Rabu, 07 Desember 2011

]] XL-mania [[ Digest Number 2301

Messages In This Digest (11 Messages)

Messages

1.

Macro Error

Posted by: "Adi Sukartya" adi_on_g@yahoo.co.id   adi_on_g

Tue Dec 6, 2011 9:24 am (PST)



halo, permisi, mau tanya dong...

kan gini, saya udh buat macro di win XP, tp pas mau dijalanin di komputer lain dgn OS yg berbeda (vista & win 7)
kok error yah, dan ada beberapa fungsi yg ga jalan...
tapi pas di win XP lancar2 ajah...
kira2 apa yg salah yah...
apa setiap OS berbeda rumusnya atau gmn?
thx
2.

COUNT IF

Posted by: "akselcibubur" akselcibubur@yahoo.co.id   akselcibubur

Tue Dec 6, 2011 9:26 am (PST)



Assalamualaikum,

abang, none, ncang-ncing nyak babeh.
saya boleh nanya kan.
Saya kerja di tempat bimbingan belajar sebagai yang mengatur jadwalnya. Trus saya sering mengalami kesulitan ketika membuat laporan akhirnya. yaitu saya harus menghitung jumlah sesi mengajar setiap pengajar selama satu semester.
saya membuat form sheetnya itu menurun kebawah, jadi 1 sheet itu menampung data dari berbagai lokasi.
misalkan.
lokasi a
SD : maa|idw|pzz
byu|maa|byu
dst
smp: sua|faa|mtr
dst
sma: kdw|een|fyu
dst

lokasi b
SD : ish|bny|mtr
dst
SMP: dst
SMA: dst

seperti ini contohnya, nah, ketika saya mau hitung keseluruhan lokasi saya dengan mudah bisa menghitung dengan memakai countif(cell,"maa") misalkan. lalu muncullah hasilnya.
tapi yang bikin saya sulit adalah menghitung per jenjang : misalkan di SD berapa, di SMP berapa, di SMA berapa.
saya coba akalin dengan saya hide dan pakai rumus yang sama, ternyata yang saya hide juga kehitung juga.
saya coba akalin pakai format cell, custom, tambahin karakter gag di setiap jenjang, gag bisa karena dia teks bukan angka.
GIMANA ya caranya, ada yang tau? coz kalau saya harus pakai cari tambah cell SD a + cell SD b kaya gitu panjang banget. Trims.

3a.

Re: mencari pemakaian barang

Posted by: "zenislev_ydw@yahoo.com" zenislev_ydw@yahoo.com   zenislev_ydw

Tue Dec 6, 2011 9:28 am (PST)



Saya coba tapi kemampuan saya msh level beginner, jadi rumus nya tidak bisa langsung. Silahkan di lihat, saya lampirkan file excelnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: candrasigit_MC@yamaha-motor.co.id
Sender: XL-mania@yahoogroups.com
Date: Fri, 2 Dec 2011 13:33:52
To: <XL-mania@yahoogroups.com>
Reply-To: XL-mania@yahoogroups.com
Subject: ]] XL-mania [[ mencari pemakaian barang

Salam kenal pada master excel,

Saya ada kasus untuk mengambil data pemakaian barang nihh…
saya sudah coba puter-puter rumusnya dan cari dari file-file xl-mania
yang lama, tapi tidak ketemu juga formulanya…
Jika-jika para pakar2 excel berkenan memberikan pencerahan...minta
bantu diturunkan ilmunya...karena data yang saya olah ada ribuan data.

Terima kasih.

Candra Sigit






3b.

Re: mencari pemakaian barang

Posted by: "zenislev_ydw@yahoo.com" zenislev_ydw@yahoo.com   zenislev_ydw

Tue Dec 6, 2011 9:28 am (PST)



Maaf, salah kirim lampiran file excel. Saya attachkan file yg fix.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: candrasigit_MC@yamaha-motor.co.id
Sender: XL-mania@yahoogroups.com
Date: Fri, 2 Dec 2011 13:33:52
To: <XL-mania@yahoogroups.com>
Reply-To: XL-mania@yahoogroups.com
Subject: ]] XL-mania [[ mencari pemakaian barang

Salam kenal pada master excel,

Saya ada kasus untuk mengambil data pemakaian barang nihh…
saya sudah coba puter-puter rumusnya dan cari dari file-file xl-mania
yang lama, tapi tidak ketemu juga formulanya…
Jika-jika para pakar2 excel berkenan memberikan pencerahan...minta
bantu diturunkan ilmunya...karena data yang saya olah ada ribuan data.

Terima kasih.

Candra Sigit






3c.

Re: mencari pemakaian barang

Posted by: "jimmy sihombing" jhe.jimmy@gmail.com

Tue Dec 6, 2011 9:28 am (PST)



Dear Candra Sigit,

Saya bukan master, cuma penggemar excel. Saya punya jawaban 3 opsi spt yg
Anda inginkan (file terlampir), silahkan dipilih mana suka. Semoga ini yg
dimaksud.

Salam,

JHE

2011/12/2 <candrasigit_MC@yamaha-motor.co.id>

> Salam kenal pada master excel,
>
> Saya ada kasus untuk mengambil data pemakaian barang nihh�
> saya sudah coba puter-puter rumusnya dan cari dari file-file xl-mania
> yang lama, tapi tidak ketemu juga formulanya�
> Jika-jika para pakar2 excel berkenan memberikan pencerahan...minta
> bantu diturunkan ilmunya...karena data yang saya olah ada ribuan data.
>
> Terima kasih.
>
> Candra Sigit
>
>
>
>
>
>
4a.

Re: Remove duplicate diambil tingkat training tinggi

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Dec 6, 2011 9:28 am (PST)



Kalau boleh pakai SATU kolom bantu (untuk mempermudah penulisan maupun
pemahaman formula)
(Sebentar lagi tentunya akan ada member lain yg menawarkan rumus tanpa
formula/kolom bantu...)

1.
Array Formula misal ditulis di cell Q2, dicopy ke bawah sampai Q15
=MAX(IF($H$2:$H$15=H2,MATCH(TRIM(SUBSTITUTE($J$2:$J$15,"Tkt","")),ROMAN({1;2;3;4;5}),0)))

Tujuan formula ini memberi Nilai MAX Tingkat kepada setiap NAMA

2.
Kolom Hasil 1
misalnya ditulis di cell R2 (array formula hasil tunggal), lalu dicopy ke
bawah sampai menghasilkan #N/A
=INDEX(H$2:H$15,MATCH(0,COUNTIF(R$1:R1,H$2:H$15),0))

Hasil formula ini hanya menampilkan Daftar NAMA UNIQUE ( tidak perlu di
urutkan alfabetis)

3.
Kolom Hasil 2
misalnya ditulis di cell S2 (formula abal-abal), lalu dicopy ke bawah
sampai menghasilkan #N/A
="Tkt "&ROMAN(INDEX($Q$2:$Q$15,MATCH(R2,$H$2:$H$15,0)))

Formula ini mengkonversi nilai MAX (yg berupa angka desimal (bukan text
angka romawi) menjadi "Tkt " & Angka Romawi. Sedangkan yg diROMAWIkan
adalah nilai MAX tiap nama (ex rumus 1)

Di sini dapat kita rasakan, jika seandainya data [TINGKAT Training] (kolom
J) bukan ditulis dlm data TEXT (ada "Tkt " dan ditambah TEXT angka ROMAWI,
melainkan ditulis sebagai data Bilangan (1,2,3,4,5 dst); maka Pekerjaan
akan menjadi semakin ringkas dan mudah.

Sekali lagi terbukti bahwa dlm menyusun TABEL yg masih akan diolah lebih
lanjut, tahap perancangan tetap perlu
Angka yg nantinya akan di-nilai / di-evaluasi, sebaiknya berupa angka biasa
(basis desimal) bukan angka Aztex yg kita tidak kenali ataupun TEXT Angka
Romawi yg untuk mengevaluasinya diperlukan beberapa tingkat konversi lebih
dahulu.
Bukan tidak mungkin bahwa kesulitan pak/bu "Missmanagement" berawal dari
data yg masih perlu dikonversi tsb.

Demikian sambutan singkat kami pada majlis taklim ini, tak lupa kami mohon
dibukakan pintu maaf yg selebar-lebarnya jika ada salah kata, Ayu TingTing
rada kesel sama sodara, yang penting berexcel sambil bergembira...
terima kasih...
wassalamualaikum wr wb...

-indri-

2011/12/2 missmanagement <scsmi2002@yahoo.com>

> **
>
> Selamat sore.
> Para pakar excel, saya mohon bantuanya untuk menemukan pemecahan masalah
> excel yang saya alami.
> Saya mempunyai data Orang dengan tingkat Trainingnya
> Dimana 1 orang bisa training lebih dari 1 kali sehingga data orang
> tersebut bisa ada lebih dari 1 baris data.
> Saya sudah membuat rumus untuk remove duplicate (meskipun sebenarnya di
> excel 97 ada fasilitas tersebut)
> Masalahnya untuk mengambil data tingkat training belum saya dapat.
> Saya ingin tingkat training yang tampil adlaah yang tertinggi yang pernah
> orang tersebut ikuti.
>
> Misal seseorang sudah training Tkt 1 dan Tkt 2 maka yang diambil Tkt 2.
> untuk lebih jelasnya, sudi kiranya para pakar/suhu excel mau melihat
> permasalahan ini dalam file yang saya lampirkan.
> Terima kasih.
>
> Salam XL-Mania!
> John
>
>
5a.

Re: Apa bedanya pengunaan save as excel binary workbook dengan save

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Dec 6, 2011 9:28 am (PST)



ada beberapa contoh, barangkali (kalau berkenan) bisa dilihat-lihat
tetapi berhubung total volume-nya melebihi jatah lampiran ke milis
XL-mania, jadi saya
taruh di OnLineFolder saja, di sini:
http://www.box.com/s/of1dg7dr57zz5dbtlbdn

penjelasan xlsb vs xlsx bisa dibaca di banyak situs (termasuk di local help
excel kita)
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/cc313105(office.12).aspx
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/dd922181(v=office.12).aspx
http://www.pcreview.co.uk/forums/xlsx-vs-xlsb-format-preferably-and-t3752783.html

2011/12/5 Aziz Yudhistira Alaudin <aziz.yudhistira.alaudin@gmail.com>

> **
> Sekali waktu, aku utak-atik pada format penyimpanan excel, kalo save as
> excel workbook saya sudah tahu kegunaannya, begitu pun kalo save as excel
> macro sediktnya saya sudah tau kegunaannya. Tapi klo excel binary workbook,
> saya benar-benar ga tau. Jadi apa sih perbedaanya atau plus-minus
> masing-masing format penyimpaanan file tersebut yah..? Klo punya contohnya,
> lampirkan dong yang berformat excel binary tersebut yah....
>
> Aku tunggu urun ilmu dari para senior...
>
> Terima kasih sebelumnya...
>
6a.

Re: menghitung berapa kali terlambat masuk kerja selama sebulan

Posted by: "jimmy sihombing" jhe.jimmy@gmail.com

Tue Dec 6, 2011 9:29 am (PST)



Dear Ketut,

Gunakan rumus =COUNTIFS spt di bawah ini:

=COUNTIFS(D10:AE10,">=6:30 AM",D10:AE10,"<7:00 AM")

Salam,

JHE
2011/12/2 ketut santosa <ketutsantosa@gmail.com>

> **
>
>
> Dear XL Mania..mohon bantuan formula menghitung jumlah setiap orang yang
> telat,absent,pulang cepat.
> saya coba pakai count if malah yang outnya terhitung.
>
> rgd
> ketut
>
>
>
>
7a.

Re: Mencari 2 karakter angka di depan ditambah koma dan mencari data

Posted by: "Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_hap

Tue Dec 6, 2011 9:29 am (PST)



Formulanya: =GabungIf($C$4:$C$21,F4,$D$4:$D$21)

[image: GabungBersyarat.PNG]

Function GabungIf(Rang1 As Range, Krite As Range, _
Optional Rang2 As Range = Nothing, _
Optional Dlmtr As String = ",") As String
'---------------------------------------
' indrihapsari / courtesy of mbak siti
' UDF menggabung bersyarat
' XL-mania case # 19651
'---------------------------------------
Dim Cel As Range, Arunik As String, k As String, n As Long
If Rang2 Is Nothing Then Set Rang2 = Rang1
Arunik = "|"
For n = 1 To Rang1.Rows.Count
If Rang1(n, 1) = Krite Then
k = Left(Rang2(n, 1), 2)
If InStr(1, Arunik, "|" & k & "|", vbTextCompare) = 0 Then
Arunik = Arunik & k & "|"
End If
End If
Next n
GabungIf = Replace(Arunik, "|", Dlmtr)
If Len(GabungIf) > 0 Then _
GabungIf = Mid(GabungIf, 2, Len(GabungIf) - (2 * Len(Dlmtr)))
End Function

2011/12/6 ari <ari_mantap2000@yahoo.com>

> **
>
> Salam para pakar Excel,
> saya ari baru bergabung per tanggal 06-12-2011, langsung saja saya mau
> bertanya tentang formula untuk mencari 2 karakter angka di depan terus
> ditambah koma lalu mecari data berikutnya.. sudah coba pake "=left" tapi ga
> sesuai yang diinginkan, mohon bantuannya. "Xl-Mania OK"....
> Terimakasih XL - Mania, sangat ditunggu Formulanya.. :)
>
7b.

Re: Mencari 2 karakter angka di depan ditambah koma dan mencari data

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Dec 6, 2011 9:30 am (PST)



Hai Ari,

File terlampir memiliki syarat bahwa data nama harus terurut (sorted).

Regards,
Kid.

2011/12/6 ari <ari_mantap2000@yahoo.com>

> DATA
> Hasil yang diinginkan
8.

bagaimana cara mencari data sisa dan terpakai sesuai konfirmasinya

Posted by: "ari" ari_mantap2000@yahoo.com   ari_mantap2000

Tue Dec 6, 2011 9:31 am (PST)




Salam kepada para Master XL-Mania

Mohon bantuannya untuk pencerahan bagaimana cara mencari data sisa dan
terpakai sesuai konfirmasinya,

untuk jawaban dan perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Data pada : Sheet2

Lembar konfirmasi

SENIN SELASA RABU KAMIS JUMAT SABTU MINGGU

ARI MUKA PRA MUKA PRA MUKA PRA

PRA ARI ARI ARI MUKA MUKA MUKA

MUKA MUKA MUKA MUKA ARI ARI ARI

INA INA INA INA

REK REK REK REK

SIS SIS SIS SIS

USB USB USB USB

Data pada : Sheet1

Olah data dan sisa data, misalkan saya ambil hari Senin Pekan1

DATA 1

Ini data sisa sesuai konfirmasinya Ini data terpakai sesuai
konfirmasinya NO KODE JAK TIM JAK BAR JAK TIM

1 A001 ARI ARI ARI

INA ARI 2 A002 PRA PRA PRA

REK PRA 3 A003 ARI ARI ARI

SIS MUKA 4 A004 PRA PRA PRA

USB 5 A005 ARI ARI ARI

Data yang diinginkan seperti diatas, mencari nama2 sisa konfirm/ tidak
ada pada kolom DATA 1,2 dan 3, data diambil dari "Sheet2" yaitu lembar
konfirm sesuai dengan pilhn hari konfirmnya. Dan mencari data terpakai
sesuai konfirmasinya. Mohon bantuan Formula nya.

DATA 2

NO KODE JAK TIM JAK BAR JAK TIM

1 A001 MUKA MUKA MUKA

2 A002 ARI ARI ARI

3 A003 MUKA MUKA MUKA

4 A004 ARI ARI ARI

5 A005 MUKA MUKA MUKA

DATA 3

NO KODE JAK TIM JAK BAR JAK TIM

1 A001 ARI ARI ARI

2 A002 PRA PRA PRA

3 A003 ARI ARI ARI

4 A004 PRA PRA PRA

5 A005 ARI ARI ARI

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Bi-polar disorder

Find support

Yahoo! Groups

Dog Group

Connect and share with

dog owners like you

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| ayooo... coba cari XL-mania di linkedin.com                       |
| momods kebanyakan e-mail :(... unread di kantor 6 ribu lebih :(   |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di : http://www.friendster.com/xlmania atau...  |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar