Selasa, 11 Februari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2780

15 New Messages

Digest #2780
1a
Re: Bls: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2b
2c
3a
3b
Re: Pivot Table dan Form PR by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
4b
Re: Menghilangkan tanda koma dibelakang angka by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
5
6a
Re: duplikasi banyak kolom [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8

Messages

Tue Feb 11, 2014 8:28 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Pak ASL,
Ini revisinya, mudah2an bisa dikembangkan lebih lanjut oleh rekan lainnya.
- Tombol2 pada sheet "Prosesdata" bisa di move ke Sheet Gabung dan sheet "Prosesdata" bisa dihapus.
- Jika hanya untuk laporan kas dan bank maka saldo awalnya bisa ditulis manual dan sheet COA bisa dihapus.
- Macro bisa disesuaikan bisa juga tidak karena sdh ada perintah "On Error Resume Next" ---> jika Error maka dilanjutkan ke proses berikutnya artinya walaupun sheet "Prosesdata" dan "COA" sdh dihapus proses bisa jalan terus.

Salam sukses,
HK

On Tuesday, 11 February 2014, 16:19, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Mr Hk,
saya setuju dengan format file gabungannya yang Mr HK berikan, mohon macronya dibuatkan penjelasannya ya... heran udah berkali2 ditambahin penjelasan macro... saya gak mudeng2 melulu. :).
betul saya memang diribetkan dengan penyajian dan laporan kas&bank.  saya saya mencoba untuk memanfaatkan laporan kas bank yang dibuat oleh bagian kasir, tanpa harus menginput data tsb dari awal, tinggal menambahkan kode2 rekening masing2 transaksi.

oh ya Mr HK, kalau Mr Andre data2 yang digabung terdiri dari beberapa file yang berada pada sheet1, bagaimana kalau data2 tsb yang digabung berada pada sheet sheet yang ada di file yang sama (file gabungan). maksudnya file HK_FILE_GABUNG.XLSM tsb berisi sheet Prosesdata, sheet COA, sheet hasil gabungan, sheet jan, sheet feb dst. yang mana sheet jan, sheet feb dst digabungkan didalam sheet hasil gabungan. begitu.

Sangat membantu apabila saya mendapatkan revisi macro dengan model Mr Andre dan macro konsep saya.

Terima kasih,

ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Tue, 11 Feb 2014 00:23:32 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain [1 Attachment]

 

Pak ASL,
Kelihatannya Bapak masih dipusingkan dengan masalah penyajian dan penjumlahan buku besar (laporan kas dan bank).
Untuk memudahkan dan konsitensi proses, saya usulkan sedikit perubahan format pada file gabungan:
' Saldo Awal mengambil dari daftar COA yang ada Saldo awalnya (dengan fungsi Vlookup). Saldo tersebut ditulis pada sel F6.
- Mutasi (tidak termasuk total) Debit dan Kredit bulanan (File_1, dst.nya) disalin ke file gabungan dengan macro yang telah saya buat (mulai dari baris ke7 (kolom A s/d E) ---> Macro tsb akan saya modifikasi sedikit.
- Penjumlahan Debit dan Kredit pada bagian bawah transaksi dan Saldo Akhir pada masing2 baris bisa saya buatkan macronya. Saldo Akhir akan tercantum pada kolom F paling bawah.

Untuk lebih jelasnya saya lampirkan contoh format file gabungannya.

Jika Bapak setuju dengan usulan format tsb maka saya akan coba modifikasi program sebelumnya dengan tambahan program untuk menghitung saldonya.

Salam,
HK

On Tuesday, 11 February 2014, 14:07, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Dear Mr HK,
saya tertarik dengan macronya. dan mudah-mudahan Mr HK bisa membantu.
Masing2 file sheetnya saya tambahkan judul dari A1:A5 (baris A4nya saya kosongkan).
data
masing2 file di sheet1 tsb dapat digabungkan di file gabung sheet db.
Cuman saya gak tahu ngutak ngatik macronya agar di sheet DB dapat
diberikan Judul seperti pada file2 lainnya. gimana caranya agar file
pertama dicopy mulai dari baris A6, sementara file2 lainnya dicopy mulai
dari A7 dan pada file terakhir datanya dicopy mulai dari A7 plus 2
baris penutup, sehingga hasilnya seperti di sheet DB (2). untuk lebih jelasnya saya lampirkan file2 tsb.

Terima kasih,

ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Thu, 6 Feb 2014 23:51:06 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain [1 Attachment]

 

Hai Andree,

Terlampir jawabannya (pake sistim buka tutup file).

File gabungan saya ganti namanya karena kalau pakai BOOK1 bentrok dengan default file komputer.

File .rar diextract dulu ke folder D:\, sehingga akan ada folder D:\Belajar_Excel

Salam,
HK

On Friday, 7 February 2014, 11:17, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:

 
Dear Pak Hendrik n Pak soni

terlampir folder yang didalamnya ada 4 file excel, 1 file excel (book1) ada sheet DB dalam file tsb yang merupakan copy paste terhadap file excel yang lain (file_1,File_2,File_3).

wassalam
andree

Pada Kamis, 6 Februari 2014 18:47, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

 
Seperti saran pak Sony, coba kirim dummy file yang akan dicopy dan hasil yang diinginkan pada blank "format" file.

Salam,
HK

On Friday, 7 February 2014, 9:37, "sony.ario1@gmail.com" <sony.ario1@gmail.com> wrote:

 
Halo Andre,

Untuk lebih mudah nya coba tolong lampirkan contoh file tujuannya, dengan format blank tsb, plus kondisi file yang akan di copy tsb apakah ada di directory yang sama dalam kondisi tertutup atau seperti apa ?

Ditunggu ya..

Salam
Sony
Powered by paid monthly bills®
________________________________

From: andree_bpdsumbar@yahoo.co.id
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 06 Feb 2014 22:31:56 +0700
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain
 
Malam pak hendrik
Sebenarnya yang saya ingin ada perintah macro excel untuk mengcopy paste suatu file excel yang terdiri banyak file yang isi dalam file excel tersebut saya copy paste ke satu file excel yang kosong/blank.. jadi inti file excel banyak tadi isinya saya gabung di dalam sheet excel copy paste value dengan perintah macro excel.. mohon petunjuknya pak hendrik

Wassalam
Andree
Sent from my BlackBerry 10 smartphone.
From: hendrik karnadi
Sent: Thursday, 6 February 2014 21:05
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Reply To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain

 
Hai Andre,
Pada dasarnya bisa, asalkan filenya terbuka (atau buka dulu lalu tutup).
Sheet/Range sumber dan tujuan harus jelas.

Salam,
HK 

On Thursday, 6 February 2014, 20:48, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:

 
Sore Beexceler

saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong tadi.

wassalam
andre

Tue Feb 11, 2014 11:48 am (PST) . Posted by:

"Andre Rahmaidy" andree_bpdsumbar

Sore Pak Hendrik
kenapa ya file macro yang saya download ga jalan ya di laptop saya padahal direktori nya udah sesuai di f:/Belajar_excel.. mohon bantuannya pak Hendrik.

Pada Selasa, 11 Februari 2014 14:07, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:

 
Dear Mr HK,
saya tertarik dengan macronya. dan mudah-mudahan Mr HK bisa membantu.
Masing2 file sheetnya saya tambahkan judul dari A1:A5 (baris A4nya saya kosongkan).
data
masing2 file di sheet1 tsb dapat digabungkan di file gabung sheet db.
Cuman saya gak tahu ngutak ngatik macronya agar di sheet DB dapat
diberikan Judul seperti pada file2 lainnya. gimana caranya agar file
pertama dicopy mulai dari baris A6, sementara file2 lainnya dicopy mulai
dari A7 dan pada file terakhir datanya dicopy mulai dari A7 plus 2
baris penutup, sehingga hasilnya seperti di sheet DB (2). untuk lebih jelasnya saya lampirkan file2 tsb.

Terima kasih,

ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Thu, 6 Feb 2014 23:51:06 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain [1 Attachment]

 

Hai Andree,

Terlampir jawabannya (pake sistim buka tutup file).

File gabungan saya ganti namanya karena kalau pakai BOOK1 bentrok dengan default file komputer.

File .rar diextract dulu ke folder D:\, sehingga akan ada folder D:\Belajar_Excel

Salam,
HK

On Friday, 7 February 2014, 11:17, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:

 
Dear Pak Hendrik n Pak soni

terlampir folder yang didalamnya ada 4 file excel, 1 file excel (book1) ada sheet DB dalam file tsb yang merupakan copy paste terhadap file excel yang lain (file_1,File_2,File_3).

wassalam
andree

Pada Kamis, 6 Februari 2014 18:47, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

 
Seperti saran pak Sony, coba kirim dummy file yang akan dicopy dan hasil yang diinginkan pada blank "format" file.

Salam,
HK

On Friday, 7 February 2014, 9:37, "sony.ario1@gmail.com" <sony.ario1@gmail.com> wrote:

 
Halo Andre,

Untuk lebih mudah nya coba tolong lampirkan contoh file tujuannya, dengan format blank tsb, plus kondisi file yang akan di copy tsb apakah ada di directory yang sama dalam kondisi tertutup atau seperti apa ?

Ditunggu ya..

Salam
Sony
Powered by paid monthly bills®
________________________________

From: andree_bpdsumbar@yahoo.co.id
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 06 Feb 2014 22:31:56 +0700
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain
 
Malam pak hendrik
Sebenarnya yang saya ingin ada perintah macro excel untuk mengcopy paste suatu file excel yang terdiri banyak file yang isi dalam file excel tersebut saya copy paste ke satu file excel yang kosong/blank.. jadi inti file excel banyak tadi isinya saya gabung di dalam sheet excel copy paste value dengan perintah macro excel.. mohon petunjuknya pak hendrik

Wassalam
Andree
Sent from my BlackBerry 10 smartphone.
From: hendrik karnadi
Sent: Thursday, 6 February 2014 21:05
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Reply To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain

 
Hai Andre,
Pada dasarnya bisa, asalkan filenya terbuka (atau buka dulu lalu tutup).
Sheet/Range sumber dan tujuan harus jelas.

Salam,
HK 

On Thursday, 6 February 2014, 20:48, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:

 
Sore Beexceler

saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong tadi.

wassalam
andre

Tue Feb 11, 2014 6:04 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Setelah saya teliti apa yang bapak tulis, kemungkinan penulisan tanda Sub Directory nya terbalik.
Tertulis F:/Belajar_Excel seharusnya F:\Belajar_Excel

Salam,
HK

On Wednesday, 12 February 2014, 2:49, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:

 
Sore Pak Hendrik
kenapa ya file macro yang saya download ga jalan ya di laptop saya padahal direktori nya udah sesuai di f:/Belajar_excel.. mohon bantuannya pak Hendrik.

Pada Selasa, 11 Februari 2014 14:07, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:

 
Dear Mr HK,
saya tertarik dengan macronya. dan mudah-mudahan Mr HK bisa membantu.
Masing2 file sheetnya saya tambahkan judul dari A1:A5 (baris A4nya saya kosongkan).
data
masing2 file di sheet1 tsb dapat digabungkan di file gabung sheet db.
Cuman saya gak tahu ngutak ngatik macronya agar di sheet DB dapat
diberikan Judul seperti pada file2 lainnya. gimana caranya agar file
pertama dicopy mulai dari baris A6, sementara file2 lainnya dicopy mulai
dari A7 dan pada file terakhir datanya dicopy mulai dari A7 plus 2
baris penutup, sehingga hasilnya seperti di sheet DB (2). untuk lebih jelasnya saya lampirkan file2 tsb.

Terima kasih,

ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Thu, 6 Feb 2014 23:51:06 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain [1 Attachment]

 

Hai Andree,

Terlampir jawabannya (pake sistim buka tutup file).

File gabungan saya ganti namanya karena kalau pakai BOOK1 bentrok dengan default file komputer.

File .rar diextract dulu ke folder D:\, sehingga akan ada folder D:\Belajar_Excel

Salam,
HK

On Friday, 7 February 2014, 11:17, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:

 
Dear Pak Hendrik n Pak soni

terlampir folder yang didalamnya ada 4 file excel, 1 file excel (book1) ada sheet DB dalam file tsb yang merupakan copy paste terhadap file excel yang lain (file_1,File_2,File_3).

wassalam
andree

Pada Kamis, 6 Februari 2014 18:47, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

 
Seperti saran pak Sony, coba kirim dummy file yang akan dicopy dan hasil yang diinginkan pada blank "format" file.

Salam,
HK

On Friday, 7 February 2014, 9:37, "sony.ario1@gmail.com" <sony.ario1@gmail.com> wrote:

 
Halo Andre,

Untuk lebih mudah nya coba tolong lampirkan contoh file tujuannya, dengan format blank tsb, plus kondisi file yang akan di copy tsb apakah ada di directory yang sama dalam kondisi tertutup atau seperti apa ?

Ditunggu ya..

Salam
Sony
Powered by paid monthly bills®
________________________________

From: andree_bpdsumbar@yahoo.co.id
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 06 Feb 2014 22:31:56 +0700
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain
 
Malam pak hendrik
Sebenarnya yang saya ingin ada perintah macro excel untuk mengcopy paste suatu file excel yang terdiri banyak file yang isi dalam file excel tersebut saya copy paste ke satu file excel yang kosong/blank.. jadi inti file excel banyak tadi isinya saya gabung di dalam sheet excel copy paste value dengan perintah macro excel.. mohon petunjuknya pak hendrik

Wassalam
Andree
Sent from my BlackBerry 10 smartphone.
From: hendrik karnadi
Sent: Thursday, 6 February 2014 21:05
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Reply To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain

 
Hai Andre,
Pada dasarnya bisa, asalkan filenya terbuka (atau buka dulu lalu tutup).
Sheet/Range sumber dan tujuan harus jelas.

Salam,
HK 

On Thursday, 6 February 2014, 20:48, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:

 
Sore Beexceler

saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong tadi.

wassalam
andre

Tue Feb 11, 2014 6:45 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Agar pesannya dapat ditampilkan bagian ini (tiga baris terakhir dari macro "gabung"):
     Exit Sub
Pesan:
    MsgBox "Penggabungan Selesai", 48, "P E S A N"

diganti menjadi:
    MsgBox "Penggabungan Selesai", 48, "P E S A N"

Salam,
HK

On Wednesday, 12 February 2014, 2:49, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:

 
Sore Pak Hendrik
kenapa ya file macro yang saya download ga jalan ya di laptop saya padahal direktori nya udah sesuai di f:/Belajar_excel.. mohon bantuannya pak Hendrik.

Pada Selasa, 11 Februari 2014 14:07, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:

 
Dear Mr HK,
saya tertarik dengan macronya. dan mudah-mudahan Mr HK bisa membantu.
Masing2 file sheetnya saya tambahkan judul dari A1:A5 (baris A4nya saya kosongkan).
data
masing2 file di sheet1 tsb dapat digabungkan di file gabung sheet db.
Cuman saya gak tahu ngutak ngatik macronya agar di sheet DB dapat
diberikan Judul seperti pada file2 lainnya. gimana caranya agar file
pertama dicopy mulai dari baris A6, sementara file2 lainnya dicopy mulai
dari A7 dan pada file terakhir datanya dicopy mulai dari A7 plus 2
baris penutup, sehingga hasilnya seperti di sheet DB (2). untuk lebih jelasnya saya lampirkan file2 tsb.

Terima kasih,

ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Thu, 6 Feb 2014 23:51:06 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain [1 Attachment]

 

Hai Andree,

Terlampir jawabannya (pake sistim buka tutup file).

File gabungan saya ganti namanya karena kalau pakai BOOK1 bentrok dengan default file komputer.

File .rar diextract dulu ke folder D:\, sehingga akan ada folder D:\Belajar_Excel

Salam,
HK

On Friday, 7 February 2014, 11:17, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:

 
Dear Pak Hendrik n Pak soni

terlampir folder yang didalamnya ada 4 file excel, 1 file excel (book1) ada sheet DB dalam file tsb yang merupakan copy paste terhadap file excel yang lain (file_1,File_2,File_3).

wassalam
andree

Pada Kamis, 6 Februari 2014 18:47, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

 
Seperti saran pak Sony, coba kirim dummy file yang akan dicopy dan hasil yang diinginkan pada blank "format" file.

Salam,
HK

On Friday, 7 February 2014, 9:37, "sony.ario1@gmail.com" <sony.ario1@gmail.com> wrote:

 
Halo Andre,

Untuk lebih mudah nya coba tolong lampirkan contoh file tujuannya, dengan format blank tsb, plus kondisi file yang akan di copy tsb apakah ada di directory yang sama dalam kondisi tertutup atau seperti apa ?

Ditunggu ya..

Salam
Sony
Powered by paid monthly bills®
________________________________

From: andree_bpdsumbar@yahoo.co.id
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 06 Feb 2014 22:31:56 +0700
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain
 
Malam pak hendrik
Sebenarnya yang saya ingin ada perintah macro excel untuk mengcopy paste suatu file excel yang terdiri banyak file yang isi dalam file excel tersebut saya copy paste ke satu file excel yang kosong/blank.. jadi inti file excel banyak tadi isinya saya gabung di dalam sheet excel copy paste value dengan perintah macro excel.. mohon petunjuknya pak hendrik

Wassalam
Andree
Sent from my BlackBerry 10 smartphone.
From: hendrik karnadi
Sent: Thursday, 6 February 2014 21:05
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Reply To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain

 
Hai Andre,
Pada dasarnya bisa, asalkan filenya terbuka (atau buka dulu lalu tutup).
Sheet/Range sumber dan tujuan harus jelas.

Salam,
HK 

On Thursday, 6 February 2014, 20:48, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:

 
Sore Beexceler

saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong tadi.

wassalam
andre

Tue Feb 11, 2014 11:49 am (PST) . Posted by:

"Wawan Juhana"

Dear Miss Jan Raisin & Mr. Kid,

Alhamdulillah, akhirnya bisa tercapai juga yang dimaksud seperti gambar
dibawah ini atas solusi dari Miss Jan Raisin & Mr. Kid.

Terimakasih banyak yah untuk anda berdua.

- Betul kata Miss Jan Raisin harus sort bertingkat, buat data
worksheet baru lagi akhirnya muncul dah table seperti dibawah ini.

- Namun saya belum paham maksud dari Miss Jan Raisin " Hasil pivot
dipasang CF, khusus nilai 0 (Nol) diformat font berwarna putih". Mohon
dibantu buat attachment filenya seperti apa.

Rekap PR Per 10 Feb 2014




TANGGAL PR

NOMOR PR

Pemesan

Count of TANGGAL PR

03/02/2014

PR/TSU/2014/02/0001

Anton

1


PR/TSU/2014/02/0002

Rio Arbeni

1


PR/TSU/2014/02/0003

Slamet

1


PR/TSU/2014/02/0004

Slamet

1


PR/TSU/2014/02/0005

Anton

1


PR/TSU/2014/02/0006

Anton

1


PR/TSU/2014/02/0007

Ujang

1


PR/TSU/2014/02/0008

Daniel

1

03/02/2014 Total

8

04/02/2014

PR/TSU/2014/02/0009

Slamet

1


PR/TSU/2014/02/0010

Anton

1


PR/TSU/2014/02/0011

Anton

1


PR/TSU/2014/02/0012

Karlan

1

04/02/2014 Total

4

Regards,

Wawan

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Jan Raisin
Sent: 11 Februari 2014 9:59
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Pivot Table dan Form PR

Hai pak Wawan,

yang ingin dihitung jumlanya adalah kode "PR" nya, kenapa formula yang
dipasang merujuk ke kolom tanggal?

petunjuk dari mr Kid sudah jelas bahwa yang dihitung adalah kode pada baris
tersebut.. bukan tanggal pada baris tersebut..

Jika ingin lebih rapi.. maka sebelumnya harus dilakukan sort secara
bertingkat"

1. sort berdasarkan tanggal

2. sort berdasarkan kode PR

3. sort berdasarkan nama barang

Hasil pivot dipasang CF, khusus nilai 0 (Nol) diformat font berwarna putih.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 11 Februari 2014 09.47, Wawan Juhana <wawanjuhana@gmail.com> menulis:

Dear Mr. Kid,

- Formulanya sudah diganti sesuai arahan Mr. Kid, sheet SourcePR
dikolom G "Jml_PR" menjadi =(A3<>A2)*1. Cell A3 adalah baris tanggal dan A2
adalah Headernya.

- Hasilnya pada cell G2 adalah 1, lalu G3 kebawahnya adalah 0 semua

- Pada sheet Pvt_PR, 03/02/2014 total menjadi angka 29 (merupakan
jumlah item yang dipesan by User lewat 8 PR), yang diinginkan adalah jumlah
PR per 03/02/2014 adalah 8 PR.

Mohon dibantu yah Mr. Kid.

Regards,

Wawan

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 11 Februari 2014 8:54

To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Pivot Table dan Form PR

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Pak Wawan,

Formulanya sudah diganti menjadi :
=( kode baris itu <> kode baris atasnya ) * 1

atau belum ya ?

Saya tulis lagi langkahnya deh :
Yang nomor 1 saja ya (yang nomor 2 masih kurang paham maksudnya)
1. pada tabel data, pastikan sudah di-sort berdasar tanggal.
2. di kolom baru (paling kanan) dibuat kolom baru, misal bernama Jml_PR dan
pada record pertama diberi formula
=( kode baris itu <> kode baris atasnya ) * 1
kalau record pertama ada di baris 21 (karena header di baris 20) dan
kolom kode ada di kolom A, maka formulanya :
=( a21 <> a20 ) * 1
3. copy cell berformula tersebut ke baris data selanjutnya (manfaatkan fitur
Excel Table jika formula ingin di-copy-kan oleh Excel ke record baru yang
ditambahkan dikemudian hari)

4. ke sheetnya pivot table

5. klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbon Options -> group Data
-> Change Data Source -> pastikan kolom baru yang berformula juga sudah
terblok -> OK sampai kembali ke worksheet

6. tarik field bernama kolom baru tadi (Jml_PR misalnya) ke bagian Values,
pastikan jenis summary-nya adalah Sum.

7. pasang subtotal pada field tanggal dalam pivot table (klik kanan field
tanggal dalam pivot table -> centang item subtotal blabla)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Kid.

Tue Feb 11, 2014 12:34 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Wawan,

File terlampir jika mengikuti urutan langkah yang sudah dijabarkan di email
saya sebelumnya.
Jika ada bagian yang kurang sesuai kebutuhan, silakan dikembangkan.

:(

Wassalam,
Kid.

2014-02-11 18:20 GMT+07:00 Wawan Juhana <wawanjuhana@gmail.com>:

>
>
> Dear Miss Jan Raisin & Mr. Kid,
>
>
>
> Alhamdulillah, akhirnya bisa tercapai juga yang dimaksud seperti gambar
> dibawah ini atas solusi dari Miss Jan Raisin & Mr. Kid.
>
> Terimakasih banyak yah untuk anda berdua.
>
>
>
> - Betul kata Miss Jan Raisin harus sort bertingkat, buat data
> worksheet baru lagi akhirnya muncul dah table seperti dibawah ini.
>
> - Namun saya belum paham maksud dari Miss Jan Raisin *" **Hasil
> pivot dipasang CF, khusus nilai 0 (Nol) diformat font berwarna putih"**. *Mohon
> dibantu buat attachment filenya seperti apa.
>
>
>
> *Rekap PR Per 10 Feb 2014*
>
> *TANGGAL PR*
>
> *NOMOR PR*
>
> *Pemesan*
>
> *Count of TANGGAL PR*
>
> *03/02/2014*
>
> *PR/TSU/2014/02/0001*
>
> Anton
>
> 1
>
> *PR/TSU/2014/02/0002*
>
> Rio Arbeni
>
> 1
>
> *PR/TSU/2014/02/0003*
>
> Slamet
>
> 1
>
> *PR/TSU/2014/02/0004*
>
> Slamet
>
> 1
>
> *PR/TSU/2014/02/0005*
>
> Anton
>
> 1
>
> *PR/TSU/2014/02/0006*
>
> Anton
>
> 1
>
> *PR/TSU/2014/02/0007*
>
> Ujang
>
> 1
>
> *PR/TSU/2014/02/0008*
>
> Daniel
>
> 1
>
> *03/02/2014 Total*
>
>
>
>
>
> *8*
>
> *04/02/2014*
>
> *PR/TSU/2014/02/0009*
>
> Slamet
>
> 1
>
> *PR/TSU/2014/02/0010*
>
> Anton
>
> 1
>
> *PR/TSU/2014/02/0011*
>
> Anton
>
> 1
>
> *PR/TSU/2014/02/0012*
>
> Karlan
>
> 1
>
> *04/02/2014 Total*
>
>
>
>
>
> *4*
>
>
>
>
>
> Regards,
>
> Wawan
>
>
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Jan Raisin
> *Sent:* 11 Februari 2014 9:59
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Pivot Table dan Form PR
>
>
>
>
>
> Hai pak Wawan,
>
>
>
> yang ingin dihitung jumlanya adalah kode "PR" nya, kenapa formula yang
> dipasang merujuk ke kolom tanggal?
>
> petunjuk dari mr Kid sudah jelas bahwa yang dihitung adalah kode pada
> baris tersebut.. bukan tanggal pada baris tersebut..
>
>
>
> Jika ingin lebih rapi.. maka sebelumnya harus dilakukan sort secara
> bertingkat"
>
> 1. sort berdasarkan tanggal
>
> 2. sort berdasarkan kode PR
>
> 3. sort berdasarkan nama barang
>
>
>
> Hasil pivot dipasang CF, khusus nilai 0 (Nol) diformat font berwarna putih.
>
>
>
> Wassalam,
>
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
>
> Pada 11 Februari 2014 09.47, Wawan Juhana <wawanjuhana@gmail.com> menulis:
>
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
>
>
> - Formulanya sudah diganti sesuai arahan Mr. Kid, sheet SourcePR
> dikolom G "Jml_PR" menjadi =(A3<>A2)*1. Cell A3 adalah baris tanggal dan
> A2 adalah Headernya.
>
> - Hasilnya pada cell G2 adalah 1, lalu G3 kebawahnya adalah 0
> semua
>
> - Pada sheet Pvt_PR, 03/02/2014 total menjadi angka *29
> (merupakan jumlah item yang dipesan by User lewat 8 PR)*, yang diinginkan
> adalah jumlah PR per 03/02/2014 adalah *8 PR*.
>
>
>
> Mohon dibantu yah Mr. Kid.
>
>
>
> Regards,
>
> Wawan
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* 11 Februari 2014 8:54
>
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Pivot Table dan Form PR
>
>
>
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Pak Wawan,
>
> Formulanya sudah diganti menjadi :
> =( kode baris itu <> kode baris atasnya ) * 1
>
> atau belum ya ?
>
> Saya tulis lagi langkahnya deh :
> Yang nomor 1 saja ya (yang nomor 2 masih kurang paham maksudnya)
> 1. pada tabel data, pastikan sudah di-sort berdasar tanggal.
> 2. di kolom baru (paling kanan) dibuat kolom baru, misal bernama Jml_PR
> dan pada record pertama diberi formula
> =( kode baris itu <> kode baris atasnya ) * 1
> kalau record pertama ada di baris 21 (karena header di baris 20) dan
> kolom kode ada di kolom A, maka formulanya :
> =( a21 <> a20 ) * 1
> 3. copy cell berformula tersebut ke baris data selanjutnya (manfaatkan
> fitur Excel Table jika formula ingin di-copy-kan oleh Excel ke record baru
> yang ditambahkan dikemudian hari)
>
> 4. ke sheetnya pivot table
>
> 5. klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbon Options -> group
> Data -> Change Data Source -> pastikan kolom baru yang berformula juga
> sudah terblok -> OK sampai kembali ke worksheet
>
> 6. tarik field bernama kolom baru tadi (Jml_PR misalnya) ke bagian Values,
> pastikan jenis summary-nya adalah Sum.
>
> 7. pasang subtotal pada field tanggal dalam pivot table (klik kanan field
> tanggal dalam pivot table -> centang item subtotal blabla)
>
>
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>

Tue Feb 11, 2014 5:49 pm (PST) . Posted by:

"Wawan Juhana"

Dear Mr. Kid,

Sempurna sekali sesuai yang diharapkan.

Terimakasih banyak atas bantuannya, memang anda luar biasa dalam berbagi
ilmu sampai sampai jam 3 dini hari waktu tidur masih menyempatkan bantu
kesulitan orang lain.

Semoga anada juga dimudahkan dalam hal apapun.

Langkah saya selanjutnya mau buat form PR dengan Auto number create Nomor PR
dan combo box master barang.

Sekali lagi terimakasih banyak.

Regards,

Wawan

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 12 Februari 2014 3:34
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Pivot Table dan Form PR [1 Attachment]

Hai Wawan,

File terlampir jika mengikuti urutan langkah yang sudah dijabarkan di email
saya sebelumnya.

Jika ada bagian yang kurang sesuai kebutuhan, silakan dikembangkan.

:(

Wassalam,

Kid.

2014-02-11 18:20 GMT+07:00 Wawan Juhana <wawanjuhana@gmail.com>:

Dear Miss Jan Raisin & Mr. Kid,

Alhamdulillah, akhirnya bisa tercapai juga yang dimaksud seperti gambar
dibawah ini atas solusi dari Miss Jan Raisin & Mr. Kid.

Terimakasih banyak yah untuk anda berdua.

- Betul kata Miss Jan Raisin harus sort bertingkat, buat data
worksheet baru lagi akhirnya muncul dah table seperti dibawah ini.

- Namun saya belum paham maksud dari Miss Jan Raisin " Hasil pivot
dipasang CF, khusus nilai 0 (Nol) diformat font berwarna putih". Mohon
dibantu buat attachment filenya seperti apa.

Rekap PR Per 10 Feb 2014




TANGGAL PR

NOMOR PR

Pemesan

Count of TANGGAL PR

03/02/2014

PR/TSU/2014/02/0001

Anton

1


PR/TSU/2014/02/0002

Rio Arbeni

1


PR/TSU/2014/02/0003

Slamet

1


PR/TSU/2014/02/0004

Slamet

1


PR/TSU/2014/02/0005

Anton

1


PR/TSU/2014/02/0006

Anton

1


PR/TSU/2014/02/0007

Ujang

1


PR/TSU/2014/02/0008

Daniel

1

03/02/2014 Total

8

04/02/2014

PR/TSU/2014/02/0009

Slamet

1


PR/TSU/2014/02/0010

Anton

1


PR/TSU/2014/02/0011

Anton

1


PR/TSU/2014/02/0012

Karlan

1

04/02/2014 Total

4

Regards,

Wawan

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Jan Raisin
Sent: 11 Februari 2014 9:59
To: belajar-excel@yahoogroups.com

Subject: Re: [belajar-excel] Pivot Table dan Form PR

Hai pak Wawan,

yang ingin dihitung jumlanya adalah kode "PR" nya, kenapa formula yang
dipasang merujuk ke kolom tanggal?

petunjuk dari mr Kid sudah jelas bahwa yang dihitung adalah kode pada baris
tersebut.. bukan tanggal pada baris tersebut..

Jika ingin lebih rapi.. maka sebelumnya harus dilakukan sort secara
bertingkat"

1. sort berdasarkan tanggal

2. sort berdasarkan kode PR

3. sort berdasarkan nama barang

Hasil pivot dipasang CF, khusus nilai 0 (Nol) diformat font berwarna putih.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 11 Februari 2014 09.47, Wawan Juhana <wawanjuhana@gmail.com> menulis:

Dear Mr. Kid,

- Formulanya sudah diganti sesuai arahan Mr. Kid, sheet SourcePR
dikolom G "Jml_PR" menjadi =(A3<>A2)*1. Cell A3 adalah baris tanggal dan A2
adalah Headernya.

- Hasilnya pada cell G2 adalah 1, lalu G3 kebawahnya adalah 0 semua

- Pada sheet Pvt_PR, 03/02/2014 total menjadi angka 29 (merupakan
jumlah item yang dipesan by User lewat 8 PR), yang diinginkan adalah jumlah
PR per 03/02/2014 adalah 8 PR.

Mohon dibantu yah Mr. Kid.

Regards,

Wawan

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 11 Februari 2014 8:54

To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Pivot Table dan Form PR

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Pak Wawan,

Formulanya sudah diganti menjadi :
=( kode baris itu <> kode baris atasnya ) * 1

atau belum ya ?

Saya tulis lagi langkahnya deh :
Yang nomor 1 saja ya (yang nomor 2 masih kurang paham maksudnya)
1. pada tabel data, pastikan sudah di-sort berdasar tanggal.
2. di kolom baru (paling kanan) dibuat kolom baru, misal bernama Jml_PR dan
pada record pertama diberi formula
=( kode baris itu <> kode baris atasnya ) * 1
kalau record pertama ada di baris 21 (karena header di baris 20) dan
kolom kode ada di kolom A, maka formulanya :
=( a21 <> a20 ) * 1
3. copy cell berformula tersebut ke baris data selanjutnya (manfaatkan fitur
Excel Table jika formula ingin di-copy-kan oleh Excel ke record baru yang
ditambahkan dikemudian hari)

4. ke sheetnya pivot table

5. klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbon Options -> group Data
-> Change Data Source -> pastikan kolom baru yang berformula juga sudah
terblok -> OK sampai kembali ke worksheet

6. tarik field bernama kolom baru tadi (Jml_PR misalnya) ke bagian Values,
pastikan jenis summary-nya adalah Sum.

7. pasang subtotal pada field tanggal dalam pivot table (klik kanan field
tanggal dalam pivot table -> centang item subtotal blabla)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Kid.

Tue Feb 11, 2014 12:09 pm (PST) . Posted by:

"Eko Noviyanto" nopenk77

Dear Master,

Mohon bantuannya, bagaimana formula untuk case di bawah ini :

Contoh :
123.456,78  --->   123.456

Terimakasih atas bantuannya.

Salam, Nopenk

Tue Feb 11, 2014 5:20 pm (PST) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Sdh coba pakai rounddown pak?

Salam, 
HK

Sent from Samsung MobileEko Noviyanto <eko_ny77@yahoo.co.id> wrote:Dear Master,

Mohon bantuannya, bagaimana formula untuk case di bawah ini :

Contoh :
123.456,78  --->   123.456

Terimakasih atas bantuannya.

Salam, Nopenk

Tue Feb 11, 2014 6:30 pm (PST) . Posted by:

"nangAgus" nangagoez

Coba gunakan INT(123456,78) atau FLOOR(123456.78;1)

On 11/02/2014 17:42, Eko Noviyanto wrote:
> Dear Master,
>
> Mohon bantuannya, bagaimana formula untuk case di bawah ini :
>
> Contoh :
> 123.456,78 ---> 123.456
>
> Terimakasih atas bantuannya.
>
> Salam, Nopenk
>

Tue Feb 11, 2014 5:18 pm (PST) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Apakah regional setting laptop bapak "Indonesian&quot;?

Salam,
HK

Sent from Samsung MobileAndre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:Sore Pak Hendrik
kenapa ya file macro yang saya download ga jalan ya di laptop saya padahal direktori nya udah sesuai di f:/Belajar_excel.. mohon bantuannya pak Hendrik.

Pada Selasa, 11 Februari 2014 14:07, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> menulis:
 
Dear Mr HK,
saya tertarik dengan macronya. dan mudah-mudahan Mr HK bisa membantu.
Masing2 file sheetnya saya tambahkan judul dari A1:A5 (baris A4nya saya kosongkan).
data masing2 file di sheet1 tsb dapat digabungkan di file gabung sheet db. Cuman saya gak tahu ngutak ngatik macronya agar di sheet DB dapat diberikan Judul seperti pada file2 lainnya. gimana caranya agar file pertama dicopy mulai dari baris A6, sementara file2 lainnya dicopy mulai dari A7 dan pada file terakhir datanya dicopy mulai dari A7 plus 2 baris penutup, sehingga hasilnya seperti di sheet DB (2). untuk lebih jelasnya saya lampirkan file2 tsb.

Terima kasih,

ASL

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Thu, 6 Feb 2014 23:51:06 -0800
Subject: Re: Bls: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain [1 Attachment]

 

Hai Andree,

Terlampir jawabannya (pake sistim buka tutup file).

File gabungan saya ganti namanya karena kalau pakai BOOK1 bentrok dengan default file komputer.

File .rar diextract dulu ke folder D:\, sehingga akan ada folder D:\Belajar_Excel

Salam,
HK

On Friday, 7 February 2014, 11:17, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:
 
Dear Pak Hendrik n Pak soni

terlampir folder yang didalamnya ada 4 file excel, 1 file excel (book1) ada sheet DB dalam file tsb yang merupakan copy paste terhadap file excel yang lain (file_1,File_2,File_3).

wassalam
andree

Pada Kamis, 6 Februari 2014 18:47, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
 
Seperti saran pak Sony, coba kirim dummy file yang akan dicopy dan hasil yang diinginkan pada blank "format" file.

Salam,
HK

On Friday, 7 February 2014, 9:37, "sony.ario1@gmail.com" <sony.ario1@gmail.com> wrote:
 
Halo Andre,

Untuk lebih mudah nya coba tolong lampirkan contoh file tujuannya, dengan format blank tsb, plus kondisi file yang akan di copy tsb apakah ada di directory yang sama dalam kondisi tertutup atau seperti apa ?

Ditunggu ya..

Salam
Sony
Powered by paid monthly bills®
From: andree_bpdsumbar@yahoo.co.id
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 06 Feb 2014 22:31:56 +0700
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain

 
Malam pak hendrik
Sebenarnya yang saya ingin ada perintah macro excel untuk mengcopy paste suatu file excel yang terdiri banyak file yang isi dalam file excel tersebut saya copy paste ke satu file excel yang kosong/blank.. jadi inti file excel banyak tadi isinya saya gabung di dalam sheet excel copy paste value dengan perintah macro excel.. mohon petunjuknya pak hendrik

Wassalam
Andree
Sent from my BlackBerry 10 smartphone.
From: hendrik karnadi
Sent: Thursday, 6 February 2014 21:05
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Reply To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Copy data dari sheet lain

 
Hai Andre,
Pada dasarnya bisa, asalkan filenya terbuka (atau buka dulu lalu tutup).
Sheet/Range sumber dan tujuan harus jelas.

Salam,
HK 

On Thursday, 6 February 2014, 20:48, Andre Rahmaidy <andree_bpdsumbar@yahoo.co.id> wrote:
 
Sore Beexceler

saya mau tanya gimana ya cara macro excel kalau kita punya satu file excel yang blank dan dijalankan perintah copy paste mengambil dari file-file excel yang berbeda dan di copy paste/copy paste value jadi satu dalam sheet excel yang kosong tadi.

wassalam
andre

Tue Feb 11, 2014 6:28 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Coba pada cell CN2 diberi formula bantu pembentuk teks berikut : (copy ke
baris data berikutnya)
=IFERROR(LOOKUP(2,1/((D$1:D1=D2)*(H$1:H1=H2)*(I$1:I1=I2)),CN$1:CN1),"")&"-"&A2

Kemudian pada hasil akhir (misal di cell CP2) diberi formula pengambil teks
terakhir berdasar suatu kriteria sebagai berikut :
=IF(COUNTIFS($D$2:$D$12,D2,$H$2:$H$12,H2,$I$2:$I$12,I2)>1,"ya"&LOOKUP(2,1/((D$2:D$12=D2)*(H$2:H$12=H2)*(I$2:I$12=I2)),CN$2:CN$12),"tidak")

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-02-11 15:46 GMT+07:00 Triyoso Rustamaji <trustamaji@yahoo.com>:

>
>
> assalamualaikum,
> selamat sore,
> mohon bantuan penyelesaian persoalan saya ini,
> sudah berusaha masih mandeg di logika berfikir.
> atas bantuan nya para master
> saya ucapkan banyak terimakasih.
> file terlampir.
> wassalamualaikum
> triyoso
>
>
>

Tue Feb 11, 2014 6:45 pm (PST) . Posted by:

"Pukka Hamonangan Pardede" angan_lov3

Dear Ferry S
maaf mas ferry, saya buat kog gak bisa yah..
saya minta tolong sama mas Ferry ya agar membuatnya pada file terlampir..

sebelumnya, mohon kesabarannya ya mas.

regards.

Pada Senin, 10 Februari 2014 11:27, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com> menulis:

 
Dear Pukka,
 
Coba bantu ya...
Modif dari macro Miss Jan
 
Option Explicit
' =============================================== '
'  UDF SumIfSC = Summary With Special Conditions  '
'  Untuk milis belajar-excel                      '
'  Miss Jan Raisin                                '
'  Di bawah langit yang sama , 06-Feb-2014        '
' =============================================== '
Public Function SUMIFSC(sData As String, sDel As String, sDelPart As String, sDelVal As String) As Double
    Dim sFull As String, sPart As String
    Dim iDel As Integer, iPart As Integer
    Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer, Temp As Integer
    Dim dbVal As Double, dbSum As Double
   
    iDel = Len(sData) - Len(Application.WorksheetFunction.Substitute(sData, sDel, ""))
    sFull = sData
    For i = 1 To iDel + 1
        For j = 1 To Len(sFull)
            If Mid(sFull, j, 1) <> sDel Then
                sPart = sPart & Mid(sFull, j, 1)
            Else
                sFull = Mid(sFull, j + 1, Len(sFull) - j)
                Exit For
            End If
        Next j
       
        On Error GoTo 1:
        Temp = Application.WorksheetFunction.Find("#", sPart, 1)
 
        iPart = Len(sPart) - Len(Application.WorksheetFunction.Substitute(sPart, sDelPart, "")) + 1
        For k = 1 To Len(sPart)
            If Mid(sPart, k, 1) = sDelVal Then
                dbVal = CDbl(Mid(sPart, k + 1, Len(sPart) - k))
                Exit For
            End If
        Next k
        dbSum = dbSum + (iPart * dbVal)
1:
        sPart = vbNullString
    Next i
    SUMIFSC = dbSum
End Function
 
Karena sPart menghasilkan kombinasi angka dengan huruf # , maka saya tambahkan pengujian untuk memastikan apakah # ada di variable sPart
 
Thanks
Ferry

Pada 9 Februari 2014 13.34, Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.co.id> menulis:


>wadoh.. rumit nian..
>saya malah menjadi bertambah pusing..
>hehehehehe
>
>
>thanks mas Kid buat sarannya.. saya tunggu dulu para master cekrip yg lain dulu bergabung. mana tau saja ada yg punya ide bagus..
>
>
>:D
>
>
>regards.
>
>
>
>Pada Minggu, 9 Februari 2014 13:24, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>

>Setelah masuk di-Excel, maka segera ditransformasi menjadi tabel yang sederhana, sehingga yang disimpan sepanjang masa adalah data yang sederhana. Dengan demikian, seluruh proses pengolahan data kapan pun untuk data kapan pun yang telah ada dapat dilakukan dengan mudah.
>
>Mewarnai bagian teks dalam Excel tidak bisa dengan mudah dilakukan oleh formula di cell tersebut. Dengan UDF bisa dilakukan tapi formula ditulis di cell lain untuk mengubah format potongan cell lain. Syaratnya pun, cell yang diubah harus memiliki template dan panjang yang tetap. Tentu hal ini tidak bisa memenuhi kasus Anda.
>
>Alhasil, maka diperlukan sebuah prosedur Sub (tidak bisa digunakan seperti UDF lagi) untuk mewarnai potongan teks tersebut.
>
>Kalau harus pakai prosedur SUB, kenapa ndak dimanfaatkan si prosedur SUB tersebut untuk men-transformasi data hasil export to Excel menjadi sebuah tabel sederhana ?
>
>
>
>Untuk menampilkan potongan teks yang diwarnai tentu saja masih suatu hambatan. Tetapi, jika maksud dari pewarnaan tersebut adalah menunjukkan bahwa di sms tersebut memang ada item dimaksud, maka sebenarnya bisa disusun output berupa teks sms yang item-itemnya seperti yang dicari. Misal text sms berbunyi blabliblubla ingin menampilkan item yang berbunyi bla.
>Teks sms ditampilkan pada kolom A, dan kolom B dalam 2 baris akan menampilkan item bla (ada 2 bijik bla) beserta pricenya di kolom C.
>
>
>Bisa jadi nanti ada ide lain untuk melakukan summary data sms setahun yang item bla saja.
>
>
>Kalo ndak salah, pengolahan data akan lebih mudah jika data disusun secara sederhana. Tabel berkaidah database (bukan berarti harus buat database loh ya, karena yang dibutuhkan hanya tabel yang kaidahnya seperti sebuah tabel dalam database) terbukti relatif mudah untuk diolah menjadi banyak output dengan banyak kebutuhan.
>
>
>
>btw,
>
>ini kan sekedar ide sajah... hehehe...
>
>sapa tahu ide tersebut sudah diputuskan ndak mungkin dilakukan... (who knows...)
>
>
>hehehe...
>
>met berumit ria yak...
>
>
>kalau yang SumIFsC supaya bisa mengabaikan yang teks, kita tunggu yang punya cekrip sajah yah...
>
>kalo ndak salah, butuh di cek dulu apakah item yang mau diproses itu numerik atau bukan...
>
>tapi ini juga sekedar dugaan sajah... bisa jadi kliru...
>
>
>
>kalau pakai UDF SumPart, setelah bagian :
>for lidx=0 to ubound( spart )
>
>diberi cekrip berbunyi :
>
>if instr( spart(lidx) , sprice ) <> 0 then
>
>
>lalu sebelum baris :
>
>next lidx
>
>diberi cekrip berbunyi :
>
>endif
>
>
>Wassalam,
>
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>2014-02-09 13:04 GMT+07:00 Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.co.id>:
>
>
>> 
>>maaf Mr Kid,
>>data yg kita hitung berasal dari eksport sms masuk (inbox export to excel) jadi datanya kadang pendek kadang panjang sekali kadang juga disertakan dengan nama tau inisial.
>>sebenarnya formula yg bapak berikan sudah bekerja dengan baik. namun pas dilapangan baru keliatan ada sedikit problemnya. yaitu sender sering menyertakan nickname.
>>
>>
>>regards.
>>
>>
>>
>>Pada Minggu, 9 Februari 2014 12:56, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>>
>> 
>>Kenapa kok datanya ndak disimpan menjadi tabel sederhana berisi setiap item saja ?
>>Bukankah dengan mengolah data seperti itu bentuknya menghasilkan kerumitan ?
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>2014-02-09 12:46 GMT+07:00 Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.co.id>:
>>
>>
>>> 
>>>maaf agak telat, ternyata ada sedikit masalah dengan formulanya dilapangan. contoh:
>>>5.12.22#10 = total harga 30 namun setelah saya tambah text hasilnya menjadi 40 berikut contoh 2:
>>>5.12.22#10 = total harga 40 (seharusnya 30)
>>>
>>>
>>>mohon bimbingan dan kesabarannya para excel-lent semua.
>>>
>>>
>>>----------------- " file terlampir " ------------------
>>>
>>>
>>>
>>>Pada Jumat, 7 Februari 2014 20:30, Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.co.id> menulis:
>>>
>>> 
>>>Dear all excel-lent,
>>>Terimakasih telah membantu saya menyelesaikan kasus angka di excel.
>>>
>>>
>>>semoga Tuhan memberkati anda semua.
>>>
>>>
>>>regards.
>>>
>>>
>>>
>>>Pada Jumat, 7 Februari 2014 13:29, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
>>>
>>> 
>>>Pak Pardede,
>>>
>>>
>>>coba diblok semua data yang ingin diubah.
>>>tekan tombol CTRL  H sehingga muncul dialog box Find and Replace
>>>pada kotak Find what: isi dengan #
>>>pada kotak Replace with: isi dengan x
>>>tekan tombol Replace All
>>>
>>>
>>>oia.. UDF SumIfSC sudah didesain untuk hal seperti ini, jadi nanti pada saat penggunaannya tinggal masukkan tanda x di antara kutip dua debagai delimiter_value-nya
>>>
>>>
>>>Salam,
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>-Miss Jan Raisin-
>>>
>>>
>>>Pada 7 Februari 2014 12.49, Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.co.id> menulis:
>>>
>>>
>>>
>>>>Dear Miss and Mr Excel-lent
>>>>Terimakasih atas bantuannya..
>>>>maaf bila saya ingin mengganti format tanda " # " menjadi tanda " x " misalnya, bagaimana kah caranya?
>>>>apa langkah yg harus saya ambil?
>>>>
>>>>
>>>>mohon bimbingan dan kesabarannya.
>>>>
>>>>
>>>>Regards.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

Tue Feb 11, 2014 10:45 pm (PST) . Posted by:

"Ferry Setiawan" ferry_2005_skom

Gak bisa nya kenapa ya?
Bisa dijelasin lebih spesifik, mungkin muncul error apa gitu ?
btw Filenya kayaknya belum terkirim.

Thanks
Ferry

Pada 12 Februari 2014 09.31, Pukka Hamonangan Pardede <
angan_lov3@yahoo.co.id> menulis:

>
>
> Dear Ferry S
> maaf mas ferry, saya buat kog gak bisa yah..
> saya minta tolong sama mas Ferry ya agar membuatnya pada file terlampir..
>
> sebelumnya, mohon kesabarannya ya mas.
>
> regards.
>
>
> Pada Senin, 10 Februari 2014 11:27, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com>
> menulis:
>
> Dear Pukka,
>
> Coba bantu ya...
> Modif dari macro Miss Jan
>
> Option Explicit
> ' =============================================== '
> ' UDF SumIfSC = Summary With Special Conditions '
> ' Untuk milis belajar-excel '
> ' Miss Jan Raisin '
> ' Di bawah langit yang sama , 06-Feb-2014 '
> ' =============================================== '
> Public Function SUMIFSC(sData As String, sDel As String, sDelPart As
> String, sDelVal As String) As Double
> Dim sFull As String, sPart As String
> Dim iDel As Integer, iPart As Integer
> Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer, Temp As Integer
> Dim dbVal As Double, dbSum As Double
>
> iDel = Len(sData) -
> Len(Application.WorksheetFunction.Substitute(sData, sDel, ""))
> sFull = sData
> For i = 1 To iDel + 1
> For j = 1 To Len(sFull)
> If Mid(sFull, j, 1) <> sDel Then
> sPart = sPart & Mid(sFull, j, 1)
> Else
> sFull = Mid(sFull, j + 1, Len(sFull) - j)
> Exit For
> End If
> Next j
>
>
> * On Error GoTo 1: Temp =
> Application.WorksheetFunction.Find("#", sPart, 1)*
>
> iPart = Len(sPart) -
> Len(Application.WorksheetFunction.Substitute(sPart, sDelPart, "")) + 1
> For k = 1 To Len(sPart)
> If Mid(sPart, k, 1) = sDelVal Then
> dbVal = CDbl(Mid(sPart, k + 1, Len(sPart) - k))
> Exit For
> End If
> Next k
> dbSum = dbSum + (iPart * dbVal)
> *1:*
> sPart = vbNullString
> Next i
> SUMIFSC = dbSum
> End Function
>
> Karena sPart menghasilkan kombinasi angka dengan huruf # , maka saya
> tambahkan pengujian untuk memastikan apakah # ada di variable sPart
>
> Thanks
> Ferry
>
>
> Pada 9 Februari 2014 13.34, Pukka Hamonangan Pardede <
> angan_lov3@yahoo.co.id> menulis:
>
>
> wadoh.. rumit nian..
> saya malah menjadi bertambah pusing..
> hehehehehe
>
> thanks mas Kid buat sarannya.. saya tunggu dulu para master cekrip yg lain
> dulu bergabung. mana tau saja ada yg punya ide bagus..
>
> :D
>
> regards.
>
>
> Pada Minggu, 9 Februari 2014 13:24, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> menulis:
>
> Setelah masuk di-Excel, maka segera ditransformasi menjadi tabel yang
> sederhana, sehingga yang disimpan sepanjang masa adalah data yang
> sederhana. Dengan demikian, seluruh proses pengolahan data kapan pun untuk
> data kapan pun yang telah ada dapat dilakukan dengan mudah.
>
> Mewarnai bagian teks dalam Excel tidak bisa dengan mudah dilakukan oleh
> formula di cell tersebut. Dengan UDF bisa dilakukan tapi formula ditulis di
> cell lain untuk mengubah format potongan cell lain. Syaratnya pun, cell
> yang diubah harus memiliki template dan panjang yang tetap. Tentu hal ini
> tidak bisa memenuhi kasus Anda.
>
> Alhasil, maka diperlukan sebuah prosedur Sub (tidak bisa digunakan seperti
> UDF lagi) untuk mewarnai potongan teks tersebut.
>
> Kalau harus pakai prosedur SUB, kenapa ndak dimanfaatkan si prosedur SUB
> tersebut untuk men-transformasi data hasil export to Excel menjadi sebuah
> tabel sederhana ?
>
> Untuk menampilkan potongan teks yang diwarnai tentu saja masih suatu
> hambatan. Tetapi, jika maksud dari pewarnaan tersebut adalah menunjukkan
> bahwa di sms tersebut memang ada item dimaksud, maka sebenarnya bisa
> disusun output berupa teks sms yang item-itemnya seperti yang dicari. Misal
> text sms berbunyi blabliblubla ingin menampilkan item yang berbunyi bla.
> Teks sms ditampilkan pada kolom A, dan kolom B dalam 2 baris akan
> menampilkan item bla (ada 2 bijik bla) beserta pricenya di kolom C.
>
> Bisa jadi nanti ada ide lain untuk melakukan summary data sms setahun yang
> item bla saja.
>
> Kalo ndak salah, pengolahan data akan lebih mudah jika data disusun secara
> sederhana. Tabel berkaidah database (bukan berarti harus buat database loh
> ya, karena yang dibutuhkan hanya tabel yang kaidahnya seperti sebuah tabel
> dalam database) terbukti relatif mudah untuk diolah menjadi banyak output
> dengan banyak kebutuhan.
>
> btw,
> ini kan sekedar ide sajah... hehehe...
> sapa tahu ide tersebut sudah diputuskan ndak mungkin dilakukan... (who
> knows...)
>
> hehehe...
> met berumit ria yak...
>
> kalau yang SumIFsC supaya bisa mengabaikan yang teks, kita tunggu yang
> punya cekrip sajah yah...
> kalo ndak salah, butuh di cek dulu apakah item yang mau diproses itu
> numerik atau bukan...
> tapi ini juga sekedar dugaan sajah... bisa jadi kliru...
>
> kalau pakai UDF SumPart, setelah bagian :
> for lidx=0 to ubound( spart )
> diberi cekrip berbunyi :
> if instr( spart(lidx) , sprice ) <> 0 then
>
> lalu sebelum baris :
> next lidx
> diberi cekrip berbunyi :
> endif
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-02-09 13:04 GMT+07:00 Pukka Hamonangan Pardede <
> angan_lov3@yahoo.co.id>:
>
>
> maaf Mr Kid,
> data yg kita hitung berasal dari eksport sms masuk (inbox export to excel)
> jadi datanya kadang pendek kadang panjang sekali kadang juga disertakan
> dengan nama tau inisial.
> sebenarnya formula yg bapak berikan sudah bekerja dengan baik. namun pas
> dilapangan baru keliatan ada sedikit problemnya. yaitu sender sering
> menyertakan nickname.
>
> regards.
>
>
> Pada Minggu, 9 Februari 2014 12:56, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> menulis:
>
> Kenapa kok datanya ndak disimpan menjadi tabel sederhana berisi setiap
> item saja ?
> Bukankah dengan mengolah data seperti itu bentuknya menghasilkan kerumitan
> ?
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-02-09 12:46 GMT+07:00 Pukka Hamonangan Pardede <
> angan_lov3@yahoo.co.id>:
>
>
> maaf agak telat, ternyata ada sedikit masalah dengan formulanya
> dilapangan. contoh:
> 5.12.22#10 = total harga 30 namun setelah saya tambah text hasilnya
> menjadi 40 berikut contoh 2:
> 5.12.22#10 = total harga 40 (seharusnya 30)
>
> mohon bimbingan dan kesabarannya para excel-lent semua.
>
> ----------------- " file terlampir " ------------------
>
>
> Pada Jumat, 7 Februari 2014 20:30, Pukka Hamonangan Pardede <
> angan_lov3@yahoo.co.id> menulis:
>
> Dear all excel-lent,
> Terimakasih telah membantu saya menyelesaikan kasus angka di excel.
>
> semoga Tuhan memberkati anda semua.
>
> regards.
>
>
> Pada Jumat, 7 Februari 2014 13:29, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> menulis:
>
> Pak Pardede,
>
> coba diblok semua data yang ingin diubah.
> tekan tombol CTRL H sehingga muncul dialog box Find and Replace
> pada kotak Find what: isi dengan #
> pada kotak Replace with: isi dengan x
> tekan tombol Replace All
>
> oia.. UDF SumIfSC sudah didesain untuk hal seperti ini, jadi nanti pada
> saat penggunaannya tinggal masukkan tanda x di antara kutip dua debagai
> delimiter_value-nya
>
> Salam,
>
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 7 Februari 2014 12.49, Pukka Hamonangan Pardede <
> angan_lov3@yahoo.co.id> menulis:
>
>
> Dear Miss and Mr Excel-lent
> Terimakasih atas bantuannya..
> maaf bila saya ingin mengganti format tanda " # " menjadi tanda " x "
> misalnya, bagaimana kah caranya?
> apa langkah yg harus saya ambil?
>
> mohon bimbingan dan kesabarannya.
>
> Regards.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Tue Feb 11, 2014 8:45 pm (PST) . Posted by:

"Mulki" mulki_akbar

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Mohon bantuan rekan dan guru2 B-Xlers

Saya memiliki data seperti dlm lampiran yg ingin ditampilkan dlm sebuah grafic dg ketentuan sbb :
1. Menampilkan Qty Pesan (Kolom H) & Qty Terkirim (Kolom I) berdasarkan Tgl Actual Stuffing (Kolom K)
2. Selain Qty tersbt jg ingin ditampilkan Nama Customer (Kolom C) & Brandnya (Kolom F) dg ketentuan, jika ada lebih dari 1 customer yg memiliki Tgl Actual Stuffing yg sama maka Qty Pesan & Qty Terkirim akan di Totalkan pada tanggal Stuffing yg sama trsbt.

Terimakasih atas pencerahan dari rekan2 & guru2 B-Xlers.


Wassalam,
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar