15 Messages
Digest #2824
6a
Bls: [belajar-excel] data dalam 1 kolom ada komanya? [1 Attachment] by "Thomas Budiarto" themassto
Messages
Tue Mar 11, 2014 8:35 am (PDT) . Posted by:
"Ratri Risyanto" risyanto12
Hallo All Master Excel,
Bagaimana cara edit listview / edit subitem listview / editlabel subitem listview? (pada subitem tertentu, atau beberapa, atau semuanya)
Tolong beri contoh code-nya, dan berikan penjelasannya.
Atas perhatiannya, Terima kasih.
Hs,
Ratri Risyanto
Bagaimana cara edit listview / edit subitem listview / editlabel subitem listview? (pada subitem tertentu, atau beberapa, atau semuanya)
Tolong beri contoh code-nya, dan berikan penjelasannya.
Atas perhatiannya, Terima kasih.
Hs,
Ratri Risyanto
Tue Mar 11, 2014 3:04 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Ratri,
*** imho, subject email pada posting berikutnya tidak perlu semuanya huruf
kapital, karena huruf kapital pada sebuah kalimat dalam dunia maya sering
diartikan sedang membentak...
Misal :
a. dimiliki sebuah listvew dengan nama lvw,
b. memiliki headers,
c. jumlah kolom dalam lvw ada 3 kolom,
d. jumlah list item dalam lvw ada 7 baris.
1. Mari kenali control object listview
*lvw.columnheaders(1)
lvw.columnheaders(2)
lvw.columnheaders(3) *
lvw.listitems(1)
lvw.listitems(1).listsubitems(1)
lvw.listitems(1).listsubitems(2)
lvw.listitems(2)
lvw.listitems(2).listsubitems(1)
lvw.listitems(2).listsubitems(2)
lvw.listitems(3)
lvw.listitems(3).listsubitems(1)
lvw.listitems(3).listsubitems(2)
lvw.listitems(4)
lvw.listitems(4).listsubitems(1)
lvw.listitems(4).listsubitems(2)
lvw.listitems(5)
lvw.listitems(5).listsubitems(1)
lvw.listitems(5).listsubitems(2)
lvw.listitems(6)
lvw.listitems(6).listsubitems(1)
lvw.listitems(6).listsubitems(2)
lvw.listitems(7)
lvw.listitems(7).listsubitems(1)
lvw.listitems(7).listsubitems(2)
>> jadi,
a. columnheaders adalah base 1 (kolom ke-1 diberi nilai indeks bernilai 1)
b. baris data pada kolom ke-1 diakses dengan properti listitems yang
diikuti dengan indeks baris
c. baris pada listview adalah base 1 (baris ke-1 diberi nilai indeks
bernilai 1)
d. subitems dalam listview dimulai dari kolom ke-2 dan menggunakan base 1
(subitem ke-1 yang ada di kolom ke-2 diberi nilai indeks 1)
e. seluruh nilai indeks yang relatif terhadap setiap properti
(columnheaders, listitems, listsubitems) dimulai dari 1 dan seterusnya
2. edit header listview lvw
>> ganti text header kolom ke-2 menjadi 'Kid'
*lvw.columnheaders(2).text="Kid"*
3. edit baris ke-3 pada kolom ke 1 menjadi 'Kid baris ke-3'
>> berarti pada lvw.listitems(3)
lvw.listitems(3).text ="Kid baris ke-3"
4. edit baris ke-7 pada kolom ke 3 menjadi 'Kid baris ke-6 kolom 3'
>> berarti pada subitems ke-2 karena pada kolom ke-3
>> berarti pada baris ke-7 menggunakan lvw.listitems(7).listsubitems(2)
lvw.listitems(7).listsubitems(2).text="Kid baris ke-6 kolom 3"
5. edit baris ke-3 pada kolom ke 1 menjadi 'Kid baris ke-3' dan edit baris
ke-7 pada kolom ke 3 menjadi 'Kid baris ke-6 kolom 3'
>> seperti nomor 3 dan 4 tapi dilakukan pada sebuah event
lvw.listitems(3).text ="Kid baris ke-3"
lvw.listitems(7).listsubitems(2).text="Kid baris ke-6 kolom 3"
6. edit baris 3 sampai 5 pada kolom ke-1 agar berisi nomor id dari 13
sampai 15
>> berarti pakai lvw.listitems(3) sampai lvw.listitems(5) dan yang berubah
adalah nomor indeks nya, yaitu dari 3 sampai 5
>> teks isian adalah 13 sampai 15, berarti setara dengan komputasi
matematis 10 ditambah dengan nomor indeks nya
dim *lidx *as long
for *lidx *=3 to 5
lvw.listitems( *lidx *).text = 10 + *lidx *
next *lidx *
7. edit baris ke 1 sampai ke 7 pada kolom ke-3 dengan suatu nilai numerik
dari 1000 sampai 7000
>> kolom ke-3 berarti listsubitems ke-2 pada indeks mulai dari 1 sampai 7
>> berarti, menggunakan lvw.listitems(*1*).listsubitems(2) sampai
lvw.listitems(*7*).listsubitems(2)
>> teks pengisinya adalah 1000 sampai 7000 (komputasi matematis nomor
indeks dikali 1000)
dim *lidx *as long
for *lidx *=1 to 7
lvw.listitems( *lidx *).listsubitems(2) .text =
*lidx * 1000 *
next *lidx *
8. ternyata, nomor 7 di atas pengen diganti menjadi seluruh baris yang ada
dalam listview
>> jumlah seluruh baris yang ada dalam listview adalah* lvw.listitems.count*
>> kolom ke-3 berarti listsubitems ke-2 pada indeks mulai dari 1 sampai *
lvw.listitems.count*
>> berarti, menggunakan lvw.listitems(*1*).listsubitems(2) sampai
lvw.listitems( * lvw.listitems.count *).listsubitems(2)
>> teks pengisinya adalah 1000, 2000, dan seterusnya mengikuti nomor indeks
(komputasi matematis nomor indeks dikali 1000)
dim *lidx *as long
for *lidx *=1 to *lvw.listitems.count*
lvw.listitems( *lidx *).listsubitems(2) .text =
*lidx * 1000 *
next *lidx *
9. eh nomor 9 itu bisa muncul error kalo gak ada baris apapun dalam
listview, gimana dong ??? bingung nih... sampai hampir putus asa error
mulu...
>> sebelum blok perulangan (loop) dengan statement for next, dilakukan
pemeriksaan terhadap jumlah baris yang ada dalam listview
>> jumlah baris dalam listview adalah ..... (apa hayo... masih perlu
ditulis disini ? jiaaahhh)
>> blok loop boleh dikerjakan kalau jumlah baris dalam listview harus lebih
dari 0
dim *lidx *as long
if *lvw.listitems.count *> 0 then
for *lidx *=1 to *lvw.listitems.count*
lvw.listitems( *lidx *).listsubitems(2) .text =
*lidx * 1000 *
next *lidx *
endif
10. le.... yang simbah pengen ganti itu cuman baris 1,2,5 sama 7 tok til...
kolomnya yang kolom ke-2, diisi dengan teks status berbunyi 'OK'. Piye le...
>> nyuwun pangapunten mbah....
>> simbah kedah maos bab for each next rumiyen mbah...
>> mangkeh, cekrip ipun kados mekaten :
dim *vidx *as *variant*
for each *vidx *in array( 1, 2, 5, 7 )
lvw.listitems( *vidx *).listsubitems(1).text = "OK"
next vidx
simbah : "kok error terus le..."
tole : "lha simbah sampun maos bab for each next dereng mbah ?"
simbah : "uwis, ning tulisane bab kuwi kok blawur ya... huruf e dadi gedrik
kabeh tur dadi loro-loro kabeh..."
tole : (membatin) "ya iyalah... lah bacanya gak pake kacamata... wis jan...
sing waras ngalah wae lah"
;)
sepertinya 10 item cukup buat acara edit-editan kan ya...
moga-moga ada yang berbaik hati memasang 10 item diatas menjadi sebuah file
ya... (maaf, gak sempet... harus siap-siap berangkat)
Wassalam,
Kid.
2014-03-11 20:14 GMT+07:00 Ratri Risyanto <risyanto12@yahoo.com>:
>
>
> Hallo All Master Excel,
>
>
> Bagaimana cara edit listview / edit subitem listview / editlabel subitem
> listview? (pada subitem tertentu, atau beberapa, atau semuanya)
> Tolong beri contoh code-nya, dan berikan penjelasannya.
> Atas perhatiannya, Terima kasih.
>
> Hs,
>
> Ratri Risyanto
>
>
>
*** imho, subject email pada posting berikutnya tidak perlu semuanya huruf
kapital, karena huruf kapital pada sebuah kalimat dalam dunia maya sering
diartikan sedang membentak...
Misal :
a. dimiliki sebuah listvew dengan nama lvw,
b. memiliki headers,
c. jumlah kolom dalam lvw ada 3 kolom,
d. jumlah list item dalam lvw ada 7 baris.
1. Mari kenali control object listview
*lvw.columnheaders(1)
lvw.columnheaders(2)
lvw.columnheaders(3) *
lvw.listitems(1)
lvw.listitems(1).listsubitems(1)
lvw.listitems(1).listsubitems(2)
lvw.listitems(2)
lvw.listitems(2).listsubitems(1)
lvw.listitems(2).listsubitems(2)
lvw.listitems(3)
lvw.listitems(3).listsubitems(1)
lvw.listitems(3).listsubitems(2)
lvw.listitems(4)
lvw.listitems(4).listsubitems(1)
lvw.listitems(4).listsubitems(2)
lvw.listitems(5)
lvw.listitems(5).listsubitems(1)
lvw.listitems(5).listsubitems(2)
lvw.listitems(6)
lvw.listitems(6).listsubitems(1)
lvw.listitems(6).listsubitems(2)
lvw.listitems(7)
lvw.listitems(7).listsubitems(1)
lvw.listitems(7).listsubitems(2)
>> jadi,
a. columnheaders adalah base 1 (kolom ke-1 diberi nilai indeks bernilai 1)
b. baris data pada kolom ke-1 diakses dengan properti listitems yang
diikuti dengan indeks baris
c. baris pada listview adalah base 1 (baris ke-1 diberi nilai indeks
bernilai 1)
d. subitems dalam listview dimulai dari kolom ke-2 dan menggunakan base 1
(subitem ke-1 yang ada di kolom ke-2 diberi nilai indeks 1)
e. seluruh nilai indeks yang relatif terhadap setiap properti
(columnheaders, listitems, listsubitems) dimulai dari 1 dan seterusnya
2. edit header listview lvw
>> ganti text header kolom ke-2 menjadi 'Kid'
*lvw.columnheaders(2).text="Kid"*
3. edit baris ke-3 pada kolom ke 1 menjadi 'Kid baris ke-3'
>> berarti pada lvw.listitems(3)
lvw.listitems(3).text ="Kid baris ke-3"
4. edit baris ke-7 pada kolom ke 3 menjadi 'Kid baris ke-6 kolom 3'
>> berarti pada subitems ke-2 karena pada kolom ke-3
>> berarti pada baris ke-7 menggunakan lvw.listitems(7).listsubitems(2)
lvw.listitems(7).listsubitems(2).text="Kid baris ke-6 kolom 3"
5. edit baris ke-3 pada kolom ke 1 menjadi 'Kid baris ke-3' dan edit baris
ke-7 pada kolom ke 3 menjadi 'Kid baris ke-6 kolom 3'
>> seperti nomor 3 dan 4 tapi dilakukan pada sebuah event
lvw.listitems(3).text ="Kid baris ke-3"
lvw.listitems(7).listsubitems(2).text="Kid baris ke-6 kolom 3"
6. edit baris 3 sampai 5 pada kolom ke-1 agar berisi nomor id dari 13
sampai 15
>> berarti pakai lvw.listitems(3) sampai lvw.listitems(5) dan yang berubah
adalah nomor indeks nya, yaitu dari 3 sampai 5
>> teks isian adalah 13 sampai 15, berarti setara dengan komputasi
matematis 10 ditambah dengan nomor indeks nya
dim *lidx *as long
for *lidx *=3 to 5
lvw.listitems( *lidx *).text = 10 + *lidx *
next *lidx *
7. edit baris ke 1 sampai ke 7 pada kolom ke-3 dengan suatu nilai numerik
dari 1000 sampai 7000
>> kolom ke-3 berarti listsubitems ke-2 pada indeks mulai dari 1 sampai 7
>> berarti, menggunakan lvw.listitems(*1*).listsubitems(2) sampai
lvw.listitems(*7*).listsubitems(2)
>> teks pengisinya adalah 1000 sampai 7000 (komputasi matematis nomor
indeks dikali 1000)
dim *lidx *as long
for *lidx *=1 to 7
lvw.listitems( *lidx *).listsubitems(2) .text =
*lidx * 1000 *
next *lidx *
8. ternyata, nomor 7 di atas pengen diganti menjadi seluruh baris yang ada
dalam listview
>> jumlah seluruh baris yang ada dalam listview adalah* lvw.listitems.count*
>> kolom ke-3 berarti listsubitems ke-2 pada indeks mulai dari 1 sampai *
lvw.listitems.count*
>> berarti, menggunakan lvw.listitems(*1*).listsubitems(2) sampai
lvw.listitems( * lvw.listitems.count *).listsubitems(2)
>> teks pengisinya adalah 1000, 2000, dan seterusnya mengikuti nomor indeks
(komputasi matematis nomor indeks dikali 1000)
dim *lidx *as long
for *lidx *=1 to *lvw.listitems.count*
lvw.listitems( *lidx *).listsubitems(2) .text =
*lidx * 1000 *
next *lidx *
9. eh nomor 9 itu bisa muncul error kalo gak ada baris apapun dalam
listview, gimana dong ??? bingung nih... sampai hampir putus asa error
mulu...
>> sebelum blok perulangan (loop) dengan statement for next, dilakukan
pemeriksaan terhadap jumlah baris yang ada dalam listview
>> jumlah baris dalam listview adalah ..... (apa hayo... masih perlu
ditulis disini ? jiaaahhh)
>> blok loop boleh dikerjakan kalau jumlah baris dalam listview harus lebih
dari 0
dim *lidx *as long
if *lvw.listitems.count *> 0 then
for *lidx *=1 to *lvw.listitems.count*
lvw.listitems( *lidx *).listsubitems(2) .text =
*lidx * 1000 *
next *lidx *
endif
10. le.... yang simbah pengen ganti itu cuman baris 1,2,5 sama 7 tok til...
kolomnya yang kolom ke-2, diisi dengan teks status berbunyi 'OK'. Piye le...
>> nyuwun pangapunten mbah....
>> simbah kedah maos bab for each next rumiyen mbah...
>> mangkeh, cekrip ipun kados mekaten :
dim *vidx *as *variant*
for each *vidx *in array( 1, 2, 5, 7 )
lvw.listitems( *vidx *).listsubitems(1).text = "OK"
next vidx
simbah : "kok error terus le..."
tole : "lha simbah sampun maos bab for each next dereng mbah ?"
simbah : "uwis, ning tulisane bab kuwi kok blawur ya... huruf e dadi gedrik
kabeh tur dadi loro-loro kabeh..."
tole : (membatin) "ya iyalah... lah bacanya gak pake kacamata... wis jan...
sing waras ngalah wae lah"
;)
sepertinya 10 item cukup buat acara edit-editan kan ya...
moga-moga ada yang berbaik hati memasang 10 item diatas menjadi sebuah file
ya... (maaf, gak sempet... harus siap-siap berangkat)
Wassalam,
Kid.
2014-03-11 20:14 GMT+07:00 Ratri Risyanto <risyanto12@yahoo.com>:
>
>
> Hallo All Master Excel,
>
>
> Bagaimana cara edit listview / edit subitem listview / editlabel subitem
> listview? (pada subitem tertentu, atau beberapa, atau semuanya)
> Tolong beri contoh code-nya, dan berikan penjelasannya.
> Atas perhatiannya, Terima kasih.
>
> Hs,
>
> Ratri Risyanto
>
>
>
Tue Mar 11, 2014 6:24 pm (PDT) . Posted by:
"iman excel" iman_excel
miss Jan,,
Terima kasih atas infonyaa,
Amin Yra.
Wassalam,
Iman Dz
Pada Senin, 10 Maret 2014 10:01, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
coba intip folder di sini
ada 14 file mengenai terbilang warisan dari Alm. pak Masyhud (aka Siti Vi)
semoga ilmu warisan beliau yang bermanfaat akan selalu menjadi Amal Ibadah yang akan terus mengalir pahalanya. Aamiin.
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 10 Maret 2014 08.17, <iman_excel@yahoo.com> menulis:
>
>Mas Daffa,
>
>Terima kasih atas infonya,
>tapi file nya sepertinya sudah ga ada
>:(
Terima kasih atas infonyaa,
Amin Yra.
Wassalam,
Iman Dz
Pada Senin, 10 Maret 2014 10:01, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
coba intip folder di sini
ada 14 file mengenai terbilang warisan dari Alm. pak Masyhud (aka Siti Vi)
semoga ilmu warisan beliau yang bermanfaat akan selalu menjadi Amal Ibadah yang akan terus mengalir pahalanya. Aamiin.
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 10 Maret 2014 08.17, <iman_excel@yahoo.com> menulis:
>
>Mas Daffa,
>
>Terima kasih atas infonya,
>tapi file nya sepertinya sudah ga ada
>:(
Tue Mar 11, 2014 7:43 pm (PDT) . Posted by:
"hera wati" hera_skeptis
Selamat siang Master ^_^ …..
Alhamdulillah ketemu ama ini forum.
Yang mau saya tanyakan, data terlampir ada 3 sheet Master… di kolom 'Hasil' ada dimasing2 sheet, ingin saya gabungkan. Ada kategori; kontrak, gagal, tidak hadir. Saya ingin ketiga kategori itu digabungkan *duuuh pasti bingung ama pertanyaan saya L . Terimakasih yaaaa
----- Mods -----
Lampiran dilepas dari email karena melebihi batas yang diperbolehkan milis
silakan mengirimkan kembali sample workbok <= 250 KB dengan cara me-reply email ini
___________
Tue Mar 11, 2014 7:55 pm (PDT) . Posted by:
"dwint ruswanto"
Selamat pagi menjelang siang,
sambil menunggu file dari sdri Hera, sedikit saran dari saya:
1. data yang terletak di 3 sheet yang berbeda digabung ke dalam 1 sheet
2. untuk mengelompokan data berdasarkan hasil tes, bisa menggunakan
fitur Pivot Table, sebagai bahan bacaan silakan dibaca materi yang sudah
disusun oleh mr Kid
Bagian 1:
http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html
Bagian 2:
http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html
Bagian 3:
http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html
Wassalam,
-dwint-
Pada 12 Maret 2014 09.38, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
>
>
> Selamat siang Master ^_^ .....
>
> Alhamdulillah ketemu ama ini forum.
>
> Yang mau saya tanyakan, data terlampir ada 3 sheet Master... di kolom
> 'Hasil39; ada dimasing2 sheet, ingin saya gabungkan. Ada kategori; kontrak,
> gagal, tidak hadir. Saya ingin ketiga kategori itu digabungkan *duuuh pasti
> bingung ama pertanyaan saya L . Terimakasih yaaaa
>
> ----- Mods -----
> Lampiran dilepas dari email karena melebihi batas yang diperbolehkan milis
> silakan mengirimkan kembali sample workbok <= 250 KB dengan cara me-reply
> email ini
> ___________
>
>
>
sambil menunggu file dari sdri Hera, sedikit saran dari saya:
1. data yang terletak di 3 sheet yang berbeda digabung ke dalam 1 sheet
2. untuk mengelompokan data berdasarkan hasil tes, bisa menggunakan
fitur Pivot Table, sebagai bahan bacaan silakan dibaca materi yang sudah
disusun oleh mr Kid
Bagian 1:
http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html
Bagian 2:
http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html
Bagian 3:
http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html
Wassalam,
-dwint-
Pada 12 Maret 2014 09.38, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
>
>
> Selamat siang Master ^_^ .....
>
> Alhamdulillah ketemu ama ini forum.
>
> Yang mau saya tanyakan, data terlampir ada 3 sheet Master... di kolom
> 'Hasil
> gagal, tidak hadir. Saya ingin ketiga kategori itu digabungkan *duuuh pasti
> bingung ama pertanyaan saya L . Terimakasih yaaaa
>
> ----- Mods -----
> Lampiran dilepas dari email karena melebihi batas yang diperbolehkan milis
> silakan mengirimkan kembali sample workbok <= 250 KB dengan cara me-reply
> email ini
> ___________
>
>
>
Tue Mar 11, 2014 10:08 pm (PDT) . Posted by:
"dwint ruswanto"
Berhubung sdri Hera sudah 3 kali mengirim file ke milis dengan ukuran
melebihi yang diperbolehkan milis, maka saya bantu untuk merubah ukuran
filenya menjadi lebih kecil
Tipe file awal: xls (Excel 2003 ke bawah)
Tipe file modisikasi: xlsb (2007 ke atas)
Sebelumnya data di workbook sudah dipotong dan disimpan dalam bentuk xlsx
tetapi ukuran file tetap lebih besar dari 250 KB
Silakan Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi.
Wassalam,
-dwint-
Pada 12 Maret 2014 09.54, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com> menulis:
> Selamat pagi menjelang siang,
>
> sambil menunggu file dari sdri Hera, sedikit saran dari saya:
>
> 1. data yang terletak di 3 sheet yang berbeda digabung ke dalam 1 sheet
> 2. untuk mengelompokan data berdasarkan hasil tes, bisa menggunakan
> fitur Pivot Table, sebagai bahan bacaan silakan dibaca materi yang sudah
> disusun oleh mr Kid
>
> Bagian 1:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html
>
> Bagian 2:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html
>
> Bagian 3:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html
>
>
> Wassalam,
>
>
> -dwint-
>
>
> Pada 12 Maret 2014 09.38, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>>
>> Selamat siang Master ^_^ .....
>>
>> Alhamdulillah ketemu ama ini forum.
>>
>> Yang mau saya tanyakan, data terlampir ada 3 sheet Master... di kolom
>> 'Hasil39; ada dimasing2 sheet, ingin saya gabungkan. Ada kategori; kontrak,
>> gagal, tidak hadir. Saya ingin ketiga kategori itu digabungkan *duuuh pasti
>> bingung ama pertanyaan saya L . Terimakasih yaaaa
>>
>> ----- Mods -----
>> Lampiran dilepas dari email karena melebihi batas yang diperbolehkan milis
>> silakan mengirimkan kembali sample workbok <= 250 KB dengan cara me-reply
>> email ini
>> ___________
>>
>>
>>
melebihi yang diperbolehkan milis, maka saya bantu untuk merubah ukuran
filenya menjadi lebih kecil
Tipe file awal: xls (Excel 2003 ke bawah)
Tipe file modisikasi: xlsb (2007 ke atas)
Sebelumnya data di workbook sudah dipotong dan disimpan dalam bentuk xlsx
tetapi ukuran file tetap lebih besar dari 250 KB
Silakan Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi.
Wassalam,
-dwint-
Pada 12 Maret 2014 09.54, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com> menulis:
> Selamat pagi menjelang siang,
>
> sambil menunggu file dari sdri Hera, sedikit saran dari saya:
>
> 1. data yang terletak di 3 sheet yang berbeda digabung ke dalam 1 sheet
> 2. untuk mengelompokan data berdasarkan hasil tes, bisa menggunakan
> fitur Pivot Table, sebagai bahan bacaan silakan dibaca materi yang sudah
> disusun oleh mr Kid
>
> Bagian 1:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html
>
> Bagian 2:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html
>
> Bagian 3:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html
>
>
> Wassalam,
>
>
> -dwint-
>
>
> Pada 12 Maret 2014 09.38, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>>
>> Selamat siang Master ^_^ .....
>>
>> Alhamdulillah ketemu ama ini forum.
>>
>> Yang mau saya tanyakan, data terlampir ada 3 sheet Master... di kolom
>> 'Hasil
>> gagal, tidak hadir. Saya ingin ketiga kategori itu digabungkan *duuuh pasti
>> bingung ama pertanyaan saya L . Terimakasih yaaaa
>>
>> ----- Mods -----
>> Lampiran dilepas dari email karena melebihi batas yang diperbolehkan milis
>> silakan mengirimkan kembali sample workbok <= 250 KB dengan cara me-reply
>> email ini
>> ___________
>>
>>
>>
Tue Mar 11, 2014 9:46 pm (PDT) . Posted by:
"Tony Bexcel"
Dear Den Bagus dan Kanjeng Jan..
Super sekali ternyata mudah ya..gak habis pikir saya dibuat nya,berarti memang tidak perlu menggunakan Conditional segala yah..
Sekali lagi terimakasih kepada temans2 semua atas waktu dan ilmu nya yg berharga..
Sepeninggal seseorang yg paling berharga adalah ilmu yg diturunkan nya..
Salam sukses selalu..
TonyB
________________________________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 11 Maret 2014 15:14
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Diskon sesuai Ketentuan
Betul Miss...
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: Jan Raisin
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Tuesday, March 11, 2014 2:59 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung Diskon sesuai Ketentuan
>
>
>Sedikit melengkapi solusi dari mas Bagus,
>
>
>1. tabel referensi harus disusun secara Ascending
>2. nilai referensi dalam tabel harus selalu dimulai dari angka 0 sebagai nilai minimal terkecil dengan insentif sebesar 0%
>
>
>Q: kenapa harus mulai dari Nol? kan tidak pakai angka Nol pun sudah benar?
>A: hal ini untuk mengantisipasi saat ada penjualan dengan jumlah di bawah minimal yang ditentukan, jika tidak menggunakan angka Nol sebagai nilai awal maka formula harus ditambahkan dengan IfError( formula_sebelumnya , 0)
>
>
>Wassalam,
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>
>Pada 11 Maret 2014 14.52, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:
>
>
>>Hai Tony;
>>
>>Coba file terlampir.
>>
>>
>>Wassalam
>>~ Bagus ~
>>
>>----- Original Message -----
>>>From: Tony Bexcel
>>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Sent: Tuesday, March 11, 2014 2:31 PM
>>>Subject: [belajar-excel] Menghitung Diskon sesuai Ketentuan [1 Attachment]
>>>
>>>
>>>Dear Pakar Exceler yang budiman,
>>>
>>>Kali ini mohon bantuan nya mengenai bagaimana cara menghitung Diskon sesuai range yang ditentukan seperti pada contoh file yang saya lampirkan.
>>>Mohon maaf apabila saya kurang jelas dalam penyampaian nya ya temans..
>>>Terimakasih atas segala waktu dan ilmu nya..
>>>
>>>Salam,
>>>TonyB
>>
>>
Super sekali ternyata mudah ya..gak habis pikir saya dibuat nya,berarti memang tidak perlu menggunakan Conditional segala yah..
Sekali lagi terimakasih kepada temans2 semua atas waktu dan ilmu nya yg berharga..
Sepeninggal seseorang yg paling berharga adalah ilmu yg diturunkan nya..
Salam sukses selalu..
TonyB
________________________________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 11 Maret 2014 15:14
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Diskon sesuai Ketentuan
Betul Miss...
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
>From: Jan Raisin
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Tuesday, March 11, 2014 2:59 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung Diskon sesuai Ketentuan
>
>
>Sedikit melengkapi solusi dari mas Bagus,
>
>
>1. tabel referensi harus disusun secara Ascending
>2. nilai referensi dalam tabel harus selalu dimulai dari angka 0 sebagai nilai minimal terkecil dengan insentif sebesar 0%
>
>
>Q: kenapa harus mulai dari Nol? kan tidak pakai angka Nol pun sudah benar?
>A: hal ini untuk mengantisipasi saat ada penjualan dengan jumlah di bawah minimal yang ditentukan, jika tidak menggunakan angka Nol sebagai nilai awal maka formula harus ditambahkan dengan IfError( formula_sebelumnya , 0)
>
>
>Wassalam,
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>
>Pada 11 Maret 2014 14.52, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:
>
>
>>Hai Tony;
>>
>>Coba file terlampir.
>>
>>
>>Wassalam
>>~ Bagus ~
>>
>>----- Original Message -----
>>>From: Tony Bexcel
>>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
Tue Mar 11, 2014 11:09 pm (PDT) . Posted by:
"hera wati" hera_skeptis
Pada , hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
Pada Rabu, 12 Maret 2014 12:15, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
Maaf mba...saya coba lagi masih boleh?
Pada Rabu, 12 Maret 2014 12:09, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com> menulis:
Berhubung sdri Hera sudah 3 kali mengirim file ke milis dengan ukuran melebihi yang diperbolehkan milis, maka saya bantu untuk merubah ukuran filenya menjadi lebih kecil
Tipe file awal: xls (Excel 2003 ke bawah)
Tipe file modisikasi: xlsb (2007 ke atas)
Sebelumnya data di workbook sudah dipotong dan disimpan dalam bentuk xlsx tetapi ukuran file tetap lebih besar dari 250 KB
Silakan Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi.
Wassalam,
-dwint-
Pada 12 Maret 2014 09.54, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com> menulis:
Selamat pagi menjelang siang,
>
>sambil menunggu file dari sdri Hera, sedikit saran dari saya:
>
> 1. data yang terletak di 3 sheet yang berbeda digabung ke dalam 1 sheet
> 2. untuk mengelompokan data berdasarkan hasil tes, bisa menggunakan fitur Pivot Table, sebagai bahan bacaan silakan dibaca materi yang sudah disusun oleh mr Kid
>Bagian 1: http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html
>Bagian 2: http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html
>Bagian 3: http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html
>
>
>Wassalam,
>
>
>-dwint-
>
>
>
>Pada 12 Maret 2014 09.38, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>
>>
>>Selamat
siang Master ^_^ …..
>>
>>Alhamdulill
ketemu ama ini forum.
>>
>>Yang mau
saya tanyakan, data terlampir ada 3 sheet Master… di kolom 'Hasil' ada
dimasing2 sheet, ingin saya gabungkan. Ada
kategori; kontrak, gagal, tidak hadir. Saya ingin ketiga kategori itu
digabungkan *duuuh pasti bingung ama pertanyaan saya L. Terimakasih yaaaa
>>
>>----
>>Lampiran dilepas dari email karena melebihi batas yang diperbolehkan milis
>>silakan mengirimkan kembali sample workbok <= 250 KB dengan cara me-reply email ini
>>____
>>
>>
>>
Wed Mar 12, 2014 12:23 am (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
Hai Hera,
coba solusi menggunakan pivot table,
tetapi sebelumnya semua file harus disatukan terlebih dahulu seperti saran
pak Dwint
berhubung ukuran file > 250 KB maka Jan berikan link downloadnya saja ya.
https://app.box.com/s/cbuch2ehn0osc16ie1q0
cara membuatnya bisa dibaca melalui link yang sudah disebutkan oleh pak
Dwint
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 12 Maret 2014 12.28, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>
>
> Pada , hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
>
>
> Pada Rabu, 12 Maret 2014 12:15, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id>
> menulis:
> Maaf mba...saya coba lagi masih boleh?
>
>
> Pada Rabu, 12 Maret 2014 12:09, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
> menulis:
>
> Berhubung sdri Hera sudah 3 kali mengirim file ke milis dengan ukuran
> melebihi yang diperbolehkan milis, maka saya bantu untuk merubah ukuran
> filenya menjadi lebih kecil
>
> Tipe file awal: xls (Excel 2003 ke bawah)
> Tipe file modisikasi: xlsb (2007 ke atas)
>
> Sebelumnya data di workbook sudah dipotong dan disimpan dalam bentuk xlsx
> tetapi ukuran file tetap lebih besar dari 250 KB
>
> Silakan Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi.
>
> Wassalam,
>
> -dwint-
>
>
> Pada 12 Maret 2014 09.54, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>menulis:
>
> Selamat pagi menjelang siang,
>
> sambil menunggu file dari sdri Hera, sedikit saran dari saya:
>
> 1. data yang terletak di 3 sheet yang berbeda digabung ke dalam 1 sheet
> 2. untuk mengelompokan data berdasarkan hasil tes, bisa menggunakan
> fitur Pivot Table, sebagai bahan bacaan silakan dibaca materi yang sudah
> disusun oleh mr Kid
>
> Bagian 1:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html
> Bagian 2:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html
> Bagian 3:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html
>
> Wassalam,
>
> -dwint-
>
> Pada 12 Maret 2014 09.38, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
>
>
> Selamat siang Master ^_^ .....
>
> Alhamdulillah ketemu ama ini forum.
>
> Yang mau saya tanyakan, data terlampir ada 3 sheet Master... di kolom
> 'Hasil39; ada dimasing2 sheet, ingin saya gabungkan. Ada kategori; kontrak,
> gagal, tidak hadir. Saya ingin ketiga kategori itu digabungkan *duuuh pasti
> bingung ama pertanyaan saya L . Terimakasih yaaaa
>
> ----- Mods -----
> Lampiran dilepas dari email karena melebihi batas yang diperbolehkan milis
> silakan mengirimkan kembali sample workbok <= 250 KB dengan cara me-reply
> email ini
> ___________
>
>
coba solusi menggunakan pivot table,
tetapi sebelumnya semua file harus disatukan terlebih dahulu seperti saran
pak Dwint
berhubung ukuran file > 250 KB maka Jan berikan link downloadnya saja ya.
https://app.box.com/s/cbuch2ehn0osc16ie1q0
cara membuatnya bisa dibaca melalui link yang sudah disebutkan oleh pak
Dwint
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 12 Maret 2014 12.28, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
>
>
>
>
> Pada , hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
>
>
> Pada Rabu, 12 Maret 2014 12:15, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id>
> menulis:
> Maaf mba...saya coba lagi masih boleh?
>
>
> Pada Rabu, 12 Maret 2014 12:09, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
> menulis:
>
> Berhubung sdri Hera sudah 3 kali mengirim file ke milis dengan ukuran
> melebihi yang diperbolehkan milis, maka saya bantu untuk merubah ukuran
> filenya menjadi lebih kecil
>
> Tipe file awal: xls (Excel 2003 ke bawah)
> Tipe file modisikasi: xlsb (2007 ke atas)
>
> Sebelumnya data di workbook sudah dipotong dan disimpan dalam bentuk xlsx
> tetapi ukuran file tetap lebih besar dari 250 KB
>
> Silakan Be-Exceller yang ingin membantu memberikan solusi.
>
> Wassalam,
>
> -dwint-
>
>
> Pada 12 Maret 2014 09.54, dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>menulis:
>
> Selamat pagi menjelang siang,
>
> sambil menunggu file dari sdri Hera, sedikit saran dari saya:
>
> 1. data yang terletak di 3 sheet yang berbeda digabung ke dalam 1 sheet
> 2. untuk mengelompokan data berdasarkan hasil tes, bisa menggunakan
> fitur Pivot Table, sebagai bahan bacaan silakan dibaca materi yang sudah
> disusun oleh mr Kid
>
> Bagian 1:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html
> Bagian 2:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html
> Bagian 3:
> http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/09/pivot-table-3-pivot-field.html
>
> Wassalam,
>
> -dwint-
>
> Pada 12 Maret 2014 09.38, hera wati <hera_skeptis@yahoo.co.id> menulis:
>
>
> Selamat siang Master ^_^ .....
>
> Alhamdulillah ketemu ama ini forum.
>
> Yang mau saya tanyakan, data terlampir ada 3 sheet Master... di kolom
> 'Hasil
> gagal, tidak hadir. Saya ingin ketiga kategori itu digabungkan *duuuh pasti
> bingung ama pertanyaan saya L . Terimakasih yaaaa
>
> ----- Mods -----
> Lampiran dilepas dari email karena melebihi batas yang diperbolehkan milis
> silakan mengirimkan kembali sample workbok <= 250 KB dengan cara me-reply
> email ini
> ___________
>
>
Tue Mar 11, 2014 11:18 pm (PDT) . Posted by:
"Thomas Budiarto" themassto
terima kasih pak...
Pada Minggu, 23 Februari 2014 23:13, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Hai Thomas,
Kasus seperti ini sering muncul di milis. Jika ingin mengetahui varian lainnya, coba search di arsip milis.
File terlampir.
Wassalam,
Kid.
2014-02-23 21:10 GMT+07:00 Thomas Budiarto <themassto@yahoo.com>:
>
>dear master excel...
>saya mau minta tolong bagaimana cara menampilkan data dalam 1 kolom excel dapat menampilkan beberapa data, misalnya jakarta, semarang, surabaya, sesuai dengan data yang ada tabel sumber. file kasus saya lampirkan. terima kasih
>
>
>
>
>regard,
>Thomas
Pada Minggu, 23 Februari 2014 23:13, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
Hai Thomas,
Kasus seperti ini sering muncul di milis. Jika ingin mengetahui varian lainnya, coba search di arsip milis.
File terlampir.
Wassalam,
Kid.
2014-02-23 21:10 GMT+07:00 Thomas Budiarto <themassto@yahoo.com>:
>
>dear master excel...
>saya mau minta tolong bagaimana cara menampilkan data dalam 1 kolom excel dapat menampilkan beberapa data, misalnya jakarta, semarang, surabaya, sesuai dengan data yang ada tabel sumber. file kasus saya lampirkan. terima kasih
>
>
>
>
>regard,
>Thomas
Tue Mar 11, 2014 11:26 pm (PDT) . Posted by:
"KESI VIZZIANTI"
Selamat siang Semua
Saya mempunyai data seperti di sheet 1,Dimana terdapat Model dan part yang
ada di dalam model yang di tandai angka 1.Berarti bahwa part tersebut ada
di dalam model di atasnya, jika Blank berarti tidak terdapat di dalamnya.
Pertanyaan
Saya ingin membuat sebuah data seperti di sheet 2 dengan memperhatikan
kriteria tersebut
Adakah yang bisa membantu?
Terima Kasih
--
*Kesi Vizzianti*
Saya mempunyai data seperti di sheet 1,Dimana terdapat Model dan part yang
ada di dalam model yang di tandai angka 1.Berarti bahwa part tersebut ada
di dalam model di atasnya, jika Blank berarti tidak terdapat di dalamnya.
Pertanyaan
Saya ingin membuat sebuah data seperti di sheet 2 dengan memperhatikan
kriteria tersebut
Adakah yang bisa membantu?
Terima Kasih
--
*Kesi Vizzianti*
Tue Mar 11, 2014 11:40 pm (PDT) . Posted by:
"Hein Lantang"
Dear Master/Suhu Excel,
Mohon bantuannya untuk rumus hasil score yang sudah diberi batasan bobot maksimal,
Apabila hasilnya lebih kecil dari target maka scorenya maksimal 35%
dan bila hasilnya lebih besar dari target maka scorenya harus lebih kecil dari 35%
File terlampir.
Atas bantuan para master dan suhu saya ucapkan banyak terima kasih,
forum ini sangat bagus dan berguna buat saya yg sedang belajar excel.
Best Regards,
Hein Lantang
Mohon bantuannya untuk rumus hasil score yang sudah diberi batasan bobot maksimal,
Apabila hasilnya lebih kecil dari target maka scorenya maksimal 35%
dan bila hasilnya lebih besar dari target maka scorenya harus lebih kecil dari 35%
File terlampir.
Atas bantuan para master dan suhu saya ucapkan banyak terima kasih,
forum ini sangat bagus dan berguna buat saya yg sedang belajar excel.
Best Regards,
Hein Lantang
Wed Mar 12, 2014 12:35 am (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
Hai Hein Lantang,
bisakah dibantu dengan hasil manualnya dulu?
jika hasil lebih kecil dari target, maka score maksimal = 35%
berapa % nilainya? kalo maksimal 35% berarti Jan masukkan 0% boleh gak?
jika hasil lebih besar dari target, maka score harus lebih kecil dari 35%
berapa % nilainya?, kalo Jan masukkan 0% boleh tidak? 5% boleh tidak?
kenapa harus seperti itu?
tolong dibantu dengan perhitungan manualnya dan berikan sedikit keterangan
yang bisa lebih memperjelas thread ini.
Wassalam
Pada 12 Maret 2014 13.39, Hein Lantang <Hein.Lantang@astragraphia.co.id>menulis:
>
>
> Dear Master/Suhu Excel,
>
> Mohon bantuannya untuk rumus hasil score yang sudah diberi batasan bobot
> maksimal,
>
> Apabila hasilnya lebih kecil dari target maka scorenya maksimal 35%
>
> dan bila hasilnya lebih besar dari target maka scorenya harus lebih kecil
> dari 35%
>
>
>
> File terlampir.
>
> Atas bantuan para master dan suhu saya ucapkan banyak terima kasih,
>
> forum ini sangat bagus dan berguna buat saya yg sedang belajar excel.
>
>
>
> Best Regards,
>
> *Hein Lantang*
>
>
>
bisakah dibantu dengan hasil manualnya dulu?
jika hasil lebih kecil dari target, maka score maksimal = 35%
berapa % nilainya? kalo maksimal 35% berarti Jan masukkan 0% boleh gak?
jika hasil lebih besar dari target, maka score harus lebih kecil dari 35%
berapa % nilainya?, kalo Jan masukkan 0% boleh tidak? 5% boleh tidak?
kenapa harus seperti itu?
tolong dibantu dengan perhitungan manualnya dan berikan sedikit keterangan
yang bisa lebih memperjelas thread ini.
Wassalam
Pada 12 Maret 2014 13.39, Hein Lantang <Hein.Lantang@astragraphia.co.id>menulis:
>
>
> Dear Master/Suhu Excel,
>
> Mohon bantuannya untuk rumus hasil score yang sudah diberi batasan bobot
> maksimal,
>
> Apabila hasilnya lebih kecil dari target maka scorenya maksimal 35%
>
> dan bila hasilnya lebih besar dari target maka scorenya harus lebih kecil
> dari 35%
>
>
>
> File terlampir.
>
> Atas bantuan para master dan suhu saya ucapkan banyak terima kasih,
>
> forum ini sangat bagus dan berguna buat saya yg sedang belajar excel.
>
>
>
> Best Regards,
>
> *Hein Lantang*
>
>
>
Wed Mar 12, 2014 12:22 am (PDT) . Posted by:
"fachmy -" fc_ridho
Saya sedang mencoba membuat sebuah database sederhana, namun menemui kendala sebagai berikut :
1. Proses simpan data tidak membentuk data baru tapi menimpa data yang lama.
2. Proses updating data menyebabkan layar berkedip.
1. Proses simpan data tidak membentuk data baru tapi menimpa data yang lama.
2. Proses updating data menyebabkan layar berkedip.
Wed Mar 12, 2014 1:16 am (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
Hai Fachmy,
coba pelajari thread rekam macro dari mas Aji Mumpung di link
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Rekam-Macro-td5711845.html
dan unduh filenya yang bernama RekamMacro.xlsm
berikut ini Jan ajarkan cara rekam macro untuk kasus pak Fachmy,
sumber data berada di sheet "Parameter", datanya mulai dari cel D5 sampai
D9 dengan urutan sbb:
>> Nomor Berita Acara
>> Tanggal BA
>> Kode
>> Nama
>> Periode
datanya akan dicopi ke sheet "Database" mulai cel A baris ke 2 ke bawah,
dengan header kolom adalah:
>> Nomor Berita Acara
>> Tanggal BA
>> Kode
>> Nama
>> Periode
Perhatikan bahwa susunan data yang berwarna biru adalah sama, berarti hal
ini bisa dilakukan dengan cara copas 1 kali untuk semua data
Tetapi karena susunannya berbeda, yang di sheet "Parameter" tersusun dari
atas ke bawah sedangkan di sheet "Database" tersusun dari kiri ke kanan
maka copasnya harus menggunakan Transpose.
Caranya seperti ini:
>> klik sheet "Parameter" untuk mengaktifkan sheet "Parameter", pada
langkah ini akan terbentuk script:
Sheets("Parameter").Select
>> klik cel D5 yang merupakan cel awal dari data yang akan dikopi, pada
langkah ini akan terbentuk script:
Range("D5").Select
>> tekan tombol CTRL Shift panah_bawah untuk melakukan blok data, pada
langkah ini akan terbentuk script:
Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
>> tekan tombol CTRL C untuk meng-kopi data, pada langkah ini akan
terbentuk script:
Selection.Copy
>> klik sheet "Database" untuk mengaktifkannya, pada langkah ini akan
terbentuk script:
Sheets("Database").Select
>> klik cel A1 yang merupakan header cel yang terletak paling kiri, pada
langkah ini akan terbentuk script:
Range("A1").Select
>> *Penting!*
pada langkah ini harus menekan tombol "Use relative references" agar
data tidak menimpa data sebelumnya, tombolnya pada excel 2007 ke atas
seperti berikut ini:
[image: Gambar sisip 1]
tombolnya terletak pada ribbon Developer, di dalam group Code
>> klik tombol CTRL panah_bawah untuk berpindah dari cel A1 ke baris data
yang paling bawah, pada langkah ini akan terbentuk script:
Selection.End(xlDown).Select
>> klik tombol panah bawah 1 kali untuk berpindah ke baris kosong
berikutnya, pada langkah ini akan terbentuk script:
ActiveCell.Offset(1, 0).Range("A1").Select
>> pada cel yang terpilih, klik kanan dan pilih Paste Special sehingga
muncul dialog box seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 2]
beri tanda pad "Values and number formats"
beri tanda cek list pada "Transpose"
klik "OK", sehingga dialog box menghilang, pada langkah ini akan
terbentuk script:
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValuesAndNumberFormats, Operation:= _
xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=True
>> tekan tombol ESC 1 kali untuk mematikan fitur copas, pada langkah ini
akan terbentuk script:
Application.CutCopyMode = False
setelah terbentuk script yang diinginkan, silakan assign macro tersebut ke
tombol yang telah anda buat dengan cara klik kanan pada tombol, pilih
Assign Macro, dan pilih nama macro yang telah anda buat.
Semoga sedikit memberikan pencerahan
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 12 Maret 2014 14.16, fachmy - <fc_ridho@yahoo.com> menulis:
>
>
> Saya sedang mencoba membuat sebuah database sederhana, namun menemui
> kendala sebagai berikut :
> 1. Proses simpan data tidak membentuk data baru tapi menimpa data yang
> lama.
> 2. Proses updating data menyebabkan layar berkedip.
>
>
>
coba pelajari thread rekam macro dari mas Aji Mumpung di link
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Rekam-Macro-td5711845.html
dan unduh filenya yang bernama RekamMacro.xlsm
berikut ini Jan ajarkan cara rekam macro untuk kasus pak Fachmy,
sumber data berada di sheet "Parameter", datanya mulai dari cel D5 sampai
D9 dengan urutan sbb:
>> Nomor Berita Acara
>> Tanggal BA
>> Kode
>> Nama
>> Periode
datanya akan dicopi ke sheet "Database" mulai cel A baris ke 2 ke bawah,
dengan header kolom adalah:
>> Nomor Berita Acara
>> Tanggal BA
>> Kode
>> Nama
>> Periode
Perhatikan bahwa susunan data yang berwarna biru adalah sama, berarti hal
ini bisa dilakukan dengan cara copas 1 kali untuk semua data
Tetapi karena susunannya berbeda, yang di sheet "Parameter" tersusun dari
atas ke bawah sedangkan di sheet "Database" tersusun dari kiri ke kanan
maka copasnya harus menggunakan Transpose.
Caranya seperti ini:
>> klik sheet "Parameter" untuk mengaktifkan sheet "Parameter", pada
langkah ini akan terbentuk script:
Sheets("Parameter").Select
>> klik cel D5 yang merupakan cel awal dari data yang akan dikopi, pada
langkah ini akan terbentuk script:
Range("D5").Select
>> tekan tombol CTRL Shift panah_bawah untuk melakukan blok data, pada
langkah ini akan terbentuk script:
Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
>> tekan tombol CTRL C untuk meng-kopi data, pada langkah ini akan
terbentuk script:
Selection.Copy
>> klik sheet "Database" untuk mengaktifkannya, pada langkah ini akan
terbentuk script:
Sheets("Database").Select
>> klik cel A1 yang merupakan header cel yang terletak paling kiri, pada
langkah ini akan terbentuk script:
Range("A1").Select
>> *Penting!*
pada langkah ini harus menekan tombol "Use relative references" agar
data tidak menimpa data sebelumnya, tombolnya pada excel 2007 ke atas
seperti berikut ini:
[image: Gambar sisip 1]
tombolnya terletak pada ribbon Developer, di dalam group Code
>> klik tombol CTRL panah_bawah untuk berpindah dari cel A1 ke baris data
yang paling bawah, pada langkah ini akan terbentuk script:
Selection.End(xlDown).Select
>> klik tombol panah bawah 1 kali untuk berpindah ke baris kosong
berikutnya, pada langkah ini akan terbentuk script:
ActiveCell.Offset(1, 0).Range("A1").Select
>> pada cel yang terpilih, klik kanan dan pilih Paste Special sehingga
muncul dialog box seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 2]
beri tanda pad "Values and number formats"
beri tanda cek list pada "Transpose"
klik "OK", sehingga dialog box menghilang, pada langkah ini akan
terbentuk script:
Selection.PasteSpecial Paste:=xlPasteValuesAndNumberFormats, Operation:= _
xlNone, SkipBlanks:=False, Transpose:=True
>> tekan tombol ESC 1 kali untuk mematikan fitur copas, pada langkah ini
akan terbentuk script:
Application.CutCopyMode = False
setelah terbentuk script yang diinginkan, silakan assign macro tersebut ke
tombol yang telah anda buat dengan cara klik kanan pada tombol, pilih
Assign Macro, dan pilih nama macro yang telah anda buat.
Semoga sedikit memberikan pencerahan
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 12 Maret 2014 14.16, fachmy - <fc_ridho@yahoo.com> menulis:
>
>
> Saya sedang mencoba membuat sebuah database sederhana, namun menemui
> kendala sebagai berikut :
> 1. Proses simpan data tidak membentuk data baru tapi menimpa data yang
> lama.
> 2. Proses updating data menyebabkan layar berkedip.
>
>
>
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar