Rabu, 25 Oktober 2017

[belajar-excel] Digest Number 4336

3 Messages

Digest #4336

Messages

Wed Oct 25, 2017 3:01 am (PDT) . Posted by:

"Susilo Pratama" pratama_susilo

untuk KI3 dan KI 4 itu ada kd, jadi setiap tema itu ada sub tema total semua tema , dalam sub tema setiap mapel berbeda beda kode kdnya jadi, paling banyak kelas 4 ada  5 tema ,dan di setiap tema nanti dipisah pisah lagi jadi 1 sheet berisi 1 tema yg isinya ada 4 sub tema jadi  cellnya sudah panjang, nah nilai dari sub tema nanti dimasukan jadi satu nilai tema 1 , jadi kalau hanya 8 sheet tidak cukup juga karena nanti ada sheet untuk  nilai analisi juga dan  sheet yg tidak ikut dalam tema seperti mapel pai, bahasa arab, akhidah akhlak , mulok dll punya saya sih hanya 1.5 mb saja karena saya sudh buat simpel./,., nah yg jadi masalah saya tinggal copy scrip  vba nya yg sampel di sheet saya tapi hasilnya masih #value itu kesalahan dimana yah bisa dibantu ?


Pada Selasa, 24 Oktober 2017 14:46, "Susilo Pratama pratama_susilo@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  boleh saya kirim file aplikasi saya ,ukuranya kurang lebih 4 mb karen sudah ada sekitar 45 sheet  dan macro macro buat contoh saja 

Pada Selasa, 24 Oktober 2017 13:22, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Tinggal di link ke raport ?
Kenapa deskripsi tidak dibuat di raport saja ?
Kan jadi lebih mudah. Kalau deskripsi sudah dipaksakan dibuat di tabel data, jadi tidak efisien, karena kalimat deskripsi itu bukan data tapi suatu report. Report kok diletakkan di sheet data to..

atau.. oh, ada banyak sheet raport sebanyak jumlah siswa ya... dan di raport itu tidak menampilkan nilai-nilainya lagi, tapi hanya satu kalimat desripsi saja...
hmmm... beneran gak mudeng saya ini...

imho,Biarkan saja daftar nilai tanpa deskripsi.Di sheet raport lah tempat dilakukan proses penyusunan deskripsi.Toh printout raportnya nanti satu per satu nama murid bukan ?

Guru yang input nilai pun gak akan peduli dengan bunyi deskripsi di tabel data. Yang dibutuhkan si guru cuma memastikan nilai-nilai sudah masuk di tabel data.Setelah itu si guru mulai menyusun raport di sheet lain, satu per satu untuk setiap muridnya si guru.
Proses menyusun raport di sheet lain ini yang kemudian dibantu dengan menyusunkan deskripsi.Jadi, beban Excel jadi lebih rendah, proses lebih efisien, dan mudah dikembangkan suatu saat nanti.
Setahu saya, tidak ada record transaksi perusahaan yang perlu di cetak kuitansi dengan bunyi terbilang, sudah menyimpan hasil deskripsi terbilang dalam datanya.Yang ada itu, semua data TANPA deskripsi terbilang, ada di suatu sheet data terpisah.
Lalu ada sheet lain bernama FORM CETAK KUITANSI yang isinya mengambil nilai data dari sheet data,
lalu di sheet form cetak kuitansi tersebut, dengan nilai data yang sudah diambil tersebut, dilakukan penyusunan deskripsi terbilang.Kalau pakai UDF terbilang, maka UDF terbilang dipakai di sheet FORM CETAK KUITANSI tok til, bukan malah di sheet data.

btw, it's just my 2cents

---------
untuk UDF yang akan Anda pakai tersebut, hilangkan saja rujukan ke sheet tertentu, agar merujuk ke sheet yang sama dengan lokasi sheet yang pakai UDF.

Regards,Kid

2017-10-24 12:27 GMT+07:00 Susilo Pratama pratama_susilo@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  1. iya pak , nanti hasil deskripsi tinggal di link ke rapot2. kalau no dan nama masuknya ananda , nama,baru nilai3. iya pak,saya pengin scrip deskripsi ini bisa di pakai d semua sheet   jika saya copykan scrip udf deskripsi ini ke sheet lain apakah saya cukup merubah nama sheet misal di contohkan nama sheet 1, jika saya copy di sheet saya yg misal sheet 35 saya cukup rubah itu saja atau ada coding lain yg di ganti tks? maaf banyak tanya heee
Function DeskripsiNile(Nama As String, N1 As Integer, N2 As Integer, N3 As Integer, Optional N4 As Integer, Optional N5 As Integer, Optional n6 As Integer, Optional N7 As Integer, Optional N8 As Integer, Optional N9 As Integer, Optional N10 As Integer, Optional N11 As Integer, Optional N12 As Integer) As String 'deskripsi nilai pengetahuanDim nil(12)   ' nilaiDim ko(12)    ' kodeDim kd(12)    'nama aspekDim j(12)Dim mi As IntegerDim ma As IntegerDim maa As DoubleDim mii As DoubleDim o As IntegerDim jen As StringDim has As StringDim rg As StringDim ba As IntegerDim en As Integernil(1) = N1nil(2) = N2nil(3) = N3nil(4) = N4nil(5) = N5nil(6) = n6nil(7) = N7nil(8) = N8nil(9) = N9nil(10) = N10nil(11) = N11nil(12) = N12
For o = 1 To 12If nil(o) > 0 Then en = oNext o    For o = 1 To en    kd(o) = Sheets("Sheet1").Cells(6, 23 + o) & ", "   Next ojen = ""    If N1 = 0 Or N2 = 0 Or N3 = 0 Then Exit Functionhas = "Ananda " & Nama & " baik dalam KD "  maa = Application.Max(N1, N2, N3, N4, N5, n6, N7, N8, N9, N10, N11, N12)  mii = Application.Min(N1, N2, N3, N4, N5, n6, N7, N8, N9, N10, N11, N12)    For o = 1 To en    ko(o) = 0    If nil(o) = maa Then ma = o    If nil(o) = mii Then mi = o   Next o'MsgBox mi
 jen = has & kd(ma)
 jen = jen & " perlu pendampingan dalam KD " & kd(mi)DeskripsiNile = jenEnd Function
Function DeskripsiNilai(Nama As String, N1 As Double, N2 As Double, N3 As Double, Optional N4 As Double, Optional N5 As Double, Optional n6 As Double) As String 'deskripsi nilai pengetahuanDim nil(6)   ' nilaiDim ko(6)    ' kodeDim kd(6)    'nama aspekDim j(6)Dim mi As IntegerDim ma As IntegerDim maa As DoubleDim mii As DoubleDim o As IntegerDim jen As StringDim has As StringDim rg As StringDim ba As IntegerDim en As Integernil(1) = N1nil(2) = N2nil(3) = N3nil(4) = N4nil(5) = N5nil(6) = n6
    For o = 1 To 6    kd(o) = Sheets("Sheet1").Cells(6, 13 + o) & ", "   Next ojen = ""    If N1 = 0 Or N2 = 0 Or N3 = 0 Then Exit Functionhas = "Ananda " & Nama & " baik dalam KD "  maa = Application.Max(N1, N2, N3, N4, N5, n6)  mii = Application.Min(N1, N2, N3, N4, N5, n6)    For o = 1 To 6    ko(o) = 0    If nil(o) = maa Then ma = o    If nil(o) = mii Then mi = o   Next o'MsgBox mi
 jen = has & kd(ma)
 jen = jen & " perlu pendampingan dalam KD " & kd(mi)DeskripsiNilai = jenEnd Function


Pada Selasa, 24 Oktober 2017 12:14, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com > menulis:


  Oh begitu...

Sebegitu pentingnya si deskripsi langsung ada di sheet tersebut dan bukan di hasil akhir saat mau print saja ?Kalau sheet daftar nama dan nilai itu tidak pakai kolom deskripsi kenapa to ?
Bukankah UDF terbilang pun biasanya digunakan dihasil akhir untuk menulis laporan yang akan di-print saja.

On Tue, Oct 24, 2017 at 7:10 AM, Susilo Pratama pratama_susilo@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:

  iya pak, jadi nanti fungsi sheet cek nilai itu untuk menjumlahkan nilai agar menjadi nilai rapot, Nilai  harian setiap kd dari ,masing masing mapel pertema semdiri sendiri, nilai pts(penilaian tengah semster), dan nilai pat ( penilaian akhir semster) di jumlahkan dengan rumus 2x nh + pts + pat, nah nantinya  nilai  hasil dari itu menjadi nilai per kd yg sudah di tambah dengan nilai pat dan pas , setiap kd ada deskripsinya jadi nanti yg muncul adalah nilai akhir diambil dari rata-rata kd tsb dan deskripsi  yg muncul diambil dari kd terendah dan tetinggi saja. seperti yg saya contohkan pak itu untuk penilai pengetahuan atau KI3 kalau KI 4 itu tanpa nilai pat dan pas, nah kalau bisa saya dibuatkan add in contoh kaya rumus terbilang tks sebelumnya

Pada Senin, 23 Oktober 2017 12:00, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com > menulis:


  Deskripsi juga diperiksa sudah masuk atau belum?

Sent from my smart enough phone
On Oct 23, 2017, at 09:43, Susilo Pratama pratama_susilo@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:

  untuk mempermudah pengecekan  nilai tiap kd setiap siswa saja pak , jika langsung dimasukan hasil kahir atau nilai rapot nanti bapak.ibu guru yang input nilai tidak bisa mengetahui sudah masuk apa belum. karena masing masing guru sdm berbeda beda jadi saya buatkan yang mudah dipahami .

Pada Jumat, 20 Oktober 2017 19:12, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com > menulis:


  Hai Susilo,

Boleh tahu kenapa kok deskripsi dibuat langsung disebuah kolom untuk setiap siswa ?
Apakah kebutuhannya akan memeriksa nilai sampai deskripsi setiap siswa oleh supervisornya ?
Ataukah maksudnya untuk mempermudah saat akan dicetak sebagai laporan per siswa ?

Regards,
Kid

On Fri, Oct 20, 2017 at 4:12 PM, Susilo Pratama pratama_susilo@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:

 
Maaf pak untuk yang KI 4 belum ada rumusnya apa yah saya coba belum bisa

Pada Kamis, 19 Oktober 2017 21:15, "nangagus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com > menulis:


 
On 19/10/2017 11:56, Susilo Pratama pratama_susilo@yahoo.com [belajar-excel] wrote:

  ini pak, sya kirimkan  contoh 1 mapel   semua nya makimal  paling banyak ada 12 kd ,,kalu bisa saya di buatkan add in pak  dan juga cara memindakaan scrip UDF ke VBA yang  ada di seet saya tks 

Pada Kamis, 19 Oktober 2017 11:39, "nangagus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups. com> menulis:


  Dear Susilo, COba kirim ulang filenya. Ingat peraturan milis: FIle tidak boleh lebih dari 250KB. Salam
On 19/10/2017 07:29, Susilo Pratama pratama_susilo@yahoo.com [belajar-excel] wrote:

  Assalamualikum  para master disini saya ingin ada kesulitan lagi, stelah kemarin saya di kasih contoh skrip vba udf dan mavcro  tentang deskripsi kemudian saya coba masukan scrip pada aplilkasi saya namun belum bisa berjalan saya belum tau apa masalahnya , disini saya kirmkan aplikasi saya untuk penilaian k13 yang saya buat , saya mohon untuk di isikan scrip deskripsi pada cek nilai, dimana nilai yang muncul pada deskripsi hanya nilai tertinggi dan terendah saja , rentang nilai  kurang 55  berarati D perlu pendampingan, 56-70 berarti C, 71-80 B 81-100 A, Jika berkenan para master bisa membuatkan add in untuk di masukan permanen jadi bisa di pakai di semua sheet terima kasih. Wassalamualikum 





<image.png>


#yiv1921799422 #yiv1921799422 -- #yiv1921799422ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mkp #yiv1921799422hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mkp #yiv1921799422ads {margin-bottom:10px;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mkp .yiv1921799422ad {padding:0 0;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mkp .yiv1921799422ad p {margin:0;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mkp .yiv1921799422ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-sponsor #yiv1921799422ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-sponsor #yiv1921799422ygrp-lc #yiv1921799422hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-sponsor #yiv1921799422ygrp-lc .yiv1921799422ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv1921799422 #yiv1921799422actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv1921799422 #yiv1921799422activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv1921799422 #yiv1921799422activity span {font-weight:700;}#yiv1921799422 #yiv1921799422activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv1921799422 #yiv1921799422activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv1921799422 #yiv1921799422activity span span {color:#ff7900;}#yiv1921799422 #yiv1921799422activity span .yiv1921799422underline {text-decoration:underline;}#yiv1921799422 .yiv1921799422attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv1921799422 .yiv1921799422attach div a {text-decoration:none;}#yiv1921799422 .yiv1921799422attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv1921799422 .yiv1921799422attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv1921799422 .yiv1921799422attach label a {text-decoration:none;}#yiv1921799422 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv1921799422 .yiv1921799422bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv1921799422 .yiv1921799422bold a {text-decoration:none;}#yiv1921799422 dd.yiv1921799422last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv1921799422 dd.yiv1921799422last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv1921799422 dd.yiv1921799422last p span.yiv1921799422yshortcuts {margin-right:0;}#yiv1921799422 div.yiv1921799422attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv1921799422 div.yiv1921799422attach-table {width:400px;}#yiv1921799422 div.yiv1921799422file-title a, #yiv1921799422 div.yiv1921799422file-title a:active, #yiv1921799422 div.yiv1921799422file-title a:hover, #yiv1921799422 div.yiv1921799422file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv1921799422 div.yiv1921799422photo-title a, #yiv1921799422 div.yiv1921799422photo-title a:active, #yiv1921799422 div.yiv1921799422photo-title a:hover, #yiv1921799422 div.yiv1921799422photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv1921799422 div#yiv1921799422ygrp-mlmsg #yiv1921799422ygrp-msg p a span.yiv1921799422yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv1921799422 .yiv1921799422green {color:#628c2a;}#yiv1921799422 .yiv1921799422MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv1921799422 o {font-size:0;}#yiv1921799422 #yiv1921799422photos div {float:left;width:72px;}#yiv1921799422 #yiv1921799422photos div div {border:1px solid #666666;min-height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv1921799422 #yiv1921799422photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv1921799422 #yiv1921799422reco-category {font-size:77%;}#yiv1921799422 #yiv1921799422reco-desc {font-size:77%;}#yiv1921799422 .yiv1921799422replbq {margin:4px;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mlmsg select, #yiv1921799422 input, #yiv1921799422 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mlmsg pre, #yiv1921799422 code {font:115% monospace;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-mlmsg #yiv1921799422logo {padding-bottom:10px;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-msg p#yiv1921799422attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-reco #yiv1921799422reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-sponsor #yiv1921799422ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-sponsor #yiv1921799422ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-sponsor #yiv1921799422ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv1921799422 #yiv1921799422ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv1921799422

Wed Oct 25, 2017 3:01 am (PDT) . Posted by:

"Odhy" odhyz83_assasaky

Dear Master,saya masih punya kendala terkait message box, karena yang saya buat saat terdapat 2 kondisi akan muncul tidak beraturan dan selalu saat muncul, munculnya 2 kali.

yang kedua, membuat message box dengan 2 kondisi YES/NO, apabila pilih NO maka akan menghapus text box.

penjelasan lebih rinci pada lampiran.....

Atas bantuannya para master saya ucapkan banyak terima kasih.

Salam,

Odhy

On ‎Friday‎, ‎October‎ ‎13‎, ‎2017‎ ‎07‎:‎45‎:‎35‎ ‎PM, nangagus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 


coba disempurnakan yang ada pada lampiran

salam

NangAgus

On 11/10/2017 21:54, Odhy odhyz83_assasaky@yahoo.com [belajar-excel] wrote:

 
Dear Mr. Kid & Mr. Agus,
Untuk problem listboxnya sudah clear.
Sekarang saya ingin menambahkan message box untuk mencegah user salah input :
1. Message box untuk mencegah user salah input Jam.
2. Message box untuk hasil jam loading tidak sesuai dengan kriteria.
(penjelasan lebih rinci pada lampiran.

atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.
Odhy.



On ‎Wednesday‎, ‎October‎ ‎11‎, ‎2017‎ ‎09‎:‎44‎:‎54‎ ‎PM, Odhy <odhyz83_assasaky@yahoo.com> wrote:

Dear Mr. Kid & Mr. Agus, Untuk problem listboxnya sudah clear. Sekarang saya ingin menambahkan message box untuk mencegah user salah input : 1. Message box untuk mencegah user salah input Jam. 2. Message box untuk hasil jam loading tidak sesuai dengan kriteria. (penjelasan lebih rinci pada lampiran.

atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih. Odhy.



On ‎Monday‎, ‎September‎ ‎18‎, ‎2017‎ ‎10‎:‎35‎:‎25‎ ‎PM‎ ‎+07, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

  Hai Odhy,

1. Tentang combobox berjenjang dengan sumber data yang sudah dibuatkan nama range.
> Coba disempatkan melihat coretan tentang combobox yang dimulai dari sini.
> Pada name manager, ada 3 nama range yang akan dijadikan isi combobox1, berdasar isian di combobox2. > Nama range tersebut diawali teks 'Area_' diikuti teks pilihan di combobox2 > User memilih combobox2 lebih dulu, lalu daftar dalam combobox1 menyesuaikan sesuai pilihan user di combobox2.
A. Nama range yang diawali 'Area_' hanya berisi 1 kolom     > ini satu kerugian karena combobox maupun listbox mampu menerima banyak kolom.
    > jadi, ubah formula refers to dari setiap nama range dengan awalan 'Area_' agar melingkupi 4 kolom dan baris yang tepat.     > contoh untuk nama range Area_DPS memiliki isi formula refers to :             =OFFSET(dbase!$F$2,1,0,COUNTA(dbase!$F:$F)-2,4)

B. jika combobox2 diganti pilihannya, maka combobox1 berubah daftar pilihannya     > artinya, combobox2 event change (combobox2 berubah nilai nya) diisi dengan baris perintah untuk mengisi daftar pilihan di combobox1.     > begini bunyinya :              combobox1.listindex= -1       'kosongkan nilai di combobox1  
             if combobox2.listindex<>-1 then   'combobox2 ada item yang dipilih                          combobox1.rowsource= "Area_" & combobox2.text            'sumber data untuk daftar pilihan ditentukan baru
             else                         combobox1.rowsource=vbnullstring                                     'daftar pilihan dikosongkan (tanpa sumber data apapun)
             endif

C. jika combobox1 diganti pilihannya oleh user, maka textbox9,10,11 berurutan sama dengan urutan kolom sumber data pilihan combobox1            dim lidx as long        'variabel indeks yang dipilih user di combobox1
           lidx=combobox1.listindex         'simpan nilai indeks yang dipilih user di combobox1
           if lidx<>-1 then              'user memilih salah satu item di combobox1, maka isi textbox9,10,11 berdasar nomor kolom, yaitu kolom 2,3,4 dari sumber data                   with range( combobox.rowsource ).resize(1).offset( lidx )      'pada area range sumber data pilihan combobox1, 1 baris saja, lompat lidx baris
                         textbox9.text=.cells(1,2).text       'ambil kolom ke-2 range sumber data
                         textbox10.text=.cells(1,3).text       'ambil kolom ke-2 range sumber data
                         textbox11.text=.cells(1,4).text       'ambil kolom ke-2 range sumber data
                  end with
           else    'user tidak memilih apapun, maka kosongkan textbox9,10,11
                  textbox9.text=vbnullstring
                 textbox10.text=vbnullstring
                 textbox11.text=vbnullstring
           endif

Untuk urusan menulis ke tabel penyimpanannya, silakan disusun sendiri ya...

2. set nilai awal calendar control (properti bernama value) > calendar control ada di userform2 dengan nama control MonthView1
> calendar control dipanggil ketika userform1 control bernama CommandButton4 di klik. > artinya, event click dari control bernama CommandButton4 diisi proses mengaktifkan userform2.              userform2.show         'begini bukan ? > ketika userform2 sudah di-load (sebelum ditampilkan kepada user, alias masih di-memory komputer -> disebut event initialize),
   dilakukan pengaturan nilai calendar control. > buat event initialize di userform2 lalu isi dengan :            monthview1.value=now
kalau monthview1 diklik (pilih salah satu tanggal), maka nilai tanggal akan ditulis ke userform1 control textbox13      > berarti, kalau userform1 control textbox13 sudah berisi tanggal hasil pilihan sebelumnya, maka nilai dasar monthview bukan hari ini,
        tetapi di tanggal yang ada di textbox13 userform1     > artinya, baris perintah
                monthview1.value=now        di event initialize userform2 di atas harus diubah menjadi :        if len( userform1.textbox13.text ) <> 0 then      'textbox13 di userform1 gak kosong               if isdate( userform1.textbox13.text ) then       'textbox13 di userform1 berisi suatu nilai yang dapat diubah jadi bertipe date                    monthview1.value=cdate( userform1.textbox13.text )        'monthview1 diisi nilai bertipe date dari textbox13 di userform1
              else    'textbox13 di userform1 berisi nilai, tetapi gak bisa diubah jadi bertipe date
                    monthview1.value=now       'jadikan nilai waktu saat ini sebagai nilai awal monthview1
              endif
       else    'textbox13 di userform1 kosong                monthview1.value=now    'jadikan nilai waktu saat ini sebagai nilai awal monthview1        endif

Regards, Kid








2017-09-18 13:50 GMT+07:00 Odhy odhyz83_assasaky@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  Dear Master, Mohon bantuannya... 1. bagaimana caranya agar saya bisa menggambil data di table nama berdasarkan listbox. 2. bagimana merubah setting form kalender agar update bulan saat ini. untuk lebih jelas penjelasaanya saya lampirkan filenya....
atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.
Odhy.  




#yiv6374902861 #yiv6374902861 -- #yiv6374902861ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mkp #yiv6374902861hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mkp #yiv6374902861ads {margin-bottom:10px;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mkp .yiv6374902861ad {padding:0 0;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mkp .yiv6374902861ad p {margin:0;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mkp .yiv6374902861ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-sponsor #yiv6374902861ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-sponsor #yiv6374902861ygrp-lc #yiv6374902861hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-sponsor #yiv6374902861ygrp-lc .yiv6374902861ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv6374902861 #yiv6374902861actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv6374902861 #yiv6374902861activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv6374902861 #yiv6374902861activity span {font-weight:700;}#yiv6374902861 #yiv6374902861activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv6374902861 #yiv6374902861activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv6374902861 #yiv6374902861activity span span {color:#ff7900;}#yiv6374902861 #yiv6374902861activity span .yiv6374902861underline {text-decoration:underline;}#yiv6374902861 .yiv6374902861attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv6374902861 .yiv6374902861attach div a {text-decoration:none;}#yiv6374902861 .yiv6374902861attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv6374902861 .yiv6374902861attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv6374902861 .yiv6374902861attach label a {text-decoration:none;}#yiv6374902861 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv6374902861 .yiv6374902861bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv6374902861 .yiv6374902861bold a {text-decoration:none;}#yiv6374902861 dd.yiv6374902861last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv6374902861 dd.yiv6374902861last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv6374902861 dd.yiv6374902861last p span.yiv6374902861yshortcuts {margin-right:0;}#yiv6374902861 div.yiv6374902861attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv6374902861 div.yiv6374902861attach-table {width:400px;}#yiv6374902861 div.yiv6374902861file-title a, #yiv6374902861 div.yiv6374902861file-title a:active, #yiv6374902861 div.yiv6374902861file-title a:hover, #yiv6374902861 div.yiv6374902861file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv6374902861 div.yiv6374902861photo-title a, #yiv6374902861 div.yiv6374902861photo-title a:active, #yiv6374902861 div.yiv6374902861photo-title a:hover, #yiv6374902861 div.yiv6374902861photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv6374902861 div#yiv6374902861ygrp-mlmsg #yiv6374902861ygrp-msg p a span.yiv6374902861yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv6374902861 .yiv6374902861green {color:#628c2a;}#yiv6374902861 .yiv6374902861MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv6374902861 o {font-size:0;}#yiv6374902861 #yiv6374902861photos div {float:left;width:72px;}#yiv6374902861 #yiv6374902861photos div div {border:1px solid #666666;min-height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv6374902861 #yiv6374902861photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv6374902861 #yiv6374902861reco-category {font-size:77%;}#yiv6374902861 #yiv6374902861reco-desc {font-size:77%;}#yiv6374902861 .yiv6374902861replbq {margin:4px;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mlmsg select, #yiv6374902861 input, #yiv6374902861 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mlmsg pre, #yiv6374902861 code {font:115% monospace;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-mlmsg #yiv6374902861logo {padding-bottom:10px;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-msg p#yiv6374902861attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-reco #yiv6374902861reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-sponsor #yiv6374902861ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-sponsor #yiv6374902861ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-sponsor #yiv6374902861ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv6374902861 #yiv6374902861ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv6374902861

Wed Oct 25, 2017 3:33 am (PDT) . Posted by:

"Zulfikar N"

Dear Nang Agus,
Makasi banyak rumusnya, tinggal bagaimana saya mempelajari rumus tersebut.

salam
Zulfikar

2017-10-24 20:23 GMT+08:00 nangagus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Zulfikar;
>
> Coba di H4 diketik formula:
>
> Cara 1.
>
> =LOOKUP(2; 1/(((COUNTIF($G4:G$4;$D$5:$D$22)=0)*(COUNTIF($D$5:$D$22;$D$5:$D$22)>1)));
> $D$5:$D$22)
>
> copy formula tersebut sampai P4.
>
> Cara 2.
>
> =IFERROR(INDEX($D$5:$D$22; MATCH(0;COUNTIF(G4:$G$4;$D$5:$D$22);0));"")
>
> ini merupakan formula array, jadi cara memasukkannya dengan tombol Ctrl +
> Shift + Enter
>
> Untuk Cell G5, silahkan dicoba sendiri.
>
> Salam
>
> NangAgus
>
>
> On 24/10/2017 14:02, Zulfikar N bengbeng.beatles@gmail.com
> [belajar-excel] wrote:
>
>
> Dear Master Excel,
> Mohon bantuannya untuk case excel terlampir, cara untuk menampilkan data
> tanpa duplikat berdasarkan kriteria tanggal.
>
> Terima kasih sebelumnya.
>
> salam
>
> *Zulfikar, Palopo, Sul-sel*
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar