Jumat, 06 Oktober 2017

[belajar-excel] Digest Number 4316

15 Messages

Digest #4316
3a
fungsi Excel by "Pak Cik Lukman"
3b
Re: fungsi Excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3c
Re: fungsi Excel by "Pak Cik Lukman"
3d
Re: fungsi Excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3e
Re: fungsi Excel by "Pak Cik Lukman"
3f
Re: fungsi Excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3g
Mengaktifkan Ontime tanpa terputus by "Heru Safrudin" heru.safrudin
3h
Re: Mengaktifkan Ontime tanpa terputus by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Apakah file Ada? by "nangagus"
4b
Re: Apakah file Ada? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4c

Messages

Thu Oct 5, 2017 8:30 pm (PDT) . Posted by:

"amsar sar" moch_amsar

file terlampir:Mohon bantuan Admin dan kawan-kawansemua, saya mau bertanya bagaimana menampilkan source code di excel, dari datayang saya sajikan dalam tabel di lampiran, agar  :1.       dapatmenampilkan form seperti aplikasi yang dapat diproses mulai dari Input nomorurut, nama, input variabel(data 1, data2 data 3 dan data 4), besar persentasedan keterangan.
2.       Bagaimanadari dari yang sudah diiputkan menghasilkan 30 data seperti DATA INPUT TABEL Adengan dua bentuk:     a)     Data tampil sesuai dengan nama Abjad.     b)     Data otomatis dirangkingkan dari beserpersentase terbesar ke nilai terkecil serta diikuti dengan nilai keterangan.

3.       bagaimanaagar hasil dari bentuk form-form pada point 2 dapat dikeluarkan outputnya dalambentuk sebuah file excel baru? Yang isinya sudah terbentuk sebuah Tabel baruisinya sama dengan DATA INPUT TABEL A. Akan tetapi sudah dirankingkan.
4.       Sesuaidengan perintah no.3 akan tetapi nilai rekomendasi minimal bernilai 50 yang masuk dalamperangkingan, jika tidak 50 hasil rekomendasinya makadata tidak disertakan dalam perangkingan.
5.       Sesuaidengan perintah no.4 jika data dengan nilai 50 sudah masuk makan jikadiambil 10 besar perangkingan bagaimana menampilkan datanya? Sehingga outputfile baru berupa data yang sudah dirangkingkan dan dibatasi 10 rangking dengandata 50.
6.       bagaimanamelihat bentuk source code-nya dari desain form-form yang sudah dirancang? Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih!

Thu Oct 5, 2017 8:44 pm (PDT) . Posted by:

"Dede Sulaeman"

Ambooooo.....

Diobral Diobral Diobral

Beli satu dapat enam

Hehehehehe

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 06 Oktober 2017 10:30
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] cara menampilkan psudo code dan desain form input dan output data dengan excel (data ada dilampiran) [1 Attachment]

file terlampir:

Mohon bantuan Admin dan kawan-kawan semua, saya mau bertanya bagaimana menampilkan source code di excel, dari data yang saya sajikan dalam tabel di lampiran, agar :

1. dapat menampilkan form seperti aplikasi yang dapat diproses mulai dari Input nomor urut, nama, input variabel(data 1, data2 data 3 dan data 4), besar persentase dan keterangan.

2. Bagaimana dari dari yang sudah diiputkan menghasilkan 30 data seperti DATA INPUT TABEL A dengan dua bentuk:

a) Data tampil sesuai dengan nama Abjad.

b) Data otomatis dirangkingkan dari beser persentase terbesar ke nilai terkecil serta diikuti dengan nilai keterangan.

3. bagaimana agar hasil dari bentuk form-form pada point 2 dapat dikeluarkan outputnya dalam bentuk sebuah file excel baru? Yang isinya sudah terbentuk sebuah Tabel baru isinya sama dengan DATA INPUT TABEL A. Akan tetapi sudah dirankingkan.

4. Sesuai dengan perintah no.3 akan tetapi nilai rekomendasi minimal bernilai <file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.png> 50 yang masuk dalam perangkingan, jika tidak <file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.png> 50 hasil rekomendasinya maka data tidak disertakan dalam perangkingan.

5. Sesuai dengan perintah no.4 jika data dengan nilai <file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.png> 50 sudah masuk makan jika diambil 10 besar perangkingan bagaimana menampilkan datanya? Sehingga output file baru berupa data yang sudah dirangkingkan dan dibatasi 10 rangking dengan data <file:///C:\Users&#92;Acer&#92;AppData&#92;Local&#92;Temp&#92;msohtmlclip1&#92;01\clip_image002.png> 50.

6. bagaimana melihat bentuk source code-nya dari desain form-form yang sudah dirancang?

Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih!

Thu Oct 5, 2017 11:22 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Amsar,

Berapa anggaran dana untuk membuatnya ?

hehehe...
;)

gini...
1. Anda buat 3 sheet, yaitu :
a. Referensi
b. Data
c. Contoh sebuah output dari sekian ratus bentuk output yang diinginkan

2. Di sheet referensi, buat tabel-tabel referensi berikut : (pastikan antar
tabel referensi dipisah oleh minimal 1 atau 2 kolom kosong)
a. Daftar Nama
b. Referensi pengali data (minimal 2 kolom, kolom ke-1 berisi nama
kolom data [seperti data 1, data 2, dsb] dan kolom ke-2 adalah nilai
pengali [dalam persen])
c. Referensi kelompok nilai (minimal 3 kolom, yaitu batas bawah, batas
atas, nama kelompok [misal kualitatif baik sedang cukup dsb])

3. Di sheet data, buat tabel penyimpan data, bisa salah satu dari 2 model
berikut strukturnya :
Model 1 : berisi kolom Nama (kode nama lebih baik), jenis data (isinya
bunyi data 1, data 2, dsb), Nilai Data (nilai sesuai jenis data)
Model 2 : berisi kolom Nama (kode nama lebih baik), nilai data 1, nilai
data 2, dst
Semua tabel data mengikuti kaidah tabel database. Minimal, tidak ada
merge cells, tidak ada baris kosong, header 1 baris sajah di baris 1, tidak
ada kolom kosong
*** bila perlu, jadikan tabel data menjadi sebuah Excel Table, dan
boleh berisi formula (misal mau di tambah kolom persentase dengan formula),
*** kalau pakai Excel table, cukup 1 baris sajah record kosongnya
(karena belum ada data) [jangan diperluas area tabelnya]

4. di sheet contoh output, buat tabel output paling mudah sebagai contoh
pengambilan data. Coba susun dengan formula di sheet output tersebut.

5. Tentang area input oleh user :
a. Jika ingin input data secara batch (pakai copy paste banyak record
sekaligus), gunakan worksheet sebagai media input oleh user. Buat susunan
tabel inputnya seperti tabel data.
b. Jika ingin inputnya satu per satu record dengan user form, buat lah
bentuk userform yang Anda sukai lebih dulu
c. Jika inputnya satu per satu record dan mau pakai built in form,
langsung pakai tabel data saja

Kalau semua nomor 1 sampai 5 sudah punya, baru Anda bertanya seperti ini :

> 1. dapat menampilkan form seperti aplikasi yang dapat diproses
> mulai dari Input nomor urut, nama, input variabel(data 1, data2 data 3 dan
> data 4), besar persentase dan keterangan.
>
> 2. Bagaimana dari dari yang sudah diiputkan menghasilkan 30 data
> seperti DATA INPUT TABEL A dengan dua bentuk:
> a) Data tampil sesuai dengan nama Abjad.
> b) Data otomatis dirangkingkan dari beser persentase terbesar
> ke nilai terkecil serta diikuti dengan nilai keterangan.
>
> 3. bagaimana agar hasil dari bentuk form-form pada point 2 dapat
> dikeluarkan outputnya dalam bentuk sebuah file excel baru? Yang isinya
> sudah terbentuk sebuah Tabel baru isinya sama dengan DATA INPUT TABEL A.
> Akan tetapi sudah dirankingkan.
>
> 4. Sesuai dengan perintah no.3 akan tetapi nilai rekomendasi
> minimal bernilai 50 yang masuk dalam perangkingan, jika tidak 50 hasil
> rekomendasinya maka data tidak disertakan dalam perangkingan.
>
> 5. Sesuai dengan perintah no.4 jika data dengan nilai 50 sudah
> masuk makan jika diambil 10 besar perangkingan bagaimana menampilkan
> datanya? Sehingga output file baru berupa data yang sudah dirangkingkan dan
> dibatasi 10 rangking dengan data 50.
>
> 6. bagaimana melihat bentuk source code-nya dari desain form-form
> yang sudah dirancang?
>

Karena pertanyaan Anda di atas semuanya dibuat setelah Anda memiliki
pemahaman tentang cara menyusun data yang baik dan sesuai untuk pengolahan
data. Bukan dengan data yang masih bercampur bahwa tabel input langsung
jadi tempat mengolah data, tempat menyimpan data, dan juga sebagai output
yang indah buat user.

Ok... segitu dulu sajah ya...
met memulai...

Regards,
Kid

2017-10-06 10:30 GMT+07:00 amsar sar moch_amsar@yahoo.co.id [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> file terlampir:
> Mohon bantuan Admin dan kawan-kawan semua, saya mau bertanya bagaimana
> menampilkan source code di excel, dari data yang saya sajikan dalam tabel
> di lampiran, agar :
> 1. dapat menampilkan form seperti aplikasi yang dapat diproses
> mulai dari Input nomor urut, nama, input variabel(data 1, data2 data 3 dan
> data 4), besar persentase dan keterangan.
>
> 2. Bagaimana dari dari yang sudah diiputkan menghasilkan 30 data
> seperti DATA INPUT TABEL A dengan dua bentuk:
> a) Data tampil sesuai dengan nama Abjad.
> b) Data otomatis dirangkingkan dari beser persentase terbesar
> ke nilai terkecil serta diikuti dengan nilai keterangan.
>
> 3. bagaimana agar hasil dari bentuk form-form pada point 2 dapat
> dikeluarkan outputnya dalam bentuk sebuah file excel baru? Yang isinya
> sudah terbentuk sebuah Tabel baru isinya sama dengan DATA INPUT TABEL A.
> Akan tetapi sudah dirankingkan.
>
> 4. Sesuai dengan perintah no.3 akan tetapi nilai rekomendasi
> minimal bernilai 50 yang masuk dalam perangkingan, jika tidak 50 hasil
> rekomendasinya maka data tidak disertakan dalam perangkingan.
>
> 5. Sesuai dengan perintah no.4 jika data dengan nilai 50 sudah
> masuk makan jika diambil 10 besar perangkingan bagaimana menampilkan
> datanya? Sehingga output file baru berupa data yang sudah dirangkingkan dan
> dibatasi 10 rangking dengan data 50.
>
> 6. bagaimana melihat bentuk source code-nya dari desain form-form
> yang sudah dirancang?
>
> Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih!
>
>
>

Thu Oct 5, 2017 10:26 pm (PDT) . Posted by:

"Sony Ario"

Mungkin seperti ini ya ?
Maaf kalau belum sesuai.

Wassalam.

*gnl-excelinfo.blogspot.co.id <http://gnl-excelinfo.blogspot.co.id>*

2017-10-05 15:00 GMT+07:00 Nurul Widya Susanti nrlwdysusanti@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Yth. Master Excel
>
> Saya membuat aplikasi penjualan menggunakan excel, tapi saya kesulitan
> dalam menambahkan fitur pencarian data barang untuk lebih memudahkan
> penggunaannya. Oleh karena itu saya mohon bantuan dari para master semua
> dan bersama ini saya sertakan screenshot aplikasi mini market (fitur
> pencarian barang) sebagai contoh dan aplikasi excel yang sudah saya buat.
> Terima kasih.
>
>
>

Thu Oct 5, 2017 10:53 pm (PDT) . Posted by:

"Pak Cik Lukman"

Dear Master Excel

Salam Kenal, saya newbie digroup ini, tapi sudah lama saya mengikuti
diskusi dan saran, dan sample/contoh dari kasus2 excel dari moderator
terutama Mr Kid (salam hormat saya untuk bpk)

ada pertanyaan dari saya, saya sedang membuat format (form) yang
menggunakan excel dan menggunakan sheet dan fungsi/rumus excel dan ini
sangat berat memorinya. adakah cara lain untuk meminimaze memori shg kerja
excel lebih ringan?

salam,

Thu Oct 5, 2017 11:41 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Lukman,

Salam kenal juga.

hmmm...
1. Kurangi baris kosong berisi formula.
2. Manfaatkan object Excel Table supaya tidak repot-repot menyediakan
formula dibaris kosong sampai beribu-ribu baris
3. Hindari penggunaan fungsi seperti today, now, indirect, offset, rand,
randbetween di setiap baris atau pada banyak baris.
* jadi, kalau butuh today atau now, cukup di 1 cells saja, dan semua
formula merujuk ke cells tersebut (jangan semua baris formula ada bunyi
today atau now)
* kalau data tidak perlu dipantau perubahan per detiknya, jangan pakai
now, pakai today saja (ingat, letakkan di sebuah cells saja, misal di cells
antah berantah atau di sheet lain -> disebut sebuah cells bantu)
4. Pisahkan area data dengan output. Jadi, sheet data hidup sendiri. Sheets
output di sheets lain sesuai kebutuhan.
* output bisa disusun dengan formula atau fitur Excel seperti pivot
table
5. Manfaatkan fitur Excel seperti pivot table untuk pengolahan data menjadi
tabel sumber penyusun sebuah output. Jadi, bisa jadi ada 5 output yang
berbeda membutuhkan 5 layout pivot table yang berbeda, dari 1 (satu) pivot
cache (proses pembuatan pivot table hanya sekali saja), merujuk ke sumber
data pivot yang sama.
6. Susun tabel data yang ada di sheet data dengan kaidah tabel database
(ingat, sekadar mengikuti kaidah database dalam menyusun tabel data).
* misal, header hanya 1 baris sajah, tidak ada merge cells sama sekali,
tidak ada baris kosong, tidak ada kolom kosong, tidak ada cells kosong yang
berarti sama nilainya seperti baris sebelumnya)

Pada dasarnya, penyusunan tabel data yang baik akan membuat formula atau
fitu Excel Pivot Table mampu membantu secara optimum.

Selamat mencoba...

Regards,
Kid

2017-10-06 8:34 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Master Excel
>
> Salam Kenal, saya newbie digroup ini, tapi sudah lama saya mengikuti
> diskusi dan saran, dan sample/contoh dari kasus2 excel dari moderator
> terutama Mr Kid (salam hormat saya untuk bpk)
>
> ada pertanyaan dari saya, saya sedang membuat format (form) yang
> menggunakan excel dan menggunakan sheet dan fungsi/rumus excel dan ini
> sangat berat memorinya. adakah cara lain untuk meminimaze memori shg kerja
> excel lebih ringan?
>
> salam,
>
>
>
>

Fri Oct 6, 2017 12:09 am (PDT) . Posted by:

"Pak Cik Lukman"

salam kenal, dan terima kasih atas respon dan solusinya Masta Mr Kid,

untuk point : 1 dan 2 (Object table), apakah maksudnya saya memanfaatkan
VBA?? (wahhh pengetahuan saya msh sangat minim tentang VBA)... mungkin saya
hrs baca2 lagi diskusi2 tentang VBA dikasus2 sebelum2nya... atau bpk ada
referensi link atau ebook cara belajar VBA untuk pemula spt saya.
untuk point step 3 sd 6 akan saya terapkan di worksheet saya.

terima kasih

Pada 6 Oktober 2017 13.32, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Hai Lukman,
>
> Salam kenal juga.
>
> hmmm...
> 1. Kurangi baris kosong berisi formula.
> 2. Manfaatkan object Excel Table supaya tidak repot-repot menyediakan
> formula dibaris kosong sampai beribu-ribu baris
> 3. Hindari penggunaan fungsi seperti today, now, indirect, offset, rand,
> randbetween di setiap baris atau pada banyak baris.
> * jadi, kalau butuh today atau now, cukup di 1 cells saja, dan semua
> formula merujuk ke cells tersebut (jangan semua baris formula ada bunyi
> today atau now)
> * kalau data tidak perlu dipantau perubahan per detiknya, jangan pakai
> now, pakai today saja (ingat, letakkan di sebuah cells saja, misal di cells
> antah berantah atau di sheet lain -> disebut sebuah cells bantu)
> 4. Pisahkan area data dengan output. Jadi, sheet data hidup sendiri.
> Sheets output di sheets lain sesuai kebutuhan.
> * output bisa disusun dengan formula atau fitur Excel seperti pivot
> table
> 5. Manfaatkan fitur Excel seperti pivot table untuk pengolahan data
> menjadi tabel sumber penyusun sebuah output. Jadi, bisa jadi ada 5 output
> yang berbeda membutuhkan 5 layout pivot table yang berbeda, dari 1 (satu)
> pivot cache (proses pembuatan pivot table hanya sekali saja), merujuk ke
> sumber data pivot yang sama.
> 6. Susun tabel data yang ada di sheet data dengan kaidah tabel database
> (ingat, sekadar mengikuti kaidah database dalam menyusun tabel data).
> * misal, header hanya 1 baris sajah, tidak ada merge cells sama
> sekali, tidak ada baris kosong, tidak ada kolom kosong, tidak ada cells
> kosong yang berarti sama nilainya seperti baris sebelumnya)
>
> Pada dasarnya, penyusunan tabel data yang baik akan membuat formula atau
> fitu Excel Pivot Table mampu membantu secara optimum.
>
> Selamat mencoba...
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
> 2017-10-06 8:34 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dear Master Excel
>>
>> Salam Kenal, saya newbie digroup ini, tapi sudah lama saya mengikuti
>> diskusi dan saran, dan sample/contoh dari kasus2 excel dari moderator
>> terutama Mr Kid (salam hormat saya untuk bpk)
>>
>> ada pertanyaan dari saya, saya sedang membuat format (form) yang
>> menggunakan excel dan menggunakan sheet dan fungsi/rumus excel dan ini
>> sangat berat memorinya. adakah cara lain untuk meminimaze memori shg kerja
>> excel lebih ringan?
>>
>> salam,
>>
>>
>>
>
>

Fri Oct 6, 2017 12:17 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Excel Table, bukan VBA.

Coba langkah berikut :
1. Buat workbook baru
2. di sheet pertama yang ada,
a. tulis header di range a1 sampai c1 (3 kolom misalnya), berbunyi :
Nilai1, Nilai2, Perkalian
b. cells a2 diisi angka 1 dan di cells b2 diisi angka 10
c. buat formula di cells c2 berbunyi =a2*b2 (tekan Enter)
3. blok data tadi (termasuk header), jadi dari range A1 sampai C2
-> klik ribbon (menu) Home -> ke grup Styles -> klik Format as table ->
pilih salah satu styles yang ada
-> muncul dialog window -> centang opsi My Table has header -> tekan
tombol OK
4. sekarang, di cells A3, isi dengan angka 17 dan di B3 diisi angka 100
Tambah data sesukanya

Demikianlah Excel Table
Jadi, untuk urusan VBA, nanti sajah...
Dilanyahken dulu pemanfaatan fitur Excel yang basic
kalau sudah lanyah, baru deh mulai belajar otomasi.

Regards,
Kid

2017-10-06 13:56 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> salam kenal, dan terima kasih atas respon dan solusinya Masta Mr Kid,
>
> untuk point : 1 dan 2 (Object table), apakah maksudnya saya memanfaatkan
> VBA?? (wahhh pengetahuan saya msh sangat minim tentang VBA)... mungkin saya
> hrs baca2 lagi diskusi2 tentang VBA dikasus2 sebelum2nya... atau bpk ada
> referensi link atau ebook cara belajar VBA untuk pemula spt saya.
> untuk point step 3 sd 6 akan saya terapkan di worksheet saya.
>
> terima kasih
>
> Pada 6 Oktober 2017 13.32, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>>
>>
>> Hai Lukman,
>>
>> Salam kenal juga.
>>
>> hmmm...
>> 1. Kurangi baris kosong berisi formula.
>> 2. Manfaatkan object Excel Table supaya tidak repot-repot menyediakan
>> formula dibaris kosong sampai beribu-ribu baris
>> 3. Hindari penggunaan fungsi seperti today, now, indirect, offset, rand,
>> randbetween di setiap baris atau pada banyak baris.
>> * jadi, kalau butuh today atau now, cukup di 1 cells saja, dan semua
>> formula merujuk ke cells tersebut (jangan semua baris formula ada bunyi
>> today atau now)
>> * kalau data tidak perlu dipantau perubahan per detiknya, jangan
>> pakai now, pakai today saja (ingat, letakkan di sebuah cells saja, misal di
>> cells antah berantah atau di sheet lain -> disebut sebuah cells bantu)
>> 4. Pisahkan area data dengan output. Jadi, sheet data hidup sendiri.
>> Sheets output di sheets lain sesuai kebutuhan.
>> * output bisa disusun dengan formula atau fitur Excel seperti pivot
>> table
>> 5. Manfaatkan fitur Excel seperti pivot table untuk pengolahan data
>> menjadi tabel sumber penyusun sebuah output. Jadi, bisa jadi ada 5 output
>> yang berbeda membutuhkan 5 layout pivot table yang berbeda, dari 1 (satu)
>> pivot cache (proses pembuatan pivot table hanya sekali saja), merujuk ke
>> sumber data pivot yang sama.
>> 6. Susun tabel data yang ada di sheet data dengan kaidah tabel database
>> (ingat, sekadar mengikuti kaidah database dalam menyusun tabel data).
>> * misal, header hanya 1 baris sajah, tidak ada merge cells sama
>> sekali, tidak ada baris kosong, tidak ada kolom kosong, tidak ada cells
>> kosong yang berarti sama nilainya seperti baris sebelumnya)
>>
>> Pada dasarnya, penyusunan tabel data yang baik akan membuat formula atau
>> fitu Excel Pivot Table mampu membantu secara optimum.
>>
>> Selamat mencoba...
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2017-10-06 8:34 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Dear Master Excel
>>>
>>> Salam Kenal, saya newbie digroup ini, tapi sudah lama saya mengikuti
>>> diskusi dan saran, dan sample/contoh dari kasus2 excel dari moderator
>>> terutama Mr Kid (salam hormat saya untuk bpk)
>>>
>>> ada pertanyaan dari saya, saya sedang membuat format (form) yang
>>> menggunakan excel dan menggunakan sheet dan fungsi/rumus excel dan ini
>>> sangat berat memorinya. adakah cara lain untuk meminimaze memori shg kerja
>>> excel lebih ringan?
>>>
>>> salam,
>>>
>>>
>>>
>>
>
>

Fri Oct 6, 2017 12:38 am (PDT) . Posted by:

"Pak Cik Lukman"

oke pak,

sudah saya coba... and it works!
terima kasih atas pembelajaran dasar table objek excel-nya

salam,

Pada 6 Oktober 2017 14.16, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Excel Table, bukan VBA.
>
> Coba langkah berikut :
> 1. Buat workbook baru
> 2. di sheet pertama yang ada,
> a. tulis header di range a1 sampai c1 (3 kolom misalnya), berbunyi :
> Nilai1, Nilai2, Perkalian
> b. cells a2 diisi angka 1 dan di cells b2 diisi angka 10
> c. buat formula di cells c2 berbunyi =a2*b2 (tekan Enter)
> 3. blok data tadi (termasuk header), jadi dari range A1 sampai C2
> -> klik ribbon (menu) Home -> ke grup Styles -> klik Format as table
> -> pilih salah satu styles yang ada
> -> muncul dialog window -> centang opsi My Table has header -> tekan
> tombol OK
> 4. sekarang, di cells A3, isi dengan angka 17 dan di B3 diisi angka 100
> Tambah data sesukanya
>
> Demikianlah Excel Table
> Jadi, untuk urusan VBA, nanti sajah...
> Dilanyahken dulu pemanfaatan fitur Excel yang basic
> kalau sudah lanyah, baru deh mulai belajar otomasi.
>
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
> 2017-10-06 13:56 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> salam kenal, dan terima kasih atas respon dan solusinya Masta Mr Kid,
>>
>> untuk point : 1 dan 2 (Object table), apakah maksudnya saya memanfaatkan
>> VBA?? (wahhh pengetahuan saya msh sangat minim tentang VBA)... mungkin saya
>> hrs baca2 lagi diskusi2 tentang VBA dikasus2 sebelum2nya... atau bpk ada
>> referensi link atau ebook cara belajar VBA untuk pemula spt saya.
>> untuk point step 3 sd 6 akan saya terapkan di worksheet saya.
>>
>> terima kasih
>>
>> Pada 6 Oktober 2017 13.32, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>
>>>
>>>
>>> Hai Lukman,
>>>
>>> Salam kenal juga.
>>>
>>> hmmm...
>>> 1. Kurangi baris kosong berisi formula.
>>> 2. Manfaatkan object Excel Table supaya tidak repot-repot menyediakan
>>> formula dibaris kosong sampai beribu-ribu baris
>>> 3. Hindari penggunaan fungsi seperti today, now, indirect, offset, rand,
>>> randbetween di setiap baris atau pada banyak baris.
>>> * jadi, kalau butuh today atau now, cukup di 1 cells saja, dan semua
>>> formula merujuk ke cells tersebut (jangan semua baris formula ada bunyi
>>> today atau now)
>>> * kalau data tidak perlu dipantau perubahan per detiknya, jangan
>>> pakai now, pakai today saja (ingat, letakkan di sebuah cells saja, misal di
>>> cells antah berantah atau di sheet lain -> disebut sebuah cells bantu)
>>> 4. Pisahkan area data dengan output. Jadi, sheet data hidup sendiri.
>>> Sheets output di sheets lain sesuai kebutuhan.
>>> * output bisa disusun dengan formula atau fitur Excel seperti pivot
>>> table
>>> 5. Manfaatkan fitur Excel seperti pivot table untuk pengolahan data
>>> menjadi tabel sumber penyusun sebuah output. Jadi, bisa jadi ada 5 output
>>> yang berbeda membutuhkan 5 layout pivot table yang berbeda, dari 1 (satu)
>>> pivot cache (proses pembuatan pivot table hanya sekali saja), merujuk ke
>>> sumber data pivot yang sama.
>>> 6. Susun tabel data yang ada di sheet data dengan kaidah tabel database
>>> (ingat, sekadar mengikuti kaidah database dalam menyusun tabel data).
>>> * misal, header hanya 1 baris sajah, tidak ada merge cells sama
>>> sekali, tidak ada baris kosong, tidak ada kolom kosong, tidak ada cells
>>> kosong yang berarti sama nilainya seperti baris sebelumnya)
>>>
>>> Pada dasarnya, penyusunan tabel data yang baik akan membuat formula atau
>>> fitu Excel Pivot Table mampu membantu secara optimum.
>>>
>>> Selamat mencoba...
>>>
>>> Regards,
>>> Kid
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2017-10-06 8:34 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Dear Master Excel
>>>>
>>>> Salam Kenal, saya newbie digroup ini, tapi sudah lama saya mengikuti
>>>> diskusi dan saran, dan sample/contoh dari kasus2 excel dari moderator
>>>> terutama Mr Kid (salam hormat saya untuk bpk)
>>>>
>>>> ada pertanyaan dari saya, saya sedang membuat format (form) yang
>>>> menggunakan excel dan menggunakan sheet dan fungsi/rumus excel dan ini
>>>> sangat berat memorinya. adakah cara lain untuk meminimaze memori shg kerja
>>>> excel lebih ringan?
>>>>
>>>> salam,
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Fri Oct 6, 2017 1:17 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

sip

Jadi, tidak perlu menyediakan banyak baris berisi formula di tempat user
melakukan input ya.

2017-10-06 14:25 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> oke pak,
>
> sudah saya coba... and it works!
> terima kasih atas pembelajaran dasar table objek excel-nya
>
> salam,
>
>
> Pada 6 Oktober 2017 14.16, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>>
>>
>> Excel Table, bukan VBA.
>>
>> Coba langkah berikut :
>> 1. Buat workbook baru
>> 2. di sheet pertama yang ada,
>> a. tulis header di range a1 sampai c1 (3 kolom misalnya), berbunyi :
>> Nilai1, Nilai2, Perkalian
>> b. cells a2 diisi angka 1 dan di cells b2 diisi angka 10
>> c. buat formula di cells c2 berbunyi =a2*b2 (tekan Enter)
>> 3. blok data tadi (termasuk header), jadi dari range A1 sampai C2
>> -> klik ribbon (menu) Home -> ke grup Styles -> klik Format as table
>> -> pilih salah satu styles yang ada
>> -> muncul dialog window -> centang opsi My Table has header -> tekan
>> tombol OK
>> 4. sekarang, di cells A3, isi dengan angka 17 dan di B3 diisi angka 100
>> Tambah data sesukanya
>>
>> Demikianlah Excel Table
>> Jadi, untuk urusan VBA, nanti sajah...
>> Dilanyahken dulu pemanfaatan fitur Excel yang basic
>> kalau sudah lanyah, baru deh mulai belajar otomasi.
>>
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2017-10-06 13:56 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> salam kenal, dan terima kasih atas respon dan solusinya Masta Mr Kid,
>>>
>>> untuk point : 1 dan 2 (Object table), apakah maksudnya saya memanfaatkan
>>> VBA?? (wahhh pengetahuan saya msh sangat minim tentang VBA)... mungkin saya
>>> hrs baca2 lagi diskusi2 tentang VBA dikasus2 sebelum2nya... atau bpk ada
>>> referensi link atau ebook cara belajar VBA untuk pemula spt saya.
>>> untuk point step 3 sd 6 akan saya terapkan di worksheet saya.
>>>
>>> terima kasih
>>>
>>> Pada 6 Oktober 2017 13.32, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Hai Lukman,
>>>>
>>>> Salam kenal juga.
>>>>
>>>> hmmm...
>>>> 1. Kurangi baris kosong berisi formula.
>>>> 2. Manfaatkan object Excel Table supaya tidak repot-repot menyediakan
>>>> formula dibaris kosong sampai beribu-ribu baris
>>>> 3. Hindari penggunaan fungsi seperti today, now, indirect, offset,
>>>> rand, randbetween di setiap baris atau pada banyak baris.
>>>> * jadi, kalau butuh today atau now, cukup di 1 cells saja, dan
>>>> semua formula merujuk ke cells tersebut (jangan semua baris formula ada
>>>> bunyi today atau now)
>>>> * kalau data tidak perlu dipantau perubahan per detiknya, jangan
>>>> pakai now, pakai today saja (ingat, letakkan di sebuah cells saja, misal di
>>>> cells antah berantah atau di sheet lain -> disebut sebuah cells bantu)
>>>> 4. Pisahkan area data dengan output. Jadi, sheet data hidup sendiri.
>>>> Sheets output di sheets lain sesuai kebutuhan.
>>>> * output bisa disusun dengan formula atau fitur Excel seperti pivot
>>>> table
>>>> 5. Manfaatkan fitur Excel seperti pivot table untuk pengolahan data
>>>> menjadi tabel sumber penyusun sebuah output. Jadi, bisa jadi ada 5 output
>>>> yang berbeda membutuhkan 5 layout pivot table yang berbeda, dari 1 (satu)
>>>> pivot cache (proses pembuatan pivot table hanya sekali saja), merujuk ke
>>>> sumber data pivot yang sama.
>>>> 6. Susun tabel data yang ada di sheet data dengan kaidah tabel database
>>>> (ingat, sekadar mengikuti kaidah database dalam menyusun tabel data).
>>>> * misal, header hanya 1 baris sajah, tidak ada merge cells sama
>>>> sekali, tidak ada baris kosong, tidak ada kolom kosong, tidak ada cells
>>>> kosong yang berarti sama nilainya seperti baris sebelumnya)
>>>>
>>>> Pada dasarnya, penyusunan tabel data yang baik akan membuat formula
>>>> atau fitu Excel Pivot Table mampu membantu secara optimum.
>>>>
>>>> Selamat mencoba...
>>>>
>>>> Regards,
>>>> Kid
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> 2017-10-06 8:34 GMT+07:00 Pak Cik Lukman pakciklukman@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Dear Master Excel
>>>>>
>>>>> Salam Kenal, saya newbie digroup ini, tapi sudah lama saya mengikuti
>>>>> diskusi dan saran, dan sample/contoh dari kasus2 excel dari moderator
>>>>> terutama Mr Kid (salam hormat saya untuk bpk)
>>>>>
>>>>> ada pertanyaan dari saya, saya sedang membuat format (form) yang
>>>>> menggunakan excel dan menggunakan sheet dan fungsi/rumus excel dan ini
>>>>> sangat berat memorinya. adakah cara lain untuk meminimaze memori shg kerja
>>>>> excel lebih ringan?
>>>>>
>>>>> salam,
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>

Fri Oct 6, 2017 2:40 am (PDT) . Posted by:

"Heru Safrudin" heru.safrudin

Dear Be-Exceller,

Mohon bantuannya bagaimana caranya supaya fungsi ontime seperti contoh dibawah bisa berjalan sesuai printah yaitu setiap 15 detik terus menerus mengecek apakah ada perintah yang harus dijalankan. Dan tidak berhenti meskipun komputer sibuk dan juga menjalankan macro/prosedur lain.

Sub LookOut

Jika perintah sesuai JALANKAN_PROSEDUR_LAIN

Application.OnTime Now + TimeValue("00:00:15"), "LookOut"

End Sub

Sedangkan yang saya alami sekarang prosedur diatas sering terputus meskipun excel tidak ditutup.

Mohon bantuannya

Terima kasih

Hormat kami

Heru Safrudin

Fri Oct 6, 2017 2:49 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heru,

sudah dicoba untuk dibalik posisinya ? On time dulu baru baris perintah
lainnya.

Regards
Kid

2017-10-06 16:12 GMT+07:00 'Heru Safrudin'
fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Be-Exceller,
>
>
>
> Mohon bantuannya bagaimana caranya supaya fungsi ontime seperti contoh
> dibawah bisa berjalan sesuai printah yaitu setiap 15 detik terus menerus
> mengecek apakah ada perintah yang harus dijalankan. Dan tidak berhenti
> meskipun komputer sibuk dan juga menjalankan macro/prosedur lain.
>
> Sub LookOut
>
> Jika perintah sesuai JALANKAN_PROSEDUR_LAIN
>
> Application.*OnTime* Now + TimeValue("00:00:15"), "LookOut"
>
> End Sub
>
>
>
> Sedangkan yang saya alami sekarang prosedur diatas sering terputus
> meskipun excel tidak ditutup.
>
>
>
> Mohon bantuannya
>
> Terima kasih
>
>
>
> Hormat kami
>
> Heru Safrudin
>
>
>

Fri Oct 6, 2017 7:56 am (PDT) . Posted by:

"nangagus"

Aslamualaikum warahmatullah,

Kepada seluruh anggota milis Belajar Excel,

saya membuat macro sederhana untuk mengecek apakah file excel sudah ada
apa belum?

menggunakan cekrip sebagai berikut:

Sub apaAna()
Dim nm As String
nm = ActiveWorkbook.Path & "\" & Range("A1")
If Dir(nm) <> "" Then
MsgBox "Ada"
Else
MsgBox "Tidak ada"
End If
End Sub

ternyata hasilnya selalu tidak ada, meskipun file tersebut ada.
bagaimana perbaikan cekrip tersebut?

Terima kasih

wasalamualaikum warahmatullah  wabarakatuh

GoeZ

Fri Oct 6, 2017 9:59 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

mas Nang,

Coba dilengkapi object-nya.
Dari pada pakai Range("a1"),
pakailah activeworkbook.sheets("namanya").range("a1").value misalnya
sesuaikan activeworkbook dengan object workbook tempat si nama file berada
sesuaikan nama worksheet-nya dengan worksheet tempat si nama file berada
gabungan activeworkbook.path dengan nama file beneran ada

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2017-10-06 21:00 GMT+07:00 nangagus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Aslamualaikum warahmatullah,
>
> Kepada seluruh anggota milis Belajar Excel,
>
> saya membuat macro sederhana untuk mengecek apakah file excel sudah ada
> apa belum?
>
> menggunakan cekrip sebagai berikut:
>
> Sub apaAna()
> Dim nm As String
> nm = ActiveWorkbook.Path & "\" & Range("A1")
> If Dir(nm) <> "" Then
> MsgBox "Ada"
> Else
> MsgBox "Tidak ada"
> End If
> End Sub
>
> ternyata hasilnya selalu tidak ada, meskipun file tersebut ada.
> bagaimana perbaikan cekrip tersebut?
>
> Terima kasih
>
> wasalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
>
> GoeZ
>
>
>

Fri Oct 6, 2017 3:37 pm (PDT) . Posted by:

"nangagus"

Asalamualaikum warahmatullah.

Mas Kid,

saya masih belum bisa melengkapi objectnya.

Hasilnya selalu tidak ada, padahal kalau saya tambahkan workbooks.open,
file mau terbuka ini berarti filenya ada. mungkinkah installan komputer
saya yang bermasalah? mohon solusinya, terima kasih

Sub apaAna()
Dim nm As String
Dim pat As String
Dim jen As String
nm = ActiveWorkbook.Sheets("sheet1").Range("A1").Value
pat = ActiveWorkbook.Path
jen = pat & "\" & nm
If Dir(jen) <> "" Then
MsgBox "Ada"
Else
MsgBox "Tidak ada"
End If
Workbooks.Open jen
End Sub

Wasalamualaikum warahmatullah

Kenang Agus

On 06/10/2017 22:15, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> mas Nang,
>
> Coba dilengkapi object-nya.
> Dari pada pakai Range("a1"),
> pakailah activeworkbook.sheets("namanya").range("a1").value misalnya
> sesuaikan activeworkbook dengan object workbook tempat si nama file berada
> sesuaikan nama worksheet-nya dengan worksheet tempat si nama file berada
> gabungan activeworkbook.path dengan nama file beneran ada
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
>
>
>
> 2017-10-06 21:00 GMT+07:00 nangagus nangagus@gmail.com
> <mailto:nangagus@gmail.com> [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>
> Aslamualaikum warahmatullah,
>
> Kepada seluruh anggota milis Belajar Excel,
>
> saya membuat macro sederhana untuk mengecek apakah file excel
> sudah ada
> apa belum?
>
> menggunakan cekrip sebagai berikut:
>
> Sub apaAna()
> Dim nm As String
> nm = ActiveWorkbook.Path & "\" & Range("A1")
> If Dir(nm) <> "" Then
> MsgBox "Ada"
> Else
> MsgBox "Tidak ada"
> End If
> End Sub
>
> ternyata hasilnya selalu tidak ada, meskipun file tersebut ada.
> bagaimana perbaikan cekrip tersebut?
>
> Terima kasih
>
> wasalamualaikum warahmatullah  wabarakatuh
>
> GoeZ
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar