Kamis, 06 Maret 2014

[belajar-excel] Digest Number 2817

15 Messages

Digest #2817
1b
2b
Re: Index Match N/A by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Mods: Menyimpan data ListView ke Excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Merekap Pinjam Kembali Buku by "Tjahya Hartono" tjahyahartono
4b
Re: Merekap Pinjam Kembali Buku [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5b
8a
Re: Perbedaan extensi di excel antara xlsm dan xlsb by "Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88

Messages

Thu Mar 6, 2014 2:21 pm (PST) . Posted by:

s.calyptra

Mhn maaf Mr. Kid,e-mail sebelumnya tdk bisa diakses lagi,jadi telat reply. Maksud saya begini, saya tidak tahu bagaimana cara menambahkan kolom lokasi di pivot table menjadi 100 misalnya. Maklum saya ini masih pemula. Jadi mohon petunjuknya lagi



Wassalam,
Calyptra

Thu Mar 6, 2014 2:36 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oh... maksudnya si data kelak bisa sampai lokasi 100 ya... tapi sekarang
data yang di-input belum ada yang lokasi 100.
Pivot table bekerja berdasar data di tabel data source nya. Tabel data
source untuk pivot table tersebut ada di sheet data. Sheet ini bisa dilihat
jika telah di-unhide.
Cara unhide-nya dengan ke VBE (ALT F11) double click nama sheet data yang
ada di VB Explorer, aktifkan window properties (tekan F4), cari properti
bernama Visible dan ganti nilai pada properti tersebut menjadi
xlSheetVisible (pilih dari pilihan yang ada).
Setelah kembali ke worksheet (ALT F11), sheet tersebut akan tampak dan pada
tabel akan ada baris-baris data dengan tipe bernilai 0 (dummy data).
Lakukan insert baris agar bisa menambah nilai baru di kolom lokasi.
Pastikan data tambahan lokasi ini pada kolom bernama tipe diberi nilai 0.

Wassalam,
Kid.

2014-03-07 2:26 GMT+07:00 <s.calyptra@yahoo.com>:

>
>
> Mhn maaf Mr. Kid,e-mail sebelumnya tdk bisa diakses lagi,jadi telat reply.
> Maksud saya begini, saya tidak tahu bagaimana cara menambahkan kolom lokasi
> di pivot table menjadi 100 misalnya. Maklum saya ini masih pemula. Jadi
> mohon petunjuknya lagi
>
>
>
> Wassalam,
> Calyptra
>
>

Thu Mar 6, 2014 2:21 pm (PST) . Posted by:

"Marvell Christian"

Dear mas bro,
Klo countifs nya nanti mmg hasil akhirnya, nah yg menjadi problemnya formula untuk mengambil data dari source data utk ditempatkan di tabel berdasarkan tanggal dan nomor blok, dimana apabila ada panen di blok misal D109A pada tanggal 1 jan 14 di source data
Maka pada tabel rekapan akan convert menjadi tanda "X" dan apabila tidak ada panen di blok pada tanggal tsb maka hasil di cell nya menjadi "", bukan lagi N/A. Tks responsenya bos
Td saya sdh cb index match berdasarkan tgl n blok dan hasil utk yg ada panen di blok tsb mmg "X", hanya karena utk keperluan laporan bagaimana menghilangkan N/A nya.

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

Thu Mar 6, 2014 2:25 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Jadi mengeluarkan X gak boleh pakai CountIFs ya.... hanya boleh Index Match
saja...

Ya wis, kalau memang lebih suka array formula index match yang telah Anda
buat, coba tambahkan IFError pada formula IF( Index Match Anda dengan
susunan :
IFError( formula IF index match Anda , "" )

Saya kira boleh pakai CountIFs yang membuat formulanya menjadi singkat dan
tidak perlu sebagai array formula....
Maaf ya...

Wassalam,
Kid.

2014-03-07 3:21 GMT+07:00 Marvell Christian <marvellchristian@yahoo.com>:

>
>
> Dear mas bro,
> Klo countifs nya nanti mmg hasil akhirnya, nah yg menjadi problemnya
> formula untuk mengambil data dari source data utk ditempatkan di tabel
> berdasarkan tanggal dan nomor blok, dimana apabila ada panen di blok misal
> D109A pada tanggal 1 jan 14 di source data
> Maka pada tabel rekapan akan convert menjadi tanda "X" dan apabila tidak
> ada panen di blok pada tanggal tsb maka hasil di cell nya menjadi "", bukan
> lagi N/A. Tks responsenya bos
> Td saya sdh cb index match berdasarkan tgl n blok dan hasil utk yg ada
> panen di blok tsb mmg "X", hanya karena utk keperluan laporan bagaimana
> menghilangkan N/A nya.
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android<http://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
> ------------------------------
> * From: * Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>;
> * To: * BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>;
> * Subject: * Re: [belajar-excel] Index Match N/A [1 Attachment]
> * Sent: * Thu, Mar 6, 2014 5:47:54 PM
>
>
>
> Hai Marvell,
>
> File terlampir menggunakan CountIFs.
> Hasil juga bisa diisi nol.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-03-07 0:22 GMT+07:00 Marvell Christian <marvellchristian@yahoo.com>:
>
>>
>>
>> Re-attached
>>
>> Tks
>>
>>
>> Pada Kamis, 6 Maret 2014 23:45, Marvell Christian <
>> marvellchristian@yahoo.com> menulis:
>>
>> Dear all master,
>> Saya ada kasus, dimana saya menggunakan index match dan hasilnya ada yang
>> N/A karena memang tidak ada data panennya. Dimana saya menggunakan fungsi
>> apabila datanya ada maka hasilnya harus "X", dan apabila tidak ada maka
>> isinya harus kosong ("").
>>
>> Mohon bantuannya.
>>
>> Tks
>>
>> --- Mods ---
>> File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email.
>> Silakan penanya melampirkan ulang file lampiran yang <=250KB dengan
>> me-reply email ini.
>> --------------
>>
>>
>>
>
>

Thu Mar 6, 2014 3:05 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Ratri,

1. tentang listview loop setiap item dalam listvoew untuk mengkomputasi
total
letakkan dalam userform code,
private ICRT As Long, IPCS As Long

private sub NILAITOTAL()
'coba disempatkan baca blog milis tentang VBA dari awal agar lebih
mengenal variabel dan penggunaannya
dim lidx as long
ICRT = 0
IPCS = 0

'sempatkan juga membaca tentang proses perulangan yang tidak hanya Do
Loop saja di blog milis
for lidx=1 to LISTVIEW1.ListItems.Count
'asumsi : nilai crt setiap baris inputan dalan listview ada di
kolom ke-4
'sempatkanlah membaca tentang cara mengakses item di kolom
tertentu dari sebuah list dalam combobox, karena konsepnya sama
lcrt=lcrt + clng( 0 & LISTVIEW1.ListItems(lidx).subitems(4) )
next lidx

textboxsicrt.text=lcrt
end sub

2. tentang mengisi combobox yang tertentu itemnya
pada event change milik control yang menyebabkan daftar pilihan si combobox
harus diubah isinya :
dim sKriteria as string, rngSumberKriteria as range, lColOffset as long,
rngItem as range

skriteria=lcase(control_pemilik_event_change_ini.text)
set rngsumberkriteria=sheets("nama sheetnya").range("alamat range yang
berisi teks skriteria")

'jika nilai yang akan ditampilkan dalam daftar combobox ada di 2 kolom di
kanan rngsumberkriteria
lcoloffset = 2 'jika ada di 2 kolom di kirinya, maka isi -2

with comboboxnya
.listindex=-1
.clear
for each rngitem in rngsumberkriteria
if lcase(rngitem.value)=skriteria then
.additem rngitem.offset( 0 , lcoloffset ).value
endif
next rngitem
end with

Wassalam,
Kid.

2014-03-06 11:44 GMT+07:00 Ratri Risyanto <risyanto12@yahoo.com>:

>
>
> Halo Mr. Kid
>
> Untuk masalah no.1 saya yakin code berikut ini, yg saya buat salah
>
> Public ICRT As Long, IPCS As Long
>
> Public Function NILAITOTAL() As Long
> Set ICRT = 0
> Set IPCS = 0
> Do Until LISTVIEW1.ListItems.Count = 0
> LISTVIEW1.ListItems.Item.Text
> LISTVIEW1.ListItems.Item.SubItems (1)
> LISTVIEW1.ListItems.Item.SubItems (2)
> LISTVIEW1.ListItems.Item.SubItems (3)
> LISTVIEW1.ListItems.Item.SubItems (4)
> LISTVIEW1.ListItems.Item.SubItems (5)
> ICRT = Sum(LISTVIEW1.ListItems.Item.SubItems(4).Value)
> IPCS = Sum(LISTVIEW1.ListItems.Item.SubItems(4).Value)
>
> Loop
>
> yang no.2 masih bingung masalah loop dan penerapan code nya
>
> Mohon pencerahannya, dibuatkan code contoh agar saya bisa memahai dan
> menerapakannya..
> Terima kasih.
>
> Ratri Risyanto
>
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Sent:* Thursday, March 06, 2014 4:42 AM
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Re: Mods: Menyimpan data ListView ke Excel
>
>
>
> Hai Ratri,
>
> 1. di Excel, pakai formula Sum yang dimulai dari baris header sampai 1
> baris sebelum baris total. Baris terakhir sebelum baris total dikorbankan
> sebagai dummy baris kosong.
> >> coba pada excel worksheet bernama sj cell E14 diberi formula berbunyi
> =Sum( e8:e13 )
> >> copy formula itu ke kolom F.
> >> pastikan bahwa baris 13 adalah baris dummy agar Anda bisa melakukan
> insert baris baru pada baris 13, tetapi jangan pernah melakukan delete row
> di baris 13.
>
> di VBA.
> > buat variabel berscope public untuk total CRT bernama lCRT bertype Long
> karena berasumsi CRT bilangan bulat dan maksimal 9 digit
> > berarti deklarasi variabel diletakkan di area general declaration.
> > lebih lengkap tentang datatype dan penulisan code di VBA bisa dilihat mulai
> dari sini<http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html>sampai
> disini<http://b-excel.blogspot.com/2013/07/belajarvba-004-tipe-data-variabel.html>.
> (tidak ada dan belum menemukan adalah dua hal berbeda)
> > prosedur komputasi nilai total akan membuat variabel lCRT berisi nilai
> total.
> > prosedur tersebut dipanggil setiap kali ada perubahan item dalam
> listview, seperti ketika ada penambahan data (berarti pada akhir proses
> klik tombol tambahkan ada proses penghitungan nilai total dan penulisan ke
> textbox terkait), edit data, hapus data, dan pembukaan userform
>
> 2. jadi, pengisian item pilihan combobox dilakukan dengan cara me-loop
> seluruh data referensi yang didalamnya ada pemeriksaan kode atau nama si
> suplier. Jika sama dengan yang di-input, barulah dilakukan add item.
>
> 5. jika ingin insert baris,
> > a. blok sebuah baris excel (ada disini<http://b-excel.blogspot.com/2013/09/belajarvba-011-range-02-seluruh.html>).
> Misal dengan sheets("nama sheet").range("a13").entirerow
> > b. perluas (ada disini<http://b-excel.blogspot.com/2013/09/belajarvba-011-range-04-offset-dan.html>)
> jumlah baris sejumlah jumlah baris yang akan di-insert. misal akan insert
> 17 baris, maka setelah entirerow diberi .resize(17)
> > c. lakukan insert alias menfaatkan methods Insert yang dimiliki object
> range. Berarti menambahkan .Insert setelah .resize(17)
> Angka 17 bisa diganti dengan variabel yang menunjukkan jumlah baris yang
> akan di-insert.
>
> Dongengan tentang VBA ada di blog milis mulai dari sini<http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html>
> .
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-03-05 9:03 GMT+07:00 Ratri Risyanto <risyanto12@yahoo.com>:
>
>>
>> Halo Mr. Kid
>>
>> Saya masih tidak faham jawaban no.1, 2, dan 4
>> yang no.1 , apakah pakai datatype? kalau pakai itu di vba ms. excel kok
>> tidak ada? dan penempatan variabel apakah saat crt / pcs change?
>> yamg no.2 sudah browsing tapi masih tidak faham, soalnya kasusnya agak
>> berbeda.
>> yang no.5 jg tidak faham.
>> terutama no.1 itu yang paling susah faham, Mohon maklum masih
>> beginner....
>>
>> Terima kasih.
>>
>>
>> Ratri Risyanto
>> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>> *Sent:* Monday, March 03, 2014 3:03 PM
>> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Re: Mods: Menyimpan data ListView ke Excel
>>
>>
>> Hai Ratri,
>>
>> gugur satu tumbuh seribu ya...
>> 1. di Excel, pakai formula Sum yang dimulai dari baris header sampai 1
>> baris sebelum baris total. Baris terakhir sebelum baris total dikorbankan
>> sebagai dummy baris kosong.
>>
>> di UserForm, berikut alurnya :
>> i. buat variabel (jumlah variabel disesuaikan dengan kebutuhan) berscope
>> public sebagai penyimpan nilai total.
>> ii. buat sebuah prosedur penghitung total yang didalamnya berisi proses
>> :
>> > a. set variabel total dengan 0
>> > b. loop per item dalam listview jika ada item dalam listview
>> > c. isi variabel total dengan penambahan nilai yang ada pada item
>> listview yang sedang aktif ditunjuk oleh loop
>> > d. selesai loop, tulis isi variabel total ke textbox yang
>> membutuhkan
>>
>>
>> 2. coba jalan-jalan bertemu combobox yang ada disini<http://b-excel.blogspot.com/2014/02/belajarvba-102-combobox-01.html>
>> .
>>
>> 3. sebelum proses hapus, lakukan cek jumlah item dalam listview. Jika
>> listview tidak ada itemnya, maka keluar dari prosedur. Properti yang dapat
>> digunakan adalah ListItems. Properti listitems memiliki properti Count yang
>> menunjukkan jumlah item dalam listview.
>>
>> 4. buat alur proses pengubahan nilai di listview, mulai mengambil data
>> dari item yang terpilih ke controls diluar listview. Kemudian siapkan
>> tombol untuk simpan ke listview (menulis nilai hasil edit ke listview).
>> Proses diakhiri dengan menjalankan event click milik simpan ke excel yang
>> dibuat tempo lalu.
>>
>> 5. alurnya adalah blok mulai 1 baris diatas baris total, perluas menjadi
>> sebanyak baris tambahan yang dibutuhkan, lakukan insert row
>>
>> 6. pada prosedur sub event click tombol print beri baris kode berikut :
>> nama_object_userform_anda.hide
>> sheets("nama sheetnya").range("area range yang akan diprint").printout
>> 'ganti printout jadi printpreview jika ingin preview dulu
>> nama_object_userform_anda.show
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2014-03-03 1:01 GMT+07:00 Ratri Risyanto <risyanto12@yahoo.com>:
>>
>>>
>>> Dh,
>>>
>>> Terima kasih banyak tanggapan dan jawabannya Mr. Kid atas pertanyaan
>>> saya (yang banyak sekali..!!!)
>>> Sangat membantu sekali dan sudah saya terapkan, dan berhasil...!!!
>>> Kali ini saya mau tanya banyak lagi.. sbb:
>>> 1. Bagaimana caranya memunculkan total CRT dan PCS (di tabel excel)
>>> secara otomatis saat penginputan, juga pada form, di textbox tot crt, dan
>>> tot pcs
>>> 2.Bila saya merubah sistem input (yg mulanya dari prdcd) ke label cmbsup
>>> (nama supplier) dan mau saya ganti jd combobox (txsupco dan cmbsup
>>> bagaimana caranya agar saat saya input di cmbsup (sdh jd combobox) di
>>> cmbprdcd hanya muncul nama barang dari supplier tsb. (sesuai data di sheet
>>> prodmast)?
>>> 3. Saat saya klik tombol "Hapus" pada saat listview kosong, muncul pesan
>>> error. bagaimana caranya agar tdk terjadi "pesan error" tsb? dan bisa
>>> memunculkan msgbox "data sudah kosong"
>>> 4. Bila sistem input saya rubah lagi, bagaimana saat input data di
>>> listview tersimpan, data di excel juga bisa tersimpan? dan saat edit data
>>> di listview, data diexcel pun ter-edit juga?
>>> 5. (baik pakai sistem input no.4 atau yg sudah ada) misal table input di
>>> sheet "SJ" dibuat minimal 5 row input (sesuai file attach) tapi saya mau
>>> input lebih, misal 10 row, apa bisa table tsb bisa menambahkan row
>>> otomatis untuk kekurangannya, tanpa menghapus / menindih (replace) "total",
>>> "pengirim", dan "penerima"?
>>> 6. terakhir... bagaimana cara memunculkan form print (ctrl+p) saat
>>> diklik tombol "print".
>>>
>>> (file attachment)
>>>
>>> Demikian pertanyaan saya, mohon maaf bila pertanyaannya terlalu banyak,
>>> Saya tunggu tanggapan dan jawabanya, bila Mr. Kid atau para Master lainnya
>>> berkenan..
>>> Terima kasih banyak sekali lagi.. Salam para Master semuanya.
>>>
>>> Hs,
>>>
>>> Ratri Risyanto
>>>
>>>
>>> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>> *Sent:* Sunday, March 02, 2014 6:16 PM
>>> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Re: Mods: Menyimpan data ListView ke
>>> Excel
>>>
>>>
>>> Hai Ratri,
>>>
>>> 1. bagaimana membuat textbox no (textbox1) bisa memunculkan nomor urut
>>> otomatis saat penginputan
>>> >> pindahkan baris pengesetan textbox1 yang melalui event activate milik
>>> userform ke event initialize milik userform
>>> >> tambahkan pada event click tombol penyimpan ke listview dengan :
>>> textbox1.text=nama_listviewnya.listitems.count+1
>>>
>>> 2. bagaimana caranya data di listview tersimpan di range ini, dengan
>>> menggunakan tombol "simpan ke excel"?
>>> >> pada event click si tombol penyimpan beri baris kode :
>>> dim rng as range, lIdx as long, lCol as long
>>> set rng = sheets("nama sheetnya").range("alamat cell pertama penulisan")
>>> for lidx=1 to nama_listviewnya.listitems.count
>>> rng.cells(lidx,1).value=nama_listviewnya.listitems(lidx).text
>>> for lcol=1 to nama_listviewnya.listitems(lidx).listsubitems.count
>>>
>>> rng.cells(lidx,lcol+1).value=nama_listviewnya.listitems(lidx).listsubitems(lcol)
>>> next lcol
>>> next lidx
>>>
>>> 3. bagaimana bisa menghapus data (clear contents) di range biru otomatis
>>> tanpa menghapus range ungu
>>> >> letakkan baris kode berikut dalam prosedur yang membutuhkan
>>> dim lRec as long, rng as range, lCol as long
>>>
>>> set rng=sheets("nama sheetnya").range("alamat cell penulisan nomor
>>> pertama")
>>> lcol= 27 'ganti 27 dengan jumlah kolom dari area range yang akan
>>> dibersihkan
>>> lrec=application.worksheetfunction.count( rng.entirecolumn )
>>> if lrec>0 then
>>> rng.resize( lrec , lcol ).clearcontents
>>> endif
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>> On Sat, Mar 1, 2014 at 1:29 AM, Ratri Risyanto <risyanto12@yahoo.com>wrote:
>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> *From:* Ratri Risyanto <risyanto12@yahoo.com>
>>>> *Sent:* Friday, February 28, 2014 1:31 PM
>>>> *To:* EXCEL GROUP <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>> *Subject:* SIMPAN DATA LISTVIEW KE EXCEL?
>>>>
>>>> Yth: All Masters Excel
>>>>
>>>> Bagaimana caranya menyimpan data listview ke excel? file terlampir...
>>>> Mohon bantuannya...
>>>> Terima kasih.
>>>>
>>>> Hk,
>>>>
>>>> Ratri Risyanto
>>>>
>>>
>>>
>>
>>
>
>
>
>

Thu Mar 6, 2014 3:05 pm (PST) . Posted by:

"Tjahya Hartono" tjahyahartono

Dear para suhu excel,

Mau tanya saya ada data masing2 dalam sheet rekapan dan sheet pinjam kembali, bagaimana cara memindahkan data di sheet rekapan ke sheet pinjam kembali dengan ke sort orang yang meminjam dan otomatis bisa memilih di kolom pinjam atau kembali.
Berikut file terlampir ya
 
Wassalam
Tjahya Hartono

Thu Mar 6, 2014 5:02 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam,

Pak Tjahya,

Boleh ya pakai pivot table.
File terlampir mengubah tabel data menjadi memanfaatkan fitur Excel Table,
sehingga formula di 2 kolom bantu bisa otomatis di-copy-ken oleh Excel ke
setiap record baru yang ditambahkan.
Tabel data diberi nama _myTable_ yang menjadi data source bagi pivot table
yang ada di sheet Output.
Pada Excel 2010 ke atas, pada menu PivotTable Tools (ketika pivot table
di-klik) -> ribbon Design -> group Layout -> item Report Layout ada pilihan
repeat all item labels, sehingga output bisa menampilkan lebih mirip sesuai
keinginan.

Wassalamu'alaikum,
Kid.

2014-03-07 5:56 GMT+07:00 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>:

>
>
> Dear para suhu excel,
>
> Mau tanya saya ada data masing2 dalam sheet rekapan dan sheet pinjam
> kembali, bagaimana cara memindahkan data di sheet rekapan ke sheet pinjam
> kembali dengan ke sort orang yang meminjam dan otomatis bisa memilih di
> kolom pinjam atau kembali.
> Berikut file terlampir ya
>
> Wassalam
> Tjahya Hartono
>
>
>
>
>

Thu Mar 6, 2014 7:28 pm (PST) . Posted by:

tjahyahartono

Mr Kid kalo berkenan kalo pake rumus gimana ya,sambil2 belajar rumus juga nih,trm kasih tanggapannya sebelumnya buat pivotnya,


Wasalam


Tjahya
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 7 Mar 2014 08:02:00
To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Merekap Pinjam Kembali Buku [1 Attachment]

Wa'alaikumussalam,

Pak Tjahya,

Boleh ya pakai pivot table.
File terlampir mengubah tabel data menjadi memanfaatkan fitur Excel Table,
sehingga formula di 2 kolom bantu bisa otomatis di-copy-ken oleh Excel ke
setiap record baru yang ditambahkan.
Tabel data diberi nama _myTable_ yang menjadi data source bagi pivot table
yang ada di sheet Output.
Pada Excel 2010 ke atas, pada menu PivotTable Tools (ketika pivot table
di-klik) -> ribbon Design -> group Layout -> item Report Layout ada pilihan
repeat all item labels, sehingga output bisa menampilkan lebih mirip sesuai
keinginan.

Wassalamu'alaikum,
Kid.








2014-03-07 5:56 GMT+07:00 Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id>:

>
>
> Dear para suhu excel,
>
> Mau tanya saya ada data masing2 dalam sheet rekapan dan sheet pinjam
> kembali, bagaimana cara memindahkan data di sheet rekapan ke sheet pinjam
> kembali dengan ke sort orang yang meminjam dan otomatis bisa memilih di
> kolom pinjam atau kembali.
> Berikut file terlampir ya
>
> Wassalam
> Tjahya Hartono
>
>
>
>
>

Thu Mar 6, 2014 5:11 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Adit,

File terlampir memanfaatkan fungsi Index yang bisa diberi inputan berupa
indeks baris data yang akan dirujuk.

Wassalam,
Kid.

2014-03-06 19:38 GMT+07:00 Didin Rahardian <drahadian_adit@yahoo.com>:

>
>
> Dear para pakar Excel,
>
> Mohon pencerahannya pada file terlampir :
> - Sebelah kiri adalah format yg didapat hasil dari download di system
> setelah file to excel (warna biru)
> - Report yang kami harapakan adalah format standard kanan /warna
> kuning)
>
> atas bantuan dan pencerahannya saya ucapkan terima kasih.
>
> salam,
>
> Adit
>
>
>

Thu Mar 6, 2014 5:14 pm (PST) . Posted by:

"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88

Semangat pagi,

Boleh pake Kolom Bantu. ?!

Salam Excell-ent

On 06/03/2014 19:38, Didin Rahardian wrote:
> Dear para pakar Excel,
>
> Mohon pencerahannya pada file terlampir :
> - Sebelah kiri adalah format yg didapat hasil dari download di
> system setelah file to excel (warna biru)
> - Report yang kami harapakan adalah format standard kanan /warna
> kuning)
>
> atas bantuan dan pencerahannya saya ucapkan terima kasih.
>
> salam,
>
> Adit
>

Thu Mar 6, 2014 5:24 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Adit;

Coba file terlampir...

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Didin Rahardian
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, March 06, 2014 7:38 PM
Subject: [belajar-excel] Bagaimana formula Penyusunan menjadi Standard [1 Attachment]

Dear para pakar Excel,

Mohon pencerahannya pada file terlampir :

- Sebelah kiri adalah format yg didapat hasil dari download di system setelah file to excel (warna biru)

- Report yang kami harapakan adalah format standard kanan /warna kuning)

atas bantuan dan pencerahannya saya ucapkan terima kasih.

salam,

Adit

Thu Mar 6, 2014 5:21 pm (PST) . Posted by:

"nor hidayat" dayatshogun46

Dear Sobat Be-Exceler

Meneruskan postingan saya, saya masih kurang paham dengan macro yang saya tambahkan dari beberapa postingan di be-exceler
mohon bantuan rekan-rekan untuk pencerahannya.

data terbaru terlampir

regards
dayat

--------------------------------------------
Pada Jum, 28/2/14, dayatshogun46@yahoo.co.id <dayatshogun46@yahoo.co.id> menulis:

Judul: Bls: Re: [belajar-excel] User form input, edit data
Kepada: "Belajar-excel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Jumat, 28 Februari, 2014, 11:40 AM















Terimakasih mis Jan saya coba duluPowered by
Telkomsel BlackBerry®From: Jan
Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 28 Feb 2014 09:18:06
+0700To:
<belajar-excel@yahoogroups.com>ReplyTo:
belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] User form
input, edit data
 









Thread ini 3 hari belum ada yang
menanggapi,


setelah Jan buka filenya ternyata scriptnya masih kosong,
baru ada script untuk Show dan Hide saja.. hiks
T_T


Sambil menunggu Be-Exceller lain yang mungkin ada yang
berbaik hati untuk membuatkan scriptnya, silakan coba cari
di arsip milis tentang Input Data menggunakan
macro,


Alternatif
lain bisa menggunakan Data Form bawaan Excel yang bisa
langsung melakukan Add, Edit, dan Delete data tanpa harus
bersusah payah bikin scriptnya dulu.

tampilannya
seperti gambar di bawah ini:



Lalu untuk
menampilkan tiap tanggal ke masing2 sheet yang berbeda bisa
memanfaatkan fitur Pivot Table (tidak perlu tulis script
lagi).  Kalo pengen dibuat otomatisnya, bisa menggunakan
proses rekam macro (cara ini berhasil untuk Jan yang tidak
memiliki basic di bidang IT tetapi ingin bisa nulis script
sendiri)


maaf kalo
solusi yang ditawarkan tidak sesuai dengan harapan.


Wassalam,


-Miss Jan
Raisin-




Pada 25 Februari 2014 14.53, <dayatshogun46@yahoo.co.id>
menulis:

















 









Dear sobat-sobat Be-Exceller
(Edited by Momod)




Selamat sore sobat excel yang sedang siap-siap pulang dari
rutinitas harian,


Moga sore ini tidak banyak pekerjaan yang memusingkan kalian
itu karena bantuan dari milis belajar excel (Edited by
Momod) ini.





Denan ini saya mohon bantuannya untuk menyempurnakan data
user form yang saya buat, mungkin saya masih baru dan begitu
kurang paham mengenai bahasa macro, tapi saya sudah siapkan
data yang sebisa mungkin saya buat di user form ini, namun
mentok di bahasa lainnya, mohon bantuannya.





Salam


Dayat


Powered by Telkomsel BlackBerry®

----- Mods -----
sebutan member milis ini adalah Be-Exceller
nama milis ini adalah Belajar Excel
semoga selanjutnya tidak salah sebut dengan milis sebelah
___________


















Thu Mar 6, 2014 7:29 pm (PST) . Posted by:

Trima kasih atas saran nya, tapi saya pake office 2007
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: <summonery@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: 06 Mar 2014 05:53:24
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] RE: Menggabungkan data beberapa file berdasarkan tanggal

Hai Yayan, Bila menggunakan Excel 2010 up, boleh dicoba menggunakan add-in Power Query.
Singkatnya, setelah file (Data01 & Data02) masuk ke dalam data model,
Scriptnya seperti ini:


let
Source = Table.Combine({Data01,Data02})
in
Source






>semoga bermanfaat


---In belajar-excel@yahoogroups.com, <erte_try@yahoo.co.id> wrote :

Assalamu'alaikum ...


Mohon bantuannya para master excel,
Gimana caranya menggabung data dari beberapa file excel ke satu file excel utama tanpa harus copy manual menggunakan VBA, selain itu data yg akan di copy dari beberapa file tersebut bisa ditentukan tanggal berapa yang akan di copy ke file utama.
Contoh File Terlampir




Terima kasih






Thu Mar 6, 2014 8:20 pm (PST) . Posted by:

"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88

Semangat pagi,

Jadi kalau xlsb tidak bisa menyimpan Macro VBA ?!

Terus terang saya tertarik dengan kompresi file di xlsb
tapi belum tau efeknya bila di save dengan menggunakan xlsb.

Ada rekan-rekan Be-exceller yang bisa menjelaskan / membuat detail
komparasinya ?!

Salam Excell-ent

On 04/03/2014 14:52, tjahyahartono@yahoo.co.id wrote:
>
> Dear Pak Lazuardi,
>
> Sepengetahuan saya, kalo xslm itu merupakan format worksheet yang
> telah berbasi XML tapi dapat menyimpan macro vba,sedang kalo xslb itu
> format excel yg telah berbasis XML tapi dikodekan dlm bentuk biner
> biasanya kalo xslb itu mempunyai keunggulan lebih cepat dibuka karna
> biasanya untuk file yg besar yg banyak kolom dan barisnya.
>
>
> Wasalam
>
>
> Tjahya H
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ----------------------------------------------------------
> *From: * Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Tue, 4 Mar 2014 15:41:45 +0800 (SGT)
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *[belajar-excel] Perbedaan extensi di excel antara xlsm dan xlsb
>
> salam be exceler..
>
> dear master..
> punya uneg2 yang ngganjel..
> apa ya bedanya extensi excel xlsm sama xlsb
> kok kalo disimpan pakai xlsb lebih kecil.
>
> makasih
>
>
> wasalam
> lb
>

Thu Mar 6, 2014 8:29 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

pak Heri,

xlsm dan xlsb sama-sama bisa menyimpan macro, bedanya hanya xlsb disimpan
dalam format binary sehingga ukuran file lebih kecil, proses buka tutup
file juga lebih cepat,
katanya sih kekurangan xlsb hanya tidak bisa melakukan format pada ribbon,
sehingga untuk dapat melakukan format ribbon harus diubah dulu ke xlsm
(yang ini Jan juga belum begitu paham).

untuk pembuktian, silakan buat sebuah file yang berisi macro, simpan dengan
format xlsb, tutup lalu buka kembali file tersebut. Macronya akan tetap
berjalan dengan normal.

cmiiw,

-Miss Jan Raisin-

Pada 7 Maret 2014 11.20, Heri Pamungkas ( Gmail )
<ghery.dharma@gmail.com>menulis:

>
>
> Semangat pagi,
>
> Jadi kalau xlsb tidak bisa menyimpan Macro VBA ?!
>
> Terus terang saya tertarik dengan kompresi file di xlsb
> tapi belum tau efeknya bila di save dengan menggunakan xlsb.
>
> Ada rekan-rekan Be-exceller yang bisa menjelaskan / membuat detail
> komparasinya ?!
>
> Salam Excell-ent
>
> On 04/03/2014 14:52, tjahyahartono@yahoo.co.id wrote:
>
>
>
> Dear Pak Lazuardi,
>
> Sepengetahuan saya, kalo xslm itu merupakan format worksheet yang telah
> berbasi XML tapi dapat menyimpan macro vba,sedang kalo xslb itu format
> excel yg telah berbasis XML tapi dikodekan dlm bentuk biner biasanya kalo
> xslb itu mempunyai keunggulan lebih cepat dibuka karna biasanya untuk file
> yg besar yg banyak kolom dan barisnya.
>
>
> Wasalam
>
>
> Tjahya H
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
> *From: * Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com><lazuardi_biru84@yahoo.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Tue, 4 Mar 2014 15:41:45 +0800 (SGT)
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com> <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *[belajar-excel] Perbedaan extensi di excel antara xlsm dan xlsb
>
>
> salam be exceler..
>
> dear master..
> punya uneg2 yang ngganjel..
> apa ya bedanya extensi excel xlsm sama xlsb
> kok kalo disimpan pakai xlsb lebih kecil.
>
> makasih
>
>
> wasalam
> lb
>
>
>
>
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar