Selasa, 04 Maret 2014

[belajar-excel] Digest Number 2812

15 New Messages

Digest #2812
1a
1b
Re: Membuat combobox Multi [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Panggil sheet output by "Yusril Ramadani" yusrilramadani
2b
Re: Panggil sheet output [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
4a
Re: Tanya VBA by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
8a
Re: Mods: Menyimpan data ListView ke Excel by "Ratri Risyanto" risyanto12

Messages

Tue Mar 4, 2014 8:09 am (PST) . Posted by:

zuhdi_pon

Dear master Belajar-Excel, Bagaimana cara menampilkan daftar nama Kecamatan dan Desa di combobox pada Userform, sebelumnya sudah saya buat combobox di sheet. berikut saya lampirkan filenya. terima kasih

Tue Mar 4, 2014 9:09 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir.

Wassalam,
Kid.

2014-03-04 16:47 GMT+07:00 <zuhdi_pon@yahoo.com>:

>
>
> Dear master Belajar-Excel, Bagaimana cara menampilkan daftar nama
> Kecamatan dan Desa di combobox pada Userform, sebelumnya sudah saya buat
> combobox di sheet. berikut saya lampirkan filenya. terima kasih
>
>

Tue Mar 4, 2014 8:09 am (PST) . Posted by:

"Yusril Ramadani" yusrilramadani

Saya ingin template output yg saya buat ketika click button maka akan
keluar sheet ou[ut yg diinginkan

Tapi bisakah keluarnya tidak bersamaan defaultnya sheetnya di hidden
...maksudnya berurutan ...
page 1
page 2 page 3 dst

yg terjadi sekarang adalah ketika dipanggil sheet2 output keluarnya
bersamaaan

Worksheets("Page1").Visible = xlSheetVisible
Worksheets("Page2").Visible = xlSheetVisible
Worksheets("Page3").Visible = xlSheetVisible

Mohon bantuannya

Thanks
YR

Tue Mar 4, 2014 9:26 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir.

Wassalam,
Kid.

2014-03-04 16:53 GMT+07:00 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>:

>
>
>
> Saya ingin template output yg saya buat ketika click button maka akan
> keluar sheet ou[ut yg diinginkan
>
> Tapi bisakah keluarnya tidak bersamaan defaultnya sheetnya di hidden
> ...maksudnya berurutan ...
> page 1
> page 2 page 3 dst
>
> yg terjadi sekarang adalah ketika dipanggil sheet2 output keluarnya
> bersamaaan
>
> Worksheets("Page1").Visible = xlSheetVisible
> Worksheets("Page2").Visible = xlSheetVisible
> Worksheets("Page3").Visible = xlSheetVisible
>
>
> Mohon bantuannya
>
> Thanks
> YR
>
>
>

Tue Mar 4, 2014 8:09 am (PST) . Posted by:

"s calyptra" scalyptra


Trm ksh byk Mr. Kid. Solusinya sngt membantu. Tp msh ada sdkt mslh. Pas mau nambah lokasi jadi 450, gak tau bgm caranya. Saya coba edit di group field "lokasi", tp angka-angka yg muncul malah 1-1, 2-2, 3-3, dst... Bukannya kode lokasi 1, 2, 3, dst. Sy msh awam dgn pivot table. Ditunggu pencerahannya kembali

Tue Mar 4, 2014 9:32 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Maaf, saya ndak paham maksudnya.
Pivot table di sheet output akan tergantung pada data di sheet input yang
diproses.

Wassalam,
Kid.

2014-03-04 20:02 GMT+07:00 s calyptra <scalyptra@yahoo.com>:

>
>
>
> Trm ksh byk Mr. Kid. Solusinya sngt membantu. Tp msh ada sdkt mslh. Pas
> mau nambah lokasi jadi 450, gak tau bgm caranya. Saya coba edit di group
> field "lokasi", tp angka-angka yg muncul malah 1-1, 2-2, 3-3, dst...
> Bukannya kode lokasi 1, 2, 3, dst. Sy msh awam dgn pivot table. Ditunggu
> pencerahannya kembali
>
>

Tue Mar 4, 2014 8:15 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

oh iya,

"Jika saat text nama Supplier di isi Nagoya dan tombol searching nama di *klik
*maka text yang ada di VBA nya terisi sesuai text masing masing."
berarti script nomor 2 diletakkan di prosedur sub event click milik si
tombol search berdasar nama.

Wassalam,
Kid.

2014-03-04 13:14 GMT+07:00 Apriyadi <apriyadi_apry@yahoo.com>:

>
>
>
> Dear Mr Kid,
>
>
> Mohon maaf emailnya sebelumnya terpotong.
>
> Terima kasih bantuannya.
> Untuk pertanyaan dan jawaban yang pertama sudah dicoba dan berhasil.
> Untuk Pertanyaan dan jawaban yang kedua belum berhasil, Pasti karena saya
> nya tidak mengerti.
>
> Mungkin perlu tambahanan dalam rumus sehingga saat menginput Nama dan Jika
> sudah ada nama sebelumnya di Tabel maka muncul pesan Nama sudah
> ada.Munggkin dengan begitu tidak akan ada nama yang sama dan tentu saat
> proses Searcing nama akan lebih akurat.
>
> Dan misalnya seperti ini.Jika di tabel terdapat seperti dibawah ini.
> Nama : Nagoya
> Kode : 0123456
> PIC 1 : Mr Kid
> PIC 2 : Apriyadi
> Add : Bekasi
> No Telp : 021 XXXX
> No Fax : 021 XXX
> No HP : 0812 XXX
> Email : saya@gwbanget.com
>
> Jika saat text nama Supplier di isi Nagoya dan tombol searching nama diklik maka text yang ada di VBA nya terisi sesuai text masing masing.
>
> Mohon maaf telah merepotkan.atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
>
>
> Thank
>
>
>
>
> Apriyadi
>
> Thank
>
>
>
>
> Apriyadi
> 0812 95 023 023
> apriyadi_apry@yahoo.com
>
>
> Yuk Belajar Excel Macro VBA...
> Buat data mu semakin lebih cepat dan akurat...
> Management Waktu itu Penting...
>
>
> Pada Selasa, 4 Maret 2014 13:00, Apriyadi <apriyadi_apry@yahoo.com>
> menulis:
>
> Dear Mr Kid,
>
>
> Terima kasih bantuannya.
> Untuk pertanyaan dan jawaban yang pertama sudah dicoba dan berhasil.
> Untuk Pertanyaan dan jawaban yang kedua belum berhasil, Pasti karena saya
> nya tidak mengerti.
>
> Mungkin perlu tambahanan dalam rumus sehingga saat menginput Nama dan Jika
> sudah ada nama sebelumnya di Tabel maka muncul pesan Nama sudah
> ada.Munggkin dengan begitu tidak akan ada nama yang sama dan tentu saat
> proses Searcing nama akan lebih akurat.
>
> Dan misalnya seperti ini.Jika di tabel terdapat seperti dibawah ini.
> Nama : Nagoya
> Kode : 0123456
> PIC 1 : Mr Kid
> PIC 2 : Apriyadi
> Add : Bekasi
> No Telp : 021 XXXX
> No Fax : 021 XXX
> No HP : 0812 XXX
> Email : saya@gwbanget.com
>
>
>
> Thank
>
>
>
>
> Apriyadi
>
>
> Pada Minggu, 2 Maret 2014 15:31, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
> Hai Apriyadi,
>
> 1. Pada properti Min milik si scroll (lihat di properties window -> tekan
> F4 di VBE) diisi 1
> 2. pada event change milik tombol searching berdasar nama, diisi dengan :
> dim rng as range 'asumsi nama di tabel data ada di kolom A
> set rng=sheets("nama sheet datanya").range("a:a").find(
> nama_textbox_control_nama.text )
> if not rng is nothing then
> nama_control_scroll.value=rng.row-1 'jika header tabel di baris 1
> nama_control_scroll_Change 'panggil prosedur sub event milik si
> control scroll
> endif
>
> *** terapkan nomor 2 pada event change milik si tombol searching berdasar
> kolom lainnya dengan menyesuaikan baris berbunyi :
> set rng=sheets("nama sheet datanya").range("a:a").find(
> nama_textbox_control_nama.text )
> agar merujuk ke nama sheet data, alamat kolom ("b:b" atau "c:c" dan
> sebagainya), beserta nama control textbox sumber text yang dicari
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-03-02 14:59 GMT+07:00 Apriyadi <apriyadi_apry@yahoo.com>:
>
>
>
> Salam Sejahtera,
>
>
> Mohon bantuan para Master Excel untuk menyelesaikan permasalahan saya.
> Gambaran singkat permasalahan seperti ini.
>
> Ketika tombol Scroll awal saya klik maka data Judul di data masuk ke
> Record sehingga Judul bisa di delete atau pun di edit.Yang semestinya judul
> tidak tertampil sehingga tidak dapat di ubah ataupun dihapus.
>
> Dan saya mengharapkan bisa searching nama berdasarkan nama atau kode yang
> saya inginkan.
>
> Atas bantuan para master saya ucapkan terima kasih
>
> Thank
>
>
>
>
> Apriyadi
>
>
>
>
>
>
>
>

Tue Mar 4, 2014 8:32 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir menggunakan Advanced Filter.

Wassalam,
Kid.

2014-03-04 15:43 GMT+07:00 Ahmad Habibillah <abiel_1108@yahoo.com>:

>
>
> maaf para suhu terlampir sample datanya
>
> mohon bantuannya,
>
> terima kasih atas bantuannya, hal ini sangat membantu pekerjaan saya
> sehari2
>
> demikian terima kasih
>
>
> Pada Selasa, 4 Maret 2014 13:03, Ahmad Habibillah <abiel_1108@yahoo.com>
> menulis:
>
> Dear Para Sesepuh Suhu,
>
> mohon bantuannya, saya lagi belajar2 buat filter tapi nggak berhasil2
> debug terus..
>
> atas bantuannya sangat terima kasih banget dan sangaaat membantu pekerjaan
> saya sehari2..
>
> salam,
> Ahmad H
>
> ----- Mod -----
> Lampiran dilepas dari email karena ukuran melebihi 250 KB
> Silakan melampirkan sampel workbook dengan cara mereply thread ini,
> pastikan ukuran file sesuai dengan ketentuan milis
> __________
>
>
>
>
>

Tue Mar 4, 2014 3:49 pm (PST) . Posted by:

"Dlity Official"

Selamat Pagi semua,
Semoga ada yang bisa bantu saya menggunakan Data Validation berkonsep Auto
Filter. Saya memiliki sebuah file excel yang memiliki 4 kolom dengan rincian
3 kolom sebagai kriteria dan 1 kolom sebagai hasil.

Untuk mendapatkan hasilnya saya menggunakan 3 cell kriteria, dari setiap
cell menggunakan data validation. Namun masih bersifat umum. Saya ingin hal
yang lebih simple, yaitu ketika memilih satu pilihan dalam 1 cell kriteria,
bisa menyaring sisa cell kriteria yang lain.

Untuk lebih jelasnya mohon dilihat terlebih dahulu file
DBS_Milis_Belajar_Excel.xlsx
<http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5724063/DBS_Milis_Belajar_Excel.xlsx>

Mohon untuk diberikan penjelasan, sehingga kedepannya saya bisa membuat
table serupa dengan banyak kriteria lainnya.

Terima Kasih.

Tue Mar 4, 2014 5:00 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Dlity Official,

File terlampir sekedar konsep formula penyusun nama range dinamis, yang
bisa dimanfaatkan untuk membentuk sebuah area range, yang dapat dijadikan
rujukan dalam pemanfaatan fitur data validation list.

Wassalam,
Kid.

2014-03-05 3:19 GMT+07:00 Dlity Official <dlity@rocketmail.com>:

>
>
> Selamat Pagi semua,
> Semoga ada yang bisa bantu saya menggunakan Data Validation berkonsep Auto
> Filter. Saya memiliki sebuah file excel yang memiliki 4 kolom dengan
> rincian
> 3 kolom sebagai kriteria dan 1 kolom sebagai hasil.
>
> Untuk mendapatkan hasilnya saya menggunakan 3 cell kriteria, dari setiap
> cell menggunakan data validation. Namun masih bersifat umum. Saya ingin hal
> yang lebih simple, yaitu ketika memilih satu pilihan dalam 1 cell kriteria,
> bisa menyaring sisa cell kriteria yang lain.
>
> Untuk lebih jelasnya mohon dilihat terlebih dahulu file
> DBS_Milis_Belajar_Excel.xlsx
> <
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5724063/DBS_Milis_Belajar_Excel.xlsx>
>
>
> Mohon untuk diberikan penjelasan, sehingga kedepannya saya bisa membuat
> table serupa dengan banyak kriteria lainnya.
>
> Terima Kasih.
>
>

Tue Mar 4, 2014 6:28 pm (PST) . Posted by:

agungdotcom13

Dear All Master, , ,

Mau Tanya, Bagaimana ya agar kotak pilahan yang saya buat saat diprint tidak bergeser, , ,






Thanks,B'Regards
--Agunk--

Tue Mar 4, 2014 7:16 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai Agung,

coba simpan file dengan tipe PDF sebelum di print, mungkin ada Be-Exceller
lain yang memiliki saran yang lebih baik.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 5 Maret 2014 09.00, <agungdotcom13@yahoo.com> menulis:

>
>
> Dear All Master, , ,
>
> Mau Tanya, Bagaimana ya agar kotak pilahan yang saya buat saat diprint
> tidak bergeser, , ,
>
>
>
> Thanks,B'Regards
> --Agunk--
>
>
>

Tue Mar 4, 2014 8:07 pm (PST) . Posted by:

agungdotcom13

Dear Miss Jan Raisin,

Udah Sya PDF kan Hasilnya Tetap sama, , Kotak2nya masih bergeser
Ada Cara Lain Gak ya, , ,




Thanks,B'Regards
---Agung--

Tue Mar 4, 2014 6:28 pm (PST) . Posted by:

"Ratri Risyanto" risyanto12

Halo Mr. Kid

Saya masih tidak faham jawaban no.1, 2, dan 4
yang no.1 , apakah pakai datatype? kalau pakai itu di vba ms. excel kok tidak ada? dan penempatan variabel apakah saat crt / pcs change?
yamg no.2 sudah browsing tapi masih tidak faham, soalnya kasusnya agak berbeda.
yang no.5 jg tidak faham.
terutama no.1 itu yang paling susah faham, Mohon maklum masih beginner....
Terima kasih.
Ratri Risyanto
From: Mr. Kid
Sent: Monday, March 03, 2014 3:03 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Re: Mods: Menyimpan data ListView ke Excel

Hai Ratri,

gugur satu tumbuh seribu ya...

1. di Excel, pakai formula Sum yang dimulai dari baris header sampai 1 baris sebelum baris total. Baris terakhir sebelum baris total dikorbankan sebagai dummy baris kosong.

di UserForm, berikut alurnya :
i. buat variabel (jumlah variabel disesuaikan dengan kebutuhan) berscope public sebagai penyimpan nilai total.

ii. buat sebuah prosedur penghitung total yang didalamnya berisi proses :

> a. set variabel total dengan 0

> b. loop per item dalam listview jika ada item dalam listview

> c. isi variabel total dengan penambahan nilai yang ada pada item listview yang sedang aktif ditunjuk oleh loop

> d. selesai loop, tulis isi variabel total ke textbox yang membutuhkan

2. coba jalan-jalan bertemu combobox yang ada disini.

3. sebelum proses hapus, lakukan cek jumlah item dalam listview. Jika listview tidak ada itemnya, maka keluar dari prosedur. Properti yang dapat digunakan adalah ListItems. Properti listitems memiliki properti Count yang menunjukkan jumlah item dalam listview.

4. buat alur proses pengubahan nilai di listview, mulai mengambil data dari item yang terpilih ke controls diluar listview. Kemudian siapkan tombol untuk simpan ke listview (menulis nilai hasil edit ke listview). Proses diakhiri dengan menjalankan event click milik simpan ke excel yang dibuat tempo lalu.

5. alurnya adalah blok mulai 1 baris diatas baris total, perluas menjadi sebanyak baris tambahan yang dibutuhkan, lakukan insert row

6. pada prosedur sub event click tombol print beri baris kode berikut :

nama_object_userform_anda.hide

sheets("nama sheetnya").range("area range yang akan diprint").printout 'ganti printout jadi printpreview jika ingin preview dulu

nama_object_userform_anda.show

Wassalam,

Kid.

2014-03-03 1:01 GMT+07:00 Ratri Risyanto <risyanto12@yahoo.com>:

Dh,

Terima kasih banyak tanggapan dan jawabannya Mr. Kid atas pertanyaan saya (yang banyak sekali..!!!)
Sangat membantu sekali dan sudah saya terapkan, dan berhasil...!!!
Kali ini saya mau tanya banyak lagi.. sbb:
1. Bagaimana caranya memunculkan total CRT dan PCS (di tabel excel) secara otomatis saat penginputan, juga pada form, di textbox tot crt, dan tot pcs
2.Bila saya merubah sistem input (yg mulanya dari prdcd) ke label cmbsup (nama supplier) dan mau saya ganti jd combobox (txsupco dan cmbsup
bagaimana caranya agar saat saya input di cmbsup (sdh jd combobox) di cmbprdcd hanya muncul nama barang dari supplier tsb. (sesuai data di sheet prodmast)?
3. Saat saya klik tombol "Hapus" pada saat listview kosong, muncul pesan error. bagaimana caranya agar tdk terjadi "pesan error" tsb? dan bisa memunculkan msgbox "data sudah kosong"
4. Bila sistem input saya rubah lagi, bagaimana saat input data di listview tersimpan, data di excel juga bisa tersimpan? dan saat edit data di listview, data diexcel pun ter-edit juga?
5. (baik pakai sistem input no.4 atau yg sudah ada) misal table input di sheet "SJ" dibuat minimal 5 row input (sesuai file attach) tapi saya mau input lebih, misal 10 row, apa bisa table tsb bisa menambahkan row otomatis untuk kekurangannya, tanpa menghapus / menindih (replace) "total", "pengirim", dan "penerima"?
6. terakhir... bagaimana cara memunculkan form print (ctrl+p) saat diklik tombol "print".

(file attachment)

Demikian pertanyaan saya, mohon maaf bila pertanyaannya terlalu banyak, Saya tunggu tanggapan dan jawabanya, bila Mr. Kid atau para Master lainnya berkenan..
Terima kasih banyak sekali lagi.. Salam para Master semuanya.

Hs,

Ratri Risyanto

From: Mr. Kid
Sent: Sunday, March 02, 2014 6:16 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Re: Mods: Menyimpan data ListView ke Excel

Hai Ratri,

1. bagaimana membuat textbox no (textbox1) bisa memunculkan nomor urut otomatis saat penginputan

>> pindahkan baris pengesetan textbox1 yang melalui event activate milik userform ke event initialize milik userform

>> tambahkan pada event click tombol penyimpan ke listview dengan :

textbox1.text=nama_listviewnya.listitems.count+1

2. bagaimana caranya data di listview tersimpan di range ini, dengan menggunakan tombol "simpan ke excel"?

>> pada event click si tombol penyimpan beri baris kode :

dim rng as range, lIdx as long, lCol as long

set rng = sheets("nama sheetnya").range("alamat cell pertama penulisan")

for lidx=1 to nama_listviewnya.listitems.count

rng.cells(lidx,1).value=nama_listviewnya.listitems(lidx).text

for lcol=1 to nama_listviewnya.listitems(lidx).listsubitems.count

rng.cells(lidx,lcol+1).value=nama_listviewnya.listitems(lidx).listsubitems(lcol)

next lcol

next lidx

3. bagaimana bisa menghapus data (clear contents) di range biru otomatis tanpa menghapus range ungu

>> letakkan baris kode berikut dalam prosedur yang membutuhkan

dim lRec as long, rng as range, lCol as long

set rng=sheets("nama sheetnya").range("alamat cell penulisan nomor pertama")

lcol= 27 'ganti 27 dengan jumlah kolom dari area range yang akan dibersihkan

lrec=application.worksheetfunction.count( rng.entirecolumn )

if lrec>0 then

rng.resize( lrec , lcol ).clearcontents

endif

Wassalam,
Kid.

On Sat, Mar 1, 2014 at 1:29 AM, Ratri Risyanto <risyanto12@yahoo.com> wrote:

From: Ratri Risyanto
Sent: Friday, February 28, 2014 1:31 PM
To: EXCEL GROUP
Subject: SIMPAN DATA LISTVIEW KE EXCEL?

Yth: All Masters Excel

Bagaimana caranya menyimpan data listview ke excel? file terlampir...
Mohon bantuannya...
Terima kasih.

Hk,

Ratri Risyanto

Tue Mar 4, 2014 7:57 pm (PST) . Posted by:

"Yayan Ajah"

Assalamu'alaikum ...

Mohon bantuannya para master excel, 
Gimana caranya menggabung data dari beberapa file excel ke satu file excel utama tanpa harus copy manual menggunakan VBA, selain itu data yg akan di copy dari beberapa file tersebut bisa ditentukan tanggal berapa yang akan di copy ke file utama.
Contoh File Terlampir

Terima kasih
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar