Minggu, 09 Maret 2014

[belajar-excel] Digest Number 2821

15 Messages

Digest #2821
2a
Tanya Password by "Yufman Wahyudi" YUFMAN
2b
Re: Tanya Password by "Jan Raisin"
3a
solusi rumur if - and by "Fendi S" fendis@rocketmail.com

Messages

Sun Mar 9, 2014 6:15 am (PDT) . Posted by:

firmanpake_syah

Dear

Mas / mba IDZ

Coba cari file terbilang warisan mbak Siti. Rasanya beliau sempet berikan beberapa versi untuk penyempurnaan. Untuk add in, itu rasanya tidak terlalu sulit. Tinggal kta save as ke XLA file.

Demikian
From BB gemini Jadul

-----Original Message-----
From: <idz.iman@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: 08 Mar 2014 02:19:55
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] add-in Terbilang English & Indonesia

Assalammualaikum,
Selamat Sore..

Dear Master,
Mohon bantuannya, saya memakai Excel 2013, apakah ada add-in untuk format "Terbilang&quot; versi Indonesia dan english.
Kebetulan saya sangat awam dengan macro, Mohon bantuannya master kalau ada 2 versi itu dalam format "Xlam".

Demikian atas perhatian dan supportnya.
Terima kasih.

Wassalammualaikum.

Salam.
IDZ

Sun Mar 9, 2014 6:29 pm (PDT) . Posted by:

iman_excel

Mas Daffa,

Terima kasih atas infonya,
tapi file nya sepertinya sudah ga ada
:(

Sun Mar 9, 2014 8:01 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

coba intip folder di sini <https://app.box.com/shared/8b88dryuil>
ada 14 file mengenai terbilang warisan dari Alm. pak Masyhud (aka Siti Vi)
semoga ilmu warisan beliau yang bermanfaat akan selalu menjadi Amal Ibadah
yang akan terus mengalir pahalanya. Aamiin.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 10 Maret 2014 08.17, <iman_excel@yahoo.com> menulis:

>
>
> Mas Daffa,
>
> Terima kasih atas infonya,
> tapi file nya sepertinya sudah ga ada
> :(
>
>

Sun Mar 9, 2014 5:14 pm (PDT) . Posted by:

"Yufman Wahyudi" YUFMAN

salam Be exceller

saya mengalami kesulitan untuk membuka file excell yang di password, adakah
rekomendasi tools atau cara ( mungkin dg VBA) untuk membukanya, inginya sih
yang gratis...

Terimakasih

Yufman

Sun Mar 9, 2014 6:38 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

*Hai pak Yufman,*

*ada beberapa kemungkinan penyebab mengapa file harus dipassword pada saat
akan dibuka*

1. *File tersebut bukan milik user dan pembuat file tidak ingin datanya
diketahui secara umum. Solusi: mintalah password secara baik-baik kepada si
pembuat file.*
2. *File adalah milik user tetapi user lupa password pembukanya. Solusi
: di internet sudah banyak bertebaran aplikasi gratisan pembuka password,
tetapi semakin rumit dan panjang kombinasi passwordnya maka akan semakin
lama pula waktu yang dibutuhkan untuk membukanya. Jika ingin cepat ada
beberapa situs yang menyediakan membuka file berpassword secara on line
dalam hitungan detik tetapi untuk hal ini biasanya dikenakan biaya
tertentu. Silakan ditimbang2 antara biaya yang harus dikeluarkan untuk
membuka password file tersebut dengan nilai informasi yang terdapat dalam
file tersebut.*

*Wassalam,*

*-Miss Jan Raisin-*

*Pada 10 Maret 2014 06.53, Yufman Wahyudi <yufman@gmail.com
<yufman@gmail.com>> menulis: *
>
>
>
>
>
> *salam Be exceller*
>
>
> *saya mengalami kesulitan untuk membuka file excell yang di password,
> adakah rekomendasi tools atau cara ( mungkin dg VBA) untuk membukanya,
> inginya sih yang gratis... *
>
>
> *Terimakasih*
>
> *Yufman*
>
> **
>

Sun Mar 9, 2014 5:56 pm (PDT) . Posted by:

"Fendi S" fendis@rocketmail.com

terima kasih kepada para master atas solusinya, rumus yang eror sudah ketemu.
Kemudian ada satu lagi tentang sel yang diprotek secara otomatis. sudah mendapat solusi dri para master, dan saya praktekkan tetapi kok belum dapat ? di Validation - costum - habis memasukkan rumus kok berbunyi "ada formula yang eror" tolong beri penjelasan. sekali lagi terimakasih. Wassalam.






Sun Mar 9, 2014 9:27 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai Fendi,

di Validasi Data ada formula VLookUp yang akan merujuk kepada sebuah range
data dengan nilai kolom yang akan diambil adalah 2, kolom pertama adalah
kolom yang akan dibandingkan nilainya.
Kolom pertama tersebut akan dibandingkan dengan nilai pada baris 2 sheet
"peng".
Silakan coba dicek kembali range rujukan yang telah anda definisikan
menggunakan nama Proteksi

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 10 Maret 2014 07.44, Fendi S <fendis@rocketmail.com> menulis:

>
>
> terima kasih kepada para master atas solusinya, rumus yang eror sudah
> ketemu.
> Kemudian ada satu lagi tentang sel yang diprotek secara otomatis. sudah
> mendapat solusi dri para master, dan saya praktekkan tetapi kok belum dapat
> ? di Validation - costum - habis memasukkan rumus kok berbunyi "ada formula
> yang eror" tolong beri penjelasan. sekali lagi terimakasih. Wassalam.
>
>
>
>

Sun Mar 9, 2014 10:43 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus" nangagoez

Untuk Fendi

Pada file tersebut perlu diperbaiki:
1. Name range proteksi (=skl!$B$2:$B$6) diubah menjadi =skl!$A$2:$B$6
2. Cell tersebut rusak data validationnya. entah bagaimana cara
memperbaikinya saya tidak tahu.
Saya pernah mengalami hal tersebut, tanpa dapat diperbaiki (mungkin
ada yang dapat memperbaiki hanya saya tidak bisa).
Solusi terakhirnya saya membuat file baru dengan membuat data validation
yang baru.
Untuk file yang saya sertakan, saya copy cell tersebut dari file lain.
Baru saya coba untuk membuat data validation di SKl-1

Semoga sesuai keinginan.
Salam

NangAgus

On 10/03/2014 7:44, Fendi S wrote:
> terima kasih kepada para master atas solusinya, rumus yang eror sudah
> ketemu.
> Kemudian ada satu lagi tentang sel yang diprotek secara otomatis.
> sudah mendapat solusi dri para master, dan saya praktekkan tetapi kok
> belum dapat ? di Validation - costum - habis memasukkan rumus kok
> berbunyi "ada formula yang eror" tolong beri penjelasan. sekali lagi
> terimakasih. Wassalam.
>
>
>

Sun Mar 9, 2014 6:14 pm (PDT) . Posted by:

"Haris Rifai" haris.rifai

Dear Mr. Kid & Mis. Jan Raisin

Maaf saya baru bisa memparaktekkan arahanya karena ada sedikit kesibukan.

Saya sudah mencoba arahanya, tapi lagi-lagi saya belum berhasil. berikut saya lampirkan file yang saya buat.

Hasil dari praktek tersebut adalah file yang saya panggil sudah aktiv tetapi tidak nampak di monitor, posisi pointer/kursor masih mada UserForm2.
Saya juga coba tambahkan "unload" pada masing" commondbutton tetapi hasilnya maha komputer seperti nge-hang, dimana userform sudah hilang tapi file yang saya panggil uga tidak muncul di monitor.

Saya ingin tampilan UserForm1 & UserForm2 tersebut hilang bersamaan dengan tampilnya file excel yang saya panggil dan secara otomatis worksheet yang saya panggil tersebut aktiv dan bisa di edit sperti selayaknya saya buka file excel dari explor.

Mohon arahanya kembali Mr. & Mis.

Terimaksih
Haris

Pada Minggu, 2 Maret 2014 5:52, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

 
Hai Haris,

Jika workbook target yang akan diaktifkan, ganti baris berbunyi :
wbkapp.activate

dengan :
wbktarget.activate

jika ingin mengaktifkan worksheet bernama 'nama sheetnya' yang ada di workbook target, setalh mengaktifkan workbook target diberi tambahan perintah :
wbktarget.sheets("nama sheetnya").activate

jika ingin mengaktifkan cell Z10 yang ada di sheet bernama 'nama sheetnya' yang ada di workbook target, tambahkan lagi baris berbunyi :
wbktarget.sheets("nama sheetnya").range("z10").activate

atau jika memang ingin mengaktifkan range z10 di sheet bernama 'nama sheetnya' di workbook target dan ingin langsung menuju ke cell tersebut, maka ganti seluruh baris kode yang diawali wbktarget (mengaktifkan workbook kemudian mengaktifkan sheet lalu mengaktifkan cell) dengan :
application.goto wbktarget.sheets("nama sheetnya").range("z10") , true    'true untuk melakukan proses scroll ke cell yang dituju

Andaikan prosedur yang berisi proses di atas dijalankan dari sebuah userform yang ada di workbook aplikasi (wbkapp), maka pada event milik salah satu control dalam userform yang akan membuka workbook target dilakukan proses unload si userform. Proses unload si userform bisa diletakkan sebelum atau sesudah memanggil prosedur pengaktifan workbook target, seperti :

unload me

nama_prosedur_buka_workbook

atau

nama_prosedur_buka_workbook

unload me

Wassalam,

Kid.

2014-03-01 14:56 GMT+07:00 Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>:


>Mis. Jan Raisin.
>
>
>Terimakasih Mis. Jan
>Maaf kalo saya kurang jeli sama yang dimaksud Mr. Kid.
>
>
>Saya sudah coba dengan membuat prosedur dalammodul (maaf td salah tulis "userform), hasilnya memang file yang saya tuju bisa terbuka, tapi sheet tidak aktive alias tidak bisa di akses cuma bisa diliat tok. Yang masih aktiv adalah userform tempat command Button wat manggil/mengbuka file berada . Saya coba non aktikan userform dengan perintah "anload me" , hasilnya userform tertutup tapi file yang dibuka ga kliat.
>
>
>Bagaimana cranya agar file yang saya panggil melalui useform bisa terbuka dan aktiv setelah userformnya tertutup.
>Mohon maaf kalo saya ga faham-faham dan bolak balik tanya hal yang sama.
>
>
>
>Pada Sabtu, 1 Maret 2014 14:29, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:
>

>Mis. Jan Raisin.
>
>
>Terimakasih Mis. Jan
>Maaf kalo saya kurang jeli sama yang dimaksud Mr. Kid.
>
>
>Saya sudah coba dengan membuat prosedur dalam userform, hasilnya memang file yang saya tuju bisa terbuka, tapi sheet tidak aktive alias tidak bisa di akses cuma bisa diliat tok. Yang masih aktiv adalah userform tempat command Button wat manggil/mengbuka file berada . Saya coba non aktikan userform dengan perintah "anload me" , hasilnya userform tertutup tapi file yang dibuka ga kliat.
>
>
>Bagaimana cranya agar file yang saya panggil melalui useform bisa terbuka dan aktiv setelah userformnya tertutup.
>Mohon maaf kalo saya ga faham-faham dan bolak balik tanya hal yang sama.
>
>
>
>Pada Jumat, 28 Februari 2014 15:59, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
>

>pak Haris,
>
>
>coba dibaca kembali email balasan dari mr Kid sebelumnya, ini saya kutipkan secara lengkap:
>
>
><Quote>
>hehehe...
>
>kira-kira bunyi script yang Anda gunakan seperti apa ?
>
>Misal ada file bernama Contoh1.xlsx di drive D pada folder bernama Belajar (pastikan ada file excel bernama contoh1.xlsx dulu ya)
>
>Lalu buat file excel baru, dan bisa di-save misal dengan nama Filenya dengan type Excel Macro Enabled workbook (.xlsm)
>Kemudian dibuat sebuah prosedur sub bernama BukaFile pada sebuah general module (code module)
>Prosedur tersebut diisi dengan script :
>
>dim wbkApp as workbook, wbkTarget as workbook
>set wbkapp=thisworkbook
>set wbktarget=workbooks.open( "d:\belajar&#92;contoh1.xlsx",2)
>wbkapp.activate
>
>
>
>sehingga bunyi prosedur sub bernama BukaFile menjadi :
>
>public sub BukaFile()
>
>   dim wbkApp as workbook, wbkTarget as workbook
>   set wbkapp=thisworkbook
>   set wbktarget=workbooks.open( "d:\belajar&#92;contoh1.xlsx",2)
>   wbkapp.activate
>
>end sub
>
>
>
>Demikian contoh filenya.
>
>
>
>Wassalam,
>
>Kid.
></Quote>
>
>
>petunjuknya ada di tulisan yang dimerahin ^_^
>
>
>jika memakai tombol yang terletak di suatu form atau sheet, maka script yang di dalam tombol tersebut isinya adalah perintah memanggil prosedur yang tadi ditulis di modul
>kira2 bunyinya seperti ini
>
>
>Call nama_prosedurnya
>
>
>Wassalam,
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>
>
>
>
>

Sun Mar 9, 2014 7:37 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

hai Haris,

yang terjadi pada sample yang anda kirim adalah seperti ini:
>> pada wbk BukaFile ada event yang bernama Open, di sana ada perintah yang
berbunyi:
Application.Visible = False
yang warna merah adalah merujuk kepada suatu aplikasi yang saat itu
sedang aktif yaitu MS Excel
aplikasi tersebut dipasang suatu properti yang berisi bahwa tidak boleh
ada penampakan di (masih) dunia lain.. hiii ceyem [?][?][?]
nah pada saat aplikasi yang bernama Excel tidak boleh nampak di layar
monitor, maka apa pun file Excel yang dibuka melalui instansi yang sama
juga akan tidak nampak di layar.
solusinya adalah mengembalikan nilai properti yang tadinya bernilai
False menjadi True pada saat memanggil file yang lain.

oia.. biar bacanya enak, lain kali email yang diquote maksimal 2 email
sebelumnya saja ya.. ^_^

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 10 Maret 2014 08.07, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:

>
>
> Dear Mr. Kid & Mis. Jan Raisin
>
> Maaf saya baru bisa memparaktekkan arahanya karena ada sedikit kesibukan.
>
> Saya sudah mencoba arahanya, tapi lagi-lagi saya belum berhasil. berikut
> saya lampirkan file yang saya buat.
>
> Hasil dari praktek tersebut adalah file yang saya panggil sudah aktiv
> tetapi tidak nampak di monitor, posisi pointer/kursor masih mada UserForm2.
> Saya juga coba tambahkan "unload" pada masing" commondbutton tetapi
> hasilnya maha komputer seperti nge-hang, dimana userform sudah hilang tapi
> file yang saya panggil uga tidak muncul di monitor.
>
> Saya ingin tampilan UserForm1 & UserForm2 tersebut hilang bersamaan dengan
> tampilnya file excel yang saya panggil dan secara otomatis worksheet yang
> saya panggil tersebut aktiv dan bisa di edit sperti selayaknya saya buka
> file excel dari explor.
>
> Mohon arahanya kembali Mr. & Mis.
>
> Terimaksih
> Haris
>
>
>
>

Sun Mar 9, 2014 8:17 pm (PDT) . Posted by:

"Ahmad Habibillah" abiel_1108



maaf para suhu terlampir sample datanya

mohon bantuannya, 

terima kasih atas bantuannya, hal ini sangat membantu pekerjaan saya sehari2

demikian terima kasih

Pada Selasa, 4 Maret 2014 13:03, Ahmad Habibillah <abiel_1108@yahoo.com> menulis:

 
Dear Para Sesepuh Suhu,

mohon bantuannya, saya lagi belajar2 buat filter tapi nggak berhasil2 debug terus..

atas bantuannya sangat terima kasih banget dan sangaaat membantu pekerjaan saya sehari2..

salam,
Ahmad H
 
----- Mod -----
Lampiran dilepas dari email karena ukuran melebihi 250 KB
Silakan melampirkan sampel workbook dengan cara mereply thread ini,
pastikan ukuran file sesuai dengan ketentuan milis
__________

Sun Mar 9, 2014 9:26 pm (PDT) . Posted by:

"Ahmad Habibillah" abiel_1108

Dear Mr. Kid,

Akhir nyaaaaa permasalahan yang selama ini selalu ada, sudah dapat terselesaikan.

terima kasih banyak atas supportnya, 

mantap n sukses untuk Mr. Kid.

 
Many Thanks 
Ahmad Habibillah

Pada Senin, 10 Maret 2014 10:17, Ahmad Habibillah <abiel_1108@yahoo.com> menulis:

 

maaf para suhu terlampir sample datanya

mohon bantuannya, 

terima kasih atas bantuannya, hal ini sangat membantu pekerjaan saya sehari2

demikian terima kasih

Pada Selasa, 4 Maret 2014 13:03, Ahmad Habibillah <abiel_1108@yahoo.com> menulis:

 
Dear Para Sesepuh Suhu,

mohon bantuannya, saya lagi belajar2 buat filter tapi nggak berhasil2 debug terus..

atas bantuannya sangat terima kasih banget dan sangaaat membantu pekerjaan saya sehari2..

salam,
Ahmad H
 
----- Mod -----
Lampiran dilepas dari email karena ukuran melebihi 250 KB
Silakan melampirkan sampel workbook dengan cara mereply thread ini,
pastikan ukuran file sesuai dengan ketentuan milis
__________

Sun Mar 9, 2014 8:26 pm (PDT) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Kalau gak salah ini sudah dijawab Mr. Kid pada tgl 4.
Coba di cek kembali..

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Ahmad Habibillah
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, March 10, 2014 10:16 AM
Subject: [belajar-excel] Mohon Bantuannya, kok saya coba2 buat filter tapi debug terus [1 Attachment]

maaf para suhu terlampir sample datanya

mohon bantuannya,

terima kasih atas bantuannya, hal ini sangat membantu pekerjaan saya sehari2

demikian terima kasih

Pada Selasa, 4 Maret 2014 13:03, Ahmad Habibillah <abiel_1108@yahoo.com> menulis:

Dear Para Sesepuh Suhu,

mohon bantuannya, saya lagi belajar2 buat filter tapi nggak berhasil2 debug terus..

atas bantuannya sangat terima kasih banget dan sangaaat membantu pekerjaan saya sehari2..

salam,
Ahmad H

----- Mod -----
Lampiran dilepas dari email karena ukuran melebihi 250 KB
Silakan melampirkan sampel workbook dengan cara mereply thread ini,
pastikan ukuran file sesuai dengan ketentuan milis
__________

Sun Mar 9, 2014 8:29 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Betul kata pak Bagus,

thread ini sudah dijawab oleh mr Kid pada tanggal 4 Maret 2014
silakan dilihat di
sini<http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Mohon-Bantuannya-kok-saya-coba2-buat-filter-tapi-debug-terus-td5724047.html#a5724059>
post
ketiga pada jam 11:32 PM

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 10 Maret 2014 10.27, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:

>
>
> Kalau gak salah ini sudah dijawab Mr. Kid pada tgl 4.
> Coba di cek kembali..
>
>
>
> Wassalam
>
> ~ Bagus ~
>
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Ahmad Habibillah <abiel_1108@yahoo.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, March 10, 2014 10:16 AM
> *Subject:* [belajar-excel] Mohon Bantuannya, kok saya coba2 buat filter
> tapi debug terus [1 Attachment]
>
>
>
>
> maaf para suhu terlampir sample datanya
>
> mohon bantuannya,
>
> terima kasih atas bantuannya, hal ini sangat membantu pekerjaan saya
> sehari2
>
> demikian terima kasih
>
>
> Pada Selasa, 4 Maret 2014 13:03, Ahmad Habibillah <abiel_1108@yahoo.com>
> menulis:
>
> Dear Para Sesepuh Suhu,
>
> mohon bantuannya, saya lagi belajar2 buat filter tapi nggak berhasil2
> debug terus..
>
> atas bantuannya sangat terima kasih banget dan sangaaat membantu pekerjaan
> saya sehari2..
>
> salam,
> Ahmad H
>
> ----- Mod -----
> Lampiran dilepas dari email karena ukuran melebihi 250 KB
> Silakan melampirkan sampel workbook dengan cara mereply thread ini,
> pastikan ukuran file sesuai dengan ketentuan milis
> __________
>
>
>
>
>
> _
>

Sun Mar 9, 2014 11:02 pm (PDT) . Posted by:

zuhdi_pon

Dear Master Excel,
Saya sudah buat contoh form input di worksheet, dan bagaimana supaya bisa saya aplikasikan lewat userform, berikut contoh attachment-nya.
terima kasih

Salam
Zuhdi
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar