Rabu, 05 Maret 2014

[belajar-excel] Digest Number 2813

11 Messages

Digest #2813

Messages

Tue Mar 4, 2014 8:09 pm (PST) . Posted by:

"Yusril Ramadani" yusrilramadani

Mr Kid

Terima kasih banyak
Tapi kalau buttonya di click hanya satu kali tapi sheetnya keluar berurutan
bisakah ? satu klik panggil beberapa seheet tapi tidak bersamaan ...

Dan saya juga punya case seperti ini

Saya ingin default Check button adalah blank, jadi ketika file ditutup
atau menekan strat button centangannya langsung hilang

Terima kasih sebelumnya Mr Kid dan para pakar

Salam
YR

---------- Forwarded message ----------
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Date: 2014-03-05 0:25 GMT+07:00
Subject: Re: [belajar-excel] Panggil sheet output [1 Attachment]
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>

File terlampir.

Wassalam,
Kid.

2014-03-04 16:53 GMT+07:00 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>:

>
>
> Saya ingin template output yg saya buat ketika click button maka akan
> keluar sheet ou[ut yg diinginkan
>
> Tapi bisakah keluarnya tidak bersamaan defaultnya sheetnya di hidden
> ...maksudnya berurutan ...
> page 1
> page 2 page 3 dst
>
> yg terjadi sekarang adalah ketika dipanggil sheet2 output keluarnya
> bersamaaan
>
> Worksheets("Page1").Visible = xlSheetVisible
> Worksheets("Page2").Visible = xlSheetVisible
> Worksheets("Page3").Visible = xlSheetVisible
>
>
> Mohon bantuannya
>
> Thanks
> YR
>
>

Tue Mar 4, 2014 8:47 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

1. Tapi kalau buttonya di click hanya satu kali tapi sheetnya keluar
berurutan bisakah ? satu klik panggil beberapa seheet tapi tidak bersamaan
...
> pada prosedur LihatSheet
> bagian cek (baris IF), ganti lsheet>3 menjadi lsheet>1
> teks Case 2 dan Case 3 diganti dengan :
application.wait now + timevalue("00:00:10")

2. form2 check button control
> buat prosedur untuk tombol start (prosedur ini di-assign kedalam tombol
start). Isi prosedur tersebut adalah :
sheet1.range("d12").value=false
> pada event open milik workbook, tambahkan baris kode untuk memanggil nama
prosedur yang di-assign ke tombol start

Wassalam,
Kid.

2014-03-05 10:15 GMT+07:00 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>:

>
>
> Mr Kid
>
> Terima kasih banyak
> Tapi kalau buttonya di click hanya satu kali tapi sheetnya keluar
> berurutan bisakah ? satu klik panggil beberapa seheet tapi tidak bersamaan
> ...
>
> Dan saya juga punya case seperti ini
>
> Saya ingin default Check button adalah blank, jadi ketika file ditutup
> atau menekan strat button centangannya langsung hilang
>
> Terima kasih sebelumnya Mr Kid dan para pakar
>
>
> Salam
> YR
>
>
>
>
>
> ---------- Forwarded message ----------
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> Date: 2014-03-05 0:25 GMT+07:00
> Subject: Re: [belajar-excel] Panggil sheet output [1 Attachment]
> To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>
>
>
>
> File terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2014-03-04 16:53 GMT+07:00 Yusril Ramadani <yusrilramadani@gmail.com>:
>
>
>>
>>
>> Saya ingin template output yg saya buat ketika click button maka akan
>> keluar sheet ou[ut yg diinginkan
>>
>> Tapi bisakah keluarnya tidak bersamaan defaultnya sheetnya di hidden
>> ...maksudnya berurutan ...
>> page 1
>> page 2 page 3 dst
>>
>> yg terjadi sekarang adalah ketika dipanggil sheet2 output keluarnya
>> bersamaaan
>>
>> Worksheets("Page1").Visible = xlSheetVisible
>> Worksheets("Page2").Visible = xlSheetVisible
>> Worksheets("Page3").Visible = xlSheetVisible
>>
>>
>> Mohon bantuannya
>>
>> Thanks
>> YR
>>
>>
>
>
>

Tue Mar 4, 2014 8:14 pm (PST) . Posted by:

zuhdi_pon

Terima kasih banyak Mr. Kid yang telah membantu.
Zuhdi

Tue Mar 4, 2014 8:23 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Di komputer Jan berhasil pak..

caranya:
1. Blok area yang ingin di print
2. Set print area
3. Atur agar semua masuk dalam 1 halaman (Fit to 1 page)
4. Setelah itu baru save As ke PDF

file PDFnya tidak bisa Jan lampirkan di sini karena ukurannya 348 KB
melebihi batas yang diperbolehkan milis,
PDF dikirim via Japri aja ya..

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 5 Maret 2014 11.03, <agungdotcom13@yahoo.com> menulis:

>
>
> Dear Miss Jan Raisin,
>
> Udah Sya PDF kan Hasilnya Tetap sama, , Kotak2nya masih bergeser
> Ada Cara Lain Gak ya, , ,
>
>
> Thanks,B'Regards
> ---Agung--
>
>
>

Tue Mar 4, 2014 8:26 pm (PST) . Posted by:

erte_try

Hai Agung...

sebelumnya saya mau tanya form tersebut akan diisi tulis tangan kan?
1. jika ya, saran saya pembuatan form semacam itu lebih enak di Ms. Word
2. jika tetep mao pake excel untuk kotaknya jangan menggunakan shape/texbox gunakan sebuah cell saja untuk membuat kotak nya. 3. Form yang sudah jadi harus di edit sedikit
contoh : pilihan golongan darah A B AB O, tidak boleh dalam 1 cell tetapi harus beda2 cell pasti bisa
CMIIW....


Tue Mar 4, 2014 8:52 pm (PST) . Posted by:

erte_try

Hai Agung...

sebelumnya saya mau tanya form tersebut akan diisi tulis tangan kan?
jika ya, saran saya pembuatan form semacam itu lebih enak di Ms. Word
jika tetep mao pake excel untuk kotaknya jangan menggunakan shape/texbox gunakan sebuah cell saja untuk membuat kotak nya.
CMIIW....

Wed Mar 5, 2014 12:38 am (PST) . Posted by:

"gantar dowo"

salam

mohon bantuannya membandingkan tgl masuk pada 2 tabel berdasarkan NIK
dengan menggunakan conditional formatting

TIA

Wed Mar 5, 2014 1:13 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Maaf Formulanya seharusnya begini:

=COUNTIF($A$2:$A$27,$F2)>0

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Bagus
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, March 05, 2014 4:12 PM
Subject: Re: [belajar-excel] membandingkan 2 table

Hai Dowo;

1. Block F2:I2
2. Click Conditional Formatting pada ribbon Home
3. Pilih New Rule
4. Pilih Use a formula bla..bla..bla..
5. Isikan formula berikut: =COUNTIF($A$2:$A$27,$F3)>0
6. Atur format sesuai keinginan, lalu OK
7. Block F2:I2, pencet tombol Ctrl+C (Copy)
8. Block F2:I24, paste special => Formats
9. Selesai

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: gantar dowo
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, March 05, 2014 3:37 PM
Subject: [belajar-excel] membandingkan 2 table [1 Attachment]

salam

mohon bantuannya membandingkan tgl masuk pada 2 tabel berdasarkan NIK dengan menggunakan conditional formatting

TIA

Wed Mar 5, 2014 1:29 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai Tia,

langkah2 pembuatan CF-nya sperti ini:
1. Blok seluruh area tabel 1 yang ada di sebelah kanan
2. Pada ribbon Home, group Styles, klik Conditional Formating, lalu pilih
New Rule
3. Pada rule Type, pilih Use a formula to determine which cells to format
4. Pada kotak Format values where this formula is true diisi formula
seperti berikut ini:
=CountIf( OffSet( $A$1 , 0 , 0 , Counta( $A:$A ) - 1 , 1 ) , $F2 ) > 1

5. Klik tombol Format
6. Akan terbuka dialog box Format Cell, klik tab Fill, pilih warna yang
anda inginkan lalu klik OK
7. Setelah itu akan kembali ke dialog box sebelumnya, klik OK lagi

Penjelasan formula di atas:
Formula awalnya adalah CountIf yang warna hitam,
syntaxnya =CountIf( area_yang_diuji , kriteria )
digunakan untuk menghitung jumlah data yang sama dengan kriteria yang
ditentukan

Area pengujian pada formula di atas ditandai dengan warna biru dan merah,
yang warna biru digunakan untuk mencari jumlah area dengan tipe dinamis
menggunakan fungsi OffSet
syntaxnya =OffSet( titik_awal , posisi_baris , posisi_kolom , jumlah_baris
, jumlah_kolom )

Titik awal terletak pada cel A1 dan posisinya tidak boleh berubah saat
formula dicopas ke cel yang lain, oleh karena itu ditulis menggunakan
alamat cel absolut yang ditandai dengan penggunaan tanda dollar ($)
Posisi baris dan nomor kolom diisi dengan 0 (nol) karena akan diambil
seluruh data yang ada dengan menghitung jumlah baris data

Jumlah baris dihitung menggunakan fungsi Counta terhadap kolom A lalu
dikurangi dengan 1 yaitu header kolom yang harus dikeluarkan dari
perhitungan
Nilai 1 pada jumlah kolom menunjukkan bahwa hanya 1 kolom yang akan
digunakan sebagai area pengujian

Formula ringkasnya sudah diberikan oleh mas Bagus, berhubung Jan ngetiknya
sudah lama dan sayang kalo dibuang,, maka emailnya tetap Jan kirim xixixixi
^_^

Satu hal lagi, Jan coba menggunakan nama tabel yang sudah ada untuk membuat
alamat range dinamis tetapi selalu error, padahal waktu diuji di sebuah cel
bisa berjalan normal, error hanya muncul saat dipindah ke CF. Mungkin ada
Be-Exceller lain yang dapat menjelaskannya?

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

2014-03-05 15:37 GMT+07:00 gantar dowo <takbengkolang@gmail.com>:

>
>
> salam
>
> mohon bantuannya membandingkan tgl masuk pada 2 tabel berdasarkan NIK
> dengan menggunakan conditional formatting
>
> TIA
>
>
>

Wed Mar 5, 2014 1:11 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Dowo;

1. Block F2:I2
2. Click Conditional Formatting pada ribbon Home
3. Pilih New Rule
4. Pilih Use a formula bla..bla..bla..
5. Isikan formula berikut: =COUNTIF($A$2:$A$27,$F3)>0
6. Atur format sesuai keinginan, lalu OK
7. Block F2:I2, pencet tombol Ctrl+C (Copy)
8. Block F2:I24, paste special => Formats
9. Selesai

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: gantar dowo
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, March 05, 2014 3:37 PM
Subject: [belajar-excel] membandingkan 2 table [1 Attachment]

salam

mohon bantuannya membandingkan tgl masuk pada 2 tabel berdasarkan NIK dengan menggunakan conditional formatting

TIA

Wed Mar 5, 2014 1:36 am (PST) . Posted by:

"Abdul Muhsin"

saya ingin belajar exel VBA tapi terkendala materi yang sulit dipahami, untuk itu tolong kirimi meteri yang mudah dipahami, trims

***** Mods *****
silakan jalan jalan ke blog milis, di sana ada pelajaran tentang VBA dari yang paling dasar sekali
alamatnya http://b-excel.blogspot.com/ http://b-excel.blogspot.com/
materinya harus dipelajari secara berurutan mulai dari nomer 000 (belum kenal VBA sama sekali)
alamatnya http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html
setelah itu baru melangkah ke 001, 002, 003 dst

Supaya ilmunya juga menjadi berkah, sempatkan juga untuk mengajarkan kepada yang lain.

Selamat belajar
*******************




=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar