15 New Messages
Digest #2774
2c
Bls: [belajar-excel] Data kebawah jadi data ke samping [1 Attachment by "Tjahya Hartono" tjahyahartono
7a
Bls: Bls: [belajar-excel] bagaimanakah cara menghitung angka ya diaw by "Pukka Hamonangan Pardede" angan_lov3
Messages
Sat Feb 8, 2014 4:33 am (PST) . Posted by:
"Tjahya Hartono" tjahyahartono
Terima kasih pak Lazuardi, ini juga yang saya maksudkan.
Pada Jumat, 7 Februari 2014 13:00, Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com> menulis:
pak tjahya
coba seperti file terlampir.
kalau tujuanya hanya ingin mengetahui berapa kali murid melakukan les.
sambil menungu jawwaban dari master yang lain.
wasalam
LB
Pada Jumat, 7 Februari 2014 9:54, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id> menulis:
Salam pagi,
Untuk semua para master excel saya meminta bantuannya, untuk merapikan data excel saya seperti terlampir.
Atas bantuannya saya mengucapkan banyak terima kasih
Terima kasih
Tjahya Hartono
----- Mods -----
sebagai awalan, coba pelajari Pivot Table dari blognya mr Kid
bagian pertama : http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html
bagian kedua : http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html
bagian ketiga: http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html
____________
Pada Jumat, 7 Februari 2014 13:00, Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@
pak tjahya
coba seperti file terlampir.
kalau tujuanya hanya ingin mengetahui berapa kali murid melakukan les.
sambil menungu jawwaban dari master yang lain.
wasalam
LB
Pada Jumat, 7 Februari 2014 9:54, Tjahya Hartono <tjahyahartono@
Salam pagi,
Untuk semua para master excel saya meminta bantuannya, untuk merapikan data excel saya seperti terlampir.
Atas bantuannya saya mengucapkan banyak terima kasih
Terima kasih
Tjahya Hartono
----- Mods -----
sebagai awalan, coba pelajari Pivot Table dari blognya mr Kid
bagian pertama : http://excel-
bagian kedua : http://excel-
bagian ketiga: http://excel-
____________
Sat Feb 8, 2014 8:26 pm (PST) . Posted by:
"Tjahya Hartono" tjahyahartono
Saya senang dengan hasil pak Bagus, tapi kalo kebutuhan saya adalah membuat tabel yang secara otomatis bisa muncul dengan adanya setiap murid yang muncul gimana ya?bisa tidak ya?tabel masih sama dengan yang pak bagus contohkan, kalo tidak apakah mungkin saya membuat tabel sendiri dengan tabel yang sama seperti yang saya contohkan, karena rumusnya saya copy dan mengganti sesuai range yang diperlukan tidak bisa karena menurut saya arraynya, karena ketika saya meng copy dengan membuat rumus yang sama dengan range yang diperlukan tetap tidak bisa karena ketika saya ctrl + shift enter, row yang ada dalam rumus berubah-ubah mengikuti cell yang saya copy ke bawah. mungkin bisa dibantu dijelakan ya. Terima kasih atas bantuannya
Tjahya Hartono
Pada Sabtu, 8 Februari 2014 19:33, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id> menulis:
Terima kasih pak Lazuardi, ini juga yang saya maksudkan.
Pada Jumat, 7 Februari 2014 13:00, Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com> menulis:
pak tjahya
coba seperti file terlampir.
kalau tujuanya hanya ingin mengetahui berapa kali murid melakukan les.
sambil menungu jawwaban dari master yang lain.
wasalam
LB
Pada Jumat, 7 Februari 2014 9:54, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id> menulis:
Salam pagi,
Untuk semua para master excel saya meminta bantuannya, untuk merapikan data excel saya seperti terlampir.
Atas bantuannya saya mengucapkan banyak terima kasih
Terima kasih
Tjahya Hartono
----- Mods -----
sebagai awalan, coba pelajari Pivot Table dari blognya mr Kid
bagian pertama : http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html
bagian kedua : http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html
bagian ketiga: http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html
____________
Tjahya Hartono
Pada Sabtu, 8 Februari 2014 19:33, Tjahya Hartono <tjahyahartono@
Terima kasih pak Lazuardi, ini juga yang saya maksudkan.
Pada Jumat, 7 Februari 2014 13:00, Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@
pak tjahya
coba seperti file terlampir.
kalau tujuanya hanya ingin mengetahui berapa kali murid melakukan les.
sambil menungu jawwaban dari master yang lain.
wasalam
LB
Pada Jumat, 7 Februari 2014 9:54, Tjahya Hartono <tjahyahartono@
Salam pagi,
Untuk semua para master excel saya meminta bantuannya, untuk merapikan data excel saya seperti terlampir.
Atas bantuannya saya mengucapkan banyak terima kasih
Terima kasih
Tjahya Hartono
----- Mods -----
sebagai awalan, coba pelajari Pivot Table dari blognya mr Kid
bagian pertama : http://excel-
bagian kedua : http://excel-
bagian ketiga: http://excel-
____________
Sat Feb 8, 2014 4:36 am (PST) . Posted by:
"Tjahya Hartono" tjahyahartono
Minta ijin dulu ke Pak Jonathan, kebetulan casenya sama dengan yang saya hadapi.^^
Master excel,
boleh saya dibantu untuk menyelesaikan masalah dlm kasus ini, sedikit perkembangan untuk kasus pak Jonathan
Terima kasih atas bantuannya
Tjahya H
Master excel,
boleh saya dibantu untuk menyelesaikan masalah dlm kasus ini, sedikit perkembangan untuk kasus pak Jonathan
Terima kasih atas bantuannya
Tjahya H
Sat Feb 8, 2014 6:32 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Tjahya,
Sambil menunggu solusi dengan array formula filtering sumbangan BeExceller
ya....
File terlampir menggunakan fitur Excel Table yang diberi formula penyusun
data source pivot table. Kemudian output ditampilkan dengan Pivot Table.
File terlampir menggunakan Excel 2007. Pengguna xl2003 juga bisa
memanfaatkan pivot table seperti file terlampir. Pada xl2010 (terutama
xl2013), fitur pivot table sudah jauh lebih bagus. Pada xl2013 malah sudah
di-default-kan untuk bisa menggunakan power pivot yang data source-nya
berasal dari virtual data warehouse. Excel Pivot Table maupun addin Power
Pivot akan terus dikembangkan oleh pembuat Excel. Sepertinya akan ada
banyak keuntungan di depan sana ketika mempelajari fitur Excel Pivot Table
sejak dini (sukur-sukur bisa belajar Power Pivot sekalian).
Moga-moga pivot table semakin banyak digunakan. Seringkali keengganan
menggunakan pivot table karena harus memperlajarinya, yang berarti harus
keluar dari comfort zone seseorang. Padahal mempelajari pivot table jauh
lebih mudah dibanding mempelajari array formula ataupun VBA.
Wassalam,
Kid.
2014-02-08 19:14 GMT+07:00 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>:
>
>
> Minta ijin dulu ke Pak Jonathan, kebetulan casenya sama dengan yang saya
> hadapi.^^
>
> Master excel,
> boleh saya dibantu untuk menyelesaikan masalah dlm kasus ini, sedikit
> perkembangan untuk kasus pak Jonathan
> Terima kasih atas bantuannya
>
>
> Tjahya H
>
>
>
Sambil menunggu solusi dengan array formula filtering sumbangan BeExceller
ya....
File terlampir menggunakan fitur Excel Table yang diberi formula penyusun
data source pivot table. Kemudian output ditampilkan dengan Pivot Table.
File terlampir menggunakan Excel 2007. Pengguna xl2003 juga bisa
memanfaatkan pivot table seperti file terlampir. Pada xl2010 (terutama
xl2013), fitur pivot table sudah jauh lebih bagus. Pada xl2013 malah sudah
di-default-kan untuk bisa menggunakan power pivot yang data source-nya
berasal dari virtual data warehouse. Excel Pivot Table maupun addin Power
Pivot akan terus dikembangkan oleh pembuat Excel. Sepertinya akan ada
banyak keuntungan di depan sana ketika mempelajari fitur Excel Pivot Table
sejak dini (sukur-sukur bisa belajar Power Pivot sekalian).
Moga-moga pivot table semakin banyak digunakan. Seringkali keengganan
menggunakan pivot table karena harus memperlajarinya, yang berarti harus
keluar dari comfort zone seseorang. Padahal mempelajari pivot table jauh
lebih mudah dibanding mempelajari array formula ataupun VBA.
Wassalam,
Kid.
2014-02-08 19:14 GMT+07:00 Tjahya Hartono <tjahyahartono@
>
>
> Minta ijin dulu ke Pak Jonathan, kebetulan casenya sama dengan yang saya
> hadapi.^^
>
> Master excel,
> boleh saya dibantu untuk menyelesaikan masalah dlm kasus ini, sedikit
> perkembangan untuk kasus pak Jonathan
> Terima kasih atas bantuannya
>
>
> Tjahya H
>
>
>
Sat Feb 8, 2014 7:44 pm (PST) . Posted by:
"Tjahya Hartono" tjahyahartono
Terima kasih Mr. Kid, sambil menunggu bantuan dari be exceller lain untuk arraynya (karena kebutuhannya memang lebih butuh untuk otomatisasi datanya) bisa dibantu untuk pivotnya kalo di sort tanggal yang terbaru saja yang berada diatas. karena sudah saya mencoba di sort tidak bisa misal tanggal 3 dan 4 masih berada dibawah tanggal 2 dan 1, kemudian dibantu untuk data per aktif tanggal ini saja yang diberi warna dan data tanggal diberikan hari supaya lebih mudah melihatnya.
Saya sangat berterima kasih sekali lagi atas bantuannya
Pada Minggu, 9 Februari 2014 9:32, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Hai Tjahya,
Sambil menunggu solusi dengan array formula filtering sumbangan BeExceller ya....
File terlampir menggunakan fitur Excel Table yang diberi formula penyusun data source pivot table. Kemudian output ditampilkan dengan Pivot Table.
File terlampir menggunakan Excel 2007. Pengguna xl2003 juga bisa memanfaatkan pivot table seperti file terlampir. Pada xl2010 (terutama xl2013), fitur pivot table sudah jauh lebih bagus. Pada xl2013 malah sudah di-default-kan untuk bisa menggunakan power pivot yang data source-nya berasal dari virtual data warehouse. Excel Pivot Table maupun addin Power Pivot akan terus dikembangkan oleh pembuat Excel. Sepertinya akan ada banyak keuntungan di depan sana ketika mempelajari fitur Excel Pivot Table sejak dini (sukur-sukur bisa belajar Power Pivot sekalian).
Moga-moga pivot table semakin banyak digunakan. Seringkali keengganan menggunakan pivot table karena harus memperlajarinya, yang berarti harus keluar dari comfort zone seseorang. Padahal mempelajari pivot table jauh lebih mudah dibanding mempelajari array formula ataupun VBA.
Wassalam,
Kid.
2014-02-08 19:14 GMT+07:00 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>:
>
>Minta ijin dulu ke Pak Jonathan, kebetulan casenya sama dengan yang saya hadapi.^^
>
>
>Master excel,
>boleh saya dibantu untuk menyelesaikan masalah dlm kasus ini, sedikit perkembangan untuk kasus pak Jonathan
>Terima kasih atas bantuannya
>
>
>
>
>Tjahya H
Saya sangat berterima kasih sekali lagi atas bantuannya
Pada Minggu, 9 Februari 2014 9:32, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Hai Tjahya,
Sambil menunggu solusi dengan array formula filtering sumbangan BeExceller ya....
File terlampir menggunakan fitur Excel Table yang diberi formula penyusun data source pivot table. Kemudian output ditampilkan dengan Pivot Table.
File terlampir menggunakan Excel 2007. Pengguna xl2003 juga bisa memanfaatkan pivot table seperti file terlampir. Pada xl2010 (terutama xl2013), fitur pivot table sudah jauh lebih bagus. Pada xl2013 malah sudah di-default-kan untuk bisa menggunakan power pivot yang data source-nya berasal dari virtual data warehouse. Excel Pivot Table maupun addin Power Pivot akan terus dikembangkan oleh pembuat Excel. Sepertinya akan ada banyak keuntungan di depan sana ketika mempelajari fitur Excel Pivot Table sejak dini (sukur-sukur bisa belajar Power Pivot sekalian).
Moga-moga pivot table semakin banyak digunakan. Seringkali keengganan menggunakan pivot table karena harus memperlajarinya, yang berarti harus keluar dari comfort zone seseorang. Padahal mempelajari pivot table jauh lebih mudah dibanding mempelajari array formula ataupun VBA.
Wassalam,
Kid.
2014-02-08 19:14 GMT+07:00 Tjahya Hartono <tjahyahartono@
>
>Minta ijin dulu ke Pak Jonathan, kebetulan casenya sama dengan yang saya hadapi.^^
>
>
>Master excel,
>boleh saya dibantu untuk menyelesaikan masalah dlm kasus ini, sedikit perkembangan untuk kasus pak Jonathan
>Terima kasih atas bantuannya
>
>
>
>
>Tjahya H
Sat Feb 8, 2014 8:58 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Tjahya,
Coba geser kolom tanggal ke paling kiri.
Atur format numbernya sesuai kebutuhan, mau menampilkan hari bulan dalam
bantuk apapun yang bisa dilakukan oleh format number.
Caranya : klik kanan nama kolomnya dalam pivot table -> field setting ->
number format -> atur sajah sesukanya.
Otomasi ?
Pivot table sangat otomatis ketika dibantu oleh fitur excel table.
Sudah coba tambah record lalu klik kanan pivot table refresh all ?
Jika dengan array formula, ketika data bertambah banyak, perlu peng-copy-an
formula di sheet report-nya. Belum lagi kalo yang meng-copy belum kenal
dengan array formula. Maka penggunaan array formula akan terasa lebih
report dibanding dengan pivot table.
Ketika datanya buanyak sekali, array formula akan memperlambat kerja Excel,
sedang pivot table tidak akan signifikan memberatkan kerja Excel.
Dengan array formula hanya bisa disusun 1 fix report dan harus membuat
array formula lain untuk kebutuhan report sederhana yang bentuknya berbeda
(seperti jumlah les si Nixon yang pake guru si A). Sedangkan dengan sebuah
pivot table, Anda bisa meng-copy pivot table tersebut ke sheet naru untuk
menjadi bentuk report baru, kemudian mengatur layout report yang baru. Hal
ini hanya dilakukan sekali saja setiap ada pengubahan bentuk layout.
Pengubahan jumlah record atau nilai dalam record cukup melakukan refresh
data melalui ribbon Data -> klik Refresh All.
Hal ini setara dengan setting calculation manual pada saat menggunakan
array formula.
Kenapa kok di set calculation manual si array formula ?
>> jadi gini, ketika jumlah record banyak, maka kalkulasi excel terhadap
array formula akan lambat. Supaya proses ganti nilai di tabel data tidak
memicu array formula yang kerjanya memperlambat Excel, maka perlu di set
calculation menjadi manual dulu. Setelah seluruh pengubahan nilai di tabel
data selesai, baru di set calculation automatic. Setelah di set calculation
automatic, maka dilanjutkan dengan menunggu si array formula selesai
dikalkulasi.
Pivot table juga bergantung pada tabel data sumbernya. Ketika ada
pengubahan nilai di tabel sumber, maka pivot table perlu memperbarui data
yang disimpan oleh si pivot table. Proses memperbarui ini dilakukan ketika
ada perintah Refresh All.
Bedanya apa dengan array formula yang di calculation manual pada kondisi di
atas tadi ?
>> pivot table akan me-refresh jauh lebih cepat (sangat jauh lebih cepat)
daripada kalkulasi Excel terhadap array formula.
Contoh kasus saja deh...
Workbook A dengan data di sheet bernama Data berisi 900K record lalu di
buat report dengan array formula di sheet bernama Report bisa menghabiskan
waktu untuk kalkulasi (relatif terhadap komputer dan kekomplekan kriteria
array formula (misal array formula filtering)) bisa memakan waktu 3 menit
(ingat ya, ketika komputernya cukup tangguh dan kriterianya ndak terlalu
rumit dan ndak banyak)
Workbook B dengan data seperti workbook A diletakkan di sheet bernama
DataPivot dan report dengan Pivot table diletakkan di sheet bernama
report1, hanya membutuhkan waktu 5 detik.
Saya rasa, 180 detik array formula dibanding 5 detik pivot table sangatlah
signifikan.
Kasus berikutnya :
Workbook A, Kalau repportnya ternyata ada 3 model report, report umum,
report jumlah kelas, report jumlah mengajar si guru (misal) yang diletakkan
pada 2 sheet berbeda lagi (reportMurid dan reportGuru). Setiap sheet report
butuh array formula filtering juga, maka kalkulasi yang 5 menit tadi akan
jadi lebih lama karena yang dikalkulasi ada 3 sheet berarray formula. Bisa
jadi kalkulasi akan menjadi 9 menit.
Workbook B yang dikenai keadaan yang sama (ada report Guru dan report
Murid) yang dibuat dengan pivot table (hasil copy pivot table di sheet
report1 ke sheet reportGuru dan sheet reportMurid) yang kemudian diatur
layoutnya. Maka pivot table akan membutuhkan waktu refresh tetap 5 detik
(tidak berubah).
Kali ini, 9 x 60 = 540 detik dibanding 5 detik refresh pivot table akan
semakin terasa perbedaan waktunya.
Kasus lain,
Karena datanya sudah makin banyak (misal 2M record [usahanya sudah berjalan
2 tahun dan semakin maju]) dan gak muat di Excel, maka dipindah ke Access.
Pivot table cukup mengubah data source yang tadinya ke sheet Excel menjadi
ke sebuah Data Connection yang dibentuk dengan fitur Get External Data.
Sedang array formula harus beribet menggunakan VBA atau Get External Data
untuk ambil datanya lebih dulu baru menjadi sebuah potongan tabel (ndak
bisa semuanya).
imho,
Pengguna Excel tetaplah harus diluar comfort zone yang dibentuk Excel
selama ini agar prinsip-prinsip pengolahan data yang cepat, tepat, akurat,
sesuai kebutuhan bisa terus dipenuhi mengikuti perkembangan data.
Jadi, semakin kedepan, Excel formula (termasuk array formula) akan semakin
kecil lingkup penggunaannya, tetapi tidak bisa dihilangkan dari Excel.
Lingkup tersebut akan semakin rapat ke area penyiapan data source (tabel
data dasar hasil mengolah data mentah ajalah nyebutnya).
hehehe....
kampanye Excel Table, pivot table, dan Get External Data... Fitur dasar
yang dianggap repot untuk digunakan dalam membuat report karena harus
belajar dari nol lagi. Padahal banyak pengguna Excel yang belajar formula
juga dari nol dan sekiun tahun belajar formula masih kelas 1 ajah...
ayo BeExceller,
belajar bersama tentang fitur Excel selain formula yuk....
Insya Allah ndak rugi deh...
Wassalam,
Kid.
2014-02-09 10:32 GMT+07:00 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>:
>
>
> Terima kasih Mr. Kid, sambil menunggu bantuan dari be exceller lain untuk
> arraynya (karena kebutuhannya memang lebih butuh untuk otomatisasi
> datanya) bisa dibantu untuk pivotnya kalo di sort tanggal yang terbaru saja
> yang berada diatas. karena sudah saya mencoba di sort tidak bisa misal
> tanggal 3 dan 4 masih berada dibawah tanggal 2 dan 1, kemudian dibantu
> untuk data per aktif tanggal ini saja yang diberi warna dan data tanggal
> diberikan hari supaya lebih mudah melihatnya.
> Saya sangat berterima kasih sekali lagi atas bantuannya
>
>
> Pada Minggu, 9 Februari 2014 9:32, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
> Hai Tjahya,
>
> Sambil menunggu solusi dengan array formula filtering sumbangan BeExceller
> ya....
> File terlampir menggunakan fitur Excel Table yang diberi formula penyusun
> data source pivot table. Kemudian output ditampilkan dengan Pivot Table.
>
> File terlampir menggunakan Excel 2007. Pengguna xl2003 juga bisa
> memanfaatkan pivot table seperti file terlampir. Pada xl2010 (terutama
> xl2013), fitur pivot table sudah jauh lebih bagus. Pada xl2013 malah sudah
> di-default-kan untuk bisa menggunakan power pivot yang data source-nya
> berasal dari virtual data warehouse. Excel Pivot Table maupun addin Power
> Pivot akan terus dikembangkan oleh pembuat Excel. Sepertinya akan ada
> banyak keuntungan di depan sana ketika mempelajari fitur Excel Pivot Table
> sejak dini (sukur-sukur bisa belajar Power Pivot sekalian).
>
> Moga-moga pivot table semakin banyak digunakan. Seringkali keengganan
> menggunakan pivot table karena harus memperlajarinya, yang berarti harus
> keluar dari comfort zone seseorang. Padahal mempelajari pivot table jauh
> lebih mudah dibanding mempelajari array formula ataupun VBA.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-02-08 19:14 GMT+07:00 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>:
>
>
> Minta ijin dulu ke Pak Jonathan, kebetulan casenya sama dengan yang
> saya hadapi.^^
>
> Master excel,
> boleh saya dibantu untuk menyelesaikan masalah dlm kasus ini, sedikit
> perkembangan untuk kasus pak Jonathan
> Terima kasih atas bantuannya
>
>
> Tjahya H
>
>
>
>
>
>
Coba geser kolom tanggal ke paling kiri.
Atur format numbernya sesuai kebutuhan, mau menampilkan hari bulan dalam
bantuk apapun yang bisa dilakukan oleh format number.
Caranya : klik kanan nama kolomnya dalam pivot table -> field setting ->
number format -> atur sajah sesukanya.
Otomasi ?
Pivot table sangat otomatis ketika dibantu oleh fitur excel table.
Sudah coba tambah record lalu klik kanan pivot table refresh all ?
Jika dengan array formula, ketika data bertambah banyak, perlu peng-copy-an
formula di sheet report-nya. Belum lagi kalo yang meng-copy belum kenal
dengan array formula. Maka penggunaan array formula akan terasa lebih
report dibanding dengan pivot table.
Ketika datanya buanyak sekali, array formula akan memperlambat kerja Excel,
sedang pivot table tidak akan signifikan memberatkan kerja Excel.
Dengan array formula hanya bisa disusun 1 fix report dan harus membuat
array formula lain untuk kebutuhan report sederhana yang bentuknya berbeda
(seperti jumlah les si Nixon yang pake guru si A). Sedangkan dengan sebuah
pivot table, Anda bisa meng-copy pivot table tersebut ke sheet naru untuk
menjadi bentuk report baru, kemudian mengatur layout report yang baru. Hal
ini hanya dilakukan sekali saja setiap ada pengubahan bentuk layout.
Pengubahan jumlah record atau nilai dalam record cukup melakukan refresh
data melalui ribbon Data -> klik Refresh All.
Hal ini setara dengan setting calculation manual pada saat menggunakan
array formula.
Kenapa kok di set calculation manual si array formula ?
>> jadi gini, ketika jumlah record banyak, maka kalkulasi excel terhadap
array formula akan lambat. Supaya proses ganti nilai di tabel data tidak
memicu array formula yang kerjanya memperlambat Excel, maka perlu di set
calculation menjadi manual dulu. Setelah seluruh pengubahan nilai di tabel
data selesai, baru di set calculation automatic. Setelah di set calculation
automatic, maka dilanjutkan dengan menunggu si array formula selesai
dikalkulasi.
Pivot table juga bergantung pada tabel data sumbernya. Ketika ada
pengubahan nilai di tabel sumber, maka pivot table perlu memperbarui data
yang disimpan oleh si pivot table. Proses memperbarui ini dilakukan ketika
ada perintah Refresh All.
Bedanya apa dengan array formula yang di calculation manual pada kondisi di
atas tadi ?
>> pivot table akan me-refresh jauh lebih cepat (sangat jauh lebih cepat)
daripada kalkulasi Excel terhadap array formula.
Contoh kasus saja deh...
Workbook A dengan data di sheet bernama Data berisi 900K record lalu di
buat report dengan array formula di sheet bernama Report bisa menghabiskan
waktu untuk kalkulasi (relatif terhadap komputer dan kekomplekan kriteria
array formula (misal array formula filtering)) bisa memakan waktu 3 menit
(ingat ya, ketika komputernya cukup tangguh dan kriterianya ndak terlalu
rumit dan ndak banyak)
Workbook B dengan data seperti workbook A diletakkan di sheet bernama
DataPivot dan report dengan Pivot table diletakkan di sheet bernama
report1, hanya membutuhkan waktu 5 detik.
Saya rasa, 180 detik array formula dibanding 5 detik pivot table sangatlah
signifikan.
Kasus berikutnya :
Workbook A, Kalau repportnya ternyata ada 3 model report, report umum,
report jumlah kelas, report jumlah mengajar si guru (misal) yang diletakkan
pada 2 sheet berbeda lagi (reportMurid dan reportGuru). Setiap sheet report
butuh array formula filtering juga, maka kalkulasi yang 5 menit tadi akan
jadi lebih lama karena yang dikalkulasi ada 3 sheet berarray formula. Bisa
jadi kalkulasi akan menjadi 9 menit.
Workbook B yang dikenai keadaan yang sama (ada report Guru dan report
Murid) yang dibuat dengan pivot table (hasil copy pivot table di sheet
report1 ke sheet reportGuru dan sheet reportMurid) yang kemudian diatur
layoutnya. Maka pivot table akan membutuhkan waktu refresh tetap 5 detik
(tidak berubah).
Kali ini, 9 x 60 = 540 detik dibanding 5 detik refresh pivot table akan
semakin terasa perbedaan waktunya.
Kasus lain,
Karena datanya sudah makin banyak (misal 2M record [usahanya sudah berjalan
2 tahun dan semakin maju]) dan gak muat di Excel, maka dipindah ke Access.
Pivot table cukup mengubah data source yang tadinya ke sheet Excel menjadi
ke sebuah Data Connection yang dibentuk dengan fitur Get External Data.
Sedang array formula harus beribet menggunakan VBA atau Get External Data
untuk ambil datanya lebih dulu baru menjadi sebuah potongan tabel (ndak
bisa semuanya).
imho,
Pengguna Excel tetaplah harus diluar comfort zone yang dibentuk Excel
selama ini agar prinsip-prinsip pengolahan data yang cepat, tepat, akurat,
sesuai kebutuhan bisa terus dipenuhi mengikuti perkembangan data.
Jadi, semakin kedepan, Excel formula (termasuk array formula) akan semakin
kecil lingkup penggunaannya, tetapi tidak bisa dihilangkan dari Excel.
Lingkup tersebut akan semakin rapat ke area penyiapan data source (tabel
data dasar hasil mengolah data mentah ajalah nyebutnya).
hehehe....
kampanye Excel Table, pivot table, dan Get External Data... Fitur dasar
yang dianggap repot untuk digunakan dalam membuat report karena harus
belajar dari nol lagi. Padahal banyak pengguna Excel yang belajar formula
juga dari nol dan sekiun tahun belajar formula masih kelas 1 ajah...
ayo BeExceller,
belajar bersama tentang fitur Excel selain formula yuk....
Insya Allah ndak rugi deh...
Wassalam,
Kid.
2014-02-09 10:32 GMT+07:00 Tjahya Hartono <tjahyahartono@
>
>
> Terima kasih Mr. Kid, sambil menunggu bantuan dari be exceller lain untuk
> arraynya (karena kebutuhannya memang lebih butuh untuk otomatisasi
> datanya) bisa dibantu untuk pivotnya kalo di sort tanggal yang terbaru saja
> yang berada diatas. karena sudah saya mencoba di sort tidak bisa misal
> tanggal 3 dan 4 masih berada dibawah tanggal 2 dan 1, kemudian dibantu
> untuk data per aktif tanggal ini saja yang diberi warna dan data tanggal
> diberikan hari supaya lebih mudah melihatnya.
> Saya sangat berterima kasih sekali lagi atas bantuannya
>
>
> Pada Minggu, 9 Februari 2014 9:32, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>
> Hai Tjahya,
>
> Sambil menunggu solusi dengan array formula filtering sumbangan BeExceller
> ya....
> File terlampir menggunakan fitur Excel Table yang diberi formula penyusun
> data source pivot table. Kemudian output ditampilkan dengan Pivot Table.
>
> File terlampir menggunakan Excel 2007. Pengguna xl2003 juga bisa
> memanfaatkan pivot table seperti file terlampir. Pada xl2010 (terutama
> xl2013), fitur pivot table sudah jauh lebih bagus. Pada xl2013 malah sudah
> di-default-kan untuk bisa menggunakan power pivot yang data source-nya
> berasal dari virtual data warehouse. Excel Pivot Table maupun addin Power
> Pivot akan terus dikembangkan oleh pembuat Excel. Sepertinya akan ada
> banyak keuntungan di depan sana ketika mempelajari fitur Excel Pivot Table
> sejak dini (sukur-sukur bisa belajar Power Pivot sekalian).
>
> Moga-moga pivot table semakin banyak digunakan. Seringkali keengganan
> menggunakan pivot table karena harus memperlajarinya, yang berarti harus
> keluar dari comfort zone seseorang. Padahal mempelajari pivot table jauh
> lebih mudah dibanding mempelajari array formula ataupun VBA.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-02-08 19:14 GMT+07:00 Tjahya Hartono <tjahyahartono@
>
>
> Minta ijin dulu ke Pak Jonathan, kebetulan casenya sama dengan yang
> saya hadapi.^^
>
> Master excel,
> boleh saya dibantu untuk menyelesaikan masalah dlm kasus ini, sedikit
> perkembangan untuk kasus pak Jonathan
> Terima kasih atas bantuannya
>
>
> Tjahya H
>
>
>
>
>
>
Sat Feb 8, 2014 6:54 am (PST) . Posted by:
"Ferry Setiawan" ferry_2005_skom
Dear All,
Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel (dengan
database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa ya?
Thanks
Ferry
Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel (dengan
database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa ya?
Thanks
Ferry
Sat Feb 8, 2014 7:08 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Hai Ferry,
Sekedar saran,
Untuk aplikasi kecil mungkin lebih baik pake tailor made, jangan beli yang sdh jadi.
Pada akhirnya biayanya menjadi lebih mahal atau tidak persis sesuai dengan keinginan, layaknya kita memperbaiki rumah yang sdh jadi dan modelnya tidak sesuai selera.
Salam,
HK
On Saturday, 8 February 2014, 21:54, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com> wrote:
Dear All,
Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel (dengan database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa ya?
Thanks
Ferry
Sekedar saran,
Untuk aplikasi kecil mungkin lebih baik pake tailor made, jangan beli yang sdh jadi.
Pada akhirnya biayanya menjadi lebih mahal atau tidak persis sesuai dengan keinginan, layaknya kita memperbaiki rumah yang sdh jadi dan modelnya tidak sesuai selera.
Salam,
HK
On Saturday, 8 February 2014, 21:54, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.
Dear All,
Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel (dengan database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa ya?
Thanks
Ferry
Sat Feb 8, 2014 11:07 am (PST) . Posted by:
"Ferry Setiawan" ferry_2005_skom
Sutuju pak, sebenarnya saya dipihak penjual / tailor nya sih hehehe...cm
krn blm pernah jual pake excel ini jadi kurang tau pasarannya, kira kira
berapa ya pak?
Thanks
On Feb 8, 2014 10:08 PM, "hendrik karnadi" <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
>
>
> Hai Ferry,
>
> Sekedar saran,
> Untuk aplikasi kecil mungkin lebih baik pake tailor made, jangan beli yang
> sdh jadi.
> Pada akhirnya biayanya menjadi lebih mahal atau tidak persis sesuai dengan
> keinginan, layaknya kita memperbaiki rumah yang sdh jadi dan modelnya tidak
> sesuai selera.
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Saturday, 8 February 2014, 21:54, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com>
> wrote:
>
> Dear All,
> Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel
> (dengan database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa
> ya?
> Thanks
> Ferry
>
>
>
>
krn blm pernah jual pake excel ini jadi kurang tau pasarannya, kira kira
berapa ya pak?
Thanks
On Feb 8, 2014 10:08 PM, "hendrik karnadi" <hendrikkarnadi@
>
>
> Hai Ferry,
>
> Sekedar saran,
> Untuk aplikasi kecil mungkin lebih baik pake tailor made, jangan beli yang
> sdh jadi.
> Pada akhirnya biayanya menjadi lebih mahal atau tidak persis sesuai dengan
> keinginan, layaknya kita memperbaiki rumah yang sdh jadi dan modelnya tidak
> sesuai selera.
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Saturday, 8 February 2014, 21:54, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.
> wrote:
>
> Dear All,
> Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel
> (dengan database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa
> ya?
> Thanks
> Ferry
>
>
>
>
Halo Ferry,
Newbie coba bantu ya ?. Pengalaman tahun lalu diminta bikin aplikasi pembukuan yang simple (input Jurnal, post ke GL, sampai jadi laporan keuangan) malah dihargai 20 juta. Walau awalnya saya pikir masih dikisaran 7 digit.
Semoga sukses jualan nya.
Salam
Sony
Powered by paid monthly bills�
-----Original Message-----
From: Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sun, 9 Feb 2014 02:07:50
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Harga aplikasi
Sutuju pak, sebenarnya saya dipihak penjual / tailor nya sih hehehe...cm
krn blm pernah jual pake excel ini jadi kurang tau pasarannya, kira kira
berapa ya pak?
Thanks
On Feb 8, 2014 10:08 PM, "hendrik karnadi" <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
>
>
> Hai Ferry,
>
> Sekedar saran,
> Untuk aplikasi kecil mungkin lebih baik pake tailor made, jangan beli yang
> sdh jadi.
> Pada akhirnya biayanya menjadi lebih mahal atau tidak persis sesuai dengan
> keinginan, layaknya kita memperbaiki rumah yang sdh jadi dan modelnya tidak
> sesuai selera.
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Saturday, 8 February 2014, 21:54, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com>
> wrote:
>
> Dear All,
> Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel
> (dengan database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa
> ya?
> Thanks
> Ferry
>
>
>
>
Newbie coba bantu ya ?. Pengalaman tahun lalu diminta bikin aplikasi pembukuan yang simple (input Jurnal, post ke GL, sampai jadi laporan keuangan) malah dihargai 20 juta. Walau awalnya saya pikir masih dikisaran 7 digit.
Semoga sukses jualan nya.
Salam
Sony
Powered by paid monthly bills�
-----Original Message-----
From: Ferry Setiawan <fset2006@gmail.
Sender: belajar-excel@
Date: Sun, 9 Feb 2014 02:07:50
To: <belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Harga aplikasi
Sutuju pak, sebenarnya saya dipihak penjual / tailor nya sih hehehe...cm
krn blm pernah jual pake excel ini jadi kurang tau pasarannya, kira kira
berapa ya pak?
Thanks
On Feb 8, 2014 10:08 PM, "hendrik karnadi" <hendrikkarnadi@
>
>
> Hai Ferry,
>
> Sekedar saran,
> Untuk aplikasi kecil mungkin lebih baik pake tailor made, jangan beli yang
> sdh jadi.
> Pada akhirnya biayanya menjadi lebih mahal atau tidak persis sesuai dengan
> keinginan, layaknya kita memperbaiki rumah yang sdh jadi dan modelnya tidak
> sesuai selera.
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Saturday, 8 February 2014, 21:54, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.
> wrote:
>
> Dear All,
> Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel
> (dengan database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa
> ya?
> Thanks
> Ferry
>
>
>
>
Sat Feb 8, 2014 4:32 pm (PST) . Posted by:
"Jack Rivaldo"
Kalau saya aplikasi begitu di gratisin aja untuk promosi tapi bukan
dulu sesuai keinginan client, kita buat versi kita sendiri. Lalu kasih
gratis dan biar dia coba nanti kalau ada perubahan baru ada uang
tambahan. Jangan lupa pada from banyakin iklan yah..hheheheh
Pada tanggal 08/02/14, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
> Hai Ferry,
>
> Sekedar saran,
> Untuk aplikasi kecil mungkin lebih baik pake tailor made, jangan beli yang
> sdh jadi.
> Pada akhirnya biayanya menjadi lebih mahal atau tidak persis sesuai dengan
> keinginan, layaknya kita memperbaiki rumah yang sdh jadi dan modelnya tidak
> sesuai selera.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
> On Saturday, 8 February 2014, 21:54, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.com>
> wrote:
>
>
> Dear All,
> Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel (dengan
> database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa ya?
> Thanks
> Ferry
>
dulu sesuai keinginan client, kita buat versi kita sendiri. Lalu kasih
gratis dan biar dia coba nanti kalau ada perubahan baru ada uang
tambahan. Jangan lupa pada from banyakin iklan yah..hheheheh
Pada tanggal 08/02/14, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
> Hai Ferry,
>
> Sekedar saran,
> Untuk aplikasi kecil mungkin lebih baik pake tailor made, jangan beli yang
> sdh jadi.
> Pada akhirnya biayanya menjadi lebih mahal atau tidak persis sesuai dengan
> keinginan, layaknya kita memperbaiki rumah yang sdh jadi dan modelnya tidak
> sesuai selera.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
> On Saturday, 8 February 2014, 21:54, Ferry Setiawan <fset2006@gmail.
> wrote:
>
>
> Dear All,
> Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel (dengan
> database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa ya?
> Thanks
> Ferry
>
Sat Feb 8, 2014 6:54 am (PST) . Posted by:
"Ferry Setiawan" ferry_2005_skom
Dear All,
Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel (dengan
database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa ya?
Thanks Ferry
Mohon info, barangkali ada yg pernah jual, kira kira aplikasi excel (dengan
database access) skala kecil (misal utk inventory) dihargai berapa ya?
Thanks Ferry
Sat Feb 8, 2014 8:26 pm (PST) . Posted by:
angan_lov3
Kepada para Bapak/Ibu excel-lent senua,
mohon bantuan dan bimbingannya untuk menyelesaikan kasus angka berikut.
file terlampir (Kerja Manual)
Regards.
mohon bantuan dan bimbingannya untuk menyelesaikan kasus angka berikut.
file terlampir (Kerja Manual)
Regards.
Sat Feb 8, 2014 8:35 pm (PST) . Posted by:
superdhaeng
Jadi besok2 ga kacau ketika mau laporan ke lilik n andit)
---In belajar-excel@yahoogroups.com, <mr.nmkid@...> wrote:
Hai Superdhaeng,
Masih belum ada yang mampir ke thread ini ya.
Mungkin susunan datanya dianggap ribet oleh para calon penanggap untuk diproses.
File yang ada disini https://app.box.com/s/r0e861ug25otc2c5tccr adalah salah satu alternatif penyusunan data transaksi yang memudahkan proses penyusunan data posisi.
Sapa tau bisa jadi bahan untuk membentuk ide baru tentang penyusunan data stok (posisi jumlah item)
Wassalam,
Kid.
2014-02-05 15:43 GMT+07:00 <superdhaeng@... mailto:superdhaeng@...>:
Maaf sodara2, baru tau kalo ada batasan besar file yg bisa dikirim
berikut filenya...thanks
---In belajar-excel@
Hai Superdhaeng,
Masih belum ada yang mampir ke thread ini ya.
Mungkin susunan datanya dianggap ribet oleh para calon penanggap untuk diproses.
File yang ada disini https://app.
Sapa tau bisa jadi bahan untuk membentuk ide baru tentang penyusunan data stok (posisi jumlah item)
Wassalam,
Kid.
2014-02-05 15:43 GMT+07:00 <superdhaeng@
Maaf sodara2, baru tau kalo ada batasan besar file yg bisa dikirim
berikut filenya...thanks
Sat Feb 8, 2014 9:53 pm (PST) . Posted by:
"Pukka Hamonangan Pardede" angan_lov3
maaf agak telat, ternyata ada sedikit masalah dengan formulanya dilapangan. contoh:
5.12.22#10 = total harga 30 namun setelah saya tambah text hasilnya menjadi 40 berikut contoh 2:
5.12.22#10 = total harga 40 (seharusnya 30)
mohon bimbingan dan kesabarannya para excel-lent semua.
----------------- " file terlampir " ------------------
Pada Jumat, 7 Februari 2014 20:30, Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.co.id> menulis:
Dear all excel-lent,
Terimakasih telah membantu saya menyelesaikan kasus angka di excel.
semoga Tuhan memberkati anda semua.
regards.
Pada Jumat, 7 Februari 2014 13:29, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
Pak Pardede,
coba diblok semua data yang ingin diubah.
tekan tombol CTRL H sehingga muncul dialog box Find and Replace
pada kotak Find what: isi dengan #
pada kotak Replace with: isi dengan x
tekan tombol Replace All
oia.. UDF SumIfSC sudah didesain untuk hal seperti ini, jadi nanti pada saat penggunaannya tinggal masukkan tanda x di antara kutip dua debagai delimiter_value-nya
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 7 Februari 2014 12.49, Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.co.id> menulis:
>
>Dear Miss and Mr Excel-lent
>Terimakasih atas bantuannya..
>maaf bila saya ingin mengganti format tanda " # " menjadi tanda " x " misalnya, bagaimana kah caranya?
>apa langkah yg harus saya ambil?
>
>
>mohon bimbingan dan kesabarannya.
>
>
>Regards.
>
>
>
>
>
5.12.22#10 = total harga 30 namun setelah saya tambah text hasilnya menjadi 40 berikut contoh 2:
5.12.22#10 = total harga 40 (seharusnya 30)
mohon bimbingan dan kesabarannya para excel-lent semua.
------------
Pada Jumat, 7 Februari 2014 20:30, Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.
Dear all excel-lent,
Terimakasih telah membantu saya menyelesaikan kasus angka di excel.
semoga Tuhan memberkati anda semua.
regards.
Pada Jumat, 7 Februari 2014 13:29, Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Pak Pardede,
coba diblok semua data yang ingin diubah.
tekan tombol CTRL H sehingga muncul dialog box Find and Replace
pada kotak Find what: isi dengan #
pada kotak Replace with: isi dengan x
tekan tombol Replace All
oia.. UDF SumIfSC sudah didesain untuk hal seperti ini, jadi nanti pada saat penggunaannya tinggal masukkan tanda x di antara kutip dua debagai delimiter_value-
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 7 Februari 2014 12.49, Pukka Hamonangan Pardede <angan_lov3@yahoo.
>
>Dear Miss and Mr Excel-lent
>Terimakasih atas bantuannya..
>maaf bila saya ingin mengganti format tanda " # " menjadi tanda " x " misalnya, bagaimana kah caranya?
>apa langkah yg harus saya ambil?
>
>
>mohon bimbingan dan kesabarannya.
>
>
>Regards.
>
>
>
>
>
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar