Jumat, 14 Februari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2785

15 New Messages

Digest #2785
2b
Re: Formula Penyebaran Data [1 Attachment] by "David Kurnia" david.kurnia1979
3a
Re: Bagaimana penulisan Range yang benar ? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: Membuat aplikasi kasir sederhana [2 Attachments] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: Formula Penyebaran Data by "Bagus" bagus4bls
7b
Re: Formula Penyebaran Data by "David Kurnia" david.kurnia1979
8a
Re: Extract Data dari Database by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8b
Re: Extract Data dari Database by "ChordJR" indra_gustian
8c
Re: Extract Data dari Database by "ChordJR" indra_gustian

Messages

Thu Feb 13, 2014 8:03 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Agung;

Coba File terlampir

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: agungtrisaksono@yahoo.co.id
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 9:55 AM
Subject: [belajar-excel] Mohon Bantuan_Laporan Harian [1 Attachment]

Dear ALL Master,

Masih bingung nich mohon bantuan & penjelasannya untuk para master semua

Thanks, B'Regard

Thu Feb 13, 2014 10:03 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai David;

Coba file terlampir

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: David Kurnia
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 8:22 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]

Dear Exceller yang budiman,

Mohon dibantu formula penyebaran datanya bagaimana jika menggunakan format seperti terlampir.

Saya ingin membuat laporan dengan kondisi sbb:
- Data terlampir ini ingin disebarkan ke dalam sheet laporan sesuai dengan kota keberadaannya dimana data tahun dan produksi juga sekaligus mengikutinya.
- Dan juga nomor yang muncul pada sheet laporan sesuai jumlah data yang terdeteksi pada tabel masing-masing

Salam,
David

From: David Kurnia <david.kurnia1979@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 13, 2014 2:34 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data

Hai Miss Jan,

Benar susunan data tersebut belum sesuai dengan kaidah database yang benar.
Maklum format tersebut dari Bos Besar jadi tidak boleh diganti-ganti.:-)
Btw, terima kasih Miss Jan.

Miss Jan dan Rekan-rekan milis,
Mohon bantuannya jika tetap menggunakan formatnya.

Terima kasih sebelumnya.

Salam,
David

From: Jan Raisin
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 13, 2014 2:03 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]

Hai David,

coba susun data sehingga berkaidah database yang baik, bahan bacaannya bisa dilihat di sini
setelah disusun sebagai tabel yang baik, maka coba manfaatkan fitur Pivot table, bahan bacaannya bisa dimulai dari sini sampai dengan bagian yang ketiga

setelah itu lakukan filter sesuai dengan lokasi,
Pivot yang tadi bisa dicopas ke sheet lain lalu ubah lokasinya melalui filter
jika ada perubahan data, cukup lakukan refresh pada pivot table pertama, secara otomatis pivot table yang lain juga akan berubah sesuai dengan data yang baru.

File terlampir sebagai awalan.. belum difilter, silakan difilter dan dicopas sendiri ke sheet yang lain sesuai dengan keinginan

salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 13 Februari 2014 12.31, David Kurnia <david.kurnia1979@yahoo.com> menulis:

Dear Master Excel,

Mohon bantuannya.
Saya ingin membuat laporan dengan kondisi sbb:
- Data terlampir ini ingin disebarkan ke dalam sheet laporan sesuai dengan kota keberadaannya dimana data tahun dan produksi juga sekaligus mengikutinya.
- Dan juga nomor yang muncul pada sheet laporan sesuai jumlah data yang terdeteksi pada tabel masing-masing

Terima kasih.
David
__._,_._

Thu Feb 13, 2014 11:46 pm (PST) . Posted by:

"David Kurnia" david.kurnia1979

Mas Bagus,
 
Terima kasih sekali Mas.
 
Mau tanya lagi boleh ya :-)
 
Jika karakter terlampir maka =char(252).
Jika yang nilai dilihat adalah nilai tanggal maka formulanya =....?
 
Terima kasih,
David
 

________________________________
From: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 1:04 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]

 

Hai David;
 
Coba file terlampir
 
 
 
Wassalam
~ Bagus ~
 
----- Original Message -----
>From: David Kurnia
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, February 14, 2014 8:22 AM
>Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]
>

>Dear Exceller yang budiman,
>Mohon dibantu formula penyebaran datanya bagaimana jika menggunakan format seperti terlampir.

>Saya ingin membuat laporan dengan kondisi sbb:
>- Data terlampir ini ingin disebarkan ke dalam sheet laporan sesuai dengan kota keberadaannya dimana data tahun dan produksi juga sekaligus mengikutinya.
>- Dan juga nomor yang muncul pada sheet laporan sesuai jumlah data yang terdeteksi pada tabel masing-masing
>
>
>Salam,
>David
>
>
>
>________________________________
>From: David Kurnia <david.kurnia1979@yahoo.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Thursday, February 13, 2014 2:34 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data
>
>
>

>Hai Miss Jan,

>Benar susunan data tersebut belum sesuai dengan kaidah database yang benar.
>Maklum format tersebut dari Bos Besar jadi tidak boleh diganti-ganti.:-)
>Btw, terima kasih Miss Jan.

>Miss Jan dan Rekan-rekan milis,
>Mohon bantuannya jika tetap menggunakan formatnya.

>Terima kasih sebelumnya.

>Salam,
>David
>
>
>
>
>
>________________________________
>From: Jan Raisin
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Thursday, February 13, 2014 2:03 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]
>
>
>

>Hai David,
>
>
>coba susun data sehingga berkaidah database yang baik, bahan bacaannya bisa dilihat di sini
>setelah disusun sebagai tabel yang baik, maka coba manfaatkan fitur Pivot table, bahan bacaannya bisa dimulai dari sini sampai dengan bagian yang ketiga
>
>
>setelah itu lakukan filter sesuai dengan lokasi,
>Pivot yang tadi bisa dicopas ke sheet lain lalu ubah lokasinya melalui filter
>jika ada perubahan data, cukup lakukan refresh pada pivot table pertama, secara otomatis pivot table yang lain juga akan berubah sesuai dengan data yang baru.
>
>
>File terlampir sebagai awalan.. belum difilter, silakan difilter dan dicopas sendiri ke sheet yang lain sesuai dengan keinginan
>
>
>salam,
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>
>Pada 13 Februari 2014 12.31, David Kurnia <david.kurnia1979@yahoo.com> menulis:
>

>>Dear Master Excel,
>>
>>
>>Mohon bantuannya.
>>Saya ingin membuat laporan dengan kondisi sbb:
>>- Data terlampir ini ingin disebarkan ke dalam sheet laporan sesuai dengan kota keberadaannya dimana data tahun dan produksi juga sekaligus mengikutinya.
>>- Dan juga nomor yang muncul pada sheet laporan sesuai jumlah data yang terdeteksi pada tabel masing-masing
>>
>>Terima kasih.
>>David
>>__._,_._
>
>
>
>

Fri Feb 14, 2014 2:29 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai David;

Coba ganti "=CHAR(252)" menjai ">0"

=IFERROR(SMALL(IF(INDEX(data!$E$8:$H$29,,F8)=CHAR(252),ROW(1:22)),ROW(1:22)),"")
Menjadi
=IFERROR(SMALL(IF(INDEX(data!$E$8:$H$29,,F8)>0,ROW(1:22)),ROW(1:22)),"")

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: David Kurnia
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 4:25 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]

Mas Bagus,

Maksudnya seperti data terlampir yang dalam tanggal.
Mungkin ada modifikasi rumus sedikit dari solusi Mas Bagus yang sebelumnya tapi saya belum ketemu juga :-)

Terima kasih banyak,
David

From: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 3:27 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data


Hai David;

Maksudnya gimana ya..?
mungkin bisa disertakan contoh workbook nya..
biar lebih memudahkah Be-Exceller memberikan solusi..

Wassalam
~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: David Kurnia
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 1:46 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data

Mas Bagus,

Terima kasih sekali Mas.

Mau tanya lagi boleh ya :-)

Jika karakter terlampir maka =char(252).
Jika yang nilai dilihat adalah nilai tanggal maka formulanya =....?

Terima kasih,
David

From: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 1:04 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]


Hai David;

Coba file terlampir

Wassalam
~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: David Kurnia
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 8:22 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]

Dear Exceller yang budiman,
Mohon dibantu formula penyebaran datanya bagaimana jika menggunakan format seperti terlampir.

Saya ingin membuat laporan dengan kondisi sbb:
- Data terlampir ini ingin disebarkan ke dalam sheet laporan sesuai dengan kota keberadaannya dimana data tahun dan produksi juga sekaligus mengikutinya.
- Dan juga nomor yang muncul pada sheet laporan sesuai jumlah data yang terdeteksi pada tabel masing-masing

Salam,
David

From: David Kurnia <david.kurnia1979@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 13, 2014 2:34 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data

Hai Miss Jan,

Benar susunan data tersebut belum sesuai dengan kaidah database yang benar.
Maklum format tersebut dari Bos Besar jadi tidak boleh diganti-ganti.:-)
Btw, terima kasih Miss Jan.

Miss Jan dan Rekan-rekan milis,
Mohon bantuannya jika tetap menggunakan formatnya.

Terima kasih sebelumnya.

Salam,
David

From: Jan Raisin
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 13, 2014 2:03 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]

Hai David,

coba susun data sehingga berkaidah database yang baik, bahan bacaannya bisa dilihat di sini
setelah disusun sebagai tabel yang baik, maka coba manfaatkan fitur Pivot table, bahan bacaannya bisa dimulai dari sini sampai dengan bagian yang ketiga

setelah itu lakukan filter sesuai dengan lokasi,
Pivot yang tadi bisa dicopas ke sheet lain lalu ubah lokasinya melalui filter
jika ada perubahan data, cukup lakukan refresh pada pivot table pertama, secara otomatis pivot table yang lain juga akan berubah sesuai dengan data yang baru.

File terlampir sebagai awalan.. belum difilter, silakan difilter dan dicopas sendiri ke sheet yang lain sesuai dengan keinginan

salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 13 Februari 2014 12.31, David Kurnia <david.kurnia1979@yahoo.com> menulis:

Dear Master Excel,

Mohon bantuannya.
Saya ingin membuat laporan dengan kondisi sbb:
- Data terlampir ini ingin disebarkan ke dalam sheet laporan sesuai dengan kota keberadaannya dimana data tahun dan produksi juga sekaligus mengikutinya.
- Dan juga nomor yang muncul pada sheet laporan sesuai jumlah data yang terdeteksi pada tabel masing-masing

Terima kasih.
David
__._,_._

Thu Feb 13, 2014 10:33 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

wakakaka...

mas Zainul gak sendirian kok...
Sebagian besar pengguna VBA melakukan demikian kok...
cuman saya ajah yang masih konservatif (maklum, didikan orang tua jaman
dulu)

rencana kumpul milis sih sedang akan didiskusikan secara intensif nih...
(mas dwint n pak Anton nih yang tahu persis)

;)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-02-14 8:24 GMT+07:00 zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <
zainul_ulum@yahoo.com>:

>
>
> waduh...
>
> ternyata aku termasuk dalam mode malas=on...
>
> terimakasih penjelasannya mas Kid...
>
>
>
> kapan kumpul-kumpul lagi-lagi?
>
>
>
> wassalam
>
> -zainul-
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* Thursday, February 13, 2014 11:09 PM
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Bagaimana penulisan Range yang benar ?
>
>
>
>
>
> hehehe....
>
> ternyata mengungkapkan segala sesuatu secara eksplisit dalam pemrograman
> adalah kebiasaan yang baik...
>
> ndak percaya ?
>
> ayo kita buktikan....
>
> ada cekrip berbunyi :
> *Dim rgAsal As Range*
>
> *Set rgAsal =** Range([E1]) 'jika ditulis Set rgAsal = [E1] maka
> hasilnya akan salah*
>
>
>
> pada coretan tentang evaluate yang ada disini<http://b-excel.blogspot.com/2013/09/ngobrolin-evaluate-di-vba-yuk.html>dijelaskan bahwa evaluate menghasilkan object range jika ekspresinya
> menghasilkan object range. Hasil evaluate akan menghasilkan nilai skalar
> kalau ekspresinya *tidak bisa *menghasilkan object range.
>
>
>
> Pada kebiasaan kebanyakan pengguna VBA, tampak sekali betapa malasnya
> menulis :
>
> [E1].value untuk mengambil isi dari cell E1
>
> yaitu dengan menulis (mode malas=on) berbunyi :
>
> [E1]
>
> contoh :
> dim sIsiCell_E1 as string, sIsiModeMalas as string
>
> sIsiCell_E1=[E1].value 'akan malas ditulis dan lebih memilih tulisan
> cekrip berbunyi :
>
> sIsiModeMalas = [E1]
> disini<http://b-excel.blogspot.com/2013/09/ngobrolin-evaluate-di-vba-yuk.html>juga dijelaskan bahwa setiap object range memiliki properti default bernama
> Value. Itu sebabnya banyak yang menulis seperti sIsiModeMalas = [E1]
>
> Ketika sudah nested seperti :
> *Set rgAsal = Range([E1])*
>
> maka kemungkinan kehilangan arah akan semakin besar.
>
> bagian *[E1]* menghasilkan object range
>
> bagian Range( ) meminta inputan berupa string (teks)
>
> karena diminta memberikan teks, maka bagian *[E1]* akan mengambilkan
> properti default dari range yang bernama Value.
>
> Jadi, sebenarnya, bagian :
> *Set rgAsal = Range([E1])*
>
> sama dengan penulisan mode rajin=on berbunyi :
> *Set rgAsal = Range([E1].value)*
>
> Kalau sudah sampai sini, maka akan jelas tampak, kenapa kok berbeda antara
> :
>
> *Set rgAsal =** Range([E1])*
>
> dengan
> *Set rgAsal = [E1]*
>
> So... beberapa karakter yang membuat jelas segala sesuatu bukanlah
> perlambatan, tetapi sesungguhnya percepatan dengan keamanan penuh.
>
> Wassalam,
>
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-02-13 22:24 GMT+07:00 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>:
>
>
>
> Dear Be-Excellers,
>
> Salah satu kesulitan dalam bermacro adalah pemahaman object dan variabel
> serta penulisannya.
>
> Meskipun Mr. Kid telah banyak bercerita mengenai VBA, namun ada satu hal
> yang buat saya "masih mengganjal" (ga sesuai dengan nalar orang awam),
> yaitu bagaimana penulisan range yang benar dan bagaimana penggunaannya.
>
>
>
> Macro ini saya kutip dari "jawaban" pak Zainal sebelumnya. Tujuan dari
> macro di bawah ini adalah untuk mengcopy beberapa sel yang tersebar ke
> dalam satu Range yang berurutan, dengan bantuan Range("E1").
>
> *Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As
> Boolean)*
>
> * Dim rgAsal As Range, rg As Range, i As Integer*
>
> * Set rgAsal = Range([E1]) 'jika ditulis Set rgAsal = [E1] maka
> hasilnya akan salah*
>
> * i = -1*
>
> * For Each rg In rgAsal*
>
> * i = i + 1*
>
> * [F1].Offset(i, 0) = rg.Value*
>
> * Next*
>
>
>
> * Cancel = True*
>
> *End Sub*
>
>
>
> *Pertanyaan :*
>
> Jika penulisan range *[F1]* cukup ditulis *[F1]* saja maka seharusnya
> *Range([E1])* cukup ditulis *[E1]* saja.
>
> Tetapi jika pada VBE Sheet *Range([E1])* kita ganti dengan *[E1]* maka
> hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.
>
> *Mengapa ?*
>
> *Untuk lebih jelasnya saya lampirkan file yang berisi macro tersebut.*
>
> Salam,
> HK
>
>
>
>
>
>
>

Thu Feb 13, 2014 11:06 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Imers;

Coba ganti "*" menjadi "," :

=SUMPRODUCT((H6=A3:A10)*(B2:F2=H7) * B3:F10)
Menjadi
=SUMPRODUCT((H6=A3:A10)*(B2:F2=H7) , B3:F10)

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Ferdinan Imers
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 8:37 AM
Subject: [belajar-excel] HELP SUMPRODUCT not work dalam table angka dan huruf [1 Attachment]

HELP MASSTER
Sumproduct tidak berfungsi jika cel merah diisi huruf , kecuali nilai cel yg merah diganti angka atau di kosongkan

pertanyaan :

Gimana supaya sumproduct berfungi dalam tabel campuran angka dan huruf( campur aduk?)
file terlampir

trims sbelmnya

Thu Feb 13, 2014 11:26 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Ikutan ya..

coba gunakan fungsi Index - Match
syntax untuk Index adalah sbb:
=Index( range_data , nomor_index_baris , nomor_index_kolom )

Untuk mengetahui nomor indeks baris dan kolom yang digunakan diperlukan
fungsi Match
syntax untuk Match adalah sbb:
=Match( nilai_yang_dicari , range_pencarian , type )

type jika = 0 , akan mencari nilai yang sama persis
type jika = 1 , akan mencari nilai yang sama, jika tidak ditemukan maka
akan mengambil nilai terbesar sebelumnya
type jika = -1 , akan mencari nilai yang sama, jika tidak ditemukan maka
akan mengambil nilai terkecil setelahnya

untuk penggunaan type 1 atau -1 maka data harus diurutkan dahulu secara
Ascending

hasil penggabungan menjadi:
=Index( range_data , Match( nilai_yang_dicari , range_pencarian , type
) , Match(
nilai_yang_dicari , range_pencarian , type ) )

file terlampir

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 14 Februari 2014 14.06, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:

>
>
> Hai Imers;
>
> Coba ganti "*" menjadi "," :
>
> =SUMPRODUCT((H6=A3:A10)*(B2:F2=H7) * B3:F10)
> Menjadi
> =SUMPRODUCT((H6=A3:A10)*(B2:F2=H7) , B3:F10)
>
>
>
> Wassalam
>
> ~ Bagus ~
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Ferdinan Imers <ferdinan36@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, February 14, 2014 8:37 AM
> *Subject:* [belajar-excel] HELP SUMPRODUCT not work dalam table angka dan
> huruf [1 Attachment]
>
>
>
> HELP MASSTER
> Sumproduct tidak berfungsi jika cel merah diisi huruf , kecuali nilai cel
> yg merah diganti angka atau di kosongkan
>
>
> pertanyaan :
>
> Gimana supaya sumproduct berfungi dalam tabel campuran angka dan huruf(
> campur aduk?)
> file terlampir
>
>
> trims sbelmnya
>
>
>

Thu Feb 13, 2014 11:39 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Pak Mulki,

bantu solusi untuk beberapa pertanyaan yang Jan bisa ya.. (yang tidak bisa
akan jadi PR buat Jan, atau mungkin akan dijawab oleh Be-Exceller yang lain)
1. Untuk mengubah format tanggal
a. Tanggal tidak boleh berisi data bertipe Text/String atau kosong,
jika ada data kosong harus diganti dengan nilai 0 (nol)
b. Perubahan dilakukan di Pivot Table --bukan di Pivot Chart-- dengan
cara klik kanan dan pilih Field Setting >> Number >> Date
>> selama ada data bertipe Text/String maka langkah di atas tidak
akan mengubah tampilan pada Pivot Chart

2. Untuk membuat Secondary Axis
a. Klik salah satu grafik batang yang ada
b. Ubah dahulu menjadi bentuk lain, misal Line melalui Change Chart Type
c. Klik lagi grafik baris yang sudah terbentuk
d. Klik kanan lalu pilih Format Data Series
e. beri tanda pada Secondary Axis

Untuk pertanyaan yang lain mungkin ada Be-Exceller yang bersedia berbagi
ilmunya.. silakan ^_^

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 14 Februari 2014 10.48, Mulki <mulki@aop.component.astra.co.id>menulis:

>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
>
> Terimakasih atas sarannya Miss. Jan dan alhamdulillah sudah saya lakukan
> dg hasilnya bisa dilihat pd lampiran.
>
> Apa yg saya buat blm 100% sesuai keinginan karena ada bbrp informasi yg
> perlu ditampilkan pd grafik dan saya binggung bagaimana caranya supaya
> grafikpun keliatan tetap menarik dan informatif.
>
> Kiranya Miss. Jan dan rekan2 bisa memberikan masukan dan pencerahan atas
> pertanyaan yg saya lampirkan pada file attachment ini.
>
> Terimakasih atas bantuan dan pencerahannya.
>
>
> Wassalam,
> Mulki
>
>

Thu Feb 13, 2014 11:44 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

ayo BeExceller,

siapa yang mau membuatkan aplikasi jadi dari thread ini ?
bila perlu, silakan di-rembug dengan penanya.

atau mungkin penanya mau mencoba membuat sendiri ?
kalau mau, berarti yang harus dipelajari adalah :
1. formula vLookUp
2. fitur Excel Table
3. VBA

Materi tentang VBA sudah ada di blog milis... moga-moga sempat dipelajari :(

Wassalam,
Kid.

2014-02-14 5:30 GMT+07:00 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>:

>
>
> Oh ya maaf saya ingin menambahkan, Oh ya sistem dari Barcode scanner
> yaitu selalu hasilnya dari CELL PERTAMA SAYA KLIK misal saya scan produk
> saya yang Stuck on stories mickey mouse dengan kode 201001 (201001)
> diCell A1, maka selanjutnya hasilnya akan selalu berada di bawah A1 yaitu
> A2, A3, A4, A,5 dstnya tidak pernah lompat2 lain ke Cell lain Misal B1 atau
> D1 (Penjelasan ini mungkin diperlukan yang tidak mengerti tentang sistem
> kerja barcode). lebih lanjut terlampir ya para bapak2 dan ibu2 master
> excel.Terima kasih sebelumnya
>
>
> ----------------------------------------------------------
> Pada Kamis, 13 Februari 2014 17:31, Tjahya Hartono <
> tjahyahartono@yahoo.co.id> menulis:
>
> Saya ingin menanyakan bagaimana cara membuat aplikasi sederhana untuk
> kasir, kebetulan perusahaan tempat saya bekerja membutuhkan aplikasi
> seperti ini, Mohon bantuan untuk para master excel untuk sekiranya
> menyelesaikan problem saya ini. Berikut saya sertakan data terlampir.
>
> Salam Be-Exceller,
>
> Tjahya Hartono
>
>
>
>
>

Fri Feb 14, 2014 12:27 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai David;

Maksudnya gimana ya..?
mungkin bisa disertakan contoh workbook nya..
biar lebih memudahkah Be-Exceller memberikan solusi..

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: David Kurnia
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 1:46 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data

Mas Bagus,

Terima kasih sekali Mas.

Mau tanya lagi boleh ya :-)

Jika karakter terlampir maka =char(252).
Jika yang nilai dilihat adalah nilai tanggal maka formulanya =....?

Terima kasih,
David

From: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 1:04 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]


Hai David;

Coba file terlampir

Wassalam
~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: David Kurnia
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 8:22 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]

Dear Exceller yang budiman,
Mohon dibantu formula penyebaran datanya bagaimana jika menggunakan format seperti terlampir.

Saya ingin membuat laporan dengan kondisi sbb:
- Data terlampir ini ingin disebarkan ke dalam sheet laporan sesuai dengan kota keberadaannya dimana data tahun dan produksi juga sekaligus mengikutinya.
- Dan juga nomor yang muncul pada sheet laporan sesuai jumlah data yang terdeteksi pada tabel masing-masing

Salam,
David

From: David Kurnia <david.kurnia1979@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 13, 2014 2:34 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data

Hai Miss Jan,

Benar susunan data tersebut belum sesuai dengan kaidah database yang benar.
Maklum format tersebut dari Bos Besar jadi tidak boleh diganti-ganti.:-)
Btw, terima kasih Miss Jan.

Miss Jan dan Rekan-rekan milis,
Mohon bantuannya jika tetap menggunakan formatnya.

Terima kasih sebelumnya.

Salam,
David

From: Jan Raisin
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 13, 2014 2:03 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]

Hai David,

coba susun data sehingga berkaidah database yang baik, bahan bacaannya bisa dilihat di sini
setelah disusun sebagai tabel yang baik, maka coba manfaatkan fitur Pivot table, bahan bacaannya bisa dimulai dari sini sampai dengan bagian yang ketiga

setelah itu lakukan filter sesuai dengan lokasi,
Pivot yang tadi bisa dicopas ke sheet lain lalu ubah lokasinya melalui filter
jika ada perubahan data, cukup lakukan refresh pada pivot table pertama, secara otomatis pivot table yang lain juga akan berubah sesuai dengan data yang baru.

File terlampir sebagai awalan.. belum difilter, silakan difilter dan dicopas sendiri ke sheet yang lain sesuai dengan keinginan

salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 13 Februari 2014 12.31, David Kurnia <david.kurnia1979@yahoo.com> menulis:

Dear Master Excel,

Mohon bantuannya.
Saya ingin membuat laporan dengan kondisi sbb:
- Data terlampir ini ingin disebarkan ke dalam sheet laporan sesuai dengan kota keberadaannya dimana data tahun dan produksi juga sekaligus mengikutinya.
- Dan juga nomor yang muncul pada sheet laporan sesuai jumlah data yang terdeteksi pada tabel masing-masing

Terima kasih.
David
__._,_._

Fri Feb 14, 2014 1:59 am (PST) . Posted by:

"David Kurnia" david.kurnia1979

Mas Bagus,
 
Maksudnya seperti data terlampir yang dalam tanggal.
Mungkin ada modifikasi rumus sedikit dari solusi Mas Bagus yang sebelumnya tapi saya belum ketemu juga :-)
 
Terima kasih banyak,
David

________________________________
From: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 14, 2014 3:27 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data

 

Hai David;
 
Maksudnya gimana ya..?
mungkin bisa disertakan contoh workbook nya..
biar lebih memudahkah Be-Exceller memberikan solusi..
 
 
Wassalam
~ Bagus ~
 
----- Original Message -----
>From: David Kurnia
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, February 14, 2014 1:46 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data
>

>Mas Bagus,

>Terima kasih sekali Mas.

>Mau tanya lagi boleh ya :-)

>Jika karakter terlampir maka =char(252).
>Jika yang nilai dilihat adalah nilai tanggal maka formulanya =....?
>
>Terima kasih,
>David
>
>
>________________________________
>From: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Friday, February 14, 2014 1:04 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]
>
>
>

>
>Hai David;

>Coba file terlampir



>Wassalam
>~ Bagus ~

>----- Original Message -----
>>From: David Kurnia
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Friday, February 14, 2014 8:22 AM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]
>>
>> 
>>Dear Exceller yang budiman,
>>Mohon dibantu formula penyebaran datanya bagaimana jika menggunakan format seperti terlampir.
>> 
>>Saya ingin membuat laporan dengan kondisi sbb:
>>- Data terlampir ini ingin disebarkan ke dalam sheet laporan sesuai dengan kota keberadaannya dimana data tahun dan produksi juga sekaligus mengikutinya.
>>- Dan juga nomor yang muncul pada sheet laporan sesuai jumlah data yang terdeteksi pada tabel masing-masing
>>
>>
>>Salam,
>>David
>>
>>
>>
>>________________________________
>>From: David Kurnia <david.kurnia1979@yahoo.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Thursday, February 13, 2014 2:34 PM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data
>>
>>
>>
>> 
>>Hai Miss Jan,
>> 
>>Benar susunan data tersebut belum sesuai dengan kaidah database yang benar.
>>Maklum format tersebut dari Bos Besar jadi tidak boleh diganti-ganti.:-)
>>Btw, terima kasih Miss Jan.
>> 
>>Miss Jan dan Rekan-rekan milis,
>>Mohon bantuannya jika tetap menggunakan formatnya.
>> 
>>Terima kasih sebelumnya.
>> 
>>Salam,
>>David
>>
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>>From: Jan Raisin
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Thursday, February 13, 2014 2:03 PM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Formula Penyebaran Data [1 Attachment]
>>
>>
>>
>> 
>>Hai David,
>>
>>
>>coba susun data sehingga berkaidah database yang baik, bahan bacaannya bisa dilihat di sini
>>setelah disusun sebagai tabel yang baik, maka coba manfaatkan fitur Pivot table, bahan bacaannya bisa dimulai dari sini sampai dengan bagian yang ketiga
>>
>>
>>setelah itu lakukan filter sesuai dengan lokasi,
>>Pivot yang tadi bisa dicopas ke sheet lain lalu ubah lokasinya melalui filter
>>jika ada perubahan data, cukup lakukan refresh pada pivot table pertama, secara otomatis pivot table yang lain juga akan berubah sesuai dengan data yang baru.
>>
>>
>>File terlampir sebagai awalan.. belum difilter, silakan difilter dan dicopas sendiri ke sheet yang lain sesuai dengan keinginan
>>
>>
>>salam,
>>
>>
>>-Miss Jan Raisin-
>>
>>
>>
>>Pada 13 Februari 2014 12.31, David Kurnia <david.kurnia1979@yahoo.com> menulis:
>>
>> 
>>>Dear Master Excel,
>>>
>>>
>>>Mohon bantuannya.
>>>Saya ingin membuat laporan dengan kondisi sbb:
>>>- Data terlampir ini ingin disebarkan ke dalam sheet laporan sesuai dengan kota keberadaannya dimana data tahun dan produksi juga sekaligus mengikutinya.
>>>- Dan juga nomor yang muncul pada sheet laporan sesuai jumlah data yang terdeteksi pada tabel masing-masing
>>>
>>>Terima kasih.
>>>David
>>>__._,_._
>>
>>
>>
>>
>
>

Fri Feb 14, 2014 12:42 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Indra,

Boleh ndak kalo BeExceller diberi penjelasan yang lebih detil tentang
datanya ada dimana, mau diapakan, hasilnya seperti apa (minimal hasil kerja
manualnya), yang sudah dicoba apa saja, script tersebut rencananya buat apa
dan segalanya lah.

File lampiran akan membantu. Cukup contoh data, ndak perlu seluruh data
kerja, yang penting mewakili kasus. Jangan sampai lebih dari 250KB ya...

Penjelasan singkatnya bisa diletakkan di body email. Penjelasan detil dalam
workbook yang dilampirkan akan lebih baik lagi.

Kalau ndak ada keterangan lebih lanjut, bisa-bisa ndak akan ada yang reply
nanti...

Wassalam,
Kid.

2014-02-13 10:29 GMT+07:00 ChordJR <vendeta_06@yahoo.co.id>:

>
>
> Assalamualaikum Wr. Wb.
>
> Minta bantuan dari pada master untuk coding macro yang sudah ada sebelum
> saya bekerja,karena ilmu saya yang masih awam mohon di berikan coding
> yang tepat...karena saya mencoba untuk membuat file baru dengan bagan
> yang sama tapi tidak bisa bekerja...saya rasa mungkin ada kekurangan
> pada macro ini...
>
> Option Explicit
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> If Target.Row = 2 And Target.Column = 4 Then
> 'calculate criteria cell in case calculation mode is manual
> Sheets("DATA").Range("Criteria").Calculate
> Worksheets("DATA").Range("database") _
> .AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
> CriteriaRange:=Sheets("DATA").Range("criteria"), _
> CopyToRange:=Range("A8:Ay8"), Unique:=False
> End If
> End Sub
>
> *Untuk Name Range pada sheet Data :
> criteria=DATA!$B$1:$B$2
> database=DATA!$B$4:$DJ$30000
>
> Saya rasa dengan penjelasan singkat ini dapat di mengerti oleh para
> master...karena untuk mengupload file terlalu besar sizenya...
>
> Wassalam,
>
> Indra
>
> ----- Mods -----
> Sample data dengan ukuran <= 250 KB akan lebih memudahkan calon penanggap
> silakan kirim sample workbook, tidak harus data asli, jumlah data tidak
> perlu banyak
> yang penting mewakili kasus yang ditanyakan.
>
> Berikan juga keterangan, apa2 saja yang diinginkan termasuk contoh hasil
> manual
> ____________
>
>
>

Fri Feb 14, 2014 3:13 am (PST) . Posted by:

"ChordJR" indra_gustian

Saya lupa menjelaskan menjalankan prosedurnya :
Pada sheet Selected Data,menggunakan workbook change...pada saat merubah
Job Number otomatis akan mengambil data dari Database

Salam,

Indra

On 2/14/2014 3:42 PM, Mr. Kid wrote:
> Hai Indra,
>
> Boleh ndak kalo BeExceller diberi penjelasan yang lebih detil tentang
> datanya ada dimana, mau diapakan, hasilnya seperti apa (minimal hasil
> kerja manualnya), yang sudah dicoba apa saja, script tersebut
> rencananya buat apa dan segalanya lah.
>
> File lampiran akan membantu. Cukup contoh data, ndak perlu seluruh
> data kerja, yang penting mewakili kasus. Jangan sampai lebih dari
> 250KB ya...
>
> Penjelasan singkatnya bisa diletakkan di body email. Penjelasan detil
> dalam workbook yang dilampirkan akan lebih baik lagi.
>
> Kalau ndak ada keterangan lebih lanjut, bisa-bisa ndak akan ada yang
> reply nanti...
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-02-13 10:29 GMT+07:00 ChordJR <vendeta_06@yahoo.co.id
> <mailto:vendeta_06@yahoo.co.id>>:
>
> Assalamualaikum Wr. Wb.
>
> Minta bantuan dari pada master untuk coding macro yang sudah ada
> sebelum
> saya bekerja,karena ilmu saya yang masih awam mohon di berikan coding
> yang tepat...karena saya mencoba untuk membuat file baru dengan bagan
> yang sama tapi tidak bisa bekerja...saya rasa mungkin ada kekurangan
> pada macro ini...
>
> Option Explicit
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> If Target.Row = 2 And Target.Column = 4 Then
> 'calculate criteria cell in case calculation mode is manual
> Sheets("DATA").Range("Criteria").Calculate
> Worksheets("DATA").Range("database") _
> .AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
> CriteriaRange:=Sheets("DATA").Range("criteria"), _
> CopyToRange:=Range("A8:Ay8"), Unique:=False
> End If
> End Sub
>
> *Untuk Name Range pada sheet Data :
> criteria=DATA!$B$1:$B$2
> database=DATA!$B$4:$DJ$30000
>
> Saya rasa dengan penjelasan singkat ini dapat di mengerti oleh para
> master...karena untuk mengupload file terlalu besar sizenya...
>
> Wassalam,
>
> Indra
>
> ----- Mods -----
> Sample data dengan ukuran <= 250 KB akan lebih memudahkan calon
> penanggap
> silakan kirim sample workbook, tidak harus data asli, jumlah data
> tidak perlu banyak
> yang penting mewakili kasus yang ditanyakan.
>
> Berikan juga keterangan, apa2 saja yang diinginkan termasuk contoh
> hasil manual
> ____________
>
>
>

Fri Feb 14, 2014 3:23 am (PST) . Posted by:

"ChordJR" indra_gustian

Berikut contoh file yang terjadi error pada VBA...

Minta bantuan dari pada master untuk coding macro yang sudah ada sebelum
saya bekerja,karena ilmu saya yang masih awam mohon di berikan coding
yang tepat...karena saya mencoba untuk membuat file baru dengan bagan
yang sama tapi tidak bisa bekerja...saya rasa mungkin ada kekurangan
pada macro ini...

Option Explicit
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Target.Row = 2 And Target.Column = 4 Then
'calculate criteria cell in case calculation mode is manual
Sheets("DATA").Range("Criteria").Calculate
Worksheets("DATA").Range("database") _
.AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
CriteriaRange:=Sheets("DATA").Range("criteria"), _
CopyToRange:=Range("A8:Ay8"), Unique:=False
End If
End Sub

Pertanyaan saya :
Apa yang membuat macro ini error,sedangkan tanpa merubah format dan
isi"nya pada file sebelumnya bisa running??Mohon di jelaskan juga
bagaimana alur"nya...

Salam,

Indra

On 2/14/2014 3:42 PM, Mr. Kid wrote:
> Hai Indra,
>
> Boleh ndak kalo BeExceller diberi penjelasan yang lebih detil tentang
> datanya ada dimana, mau diapakan, hasilnya seperti apa (minimal hasil
> kerja manualnya), yang sudah dicoba apa saja, script tersebut
> rencananya buat apa dan segalanya lah.
>
> File lampiran akan membantu. Cukup contoh data, ndak perlu seluruh
> data kerja, yang penting mewakili kasus. Jangan sampai lebih dari
> 250KB ya...
>
> Penjelasan singkatnya bisa diletakkan di body email. Penjelasan detil
> dalam workbook yang dilampirkan akan lebih baik lagi.
>
> Kalau ndak ada keterangan lebih lanjut, bisa-bisa ndak akan ada yang
> reply nanti...
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2014-02-13 10:29 GMT+07:00 ChordJR <vendeta_06@yahoo.co.id
> <mailto:vendeta_06@yahoo.co.id>>:
>
> Assalamualaikum Wr. Wb.
>
> Minta bantuan dari pada master untuk coding macro yang sudah ada
> sebelum
> saya bekerja,karena ilmu saya yang masih awam mohon di berikan coding
> yang tepat...karena saya mencoba untuk membuat file baru dengan bagan
> yang sama tapi tidak bisa bekerja...saya rasa mungkin ada kekurangan
> pada macro ini...
>
> Option Explicit
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> If Target.Row = 2 And Target.Column = 4 Then
> 'calculate criteria cell in case calculation mode is manual
> Sheets("DATA").Range("Criteria").Calculate
> Worksheets("DATA").Range("database") _
> .AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
> CriteriaRange:=Sheets("DATA").Range("criteria"), _
> CopyToRange:=Range("A8:Ay8"), Unique:=False
> End If
> End Sub
>
> *Untuk Name Range pada sheet Data :
> criteria=DATA!$B$1:$B$2
> database=DATA!$B$4:$DJ$30000
>
> Saya rasa dengan penjelasan singkat ini dapat di mengerti oleh para
> master...karena untuk mengupload file terlalu besar sizenya...
>
> Wassalam,
>
> Indra
>
> ----- Mods -----
> Sample data dengan ukuran <= 250 KB akan lebih memudahkan calon
> penanggap
> silakan kirim sample workbook, tidak harus data asli, jumlah data
> tidak perlu banyak
> yang penting mewakili kasus yang ditanyakan.
>
> Berikan juga keterangan, apa2 saja yang diinginkan termasuk contoh
> hasil manual
> ____________
>
>
>

Fri Feb 14, 2014 3:06 am (PST) . Posted by:

compilationgirl

Halo,

Saya adalah anggota baru di milis ini,dan saya juga pemula di bidang macro excel vba.

Saya juga sudah browsing topik2 pembahasan di milis, banyak sekali yang bisa saya pelajari (juga blog Mr Kid).

Kalau boleh tanya,mungkin moderator atau pembaca bisa memberikan contoh link kasus dari milis ini yang cocok untuk pemula dan mungkin sampai tingkat lanjut.

Saya sudah copy link beberapa kasus dan juga sudah dl file nya, tapi mungkin yang lain bisa info lebih lanjut?

Thanks.



Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar