15 New Messages
Digest #2771
3a
Bls: [belajar-excel] bagaimanakah cara menghitung angka ya diawali t by "Pukka Hamonangan Pardede" angan_lov3
3b
Re: bagaimanakah cara menghitung angka ya diawali tanda # (pagar) by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3d
Re: Bls: [belajar-excel] bagaimanakah cara menghitung angka ya diawa by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3e
Bls: Bls: [belajar-excel] bagaimanakah cara menghitung angka ya diaw by "Pukka Hamonangan Pardede" angan_lov3
Messages
Thu Feb 6, 2014 5:48 am (PST) . Posted by:
jonathan_susanto
Dear Senior dan Master,
Tolong bantuanya, untuk detail mohon cek excel terlampir.
Terima Kasih
Jonathan
---
This email is free from viruses and malware because avast! Antivirus protection is active.
http://www.avast.com
Tolong bantuanya, untuk detail mohon cek excel terlampir.
Terima Kasih
Jonathan
---
This email is free from viruses and malware because avast! Antivirus protection is active.
http://www.avast.
Thu Feb 6, 2014 6:26 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Hai Jonathan,
Jika format outputnya boleh diubah sedikit maka pakai Pivot paling cepat dan fleksible.
Salam,
HK
On Thursday, 6 February 2014, 20:48, "thelearner138@yahoo.co.id" <thelearner138@yahoo.co.id> wrote:
Dear Senior dan Master,
Tolong bantuanya, untuk detail mohon cek excel terlampir.
Terima Kasih
Jonathan
---
This email is free from viruses and malware because avast! Antivirus protection is active.
http://www.avast.com
Jika format outputnya boleh diubah sedikit maka pakai Pivot paling cepat dan fleksible.
Salam,
HK
On Thursday, 6 February 2014, 20:48, "thelearner138@
Dear Senior dan Master,
Tolong bantuanya, untuk detail mohon cek excel terlampir.
Terima Kasih
Jonathan
---
This email is free from viruses and malware because avast! Antivirus protection is active.
http://www.avast.
Thu Feb 6, 2014 6:44 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Jonathan,
File terlampir membutuhkan beberapa cell bantu yang harus diisi manual
(lihat cell kuning dalam file terlampir).
Wassalam,
Kid.
2014-02-06 18:07 GMT+07:00 <thelearner138@yahoo.co.id>:
>
>
> Dear Senior dan Master,
>
> Tolong bantuanya, untuk detail mohon cek excel terlampir.
>
> Terima Kasih
> Jonathan
>
> ---
> This email is free from viruses and malware because avast! Antivirus
> protection is active.
> http://www.avast.com
>
>
File terlampir membutuhkan beberapa cell bantu yang harus diisi manual
(lihat cell kuning dalam file terlampir).
Wassalam,
Kid.
2014-02-06 18:07 GMT+07:00 <thelearner138@
>
>
> Dear Senior dan Master,
>
> Tolong bantuanya, untuk detail mohon cek excel terlampir.
>
> Terima Kasih
> Jonathan
>
> ---
> This email is free from viruses and malware because avast! Antivirus
> protection is active.
> http://www.avast.
>
>
Thu Feb 6, 2014 5:48 am (PST) . Posted by:
"Andre Rahmaidy" andree_bpdsumbar
Sore Beexceler
saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong tadi.
wassalam
andre
saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong tadi.
wassalam
andre
Thu Feb 6, 2014 6:05 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Hai Andre,
Pada dasarnya bisa, asalkan filenya terbuka (atau buka dulu lalu tutup).
Sheet/Range sumber dan tujuan harus jelas.
Salam,
HK
On Thursday, 6 February 2014, 20:48, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:
Sore Beexceler
saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong tadi.
wassalam
andre
Pada dasarnya bisa, asalkan filenya terbuka (atau buka dulu lalu tutup).
Sheet/Range sumber dan tujuan harus jelas.
Salam,
HK
On Thursday, 6 February 2014, 20:48, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@
Sore Beexceler
saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong tadi.
wassalam
andre
Thu Feb 6, 2014 6:09 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Andree,
Sepertinya script VBA yang ada
disini<https://app.box.com/s/mwnngtmulf21gfu4oogv>bisa menjadi awalan
untuk dikembangkan atau diterapkan ke kasus yang Anda
hadapi.
Wassalam,
Kid.
2014-02-06 18:09 GMT+07:00 Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id>:
>
>
> Sore Beexceler
>
> saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel
> yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file
> excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet
> excel yang kosong tadi.
>
>
>
> wassalam
> andre
>
>
>
Sepertinya script VBA yang ada
disini<https://app.
untuk dikembangkan atau diterapkan ke kasus yang Anda
hadapi.
Wassalam,
Kid.
2014-02-06 18:09 GMT+07:00 Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@
>
>
> Sore Beexceler
>
> saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel
> yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file
> excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet
> excel yang kosong tadi.
>
>
>
> wassalam
> andre
>
>
>
Thu Feb 6, 2014 7:54 am (PST) . Posted by:
andree_bpdsumbar
Malam pak hendrik
Sebenarnya yang saya ingin ada perintah macro excel untuk
mengcopy paste suatu file excel yang terdiri banyak file yang isi
dalam file excel tersebut saya copy paste ke satu file excel yang
kosong/blank.. jadi inti file excel banyak tadi isinya saya
gabung di dalam sheet excel copy paste value dengan perintah
macro excel.. mohon petunjuknya pak hendrik
WassalamAndree
Sent from my BlackBerry 10 smartphone.
From: hendrik karnadiSent: Thursday, 6 February 2014 21:05To:
belajar-excel@yahoogroups.comReply To:
belajar-excel@yahoogroups.comSubject: Re: [belajar-excel] Copy
data dari sheet lain
Hai Andre,Pada dasarnya bisa, asalkan filenya terbuka (atau buka
dulu lalu tutup).Sheet/Range sumber dan tujuan harus jelas.
Salam,HK
On Thursday, 6 February 2014, 20:48, Andre Rahmaidy
<andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:
Sore Beexceler
saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu
file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste
mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy
paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong
tadi.
wassalamandre
Sebenarnya yang saya ingin ada perintah macro excel untuk
mengcopy paste suatu file excel yang terdiri banyak file yang isi
dalam file excel tersebut saya copy paste ke satu file excel yang
kosong/blank.
gabung di dalam sheet excel copy paste value dengan perintah
macro excel.. mohon petunjuknya pak hendrik
WassalamAndree
Sent from my BlackBerry 10 smartphone.
From: hendrik karnadiSent: Thursday, 6 February 2014 21:05To:
belajar-excel@
belajar-excel@
data dari sheet lain
Hai Andre,Pada dasarnya bisa, asalkan filenya terbuka (atau buka
dulu lalu tutup).Sheet/
Salam,HK
On Thursday, 6 February 2014, 20:48, Andre Rahmaidy
<andree_bpdsumbar@
Sore Beexceler
saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu
file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste
mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy
paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong
tadi.
wassalamandre
Halo Andre,
Untuk lebih mudah nya coba tolong lampirkan contoh file tujuannya, dengan format blank tsb, plus kondisi file yang akan di copy tsb apakah ada di directory yang sama dalam kondisi tertutup atau seperti apa ?
Ditunggu ya..
Salam
Sony
Powered by paid monthly bills®
-----Original Message-----
From: andree_bpdsumbar@yahoo.co.id
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 06 Feb 2014 22:31:56
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain
Malam pak hendrik
Sebenarnya yang saya ingin ada perintah macro excel untuk mengcopy paste suatu file excel yang terdiri banyak file yang isi dalam file excel tersebut saya copy paste ke satu file excel yang kosong/blank.. jadi inti file excel banyak tadi isinya saya gabung di dalam sheet excel copy paste value dengan perintah macro excel.. mohon petunjuknya pak hendrik
Wassalam
Andree
Sent from my BlackBerry 10 smartphone.
From: hendrik karnadi
Sent: Thursday, 6 February 2014 21:05
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Reply To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain
Hai Andre,
Pada dasarnya bisa, asalkan filenya terbuka (atau buka dulu lalu tutup).
Sheet/Range sumber dan tujuan harus jelas.
Salam,
HK
On Thursday, 6 February 2014, 20:48, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:
Sore Beexceler
saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong tadi.
wassalam
andre
Untuk lebih mudah nya coba tolong lampirkan contoh file tujuannya, dengan format blank tsb, plus kondisi file yang akan di copy tsb apakah ada di directory yang sama dalam kondisi tertutup atau seperti apa ?
Ditunggu ya..
Salam
Sony
Powered by paid monthly bills®
-----Original Message-----
From: andree_bpdsumbar@
Sender: belajar-excel@
Date: Thu, 06 Feb 2014 22:31:56
To: <belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain
Malam pak hendrik
Sebenarnya yang saya ingin ada perintah macro excel untuk mengcopy paste suatu file excel yang terdiri banyak file yang isi dalam file excel tersebut saya copy paste ke satu file excel yang kosong/blank.
Wassalam
Andree
Sent from my BlackBerry 10 smartphone.
From: hendrik karnadi
Sent: Thursday, 6 February 2014 21:05
To: belajar-excel@
Reply To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain
Hai Andre,
Pada dasarnya bisa, asalkan filenya terbuka (atau buka dulu lalu tutup).
Sheet/Range sumber dan tujuan harus jelas.
Salam,
HK
On Thursday, 6 February 2014, 20:48, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@
Sore Beexceler
saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong tadi.
wassalam
andre
Thu Feb 6, 2014 5:48 am (PST) . Posted by:
"Pukka Hamonangan Pardede" angan_lov3
dear Mr kid, Bagus, dan guru baru saya Miss Jan Raisin
solusi formula yang di berikan Miss Jan sangatlah bagus. Namun ada sedikit kendala ketika saya melakukan misstype.
contoh ketika saya tidak sengaja mengetik 2 kali tanda "spasi" maka formula yg diberikan Miss Jan menambahkan 20 untuk harga 1 spasi yg bertambah.
ex: 12.22.70.8.115#20 11.23.101.65.9#20 1300#100 = 300
12.22.70.8.115#20 (tak sengaja tambah 1 spasi) 11.23.101.65.9#20 (tak sengaja 1 spasi)1300#100
maka total setelah mistype 2x spasi yg bertambah = 340
kiranya Bapak/Ibu excel-lent semua dapat membantu.
mohon bimbingan dan kesabarannya Ibu/Bapak yah..
(angkat saya jadi muridmu)
Pada Kamis, 6 Februari 2014 15:02, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
hai pak Pardede,
coba bantu dengan UDF (User Defined Function)
scriptnya ditulis dalam sebuah modul dengan scope Public agar dapat dipanggil dari worksheet seperti fungsi Excel lainnya
Option Explicit
' =============================================== '
' UDF SumIfSC = Summary With Special Conditions '
' Untuk milis belajar-excel '
' Miss Jan Raisin '
' Di bawah langit yang sama , 06-Feb-2014 '
' =============================================== '
Public Function SUMIFSC(sData As String, sDel As String, sDelPart As String, sDelVal As String) As Double
Dim sFull As String, sPart As String
Dim iDel As Integer, iPart As Integer
Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
Dim dbVal As Double, dbSum As Double
iDel = Len(sData) - Len(Application.WorksheetFunction.Substitute(sData, sDel, ""))
sFull = sData
For i = 1 To iDel + 1
For j = 1 To Len(sFull)
If Mid(sFull, j, 1) <> sDel Then
sPart = sPart & Mid(sFull, j, 1)
Else
sFull = Mid(sFull, j + 1, Len(sFull) - j)
Exit For
End If
Next j
iPart = Len(sPart) - Len(Application.WorksheetFunction.Substitute(sPart, sDelPart, "")) + 1
For k = 1 To Len(sPart)
If Mid(sPart, k, 1) = sDelVal Then
dbVal = CDbl(Mid(sPart, k + 1, Len(sPart) - k))
Exit For
End If
Next k
dbSum = dbSum + (iPart * dbVal)
sPart = vbNullString
Next i
SUMIFSC = dbSum
End Function
syntaxnya:
=SumIfSC( data ,delimiter , delimiter_dalam_setiap_bagian , delimiter_nilai )
untuk setiap delimiter harus ditulis di antara tanda kutip dua
contoh penggunaan dengan data di cel A1
delimiter adalah spasi, ditulis " "
delimiter di dalam setiap bagian adalah titik, ditulis "."
delimiter untuk nilai adalah tanda pagar, ditulis "#"
formula lengkapnya menjadi
=SumIfSC( A1 ," " , "." , "#" )
jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian maka ubah seluruh tanda koma yang berwarna merah menjadi titik koma
file terlampir, pastikan macro diizinkan bekerja di komputer anda
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 6 Februari 2014 13.32, Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.co.id> menulis:
>
>Dear Bagus dan Mr. Kid
>rumus yg terakhir sebenarnya bekerja tapi nampaknya hanya kepada contoh: 12.22.70.8.115#20 11.23.101.65.9#20 1300#100 (hanya 3 tanda #)
>jadi mohon bantuannya sekali lg pak, karena data yg di entri biasanya berubah ( kadang hanya 1 tanda # dan kadang sampai 30 tanda #. artinya formula yg kita inginkan akan bekerja pada unlimited tanda #.
>
>
>nb: "panjang/pendeknya formula yg dihasilkan tidak menjadi masalah pak"
>
>
>mohon bimbingan dan kesabarannya ya pak..
>(angkat saya jadi muridmu)
>
>
>
>
>
solusi formula yang di berikan Miss Jan sangatlah bagus. Namun ada sedikit kendala ketika saya melakukan misstype.
contoh ketika saya tidak sengaja mengetik 2 kali tanda "spasi" maka formula yg diberikan Miss Jan menambahkan 20 untuk harga 1 spasi yg bertambah.
ex: 12.22.70.
12.22.70.8.115#
maka total setelah mistype 2x spasi yg bertambah = 340
kiranya Bapak/Ibu excel-lent semua dapat membantu.
mohon bimbingan dan kesabarannya Ibu/Bapak yah..
(angkat saya jadi muridmu)
Pada Kamis, 6 Februari 2014 15:02, Jan Raisin <miss.jan.raisin@
hai pak Pardede,
coba bantu dengan UDF (User Defined Function)
scriptnya ditulis dalam sebuah modul dengan scope Public agar dapat dipanggil dari worksheet seperti fungsi Excel lainnya
Option Explicit
' ============
' UDF SumIfSC = Summary With Special Conditions '
' Untuk milis belajar-excel '
' Miss Jan Raisin '
' Di bawah langit yang sama , 06-Feb-2014 '
' ============
Public Function SUMIFSC(sData As String, sDel As String, sDelPart As String, sDelVal As String) As Double
Dim sFull As String, sPart As String
Dim iDel As Integer, iPart As Integer
Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
Dim dbVal As Double, dbSum As Double
iDel = Len(sData) - Len(Application.
sFull = sData
For i = 1 To iDel + 1
For j = 1 To Len(sFull)
If Mid(sFull, j, 1) <> sDel Then
sPart = sPart & Mid(sFull, j, 1)
Else
sFull = Mid(sFull, j + 1, Len(sFull) - j)
Exit For
End If
Next j
iPart = Len(sPart) - Len(Application.
For k = 1 To Len(sPart)
If Mid(sPart, k, 1) = sDelVal Then
dbVal = CDbl(Mid(sPart, k + 1, Len(sPart) - k))
Exit For
End If
Next k
dbSum = dbSum + (iPart * dbVal)
sPart = vbNullString
Next i
SUMIFSC = dbSum
End Function
syntaxnya:
=SumIfSC( data ,delimiter , delimite
untuk setiap delimiter harus ditulis di antara tanda kutip dua
contoh penggunaan dengan data di cel A1
delimiter adalah spasi, ditulis " "
delimiter di dalam setiap bagian adalah titik, ditulis "."
delimiter untuk nilai adalah tanda pagar, ditulis "#"
formula lengkapnya menjadi
=SumIfSC( A1 ," " , "
jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian maka ubah seluruh tanda koma yang berwarna merah menjadi titik koma
file terlampir, pastikan macro diizinkan bekerja di komputer anda
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 6 Februari 2014 13.32, Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.
>
>Dear Bagus dan Mr. Kid
>rumus yg terakhir sebenarnya bekerja tapi nampaknya hanya kepada contoh: 12.22.
>jadi mohon bantuannya sekali lg pak, karena data yg di entri biasanya berubah ( kadang hanya 1 tanda # dan kadang sampai 30 tanda #. artinya formula yg kita inginkan akan bekerja pada unlimited tanda #.
>
>
>nb: "panjang/
>
>
>mohon bimbingan dan kesabarannya ya pak..
>(angkat saya jadi muridmu)
>
>
>
>
>
Thu Feb 6, 2014 6:48 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Pukka,
kalau pakai UDF SumIFSC, coba begini :
=SumIfSC( Trim(A1) , " " , "." , "#" )
Wassalam,
Kid.
2014-02-06 20:22 GMT+07:00 Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.co.id>
:
>
>
> dear Mr kid, Bagus, dan guru baru saya Miss Jan Raisin
> solusi formula yang di berikan Miss Jan sangatlah bagus. Namun ada sedikit
> kendala ketika saya melakukan misstype.
> contoh ketika saya tidak sengaja mengetik 2 kali tanda "spasi" maka
> formula yg diberikan Miss Jan menambahkan 20 untuk harga 1 spasi yg
> bertambah.
> ex: 12.22.70.8.115#20 11.23.101.65.9#20 1300#100 = 300
> 12.22.70.8.115#20 (tak sengaja tambah 1 spasi) 11.23.101.65.9#20
> (tak sengaja 1 spasi)1300#100
> maka total setelah mistype 2x spasi yg bertambah = 340
>
> kiranya Bapak/Ibu excel-lent semua dapat membantu.
> mohon bimbingan dan kesabarannya Ibu/Bapak yah..
> (angkat saya jadi muridmu)
>
>
> Pada Kamis, 6 Februari 2014 15:02, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> menulis:
>
> hai pak Pardede,
>
> coba bantu dengan UDF (User Defined Function)
>
> scriptnya ditulis dalam sebuah modul dengan scope Public agar dapat
> dipanggil dari worksheet seperti fungsi Excel lainnya
>
> Option Explicit
>
> ' =============================================== '
> ' UDF SumIfSC = Summary With Special Conditions '
> ' Untuk milis belajar-excel '
> ' Miss Jan Raisin '
> ' Di bawah langit yang sama , 06-Feb-2014 '
> ' =============================================== '
>
> Public Function SUMIFSC(sData As String, sDel As String, sDelPart As
> String, sDelVal As String) As Double
> Dim sFull As String, sPart As String
> Dim iDel As Integer, iPart As Integer
> Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
> Dim dbVal As Double, dbSum As Double
>
> iDel = Len(sData) -
> Len(Application.WorksheetFunction.Substitute(sData, sDel, ""))
> sFull = sData
> For i = 1 To iDel + 1
> For j = 1 To Len(sFull)
> If Mid(sFull, j, 1) <> sDel Then
> sPart = sPart & Mid(sFull, j, 1)
> Else
> sFull = Mid(sFull, j + 1, Len(sFull) - j)
> Exit For
> End If
> Next j
> iPart = Len(sPart) -
> Len(Application.WorksheetFunction.Substitute(sPart, sDelPart, "")) + 1
> For k = 1 To Len(sPart)
> If Mid(sPart, k, 1) = sDelVal Then
> dbVal = CDbl(Mid(sPart, k + 1, Len(sPart) - k))
> Exit For
> End If
> Next k
> dbSum = dbSum + (iPart * dbVal)
> sPart = vbNullString
> Next i
> SUMIFSC = dbSum
> End Function
>
> syntaxnya:
>
> =SumIfSC( data , delimiter , delimiter_dalam_setiap_bagian , delimiter_nilai
> )
>
> untuk setiap delimiter harus ditulis di antara tanda kutip dua
>
> contoh penggunaan dengan data di cel A1
> delimiter adalah spasi, ditulis " "
> delimiter di dalam setiap bagian adalah titik, ditulis "."
> delimiter untuk nilai adalah tanda pagar, ditulis "#"
>
> formula lengkapnya menjadi
> =SumIfSC( A1 , " " , "." , "#" )
>
> jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian maka ubah
> seluruh tanda koma yang berwarna merah menjadi titik koma
> file terlampir, pastikan macro diizinkan bekerja di komputer anda
>
> Salam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 6 Februari 2014 13.32, Pukka Hamonangan Pardede <
> angan_lov3@yahoo.co.id> menulis:
>
>
> Dear Bagus dan Mr. Kid
> rumus yg terakhir sebenarnya bekerja tapi nampaknya hanya kepada
> contoh: 12.22.70.8.115#20 11.23.101.65.9#20 1300#100 (hanya 3 tanda #)
> jadi mohon bantuannya sekali lg pak, karena data yg di entri biasanya
> berubah ( kadang hanya 1 tanda # dan kadang sampai 30 tanda #. artinya
> formula yg kita inginkan akan bekerja pada unlimited tanda #.
>
> nb: "panjang/pendeknya formula yg dihasilkan tidak menjadi masalah pak"
>
> mohon bimbingan dan kesabarannya ya pak..
> (angkat saya jadi muridmu)
>
>
>
>
>
>
>
kalau pakai UDF SumIFSC, coba begini :
=SumIfSC( Trim(A1) , " " , "." , "#" )
Wassalam,
Kid.
2014-02-06 20:22 GMT+07:00 Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.
:
>
>
> dear Mr kid, Bagus, dan guru baru saya Miss Jan Raisin
> solusi formula yang di berikan Miss Jan sangatlah bagus. Namun ada sedikit
> kendala ketika saya melakukan misstype.
> contoh ketika saya tidak sengaja mengetik 2 kali tanda "spasi" maka
> formula yg diberikan Miss Jan menambahkan 20 untuk harga 1 spasi yg
> bertambah.
> ex: 12.22.70.8.115#
> 12.22.70.8.115#
> (tak sengaja 1 spasi)1300#100
> maka total setelah mistype 2x spasi yg bertambah = 340
>
> kiranya Bapak/Ibu excel-lent semua dapat membantu.
> mohon bimbingan dan kesabarannya Ibu/Bapak yah..
> (angkat saya jadi muridmu)
>
>
> Pada Kamis, 6 Februari 2014 15:02, Jan Raisin <miss.jan.raisin@
> menulis:
>
> hai pak Pardede,
>
> coba bantu dengan UDF (User Defined Function)
>
> scriptnya ditulis dalam sebuah modul dengan scope Public agar dapat
> dipanggil dari worksheet seperti fungsi Excel lainnya
>
> Option Explicit
>
> ' ============
> ' UDF SumIfSC = Summary With Special Conditions '
> ' Untuk milis belajar-excel '
> ' Miss Jan Raisin '
> ' Di bawah langit yang sama , 06-Feb-2014 '
> ' ============
>
> Public Function SUMIFSC(sData As String, sDel As String, sDelPart As
> String, sDelVal As String) As Double
> Dim sFull As String, sPart As String
> Dim iDel As Integer, iPart As Integer
> Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
> Dim dbVal As Double, dbSum As Double
>
> iDel = Len(sData) -
> Len(Application.
> sFull = sData
> For i = 1 To iDel + 1
> For j = 1 To Len(sFull)
> If Mid(sFull, j, 1) <> sDel Then
> sPart = sPart & Mid(sFull, j, 1)
> Else
> sFull = Mid(sFull, j + 1, Len(sFull) - j)
> Exit For
> End If
> Next j
> iPart = Len(sPart) -
> Len(Application.
> For k = 1 To Len(sPart)
> If Mid(sPart, k, 1) = sDelVal Then
> dbVal = CDbl(Mid(sPart, k + 1, Len(sPart) - k))
> Exit For
> End If
> Next k
> dbSum = dbSum + (iPart * dbVal)
> sPart = vbNullString
> Next i
> SUMIFSC = dbSum
> End Function
>
> syntaxnya:
>
> =SumIfSC( data , delimiter , delimiter_dalam_
> )
>
> untuk setiap delimiter harus ditulis di antara tanda kutip dua
>
> contoh penggunaan dengan data di cel A1
> delimiter adalah spasi, ditulis " "
> delimiter di dalam setiap bagian adalah titik, ditulis "."
> delimiter untuk nilai adalah tanda pagar, ditulis "#"
>
> formula lengkapnya menjadi
> =SumIfSC( A1 , " " , "." , "#" )
>
> jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian maka ubah
> seluruh tanda koma yang berwarna merah menjadi titik koma
> file terlampir, pastikan macro diizinkan bekerja di komputer anda
>
> Salam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 6 Februari 2014 13.32, Pukka Hamonangan Pardede <
> angan_lov3@yahoo.
>
>
> Dear Bagus dan Mr. Kid
> rumus yg terakhir sebenarnya bekerja tapi nampaknya hanya kepada
> contoh: 12.22.70.8.115#
> jadi mohon bantuannya sekali lg pak, karena data yg di entri biasanya
> berubah ( kadang hanya 1 tanda # dan kadang sampai 30 tanda #. artinya
> formula yg kita inginkan akan bekerja pada unlimited tanda #.
>
> nb: "panjang/
>
> mohon bimbingan dan kesabarannya ya pak..
> (angkat saya jadi muridmu)
>
>
>
>
>
>
>
Thu Feb 6, 2014 6:48 am (PST) . Posted by:
summonery
Hai pak Pukka,
saya coba bantu ya,
=EVALUATE("SUM({"&SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE( TRIM(Sheet1!$A2);".";";");"#";"}^0)*");" ";"+SUM({"))
pasang pada Name Manager (lihat gambar)
>semoga bermanfaat
saya coba bantu ya,
=EVALUATE("
pasang pada Name Manager (lihat gambar)
>semoga bermanfaat
Thu Feb 6, 2014 7:27 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
hehehe...
akhirnya keluar juga yang pake named range...
nambahin dikit,
1. fungsi Evaluate bisa digunakan dalam worksheet melalui named range
2. ekspresi string dalam evaluate harus menghasilkan bunyi kalimat formula,
array, atau rujukan ke range.
3. maksimal jumlah karakter ekspresi string yang diproses oleh evaluate
adalah 255.
4. ekspresi string dalam evaluate bisa disusun dengan suatu ekspresi
formula yang panjang formulanya dibatasi sebanyak 8192 karkater.
Wassalam,
Kid.
2014-02-06 21:48 GMT+07:00 <summonery@yahoo.com>:
>
>
> Hai pak Pukka,
>
> saya coba bantu ya,
>
> =EVALUATE("SUM({"&SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(
> TRIM(Sheet1!$A2);".";";");"#";"}^0)*");" ";"+SUM({"))
>
> pasang pada Name Manager (lihat gambar)
>
>
>
>
> >semoga bermanfaat
>
>
>
>
>
akhirnya keluar juga yang pake named range...
nambahin dikit,
1. fungsi Evaluate bisa digunakan dalam worksheet melalui named range
2. ekspresi string dalam evaluate harus menghasilkan bunyi kalimat formula,
array, atau rujukan ke range.
3. maksimal jumlah karakter ekspresi string yang diproses oleh evaluate
adalah 255.
4. ekspresi string dalam evaluate bisa disusun dengan suatu ekspresi
formula yang panjang formulanya dibatasi sebanyak 8192 karkater.
Wassalam,
Kid.
2014-02-06 21:48 GMT+07:00 <summonery@yahoo.
>
>
> Hai pak Pukka,
>
> saya coba bantu ya,
>
> =EVALUATE("
> TRIM(Sheet1!
>
> pasang pada Name Manager (lihat gambar)
>
>
>
>
> >semoga bermanfaat
>
>
>
>
>
Thu Feb 6, 2014 7:44 am (PST) . Posted by:
"Pukka Hamonangan Pardede" angan_lov3
YESSSS...!!!
Akhirnya kasus saya sudah selasai.. thanks buat semua excel-lent..
cuma begini, setelah saya paste ke laptop istri saya kog jadi gak jalan yah..
mohon bantuannya pak. apa langkah pertama yg harus saya perbuat agar formulanya dapat bekerja pada PC atau Laptop yang lain.
Terimakasih banyak guru.
Pada Kamis, 6 Februari 2014 22:27, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com mailto:mr.nmkid@gmail.com> menulis:
hehehe...
akhirnya keluar juga yang pake named range...
nambahin dikit,
1. fungsi Evaluate bisa digunakan dalam worksheet melalui named range
2. ekspresi string dalam evaluate harus menghasilkan bunyi kalimat formula, array, atau rujukan ke range.
3. maksimal jumlah karakter ekspresi string yang diproses oleh evaluate adalah 255.
4. ekspresi string dalam evaluate bisa disusun dengan suatu ekspresi formula yang panjang formulanya dibatasi sebanyak 8192 karkater.
Wassalam,
Kid.
2014-02-06 21:48 GMT+07:00 <summonery@yahoo.com mailto:summonery@yahoo.com>:
Hai pak Pukka,
saya coba bantu ya,
=EVALUATE("SUM({"&SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE( TRIM(Sheet1!$A2);".";";");"#";"}^0)*");" ";"+SUM({"))
pasang pada Name Manager (lihat gambar)
>semoga bermanfaat
Akhirnya kasus saya sudah selasai.. thanks buat semua excel-lent..
cuma begini, setelah saya paste ke laptop istri saya kog jadi gak jalan yah..
mohon bantuannya pak. apa langkah pertama yg harus saya perbuat agar formulanya dapat bekerja pada PC atau Laptop yang lain.
Terimakasih banyak guru.
Pada Kamis, 6 Februari 2014 22:27, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
hehehe...
akhirnya keluar juga yang pake named range...
nambahin dikit,
1. fungsi Evaluate bisa digunakan dalam worksheet melalui named range
2. ekspresi string dalam evaluate harus menghasilkan bunyi kalimat formula, array, atau rujukan ke range.
3. maksimal jumlah karakter ekspresi string yang diproses oleh evaluate adalah 255.
4. ekspresi string dalam evaluate bisa disusun dengan suatu ekspresi formula yang panjang formulanya dibatasi sebanyak 8192 karkater.
Wassalam,
Kid.
2014-02-06 21:48 GMT+07:00 <summonery@yahoo.
Hai pak Pukka,
saya coba bantu ya,
=EVALUATE("
pasang pada Name Manager (lihat gambar)
>semoga bermanfaat
Thu Feb 6, 2014 5:37 pm (PST) . Posted by:
"Jan Raisin"
Pak Pardede,
agar UDF dapat berfungsi untuk semua workbook, maka UDF tersebut harus
diubah dulu menjadi Excel AddIns lalu diaktifkan pada komputer setempat.
jika UDF juga ingin dijalankan di komputer lain, maka AddIns tadi harus
dicopy dulu ke komputer lain, setelah itu diaktifkan di komputer tersebut.
berikut adalah langkah2 untuk merubah file tersebut menjadi AddIns dan
mengaktifkannya.
A. Cara merubah UDF menjadi AddIns
1. pada file yang sudah ada UDFnya, lakukan Save As
2. nama file boleh diganti, nama ini nanti yang akan menjadi nama Excel
AddIns
3. pilih tipe file Excel AddIns (.xlam untuk excel versi 2007 ke atas atau
.xla untuk excel 97 - 2003)
B. Cara memasang AddIns
1. File >> Options
2. Klik Add-Ins
3. Pada kotak manage, pilih Excel Add-Ins
4. Klik Go
5. Akan muncul dialog box dengan nama-nama AddIns yang ada di komputer
anda, jika tidak muncul klik Browse untuk mencari file AddIns yang tadi
sudah anda buat
6. Beri tanda cek list pada AddIns yang ingin diaktifkan
7. Klik OK
Setelah selesai, coba buka workbook baru dan panggil UDF yang tadi seperti
anda memanggil fungsi Excel yang lain.
semoga langkah-langkah di atas cukup jelas untuk diikuti
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 6 Februari 2014 22.43, Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.co.id
> menulis:
>
>
> YESSSS...!!!
> Akhirnya kasus saya sudah selasai.. thanks buat semua excel-lent..
> cuma begini, setelah saya paste ke laptop istri saya kog jadi gak jalan
> yah..
> mohon bantuannya pak. apa langkah pertama yg harus saya perbuat agar
> formulanya dapat bekerja pada PC atau Laptop yang lain.
>
> Terimakasih banyak guru.
>
>
>
>
agar UDF dapat berfungsi untuk semua workbook, maka UDF tersebut harus
diubah dulu menjadi Excel AddIns lalu diaktifkan pada komputer setempat.
jika UDF juga ingin dijalankan di komputer lain, maka AddIns tadi harus
dicopy dulu ke komputer lain, setelah itu diaktifkan di komputer tersebut.
berikut adalah langkah2 untuk merubah file tersebut menjadi AddIns dan
mengaktifkannya.
A. Cara merubah UDF menjadi AddIns
1. pada file yang sudah ada UDFnya, lakukan Save As
2. nama file boleh diganti, nama ini nanti yang akan menjadi nama Excel
AddIns
3. pilih tipe file Excel AddIns (.xlam untuk excel versi 2007 ke atas atau
.xla untuk excel 97 - 2003)
B. Cara memasang AddIns
1. File >> Options
2. Klik Add-Ins
3. Pada kotak manage, pilih Excel Add-Ins
4. Klik Go
5. Akan muncul dialog box dengan nama-nama AddIns yang ada di komputer
anda, jika tidak muncul klik Browse untuk mencari file AddIns yang tadi
sudah anda buat
6. Beri tanda cek list pada AddIns yang ingin diaktifkan
7. Klik OK
Setelah selesai, coba buka workbook baru dan panggil UDF yang tadi seperti
anda memanggil fungsi Excel yang lain.
semoga langkah-langkah di atas cukup jelas untuk diikuti
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 6 Februari 2014 22.43, Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.
> menulis:
>
>
> YESSSS...!!!
> Akhirnya kasus saya sudah selasai.. thanks buat semua excel-lent..
> cuma begini, setelah saya paste ke laptop istri saya kog jadi gak jalan
> yah..
> mohon bantuannya pak. apa langkah pertama yg harus saya perbuat agar
> formulanya dapat bekerja pada PC atau Laptop yang lain.
>
> Terimakasih banyak guru.
>
>
>
>
Thu Feb 6, 2014 5:45 pm (PST) . Posted by:
"Liem Suliem" liemsuliem
makasih pak kid.. (agak telat jawabnya)
sesuai yang di maksud..
wasalam
liem
Pada Selasa, 4 Februari 2014 15:33, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Hai Liem,
Coba yang berikut :
1. pastikan sheet tidak di-protect
2. blok cell yang boleh diubah isinya (bukan formatnya) -> klik kanan -> format cells -> tab protection -> hilangkan centang dari locked -> OK
3. blok cell yang tidak akan ditampilkan isinya dalam formula bar -> klik kanan -> format cells -> tab protection -> centang Hidden -> OK
4. lakukan proteksi sheet :
>> ribbon Review -> group Changes -> Protect Sheet -> isi password bila perlu
-> centang semua item Select blabla -> centang semua item Format blabla -> OK
-> konfirmasi password bila diminta -> OK sampai kembali ke worksheet
Wassalam,
Kid.
2014-02-04 Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id>:
>
>keterangan tambahan.
>sudah coba bla bla.....go to special terus pilih formula... terus tekan ctrl + 1 terus centang loked
>
>baru saya protec sheet dengan option di bawah tapi baris juga kolom gak bisa di hiden.
>
>
>
>
>
>
>Pada Selasa, 4 Februari 2014 15:04, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>Dh.
>dear sobat be exceler.
>
>
>bagaimana validasi agar cel tidak bisa di hapus
>
>
>
>
>file terlampir..
>
>
>salam
>
>
>
>liem
>
>
sesuai yang di maksud..
wasalam
liem
Pada Selasa, 4 Februari 2014 15:33, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Hai Liem,
Coba yang berikut :
1. pastikan sheet tidak di-protect
2. blok cell yang boleh diubah isinya (bukan formatnya) -> klik kanan -> format cells -> tab protection -> hilangkan centang dari locked -> OK
3. blok cell yang tidak akan ditampilkan isinya dalam formula bar -> klik kanan -> format cells -> tab protection -> centang Hidden -> OK
4. lakukan proteksi sheet :
>> ribbon Review -> group Changes -> Protect Sheet -> isi password bila perlu
-> centang semua item Select blabla -> centang semua item Format blabla -> OK
-> konfirmasi password bila diminta -> OK sampai kembali ke worksheet
Wassalam,
Kid.
2014-02-04 Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.
>
>keterangan tambahan.
>sudah coba bla bla.....go to special terus pilih formula... terus tekan ctrl + 1 terus centang loked
>
>baru saya protec sheet dengan option di bawah tapi baris juga kolom gak bisa di hiden.
>
>
>
>
>
>
>Pada Selasa, 4 Februari 2014 15:04, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.
>
>
>Dh.
>dear sobat be exceler.
>
>
>bagaimana validasi agar cel tidak bisa di hapus
>
>
>
>
>file terlampir..
>
>
>salam
>
>
>
>liem
>
>
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar