Kamis, 20 Februari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2795

10 Messages

Digest #2795

Messages

Thu Feb 20, 2014 1:22 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Agunk;

Coba pada C4:
=SUMIF(DATA!$A$2:$A$31,$A4,DATA!I$2:I$31)

Copas kebawah dan kekanan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: agungdotcom13@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 20, 2014 3:36 PM
Subject: [belajar-excel] RE: Hitung Lembur & HK [1 Attachment]

Dear Mas Bagus,

Gmna cara menampilkan jml lembur & jml hari kerjanya jika saya buat pada sheet laporan??

Thank,B'Regards
-Agung-

Thu Feb 20, 2014 1:51 am (PST) . Posted by:

"KESI VIZZIANTI"

Terima kasih Ms.Jan
Salam

Pada 20 Februari 2014 06.49, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

>
>
> hai Kesi,
>
> coba gunakan fitur Pivot table, lalu atur letak datanya seperti ini:
> [image: Gambar sisip 3]
>
> lakukan filter dengan menghilangkan tanda cek list pada nilai 0 (Nol)
> cara pembuatan Pivot Table yang lengkap bisa dibaca di blognya mr. Kid.
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 20 Februari 2014 13.24, KESI VIZZIANTI <kesi.vizzianti@gmail.com>menulis:
>
>
>>
>> Saya mempunyai data seperti disamping kiri <===,dan akan terus di
>> updated, dan bermaksud meringkas di kolom atas ini. TANPA menggunaka filter
>> dengan ketentuan
>>
>> 1.Hanya menampilkan 1 part no saja dan jumlah akan di totalkan (sumif)
>>
>> 2. jika hasil dari total penjumlahan adalah kurang dari = 0 maka data
>> tidak di tampilkan
>>
>> Terima kasih
>> Salam
>>
>>
>>
>

--
*Kesi Vizzianti*
Email kesi.vizzianti@gmail.com
Phone 0812-77176028
Blog http://kesivizzianti.blogspot.com/
Twitter KesiVizzianti <https://twitter.com/KesiVizzianti>

Thu Feb 20, 2014 2:17 am (PST) . Posted by:

"KESI VIZZIANTI"

ms.Jan..Jika Menggunakan PIVOT table, masalahnya adalah jika data di update
maka di pivot tablenya tidak berubah otomatis, harus di ulangi lagi bikin
pivot table.
Ada saran lain

Pada 20 Februari 2014 09.35, KESI VIZZIANTI <kesi.vizzianti@gmail.com>menulis:

> Terima kasih Ms.Jan
> Salam
>
>
> Pada 20 Februari 2014 06.49, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>menulis:
>
>
>>
>> hai Kesi,
>>
>> coba gunakan fitur Pivot table, lalu atur letak datanya seperti ini:
>> [image: Gambar sisip 3]
>>
>> lakukan filter dengan menghilangkan tanda cek list pada nilai 0 (Nol)
>> cara pembuatan Pivot Table yang lengkap bisa dibaca di blognya mr. Kid.
>>
>> Wassalam,
>>
>> -Miss Jan Raisin-
>>
>>
>> Pada 20 Februari 2014 13.24, KESI VIZZIANTI <kesi.vizzianti@gmail.com>menulis:
>>
>>
>>>
>>> Saya mempunyai data seperti disamping kiri <===,dan akan terus di
>>> updated, dan bermaksud meringkas di kolom atas ini. TANPA menggunaka filter
>>> dengan ketentuan
>>>
>>> 1.Hanya menampilkan 1 part no saja dan jumlah akan di totalkan (sumif)
>>>
>>> 2. jika hasil dari total penjumlahan adalah kurang dari = 0 maka data
>>> tidak di tampilkan
>>>
>>> Terima kasih
>>> Salam
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
>
> --
> *Kesi Vizzianti*
> Email kesi.vizzianti@gmail.com
> Phone 0812-77176028
> Blog http://kesivizzianti.blogspot.com/
> Twitter KesiVizzianti <https://twitter.com/KesiVizzianti>
>
>
>

--
*Kesi Vizzianti*
Email kesi.vizzianti@gmail.com
Phone 0812-77176028
Blog http://kesivizzianti.blogspot.com/
Twitter KesiVizzianti <https://twitter.com/KesiVizzianti>

Thu Feb 20, 2014 2:47 am (PST) . Posted by:

"Mulki" mulki_akbar

Dear Mb Kesi,

Bantu sedikit ya .. jika ada perubahan pada data sumber tidak harus bikin ulang Pivot.
Cukup klik di area pivot tabelnya, masuk ke menu Pivot Table Tools > Options > Refresh All.

Wassalam,
Mulki

----- Original Message -----
From: KESI VIZZIANTI
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 20, 2014 4:49 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Sorting data tanpa filter

ms.Jan..Jika Menggunakan PIVOT table, masalahnya adalah jika data di update maka di pivot tablenya tidak berubah otomatis, harus di ulangi lagi bikin pivot table.

Ada saran lain

Pada 20 Februari 2014 09.35, KESI VIZZIANTI <kesi.vizzianti@gmail.com> menulis:

Terima kasih Ms.Jan

Salam

Pada 20 Februari 2014 06.49, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

hai Kesi,

coba gunakan fitur Pivot table, lalu atur letak datanya seperti ini:

lakukan filter dengan menghilangkan tanda cek list pada nilai 0 (Nol)
cara pembuatan Pivot Table yang lengkap bisa dibaca di blognya mr. Kid.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 20 Februari 2014 13.24, KESI VIZZIANTI <kesi.vizzianti@gmail.com> menulis:

Saya mempunyai data seperti disamping kiri <===,dan akan terus di updated, dan bermaksud meringkas di kolom atas ini. TANPA menggunaka filter
dengan ketentuan

1.Hanya menampilkan 1 part no saja dan jumlah akan di totalkan (sumif)

2. jika hasil dari total penjumlahan adalah kurang dari = 0 maka data tidak di tampilkan

Terima kasih

Salam

--

Kesi Vizzianti

Email kesi.vizzianti@gmail.com

Phone 0812-77176028

Blog http://kesivizzianti.blogspot.com/

Twitter KesiVizzianti

--

Kesi Vizzianti

Email kesi.vizzianti@gmail.com

Phone 0812-77176028

Blog http://kesivizzianti.blogspot.com/

Twitter KesiVizzianti

Thu Feb 20, 2014 1:51 am (PST) . Posted by:

"Liem Suliem" liemsuliem

maaf mis ternyata datanya formatnya marge centre (3 cel jadi 1)
makro sudah saya rubah

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    If Not Intersect(Target, Range("D11:D40")) Is Nothing Then
       Target.MergeCells = True
        Target.WrapText = True
        Target.EntireRow.AutoFit
    End If
End Sub

masih belum bisa.. mohon pecerahan..

Pada Kamis, 20 Februari 2014 15:51, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> menulis:

 
oke mis jawabanya adalah di tulis di shet ybs. tapi bisa gak mis
kalo langsung update. kalo makro yang mis berikan.. untuk rumus vlokup harus
di klik di formula bar baru di enter... baru makro akan berjalan..
maksunya bisa gak kalau otomatis gito lo..

maaf kalo banyak nanya.

wasalam
liem

Pada , Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> menulis:

makro ditulis di sheet yang bersangkutan ya mis

Pada Kamis, 20 Februari 2014 15:21, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

 
Hai Liem,

jawabnya bisa,
coba gunakan event Change milik si worksheet, scriptnya seperti ini:

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    If Not Intersect(Target, Range("b4:b5")) Is Nothing Then
        Target.WrapText = True
        Target.EntireRow.AutoFit
    End If
End Sub

ganti yang warna hijau dengan area yang akan ditulis datanya

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 20 Februari 2014 14.57, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> menulis:


>dh
>dear suhu (tanya lagi)
>bisa gak ya mengatur lebar cel otomatis menyesuaikan isinya (cell dalam format wrap text)
>file terlampir
>
>
>
>
>
>wasalam
>liem
>
>

Thu Feb 20, 2014 2:26 am (PST) . Posted by:

summonery

Dear kiki, Meski ada perbedaan diantara keduanya, tidak perlu khawatir, xlsb full support semua fitur yang ada pada excel 2007 up.

Thu Feb 20, 2014 3:02 am (PST) . Posted by:

"kiki tanjung" kieki_e

makasih byk sekali ya Summonery..:)

On Thursday, February 20, 2014 5:26 PM, "summonery@yahoo.com" <summonery@yahoo.com> wrote:

 
Dear kiki,
Meski ada perbedaan diantara keduanya, tidak perlu khawatir, xlsb full support semua fitur yang ada pada excel 2007 up.

Thu Feb 20, 2014 2:36 am (PST) . Posted by:

summonery

Well, sayangnya excel web apps (setau saya) belum support macro, untuk kolaborasi excel versi desktop fiturnya masih ketinggalan jauh dibandingkan versi web.

Thu Feb 20, 2014 4:04 am (PST) . Posted by:

"Mulki" mulki_akbar

Terimakasih banyak Ms. Jan atas pencerahannya. Saya coba dulu ya, mhn jgn kapok jika saya kembali bertanya :)

Semoga Allah membalas kebaikan Ms. Jan & rekan2 disini dg beribu2 kebaikan .. aamiin ...

Wassalam,
Mulki

----- Original Message -----
From: Jan Raisin
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 20, 2014 1:36 PM
Subject: Re: [belajar-excel] RE: Makro utk refresh & sort data di table

coba copas script ini ke sebuah modul, lalu assign macro ke tombol yang sudah anda buat sebelumnya:

Sub RefreshData()
Dim rgStuf As Range, xStuf As Range
Dim rgData As Range, rgHelper As Range
Dim lRow As Long

' pasang Helper di kolom A
Range("a3").Value = "Helper" ' judul header Helper
Set rgStuf = Range("l4")
Set rgStuf = Range(rgStuf, rgStuf.End(xlDown)) ' set area sisa Stuffing
For Each xStuf In rgStuf
With xStuf
lRow = .Row ' ambil nomor barisnya dulu
If .Value >= -2 And .Value <= 0 Then
Cells(lRow, 1).Value = 1 ' ini yang warna merah
ElseIf .Value >= -5 And .Value <= -3 Then
Cells(lRow, 1).Value = 2 ' ini yang warna kuning
ElseIf .Value < -5 Then
Cells(lRow, 1).Value = 3 ' ini yang warna hijau
Else
Cells(lRow, 1).Value = 4 ' ini yang gak diwarnain
End If
End With
Next xStuf

' urutkan datanya
Set rgData = Range("a3").CurrentRegion.Offset(1)
rgData.Sort key1:=Range("a3"), order1:=xlAscending, key2:=Range("k3"), order2:=xlDescending, Header:=xlYes

' hapus isi kolom helper
Set rgHelper = Range("a3").CurrentRegion.Offset(1).Resize(, 1)
rgHelper.ClearContents

' refresh pivot tablenya
Sheet1.PivotTables("PivotTable1").PivotCache.Refresh
End Sub

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 20 Februari 2014 13.27, Mulki <mulki@aop.component.astra.co.id> menulis:

Bisa kasih contoh makronya pak summonery ?
Saya blm ada gambaran seperti apa dan blm pernah coba makro jg ?

Sedangkan utk sort berdasarkan warna harapan saya bisa menggunakan makro jg pak saat tombol REFRESH dipencet.
Jadi tombol REFRESH tesbt bisa utk men-SORT data dan me-REFRESH Graphic dibawahnya.

Mohon bantuannya pak summonery.

Terimakasih atas pencerahannya.

Wassalam,
Mulki

----- Original Message -----
From: summonery@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 20, 2014 12:07 PM
Subject: [belajar-excel] RE: Makro utk refresh & sort data di table

Wlkmslm wr wb.

Pak Mulki bisa membuat macro dimulai dengan merekamnya.
Atau dalam hal refresh all bisa menggunakan shortcut key Ctrl+Alt+F5
Untuk sort berdasarkan warna --> Sort by Color --> Custom Sort --> Sort on Cell Color

>semoga bermanfaat

Thu Feb 20, 2014 4:23 am (PST) . Posted by:

"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88

Semangat pagi,

Nyambung masalah Refresh me-Refresh

Mohon pencerahannya,
adakah cara untuk Refresh/Excecute script setiap 5 Detik sekali ?!

Salam Excell-ent

On 20/02/2014 19:04, Mulki wrote:
>
> Terimakasih banyak Ms. Jan atas pencerahannya. Saya coba dulu ya, mhn
> jgn kapok jika saya kembali bertanya :)
> Semoga Allah membalas kebaikan Ms. Jan & rekan2 disini dg beribu2
> kebaikan .. aamiin ...
> Wassalam,
> Mulki
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Jan Raisin <mailto:miss.jan.raisin@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Thursday, February 20, 2014 1:36 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] RE: Makro utk refresh & sort data
> di table
>
> coba copas script ini ke sebuah modul, lalu assign macro ke tombol
> yang sudah anda buat sebelumnya:
>
> Sub RefreshData()
> Dim rgStuf As Range, xStuf As Range
> Dim rgData As Range, rgHelper As Range
> Dim lRow As Long
> ' pasang Helper di kolom A
> Range("a3").Value = "Helper" ' judul header Helper
> Set rgStuf = Range("l4")
> Set rgStuf = Range(rgStuf, rgStuf.End(xlDown)) ' set area sisa
> Stuffing
> For Each xStuf In rgStuf
> With xStuf
> lRow = .Row ' ambil nomor barisnya dulu
> If .Value >= -2 And .Value <= 0 Then
> Cells(lRow, 1).Value = 1 ' ini yang warna merah
> ElseIf .Value >= -5 And .Value <= -3 Then
> Cells(lRow, 1).Value = 2 ' ini yang warna kuning
> ElseIf .Value < -5 Then
> Cells(lRow, 1).Value = 3 ' ini yang warna hijau
> Else
> Cells(lRow, 1).Value = 4 ' ini yang gak diwarnain
> End If
> End With
> Next xStuf
> ' urutkan datanya
> Set rgData = Range("a3").CurrentRegion.Offset(1)
> rgData.Sort key1:=Range("a3"), order1:=xlAscending,
> key2:=Range("k3"), order2:=xlDescending, Header:=xlYes
> ' hapus isi kolom helper
> Set rgHelper = Range("a3").CurrentRegion.Offset(1).Resize(, 1)
> rgHelper.ClearContents
> ' refresh pivot tablenya
> Sheet1.PivotTables("PivotTable1").PivotCache.Refresh
> End Sub
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 20 Februari 2014 13.27, Mulki
> <mulki@aop.component.astra.co.id
> <mailto:mulki@aop.component.astra.co.id>> menulis:
>
> Bisa kasih contoh makronya pak summonery ?
> Saya blm ada gambaran seperti apa dan blm pernah coba makro jg ?
> Sedangkan utk sort berdasarkan warna harapan saya bisa
> menggunakan makro jg pak saat tombol REFRESH dipencet.
> Jadi tombol REFRESH tesbt bisa utk men-SORT data dan
> me-REFRESH Graphic dibawahnya.
> Mohon bantuannya pak summonery.
> Terimakasih atas pencerahannya.
> Wassalam,
> Mulki
>
> ----- Original Message -----
> *From:* summonery@yahoo.com <mailto:summonery@yahoo.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Thursday, February 20, 2014 12:07 PM
> *Subject:* [belajar-excel] RE: Makro utk refresh & sort
> data di table
>
> Wlkmslm wr wb.
>
>
> Pak Mulki bisa membuat macro dimulai dengan merekamnya.
> Atau dalam hal refresh all bisa menggunakan shortcut key
> Ctrl+Alt+F5
> Untuk sort berdasarkan warna --> Sort by Color --> Custom
> Sort --> Sort on Cell Color
>
> >semoga bermanfaat
>
>
>

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar