Senin, 12 Desember 2011

[belajar-excel] Digest Number 1434

Messages In This Digest (25 Messages)

Messages

1a.

Re: copy dan rename file

Posted by: "him mah" himmah.mlg@gmail.com

Sun Dec 11, 2011 4:48 pm (PST)



sudah saya coba, tapi masih error dibagian ini (proses copy pastemya)

If cboFile.ListIndex > -1 Then

Pada tanggal 10/12/11, him mah <himmah.mlg@gmail.com> menulis:
> terima kasih pak Kid, maksud saya juga seperti itu, file DATA.csv ini
> terkoneksi dengan link table yang ada di access, dan proses query nya
> ada di access, kemudian hasilnya ditampilkan (ditarik) kembali melalui
> file excel. maaf filenya belum saya coba, insya alloh hari senin
>
> Pada tanggal 09/12/11, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>> Wa alaikumussalam Wr. Wb.
>>
>> Moga2 hal ini dimaksudkan untuk proses otomasi yang diawali dengan
>> menyiapkan data dengan nama file yang tetap sebagai bahan koneksi data.
>> 0. pada sheet pertama (misal sheet1), aktifkan mode design
>> 1. buat object combobox nya (pilih dari activex combo box -- blok bawah
>> dari insert object nya)
>> 2. klik kanan si object combo tadi, pilih properties (kalau gak ada
>> properties, berarti objectnya bukan activex, jadi ganti objectnya dengan
>> combo jenis satunya lagi)
>> 3. properti Name diganti menjadi cboFile
>> 4. tulis di cell z1 : file1
>> 5. buat nama range di z1 itu, dengan
>> nama : myFile
>> refers to diisi :
>> =offset( $z$1,0,0,counta( $z:$z ) )
>>
>> 6. tekan OK
>>
>> 7. ke VBE
>>
>> 8. buat prosedur event open pada workbook
>> isinya :
>>
>> BuatDaftarFile
>>
>> 9. Insert module dan copas prosedur BuatDaftarFile berikut :
>> 'asumsi : sheet tempat daftar file ada di sheet pertama [ sheets(1) ]
>> rangenya di kolom z
>> public sub BuatDaftarFile()
>> Dim sFile As String
>> Dim lPos As Long
>> Dim shtAktif as worksheet
>>
>> set shtaktif=activesheet
>> sheets(1).activate
>>
>> with activesheet
>> 'hapus daftar yang lama
>> .cbofile.listfillrange=vbnullstring
>> .range("z1").currentregion.clearcontents
>>
>> 'buat list file yang baru
>> 'bagian ini bisa dipindah ke module general menjadi sebuah prosedur
>> ber-scope public dan diberi beberapa input parameter supaya re-useable
>> Application.DisplayAlerts = False
>> lpos=0
>> sFile = Dir$("C:\COBA\DATA\*.csv" )
>> Do While LenB(sFile) <> 0
>> .Range("z1").Offset(lPos).Value = sFile
>> sFile = Dir$
>> lPos = lPos + 1
>> Loop
>> Application.DisplayAlerts = True
>>
>> 'pasang daftar baru
>> .calculate
>> .cbofile.listfillrange="myFile"
>> end with
>> shtaktif.activate
>> end sub
>>
>> 10. kembali ke worksheet (tekan Alt F11)
>> 11. buat object activex commandbutton, bila perlu ganti namanya menjadi
>> cmdOK
>> 12. double click si commandbutton, dan isi prosedur event yang terbentuk
>> dengan :
>>
>> if cbofile.listindex>-1 then
>> on error resume next
>> application.displayalerts=false
>> kill "C:\COBA\DATA.csv"
>> filecopy "C:\COBA\DATA\" & cbofile.text , "C:\COBA\DATA.csv"
>> err.clear
>> on error goto 0
>> application.displayalerts=true
>> endif
>>
>> 13. kembali ke worksheet (Alt F11), dan matikan mode design
>> 14. save file sebagai .xlsm atau .xls
>> 15. tutup file
>> 16. buka file lagi
>>
>> Wassalamualaikum Wr. Wb.
>> Kid.
>>
>>
>> 2011/12/9 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>>> mau tanya (karena internetnya lambat maaf kalau belum sempat search di
>>> arsip milis)
>>>
>>> kita punya beberapa file (dalam hal ini csv) yang ada di folder
>>> C:\COBA\DATA
>>> Misal nama file tersebut:
>>> 1. A.csv
>>> 2. B.csv
>>> 3. C.csv
>>> 4. D.csv
>>>
>>> kemudian daftar file tersebut akan masuk ke list yang ada di combobox
>>> (form control toolbox)
>>> setelah kita pilih file tersebut dari combobox, misal file B.csv
>>>
>>> maka file B.csv yang ada di folder C:\COBA\DATA akan di copy dan di
>>> paste ke folder C:\COBA dengan nama DATA.csv (rename)
>>>
>>> jika di folder C:\COBA sebelumnya sudah ada file DATA.csv maka file
>>> yang kita paste tadi akan mereplace file sebelumnya
>>>
>>> terima kasih
>>>
>>>
>>>
>>
>

1b.

Re: copy dan rename file

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Dec 11, 2011 5:07 pm (PST)



Pastikan jenis comboboxnya adalah activex combobox. Bukan form2 combobox
yang biasanya di name box bernama drop down.
Bila tetap error, coba sertakan filenya yang sederhana saja supaya size
file tetap sesuai dengan peraturan milis.

Wassalam,
Kid.

2011/12/12 him mah <himmah.mlg@gmail.com>

> **
>
>
> sudah saya coba, tapi masih error dibagian ini (proses copy pastemya)
>
> If cboFile.ListIndex > -1 Then
>
> Pada tanggal 10/12/11, him mah <himmah.mlg@gmail.com> menulis:
>
> > terima kasih pak Kid, maksud saya juga seperti itu, file DATA.csv ini
> > terkoneksi dengan link table yang ada di access, dan proses query nya
> > ada di access, kemudian hasilnya ditampilkan (ditarik) kembali melalui
> > file excel. maaf filenya belum saya coba, insya alloh hari senin
> >
> > Pada tanggal 09/12/11, Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> >> Wa alaikumussalam Wr. Wb.
> >>
> >> Moga2 hal ini dimaksudkan untuk proses otomasi yang diawali dengan
> >> menyiapkan data dengan nama file yang tetap sebagai bahan koneksi data.
> >> 0. pada sheet pertama (misal sheet1), aktifkan mode design
> >> 1. buat object combobox nya (pilih dari activex combo box -- blok bawah
> >> dari insert object nya)
> >> 2. klik kanan si object combo tadi, pilih properties (kalau gak ada
> >> properties, berarti objectnya bukan activex, jadi ganti objectnya dengan
> >> combo jenis satunya lagi)
> >> 3. properti Name diganti menjadi cboFile
> >> 4. tulis di cell z1 : file1
> >> 5. buat nama range di z1 itu, dengan
> >> nama : myFile
> >> refers to diisi :
> >> =offset( $z$1,0,0,counta( $z:$z ) )
> >>
> >> 6. tekan OK
> >>
> >> 7. ke VBE
> >>
> >> 8. buat prosedur event open pada workbook
> >> isinya :
> >>
> >> BuatDaftarFile
> >>
> >> 9. Insert module dan copas prosedur BuatDaftarFile berikut :
> >> 'asumsi : sheet tempat daftar file ada di sheet pertama [ sheets(1) ]
> >> rangenya di kolom z
> >> public sub BuatDaftarFile()
> >> Dim sFile As String
> >> Dim lPos As Long
> >> Dim shtAktif as worksheet
> >>
> >> set shtaktif=activesheet
> >> sheets(1).activate
> >>
> >> with activesheet
> >> 'hapus daftar yang lama
> >> .cbofile.listfillrange=vbnullstring
> >> .range("z1").currentregion.clearcontents
> >>
> >> 'buat list file yang baru
> >> 'bagian ini bisa dipindah ke module general menjadi sebuah prosedur
> >> ber-scope public dan diberi beberapa input parameter supaya re-useable
> >> Application.DisplayAlerts = False
> >> lpos=0
> >> sFile = Dir$("C:\COBA\DATA\*.csv" )
> >> Do While LenB(sFile) <> 0
> >> .Range("z1").Offset(lPos).Value = sFile
> >> sFile = Dir$
> >> lPos = lPos + 1
> >> Loop
> >> Application.DisplayAlerts = True
> >>
> >> 'pasang daftar baru
> >> .calculate
> >> .cbofile.listfillrange="myFile"
> >> end with
> >> shtaktif.activate
> >> end sub
> >>
> >> 10. kembali ke worksheet (tekan Alt F11)
> >> 11. buat object activex commandbutton, bila perlu ganti namanya menjadi
> >> cmdOK
> >> 12. double click si commandbutton, dan isi prosedur event yang terbentuk
> >> dengan :
> >>
> >> if cbofile.listindex>-1 then
> >> on error resume next
> >> application.displayalerts=false
> >> kill "C:\COBA\DATA.csv"
> >> filecopy "C:\COBA\DATA\" & cbofile.text , "C:\COBA\DATA.csv"
> >> err.clear
> >> on error goto 0
> >> application.displayalerts=true
> >> endif
> >>
> >> 13. kembali ke worksheet (Alt F11), dan matikan mode design
> >> 14. save file sebagai .xlsm atau .xls
> >> 15. tutup file
> >> 16. buka file lagi
> >>
> >> Wassalamualaikum Wr. Wb.
> >> Kid.
> >>
> >>
> >> 2011/12/9 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
> >>
> >>> **
> >>>
> >>>
> >>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> >>> mau tanya (karena internetnya lambat maaf kalau belum sempat search di
> >>> arsip milis)
> >>>
> >>> kita punya beberapa file (dalam hal ini csv) yang ada di folder
> >>> C:\COBA\DATA
> >>> Misal nama file tersebut:
> >>> 1. A.csv
> >>> 2. B.csv
> >>> 3. C.csv
> >>> 4. D.csv
> >>>
> >>> kemudian daftar file tersebut akan masuk ke list yang ada di combobox
> >>> (form control toolbox)
> >>> setelah kita pilih file tersebut dari combobox, misal file B.csv
> >>>
> >>> maka file B.csv yang ada di folder C:\COBA\DATA akan di copy dan di
> >>> paste ke folder C:\COBA dengan nama DATA.csv (rename)
> >>>
> >>> jika di folder C:\COBA sebelumnya sudah ada file DATA.csv maka file
> >>> yang kita paste tadi akan mereplace file sebelumnya
> >>>
> >>> terima kasih
> >>>
> >>>
> >>>
> >>
> >
>
>
>
2a.

Bls: [belajar-excel] belajar formula OFFSET

Posted by: "neza ibaneza" nezaibaneza@yahoo.co.id   nezaibaneza

Sun Dec 11, 2011 4:55 pm (PST)



thanks master haps.. aku dah ngerti sekarang

neza

________________________________
Dari: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 11 Desember 2011 7:35
Judul: Re: [belajar-excel] belajar formula OFFSET


Gambar di bawah ni seharusnya cukup menjelaskan maksud fungsi OFFSET
tetapi jika kurang lengkap anda dapat mengunduh kelengkapnnya di
http://www.box.com/shared/m8xzyafe5g

------------------------------------------------------

Lebih baik lagi kalau MAU: membuka help fungsi tsb ...

Caranya ?
* select salah-satu cell misal cell F16
* ketikkan =OFFSET(
* klik simbol fx yg ada di sebelah kirinya
* pada [DialogBox Function Arguments] yg tiba-tiba muncul, lihat pojok kiri bawah
  (link "help on this function")
* ya "liatin" aja dulu.... kalau sudah 1 jam kurang 7 detik, baru di-ceklik

2011/12/10 neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>
>
> Dear all.
> mohon penjelasannya para master,
> fungsi OFFSET bisa digunakan untuk apa saja..
> dan sinonim dari rumus ini apa ya?
> Regards
> Neza

2b.

Re: belajar formula OFFSET

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Sun Dec 11, 2011 6:47 pm (PST)



Mbok 'Haps"saja... ndak usah pakai master; soalnya haps bukan master,
selailn itu, 'master' itu bukan main-main lho..
ibaratnya: jarinya menyentuh batu, batunya hancur jadi debu..!!

Kemarin ada pertanyaan yg sengaja ditinggalkan: "apa *sinonim fungsi offset*
"

## Tidak ada sinonimnya (seperti fungsi lain juga tidak ada yg punya
sinonim).

Mungkin OFFSET mirip dgn INDEX (dlm kasus tertentu bisa menggantikan INDEX)
yaitu: merujuk *suatu cell (satu CELL) *dari sebuah tabel dengan memberi
umpan
berupa AngkaBaris (Row-Index) dan/atau AngkaKolom (ColumnIndex)

Tetapi perbedaannya jelas:
fungsi INDEX akhirnya hanya mengembalikan *1 (SATU) data ex SATU CELL*
sedangkan fungsi OFFSET BISA diatur agar mengembalikan *Object Range*
*(Rujukan ke Range)* di-mana Range-nya bukan hanya terdiri dari 1 cell
tunggal
tetapi berupa Range dengan *MultiKolom-maupun-MultiBaris*

misal
*=OFFSET(A1, 10, 3, 5, 7)*
menghasilkan object range (rujukan ke) *Range D11:J15*

Rujukan yg sama (D11:J15) dapat pula diRUMUS dengan ini
*=OFFSET(A1:G5, 10, 3, ,)*
atau ini
*=OFFSET(A1:G5, 10, 3)*
atau ini
*=OFFSET(S53, -42, -15, 10/2, SQRT(49))*

kesimpulanya: [TINGGI TABEL Hasil] dan [LEBAR TABEL Hasil]; jika
diinginkan
tetap sama seperti Range Awal (range yg dijadikan argument #1) , maka
arguments nya (argument 4 dan 5) tidak perlu ditulis...

Jika semua hasil ingin ditampakkan : maka Formula tsb harus ditulis di
Range yg berdimensi 5 x 7 cells, dan di-enter secara Array Formula

2011/12/12 neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>

> thanks master haps.. aku dah ngerti sekarang
> neza
> >
> > ________________________________
> > Dari: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> > Dikirim: Minggu, 11 Desember 2011 7:35
> > Gambar di bawah ni seharusnya cukup menjelaskan maksud fungsi OFFSET
> > tetapi jika kurang lengkap anda dapat mengunduh kelengkapnnya di
> > http://www.box.com/shared/m8xzyafe5g
> >
> > 2011/12/10 neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>
> > > Dear all.
> > > mohon penjelasannya para master,
> > > fungsi OFFSET bisa digunakan untuk apa saja..
> > > dan sinonim dari rumus ini apa ya?
> > > Regards
> > > Neza
>
>
2c.

Re: belajar formula OFFSET

Posted by: "summonery" summonery@yahoo.com   summonery

Sun Dec 11, 2011 9:22 pm (PST)



Sekedar menambahkan apa yang sudah Suster Haps jelaskan,
(mungkin dapat sebagai tambahan pengetahuan bagi member belum tahu)

Fungsi INDEX yang hanya-dapat-mengembalikan-data-satu-cell itu, jika ditambahkan dengan "sesuatu" dapat meniru apa yang dilakukan oleh fungsi OFFSET, sebagai contoh:
=INDEX(A1:B2,1,2):INDEX(B2:C4,3,1)
=B1:INDEX(B2:B4,3,1)

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Haps <hapsari.stlizbeth@...> wrote:
>
> Mbok 'Haps"saja... ndak usah pakai master; soalnya haps bukan master,
> selailn itu, 'master' itu bukan main-main lho..
> ibaratnya: jarinya menyentuh batu, batunya hancur jadi debu..!!
>
> Kemarin ada pertanyaan yg sengaja ditinggalkan: "apa *sinonim fungsi offset*
> "
>
> ## Tidak ada sinonimnya (seperti fungsi lain juga tidak ada yg punya
> sinonim).
>
> Mungkin OFFSET mirip dgn INDEX (dlm kasus tertentu bisa menggantikan INDEX)
> yaitu: merujuk *suatu cell (satu CELL) *dari sebuah tabel dengan memberi
> umpan
> berupa AngkaBaris (Row-Index) dan/atau AngkaKolom (ColumnIndex)
>
> Tetapi perbedaannya jelas:
> fungsi INDEX akhirnya hanya mengembalikan *1 (SATU) data ex SATU CELL*
> sedangkan fungsi OFFSET BISA diatur agar mengembalikan *Object Range*
> *(Rujukan ke Range)* di-mana Range-nya bukan hanya terdiri dari 1 cell
> tunggal
> tetapi berupa Range dengan *MultiKolom-maupun-MultiBaris*
>
> misal
> *=OFFSET(A1, 10, 3, 5, 7)*
> menghasilkan object range (rujukan ke) *Range D11:J15*
>
> Rujukan yg sama (D11:J15) dapat pula diRUMUS dengan ini
> *=OFFSET(A1:G5, 10, 3, ,)*
> atau ini
> *=OFFSET(A1:G5, 10, 3)*
> atau ini
> *=OFFSET(S53, -42, -15, 10/2, SQRT(49))*
>
> kesimpulanya: [TINGGI TABEL Hasil] dan [LEBAR TABEL Hasil]; jika
> diinginkan
> tetap sama seperti Range Awal (range yg dijadikan argument #1) , maka
> arguments nya (argument 4 dan 5) tidak perlu ditulis...
>
> Jika semua hasil ingin ditampakkan : maka Formula tsb harus ditulis di
> Range yg berdimensi 5 x 7 cells, dan di-enter secara Array Formula
>
>
>
>
> 2011/12/12 neza ibaneza <nezaibaneza@...>
>
> > thanks master haps.. aku dah ngerti sekarang
> > neza
> > >
> > > ________________________________
> > > Dari: Haps <hapsari.stlizbeth@...>
> > > Dikirim: Minggu, 11 Desember 2011 7:35
> > > Gambar di bawah ni seharusnya cukup menjelaskan maksud fungsi OFFSET
> > > tetapi jika kurang lengkap anda dapat mengunduh kelengkapnnya di
> > > http://www.box.com/shared/m8xzyafe5g
> > >
> > > 2011/12/10 neza ibaneza <nezaibaneza@...>
> > > > Dear all.
> > > > mohon penjelasannya para master,
> > > > fungsi OFFSET bisa digunakan untuk apa saja..
> > > > dan sinonim dari rumus ini apa ya?
> > > > Regards
> > > > Neza
> >
> >
>

2d.

Re: belajar formula OFFSET

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Sun Dec 11, 2011 9:39 pm (PST)



Sekedar sharing saja:
Khusus untuk excel 2007 ke atas, bisa menggunakan "Using structured
references with Excel tables" yang hampir mirip dengan OFFSET()
Contoh:
=SUM(DirectCostPrediksi[[Oct 11]:[Jan 12]])
Artinya:
Menjumlahkan nilai di field [Oct 11] sampai field [jan 12] dari table
DirectCostPrediksi

Thanks
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of summonery
Sent: Monday, December 12, 2011 12:23 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Re: belajar formula OFFSET

 
Sekedar menambahkan apa yang sudah Suster Haps jelaskan,
(mungkin dapat sebagai tambahan pengetahuan bagi member belum tahu)

Fungsi INDEX yang hanya-dapat-mengembalikan-data-satu-cell itu, jika
ditambahkan dengan "sesuatu" dapat meniru apa yang dilakukan oleh fungsi
OFFSET, sebagai contoh:
=INDEX(A1:B2,1,2):INDEX(B2:C4,3,1)
=B1:INDEX(B2:B4,3,1)

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Haps <hapsari.stlizbeth@...> wrote:
>
> Mbok 'Haps"saja... ndak usah pakai master; soalnya haps bukan master,
> selailn itu, 'master' itu bukan main-main lho..
> ibaratnya: jarinya menyentuh batu, batunya hancur jadi debu..!!
>
> Kemarin ada pertanyaan yg sengaja ditinggalkan: "apa *sinonim fungsi
offset*
> "
>
> ## Tidak ada sinonimnya (seperti fungsi lain juga tidak ada yg punya
> sinonim).
>
> Mungkin OFFSET mirip dgn INDEX (dlm kasus tertentu bisa menggantikan
INDEX)
> yaitu: merujuk *suatu cell (satu CELL) *dari sebuah tabel dengan memberi
> umpan
> berupa AngkaBaris (Row-Index) dan/atau AngkaKolom (ColumnIndex)
>
> Tetapi perbedaannya jelas:
> fungsi INDEX akhirnya hanya mengembalikan *1 (SATU) data ex SATU CELL*
> sedangkan fungsi OFFSET BISA diatur agar mengembalikan *Object Range*
> *(Rujukan ke Range)* di-mana Range-nya bukan hanya terdiri dari 1 cell
> tunggal
> tetapi berupa Range dengan *MultiKolom-maupun-MultiBaris*
>
> misal
> *=OFFSET(A1, 10, 3, 5, 7)*
> menghasilkan object range (rujukan ke) *Range D11:J15*
>
> Rujukan yg sama (D11:J15) dapat pula diRUMUS dengan ini
> *=OFFSET(A1:G5, 10, 3, ,)*
> atau ini
> *=OFFSET(A1:G5, 10, 3)*
> atau ini
> *=OFFSET(S53, -42, -15, 10/2, SQRT(49))*
>
> kesimpulanya: [TINGGI TABEL Hasil] dan [LEBAR TABEL Hasil]; jika
> diinginkan
> tetap sama seperti Range Awal (range yg dijadikan argument #1) , maka
> arguments nya (argument 4 dan 5) tidak perlu ditulis...
>
> Jika semua hasil ingin ditampakkan : maka Formula tsb harus ditulis di
> Range yg berdimensi 5 x 7 cells, dan di-enter secara Array Formula
>
>
>
>
> 2011/12/12 neza ibaneza <nezaibaneza@...>
>
> > thanks master haps.. aku dah ngerti sekarang
> > neza
> > >
> > > ________________________________
> > > Dari: Haps <hapsari.stlizbeth@...>
> > > Dikirim: Minggu, 11 Desember 2011 7:35
> > > Gambar di bawah ni seharusnya cukup menjelaskan maksud fungsi OFFSET
> > > tetapi jika kurang lengkap anda dapat mengunduh kelengkapnnya di
> > > http://www.box.com/shared/m8xzyafe5g
> > >
> > > 2011/12/10 neza ibaneza <nezaibaneza@...>
> > > > Dear all.
> > > > mohon penjelasannya para master,
> > > > fungsi OFFSET bisa digunakan untuk apa saja..
> > > > dan sinonim dari rumus ini apa ya?
> > > > Regards
> > > > Neza
> >
> >
>

2e.

Bls: [belajar-excel] Re: belajar formula OFFSET

Posted by: "neza ibaneza" nezaibaneza@yahoo.co.id   nezaibaneza

Sun Dec 11, 2011 9:59 pm (PST)



maaf nih haps tentang panggilan itu. kayaknya dari zainul itu model baru.

neza

________________________________
Dari: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <zainul_ulum@yahoo.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 12 Desember 2011 13:39
Judul: RE: [belajar-excel] Re: belajar formula OFFSET

Sekedar sharing saja:
Khusus untuk excel 2007 ke atas, bisa menggunakan "Using structured
references with Excel tables" yang hampir mirip dengan OFFSET()
Contoh:
=SUM(DirectCostPrediksi[[Oct 11]:[Jan 12]])
Artinya:
Menjumlahkan nilai di field [Oct 11] sampai field [jan 12] dari table
DirectCostPrediksi

Thanks
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of summonery
Sent: Monday, December 12, 2011 12:23 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Re: belajar formula OFFSET

 
Sekedar menambahkan apa yang sudah Suster Haps jelaskan,
(mungkin dapat sebagai tambahan pengetahuan bagi member belum tahu)

Fungsi INDEX yang hanya-dapat-mengembalikan-data-satu-cell itu, jika
ditambahkan dengan "sesuatu" dapat meniru apa yang dilakukan oleh fungsi
OFFSET, sebagai contoh:
=INDEX(A1:B2,1,2):INDEX(B2:C4,3,1)
=B1:INDEX(B2:B4,3,1)

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Haps <hapsari.stlizbeth@...> wrote:
>
> Mbok 'Haps"saja... ndak usah pakai master; soalnya haps bukan master,
> selailn itu, 'master' itu bukan main-main lho..
> ibaratnya: jarinya menyentuh batu, batunya hancur jadi debu..!!
>
> Kemarin ada pertanyaan yg sengaja ditinggalkan: "apa *sinonim fungsi
offset*
> "
>
> ## Tidak ada sinonimnya (seperti fungsi lain juga tidak ada yg punya
> sinonim).
>
> Mungkin OFFSET mirip dgn INDEX (dlm kasus tertentu bisa menggantikan
INDEX)
> yaitu: merujuk *suatu cell (satu CELL) *dari sebuah tabel dengan memberi
> umpan
> berupa AngkaBaris (Row-Index) dan/atau AngkaKolom (ColumnIndex)
>
> Tetapi perbedaannya jelas:
> fungsi INDEX akhirnya hanya mengembalikan *1 (SATU) data ex SATU CELL*
> sedangkan fungsi OFFSET BISA diatur agar mengembalikan *Object Range*
> *(Rujukan ke Range)* di-mana Range-nya bukan hanya terdiri dari 1 cell
> tunggal
> tetapi berupa Range dengan *MultiKolom-maupun-MultiBaris*
>
> misal
> *=OFFSET(A1, 10, 3, 5, 7)*
> menghasilkan object range (rujukan ke) *Range D11:J15*
>
> Rujukan yg sama (D11:J15) dapat pula diRUMUS dengan ini
> *=OFFSET(A1:G5, 10, 3, ,)*
> atau ini
> *=OFFSET(A1:G5, 10, 3)*
> atau ini
> *=OFFSET(S53, -42, -15, 10/2, SQRT(49))*
>
> kesimpulanya: [TINGGI TABEL Hasil] dan [LEBAR TABEL Hasil]; jika
> diinginkan
> tetap sama seperti Range Awal (range yg dijadikan argument #1) , maka
> arguments nya (argument 4 dan 5) tidak perlu ditulis...
>
> Jika semua hasil ingin ditampakkan : maka Formula tsb harus ditulis di
> Range yg berdimensi 5 x 7 cells, dan di-enter secara Array Formula
>
>
>
>
> 2011/12/12 neza ibaneza <nezaibaneza@...>
>
> > thanks master haps.. aku dah ngerti sekarang
> > neza
> > >
> > > ________________________________
> > > Dari: Haps <hapsari.stlizbeth@...>
> > > Dikirim: Minggu, 11 Desember 2011 7:35
> > > Gambar di bawah ni seharusnya cukup menjelaskan maksud fungsi OFFSET
> > > tetapi jika kurang lengkap anda dapat mengunduh kelengkapnnya di
> > > http://www.box.com/shared/m8xzyafe5g
> > >
> > > 2011/12/10 neza ibaneza <nezaibaneza@...>
> > > > Dear all.
> > > > mohon penjelasannya para master,
> > > > fungsi OFFSET bisa digunakan untuk apa saja..
> > > > dan sinonim dari rumus ini apa ya?
> > > > Regards
> > > > Neza
> >
> >
>

------------------------------------

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

    http://docs.yahoo.com/info/terms/
3a.

Rekap Nilai PG dan Rekap Analisis Butir Soal

Posted by: "Prodev SIMPLE PB" prodev_simple@yahoo.com   prodev_simple

Sun Dec 11, 2011 7:41 pm (PST)



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam untuk para Punggawa Excel.
Mencermati pertanyaan2 para pengguna excel sungguh luar biasa...sebagai pemula, ada hal2 yg bisa saya ikuti...tetapi banyak hal yg 'belum bisa' saya selami.
Semoga bisa senantiasa belajar.

Mohon maaf, kali ini saya punya kasus yg cukup 'sederhana', cuma belum ketemu solusi yg 'sederhananya' :)
Mudah2an Bapak/Ibu para Punggawa bisa bantu.
Contoh kasus ada pada lampiran file.

Sebelum dan sesudahnya saya sampaikan terima kasih.

Wassalam.
-hadhi-

=================================================================
Mods Note:
INTI PERTANYAANNYA SENDIRI belum sempat dituliskan ke Badan Email
(seperti yg di syaratkan dlm peraturan milis)
Kami kutipkan dari comment pada sheet lampiran:

Pertanyaan (1):
Bagaimana membuat formulasi untuk menghitung TOTAL NILAIi dengan ketentuan sbb:
1. Jawaban benar dikalikan dengan 10 point
2. Jawaban salah dikalikan dengan -2 point
3. Ditambahkan dengan jumlah nilai Es

Pertanyaan (2):
Bagaimana membuat rangkuman untuk masing-masing siswa berdasarkan kelemahan atau nilai yang masih nol (0)
=================================================================
3b.

Bls: [belajar-excel] Rekap Nilai PG dan Rekap Analisis Butir Soal

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Sun Dec 11, 2011 9:01 pm (PST)



tulis di F19
=SUM((F16*10);(F17*-2);(F18))

copy ke kanan

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com>
Kepada: Belajar Excel Milis <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 12 Desember 2011 9:42
Judul: [belajar-excel] Rekap Nilai PG dan Rekap Analisis Butir Soal


 
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam untuk para Punggawa Excel.
Mencermati pertanyaan2 para pengguna excel sungguh luar biasa...sebagai pemula, ada hal2 yg bisa saya ikuti...tetapi banyak hal yg 'belum bisa' saya selami.
Semoga bisa senantiasa belajar.

Mohon maaf, kali ini saya punya kasus yg cukup 'sederhana', cuma belum ketemu solusi yg 'sederhananya' :)
Mudah2an Bapak/Ibu para Punggawa bisa bantu.
Contoh kasus ada pada lampiran file.

Sebelum dan sesudahnya saya sampaikan terima kasih.

Wassalam.
-hadhi-

=================================================================
Mods Note:
INTI PERTANYAANNYA SENDIRI belum sempat dituliskan ke Badan Email
(seperti yg di syaratkan dlm peraturan milis)
Kami kutipkan dari comment pada sheet lampiran:

Pertanyaan (1):
Bagaimana membuat formulasi untuk menghitung TOTAL NILAIi dengan ketentuan sbb:
1. Jawaban benar dikalikan dengan 10 point
2. Jawaban salah dikalikan dengan -2 point
3. Ditambahkan dengan jumlah nilai Es

Pertanyaan (2):
Bagaimana membuat rangkuman untuk masing-masing siswa berdasarkan kelemahan atau nilai yang masih nol (0)
=================================================================
3c.

Re: Rekap Nilai PG dan Rekap Analisis Butir Soal

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Sun Dec 11, 2011 9:09 pm (PST)



wa'alaikusalam wr wb

barangkali seperti ini yg dimaksudkan ?
1
=SUM(SUMIF(F4:F13,1)*10, COUNTIF(F4:F13,0)*-2, F14:F15)

bisa juga dengan array formula
=SUM((F4:F13=1)*10, (F4:F13=0)*-2, F14:F15)

2
Ini adalah pekerjaan memfilter data di kolom Kelas pada salah satu kolom
Nama Murid
Kriteria filternya = 0
hasil filter yg diperlihatkan adalah Kolom D (Kompetensi Dasar)
Kalo blegitu... berarti ini akan dapat diselesaikan dengan FILTER dengan
FORMULA
yg suda sering di tayang ulang-kan di Milis BeExcel (mapun milis toko
sebelah)..

a
Agar mudah dipahami, kita buat formula / kolom BANTU
Kolom Bantu itu ditugasi hanya untuk menampilkan Nomor (index baris) Data
ditampilkan hanya yang Nilai = 0
array formula ditulis di 12 barias sekaligus N4:N15
=SMALL(IF(OFFSET($E$4:$E$15,0,MATCH(O$3,$F$3:$I$3,0))=0,ROW($1:$12)),ROW($1:$12))

b.
Berdasarkan hasil a, kita dapat mengindex data Kompetensi
Formula biasa ditlis cell demi cell mulai cell O4
=IF(ISERR(N4),"",INDEX($D$4:$D$15,N4))

Sebentar lagi akan ada teman memberikan formula tanpa kolom bantu dengan
IFERROR
(biasanya pak ghozi)...

2011/12/12 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com>

> **
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> Salam untuk para Punggawa Excel.
> Mencermati pertanyaan2 para pengguna excel sungguh luar biasa...sebagai
> pemula, ada hal2 yg bisa saya ikuti...tetapi banyak hal yg 'belum bisa'
> saya selami.
> Semoga bisa senantiasa belajar.
>
> Mohon maaf, kali ini saya punya kasus yg cukup 'sederhana', cuma belum
> ketemu solusi yg 'sederhananya' :)
> Mudah2an Bapak/Ibu para Punggawa bisa bantu.
> Contoh kasus ada pada lampiran file.
>
> Sebelum dan sesudahnya saya sampaikan terima kasih.
>
> Wassalam.
> -hadhi-
>
> =================================================================
> Mods Note:
> INTI PERTANYAANNYA SENDIRI belum sempat dituliskan ke Badan Email
> (seperti yg di syaratkan dlm peraturan milis)
> Kami kutipkan dari comment pada sheet lampiran:
>
> Pertanyaan (1):
> Bagaimana membuat formulasi untuk menghitung TOTAL NILAIi dengan ketentuan
> sbb:
> 1. Jawaban benar dikalikan dengan 10 point
> 2. Jawaban salah dikalikan dengan -2 point
> 3. Ditambahkan dengan jumlah nilai Es
>
> Pertanyaan (2):
> Bagaimana membuat rangkuman untuk masing-masing siswa berdasarkan
> kelemahan atau nilai yang masih nol (0)
> =================================================================
> _
>
3d.

Bls: [belajar-excel] Rekap Nilai PG dan Rekap Analisis Butir Soal

Posted by: "Prodev SIMPLE PB" prodev_simple@yahoo.com   prodev_simple

Sun Dec 11, 2011 11:42 pm (PST)



Assalamu'alaikum.

1. Terima kasih banyak kepada moderator yg sdh mengingatkan aturan main di milis ini. Mohon maaf karena tidak menuliskan pertanyaannya di badan email. Insya Allah lain kali dituliskan.
2. Terima kasih banyak kepada Pak Seno dan Pak Ghozi atas bantuannya menformulasikan apa yang menjadi kendala saya.
3. Semoga amal yg diajarkan menjadi amal jariyah yg berpahala...Amiin.

Wassalam.

 
- hadhi -

________________________________
Dari: o' Seno <ontoseno84@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 12 Desember 2011 12:09
Judul: Re: [belajar-excel] Rekap Nilai PG dan Rekap Analisis Butir Soal


 
wa'alaikusalam wr wb

barangkali seperti ini yg dimaksudkan ?
1
=SUM(SUMIF(F4:F13,1)*10, COUNTIF(F4:F13,0)*-2, F14:F15)

bisa juga dengan array formula
=SUM((F4:F13=1)*10, (F4:F13=0)*-2, F14:F15)

2
Ini adalah pekerjaan memfilter data di kolom Kelas pada salah satu kolom Nama Murid
Kriteria filternya = 0
hasil filter yg diperlihatkan adalah Kolom D (Kompetensi Dasar)
Kalo blegitu... berarti ini akan dapat diselesaikan dengan FILTER dengan FORMULA
yg suda sering di tayang ulang-kan di Milis BeExcel (mapun milis toko sebelah)..

a
Agar mudah dipahami, kita buat formula / kolom BANTU
Kolom Bantu itu ditugasi hanya untuk menampilkan Nomor (index baris) Data 
ditampilkan hanya yang Nilai = 0
array formula ditulis di 12 barias sekaligus N4:N15
=SMALL(IF(OFFSET($E$4:$E$15,0,MATCH(O$3,$F$3:$I$3,0))=0,ROW($1:$12)),ROW($1:$12))

b.
Berdasarkan hasil a, kita dapat mengindex data Kompetensi
Formula biasa ditlis cell demi cell mulai cell O4
=IF(ISERR(N4),"",INDEX($D$4:$D$15,N4))

Sebentar lagi akan ada teman memberikan formula tanpa kolom bantu dengan IFERROR
(biasanya pak  ghozi)...

2011/12/12 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com>

>Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> Salam untuk para Punggawa Excel.
>Mencermati pertanyaan2 para pengguna excel sungguh luar biasa...sebagai pemula, ada hal2 yg bisa saya ikuti...tetapi banyak hal yg 'belum bisa' saya selami.
>Semoga bisa senantiasa belajar.
>
>Mohon maaf, kali ini saya punya kasus yg cukup 'sederhana', cuma belum ketemu solusi yg 'sederhananya' :)
>Mudah2an Bapak/Ibu para Punggawa bisa bantu.
>Contoh kasus ada pada lampiran file.
>
>Sebelum dan sesudahnya saya sampaikan terima kasih.
>
>Wassalam.
>-hadhi-
>
>=================================================================
>Mods Note:
>INTI PERTANYAANNYA SENDIRI belum sempat dituliskan ke Badan Email
>(seperti yg di syaratkan dlm peraturan milis)
>Kami kutipkan dari comment pada sheet lampiran:
>
>Pertanyaan (1):
>Bagaimana membuat formulasi untuk menghitung TOTAL NILAIi dengan ketentuan sbb:
>1. Jawaban benar dikalikan dengan 10 point
>2. Jawaban salah dikalikan dengan -2 point
>3. Ditambahkan dengan jumlah nilai Es
>
>Pertanyaan (2):
>Bagaimana membuat rangkuman untuk masing-masing siswa berdasarkan kelemahan atau nilai yang masih nol (0)
>=================================================================
>_
4a.

Mohon bantuannya

Posted by: "Liwu Florez" liwu_handoko@yahoo.com   liwu_handoko

Sun Dec 11, 2011 8:36 pm (PST)



Yth. Para pakar Excell

Salam kenal. Mohon bantuannya untuk rumus/fungsi utk bekerja menggunakan 2 file xls yang berbeda, yang dihubungkan. misal :
1. master.xls ==> sheet1 ==> berisi data nilai harian, ulangan, dan akhir
2. cetak.xls   ==> sheet1 ==> format/layout utk mencetak laporan yg nilainya (nilai akhir) diambil/berasal dari file no. 1

Demikian pertanyaan saya, atas bantuan dan perhatian dr temen2 diucapkan terima kasih.
4b.

Re: Mohon bantuannya

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Sun Dec 11, 2011 10:19 pm (PST)



Waduh, Subjectnya kok *"Mohon bantuan"* ya,
kayaknya tidak sesuai dengan aturan milis nih ... he he.. maaf jadi sok
tahu nih...

*About linking to another workbook*

Sebuah link merupakan RUJUKAN ke workbook lain, sering referensi eksternal.
Karena data dalam workbook lain dapat berubah dan membuat buku kerja anda
menjadi ketinggalan info, maka di excel ada pilihan untuk "*memperbarui
link".*

Seperti apa penampakan link ke workbook lain ?
Rumus dengan link ke workbook lain akan ditampilkan dalam dua cara,
tergantung pada apakah sumber workbook - buku kerja yang memasok data ke
formula - terbuka atau tertutup.

Jika *file sumber (dlm hal ini Master.xls) * terbuka, link menyebut
workbook dalam kurung siku, diikuti oleh nama worksheet, tanda seru (!),
Dan sel-sel yang formula tergantung pada. Sebagai contoh, rumus berikut
menambahkan sel-sel C10: C25 dari buku kerja Master.xls Sheet1

LINK (ditulis di workbook 'Cetak.XLS' Sheet1 di suatu cell entah di mana,
yg tahu hanya pak Liwu.)
*=SUM([Master.xls]Sheet1!C10:C25)*

Ketika sumber tidak terbuka, link mencakup seluruh PATH.

LINK
=SUM('D:\Dataku\Reports\[Master.xls]Sheet1'!C10:C25)

Jika nama worksheet lain atau workbook berisi karakter nonalphabetic, Anda
harus menyertakan nama (atau path) dalam tanda kutip tunggal.

Sebetulnya, kita dapat membulat link tanpa harus pusing memikirkan cara
penulisan alamat range tujuan.
== Buka kedua workbook
== di workbook penerima di suatu cell ketikkan = (tanda sama dengan)
== aktifkan workbook yg akan di-LINK (workbook sumber), aktifkan juga sheet
yg menjadi tujuannya
== tunjuk Cell / Range dengan MousePointer
== Tekan ENTER
== Lihat di workbook penerima, apa yg tertulis
== Tutup workbook sumber
== Lihat lagi di workbook penerima apakah ada perubahan RUMUS link yg tadi
anda buat.

> 2011/12/12 Liwu Florez <liwu_handoko@yahoo.com>
> > Yth. Para pakar Excell
> > Salam kenal. Mohon bantuannya untuk rumus/fungsi utk bekerja menggunakan
> 2 file xls yang berbeda, yang dihubungkan. misal :
> > 1. master.xls ==> sheet1 ==> berisi data nilai harian, ulangan, dan akhir
> > 2. cetak.xls ==> sheet1 ==> format/layout utk mencetak laporan yg
> nilainya (nilai akhir) diambil/berasal dari file no. 1
> > Demikian pertanyaan saya, atas bantuan dan perhatian dr temen2 diucapkan
> terima kasih._
>
5a.

mencari rata-rata nilai tertinggi, dg mengabaikan sel kosong

Posted by: "Giyanto Widodo" widodomuh2@yahoo.co.id

Sun Dec 11, 2011 11:43 pm (PST)



Yth. Bp/Ib para Punggawa Excel

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Mohon maaf, saya punya kasus yg cukup 'sederhana', cuma belum ketemu solusi
yg 'sederhananya' :)
Mudah2an Bapak/Ibu para Punggawa bisa bantu.
Bagaimana cara membuat rumus excel untuk mencari rata-rata nilai tertinggi
dari ulangan harian siswa dan remidinya, dengan mengabaikan sel kosong.
Pernah saya coba menggunakan =AVERAGE(MAX(U1:R1);MAX(U2:R2); MAX(U3:R3);
MAX(U4:R4); MAX(U5:R5); MAX(U6:R6)), tetapi kalau pada salah
sel kosong nilai dianggap 0, padahal pengennya saya nilai kosong tidak
diperhitungkan. Catatan U1=nama sel untuk nilai ulangan harian ke-1 dan
seterusnya,
R1 = nama sel untuk nilai Remidi ulangan harian ke-1.

Contoh kasus ada pada lampiran file.

Sebelum dan sesudahnya saya sampaikan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb
-Giyanto Widodo-

5b.

Re: mencari rata-rata nilai tertinggi, dg mengabaikan sel kosong

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Dec 12, 2011 1:12 am (PST)



Pak Giyanto Widodo Yth,

Coba array formula :
=SUM(SUBTOTAL(104,OFFSET(I8:J8,0,2*(ROW($1:$6)-1))))/MAX(SUM(IF($J$7:$T$7="R",LEN(I8:S8)+LEN(J8:T8)>0)*1),1)
(tulis formula pada formula bar, kemudian akhiri dengan menekan Ctrl Shift
Enter secara bersamaan)

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2011/12/12 Giyanto Widodo <widodomuh2@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Yth. Bp/Ib para Punggawa Excel****
>
> ** **
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> Mohon maaf, saya punya kasus yg cukup 'sederhana', cuma belum ketemu
> solusi yg 'sederhananya' :)
> Mudah2an Bapak/Ibu para Punggawa bisa bantu.
> Bagaimana cara membuat rumus excel untuk mencari rata-rata nilai tertinggi
> dari ulangan harian siswa dan remidinya, dengan mengabaikan sel kosong.
> Pernah saya coba menggunakan =AVERAGE(MAX(U1:R1);MAX(U2:R2); MAX(U3:R3);
> MAX(U4:R4); MAX(U5:R5); MAX(U6:R6)), tetapi kalau pada salah
> sel kosong nilai dianggap 0, padahal pengennya saya nilai kosong tidak
> diperhitungkan. Catatan U1=nama sel untuk nilai ulangan harian ke-1 dan
> seterusnya,
> R1 = nama sel untuk nilai Remidi ulangan harian ke-1.****
>
> Contoh kasus ada pada lampiran file.****
>
> Sebelum dan sesudahnya saya sampaikan terima kasih.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb
> -Giyanto Widodo-****
>
>
>
6a.

Tidak bisa buka penuh file

Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Sun Dec 11, 2011 11:43 pm (PST)



Rekan rekan beXL,
Mo tnya nee,
Buka attachment dari mbak haps ko engga bisa ia?
Sepertinya engga ini aja, kadang2 kalo buka file ber-macro muncul msgbox ginian,
Ada di attachment, gimana yah?
Tks.

Asror

6b.

Re: Tidak bisa buka penuh file

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Mon Dec 12, 2011 12:40 am (PST)



di topik ini, hal tsb sudah ditanyakan members lain (sony ario / 9 des 2011)
dan telah dijawab
dibaca-baca dulu ya nak...

2011/12/12 Asror Al-Aliif's <asrorcakep@yahoo.com>
> Rekan rekan beXL,
> Mo tnya nee,
> Buka attachment dari mbak haps ko engga bisa ia?
> Sepertinya engga ini aja, kadang2 kalo buka file ber-macro muncul msgbox
ginian,
> Ada di attachment, gimana yah?
> Tks.
> Asror
6c.

Re: Tidak bisa buka penuh file

Posted by: "Asror Al-Aliif's" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Mon Dec 12, 2011 1:38 am (PST)



Wokey mbak haps,
Uda dibuka buka, tinggal di pake ajja nee,..
Sukron,...

Asror


-----Original Message-----
From: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 12 Dec 2011 15:40:14
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Tidak bisa buka penuh file

di topik ini, hal tsb sudah ditanyakan members lain (sony ario / 9 des 2011)
dan telah dijawab
dibaca-baca dulu ya nak...


2011/12/12 Asror Al-Aliif's <asrorcakep@yahoo.com>
> Rekan rekan beXL,
> Mo tnya nee,
> Buka attachment dari mbak haps ko engga bisa ia?
> Sepertinya engga ini aja, kadang2 kalo buka file ber-macro muncul msgbox
ginian,
> Ada di attachment, gimana yah?
> Tks.
> Asror

7a.

Re: Data DateTime yg ditekuk-tekuk...

Posted by: "yulian nugroho" yuliannug@gmail.com   yuliannug

Sun Dec 11, 2011 11:43 pm (PST)



yes, mau kerja,
termasuk ketika kuganti dng
=SUBSTITUTE(G5, " ", "") ataupun =SUBSTITUTE(G5, char(32), "")<---- char 32
= spasi (?)
=SUBSTITUTE(C9,"","") <--- tanpa spasi

apakah alt+enter sama excel sebenernya dibaca sbg apa?
tengkiu

bataman

2011/12/11 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> **
>
>
> RUMUSNYA jangan hanya =G5 kek,...
> tetapi
> =SUBSTITUTE(G5, CHAR(10), "")
>
> di sini jadi ketahuan rhs-nya bahwa character ascii no.10 itu
> punya tugas "ganti baris" / Carriage Return / Line Feed
>
> Menuliskan character ascii no 10
> * di cell langsung: ALt + Enter
> * di FORMULA = CHR(10)
> (termasuk di Custom Numbers Formatting)
> * di string : *Alt **010* (gunakan tombol² numeric pad)
> [image: numericpad.jpg]
>
>
> @ Untuk pak S.Pd
> sebenarnya lampiran workbook dari haps sudah merupakan jaawaban
> tidak perlu menunggu 3 hari dari kemarin...
>
>
>
>
> *2011/12/10 yulian nugroho <yuliannug@gmail.com>
> > mbah uti,
> > kalo mau nyalin data hasil "Alt+Enter" supaya hilang format "ganti
> spasinya" bigimana ya?
> > silahkan tengok g5 untuk data yang mau disalin, g7 untuk salinan yang
> gagal, g9 untuk hasil yang diinginkan di file terlampir
> > mbah suster,
> > kalo si kawan kena kanker, coba rebusan daun sirsak (ingat bukan buahnya
> ya)
> > smoga cucok dan membawa kesembuhan
> > bataman*
> >
> > 2011/12/10 Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
> >> Seorang anak SMK Kelas 1, datang dari Grobogan, kota kecil di Jawa
> Tengah,
> >> ucluk-ucluk-ucluk..
> >> mbak bagaimana cara memformat data tanggal (dalam SATU CELL) agar bisa
> di-Wrapped ?
> >> Lha wong data DATE, bukan data TEXT kok mau di format Wrap, ngawur ae
> kowe ki !!
> >> "Kalo ndak bisa, jangan pernah panggil aku 'mbak suster ngesott' "!
> sambil -----
>
>
>

--
Thanks & Regards
Yulian Nugroho
8a.

Re: File Macro

Posted by: "Riska Wahyu Nirmalasari" Riska.Nirmalasari@danone.com

Sun Dec 11, 2011 11:46 pm (PST)



Terimakasih atas informasinya. Berarti memang harus di enable dulu ya...

R1ska

From:
"o' Seno" <ontoseno84@gmail.com>
To:
belajar-excel@yahoogroups.com
Date:
12/09/11 08:12 AM
Subject:
Re: [belajar-excel] File Macro
Sent by:
belajar-excel@yahoogroups.com

Dear Muja-muja,

Kalau yg saya tahu, kok lain ya .. maklum hanya dari "denger-denger"
saja..

Makro itu tidak terintegrasi di dalam installer office;
yg terintegrasi dlm installer adalah VBA (bahasa untuk membuat makro),
sehingga
kapanpun excel dibuka kemampuan VBAnya sudah ada ( tetapi makronya belum
ada )
Makro baru ada, setelah anda buat (dengan cara rekam mapun cara tulis
code)

Dalam lingkup Excel modern, Makro adalah serangkaian perintah dengan kode
VBA,
setiap serangkaian perintah (disebut procedure).
Prosedur ini sering disebut pula dengan Rutin atau juga MAKRO.

Jika anda pakai excel 2007 & yg lebih baru :
Makro yg sudah dibuat akan TETAP ADA jika file workbooknya jika extensi
filenya = xlsm
(atau bisa juga xlsb, xlam, xltm)
Jika di save sebagai xlsx makro yg sudah and tulis akan LENYAP seperti
debu disedot
dengan vakum kliner.

Mengenai urusan mengENABLEkan / menDISABLEkan workbook agar mampu/gak
mampu
menjalankan makro, settingnya harus di obok-obok melalui Excel Option >
Trust Center >
Trust Center Setting > Macro Setting > ...
(seperti sudah digambarkan oleh "dik" Haps), bukan hanya mengganti extensi
filenya saja.

Mohon maaf jika penjelasan tsb semaNGkin salah...

o'Seno

2011/12/8 <mail4muja@yahoo.co.id>:
> Makro tuh sudah terintegrasi dalam installer officenya. Supaya makro
enable di tiap komputer simpan filenya save as *.xlsm aja... Itu yang sy
tau... 8x_x8

> -----Original Message-----
> From: Riska.Nirmalasari@danone.com>; Date: Thu, 8 Dec 2011 14:36:34
> Mohon pencerahannya, untuk file excel yg ada makronya. Jika komputer
tidak tersupport makro maka harus enable dulu.
> Apakah ada makro yg membuat file tersebut secara otomatis support makro?
Jadi walaupun pindah2 komputer tidak perlu klik "enable".
> Terimakasih atas pencerahannya
> R1ska
[attachment "danger option.PNG" deleted by Riska Wahyu
Nirmalasari/AQUA/ID/BO/DANONE]

Ce message électronique et tous les fichiers attachés qu'il contient sont confidentiels et destinés exclusivement à l'usage de la personne à laquelle ils sont adressés. Si vous avez reçu ce message par erreur, merci de le retourner à son émetteur. Les idées et opinions présentées dans ce message sont celles de son auteur, et ne représentent pas nécessairement celles de DANONE ou d'une quelconque de ses filiales. La publication, l'usage, la distribution, l'impression ou la copie non autorisée de ce message et des attachements qu'il contient sont strictement interdits.

This e-mail and any files transmitted with it are confidential and intended solely for the use of the individual to whom it is addressed. If you have received this email in error please send it back to the person that sent it to you. Any views or opinions presented are solely those of its author and do not necessarily represent those of DANONE or any of its subsidiary companies. Unauthorized publication, use, dissemination, forwarding, printing or copying of this email and its associated attachments is strictly prohibited.
9a.

Membuat tulisan bergerak

Posted by: "Riska Wahyu Nirmalasari" Riska.Nirmalasari@danone.com

Sun Dec 11, 2011 11:52 pm (PST)



Dear Exceller,
Mau tanya nich, bisa gak di excel tulisan misal judul dibuat bergerak
seperti di power point.
Contoh terlampir

Terimakasih,

R1ska
9b.

Re: Membuat tulisan bergerak

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Mon Dec 12, 2011 1:38 am (PST)



bisa
(tapi tidak persis seperti power point)

Sub MovingTextOnCells()
Dim i As Long
x = Space(80) + teks
Ulangi:
If TimerOn = True Then
DoEvents
Sheet1.Cells(2) = x
x = Right(x, Len(x) - 1)
For i = 1 To 3700000: Next
If Len(x) < 1 Then
Sheet1.Cells(2) = ""
x = Space(80) + teks
End If
GoTo Ulangi
Else
End
End If
End Sub

2011/12/12 Riska Wahyu Nirmalasari <Riska.Nirmalasari@danone.com>
>
> Dear Exceller,
> Mau tanya nich, bisa gak di excel tulisan misal judul dibuat bergerak
seperti di power point.
> Contoh terlampir
> Terimakasih,
> R1ska
9c.

Re: Membuat tulisan bergerak

Posted by: "Riska Wahyu Nirmalasari" Riska.Nirmalasari@danone.com

Mon Dec 12, 2011 2:42 am (PST)



Dear Mbak Haps,
Karena saya masih belajaran di VBA, mohon pencerahannya untuk rumus
tersebut, jika langsung tanpa klik start atau stop bagaimana?
Terimakasih.

R1ska

From:
Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
To:
belajar-excel@yahoogroups.com
Date:
12/12/11 04:40 PM
Subject:
Re: [belajar-excel] Membuat tulisan bergerak
Sent by:
belajar-excel@yahoogroups.com

bisa
(tapi tidak persis seperti power point)

Sub MovingTextOnCells()
Dim i As Long
x = Space(80) + teks
Ulangi:
If TimerOn = True Then
DoEvents
Sheet1.Cells(2) = x
x = Right(x, Len(x) - 1)
For i = 1 To 3700000: Next
If Len(x) < 1 Then
Sheet1.Cells(2) = ""
x = Space(80) + teks
End If
GoTo Ulangi
Else
End
End If
End Sub

2011/12/12 Riska Wahyu Nirmalasari <Riska.Nirmalasari@danone.com>
>
> Dear Exceller,
> Mau tanya nich, bisa gak di excel tulisan misal judul dibuat bergerak
seperti di power point.
> Contoh terlampir
> Terimakasih,
> R1ska
[attachment "Tulisan Bergerak ( iHaps ).xlsb" deleted by Riska
Wahyu Nirmalasari/AQUA/ID/BO/DANONE]

Ce message électronique et tous les fichiers attachés qu'il contient sont confidentiels et destinés exclusivement à l'usage de la personne à laquelle ils sont adressés. Si vous avez reçu ce message par erreur, merci de le retourner à son émetteur. Les idées et opinions présentées dans ce message sont celles de son auteur, et ne représentent pas nécessairement celles de DANONE ou d'une quelconque de ses filiales. La publication, l'usage, la distribution, l'impression ou la copie non autorisée de ce message et des attachements qu'il contient sont strictement interdits.

This e-mail and any files transmitted with it are confidential and intended solely for the use of the individual to whom it is addressed. If you have received this email in error please send it back to the person that sent it to you. Any views or opinions presented are solely those of its author and do not necessarily represent those of DANONE or any of its subsidiary companies. Unauthorized publication, use, dissemination, forwarding, printing or copying of this email and its associated attachments is strictly prohibited.
10a.

menjumlah total akumulasi

Posted by: "harry budiman" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Mon Dec 12, 2011 4:54 am (PST)



Salam hormat...

Saya memiliki pertanyaan (terlampir) yaitu ingin menjumlahkan
akumulasi angka yang didapat setiap hari kerja
lebih detail bisa lihat attactment

Mohon bantuannya juragan sekalian....hatur nuhun sebelumnya

wassalaam
10b.

Re: menjumlah total akumulasi

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Dec 12, 2011 5:16 am (PST)



Pak Harry,

Untuk total berdasar 1 kriteria, umumnya menggunakan fungsi SumIF
=SUMIF(E3:AI3,"<="&*D13*,E4:AI4)
yang di bold adalah nilai kriteria yang di-input user.

Cara iseng lainnya, antara lain dengan Sum Index Match
=SUM(E4:INDEX(E4:AI4,1,MATCH(D13,E3:AI3,0)))

Beberapa waktu lalu ada yang bertanya tentang Offset, maka Sum Offset Match
juga bisa digunakan
=SUM(offset(e4,0,0,1,MATCH(D13,E3:AI3,0)))

Biasanya pertanyaan seperti ini akan berkembang menjadi : Bagaimana jika
ada lebih dari 1 kriteria.
Biasanya menggunakan fungsi SumProduct atau array formula Sum bisa
memenuhinya.
Contoh Sumproduct untuk 1 kriteria :
=SumProduct( *( E3:AI3 <= d13 ) ** E4:AI4 )
Yang di *biru *adalah kriterianya. Jika ada banyak kriteria, maka susun
seperti yang *biru *itu sesuai bunyi kriterianya.
Misal, kriteria keduanya : hari kerja bukan blank (yang *merah *dibawah
ini)
=SumProduct( *( E3:AI3 <= d13 ) ** *( E2:AI2 > 0 ) * *E4:AI4 )

Array formula Sum adalah fungsi Sum yang di enter dengan menekan
tombol-tombol Ctrl Shift Enter secara bersamaan.
=SumProduct( *( E3:AI3 <= d13 ) ** E4:AI4 ) -> 1 kriteria
=Sum( *( E3:AI3 <= d13 ) ** *( E2:AI2 > 0 ) * *E4:AI4 ) -> 2 kriteria

Pada Excel 2007 ke atas, ada fungsi SumIFs untuk total dengan n kriteria
(n>=1)
=SUMIFS(E4:AI4, *E3:AI3,"<="&D13* ) -> 1
kriteria
=SUMIFS(E4:AI4, *E3:AI3,"<="&D13* , *E2:AI2,">0"* ) -> 2 kriteria

Masih banyak lagi cara lainnya, silakan bereksperimen.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2011/12/12 harry budiman <harbudiman@gmail.com>

> **
>
>
> Salam hormat...
>
> Saya memiliki pertanyaan (terlampir) yaitu ingin menjumlahkan
> akumulasi angka yang didapat setiap hari kerja
> lebih detail bisa lihat attactment
>
> Mohon bantuannya juragan sekalian....hatur nuhun sebelumnya
>
> wassalaam
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Cat Owners Group

Join a community

for cat lovers

Check out the

Y! Groups blog

Stay up to speed

on all things Groups!

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar