Senin, 19 Desember 2011

[belajar-excel] Digest Number 1444

Messages In This Digest (25 Messages)

Messages

1a.

Bls: [belajar-excel] RUMUS IF(ISNA(VLOOKUP

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Mon Dec 19, 2011 8:29 am (PST)



Dear,

Terima kasih atas contoh studi kasus dan penjelasannya yang sangat berguna.

Perlu saya tambahkan bahwa jika kita melihat pada studi kasus yang saya sertakan; terlihat bahwa User Peminjam atas nama "ANDRI" meminjam 2 buku tetapi yang mencul pada Form Pinjam Buku hanya 1. Begitu pula dengan User Peminjam atas nama "EKA" dan "YULI" yang meminjam lebih dari 1 buku tetapi yang tampiljuga hanya 1 buku.
Bagaimana caranya agar tampilan yang ada pada Form Pinjam Buku sebagaimana yang ada pada Reg Pinjam Buku...?? (Andri meminjam 2 buku, Eka meminjam 5 buku dan Yuli meminjam 4 buku).

Terima kasih,

Harry

________________________________
Dari: Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 17 Desember 2011 19:21
Judul: Re: [belajar-excel] RUMUS IF(ISNA(VLOOKUP


 
Dibuat seragam begini saja pak..

=IF($M$4+$B4>COUNTA('REG PINJAM BUKU'!$B$2:$B$6),"",
   VLOOKUP($M$4+$B4,'REG PINJAM BUKU'!$A$2:$AD$6,C$1,FALSE))

sintaks:
IF ( Test_Kondisi,  NilaiJikaKondisiBenar,  NilaiJikaKondisiSalah )

Karena Index-Kolom yg dirujuk dengan VLOOKUP tidak berUrutan, maka kita dapat membuat 
baris bantu berisi nomor kolom yg tidak berurutan itu. 
Tujuannya untuk mempermudah dan memperpendek rumus. 
Lihat sheet FORM PINJAM Baris C1:J2 (hidden)

Rumus tsb di atas cukup ditulis sekali di sheet FORM PINJAM  Cell C5 
kemudianselect / blok-lah range C5:J14, lalu tekan Ctrl + Enter
(seperti mengkopi C5 ke semua cell di C5:J14)
----------------------------------------------------

Jadi kesimpulannya, BUKAN RANGKAIAN NAMA FUNGSI yg menentukan (untuk mencari apa)
tetapi yg harus difahami adalah:
* Fungsi berisi argument dan tiap argument tidak harus diisi dengan NILAI YG SUDAH SIAP.
* NILAI yg akan dimasukkan sebagai Argument itu bisa berupa FORMULA, padahal formula
  bisa juga berupa &/ mengandung: FIUNGSI 

* Rangkaian  IF(ISNA(VLOOKUP(----)), ValueIfTRue, ValueIfFalse) sebaiknya jangan dihafal 
tetapi difahami maksud : Untuk apa ISNA ada di situ, untuk apa VLookUp ada di situ dst...., 
karena sedikit berbeda data, ISNA dan fungsi LAIN bisa harus diubah..

Dan.. hanya untuk sebuah tujuan, harus-kah kita menambah hafalan yg semakin banyak....!?

CMIIW...

2011/12/17 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

>Dear BeExceller,
>Berdasarkan rumus IF(ISNA(VLOOKUPyang saya ketahui, maka saya membuat sebagaimana file terlampir. Pada rumus
IF(ISNA(VLOOKUP yang saya fungsikan pada situasi tersebut hanya berfungsi jika 1
user peminjam hanya meminjam 1 (satu) buku sedangkan pada kolom yang telah
disiapkan memuat 5 (lima) buku.

>Jika pada kolom yang disiapakan hanya
berisi peminjaman 1 (satu) buku, berarti untuk melakukan pencetakan (Print)
"Form Pemijaman Buku", saya hanya cukup mengganti No. Regsitrasi yang ingin
saya print (maksimal 10 Buku untuk 1 (satu) kali Print).
>Pertanyaan saya adalah: Bagaimana
jika masing-masing user meminjam dengan nominal jumlah buku (yang dipinjam)
berbeda…???

>Pada contoh terlampir, user a/n Harry
dan Dani meminjam 1 buku jadi otomatis posisinya berada pada ROW 4 & 5.
Bagaimana cara dan rumusnya jika user a/n Andri yang meminjam 2 (dua) buku
berada pada ROW 6 & 7, user a/n Eka yang meminjam 3 (tiga) buku berada pada
posisi ROW 8, 9 & 10…??? dst.

>Mohon pencerahannya.

>Terima kasih,
>Harry
>
>
2a.

Pakai formula atau pivot table?

Posted by: "Nathan Tama" nathan.tama@yahoo.com   nathan.tama

Mon Dec 19, 2011 8:42 am (PST)



Dear suhu Be-Excel,

Saya mohon bantuan untuk sebuah tabel data, ingin dirubah-rubah field kolom/baris. (Lebih jelasnya, mohon lihat lampiran).
Untuk penyelesaian agar sesuai dgn model table data, formulanya gimana ya? Bisakah pake pivot table?

Terimakasih sebelumnya,
salam

Nathan
2b.

Re: Pakai formula atau pivot table?

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Mon Dec 19, 2011 11:12 am (PST)



Dengan formula: masih bisa,
walaupun sangat khusus ( = jika data sumber berubah urutan & susunan
strukturnya) maka formula dijamin akan menghasilkan data yg "tidak betoel")

Dengan Pivot Tabel,
data AbNormal seperti itu tidak memenuhi syarat per*-Pivot-Tabel-*an, he
he.. ( tidak berkaidah database!) ..
Harus di ubah dulu menjadi tabel Normal / "berBAU" aturan database...
( dulu di sini ada "embak-embak" yg sering bilang ogah pakai Pivot becoz
takut pipinya komvot, kemana dia sekarang ya...)

Mohon dilihat langsung ke TKP, barangkali seperti itu yg di-mau, ya siapa
tau ?!

*3 grup formula hanya untuk membentuk LABEL Kolom dan LABEL Baris*
Di sini FungsiCEILING dan MOD dimanfaatkan untuk dijadikan IndexBaris
agar sanggup merujuk datta yg seperti berulang-ulang dengan interval
tertentu
Misal seperti ini:
=INDEX($B$8:$B$11,CEILING(ROW(1:1),3)/3)
=INDEX($C$7:$E$7,MOD(ROW(1:1)-1,3)+1)

*1 grup formula untk merujuk datavalues di TabelASAL*.
=OFFSET($B$7,
MATCH($U8,$B$8:$B$11,0),
MATCH(W$6,$C$6:$K$6,0)+MATCH($V8,$C$7:$E$7,0)-1,
1)

wassalam...
o'Seno

2011/12/19 Nathan Tama <nathan.tama@yahoo.com>

> **
> Saya mohon bantuan untuk sebuah tabel data, ingin dirubah-rubah field
> kolom/baris. (Lebih jelasnya, mohon lihat lampiran).
> Untuk penyelesaian agar sesuai dgn model table data, formulanya gimana ya?
> Bisakah pake pivot table?
> Terimakasih sebelumnya,
> salam
> Nathan
>
2c.

Re: Pakai formula atau pivot table?

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Dec 19, 2011 1:47 pm (PST)



Hai Nathan,

Sembari melihat isi file terlampir, sekilas ceritanya adalah :
1. membuat cell bantu :
>> di sisi data, cukup memberi tanda di 1 kolom kosong dikanan kolom
terkanan, pada baris tahun
>> di sisi hasil, menghitung jumlah periode (tahunan) yang dimiliki oleh
data, misal di header kolom tahun tabel hasil :
=COUNT(K7:O7)
kemudian di format cell -> custom -> tulis :
"Tahun"
tekan OK

2. membentuk kolom Emiten :
=IF(*ROW(1:1)>$S$21*COUNTA($B$8:$B$11)*,"",INDEX(*$B$8:$B$11*
,CEILING(ROW(1:1)/$S$21,1)))
yang di bold adalah kondisi cek keberadaan data yang harus diproses.
mengubah rujukan yang dibiru dengan nama range dinamis juga bisa.

3. membentuk item kolom tahun
=IF(*LEN(R22)*,INDEX($K$7:$O$7,1,MOD(ROW(1:1)-1,$S$21)+1),"")
yang di bold adalah kondisi berdasar nilai kolom emiten di tabel hasil.

4. membentuk kolom-kolom nilai data (array formula unique list)
=INDEX($C$6:$O$6,MATCH(0,COUNTIF($S21:S21,$C$6:$O$6),0))

5. mengisi cells nilai data
=IF(*LEN($R22)*,INDEX(*($C$8:$G$11,$G$8:$K$11,$K$8:$O$11)*
,CEILING(ROW(1:1)/$S$21,1),MATCH($S22,$K$7:$O$7,0),*RIGHT(T$21)*),"")
yang di *bold *-> kondisi cek berdasar nilai emiten hasil.
*biru *-> range reference untuk kerja si index
*merah *-> nomor index reference yang digunakan pada fungsi index untuk
diolah berdasar nilai Row dan Column inputan fungsi index.

Kid.

2011/12/19 Nathan Tama <nathan.tama@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear suhu Be-Excel,
>
> Saya mohon bantuan untuk sebuah tabel data, ingin dirubah-rubah field
> kolom/baris. (Lebih jelasnya, mohon lihat lampiran).
> Untuk penyelesaian agar sesuai dgn model table data, formulanya gimana ya?
> Bisakah pake pivot table?
>
> Terimakasih sebelumnya,
> salam
>
> Nathan
>
>
>
>
2d.

Re: Pakai formula atau pivot table?

Posted by: "nathan.tama" nathan.tama@yahoo.com   nathan.tama

Mon Dec 19, 2011 3:15 pm (PST)



Suhu Mr Kid & O'Seno,
Terimakasih atas jurus2 jitu yang diberikan, murid akan mengikuti ajaran2 suhu berdua karena HASIL SESUAI DGN KEHENDAK.

Salam,
Nathan

PS: Ahh, pagi yg indah untuk berlatih jurus2 baru (dasar murid geblekk)

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Hai Nathan,
>
> Sembari melihat isi file terlampir, sekilas ceritanya adalah :
> 1. membuat cell bantu :
> >> di sisi data, cukup memberi tanda di 1 kolom kosong dikanan kolom
> terkanan, pada baris tahun
> >> di sisi hasil, menghitung jumlah periode (tahunan) yang dimiliki oleh
> data, misal di header kolom tahun tabel hasil :
> =COUNT(K7:O7)
> kemudian di format cell -> custom -> tulis :
> "Tahun"
> tekan OK
>
> 2. membentuk kolom Emiten :
> =IF(*ROW(1:1)>$S$21*COUNTA($B$8:$B$11)*,"",INDEX(*$B$8:$B$11*
> ,CEILING(ROW(1:1)/$S$21,1)))
> yang di bold adalah kondisi cek keberadaan data yang harus diproses.
> mengubah rujukan yang dibiru dengan nama range dinamis juga bisa.
>
> 3. membentuk item kolom tahun
> =IF(*LEN(R22)*,INDEX($K$7:$O$7,1,MOD(ROW(1:1)-1,$S$21)+1),"")
> yang di bold adalah kondisi berdasar nilai kolom emiten di tabel hasil.
>
> 4. membentuk kolom-kolom nilai data (array formula unique list)
> =INDEX($C$6:$O$6,MATCH(0,COUNTIF($S21:S21,$C$6:$O$6),0))
>
> 5. mengisi cells nilai data
> =IF(*LEN($R22)*,INDEX(*($C$8:$G$11,$G$8:$K$11,$K$8:$O$11)*
> ,CEILING(ROW(1:1)/$S$21,1),MATCH($S22,$K$7:$O$7,0),*RIGHT(T$21)*),"")
> yang di *bold *-> kondisi cek berdasar nilai emiten hasil.
> *biru *-> range reference untuk kerja si index
> *merah *-> nomor index reference yang digunakan pada fungsi index untuk
> diolah berdasar nilai Row dan Column inputan fungsi index.
>
> Kid.
>
>
> 2011/12/19 Nathan Tama <nathan.tama@...>
>
> > **
> >
> >
> > Dear suhu Be-Excel,
> >
> > Saya mohon bantuan untuk sebuah tabel data, ingin dirubah-rubah field
> > kolom/baris. (Lebih jelasnya, mohon lihat lampiran).
> > Untuk penyelesaian agar sesuai dgn model table data, formulanya gimana ya?
> > Bisakah pake pivot table?
> >
> > Terimakasih sebelumnya,
> > salam
> >
> > Nathan
> >
> >
> >
> >
>

2e.

Re: Pakai formula atau pivot table?

Posted by: "Nathan Tama" nathan.tama@yahoo.com   nathan.tama

Mon Dec 19, 2011 7:03 pm (PST)



Dear suhu,

Ternyata setelah dipikir2, saia punya KEHENDAK LAIN, yaitu mengubah tabel tadi menjadi TABEL BERKAIDAH DATABASE seperti yg dicontohkan suhu O'Seno.
Mohon bantuannya sekali lagi untuk jurus2nya.

Salam,
Nathan

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "o' Seno" <ontoseno84@...> wrote:
>
> Dengan formula:   masih bisa,
> walaupun sangat khusus ( = jika data sumber berubah urutan & susunan
> strukturnya) maka formula dijamin akan menghasilkan data yg "tidak betoel")
>
> Dengan Pivot Tabel,
> data AbNormal seperti itu tidak memenuhi syarat per*-Pivot-Tabel-*an, he
> he.. ( tidak berkaidah database!) ..
> Harus di ubah dulu menjadi tabel Normal / "berBAU" aturan database...
> ( dulu di sini ada "embak-embak" yg sering bilang ogah pakai Pivot  becoz
> takut pipinya komvot, kemana dia sekarang ya...)
>
>
> Mohon dilihat langsung ke TKP, barangkali seperti itu yg di-mau, ya siapa
> tau ?!
>
> *3 grup formula hanya untuk membentuk LABEL Kolom dan  LABEL Baris*
> Di sini FungsiCEILING dan MOD dimanfaatkan untuk dijadikan IndexBaris
> agar sanggup merujuk datta yg seperti berulang-ulang dengan interval
> tertentu
> Misal seperti ini:
>   =INDEX($B$8:$B$11,CEILING(ROW(1:1),3)/3)
>   =INDEX($C$7:$E$7,MOD(ROW(1:1)-1,3)+1)
>
> *1 grup formula untk merujuk datavalues di TabelASAL*.
> =OFFSET($B$7,
>       MATCH($U8,$B$8:$B$11,0),
>       MATCH(W$6,$C$6:$K$6,0)+MATCH($V8,$C$7:$E$7,0)-1,
>   1)
>
>
> wassalam...
> o'Seno
>
>
>
> 2011/12/19 Nathan Tama <nathan.tama@...>
>
> > **
> > Saya mohon bantuan untuk sebuah tabel data, ingin dirubah-rubah field
> > kolom/baris. (Lebih jelasnya, mohon lihat lampiran).
> > Untuk penyelesaian agar sesuai dgn model table data, formulanya gimana ya?
> > Bisakah pake pivot table?
> > Terimakasih sebelumnya,
> > salam
> > Nathan
> >
>
2f.

Re: Pakai formula atau pivot table?

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Mon Dec 19, 2011 7:07 pm (PST)



Kalo menurut kaidah database, diusahakan dalam satu field atau kolom berdata
type sama.
Contoh dalam field value sebaiknya nilainy tidak dicampur antara angka dan
huruf.

Sekedar saran aja....

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Nathan Tama
Sent: Tuesday, December 20, 2011 10:04 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Re: Pakai formula atau pivot table?

 
Dear suhu,

Ternyata setelah dipikir2, saia punya KEHENDAK LAIN, yaitu mengubah tabel
tadi menjadi TABEL BERKAIDAH DATABASE seperti yg dicontohkan suhu O'Seno.
Mohon bantuannya sekali lagi untuk jurus2nya.

Salam,
Nathan

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "o' Seno" <ontoseno84@...> wrote:
>
> Dengan formula:   masih bisa,
> walaupun sangat khusus ( = jika data sumber berubah urutan & susunan
> strukturnya) maka formula dijamin akan menghasilkan data yg "tidak
betoel")
>
> Dengan Pivot Tabel,
> data AbNormal seperti itu tidak memenuhi syarat per*-Pivot-Tabel-*an, he
> he.. ( tidak berkaidah database!) ..
> Harus di ubah dulu menjadi tabel Normal / "berBAU" aturan database...
> ( dulu di sini ada "embak-embak" yg sering bilang ogah pakai Pivot  becoz
> takut pipinya komvot, kemana dia sekarang ya...)
>
>
> Mohon dilihat langsung ke TKP, barangkali seperti itu yg di-mau, ya siapa
> tau ?!
>
> *3 grup formula hanya untuk membentuk LABEL Kolom dan  LABEL Baris*
> Di sini FungsiCEILING dan MOD dimanfaatkan untuk dijadikan IndexBaris
> agar sanggup merujuk datta yg seperti berulang-ulang dengan interval
> tertentu
> Misal seperti ini:
>   =INDEX($B$8:$B$11,CEILING(ROW(1:1),3)/3)
>   =INDEX($C$7:$E$7,MOD(ROW(1:1)-1,3)+1)
>
> *1 grup formula untk merujuk datavalues di TabelASAL*.
> =OFFSET($B$7,
>       MATCH($U8,$B$8:$B$11,0),
>       MATCH(W$6,$C$6:$K$6,0)+MATCH($V8,$C$7:$E$7,0)-1,
>   1)
>
>
> wassalam...
> o'Seno
>
>
>
> 2011/12/19 Nathan Tama <nathan.tama@...>
>
> > **
> > Saya mohon bantuan untuk sebuah tabel data, ingin dirubah-rubah field
> > kolom/baris. (Lebih jelasnya, mohon lihat lampiran).
> > Untuk penyelesaian agar sesuai dgn model table data, formulanya gimana
ya?
> > Bisakah pake pivot table?
> > Terimakasih sebelumnya,
> > salam
> > Nathan
> >
>

2g.

Re: Pakai formula atau pivot table?

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Mon Dec 19, 2011 11:12 pm (PST)



cara cepat-nya mungkin begini

(maaf ikut nimbrung, mas OntoSeno-nya lagi "pulang ndeso" ama Gatotkaca...)

Sub Menormalkantabel_Jilid27()
'--------------------------------------------
' mengkonversi struktur tabel menjadi normal
' indri Hapsari //20 Dec 2011
' BeExcel Case # 14751
'-------------------------------------------
Dim Abnorm As Range, Normal As Range, Head
Dim i As Integer, n As Long, r As Long

Head = Split("Emiten,Data,Tahun,Nilai", ",")
Set Abnorm = Sheets("Sheet1").Range("B2").CurrentRegion
Set Normal = Sheets("Sheet2").Range("A2")
Normal.Parent.Activate

Application.Calculation = xlCalculationManual
Application.ScreenUpdating = False

For i = 0 To UBound(Head): Normal(0, i + 1) = Head(i): Next

* For n = 3 To Abnorm.Rows.Count*
* For i = 2 To Abnorm.Columns.Count*
* r = r + 1*
* Normal(r, 1) = Abnorm(n, 1)*
* Normal(r, 2) = Abnorm(1, i)*
* Normal(r, 3) = Abnorm(2, i)*
* Normal(r, 4) = Abnorm(n, i)*
* Next i*
* Next n*

Application.ScreenUpdating = True
Application.Calculation = xlCalculationAutomatic
MsgBox "Selesai.." & vbCrLf & "Begini 'kan yg Boss !", 64,
ThisWorkbook.Name

End Sub

Seperti saran mas Zainul, data kolom terakhir kalau mau disebut sbg
"berkaidah database "
harus data yg typenya sama, jangan "rucahan" seperti itu..

iHaps.

2011/12/20 Nathan Tama <nathan.tama@yahoo.com>

> **
> Ternyata setelah dipikir2, saia punya KEHENDAK LAIN, yaitu mengubah tabel
> tadi menjadi TABEL BERKAIDAH DATABASE seperti yg dicontohkan suhu O'Seno.
> Mohon bantuannya sekali lagi untuk jurus2nya.
> Salam,
> Nathan
>

> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "o' Seno" <ontoseno84@...> wrote:
> > Dengan formula: masih bisa,
> > walaupun sangat khusus ( = jika data sumber berubah urutan & susunan
> > strukturnya) maka formula dijamin akan menghasilkan data yg "tidak
betoel")
> >
> > Dengan Pivot Tabel,
> > data AbNormal seperti itu tidak memenuhi syarat per*-Pivot-Tabel-*an, he
> > he.. ( tidak berkaidah database!) ..
> > Harus di ubah dulu menjadi tabel Normal / "berBAU" aturan database...
> > ( dulu di sini ada "embak-embak" yg sering bilang ogah pakai Pivot
becoz
> > takut pipinya komvot, kemana dia sekarang ya...)
> >
> > wassalam...
> > o'Seno
3.

Copy/Convert data '.prn' dari aplikasi under DOS ke dlm excel

Posted by: "sin.ur4t" sin.ur4t@yahoo.com   sin.ur4t

Mon Dec 19, 2011 12:37 pm (PST)



Salam Be-excel..

Kami memiliki sekumpulan series data dlm file berekstensi '.prn' yg bersumber dari suatu aplikasi under DOS. Bagaimana cara mengambil dan memindahkan data tsb ke dlm excel?? Atau, adakah aplikasi converter-nya??
Mohon dibantu, terima kasih sebelumnya.

Salam..

Imam F. Sinurat - Sumut

4a.

Re: RUMUS IF(ISNA(VLOOKUP

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Dec 19, 2011 2:34 pm (PST)



Dear Harry,

Sebaiknya mulai mengubah data menjadi berorientasi vertikal ketimbang
horisontal. Hal ini akan memudahkan dan mempercepat proses penyusunan
berbagai macam laporan atau output lainnya.

Regards,
Kid.

2011/12/17 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Berdasarkan rumus IF(ISNA(VLOOKUP yang saya ketahui, maka saya membuat
> sebagaimana file terlampir. Pada rumus IF(ISNA(VLOOKUP yang saya fungsikan
> pada situasi tersebut hanya berfungsi jika 1 user peminjam hanya meminjam 1
> (satu) buku sedangkan pada kolom yang telah disiapkan memuat 5 (lima) buku.
>
> Jika pada kolom yang disiapakan hanya berisi peminjaman 1 (satu) buku,
> berarti untuk melakukan pencetakan (Print) �Form Pemijaman Buku�, saya
> hanya cukup mengganti No. Regsitrasi yang ingin saya print (maksimal 10
> Buku untuk 1 (satu) kali Print).
> Pertanyaan saya adalah: Bagaimana jika masing-masing user meminjam dengan
> nominal jumlah buku (yang dipinjam) berbeda�???
>
> Pada contoh terlampir, user a/n Harry dan Dani meminjam 1 buku jadi
> otomatis posisinya berada pada ROW 4 & 5. Bagaimana cara dan rumusnya jika
> user a/n Andri yang meminjam 2 (dua) buku berada pada ROW 6 & 7, user a/n
> Eka yang meminjam 3 (tiga) buku berada pada posisi ROW 8, 9 & 10�??? dst.
>
> Mohon pencerahannya.
>
> Terima kasih,
>
>
> Harry
>
>
>
>
5a.

Fwd: User form bertambah sesuai population.xlsm

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Dec 19, 2011 5:57 pm (PST)



Dari member yang ingin berbagi kasus.

---------- Forwarded message ----------
Date: 2011/12/20
Subject: User form bertambah sesuai population.xlsm

Dear pakar excel
mohon scrip macro user dan module untuk vb excelnya
data dan keterangan terlampir
trimakasih
5b.

Re: Fwd: User form bertambah sesuai population.xlsm

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Mon Dec 19, 2011 10:10 pm (PST)




Saran saya gunakan saja Access ( belajar-access di yahoo groups ).Tapi saya bertanya sedikit ttg :1. Volume berasal dari sheet Vessel , tergantung isian tanggal ( tanggal awal tiap minggu )

1-Dec-11
7-Dec-11





Lokasi


Code DT
11-2 de
9-R
Bimo
9-1


TR-2001
24
22
24
21


TR-2002
24
22
24
21


TR-2003
24
22
24
21


TR-2004
24
22
24
21


TR-2005
24
22
24
21


TR-2006
24
22
24
21


TR-2007
24
22
24
21


TR-2008
24
22
24
21


TR-2009
24
22
24
21


TR-2010
24
22
24
21


TR-2011
24
22
24
21


TR-2012
24
22
24
21


TR-2013
24
22
24
21


jika pilih Code DT --> TR-2011 ( pada list box di user form ) maka nilai volume ?2. List Location di isi apa ?3. Page sebanyak data Excavator untuk apa ( data nya dari sheet apa ? lalu untuk mengisi sheet apa ?)4. Tiap page ( misal Ex-2001 ) berisi : 4.1 List Box ( untuk diisi Code-DT) 4.2 Trip 4.3 volume 4.4 Location sebanyak data apa ? apa tidak bisa dibuat 1 baris saja , lalu disimpan di worksheet tertentu



To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: mr.nmkid@gmail.com
Date: Tue, 20 Dec 2011 08:57:16 +0700
Subject: [belajar-excel] Fwd: User form bertambah sesuai population.xlsm

Dari member yang ingin berbagi kasus.

---------- Forwarded message ----------
Date: 2011/12/20
Subject: User form bertambah sesuai population.xlsm

Dear pakar excelmohon scrip macro user dan module untuk vb excelnyadata dan keterangan terlampirtrimakasih

6a.

Help, kadang error, kadang tidak

Posted by: "Aliif Akbar" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Mon Dec 19, 2011 7:00 pm (PST)



Selamat pagi,

Rekan BeExcel,
Apa kaabar?
Program macro yg saya buat, itu kadang bisa di jalankan dengan lancar, kadang juga error,
Mengapa demikian?
Mohon bantuannya,
Terimakasih,

Asror

6b.

Re: Help, kadang error, kadang tidak

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Mon Dec 19, 2011 7:22 pm (PST)



Ada 2 hal yang masih perlu ditambahkan/dijelaskan :
1. Lampiran file yang berisi Macro
2. Kadang jalan kadang error, apakah di komputer yang sama dengan versi Excel yang sama ?

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Aliif Akbar <asrorcakep@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 20 December 2011, 9:56
Subject: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak


 
Selamat pagi,

Rekan BeExcel,
Apa kaabar?
Program macro yg saya buat, itu kadang bisa di jalankan dengan lancar, kadang juga error,
Mengapa demikian?
Mohon bantuannya,
Terimakasih,

Asror

6c.

Re: Help, kadang error, kadang tidak

Posted by: "Aliif Akbar" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Mon Dec 19, 2011 7:23 pm (PST)



Info tambahan : pesan yang muncul :

Run-time error '429':

ActiveX component can't create object
Terimakasih,

Asr

-----Original Message-----
From: "Aliif Akbar" <asrorcakep@yahoo.com>
Date: Tue, 20 Dec 2011 02:56:24
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: asrorcakep@yahoo.com
Subject: Help, kadang error, kadang tidak

Selamat pagi,

Rekan BeExcel,
Apa kaabar?
Program macro yg saya buat, itu kadang bisa di jalankan dengan lancar, kadang juga error,
Mengapa demikian?
Mohon bantuannya,
Terimakasih,

Asror

6d.

Re: Help, kadang error, kadang tidak

Posted by: "Aliif Akbar" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Mon Dec 19, 2011 8:34 pm (PST)



Mohon maaf, file menggunakan makro, ini tidak bsa di attachment karena terlalu besar, ketika error, di debug, itu kata yang menjadi kuning adalah welcome.show,
Namun ketika dicoba lagi, ini dpat berjalan lancar tanpa ada error,
Ini baru dipake di komputer 1 dan belum di coba di komputer lain,..
Terimakasih,

Asror

-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 19 Dec 2011 19:22:02
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak

Ada 2 hal yang masih perlu ditambahkan/dijelaskan :
1. Lampiran file yang berisi Macro
2. Kadang jalan kadang error, apakah di komputer yang sama dengan versi Excel yang sama ?

Salam,
Hendrik Karnadi


________________________________
From: Aliif Akbar <asrorcakep@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 20 December 2011, 9:56
Subject: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak


 
Selamat pagi,

Rekan BeExcel,
Apa kaabar?
Program macro yg saya buat, itu kadang bisa di jalankan dengan lancar, kadang juga error,
Mengapa demikian?
Mohon bantuannya,
Terimakasih,

Asror



6e.

Re: Help, kadang error, kadang tidak

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Dec 19, 2011 8:37 pm (PST)



Coba Pak Asror, bagian welcome.show diubah menjadi :

on error resume next
welcome.show
err.clear
on error goto 0

Kid.

2011/12/20 Aliif Akbar <asrorcakep@yahoo.com>

> **
>
>
> ** Mohon maaf, file menggunakan makro, ini tidak bsa di attachment karena
> terlalu besar, ketika error, di debug, itu kata yang menjadi kuning adalah
> welcome.show,
> Namun ketika dicoba lagi, ini dpat berjalan lancar tanpa ada error,
> Ini baru dipake di komputer 1 dan belum di coba di komputer lain,..
> Terimakasih,
>
> Asror
> ------------------------------
> *From: * hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Mon, 19 Dec 2011 19:22:02 -0800 (PST)
> *To: *belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak
>
>
>
> Ada 2 hal yang masih perlu ditambahkan/dijelaskan :
> 1. Lampiran file yang berisi Macro
> 2. Kadang jalan kadang error, apakah di komputer yang sama dengan versi
> Excel yang sama ?
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
> ------------------------------
> *From:* Aliif Akbar <asrorcakep@yahoo.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Tuesday, 20 December 2011, 9:56
> *Subject:* [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak
>
>
> Selamat pagi,
>
> Rekan BeExcel,
> Apa kaabar?
> Program macro yg saya buat, itu kadang bisa di jalankan dengan lancar,
> kadang juga error,
> Mengapa demikian?
> Mohon bantuannya,
> Terimakasih,
>
> Asror
>
>
>
>
>
6f.

Re: Help, kadang error, kadang tidak

Posted by: "Aliif Akbar" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Mon Dec 19, 2011 10:10 pm (PST)



Dear,
Masih error dan kadang tidak error,
Berikut module yang error.

Private Sub cmdbtn_click()
Application.wondowState = xlMinimized
On Error Resume Next
Welcome.show vbModeless
Err.Clear
On Error goTo 0
End sub

Pada tulisan welcome.show vbModeless itu menjadi kuning?

Mohon dibantu,
Terimakasih.

Asr

-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 20 Dec 2011 11:36:58
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak

Coba Pak Asror, bagian welcome.show diubah menjadi :

on error resume next
welcome.show
err.clear
on error goto 0

Kid.

2011/12/20 Aliif Akbar <asrorcakep@yahoo.com>

> **
>
>
> ** Mohon maaf, file menggunakan makro, ini tidak bsa di attachment karena
> terlalu besar, ketika error, di debug, itu kata yang menjadi kuning adalah
> welcome.show,
> Namun ketika dicoba lagi, ini dpat berjalan lancar tanpa ada error,
> Ini baru dipake di komputer 1 dan belum di coba di komputer lain,..
> Terimakasih,
>
> Asror
> ------------------------------
> *From: * hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Mon, 19 Dec 2011 19:22:02 -0800 (PST)
> *To: *belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak
>
>
>
> Ada 2 hal yang masih perlu ditambahkan/dijelaskan :
> 1. Lampiran file yang berisi Macro
> 2. Kadang jalan kadang error, apakah di komputer yang sama dengan versi
> Excel yang sama ?
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
> ------------------------------
> *From:* Aliif Akbar <asrorcakep@yahoo.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Tuesday, 20 December 2011, 9:56
> *Subject:* [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak
>
>
> Selamat pagi,
>
> Rekan BeExcel,
> Apa kaabar?
> Program macro yg saya buat, itu kadang bisa di jalankan dengan lancar,
> kadang juga error,
> Mengapa demikian?
> Mohon bantuannya,
> Terimakasih,
>
> Asror
>
>
>
>
>

6g.

Re: Help, kadang error, kadang tidak

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Mon Dec 19, 2011 11:07 pm (PST)




Application.wondowState = xlMinimized
jadi :Application.windowState = xlMinimized

apa form Welcome ada ? cek dgn ketik [Alt] bersama sama dgn [F11] . lalu [Ctrl] bersama dgn [R] . ada object tree , dan perhatikan dibawah dari sub induk Forms apa ada WelcomeTo: belajar-excel@yahoogroups.com
From: asrorcakep@yahoo.com
Date: Tue, 20 Dec 2011 04:59:05 +0000
Subject: Re: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak

Dear,
Masih error dan kadang tidak error,
Berikut module yang error.

Private Sub cmdbtn_click()
Application.wondowState = xlMinimized
On Error Resume Next
Welcome.show vbModeless
Err.Clear
On Error goTo 0
End sub

Pada tulisan welcome.show vbModeless itu menjadi kuning?

Mohon dibantu,
Terimakasih.

Asr
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 20 Dec 2011 11:36:58 +0700To: <belajar-excel@yahoogroups.com>ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak

Coba Pak Asror, bagian welcome.show diubah menjadi :

on error resume next
welcome.show
err.clear
on error goto 0

Kid.

2011/12/20 Aliif Akbar <asrorcakep@yahoo.com>

Mohon maaf, file menggunakan makro, ini tidak bsa di attachment karena terlalu besar, ketika error, di debug, itu kata yang menjadi kuning adalah welcome.show,
Namun ketika dicoba lagi, ini dpat berjalan lancar tanpa ada error,

Ini baru dipake di komputer 1 dan belum di coba di komputer lain,..
Terimakasih,

Asror
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 19 Dec 2011 19:22:02 -0800 (PST)To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>

ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak

Ada 2 hal yang masih perlu ditambahkan/dijelaskan :1. Lampiran file yang berisi Macro

2. Kadang jalan kadang error, apakah di komputer yang sama dengan versi Excel yang sama ?
Salam,Hendrik Karnadi


From: Aliif Akbar <asrorcakep@yahoo.com>

To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 20 December 2011, 9:56

Subject: [belajar-excel] Help, kadang
error, kadang tidak


Selamat pagi,

Rekan BeExcel,

Apa kaabar?

Program macro yg saya buat, itu kadang bisa di jalankan dengan lancar, kadang juga error,

Mengapa demikian?

Mohon bantuannya,

Terimakasih,

Asror

6h.

Re: Help, kadang error, kadang tidak

Posted by: "Aliif Akbar" asrorcakep@yahoo.com   asrorcakep

Mon Dec 19, 2011 11:39 pm (PST)



Form welcome sudah ada pak,...
Tapi ketika di run, kadang jalan, kadang tidak bisa gitu,... :(
Terimakasih,

Asr
-----Original Message-----
From: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 20 Dec 2011 06:26:52
To: Belajar-Excel Yahoo Groups<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak


Application.wondowState = xlMinimized
jadi :Application.windowState = xlMinimized

apa form Welcome ada ? cek dgn ketik [Alt] bersama sama dgn [F11] . lalu [Ctrl] bersama dgn [R] . ada object tree , dan perhatikan dibawah dari sub induk Forms apa ada WelcomeTo: belajar-excel@yahoogroups.com
From: asrorcakep@yahoo.com
Date: Tue, 20 Dec 2011 04:59:05 +0000
Subject: Re: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak









































Dear,
Masih error dan kadang tidak error,
Berikut module yang error.

Private Sub cmdbtn_click()
Application.wondowState = xlMinimized
On Error Resume Next
Welcome.show vbModeless
Err.Clear
On Error goTo 0
End sub

Pada tulisan welcome.show vbModeless itu menjadi kuning?

Mohon dibantu,
Terimakasih.

Asr
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 20 Dec 2011 11:36:58 +0700To: <belajar-excel@yahoogroups.com>ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak








Coba Pak Asror, bagian welcome.show diubah menjadi :

on error resume next
welcome.show
err.clear
on error goto 0

Kid.

2011/12/20 Aliif Akbar <asrorcakep@yahoo.com>








































Mohon maaf, file menggunakan makro, ini tidak bsa di attachment karena terlalu besar, ketika error, di debug, itu kata yang menjadi kuning adalah welcome.show,
Namun ketika dicoba lagi, ini dpat berjalan lancar tanpa ada error,


Ini baru dipake di komputer 1 dan belum di coba di komputer lain,..
Terimakasih,

Asror
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 19 Dec 2011 19:22:02 -0800 (PST)To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>

ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Help, kadang error, kadang tidak








Ada 2 hal yang masih perlu ditambahkan/dijelaskan :1. Lampiran file yang berisi Macro

2. Kadang jalan kadang error, apakah di komputer yang sama dengan versi Excel yang sama ?
Salam,Hendrik Karnadi


From: Aliif Akbar <asrorcakep@yahoo.com>


To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 20 December 2011, 9:56


Subject: [belajar-excel] Help, kadang
error, kadang tidak























Selamat pagi,



Rekan BeExcel,

Apa kaabar?

Program macro yg saya buat, itu kadang bisa di jalankan dengan lancar, kadang juga error,

Mengapa demikian?

Mohon bantuannya,

Terimakasih,



Asror


















































































6i.

Re: Help, kadang error, kadang tidak

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Dec 19, 2011 11:41 pm (PST)



Coba, jika muncul error dan ada pilihan Debug, tekan Debug.
kemudian setelah masuk ke baris yang diblok kuning, tekan F8 sampai bertemu
penyebab utamanya.

Jika bisa, lampirkan prosedur Form Initialize atau form activate nya ke
milis.

Kid.

2011/12/20 Aliif Akbar <asrorcakep@yahoo.com>

> **
>
>
> ** Form welcome sudah ada pak,...
> Tapi ketika di run, kadang jalan, kadang tidak bisa gitu,... :(
> Terimakasih,
>
> Asr
> ------------------------------
>
>
7a.

Re: Menambah ROW dengan Automatic

Posted by: "Sugeng Subagio" sugsuek96@gmail.com

Mon Dec 19, 2011 10:10 pm (PST)



Mas or Mbak I Haps,
Terima kasih atas masukannya. Mengenai nama Coba1, maaf saya salah menamai
karena ini sama dengan file sebelumnya. Sebenarnya saya inginkan untuk
menambah Row baru di file yang saya drag. Biasanya kan kalau di drug
kemudian click kanan terus kita insert, maka akan muncul ROW baru sesuai
dengan row yang kita drug. Terus kalau kita click satu ROW, misalkan A2,
maka akan muncul ROW baru di bawah A2. Nach, saya ingin menyisipkan Row
kosong A2,A3,A4 dan seterusnya tanpa harus menglick satu persatu. Inikan
nantinya akan memakan waktu. Mohon maaf sekiranya pertanyaan dari saya agak
membingungkan, maklum pemula :)

regard's
Sugeng

2011/12/19 i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> Drag And Drop<http://www.dummies.com/how-to/content/using-drag-and-drop-in-excel-2007.html>
> Mohon maaf saya belum mengetahui benar,maksud pertanyaan.
>
> Terima kasih, Pak Sugeng dengan bagus telah menggambarkan Range yg akan di
> SERET (GESER)
> / di - D R A G, yaitu baris 3 sampai baris 6 (entireRow)
> Tetapi di-seret-nya ke arah mana?, kemudian setelah di DROP di
> range-tujuan; gambaran hasil yg
> diinginkan seperti apa ??
>
> ( Catatan, kalau ndak salah: dengan Selected Range berupa ENTIRE ROW
> seperti itu, maka
> Selected-Range itu hanya bisa di-DRAG ke arah ATAS atau BAWAH (tidak bisa
> ke arah Kanan atau Kiri),
> karena *lebar *SelectedRange sudah sama dgn Jumlah Kolom yg ada pada
> sheet yg sedang diobok-obok..)
>
> Dalam penjelasannya, pak Sugeng menginginkan ketika se-Area range (dlm
> ukuran Entire Row) *di DRAG*
> *tanpa di DROP, (jadi ada proses yg belum selesai)* maka antara cell A3
> dan A4 disisipkan BARIS BARU
> secara otomatis.
> Permintaan ini (khusus bagi saya) belum dapat tertangkap maksudnya
>
> Atau..
> Mungkin yg dimaksud *bukan menggeser Range yg telah diblok*, melainkan
> menggeser (drag)
> *Fill-Handle* yg ada pada Selected Range tsb ??
> Mohan tambahan penjelasan pak Sugeng;
>
> atau pak Sugeng punya arti tersendiri untuk istilah *"DRUG"* itu ?
> Jangan-jangan Istilah yg bapak gunakan (DRUG) ternyata lain sama sekali
> dengan DRAG & DROP <http://en.wikipedia.org/wiki/Drag-and-drop> yg
> saya duga / "tebak" di atas.
>
> Walaupun begitu, ini dicoba membuat mainan:
>
> *Otomatis menyisipkan baris baru *
> *JIKA :*
> - terjadi SELECTION *(bukan terjadi DRAG / DRUG(?)*
> di mana selected range berukuran MINIMAL 2 BARIS, dan
> JUMLAH KOLOM nya = sebaris PENUH (sebanyak kolom yg ada di sheet) /
> (EntireRow)
>
> Mohon dicoba, misalnya dengan *MenSelect / mengeBlok :* Header Baris 2
> sampai 7
> Mainan spt ini menurut pendapatku harus dibantu makro, yg kira-kira spt
> ini coding-nya
>
> Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
> ' coded by indri hapsari
> ' smg, dec 19, 2011, after-subuhan-prayer-time
> '---------------------------------------------
> If Target.Columns.Count = Columns.Count Then
> If Target.Rows.Count > 1 Then
> Target(2, 1).EntireRow.Insert
> End If
> End If
> End Sub
>
>
> -iHaps-
>
> catatan:
> Tidak semua excel bisa diajak ber Drag & Drop, karena setiap pemakai excel bebas
> menentukan
> preferensinya sendiri, misalnya : "tak-ingin ada operasi draft & drop menghasilkan
> pemndahan &
> pengcopyan data di excel nya"
> Lihat "Excel Options" >> Tab Advance > checkbox "Enable *Fill Handale* and
> * 'Drag-and-Drop*'
> [image: fill handel & cell drag and drop.PNG]
>
>
>
>
> 2011/12/18 Sugeng Subagio <sugsuek96@gmail.com>
>
>> **
>>
>> Selamat malam,
>> Saya ingin menambahkan ROW secara auto tanpa manual. Kalau saya *drug *maka
>> secara automatic ROW baru akan muncul diatasnya. Yang saya inginkan adalah
>> dengan menambahkan ROW baru diantara A3,A4 dan seterusnya. Untuk itu saya
>> tambahkan attachment sebagai bahan referensi. Atas bantuannya saya ucapkan
>> terima kasih.
>>
>> Wass,
>> Sugeng
>>
>>
7b.

Re: Menambah ROW dengan Automatic

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Mon Dec 19, 2011 11:00 pm (PST)



Barangkali bisa anda gunakan Macro ini :
Sub InsertRow_Otomatis()
    Selection.EntireRow.Insert
End Sub

Selection adalah sel atau range yang  anda pilih (blok).

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Sugeng Subagio <sugsuek96@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 20 December 2011, 13:07
Subject: Re: [belajar-excel] Menambah ROW dengan Automatic


 
Mas or Mbak I Haps,
Terima kasih atas masukannya. Mengenai nama Coba1, maaf saya salah menamai karena ini sama dengan file sebelumnya. Sebenarnya saya inginkan untuk menambah Row baru di file yang saya drag. Biasanya kan kalau di drug kemudian click kanan terus kita insert, maka akan muncul ROW baru sesuai dengan row yang kita drug. Terus kalau kita click satu ROW, misalkan A2, maka akan muncul ROW baru di bawah A2. Nach, saya ingin menyisipkan Row kosong A2,A3,A4 dan seterusnya tanpa harus menglick satu persatu. Inikan nantinya akan memakan waktu. Mohon maaf sekiranya pertanyaan dari saya agak membingungkan, maklum pemula :)

regard's
Sugeng

2011/12/19 i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

Drag And Drop
>Mohon maaf saya belum mengetahui benar,maksud pertanyaan.
>
>
>Terima kasih, Pak Sugeng dengan bagus telah menggambarkan Range yg akan di SERET (GESER) 
>/ di - D R A G, yaitu baris 3 sampai baris 6 (entireRow)
>Tetapi di-seret-nya ke arah mana?, kemudian setelah di DROP di range-tujuan; gambaran hasil yg 
>diinginkan seperti apa ??
>
>
>( Catatan, kalau ndak salah: dengan Selected Range berupa ENTIRE ROW seperti itu, maka 
>Selected-Range itu hanya bisa di-DRAG ke arah ATAS atau BAWAH (tidak bisa ke arah Kanan atau Kiri), 
>karena lebar SelectedRange sudah sama dgn Jumlah Kolom yg ada pada sheet yg sedang diobok-obok..)
>
>
>Dalam penjelasannya, pak Sugeng menginginkan ketika se-Area range (dlm ukuran Entire Row) di DRAG
>tanpa di DROP, (jadi ada proses yg belum selesai) maka antara cell A3 dan A4 disisipkan BARIS BARU
>secara otomatis. 
>Permintaan ini (khusus bagi saya) belum dapat tertangkap maksudnya
>
>
>Atau..
>Mungkin yg dimaksud bukan menggeser Range yg telah diblok, melainkan menggeser (drag)
>Fill-Handle yg ada pada Selected Range tsb ??
>Mohan tambahan penjelasan pak Sugeng; 
>
>
>atau pak Sugeng punya arti tersendiri untuk istilah "DRUG"itu ? 
>Jangan-jangan Istilah yg bapak gunakan (DRUG) ternyata lain sama sekali dengan DRAG & DROPyg 
>saya duga / "tebak" di atas.
>
>
>Walaupun begitu, ini dicoba membuat mainan: 
>
>
>Otomatis menyisipkan baris baru 
>JIKA :
>- terjadi SELECTION (bukan terjadi DRAG / DRUG(?)
>  di mana selected range berukuran MINIMAL 2 BARIS, dan 
>  JUMLAH KOLOM nya  = sebaris PENUH  (sebanyak kolom yg ada di sheet) / (EntireRow)
>
>
>Mohon dicoba, misalnya dengan MenSelect / mengeBlok : Header Baris 2 sampai 7
>Mainan spt ini menurut pendapatku harus dibantu makro, yg  kira-kira spt ini coding-nya
>
>
>Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
>' coded by indri hapsari 
>' smg, dec 19, 2011, after-subuhan-prayer-time
>'---------------------------------------------
>If Target.Columns.Count = Columns.Count Then
>If Target.Rows.Count > 1 Then
>Target(2, 1).EntireRow.Insert
>End If
>End If
>End Sub
>
>
>
>
>-iHaps-

>catatan:
>Tidak semua excel bisa diajak ber Drag & Drop, karena setiap pemakai excel bebas menentukan 
>preferensinya sendiri, misalnya : "tak-ingin ada operasi draft & drop menghasilkan pemndahan & 
>pengcopyan data di excel nya"
>Lihat "Excel Options" >> Tab Advance > checkbox "Enable Fill Handale and'Drag-and-Drop'
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>2011/12/18 Sugeng Subagio <sugsuek96@gmail.com>
>
>
>>Selamat malam,
>>Saya ingin menambahkan ROW secara auto tanpa manual. Kalau saya drug maka secara automatic ROW baru akan muncul diatasnya. Yang saya inginkan adalah dengan menambahkan ROW baru diantara A3,A4 dan seterusnya. Untuk itu saya tambahkan attachment sebagai bahan referensi. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
>>
>>Wass,
>>Sugeng
>>
>>
>>

8a.

mau tanya dong..

Posted by: "dian cahyadi" penyok2000@yahoo.co.id   penyok2000

Mon Dec 19, 2011 10:47 pm (PST)



dear master excel semuanya
mau tanya dong kalo mau bikin pict ato photo
yang bisa berubah2 sesuai pilihan yang kita buat
gimana caranya ya ?

Terimakasih
8b.

Re: mau tanya dong..

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Mon Dec 19, 2011 11:15 pm (PST)



Saya coba forward salah satu contoh dari salah satu Master dalam milis ini.
Semoga sesuai kebutuhan.

Caranya:
Jangan langsung buka dari file .rarnya tetapi extract dulu ke salah satu folder, mis D:\

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: dian cahyadi <penyok2000@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 20 December 2011, 13:47
Subject: [belajar-excel] mau tanya dong..


 
dear master excel semuanya
mau tanya dong kalo mau bikin pict ato photo
yang bisa berubah2 sesuai pilihan yang kita buat
gimana caranya ya ?

Terimakasih

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Mental Health

Learn More

Yahoo! Groups

Small Business Group

Improve your business

by community exchange

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar