9 New Messages
Digest #2777
Messages
Mon Feb 10, 2014 12:03 am (PST) . Posted by:
dya27_biznies
Pak ferry mau aplikasi yang seperti apa?
Kali z saya bisa bantu
Saya juga bikin2 aplikasi berbasis excel. Kalau berminat bisa email ke saya di dya27_biznies@yahoo.co.id
Terima kasih..
Kali z saya bisa bantu
Saya juga bikin2 aplikasi berbasis excel. Kalau berminat bisa email ke saya di dya27_biznies@
Terima kasih..
Mon Feb 10, 2014 1:14 am (PST) . Posted by:
"Ferry Setiawan" ferry_2005_skom
Maaf bos, kebetulan profesi kita sama hahaha
On Feb 10, 2014 3:03 PM, <dya27_biznies@yahoo.co.id> wrote:
>
>
> Pak ferry mau aplikasi yang seperti apa?
> Kali z saya bisa bantu
>
> Saya juga bikin2 aplikasi berbasis excel. Kalau berminat bisa email ke
> saya di dya27_biznies@yahoo.co.id
>
> Terima kasih..
>
>
On Feb 10, 2014 3:03 PM, <dya27_biznies@
>
>
> Pak ferry mau aplikasi yang seperti apa?
> Kali z saya bisa bantu
>
> Saya juga bikin2 aplikasi berbasis excel. Kalau berminat bisa email ke
> saya di dya27_biznies@
>
> Terima kasih..
>
>
Mon Feb 10, 2014 12:15 am (PST) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Hai..(mbuh sopo jenenge)
Coba begini:
=IF(COUNTIF($B$5:B5,B5)>1,"",B5)
Copas kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: dya27_biznies@yahoo.co.id
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 10, 2014 2:55 PM
Subject: [belajar-excel] Filter kode pake formula [1 Attachment]
Baru mampir lagi ni ke Beexcel. Oh ya,mohon maaf di pertanyaan sebelumnya saya memakai HURUF KAPITAL di penulisan subject email. Bukan apa2, karena terburu-buru doank. Maklum lagi kejar laporan :)
Sekarang saya mau naya lagi :)
Saya punya sebuah data dengan beberapa kode dan beberapa diantaranya ada yang sama.Maksud saya, saya ingin menghilangkan kode yang sama dan hanya mengambil 1 kode diantara kode yang sama tersebut.
Formulanya seperti apa ya?
File terlampir
Coba begini:
=IF(COUNTIF(
Copas kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: dya27_biznies@
To: belajar-excel@
Sent: Monday, February 10, 2014 2:55 PM
Subject: [belajar-excel] Filter kode pake formula [1 Attachment]
Baru mampir lagi ni ke Beexcel. Oh ya,mohon maaf di pertanyaan sebelumnya saya memakai HURUF KAPITAL di penulisan subject email. Bukan apa2, karena terburu-buru doank. Maklum lagi kejar laporan :)
Sekarang saya mau naya lagi :)
Saya punya sebuah data dengan beberapa kode dan beberapa diantaranya ada yang sama.Maksud saya, saya ingin menghilangkan kode yang sama dan hanya mengambil 1 kode diantara kode yang sama tersebut.
Formulanya seperti apa ya?
File terlampir
Mon Feb 10, 2014 12:16 am (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Wawan,
Yang nomor 1 saja ya (yang nomor 2 masih kurang paham maksudnya)
1. pada tabel data, pastikan sudah di-sort berdasar tanggal.
2. di kolom baru (paling kanan) dibuat kolom baru, misal bernama Jml_PR dan
pada record pertama diberi formula
=( tanggal baris itu <> tanggal baris atasnya ) * 1
kalau record pertama ada di baris 21 (karena header di baris 20) dan
kolom tanggal ada di kolom A, maka formulanya :
=( a21 <> a20 ) * 1
3. copy cell berformula tersebut ke baris data selanjutnya (manfaatkan
fitur Excel Table jika formula ingin di-copy-kan oleh Excel ke record baru
yang ditambahkan dikemudian hari)
4. ke sheetnya pivot table
5. klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbon Options -> group
Data -> Change Data Source -> pastikan kolom baru yang berformula juga
sudah terblok -> OK sampai kembali ke worksheet
6. tarik field bernama kolom baru tadi (Jml_PR misalnya) ke bagian Values,
pastikan jenis summary-nya adalah Sum.
7. pasang subtotal pada field tanggal dalam pivot table (klik kanan field
tanggal dalam pivot table -> centang item subtotal blabla)
Wassalam,
Kid.
2014-02-10 12:02 GMT+07:00 Wawan Juhana <wawanjuhana@gmail.com>:
>
>
> Dear Para Master Excel,
>
>
>
> Saya masih awam dengan rumus fungsi excel, dapat tugas untuk menyediakan
> data tentang Rekap PR dan pengisian otomatis Form PR baik nomor PR maupun
> combo box PR.
>
>
>
> Mohon bantuan agan-agan sekalian untuk menyelesaikan 2 masalah dibawah ini
> (file terlampir):
>
> 1. Pada Worksheet Pvt Rekap PR ingin ada total Tgl PR tapi
> menunjukan jumlah Create PR per harinya. Misalnya per tgl 3 Feb 2014 ada 8
> PR dan Tgl 4 Feb ada 4 PR.
>
> 2. Pada Worksheet Form PR, bagaimana create combo box pada Kolom
> Uraian dan create nomor PR otomatis per bulan kembali ke nomor 0001.
>
> Format baku nomor : PR/TSU/2014/02/0001
>
>
>
>
>
> Demikian permasalahan diatas, ditunggu bantuanya dan terimakasih banyak
> atas perhatiannya.
>
>
>
>
>
>
>
> Regards,
>
> Wawan
>
>
>
Yang nomor 1 saja ya (yang nomor 2 masih kurang paham maksudnya)
1. pada tabel data, pastikan sudah di-sort berdasar tanggal.
2. di kolom baru (paling kanan) dibuat kolom baru, misal bernama Jml_PR dan
pada record pertama diberi formula
=( tanggal baris itu <> tanggal baris atasnya ) * 1
kalau record pertama ada di baris 21 (karena header di baris 20) dan
kolom tanggal ada di kolom A, maka formulanya :
=( a21 <> a20 ) * 1
3. copy cell berformula tersebut ke baris data selanjutnya (manfaatkan
fitur Excel Table jika formula ingin di-copy-kan oleh Excel ke record baru
yang ditambahkan dikemudian hari)
4. ke sheetnya pivot table
5. klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbon Options -> group
Data -> Change Data Source -> pastikan kolom baru yang berformula juga
sudah terblok -> OK sampai kembali ke worksheet
6. tarik field bernama kolom baru tadi (Jml_PR misalnya) ke bagian Values,
pastikan jenis summary-nya adalah Sum.
7. pasang subtotal pada field tanggal dalam pivot table (klik kanan field
tanggal dalam pivot table -> centang item subtotal blabla)
Wassalam,
Kid.
2014-02-10 12:02 GMT+07:00 Wawan Juhana <wawanjuhana@
>
>
> Dear Para Master Excel,
>
>
>
> Saya masih awam dengan rumus fungsi excel, dapat tugas untuk menyediakan
> data tentang Rekap PR dan pengisian otomatis Form PR baik nomor PR maupun
> combo box PR.
>
>
>
> Mohon bantuan agan-agan sekalian untuk menyelesaikan 2 masalah dibawah ini
> (file terlampir):
>
> 1. Pada Worksheet Pvt Rekap PR ingin ada total Tgl PR tapi
> menunjukan jumlah Create PR per harinya. Misalnya per tgl 3 Feb 2014 ada 8
> PR dan Tgl 4 Feb ada 4 PR.
>
> 2. Pada Worksheet Form PR, bagaimana create combo box pada Kolom
> Uraian dan create nomor PR otomatis per bulan kembali ke nomor 0001.
>
> Format baku nomor : PR/TSU/2014/
>
>
>
>
>
> Demikian permasalahan diatas, ditunggu bantuanya dan terimakasih banyak
> atas perhatiannya.
>
>
>
>
>
>
>
> Regards,
>
> Wawan
>
>
>
Mon Feb 10, 2014 1:45 am (PST) . Posted by:
"Wawan Juhana"
Dear Mr. Kid,
Terimakasih banyak atas formulanya.
Saya sudah buat kolom baru Jml_PR dan coba terapkan untuk baris ke dua
dengan Formula =(C4 <> C5)*1, hasilnya 1, baris berikutnya 1 tapi kebawahnya
jadi 0 semua. Apanya yang salah yah Pa?
Untuk sheet Form PR, mohon dibantu create nomor otomatis dari format baku
PR/TSU/2014/02/0001, pada saat masuk bulan maret jadi PR/TSU/2014/03/0001.
Wassalam,
Wawan
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 10 Februari 2014 15:16
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Pivot Table dan Form PR
Hai Wawan,
Yang nomor 1 saja ya (yang nomor 2 masih kurang paham maksudnya)
1. pada tabel data, pastikan sudah di-sort berdasar tanggal.
2. di kolom baru (paling kanan) dibuat kolom baru, misal bernama Jml_PR dan
pada record pertama diberi formula
=( tanggal baris itu <> tanggal baris atasnya ) * 1
kalau record pertama ada di baris 21 (karena header di baris 20) dan
kolom tanggal ada di kolom A, maka formulanya :
=( a21 <> a20 ) * 1
3. copy cell berformula tersebut ke baris data selanjutnya (manfaatkan fitur
Excel Table jika formula ingin di-copy-kan oleh Excel ke record baru yang
ditambahkan dikemudian hari)
4. ke sheetnya pivot table
5. klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbon Options -> group Data
-> Change Data Source -> pastikan kolom baru yang berformula juga sudah
terblok -> OK sampai kembali ke worksheet
6. tarik field bernama kolom baru tadi (Jml_PR misalnya) ke bagian Values,
pastikan jenis summary-nya adalah Sum.
7. pasang subtotal pada field tanggal dalam pivot table (klik kanan field
tanggal dalam pivot table -> centang item subtotal blabla)
Wassalam,
Kid.
2014-02-10 12:02 GMT+07:00 Wawan Juhana <wawanjuhana@gmail.com>:
Dear Para Master Excel,
Saya masih awam dengan rumus fungsi excel, dapat tugas untuk menyediakan
data tentang Rekap PR dan pengisian otomatis Form PR baik nomor PR maupun
combo box PR.
Mohon bantuan agan-agan sekalian untuk menyelesaikan 2 masalah dibawah ini
(file terlampir):
1. Pada Worksheet Pvt Rekap PR ingin ada total Tgl PR tapi menunjukan
jumlah Create PR per harinya. Misalnya per tgl 3 Feb 2014 ada 8 PR dan Tgl 4
Feb ada 4 PR.
2. Pada Worksheet Form PR, bagaimana create combo box pada Kolom
Uraian dan create nomor PR otomatis per bulan kembali ke nomor 0001.
Format baku nomor : PR/TSU/2014/02/0001
Demikian permasalahan diatas, ditunggu bantuanya dan terimakasih banyak atas
perhatiannya.
Regards,
Wawan
Terimakasih banyak atas formulanya.
Saya sudah buat kolom baru Jml_PR dan coba terapkan untuk baris ke dua
dengan Formula =(C4 <> C5)*1, hasilnya 1, baris berikutnya 1 tapi kebawahnya
jadi 0 semua. Apanya yang salah yah Pa?
Untuk sheet Form PR, mohon dibantu create nomor otomatis dari format baku
PR/TSU/2014/
Wassalam,
Wawan
From: belajar-excel@
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: 10 Februari 2014 15:16
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Pivot Table dan Form PR
Hai Wawan,
Yang nomor 1 saja ya (yang nomor 2 masih kurang paham maksudnya)
1. pada tabel data, pastikan sudah di-sort berdasar tanggal.
2. di kolom baru (paling kanan) dibuat kolom baru, misal bernama Jml_PR dan
pada record pertama diberi formula
=( tanggal baris itu <> tanggal baris atasnya ) * 1
kalau record pertama ada di baris 21 (karena header di baris 20) dan
kolom tanggal ada di kolom A, maka formulanya :
=( a21 <> a20 ) * 1
3. copy cell berformula tersebut ke baris data selanjutnya (manfaatkan fitur
Excel Table jika formula ingin di-copy-kan oleh Excel ke record baru yang
ditambahkan dikemudian hari)
4. ke sheetnya pivot table
5. klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbon Options -> group Data
-> Change Data Source -> pastikan kolom baru yang berformula juga sudah
terblok -> OK sampai kembali ke worksheet
6. tarik field bernama kolom baru tadi (Jml_PR misalnya) ke bagian Values,
pastikan jenis summary-nya adalah Sum.
7. pasang subtotal pada field tanggal dalam pivot table (klik kanan field
tanggal dalam pivot table -> centang item subtotal blabla)
Wassalam,
Kid.
2014-02-10 12:02 GMT+07:00 Wawan Juhana <wawanjuhana@
Dear Para Master Excel,
Saya masih awam dengan rumus fungsi excel, dapat tugas untuk menyediakan
data tentang Rekap PR dan pengisian otomatis Form PR baik nomor PR maupun
combo box PR.
Mohon bantuan agan-agan sekalian untuk menyelesaikan 2 masalah dibawah ini
(file terlampir):
1. Pada Worksheet Pvt Rekap PR ingin ada total Tgl PR tapi menunjukan
jumlah Create PR per harinya. Misalnya per tgl 3 Feb 2014 ada 8 PR dan Tgl 4
Feb ada 4 PR.
2. Pada Worksheet Form PR, bagaimana create combo box pada Kolom
Uraian dan create nomor PR otomatis per bulan kembali ke nomor 0001.
Format baku nomor : PR/TSU/2014/
Demikian permasalahan diatas, ditunggu bantuanya dan terimakasih banyak atas
perhatiannya.
Regards,
Wawan
Mon Feb 10, 2014 12:58 am (PST) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Hai Tjahya;
Ini maksudnya gimana ya..
Mungkin bisa disertakan workbooknya, yang diinginkan seperti apa..
ini akan memudahkan Be-Exceller memberikan solusi..
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Tjahya Hartono
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, February 09, 2014 10:55 AM
Subject: Bls: [belajar-excel] Merapikan tabel Excel
Saya senang dengan hasil pak Bagus, tapi kalo kebutuhan saya adalah membuat tabel yang secara otomatis bisa muncul dengan adanya setiap murid yang muncul gimana ya?bisa tidak ya?tabel masih sama dengan yang pak bagus contohkan, kalo tidak apakah mungkin saya membuat tabel sendiri dengan tabel yang sama seperti yang saya contohkan, karena rumusnya saya copy dan mengganti sesuai range yang diperlukan tidak bisa karena menurut saya arraynya, karena ketika saya meng copy dengan membuat rumus yang sama dengan range yang diperlukan tetap tidak bisa karena ketika saya ctrl + shift enter, row yang ada dalam rumus berubah-ubah mengikuti cell yang saya copy ke bawah. mungkin bisa dibantu dijelakan ya. Terima kasih atas bantuannya
Tjahya Hartono
Pada Sabtu, 8 Februari 2014 19:33, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id> menulis:
Terima kasih pak Lazuardi, ini juga yang saya maksudkan.
Pada Jumat, 7 Februari 2014 13:00, Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com> menulis:
pak tjahya
coba seperti file terlampir.
kalau tujuanya hanya ingin mengetahui berapa kali murid melakukan les.
sambil menungu jawwaban dari master yang lain.
wasalam
LB
Pada Jumat, 7 Februari 2014 9:54, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id> menulis:
Salam pagi,
Untuk semua para master excel saya meminta bantuannya, untuk merapikan data excel saya seperti terlampir.
Atas bantuannya saya mengucapkan banyak terima kasih
Terima kasih
Tjahya Hartono
----- Mods -----
sebagai awalan, coba pelajari Pivot Table dari blognya mr Kid
bagian pertama : http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html
bagian kedua : http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html
bagian ketiga: http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html
____________
Ini maksudnya gimana ya..
Mungkin bisa disertakan workbooknya, yang diinginkan seperti apa..
ini akan memudahkan Be-Exceller memberikan solusi..
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Tjahya Hartono
To: belajar-excel@
Sent: Sunday, February 09, 2014 10:55 AM
Subject: Bls: [belajar-excel] Merapikan tabel Excel
Saya senang dengan hasil pak Bagus, tapi kalo kebutuhan saya adalah membuat tabel yang secara otomatis bisa muncul dengan adanya setiap murid yang muncul gimana ya?bisa tidak ya?tabel masih sama dengan yang pak bagus contohkan, kalo tidak apakah mungkin saya membuat tabel sendiri dengan tabel yang sama seperti yang saya contohkan, karena rumusnya saya copy dan mengganti sesuai range yang diperlukan tidak bisa karena menurut saya arraynya, karena ketika saya meng copy dengan membuat rumus yang sama dengan range yang diperlukan tetap tidak bisa karena ketika saya ctrl + shift enter, row yang ada dalam rumus berubah-ubah mengikuti cell yang saya copy ke bawah. mungkin bisa dibantu dijelakan ya. Terima kasih atas bantuannya
Tjahya Hartono
Pada Sabtu, 8 Februari 2014 19:33, Tjahya Hartono <tjahyahartono@
Terima kasih pak Lazuardi, ini juga yang saya maksudkan.
Pada Jumat, 7 Februari 2014 13:00, Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@
pak tjahya
coba seperti file terlampir.
kalau tujuanya hanya ingin mengetahui berapa kali murid melakukan les.
sambil menungu jawwaban dari master yang lain.
wasalam
LB
Pada Jumat, 7 Februari 2014 9:54, Tjahya Hartono <tjahyahartono@
Salam pagi,
Untuk semua para master excel saya meminta bantuannya, untuk merapikan data excel saya seperti terlampir.
Atas bantuannya saya mengucapkan banyak terima kasih
Terima kasih
Tjahya Hartono
----- Mods -----
sebagai awalan, coba pelajari Pivot Table dari blognya mr Kid
bagian pertama : http://excel-
bagian kedua : http://excel-
bagian ketiga: http://excel-
____________
Mon Feb 10, 2014 1:34 am (PST) . Posted by:
"Harry" hariansyahptk
Dear BeExleller,
Mengikuti tentang pembahasan ini, saya bermaksud untuk lebih menanyakan secara detail tentang bagaimana caranya jika membuat Search Engine dengan jumlah colom yang banyak.
Saya sudah mencoba untuk merealisaasikan dengan workbook yang saya buat tetapi saya masih mengalami kendala (Error).
Oleh sebab itu, kiranya teman-teman BeExeller dapat menginoformasikan caranya.
Terlampir Workbook yang saya buat.
Terima kasih,
Harry
--- Mods ---
File lampiran yang lebih dari 250KB dilepas dari email.
Silakan penanya melampirkan kembali file yang <=250KB dengan me-reply email ini.
-------------
Pada Selasa, 30 Juli 2013 9:41, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com mailto:miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
Maaf baru dibalas, karena harus bed rest selama beberapa hari.
coba script seperti ini:
Option Explicit
' =================================== '
' cari data dari sheet lain '
' script by: Miss Jan Raisin '
' Biak, 11 Juli 2013 '
' untuk belajar-excel@yahoogroups.com mailto:belajar-excel@yahoogroups.com '
' revisi, Batu, Malang, 30 Juli 2013 '
' =================================== '
' awal dari prosedur
Sub Cari()
' deklarasikan semua variabel yang dibutuhkan
' sCol >> digunakan untuk menyimpan nama header kolom
' yang akan dicari, tipe datanya String
Dim sCol As String
' rgFind >> digunakan untuk menyimpan range pencarian sCol
' dari sini akan diketahui header data terletak pada kolom berapa
Dim rgFind As Range
' rgData >> digunakan untuk menyimpan range data berdasarkan
' letak kolom yang diketahui
' posisinya mulai 1 baris setelah header
' sampai data yang paling bawah
Dim rgData As Range
' rgCell adalah setiap range atau cell di dalam rgData
Dim rgCell As Range
' iCol >> digunakan untuk menyimpan nomor kolom rgFind
Dim iCol As Integer
' lRow >> digunakan untuk untuk menyimpan nomor baris akhir data
Dim lRow As Long
' vCrit >> digunakan untuk menyimpan kriteria
' berhubung kriteria bisa diisi dengan
' huruf, angka, atau kombinasi keduanya
' maka tipe data menggunakan variant
Dim vCrit As Variant
' lakukan proteksi pada sheet cari >> Sheets("cari").Protect
' tentukan passwordnya untuk protect/unprotect >> Password:="12345"
' proteksi hanya untuk user saja, sedangkan vba tetap boleh bekerja
' >> userinterfaceonly:=True
Sheets("cari").Protect Password:="12345", userinterfaceonly:=True
' tampilkan sheet data karena nanti akan dilakukan proses
' pencarian pada sheet ini
Sheets("data").Visible = xlSheetVisible
' hapus hasil pencarian sebelumnya >> .ClearContents
' mulai cell B8 >> Range("b8")
' sampai dengan data paling kanan >> .End(xlToRight)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_kanan
' lalu sampai data yang paling bawah >> .End(xlDown)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_bawah
Range(Range("b8"), Range("b8").End(xlToRight).End(xlDown)).ClearContents
' atau bisa juga dengan select seluruh data di sekitar cell B8
' >> Range("b8").CurrentRegion
' karena header di baris 7 juga ikut terpilih
' maka selectionnya harus turun 1 baris ke bawah >> .Offset(1)
' setelah itu hapus data yang ada >> .ClearContents
' Range("b8").CurrentRegion.Offset(1).ClearContents
' masukkan header kolom pencarian ke dalam variabel sCol
' asalnya dari nilai di cell C3 >> Range("c3").Value
sCol = Range("c3").Value
' masukkan kriteria pencarian ke dalam variabel vCrit
' asalnya dari nilai di cell C5 >> Range("c5").Value
vCrit = Range("c5").Value
' bekerja dengan sheet data
With Sheets("data")
' setiap object yang didahului titik berarti milik sheet data
' setiap object yang TIDAK didahului titik berarti milik sheet cari
' set lokasi rgFind
' berasal dari pencarian di sheet data cell A2 s/d J2 >> .Range("a2:j2").Find
' yang dicari adalah sCol yaitu nilai dari cell C3 di sheet cari >> sCol
' pencarian terhadap seluruh isi cell >> lookat:=xlWhole
' case sensitif >> MatchCase:=True
Set rgFind = .Range("a2:j2").Find(sCol, lookat:=xlWhole, MatchCase:=True)
' setelah ditemukan, ambil nilai kolomnya >> rgFind.Column
' dan simpan ke dalam variabel iCol
iCol = rgFind.Column
' cari nilai baris data yang paling akhir >> .Range("a2").CurrentRegion.Rows.Count
' dan simpan dalam variabel lRow
lRow = .Range("a2").CurrentRegion.Rows.Count
' atau bisa juga menggunakan script berikut
'lRow = .Cells(.Rows.Count, iCol).End(xlUp).Row
' set range data yang akan diuji nilainya >> Set rgData
' terletak pada sheet data
' mulai dari baris 3 dan kolom iCol >> .Cells(3, iCol)
' sampai dengan baris data terakhir pada kolom iCol >> .Cells(lRow, iCol)
Set rgData = .Range(.Cells(3, iCol), .Cells(lRow, iCol))
' untuk setiap cel di dalam rgData
For Each rgCell In rgData
' cari di vCrit di setiap cell >> rgCell.Find(vCrit
' pencariannya boleh per bagian, tidak harus utuh >> lookat:=xlPart
' boleh huruf besar atau kecil >> MatchCase:=False
Set rgFind = rgCell.Find(vCrit, lookat:=xlPart, MatchCase:=False)
' uji apakah datanya ada atau tidak
' jika rgFind TIDAK x TIDAK ADA, maka
' atau jika ADA hasil yang sesuai, maka
' negatif x negatif = positif
' Not x Is Nothing = There is something
' Tidak x Tidak Ada = ADA
If Not rgFind Is Nothing Then
' jika datanya ada maka masuk ke proses ini
' pada area di sheet data >> .Range
' pada baris tersebut kolom 1 >> .Cells(rgCell.Row, 1)
' sampai baris tersebut kolom 10 >> .Cells(rgCell.Row, 10
' dilakukan proses copy >> .Copy
.Range(.Cells(rgCell.Row, 1), .Cells(rgCell.Row, 10)).Copy
' cari lokasi baris penulisan data yang baru di sheet cari dengan cara
' dari baris data yang paling bawah di kolom 2 >> Cells(Rows.Count, 2)
' pergi ke data di atasnya >> .End(xlUp)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_atas
' lalu turun 1 baris ke bawah >> .Offset(1)
' setara dengan menekan tombol panah_bawah
' lakukan paste special nilai dan format angkanya
' >> .PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats
Cells(Rows.Count, 2).End(xlUp).Offset(1).PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats
' non-aktifkan proses copasnya
Application.CutCopyMode = False
' akhir dari pengujian
End If
' pindah ke cel berikutnya
Next rgCell
' akhir bekerja dengan sheet data
End With
' sembunyikan lagi sheet data agar tidak bisa diubah oleh user
' supaya tidak bisa dimunculkan dengam klik kanan
' maka pilih opsi very hidden
Sheets("data").Visible = xlSheetVeryHidden
' biar kelihatan bagus, letakan cel aktif di C5
Range("c5").Select
' akhir dari prosedur
End Sub
file terlampir
ÙˆَسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
-Miss Jan Raisin-
Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanya ke belajar-excel@yahoogroups.com mailto:belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;
Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;
Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. اَÙ…ِين ÙŠَا رَبَّ الْعَالَÙ…ِÙŠْÙ†
Pada 28 Juli 2013 13.05, merau23 <merau23@yahoo.com mailto:merau23@yahoo.com> menulis:
Dear Miss Jan Raisin,
Mau tanya kalau misal databasenya di ada di sheet lain, itu bagaimana ya utk code VBAnya? Maaf saya tidak mengerti sama sekali dengan kode VBA. Tapi mau belajar :)
Terimakasih
Regards
Mengikuti tentang pembahasan ini, saya bermaksud untuk lebih menanyakan secara detail tentang bagaimana caranya jika membuat Search Engine dengan jumlah colom yang banyak.
Saya sudah mencoba untuk merealisaasikan dengan workbook yang saya buat tetapi saya masih mengalami kendala (Error).
Oleh sebab itu, kiranya teman-teman BeExeller dapat menginoformasikan caranya.
Terlampir Workbook yang saya buat.
Terima kasih,
Harry
--- Mods ---
File lampiran yang lebih dari 250KB dilepas dari email.
Silakan penanya melampirkan kembali file yang <=250KB dengan me-reply email ini.
------------
Pada Selasa, 30 Juli 2013 9:41, Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Maaf baru dibalas, karena harus bed rest selama beberapa hari.
coba script seperti ini:
Option Explicit
' ============
' cari data dari sheet lain '
' script by: Miss Jan Raisin '
' Biak, 11 Juli 2013 '
' untuk belajar-excel@
' revisi, Batu, Malang, 30 Juli 2013 '
' ============
' awal dari prosedur
Sub Cari()
' deklarasikan semua variabel yang dibutuhkan
' sCol >> digunakan untuk menyimpan nama header kolom
' yang akan dicari, tipe datanya String
Dim sCol As String
' rgFind >> digunakan untuk menyimpan range pencarian sCol
' dari sini akan diketahui header data terletak pada kolom berapa
Dim rgFind As Range
' rgData >> digunakan untuk menyimpan range data berdasarkan
' letak kolom yang diketahui
' posisinya mulai 1 baris setelah header
' sampai data yang paling bawah
Dim rgData As Range
' rgCell adalah setiap range atau cell di dalam rgData
Dim rgCell As Range
' iCol >> digunakan untuk menyimpan nomor kolom rgFind
Dim iCol As Integer
' lRow >> digunakan untuk untuk menyimpan nomor baris akhir data
Dim lRow As Long
' vCrit >> digunakan untuk menyimpan kriteria
' berhubung kriteria bisa diisi dengan
' huruf, angka, atau kombinasi keduanya
' maka tipe data menggunakan variant
Dim vCrit As Variant
' lakukan proteksi pada sheet cari >> Sheets("
' tentukan passwordnya untuk protect/unprotect >> Password:="
' proteksi hanya untuk user saja, sedangkan vba tetap boleh bekerja
' >> userinterfaceonly:
Sheets("
' tampilkan sheet data karena nanti akan dilakukan proses
' pencarian pada sheet ini
Sheets("
' hapus hasil pencarian sebelumnya >> .ClearContents
' mulai cell B8 >> Range("
' sampai dengan data paling kanan >> .End(xlToRight)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_kanan
' lalu sampai data yang paling bawah >> .End(xlDown)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_bawah
Range(Range(
' atau bisa juga dengan select seluruh data di sekitar cell B8
' >> Range("
' karena header di baris 7 juga ikut terpilih
' maka selectionnya harus turun 1 baris ke bawah >> .Offset(1)
' setelah itu hapus data yang ada >> .ClearContents
' Range("
' masukkan header kolom pencarian ke dalam variabel sCol
' asalnya dari nilai di cell C3 >> Range("
sCol = Range("
' masukkan kriteria pencarian ke dalam variabel vCrit
' asalnya dari nilai di cell C5 >> Range("
vCrit = Range("
' bekerja dengan sheet data
With Sheets("
' setiap object yang didahului titik berarti milik sheet data
' setiap object yang TIDAK didahului titik berarti milik sheet cari
' set lokasi rgFind
' berasal dari pencarian di sheet data cell A2 s/d J2 >> .Range("
' yang dicari adalah sCol yaitu nilai dari cell C3 di sheet cari >> sCol
' pencarian terhadap seluruh isi cell >> lookat:=xlWhole
' case sensitif >> MatchCase:=True
Set rgFind = .Range("
' setelah ditemukan, ambil nilai kolomnya >> rgFind.Column
' dan simpan ke dalam variabel iCol
iCol = rgFind.Column
' cari nilai baris data yang paling akhir >> .Range("
' dan simpan dalam variabel lRow
lRow = .Range("
' atau bisa juga menggunakan script berikut
'lRow = .Cells(.Rows.
' set range data yang akan diuji nilainya >> Set rgData
' terletak pada sheet data
' mulai dari baris 3 dan kolom iCol >> .Cells(3, iCol)
' sampai dengan baris data terakhir pada kolom iCol >> .Cells(lRow, iCol)
Set rgData = .Range(.Cells(
' untuk setiap cel di dalam rgData
For Each rgCell In rgData
' cari di vCrit di setiap cell >> rgCell.Find(
' pencariannya boleh per bagian, tidak harus utuh >> lookat:=xlPart
' boleh huruf besar atau kecil >> MatchCase:=False
Set rgFind = rgCell.Find(
' uji apakah datanya ada atau tidak
' jika rgFind TIDAK x TIDAK ADA, maka
' atau jika ADA hasil yang sesuai, maka
' negatif x negatif = positif
' Not x Is Nothing = There is something
' Tidak x Tidak Ada = ADA
If Not rgFind Is Nothing Then
' jika datanya ada maka masuk ke proses ini
' pada area di sheet data >> .Range
' pada baris tersebut kolom 1 >> .Cells(rgCell.
' sampai baris tersebut kolom 10 >> .Cells(rgCell.
' dilakukan proses copy >> .Copy
.Range(.Cells(
' cari lokasi baris penulisan data yang baru di sheet cari dengan cara
' dari baris data yang paling bawah di kolom 2 >> Cells(Rows.Count, 2)
' pergi ke data di atasnya >> .End(xlUp)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_atas
' lalu turun 1 baris ke bawah >> .Offset(1)
' setara dengan menekan tombol panah_bawah
' lakukan paste special nilai dan format angkanya
' >> .PasteSpecial xlPasteValuesAndNum
Cells(Rows.Count, 2).End(xlUp)
' non-aktifkan proses copasnya
Application.
' akhir dari pengujian
End If
' pindah ke cel berikutnya
Next rgCell
' akhir bekerja dengan sheet data
End With
' sembunyikan lagi sheet data agar tidak bisa diubah oleh user
' supaya tidak bisa dimunculkan dengam klik kanan
' maka pilih opsi very hidden
Sheets("
' biar kelihatan bagus, letakan cel aktif di C5
Range("
' akhir dari prosedur
End Sub
file terlampir
ÙˆَسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
-Miss Jan Raisin-
Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanya ke belajar-excel@
Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;
Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. اَÙ…ِين ÙŠَا رَبَّ الْعَالَÙ…ِÙŠْÙ†
Pada 28 Juli 2013 13.05, merau23 <merau23@yahoo.
Dear Miss Jan Raisin,
Mau tanya kalau misal databasenya di ada di sheet lain, itu bagaimana ya utk code VBAnya? Maaf saya tidak mengerti sama sekali dengan kode VBA. Tapi mau belajar :)
Terimakasih
Regards
Mon Feb 10, 2014 2:13 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Hai Harry,
Kalau yang dimaksud adalah cari kata atau bagian dari kata dalam range tertentu atau dalam satu sheet maka warisan si mbah (terlampir) barangkali bisa jadi panutan.
Salam,
HK
On Monday, 10 February 2014, 16:49, Harry <hariansyahptk@yahoo.com> wrote:
Dear BeExleller,
Mengikuti tentang pembahasan ini, saya bermaksud untuk lebih menanyakan secara detail tentang bagaimana caranya jika membuat Search Engine dengan jumlah colom yang banyak.
Saya sudah mencoba untuk merealisaasikan dengan workbook yang saya buat tetapi saya masih mengalami kendala (Error).
Oleh sebab itu, kiranya teman-teman BeExeller dapat menginoformasikan caranya.
Terlampir Workbook yang saya buat.
Terima kasih,
Harry
--- Mods ---
File lampiran yang lebih dari 250KB dilepas dari email.
Silakan penanya melampirkan kembali file yang <=250KB dengan me-reply email ini.
-------------
Pada Selasa, 30 Juli 2013 9:41, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
Maaf baru dibalas, karena harus bed rest selama beberapa hari.
coba script seperti ini:
Option Explicit
' =================================== '
' cari data dari sheet lain '
' script by: Miss Jan Raisin '
' Biak, 11 Juli 2013 '
' untuk belajar-excel@yahoogroups.com '
' revisi, Batu, Malang, 30 Juli 2013 '
' =================================== '
' awal dari prosedur
Sub Cari()
' deklarasikan semua variabel yang dibutuhkan
' sCol>> digunakan untuk menyimpan nama header kolom
' yang akan dicari, tipe datanya String
Dim sCol As String
' rgFind>> digunakan untuk menyimpan range pencarian sCol
' dari sini akan diketahui header data terletak pada kolom berapa
Dim rgFind As Range
' rgData>> digunakan untuk menyimpan range data berdasarkan
' letak kolom yang diketahui
' posisinya mulai 1 baris setelah header
' sampai data yang paling bawah
Dim rgData As Range
' rgCelladalah setiap range atau cell di dalam rgData
Dim rgCell As Range
' iCol>> digunakan untuk menyimpan nomor kolom rgFind
Dim iCol As Integer
' lRow>> digunakan untuk untuk menyimpan nomor baris akhir data
Dim lRow As Long
' vCrit>> digunakan untuk menyimpan kriteria
' berhubung kriteria bisa diisi dengan
' huruf, angka, atau kombinasi keduanya
' maka tipe data menggunakan variant
Dim vCrit As Variant
' lakukan proteksi pada sheet cari >> Sheets("cari").Protect
' tentukan passwordnya untuk protect/unprotect >> Password:="12345"
' proteksi hanya untuk user saja, sedangkan vba tetap boleh bekerja
' >> userinterfaceonly:=True
Sheets("cari").Protect Password:="12345", userinterfaceonly:=True
' tampilkan sheet data karena nanti akan dilakukan proses
' pencarian pada sheet ini
Sheets("data").Visible = xlSheetVisible
' hapus hasil pencarian sebelumnya >> .ClearContents
' mulai cell B8 >> Range("b8")
' sampai dengan data paling kanan >> .End(xlToRight)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_kanan
' lalu sampai data yang paling bawah >> .End(xlDown)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_bawah
Range(Range("b8"), Range("b8").End(xlToRight).End(xlDown)).ClearContents
' atau bisa juga dengan select seluruh data di sekitar cell B8
' >> Range("b8").CurrentRegion
' karena header di baris 7 juga ikut terpilih
' maka selectionnya harus turun 1 baris ke bawah >> .Offset(1)
' setelah itu hapus data yang ada >> .ClearContents
' Range("b8").CurrentRegion.Offset(1).ClearContents
' masukkan header kolom pencarian ke dalam variabel sCol
' asalnya dari nilai di cell C3 >> Range("c3").Value
sCol = Range("c3").Value
' masukkan kriteria pencarian ke dalam variabel vCrit
' asalnya dari nilai di cell C5 >> Range("c5").Value
vCrit = Range("c5").Value
' bekerja dengan sheet data
With Sheets("data")
' setiap object yang didahului titik berarti milik sheet data
' setiap object yang TIDAK didahului titik berarti milik sheet cari
' set lokasi rgFind
' berasal dari pencarian di sheet data cell A2 s/d J2 >> .Range("a2:j2").Find
' yang dicari adalah sColyaitu nilai dari cell C3 di sheet cari >> sCol
' pencarian terhadap seluruh isi cell >> lookat:=xlWhole
' case sensitif >> MatchCase:=True
Set rgFind = .Range("a2:j2").Find(sCol, lookat:=xlWhole, MatchCase:=True)
' setelah ditemukan, ambil nilai kolomnya >> rgFind.Column
' dan simpan ke dalam variabel iCol
iCol = rgFind.Column
' cari nilai baris data yang paling akhir >> .Range("a2").CurrentRegion.Rows.Count
' dan simpan dalam variabel lRow
lRow = .Range("a2").CurrentRegion.Rows.Count
' atau bisa juga menggunakan script berikut
'lRow = .Cells(.Rows.Count, iCol).End(xlUp).Row
' set range data yang akan diuji nilainya >> Set rgData
' terletak pada sheet data
' mulai dari baris 3 dan kolom iCol >> .Cells(3, iCol)
' sampai dengan baris data terakhir pada kolom iCol >> .Cells(lRow, iCol)
Set rgData = .Range(.Cells(3, iCol), .Cells(lRow, iCol))
' untuk setiap cel di dalam rgData
For Each rgCell In rgData
' cari di vCritdi setiap cell >> rgCell.Find(vCrit
' pencariannya boleh per bagian, tidak harus utuh >> lookat:=xlPart
' boleh huruf besar atau kecil >> MatchCase:=False
Set rgFind = rgCell.Find(vCrit, lookat:=xlPart, MatchCase:=False)
' uji apakah datanya ada atau tidak
' jika rgFind TIDAK x TIDAK ADA, maka
' atau jika ADA hasil yang sesuai, maka
' negatif x negatif = positif
' Not x Is Nothing = There is something
' Tidak x Tidak Ada = ADA
If Not rgFind Is Nothing Then
' jika datanya ada maka masuk ke proses ini
' pada area di sheet data >> .Range
' pada baris tersebut kolom 1 >> .Cells(rgCell.Row, 1)
' sampai baris tersebut kolom 10 >> .Cells(rgCell.Row, 10
' dilakukan proses copy >> .Copy
.Range(.Cells(rgCell.Row, 1), .Cells(rgCell.Row, 10)).Copy
' cari lokasi baris penulisan data yang baru di sheet cari dengan cara
' dari baris data yang paling bawah di kolom 2 >> Cells(Rows.Count, 2)
' pergi ke data di atasnya >> .End(xlUp)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_atas
' lalu turun 1 baris ke bawah >> .Offset(1)
' setara dengan menekan tombol panah_bawah
' lakukan paste special nilai dan format angkanya
' >> .PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats
Cells(Rows.Count, 2).End(xlUp).Offset(1).PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats
' non-aktifkan proses copasnya
Application.CutCopyMode = False
' akhir dari pengujian
End If
' pindah ke cel berikutnya
Next rgCell
' akhir bekerja dengan sheet data
End With
' sembunyikan lagi sheet data agar tidak bisa diubah oleh user
' supaya tidak bisa dimunculkan dengam klik kanan
' maka pilih opsi very hidden
Sheets("data").Visible = xlSheetVeryHidden
' biar kelihatan bagus, letakan cel aktif di C5
Range("c5").Select
' akhir dari prosedur
End Sub
file terlampir
ÙˆَسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
-Miss Jan Raisin-
* Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanyake belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi member milis;
* Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
* Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;
* Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. اَÙ…ِين ÙŠَا رَبَّ الْعَالَÙ…ِÙŠْÙ†
Pada 28 Juli 2013 13.05, merau23 <merau23@yahoo.com> menulis:
>
>Dear Miss Jan Raisin,
>
>Mau tanya kalau misal databasenya di ada di sheet lain, itu bagaimana ya utk code VBAnya? Maaf saya tidak mengerti sama sekali dengan kode VBA. Tapi mau belajar :)
>
>Terimakasih
>Regards
>
Kalau yang dimaksud adalah cari kata atau bagian dari kata dalam range tertentu atau dalam satu sheet maka warisan si mbah (terlampir) barangkali bisa jadi panutan.
Salam,
HK
On Monday, 10 February 2014, 16:49, Harry <hariansyahptk@
Dear BeExleller,
Mengikuti tentang pembahasan ini, saya bermaksud untuk lebih menanyakan secara detail tentang bagaimana caranya jika membuat Search Engine dengan jumlah colom yang banyak.
Saya sudah mencoba untuk merealisaasikan dengan workbook yang saya buat tetapi saya masih mengalami kendala (Error).
Oleh sebab itu, kiranya teman-teman BeExeller dapat menginoformasikan caranya.
Terlampir Workbook yang saya buat.
Terima kasih,
Harry
--- Mods ---
File lampiran yang lebih dari 250KB dilepas dari email.
Silakan penanya melampirkan kembali file yang <=250KB dengan me-reply email ini.
------------
Pada Selasa, 30 Juli 2013 9:41, Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Maaf baru dibalas, karena harus bed rest selama beberapa hari.
coba script seperti ini:
Option Explicit
' ============
' cari data dari sheet lain '
' script by: Miss Jan Raisin '
' Biak, 11 Juli 2013 '
' untuk belajar-excel@
' revisi, Batu, Malang, 30 Juli 2013 '
' ============
' awal dari prosedur
Sub Cari()
' deklarasikan semua variabel yang dibutuhkan
' sCol>> digunakan untuk menyimpan nama header kolom
' yang akan dicari, tipe datanya String
Dim sCol As String
' rgFind>> digunakan untuk menyimpan range pencarian sCol
' dari sini akan diketahui header data terletak pada kolom berapa
Dim rgFind As Range
' rgData>> digunakan untuk menyimpan range data berdasarkan
' letak kolom yang diketahui
' posisinya mulai 1 baris setelah header
' sampai data yang paling bawah
Dim rgData As Range
' rgCelladalah setiap range atau cell di dalam rgData
Dim rgCell As Range
' iCol>> digunakan untuk menyimpan nomor kolom rgFind
Dim iCol As Integer
' lRow>> digunakan untuk untuk menyimpan nomor baris akhir data
Dim lRow As Long
' vCrit>> digunakan untuk menyimpan kriteria
' berhubung kriteria bisa diisi dengan
' huruf, angka, atau kombinasi keduanya
' maka tipe data menggunakan variant
Dim vCrit As Variant
' lakukan proteksi pada sheet cari >> Sheets("
' tentukan passwordnya untuk protect/unprotect >> Password:="
' proteksi hanya untuk user saja, sedangkan vba tetap boleh bekerja
' >> userinterfaceonly:
Sheets("
' tampilkan sheet data karena nanti akan dilakukan proses
' pencarian pada sheet ini
Sheets("
' hapus hasil pencarian sebelumnya >> .ClearContents
' mulai cell B8 >> Range("
' sampai dengan data paling kanan >> .End(xlToRight)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_kanan
' lalu sampai data yang paling bawah >> .End(xlDown)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_bawah
Range(Range(
' atau bisa juga dengan select seluruh data di sekitar cell B8
' >> Range("
' karena header di baris 7 juga ikut terpilih
' maka selectionnya harus turun 1 baris ke bawah >> .Offset(1)
' setelah itu hapus data yang ada >> .ClearContents
' Range("
' masukkan header kolom pencarian ke dalam variabel sCol
' asalnya dari nilai di cell C3 >> Range(
sCol = Range("
' masukkan kriteria pencarian ke dalam variabel vCrit
' asalnya dari nilai di cell C5 >> Range(
vCrit = Range("
' bekerja dengan sheet data
With Sheets("
' setiap object yang didahului titik berarti milik sheet data
' setiap object yang TIDAK didahului titik berarti milik sheet cari
' set lokasi rgFind
' berasal dari pencarian di sheet data cell A2 s/d J2 >> .Range("
' yang dicari adalah sColyaitu nilai dari cell C3 di sheet cari >> sCol
' pencarian terhadap seluruh isi cell >> lookat:=xlWhole
' case sensitif >> MatchCase:=True
Set rgFind = .Range("
' setelah ditemukan, ambil nilai kolomnya >> rgFind.
' dan simpan ke dalam variabel iCol
iCol = rgFind.Column
' cari nilai baris data yang paling akhir >> .Range(
' dan simpan dalam variabel lRow
lRow = .Range("
' atau bisa juga menggunakan script berikut
'lRow = .Cells(.Rows.
' set range data yang akan diuji nilainya >> Set rgData
' terletak pada sheet data
' mulai dari baris 3 dan kolom iCol >> .Cells(3, iCol)
' sampai dengan baris data terakhir pada kolom iCol >> .Cells(lRow, iCol)
Set rgData = .Range(.Cells(
' untuk setiap cel di dalam rgData
For Each rgCell In rgData
' cari di vCritdi setiap cell >> rgCell.Find(
' pencariannya boleh per bagian, tidak harus utuh >> lookat:=xlPart
' boleh huruf besar atau kecil >> MatchCase:=False
Set rgFind = rgCell.Find(
' uji apakah datanya ada atau tidak
' jika rgFind TIDAK x TIDAK ADA, maka
' atau jika ADA hasil yang sesuai, maka
' negatif x negatif = positif
' Not x Is Nothing = There is something
' Tidak x Tidak Ada = ADA
If Not rgFind Is Nothing Then
' jika datanya ada maka masuk ke proses ini
' pada area di sheet data >> .Range
' pada baris tersebut kolom 1 >> .Cells(rgCell.
' sampai baris tersebut kolom 10 >> .Cells(rgCell.
' dilakukan proses copy >> .Copy
.Range(.Cells(
' cari lokasi baris penulisan data yang baru di sheet cari dengan cara
' dari baris data yang paling bawah di kolom 2 >> Cells(Rows.Count, 2)
' pergi ke data di atasnya >> .End(xlUp)
' setara dengan menekan tombol CTRL panah_atas
' lalu turun 1 baris ke bawah >> .Offset(1)
' setara dengan menekan tombol panah_bawah
' lakukan paste special nilai dan format angkanya
' >> .PasteSpecial xlPasteValuesAndNum
Cells(Rows.Count, 2).End(xlUp)
' non-aktifkan proses copasnya
Application.
' akhir dari pengujian
End If
' pindah ke cel berikutnya
Next rgCell
' akhir bekerja dengan sheet data
End With
' sembunyikan lagi sheet data agar tidak bisa diubah oleh user
' supaya tidak bisa dimunculkan dengam klik kanan
' maka pilih opsi very hidden
Sheets("
' biar kelihatan bagus, letakan cel aktif di C5
Range("
' akhir dari prosedur
End Sub
file terlampir
ÙˆَسَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
-Miss Jan Raisin-
* Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan hanyake belajar-excel@
* Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
* Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari Thread Starter (TS) atau Post Starter (PS), selain itu Be-Excelller juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata sehingga tidak selalu bisa on line setiap saat;
* Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti. اَÙ…ِين ÙŠَا رَبَّ الْعَالَÙ…ِÙŠْÙ†
Pada 28 Juli 2013 13.05, merau23 <merau23@yahoo.
>
>Dear Miss Jan Raisin,
>
>Mau tanya kalau misal databasenya di ada di sheet lain, itu bagaimana ya utk code VBAnya? Maaf saya tidak mengerti sama sekali dengan kode VBA. Tapi mau belajar :)
>
>Terimakasih
>Regards
>
Mon Feb 10, 2014 1:56 am (PST) . Posted by:
"joko welas"
kalau yang seperti file terlampir ada nggak ya kira2 temen2 be exceler yang berkenan memberikan gratis..
pertanyaan beserta contoh yang dinginkan ada di lampiran
1 sheet masuk di isi manual
2 sheet keluar cukup di isi nomor palet
3 sheet sisa semua akan ter isi otomatis.. Tapi harus urut..
sementara ini nomor loncat (baris sesuai data yang masuk)
pinginya seperti di bawah
1-Feb-13 1-Jan-14 67369B -40
2-Feb-13 1-Feb-15 51932B 356
3-Feb-13 1-Feb-15 91961C 356
3-Feb-13 1-Feb-15 20717A 356
4 terakir… kalau pakai yang ini setelah inputan sampai +-500000 baris. dan formula di sheet keluar dan di sheet sisa saya kopikan ke +-500000 baris juga akan berat sekali kerja workbooknya.
ada nggak temen2 be exceler yang bersedia membuatkan secara Cuma untuk aplikasi di maksud.. (hehehehe…)
ilmu itu akan lebih bermanfaat jika dibagi Apalagi gratis.. Dan tuhan yang akan membalasnya… (ngarep biar ada yang mau susah untuk membuatkanya…)
terserah mau pakai makro atau apa yg penting kalau data sudah banyak kerja excel workbook) tetap ringan
makasih
wasalam
jokowe
--- Mods ---
1. Sebaiknya penjelasan kasus juga dijabarkan singkat di body-email.
2. Tuhan mengajarkan manusia untuk tahu berterima kasih dan banyak memberi. Bisa jadi Tuhan menanamkan rasa malu dalam hati manusia agar manusia tidak malas untuk berkembang dan berubah menjadi lebih baik, sehingga bisa memberi dan tidak hanya meminta sepanjang hayat.
----------------
2014-02-08 21:54 GMT+07:00 Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com mailto:fset2006@gmail.com>:
Dear All,
Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel (dengan database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa ya?
Thanks
Ferry
pertanyaan beserta contoh yang dinginkan ada di lampiran
1 sheet masuk di isi manual
2 sheet keluar cukup di isi nomor palet
3 sheet sisa semua akan ter isi otomatis.. Tapi harus urut..
sementara ini nomor loncat (baris sesuai data yang masuk)
pinginya seperti di bawah
1-Feb-13 1-Jan-14 67369B -40
2-Feb-13 1-Feb-15 51932B 356
3-Feb-13 1-Feb-15 91961C 356
3-Feb-13 1-Feb-15 20717A 356
4 terakir… kalau pakai yang ini setelah inputan sampai +-500000 baris. dan formula di sheet keluar dan di sheet sisa saya kopikan ke +-500000 baris juga akan berat sekali kerja workbooknya.
ada nggak temen2 be exceler yang bersedia membuatkan secara Cuma untuk aplikasi di maksud.. (hehehehe…)
ilmu itu akan lebih bermanfaat jika dibagi Apalagi gratis.. Dan tuhan yang akan membalasnya… (ngarep biar ada yang mau susah untuk membuatkanya…)
terserah mau pakai makro atau apa yg penting kalau data sudah banyak kerja excel workbook) tetap ringan
makasih
wasalam
jokowe
--- Mods ---
1. Sebaiknya penjelasan kasus juga dijabarkan singkat di body-email.
2. Tuhan mengajarkan manusia untuk tahu berterima kasih dan banyak memberi. Bisa jadi Tuhan menanamkan rasa malu dalam hati manusia agar manusia tidak malas untuk berkembang dan berubah menjadi lebih baik, sehingga bisa memberi dan tidak hanya meminta sepanjang hayat.
------------
2014-02-08 21:54 GMT+07:00 Ferry Setiawan <fset2006@gmail.
Dear All,
Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel (dengan database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa ya?
Thanks
Ferry
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar