yang salah, bisa
>> diberikan/ditunjukkan kesalahan tersebut terjadi pada tanggal berapa dan
>> tulisan salah input/ketik (misalnya kita info tersebut pada bagian akhir
>> dari urutan tanggal).
>>
>> Berikut filenya (terlampir), file ini maksud mengikut suatu data yang
>> tidak boleh lebih kecil dari data sebelum (harus naik) dan bisa kah pada
>> saat data tersebut kita spilt ke mingguan akan tidak bisa dihitung jika
>> pada range minggu tersebut ada data yang lebih kecil dari data sebelum atau
>> misal seharusnya data tersebut isi ada 4 digit, tetapi diketik menjadi 2
>> digit.
>>
>> Terima kasih sebelum dan semoga mengerti penjelasan tersebut, sebenarnya
>> data ini sudah diberi pencerahan oleh Mr. Kid pada saat saya menanyakan
>> jumlah kerja mingguan atau bulanan, ternyata diactual ada kesalahan pada
>> saat admin menginput/ketik tersebut dan oleh forlmula tersebut tetap bisa
>> dihitung. Dalam file ini saya menggunakan data dalam satu minggu saja.
>>
>> Wassalam
>> Samsudin
>>
>>
>
>

Tue May 10, 2016 10:37 am (PDT) . Posted by:

edo_hanggoro

Dear Master,
Saya ingin membuat validasi dengan memakai vba untuk memvalidasi setiap isian di range C3:C6 dimana jika setiap value dari sel tersebut tidak sama dengan valu di sel C2, maka akan muncul MsgBox.
Saya mencoba untuk membuat kodenya tetapi masih belum berhasil. Mohon bantuan untuk bisa mengkoreksi kode yg saya buat.

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)

b = Range("C2").Value

For Each aa In Range("C3:C6")
If aa.Value <> b Then
MsgBox "salah"
End If
Next aa

End Sub


Terima kasih


Edo

Tue May 10, 2016 6:52 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Edo,Coba cek apakah di VBE Sheet nya Macronya ditempatkan pada Sheet yang mau divalidasi ?Jika ditempatkan di Thisworkbook atau Module tentu tidak akan jalan.
Salam,HK

From: "Edo_Hanggoro@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 11 May 2016, 0:13
Subject: [belajar-excel] vba untuk validasi

  Dear Master,
Saya ingin membuat validasi dengan memakai vba untuk memvalidasi setiap isian di range C3:C6 dimana jika setiap value dari sel tersebut tidak sama dengan valu di sel C2, maka akan muncul MsgBox.
Saya mencoba untuk membuat kodenya tetapi masih belum berhasil. Mohon bantuan untuk bisa mengkoreksi kode yg saya buat.

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)

b = Range("C2").Value

For Each aa In Range("C3:C6")
If aa.Value <> b Then
MsgBox "salah"
End If
Next aa

End Sub

Terima kasih

Edo
#yiv4197943209 #yiv4197943209 -- #yiv4197943209ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mkp #yiv4197943209hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mkp #yiv4197943209ads {margin-bottom:10px;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mkp .yiv4197943209ad {padding:0 0;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mkp .yiv4197943209ad p {margin:0;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mkp .yiv4197943209ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-sponsor #yiv4197943209ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-sponsor #yiv4197943209ygrp-lc #yiv4197943209hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-sponsor #yiv4197943209ygrp-lc .yiv4197943209ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv4197943209 #yiv4197943209actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv4197943209 #yiv4197943209activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv4197943209 #yiv4197943209activity span {font-weight:700;}#yiv4197943209 #yiv4197943209activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv4197943209 #yiv4197943209activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv4197943209 #yiv4197943209activity span span {color:#ff7900;}#yiv4197943209 #yiv4197943209activity span .yiv4197943209underline {text-decoration:underline;}#yiv4197943209 .yiv4197943209attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv4197943209 .yiv4197943209attach div a {text-decoration:none;}#yiv4197943209 .yiv4197943209attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv4197943209 .yiv4197943209attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv4197943209 .yiv4197943209attach label a {text-decoration:none;}#yiv4197943209 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv4197943209 .yiv4197943209bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv4197943209 .yiv4197943209bold a {text-decoration:none;}#yiv4197943209 dd.yiv4197943209last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv4197943209 dd.yiv4197943209last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv4197943209 dd.yiv4197943209last p span.yiv4197943209yshortcuts {margin-right:0;}#yiv4197943209 div.yiv4197943209attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv4197943209 div.yiv4197943209attach-table {width:400px;}#yiv4197943209 div.yiv4197943209file-title a, #yiv4197943209 div.yiv4197943209file-title a:active, #yiv4197943209 div.yiv4197943209file-title a:hover, #yiv4197943209 div.yiv4197943209file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv4197943209 div.yiv4197943209photo-title a, #yiv4197943209 div.yiv4197943209photo-title a:active, #yiv4197943209 div.yiv4197943209photo-title a:hover, #yiv4197943209 div.yiv4197943209photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv4197943209 div#yiv4197943209ygrp-mlmsg #yiv4197943209ygrp-msg p a span.yiv4197943209yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv4197943209 .yiv4197943209green {color:#628c2a;}#yiv4197943209 .yiv4197943209MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv4197943209 o {font-size:0;}#yiv4197943209 #yiv4197943209photos div {float:left;width:72px;}#yiv4197943209 #yiv4197943209photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv4197943209 #yiv4197943209photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv4197943209 #yiv4197943209reco-category {font-size:77%;}#yiv4197943209 #yiv4197943209reco-desc {font-size:77%;}#yiv4197943209 .yiv4197943209replbq {margin:4px;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mlmsg select, #yiv4197943209 input, #yiv4197943209 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mlmsg pre, #yiv4197943209 code {font:115% monospace;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-mlmsg #yiv4197943209logo {padding-bottom:10px;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-msg p#yiv4197943209attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-reco #yiv4197943209reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-sponsor #yiv4197943209ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-sponsor #yiv4197943209ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-sponsor #yiv4197943209ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv4197943209 #yiv4197943209ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv4197943209

Tue May 10, 2016 7:50 pm (PDT) . Posted by:

"nangagus"

Dear Edo;
agar macro dapat ikut disimpan maka file excel harus disimpan dalam
.xlsm atau .xlsb
file yang anda sertakan dalam xlsx sehingga macronya mati.
coba tambahkan beberapa cekrip:

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
Dim b As String
Dim aa As Range
b = Range("C2").Value
If Not Intersect(Target, Range("c3:c6")) Is Nothing Then
For Each aa In Range("C3:C6")
If aa.Value <> b Then
MsgBox "salah"
End If
Next aa
Else
End If
End Sub

sebaiknya begini:

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
Dim b As String
b = Range("C2").Value
If Target.Address = "$c$3" Then
If Range("C3").Value <> b Then
MsgBox "Pengisian C3 salah"
End If
Else
End If
If Target.Address = "$c$4" Then
If Range("C4").Value <> b Then
MsgBox "Pengisian C4 salah"
End If
Else
End IF
End Sub

sebenarnya juga bisa disingkat kok silahkan dicoba dahulu

On 11/05/2016 0:13, Edo_Hanggoro@yahoo.com [belajar-excel] wrote:
>
> Dear Master,
> Saya ingin membuat validasi dengan memakai vba untuk memvalidasi
> setiap isian di range C3:C6 dimana jika setiap value dari sel tersebut
> tidak sama dengan valu di sel C2, maka akan muncul MsgBox.
> Saya mencoba untuk membuat kodenya tetapi masih belum berhasil. Mohon
> bantuan untuk bisa mengkoreksi kode yg saya buat.
>
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>
> b = Range("C2").Value
>
> For Each aa In Range("C3:C6")
> If aa.Value <> b Then
> MsgBox "salah"
> End If
> Next aa
>
> End Sub
>
>
> Terima kasih
>
>
> Edo
>
>

Tue May 10, 2016 10:06 pm (PDT) . Posted by:

"imam cahyo yuwono"

Mr Kid
1. untuk tipe data saya msh belajar mencoba memahami mungkin ada referensi agar saya bisa mendalami ....2. regional setting sudah saya rubah ke dalam bahasa indonesia ... ada tips yang saya coba dari milis ini dengan settingan [$-421]dd/mm/yyyy pada cell/kolom yang diperlukan namun tetap tak berpengaruh ...3. saya kehilangan referensi tentang setting texbox dengan tanggal bisa memberikan contoh nya?
terima kasih atas masukannya ..


On Tuesday, May 10, 2016 8:25 AM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


  Hai Imam,

1. tentang format tanggal
> Sudah kenal dan paham datatype ?
> Sudah pernah dengar bahwa regional setting menentukan bentuk tampilan nilai melalui format number dan datetime ?
    Kalau belum, sempatkanlah untuk paham supaya ndak pusing gara-gara hal sepele begini.
    * kata 'sepele' bukan dimaksudkan menganggap remeh, tetapi memang hal ini adalah dasar dari segala komputasi di komputer dan kalkulator.
    * kalau pakai sempoa, kayanya ndak perlu hal dasar ini.

---------------a. Excel cells bisa menerima datatype numeric, datetime, text, boolean, dan errorvalue
b. VB/VBA menyediakan datatype yang bisa digunakan oleh sebuah variabel, yang lebih bervariasi dibanding Excel cells
c. ActiveX control TexBox hanya menerima datatype Text (sebutan di Excel) atau String (sebutan di VB/VBA)
d. Kebutuhan adalah data bertipe datetime karena membahas tentang tanggal.
---------------
w. cara menginput data datetime yang paling aman adalah dengan format YYYY-MM-DD
x. data bertipe numeric atau datetime di Excel cells bisa ditampilkan (tanpa mengubah datatype) dengan fitur Number Format
y. data bertipe numeric atau datetime di Excel cells bisa diproses agar menjadi bertipe Text mengikuti suatu format tertentu dengan fungsi Text
z. data bertipe numeric atau datetimedi Excel cells maupun di VB/VBA bisa diproses agar menjadi bertipe String mengikuti suatu format tertentu dengan fungsi Format
---------------

# Kondisi di cell A1 berisi tanggal bertipe datetime (coba ketik di cell A1 bunyi 2016-05-10 lalu ENTER, itulah data bertipe datetime walau tampak dimata Anda berformat tertentu, bila perlu ubah format cells menjadi general supaya bisa melihat wujud asli nilai bertipe datetime)

# di cells B1 diisi formula berbunyi =A1 lalu diatur format number custom dengan isian ddd, dd-mmm-yyyy
   maka di cells B1 tetap berisi nilai bertipe datetime, sedang tampilan ada nama hari dan bulan sekedar penampakan saja (bedak biar tampak cantik saja, tapi tidak bernilai buat komputer walau bernilai sesuatu buat manusia)

# di cells C1 diisi formula berbunyi =Text( A1 , "mmmm yyyy dd" )
   Tidak perlu repot-repot menata format number atau mengkalkulasinya menjadi tanggal lain, karena tidak akan bisa.
    Nilai di C1 itu bertipe text (di Excel) atau String (di VB/VBA)
   Nilai di C1 itu bisa disebut data mati alias statis tidak baik untuk diolah walau bisa dimanfaatkan.

# Sekarang, asumsinya ada sebuah activex control textbox (di worksheet atau di userform) yang diberi nama dengan txtTGL
   Ingat, textbox activex ini HANYA bisa menyimpan data bertipe string

# Nilai di A1 (dalam sheet bernama Sheet1) yang tampak buruk rupa menurut Anda (eh manusia ding) karena format cells nya general adalah nilai yang cantik buat komputer dan pengolah data (Anda pengolah data juga kan ya.... coba diamati nilai di cells A1 itu supaya bisa tahu sisi cantiknya dari sebelah mana).

# Nilai di A1 ini akan ditampilkan ke textbox bernama txtTGL dengan format yang KUDU dd/mm/yyyy
   maka bunyi baris kode di VBA nya begini :
   txtTGL.text = format( Sheets("Sheet1").range("A1").value , "dd/mm/yyyy" )

# Sekarang, kalau mau menyalin nilai tanggal di textbox txtTGL ke sebuah Excel cells, yang perlu diingat adalah textbox txtTGL HANYA (sekali lagi, HANYA) menyimpan data bertipe string. Jadi, harus mau repot mengubahnya menjadi bersusunan YYYY-MM-DD.
Kenapa ? Kan bisa langsung begitu saja ditulis....
* Karena regional setting komputer akan berpengaruh dalam proses konversi datatype.
* emangnya Anda mau tanggal yang diisi 10/05/2016 yang dimaksudkan adalah 10 Mei 2016 akan ditulis ke EXcel cells menjadi 5 Oktober 2016 ?
* main safe aja deh... repot dikit gak mengapa.
Untuk menyusun nilai bersusunan YYYY-MM-DD dari nilai textbox txtTGL yang bersusunan DD/MM/YYYY
YYYY didapat dengan right( txtTGL.text , 4)
MM didapat dengan mid( txtTGL.text , 3 , 2 )
DD didapat dengan left( txtTGL.text , 2 )
*** kaya pakai fungsi right, mid, left di Excel cells ya....
Jadi bunyi utuhnya, sekalian diberi '-'
right( txtTGL.text , 4) & "-" & mid( txtTGL.text , 3 , 2 ) & "-" & left( txtTGL.text , 2 )
Kalau begitu, baris kode untuk menulis di Excel cells di sheet bernama Sheet1 cells A2 dari textbox txtTGL
Sheets("Sheet1").range("A2").value=cdate( right( txtTGL.text , 4) & "-" & mid( txtTGL.text , 3 , 2 ) & "-" & left( txtTGL.text , 2 ) )

Ribet amat sih.... Gak ada yang lebih simple ?
*** Ada kok yang lebih simple, tapi kalau tidak paham konsep dasarnya di atas, percuma saja belajar yang simple. Bakal lama sampe nya...

2. compare antar tabel (tabels bisa di sheet yang sama atau sheet yang beda di workbook yang sama)
** kalau workbooknya beda, bikin supaya di workbook yang sama, misal ambil dengan fitur GetExternalData atau dibuat otomasi VBA buka workbook, salin, tutup workbook
> di tabel 1, buat kolom bantu yang diisi dengan fungsi CountIFs merujuk ke seluruh record kolom kriterias di tabel 2 dibanding cells kriteria di tabel 1.
    Silakan pelajari fungsi CountIFs.
> Ingin tabel2 juga menampilkan yang sama, buat CountIFs juga di tabel 2.
> Kumpulkan yang Anda butuhkan dari masing-masing tabel.

> kalau hasil CountIFs adalah 0, berarti cuma ada di tabel 1 alias gak ada di tabel 2, bila dilihat dari countifs di tabel 1
> kalau hasil CountIFs adalah 1, berarti di tabel 2 ada 1 record yang sama dengan baris di tabel 1 itu, bila dilihat dari countifs di tabel 1> kalau hasil CountIFs adalah N dengan N>1, berarti di tabel 2 ada N record yang sama dengan baris di tabel 1 itu, bila dilihat dari countifs di tabel 1> kalau hasil CountIFs adalah < 0, berarti formulanya tidak hanya berisi countifs atau ada format number tertentu di cells berformula countifs itu
> kalau hasil CountIFs adalah errorvalue, berarti Anda kurang teliti dalam menyusun formula CountIFs, lacak dan perbaiki atau buat baru dengan lebih teliti
> kalau CountIFs bikin hang, ada yang salah dengan Excel, MS Office, Windows, atau bahkan komputer Anda.
> kalau CountIFs bikin lemot, berarti saatnya belajar array formula atau index yang lebih lanjut supaya bisa pakai Match dibandingkan dengan CountIFs.
> kalau sudah pakai Match dan Index masih aja lemot, sudah saatnya untuk menggabungkan 2 tabel itu ke dalam 1 sheet dengan penambahan 1 kolom yang diisi dengan keterangan sumber data (misal dari Tabel1 atau dari Tabel2 dan sebagainya), lalu belajar pivot table dan di summary dengan pivot table untuk mencari yang ganda.
> kalau masih saja lemot, pindahkan data ke text file, workbook lain, atau ke database engine, lalu manfaatkan getexternaldata dan olah dengan query (SQL) yang kemudian ditampilkan hasilnya di Excel.

;)
enjoy aza...

Regards,
Kid

2016-05-09 12:31 GMT+07:00 imam cahyo yuwono chyywn@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  dear para expert
1. saya membuat user form dengan text box yang berisi tanggal namun ketika di lihat di rekap data format tanggal mm/dd/yyyy padahal pada text box tanggal muncul dd/mm/yyy mohon solusi....
2. saya ingin merekap data mebandingkan data untuk mendapatkan data ganda pada 2 sheet yang berbeda kriteria yang diinginkan bisa lebih dari 2 bagaimana cara membuatnya ..
terima kasih...


#yiv3917479397 #yiv3917479397 -- #yiv3917479397ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mkp #yiv3917479397hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mkp #yiv3917479397ads {margin-bottom:10px;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mkp .yiv3917479397ad {padding:0 0;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mkp .yiv3917479397ad p {margin:0;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mkp .yiv3917479397ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-sponsor #yiv3917479397ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-sponsor #yiv3917479397ygrp-lc #yiv3917479397hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-sponsor #yiv3917479397ygrp-lc .yiv3917479397ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv3917479397 #yiv3917479397actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv3917479397 #yiv3917479397activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv3917479397 #yiv3917479397activity span {font-weight:700;}#yiv3917479397 #yiv3917479397activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv3917479397 #yiv3917479397activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv3917479397 #yiv3917479397activity span span {color:#ff7900;}#yiv3917479397 #yiv3917479397activity span .yiv3917479397underline {text-decoration:underline;}#yiv3917479397 .yiv3917479397attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv3917479397 .yiv3917479397attach div a {text-decoration:none;}#yiv3917479397 .yiv3917479397attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv3917479397 .yiv3917479397attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv3917479397 .yiv3917479397attach label a {text-decoration:none;}#yiv3917479397 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv3917479397 .yiv3917479397bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv3917479397 .yiv3917479397bold a {text-decoration:none;}#yiv3917479397 dd.yiv3917479397last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv3917479397 dd.yiv3917479397last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv3917479397 dd.yiv3917479397last p span.yiv3917479397yshortcuts {margin-right:0;}#yiv3917479397 div.yiv3917479397attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv3917479397 div.yiv3917479397attach-table {width:400px;}#yiv3917479397 div.yiv3917479397file-title a, #yiv3917479397 div.yiv3917479397file-title a:active, #yiv3917479397 div.yiv3917479397file-title a:hover, #yiv3917479397 div.yiv3917479397file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv3917479397 div.yiv3917479397photo-title a, #yiv3917479397 div.yiv3917479397photo-title a:active, #yiv3917479397 div.yiv3917479397photo-title a:hover, #yiv3917479397 div.yiv3917479397photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv3917479397 div#yiv3917479397ygrp-mlmsg #yiv3917479397ygrp-msg p a span.yiv3917479397yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv3917479397 .yiv3917479397green {color:#628c2a;}#yiv3917479397 .yiv3917479397MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv3917479397 o {font-size:0;}#yiv3917479397 #yiv3917479397photos div {float:left;width:72px;}#yiv3917479397 #yiv3917479397photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv3917479397 #yiv3917479397photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv3917479397 #yiv3917479397reco-category {font-size:77%;}#yiv3917479397 #yiv3917479397reco-desc {font-size:77%;}#yiv3917479397 .yiv3917479397replbq {margin:4px;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mlmsg select, #yiv3917479397 input, #yiv3917479397 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mlmsg pre, #yiv3917479397 code {font:115% monospace;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-mlmsg #yiv3917479397logo {padding-bottom:10px;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-msg p#yiv3917479397attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-reco #yiv3917479397reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-sponsor #yiv3917479397ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-sponsor #yiv3917479397ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-sponsor #yiv3917479397ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv3917479397 #yiv3917479397ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv3917479397

Tue May 10, 2016 10:07 pm (PDT) . Posted by:

"farud oke"

Assalamualaikum Master... Untuk pertanyaan yang kemarin sukses besar,trims sebelumnya..ini ada yg mau saya tanyakan
1. Bagaimana formula atau vba yg ingin menambahkan baris di sheet AUH (file terlampir ) agar bisa menambah baris secara otomatis sesuai dengan banyaknya siswa yang ada di sheet siswa.
mohon pencerahannya master...dan kalau bisa file hasilnya dikirim master biar bisa langsung nyontek hahaha
salam sukses master


Tue May 10, 2016 11:57 pm (PDT) . Posted by:

"Nang Agus"

Asalamualaikum farud,

sekedar memberi saran.
Sheet AUH merupakan shett untuk Report, tapi bisa juga digunakan untuk
sheet input data.
sebaiknya menggunakan satu sheet untuk sheet data. dan menggunakan sheet
lainnya untuk report. dapat menggunakan formula index matct atau
menggunakan pivot
jika ini dikerjakan maka kesulitan dikemudian hari sangat mudah
diselesaikan. namun apabila masih mau menggunakan file tersebut yang tidak
berkaidah data base(Ogah ah belajar lagi, tambah pekerjaan dan tidak ada
keuntungan buat saya) akan mengalami kesulitan dikemudian hari.

file lampiran sheet AUH merupakan report dari data. sebagai contoh dengan
sheet yang berkaidah data base dapat menjadi rujukan.
jika sheet AUH juga merupakan form input maka dibuatkan perintah untuk
menyalin (copy) dari sheet AUH yang sudah di isi ke sheet data.

btw: saya juga membuat file seperti ini data bukan hanya saya buat satu
sheet tetapi menggunakan file lain untuk menyimpan data. jika ada kerusakan
file (dengan banyak rumus dan VBA.) saya tinggal mengganti file yang rusak
tersebut dengan file baru tanpa khawatir datanya hilang. (dulu sebelum data
saya pisah, jika terjadi error file, data hilang semua saya banyak
dikomplain rekan-rekan kerja. padahal mereka sudah bekerja dengan banyak
lembur untuk mneguisi nilai 780 siswa)
Ahhhh, jangan diambil hati, ini hanya sekedar ngudarasa yang tidak
berpangkal dan berujung.
salam
NangAgus

2016-05-11 6:30 GMT+07:00 farud oke farud.oke@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamualaikum Master...
> Untuk pertanyaan yang kemarin sukses besar,trims sebelumnya..ini ada yg
> mau saya tanyakan
> 1. Bagaimana formula atau vba yg ingin menambahkan baris di sheet AUH
> (file terlampir ) agar bisa menambah baris secara otomatis sesuai dengan
> banyaknya siswa yang ada di sheet siswa.
> mohon pencerahannya master...dan kalau bisa file hasilnya dikirim master
> biar bisa langsung nyontek hahaha
> salam sukses master
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar