Minggu, 02 Maret 2014

[belajar-excel] Digest Number 2809

14 Messages

Digest #2809
1b
Re: macro merubah data vertikal horizontal by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
Re: Menguhubungkan UserForm dengan Database by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
(no subject) by "Fendi S" fendis@rocketmail.com
5b
Re: (unknown) [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Memunculkan keterangan secara otomatis by "Rizki Agung" rizki_fisthein
7a
Tanya VBA by "Apriyadi" apriyadi_apry
7b
Re: Tanya VBA [2 Attachments] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Sat Mar 1, 2014 2:18 pm (PST) . Posted by:

"roy sumarna" rohendi_2000

maaf mr. baru bisa coment. sekrang.
ya. data seperti gitu (contoh). cuma kalo data kolomnya lebih dari tiga. bisa tidak ya. makasih. sekali infonya...
roy

Pada Senin, 24 Februari 2014 23:13, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

 
Hai Roy,
Sambil mereka-reka apa yang diinginkan, saya coba mengkombinasikan Menu "What If Analysis" dengan fungsi Louving (modifikasi Fungsi Louv nya Mbak Siti dengan fungsi Instring yang pernah dikenalkan oleh Mr.Kid).

Untuk otomatisasinya digunakan Event Worksheet_BeforeDoubleClick

Rangenya saya set s/d 10000 baris, kalau lebih sila diedit macronya atau diset rangenya melalui macro.

Semoga sesuai kebutuhan.

Salam sukses,
HK

On Monday, 24 February 2014, 9:37, roy sumarna <rohendi_2000@yahoo.co.id> wrote:

 
master excel yth.
saya ada kesulitan merubah data dari  vertikal horizontal dan data tsb sekitar 5000 row. saya selama ini kerja pake pivot table tapi ribet / terlalu banyak langkah2nya ada teman sarankan pake macro visual basic. barangkali ada teman yang tau macronya. tersebut, kami mohon bantuannya.
sebagai sample saya lampirkan datanya

terima kasih sebelumnya.

roy

--- Mods ---
Sepertinya akan lebih memudahkan calon pe-reply jika disertai contoh output hasil kerja pivot table atau hasil kerja manualnya. Penjelasan tentang alur proses yang telah dilakukan juga akan lebih membantu calon pe-reply.
--------------

Sat Mar 1, 2014 2:25 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Roy,

1. Maksud dari data lebih dari 3 kolom itu seperti apa ya?
2. Apakah kolom cuti pada data awal memiliki item unique lebih dari 3 alias
masih ada item lain selain CB, CP, CT ?
>> Jika maksudnya adalah seperti nomor 2, maka setiap kolom boleh berisi
banyak item. Jumlah record juga boleh banyak. Jangan lupa lakukan refresh
pada pivot table jika ada pengubahan nilai data pada data awalnya.

Wassalam,
Kid.

2014-03-02 0:21 GMT+07:00 roy sumarna <rohendi_2000@yahoo.co.id>:

>
>
> maaf mr. baru bisa coment. sekrang.
> ya. data seperti gitu (contoh). cuma kalo data kolomnya lebih dari tiga.
> bisa tidak ya. makasih. sekali infonya...
> roy
>
>
>
> Pada Senin, 24 Februari 2014 23:13, hendrik karnadi <
> hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
>
> Hai Roy,
> Sambil mereka-reka apa yang diinginkan, saya coba mengkombinasikan Menu
> "What If Analysis" dengan fungsi Louving (modifikasi Fungsi Louv nya Mbak
> Siti dengan fungsi Instring yang pernah dikenalkan oleh Mr.Kid).
>
> Untuk otomatisasinya digunakan Event Worksheet_BeforeDoubleClick
>
> Rangenya saya set s/d 10000 baris, kalau lebih sila diedit macronya atau
> diset rangenya melalui macro.
>
> Semoga sesuai kebutuhan.
>
> Salam sukses,
> HK
>
>
>
> On Monday, 24 February 2014, 9:37, roy sumarna <rohendi_2000@yahoo.co.id>
> wrote:
>
> master excel yth.
> saya ada kesulitan merubah data dari vertikal horizontal dan data tsb
> sekitar 5000 row. saya selama ini kerja pake pivot table tapi ribet /
> terlalu banyak langkah2nya ada teman sarankan pake macro visual basic.
> barangkali ada teman yang tau macronya. tersebut, kami mohon bantuannya.
> sebagai sample saya lampirkan datanya
> terima kasih sebelumnya.
>
> roy
>
> --- Mods ---
> Sepertinya akan lebih memudahkan calon pe-reply jika disertai contoh
> output hasil kerja pivot table atau hasil kerja manualnya. Penjelasan
> tentang alur proses yang telah dilakukan juga akan lebih membantu calon
> pe-reply.
> --------------
>
>
>
>
>
>

Sat Mar 1, 2014 2:30 pm (PST) . Posted by:

scalyptra

Mohon pencerahannya.
Bagaimana cara mendistribusikan data pada sheet 2 ke dalam tabel di sheet 1 berdasarkan kriteria tertentu (file terlampir)

Sun Mar 2, 2014 2:13 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir menggunakan Excel 2007 Pivot Table yang bersumber dari data
source yang dibangun dengan VBA.

Wassalam,
Kid.

2014-03-02 3:52 GMT+07:00 <scalyptra@yahoo.com>:

>
>
> Mohon pencerahannya.
> Bagaimana cara mendistribusikan data pada sheet 2 ke dalam tabel di sheet
> 1 berdasarkan kriteria tertentu (file terlampir)
>
>

Sat Mar 1, 2014 2:35 pm (PST) . Posted by:

"Haris Rifai" haris.rifai

Mis. Jan Raisin.

Terimakasih Mis. Jan
Maaf kalo saya kurang jeli sama yang dimaksud Mr. Kid.

Saya sudah coba dengan membuat prosedur dalammodul (maaf td salah tulis "userform), hasilnya memang file yang saya tuju bisa terbuka, tapi sheet tidak aktive alias tidak bisa di akses cuma bisa diliat tok. Yang masih aktiv adalah userform tempat command Button wat manggil/mengbuka file berada . Saya coba non aktikan userform dengan perintah "anload me" , hasilnya userform tertutup tapi file yang dibuka ga kliat.

Bagaimana cranya agar file yang saya panggil melalui useform bisa terbuka dan aktiv setelah userformnya tertutup.
Mohon maaf kalo saya ga faham-faham dan bolak balik tanya hal yang sama.

Pada Sabtu, 1 Maret 2014 14:29, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:

 
Mis. Jan Raisin.

Terimakasih Mis. Jan
Maaf kalo saya kurang jeli sama yang dimaksud Mr. Kid.

Saya sudah coba dengan membuat prosedur dalam userform, hasilnya memang file yang saya tuju bisa terbuka, tapi sheet tidak aktive alias tidak bisa di akses cuma bisa diliat tok. Yang masih aktiv adalah userform tempat command Button wat manggil/mengbuka file berada . Saya coba non aktikan userform dengan perintah "anload me" , hasilnya userform tertutup tapi file yang dibuka ga kliat.

Bagaimana cranya agar file yang saya panggil melalui useform bisa terbuka dan aktiv setelah userformnya tertutup.
Mohon maaf kalo saya ga faham-faham dan bolak balik tanya hal yang sama.

Pada Jumat, 28 Februari 2014 15:59, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

 
pak Haris,

coba dibaca kembali email balasan dari mr Kid sebelumnya, ini saya kutipkan secara lengkap:

<Quote>
hehehe...

kira-kira bunyi script yang Anda gunakan seperti apa ?

Misal ada file bernama Contoh1.xlsx di drive D pada folder bernama Belajar (pastikan ada file excel bernama contoh1.xlsx dulu ya)

Lalu buat file excel baru, dan bisa di-save misal dengan nama Filenya dengan type Excel Macro Enabled workbook (.xlsm)
Kemudian dibuat sebuah prosedur sub bernama BukaFile pada sebuah general module (code module)
Prosedur tersebut diisi dengan script :

dim wbkApp as workbook, wbkTarget as workbook
set wbkapp=thisworkbook
set wbktarget=workbooks.open( "d:\belajar&#92;contoh1.xlsx",2)
wbkapp.activate

sehingga bunyi prosedur sub bernama BukaFile menjadi :

public sub BukaFile()

   dim wbkApp as workbook, wbkTarget as workbook
   set wbkapp=thisworkbook
   set wbktarget=workbooks.open( "d:\belajar&#92;contoh1.xlsx",2)
   wbkapp.activate

end sub

Demikian contoh filenya.

Wassalam,

Kid.
</Quote>

petunjuknya ada di tulisan yang dimerahin ^_^

jika memakai tombol yang terletak di suatu form atau sheet, maka script yang di dalam tombol tersebut isinya adalah perintah memanggil prosedur yang tadi ditulis di modul
kira2 bunyinya seperti ini

Call nama_prosedurnya

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 28 Februari 2014 14.33, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id> menulis:


>Dear Mis. Jan Raisin.
>
>
>Sudah saya coba arahan dari Mis. Jan, tapi hasilnya masih sama yaitu file yang saya buka hanya nongol di taskbar tidak terbuka langsung, saya coba klik pada taskbar tetep aza ga kebuka.
>ini script yang saya buat pada commond button "DATABASE";
>
>
>Private Sub DataBase_Click(
>          Dim wbkApp As Workbook, wbktarget As Workbook
>          Set wbkApp = ThisWorkbook
>          Set wbktarget = Workbooks.Open("J:&#92;Belajar VBA\Coba1.xlsx",2) 
>  ActiveWorkbook.Sheet("DATABASE").Activate
>        End Sub
>
>
>
>terimakasih.
>haris
>
>
>
>

Sat Mar 1, 2014 2:51 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Haris,

Jika workbook target yang akan diaktifkan, ganti baris berbunyi :
wbkapp.activate

dengan :
wbktarget.activate

jika ingin mengaktifkan worksheet bernama 'nama sheetnya' yang ada di
workbook target, setalh mengaktifkan workbook target diberi tambahan
perintah :
wbktarget.sheets("nama sheetnya").activate

jika ingin mengaktifkan cell Z10 yang ada di sheet bernama 'nama sheetnya'
yang ada di workbook target, tambahkan lagi baris berbunyi :
wbktarget.sheets("nama sheetnya").range("z10").activate

atau jika memang ingin mengaktifkan range z10 di sheet bernama 'nama
sheetnya' di workbook target dan ingin langsung menuju ke cell tersebut,
maka ganti seluruh baris kode yang diawali wbktarget (mengaktifkan workbook
kemudian mengaktifkan sheet lalu mengaktifkan cell) dengan :
application.goto wbktarget.sheets("nama sheetnya").range("z10") , true
'true untuk melakukan proses scroll ke cell yang dituju

Andaikan prosedur yang berisi proses di atas dijalankan dari sebuah
userform yang ada di workbook aplikasi (wbkapp), maka pada event milik
salah satu control dalam userform yang akan membuka workbook target
dilakukan proses unload si userform. Proses unload si userform bisa
diletakkan sebelum atau sesudah memanggil prosedur pengaktifan workbook
target, seperti :

unload me
nama_prosedur_buka_workbook

atau

nama_prosedur_buka_workbook
unload me

Wassalam,
Kid.

2014-03-01 14:56 GMT+07:00 Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>:

>
>
> Mis. Jan Raisin.
>
> Terimakasih Mis. Jan
> Maaf kalo saya kurang jeli sama yang dimaksud Mr. Kid.
>
> Saya sudah coba dengan membuat prosedur dalam modul (maaf td salah tulis
> "userform), hasilnya memang file yang saya tuju bisa terbuka, tapi sheet
> tidak aktive alias tidak bisa di akses cuma bisa diliat tok. Yang masih
> aktiv adalah userform tempat command Button wat manggil/mengbuka file
> berada . Saya coba non aktikan userform dengan perintah "anload me" ,
> hasilnya userform tertutup tapi file yang dibuka ga kliat.
>
> Bagaimana cranya agar file yang saya panggil melalui useform bisa terbuka
> dan aktiv setelah userformnya tertutup.
> Mohon maaf kalo saya ga faham-faham dan bolak balik tanya hal yang sama.
>
>
> Pada Sabtu, 1 Maret 2014 14:29, Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>
> menulis:
>
> Mis. Jan Raisin.
>
> Terimakasih Mis. Jan
> Maaf kalo saya kurang jeli sama yang dimaksud Mr. Kid.
>
> Saya sudah coba dengan membuat prosedur dalam userform, hasilnya memang
> file yang saya tuju bisa terbuka, tapi sheet tidak aktive alias tidak bisa
> di akses cuma bisa diliat tok. Yang masih aktiv adalah userform tempat
> command Button wat manggil/mengbuka file berada . Saya coba non aktikan
> userform dengan perintah "anload me" , hasilnya userform tertutup tapi
> file yang dibuka ga kliat.
>
> Bagaimana cranya agar file yang saya panggil melalui useform bisa terbuka
> dan aktiv setelah userformnya tertutup.
> Mohon maaf kalo saya ga faham-faham dan bolak balik tanya hal yang sama.
>
>
> Pada Jumat, 28 Februari 2014 15:59, Jan Raisin <
> miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
>
> pak Haris,
>
> coba dibaca kembali email balasan dari mr Kid sebelumnya, ini saya
> kutipkan secara lengkap:
>
> <Quote>
> hehehe...
> kira-kira bunyi script yang Anda gunakan seperti apa ?
>
> Misal ada file bernama Contoh1.xlsx di drive D pada folder bernama Belajar
> (pastikan ada file excel bernama contoh1.xlsx dulu ya)
> Lalu buat file excel baru, dan bisa di-save misal dengan nama Filenya
> dengan type Excel Macro Enabled workbook (.xlsm)
> Kemudian dibuat sebuah prosedur sub bernama BukaFile pada sebuah general
> module (code module)
> Prosedur tersebut diisi dengan script :
>
> dim wbkApp as workbook, wbkTarget as workbook
> set wbkapp=thisworkbook
> set wbktarget=workbooks.open( "d:\belajar&#92;contoh1.xlsx",2)
> wbkapp.activate
>
> sehingga bunyi prosedur sub bernama BukaFile menjadi :
> public sub BukaFile()
>
> dim wbkApp as workbook, wbkTarget as workbook
> set wbkapp=thisworkbook
> set wbktarget=workbooks.open( "d:\belajar&#92;contoh1.xlsx",2)
> wbkapp.activate
> end sub
>
> Demikian contoh filenya.
>
> Wassalam,
> Kid.
> </Quote>
>
> petunjuknya ada di tulisan yang dimerahin ^_^
>
> jika memakai tombol yang terletak di suatu form atau sheet, maka script
> yang di dalam tombol tersebut isinya adalah perintah memanggil prosedur
> yang tadi ditulis di modul
> kira2 bunyinya seperti ini
>
> Call nama_prosedurnya
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
>
>
>

Sat Mar 1, 2014 5:25 pm (PST) . Posted by:


"PERATURAN MILIS belajar-excel"
-------------------------------

Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.

Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated&quot;
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.

Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.

Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.

Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.

Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:

A. SANGAT DIHARAPKAN:
==================

(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.

(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.

(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)

(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.

B. SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
========================

(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.

(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).

(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).

(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.

(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.

(6)
Menyertakan link yang merujuk kepada halaman yang berisi iklan produk /
informasi yang tidak berhubungan dengan Excel / pertanyaan.

C. LAIN LAIN:
========

Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
---------------------------------------------

(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)

(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan&quot; dsb, hanya akan merusak 'Thread&#39; (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.

Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.

(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.

(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting&#39; (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.

'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.

(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.

Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).

Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".

Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan&quot;, tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.

Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.

VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.

Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.

Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri&#39; (jalur pribadi).

Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------------------------------
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators

Hak dan wewenang Moderators
---------------------------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.

Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
-----------------------------------------------

Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.

Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette&quot;.

Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes&quot;, tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.

Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".

--------------------------------------------[rev: 13mar2010 / ctv]-----

revisi 2: tgl 02Des2013 / dwint
# penambahan point B.6.

Sat Mar 1, 2014 11:24 pm (PST) . Posted by:

"Fendi S" fendis@rocketmail.com

Kepada para master excell,
Saya kesulitan menggabungkan data pada beberapa sel dengan karakter tertentu. 
Saya mohon kepada master untuk dapat membuatkan rumus seperti yang saya inginkan.
filenya saya lampirkan.
terima kasih atas ilmu yang master bagikan. Semogga Allah SWT selalu membalas atas ilmu yang master berikan. terima kasih

Sun Mar 2, 2014 3:30 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Fendi,

*** posting kasus baru atau share pengetahuan tentang Excel berikutnya
disertai subject email ya, supaya thread-nya punya judul.

File terlampir dengan UDF JoinText (pastikan security macro di-enable) dan
memanfaatkan fungsi Substitute.

Wassalam,
Kid.

2014-03-02 9:09 GMT+07:00 Fendi S <fendis@rocketmail.com>:

>
>
> Kepada para master excell,
> Saya kesulitan menggabungkan data pada beberapa sel dengan karakter
> tertentu.
> Saya mohon kepada master untuk dapat membuatkan rumus seperti yang saya
> inginkan.
> filenya saya lampirkan.
> terima kasih atas ilmu yang master bagikan. Semogga Allah SWT selalu
> membalas atas ilmu yang master berikan. terima kasih
>
>
>

Sat Mar 1, 2014 11:24 pm (PST) . Posted by:

"Rizki Agung" rizki_fisthein

Assalamualaikum, mohon bantuan teman-teman terkait memunculkan keterangan dari data yang saya kiriim agar keterangannya muncul secara otomatis. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya. file terlampir dan ada keterangannya juga.

Sun Mar 2, 2014 12:03 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Coba pada H5 diberi formula :
=IF(COUNTIF(G5,"*s?*"),MID(REPT(" + "&C$4,C5<D$14)&REPT(" +
"&D$4,D5<D$15)&REPT(" + "&E$4,E5<$D$16),4,99),"-")

*** Jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, maka ganti
seluruh karakter koma dalam formula menjadi karakter titik koma.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-03-02 11:50 GMT+07:00 Rizki Agung <rizki_fisthein@yahoo.com>:

>
>
> Assalamualaikum, mohon bantuan teman-teman terkait memunculkan keterangan
> dari data yang saya kiriim agar keterangannya muncul secara otomatis.
> sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya. file terlampir dan
> ada keterangannya juga.
>
>
>

Sun Mar 2, 2014 12:15 am (PST) . Posted by:

"Apriyadi" apriyadi_apry



 Salam Sejahtera,

Mohon bantuan para Master Excel untuk menyelesaikan permasalahan saya.
Gambaran singkat permasalahan seperti ini.

Ketika tombol Scroll awal saya klik maka data Judul di data masuk ke Record sehingga Judul bisa di delete atau pun di edit.Yang semestinya judul tidak tertampil sehingga tidak dapat di ubah ataupun dihapus.

Dan saya mengharapkan bisa searching nama berdasarkan nama atau kode yang saya inginkan.

Atas bantuan para master saya ucapkan terima kasih

Thank

Apriyadi

Sun Mar 2, 2014 12:31 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Apriyadi,

1. Pada properti Min milik si scroll (lihat di properties window -> tekan
F4 di VBE) diisi 1
2. pada event change milik tombol searching berdasar nama, diisi dengan :
dim rng as range 'asumsi nama di tabel data ada di kolom A
set rng=sheets("nama sheet datanya").range("a:a").find(
nama_textbox_control_nama.text )
if not rng is nothing then
nama_control_scroll.value=rng.row-1 'jika header tabel di baris 1
nama_control_scroll_Change 'panggil prosedur sub event milik si
control scroll
endif

*** terapkan nomor 2 pada event change milik si tombol searching berdasar
kolom lainnya dengan menyesuaikan baris berbunyi :
set rng=sheets("nama sheet datanya").range("a:a").find(
nama_textbox_control_nama.text )
agar merujuk ke nama sheet data, alamat kolom ("b:b" atau "c:c" dan
sebagainya), beserta nama control textbox sumber text yang dicari

Wassalam,
Kid.

2014-03-02 14:59 GMT+07:00 Apriyadi <apriyadi_apry@yahoo.com>:

>
>
>
> Salam Sejahtera,
>
>
> Mohon bantuan para Master Excel untuk menyelesaikan permasalahan saya.
> Gambaran singkat permasalahan seperti ini.
>
> Ketika tombol Scroll awal saya klik maka data Judul di data masuk ke
> Record sehingga Judul bisa di delete atau pun di edit.Yang semestinya judul
> tidak tertampil sehingga tidak dapat di ubah ataupun dihapus.
>
> Dan saya mengharapkan bisa searching nama berdasarkan nama atau kode yang
> saya inginkan.
>
> Atas bantuan para master saya ucapkan terima kasih
>
> Thank
>
>
>
>
> Apriyadi
>
>
>

Sun Mar 2, 2014 3:17 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Ratri,

1. bagaimana membuat textbox no (textbox1) bisa memunculkan nomor urut
otomatis saat penginputan
>> pindahkan baris pengesetan textbox1 yang melalui event activate milik
userform ke event initialize milik userform
>> tambahkan pada event click tombol penyimpan ke listview dengan :
textbox1.text=nama_listviewnya.listitems.count+1

2. bagaimana caranya data di listview tersimpan di range ini, dengan
menggunakan tombol "simpan ke excel"?
>> pada event click si tombol penyimpan beri baris kode :
dim rng as range, lIdx as long, lCol as long
set rng = sheets("nama sheetnya").range("alamat cell pertama penulisan")
for lidx=1 to nama_listviewnya.listitems.count
rng.cells(lidx,1).value=nama_listviewnya.listitems(lidx).text
for lcol=1 to nama_listviewnya.listitems(lidx).listsubitems.count

rng.cells(lidx,lcol+1).value=nama_listviewnya.listitems(lidx).listsubitems(lcol)
next lcol
next lidx

3. bagaimana bisa menghapus data (clear contents) di range biru otomatis
tanpa menghapus range ungu
>> letakkan baris kode berikut dalam prosedur yang membutuhkan
dim lRec as long, rng as range, lCol as long

set rng=sheets("nama sheetnya").range("alamat cell penulisan nomor pertama")
lcol= 27 'ganti 27 dengan jumlah kolom dari area range yang akan dibersihkan
lrec=application.worksheetfunction.count( rng.entirecolumn )
if lrec>0 then
rng.resize( lrec , lcol ).clearcontents
endif

Wassalam,
Kid.

On Sat, Mar 1, 2014 at 1:29 AM, Ratri Risyanto <risyanto12@yahoo.com> wrote:

>
>
>
>
> *From:* Ratri Risyanto <risyanto12@yahoo.com>
> *Sent:* Friday, February 28, 2014 1:31 PM
> *To:* EXCEL GROUP <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Subject:* SIMPAN DATA LISTVIEW KE EXCEL?
>
> Yth: All Masters Excel
>
> Bagaimana caranya menyimpan data listview ke excel? file terlampir...
> Mohon bantuannya...
> Terima kasih.
>
> Hk,
>
> Ratri Risyanto
>
>
>
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar